251 Tempat Wisata di Kepulauan Bangka Belitung
Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung memang lebih didominasi obyek wisata bahari, yang menampilkan begitu banyak pantai dan juga pulau yang sangaat indah. Namun negeri Laskar Pelangi ini juga memiliki warisan budaya yang menarik untuk diihat, dan berikut ini ada 251 tempat wisata yang sangat menarik untuk kamu kunjungi.

Siapa yang tidak kenal dengan Kepulauan Bangka Belitung? Bahkan anak-anak Indonesia saja sangat mengenal Kepulauan Bangka Belitung lewat film fenomenal Laskar Pelangi, yang memang banyak mengambil tempat di Kepulauan Bangka Belitung. Kepulauan Bangka Belitung ini gabungan dari dua pulau besar yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil lainnya. Sudah bisa dipastikan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung bakal banyak dengan destinasi wisata bahari.

Kepulauan Bangka Belitung sudah sejak dari dulu diperebutkan mulai dari Kerajaan Sriwijaya dengan Kerajaan Majapahit. Lalu datanglah invasi Inggris yang akhirnya diambil alih oleh Belanda. Ini berarti memang Kepulauan Bangka Belitung sangat layak untuk diperebutkan, mulai dari sumber daya alamnya atau letaknya yang memang strategis. Di sisi lainnya seperti ditunjukkan oleh film Laskar Pelangi yang cukup banyak mempertunjukkan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang memang layak untuk dikunjungi. Dan berikut ini beberapa daftar destinasi wisata di Kepulauan Bangka Belitung berdasarkan Kabupaten dan Kota yang ada di dalamnya.


Tempat Wisata di Kabupaten Bangka

Bisa dibilang destinasi wisata di Kabupaten Bangka ini cukup banyak dan hampir mayoritas destinasi andalannya adalah wisata bahari. Kabupaten Bangka memang memiliki pantai-pantai yang sangat indah dan hampir kesemuanya tidak pernah sepi akan pengunjung, apalagi ketika musim liburan akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup terkenal bisa kamu temukan di Kabupaten ini. Dan berikut ini daftar tempat wisata yang ada di Kabupaten Bangka.

Agro Wisata Hendro


Salah satu destinasi wisata yang cukup menarik yang ada di Kabupaten Bangka adalah Agro Wisata Hendro. Di perkebunan ini banyak sekali jenis jambu yang memperbolehkan pengunjung untuk memetiknya sendiri. Dan sudah pasti jika dihitung dari harganya sudah pasti sangat murah. Sangat menyenangkan memang ketika berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang satu ini. Suasananya yang sangat tenang, adem karena banyaknya pohon jambu salah satunya, dan juga kita bisa bebas memiliki jambu yang masih fresh. Lokasinya berada di Kelurahan Surya Timur, Kecamatan Sungailiat.

Air Terjun Batu Berlubang

Kabupaten Bangka tidak hanya memiliki wisata bahari saja, namun juga wisata alam lainnya seperti Air Terjun Batu Berlubang yang berada di kaki Gunung Maras. Untuk menuju ke lokasi air terjun membutuhkan waktu kurang lebih hampir 2 jam perjalanan dengan melewati perkebunan milik warga dan dilanjutkan dengan memasuki hutan. Medan trackingnya bisa dibilang cukup berat, dan bagi yang belum pernah mendaki sebaiknya menggunakan pemandu dari desa terdekat. Air Terjun Berlubang ini memiliki ketinggian sekitar 150 mdpl jadi udasa sejuk dan dingin sangat terasa, maka rasa lelah perjalanan kamu akan segera hilang dengan berendam di kolamnya yang cukup luas. Yang cukup unik adalah air terjunnya ini melewati bebatuan yang atapnya berlubang. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini terletak di Desa Berbura, Kecamatan Riausilip, tepatnya di Dusun Buhir.

Air Terjun Manjang Merah

Untuk menuju lokasi Air Terjun Manjang Merah ini kamu harus memiliki stamina yang cukup prima, karena medannya akan lebih berat dibandingkan dengan medan menuju Air Terjun Batu Berlubang. Letaknya memang lebih tinggi dibandingkan dengan Air Terjun Batu Berlubang, kira-kira sekitar 290 mdpl. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini sangat unik karena airnya yang berada di kolam paling bawahnya berwarna merah, dan ini karena efek dari bebatuan yang ada di dasar kolam. Air terjunnya cukup tinggi dan berkontur undakan atau memiliki beberapa tingkat. Mungkin saja jika di total tingginya bisa mencapai 30 meter dari kolam di bawahnya. Lokasinya sendiri berada di di kaki Gunung Maras Desa Berbura, Kecamatan Riausilip.

Benteng Kuto Panji

Agak disayangkan situs cagar budaya Benteng Kuto Panji ini tampak tidak terawat dan banyak ditumbuhi semaka-semak di sekelilingnya. Benteng yang dibangun pada tahun 1664 hingga 1669 ini memiliki kisah dibalik kekokohannya yang kini masih tegak berdiri meskipun banyak bagian yang runtuh. Benteng Kuto Panji ini dibangun oleh Bong Khiung Fu yang masih ada hubungan erat dengan Kerajaan Tiongkok. Dan di dalam benteng ini terdapat Klenteng sebagai tempat peribadahan. Dan konon katanya di dalam benteng ini terdapat harta karun sisa-sisa peninggalan Bong Khiung Fu, mulai dari perhiasan hingga keping uang ataupun emas. Selain itu ada hal unik loainnya di dalam tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini, yakni adanya tiga sumur yang airnya tidak pernah kering meskipun kemarau panjang. Dan air di dalam sumur tersebut dimanfaatkan bagi warga yang tinggal di kawasang Benteng Kuto Panji. Lokasinya sendiri terletak di Desa Kuto Panji, Kecamatan Belinyu.

Gerbang Romodong

Pada umumnya yang namanya gerbang biasanya dari bangunan tembok atau kayu, tapi seperti itu sudah sangat umum. Hal yang paling unik yang akan kamu temui ketika mau berkunjungi Pantai Romodong adalah Gerbang Romodong, yakni batu granit yang sangat besar yang berada di sebebalah kanan kiri jalan. Pengin cari tempat selfieable terunik di Bangka, maka inilah salah satunya Gerbang Romodong. Berhenti sejenak dan selfie beberapa jepretan akan membuat pengalaman wisata kamu semakin sempurna. Setidaknya bakalan dapat like banyak deh di medsos. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang cukup terkenal, tak heran jika banyak stasiun tv yang meliputnya. Lokasinya sendiri berada di Desa Bukit Ketok, Kecamatan Belinyu.

Goa Maria Bunda Pelindung Segala Bangsa

Tidak hanya di Jogja saja yang memiliki Goa Maria, tapi di Kabupaten Bangka pun juga punya Goa Maria yang lokasinya berada di atas perbukitan. Goa Maria ini terlihat begitu asri dan juga udaranya yang sangat sejuk semakin membuat para umat Katolik semakin khusuk dalam beribadah. Tidak hanya dari umat Katolik lokal saja, ketika memasuki bulan Maria, akan sangat banyak sekali wisatawan asing yang berwisata religi di Goa Mari Bunda Pelindung Segala Bangsa. Goa Maria memang terbuka untuk umum dan akhirnya menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung juga dan memang lebih ke wisata religi bagi umat Katolik. Untuk lokasinya sendiri berada di Bukit Menggapai Langit yang masih berada di wilayah Kecamatan Belinyu.

Gunung Maras

Sebenarnya gunung ini hanya sebagai bukit tapi karena sebagai daerah tertinggi yang ada di Kabupaten Bangka, maka akhirnya menjadi Gunung Maras. Ketinggiannya sendiri hanya 699 mdpl tidak begitu tinggi untuk ukuran sebuah gunung. Tapi pesona yang dihadirkan akan membuat kamu ketagihan ingin selalu berada di puncak Gunung Maras setiap saat. ada cerita rakyat yang menarik tentang Gunung Maras, dimana di gunung ini ada alunan seruling yang sangat merdu, bahkan bagi orang yang mendengarkan akan selalu mencari dimana datangnya suara seruling yang menyayat hati tersebut. Dan pada akhirnya akan membuat orang yang mendengarkan lupa akan jalan pulang. Secara administratif Gunung Maras ini terletak di Desa Rambang dan berada di Kecamatan Riau Silip.

Hutan Wisata Sungailiat

Jika kamu sudah mulai bosan atau sudah berkunjung di semua pantai yang ada di Kabupaten Bangka, maka sekarang saatnya kamu ngadem di dalam Hutan Wisata Sungailiat. Tempat wisata di Kabupaten Bangka Belitung ini memang bisa menjadi alternatif jika kamu ingin menikmati udara sejuk dengan panorama hutan yang menampilkan pepohonan yang menjulang tinggi. Menariknya lagi di Hutan Wisata Sungailiat ini ada taman baca yang terbuat dari kayu dengan arsitektur yang sangat menarik. Setidaknya kamu bisa bersantai sembari menikmati alam hutan di Taman Baca. Lokasinya sendiri terletak di wilayah Kecamatan Sungailiat. 

Kampung Cina


Inilah perkampungan etnis Tionghoa tertua yang ada di Kabupaten Bangka. Asal mula terbentuknya perkampungan yang berada di Desa Gedong adalah banyak pekerja tambang yang didatangkan oleh Belanda dari Cina daratan (Tionghoa Hakka). Karena saking banyaknya para pekerja tersebut akhirnya membuatlah kampung dan akhirnya seperti sekarang ini. Dan memang etnis Tionghoa itu sudah ada ketika masa kejayaan Kesultanan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin I. Perkampungan Cina yang ada di Desa Gedong, Kecamatan Belinyu itu sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata pada tahun 2003. Dan sekarang menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa melihat secara lebih jelas mulkai dari sejarah atau bisa juga mencicipi kulinernya.

Klenteng Cetya Dharma Abadi

Toleransi antar umat beragama di Kabupaten Bangka memang sudah terjalin sejak era Kesultanan Palembang. Karena ketika itu cukup banyak etnis Tionghoa yang bekerja di pertambangan timah. Jadi hingga kini toleransi tersebut masih terjalin sangat baik sangat terlihat seperti adanya Klenteng Cetya Dharma Abadi sebagai rumah ibadah umat Konghucu. Dilihat dari bangunannya memang sangat menarik, memiliki arsitektur yang Cina banget dengan gapuranya yang ada bebera naga di bagian pilar dan juga di bagian atapnya. Karena arsitekturnya yang sangat ikonik inilah akhirnya menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung, khususnya wisata religi bagi umat Khonghucu.

Kompleks Makam Kuno Kotawaringin

Tepatnya berada di Desa Kotawaringin terdapat makam-makam kuno yang tersebar yang akhirnya membentuk sebuah kompleks. Hingga kini belum ada penelitian lebih lanjut tentang makam-makam kuno tersebut., hanya disinyalir saja, bahwa Desa Kotawaringin ini adalah desa tertua yang ada di Kabupaten Bangka. Hanya ada beberapa makam saja yang bisa diidentifikasi, seperti Makam H. Sjahroni yakni seorang pejuang, Makam Datuk Harimau Garang, dan Makam KH. Abdoel Madjid yakni seorang ulama besar. Namun banyak sekali makam yang tidak bisa diidentifikasinya, bahkan ada bentuk makam yang sangat unik. Selain sebagai wisata sejarah dan ziarah, makam ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka yang cukup menarik perhatian wisatawan. Berada di Desa Kotawaringin, Kecamatan Puding Besar.

Makam Depati Bahrin

Lokasinya sangat mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dai pusat Kota Sungailiat, yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 45 menit menggunakan kendaraan. Bisa dikatan bahwan Depati Bahrin ini seorang yang berani menentang kolonial Belanda. Dan akhirnya melakukan perlawanan terhadap Belanda di era itu. Dan beliau ini memang menjadi pahlawan bagi masyarakat Bangka. Makam Depati Bahrin sangat ramai dikunjungi warga ketika memasuki bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan adanya Tradisi Belimau yakni mandi dengan air ramuan yang sudah diberikan doa. Hal ini berbertujuan untuk mensucikan diri sebelum menyambut bulan suci Ramdhan. Ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tidak hanya berwisata sejarah atau ziarah makam saja, tapi juga bisa melihat lebih dekat budaya setempat. lokasinya berada di Desa Kimak, Kecamatan Merawang.

Makam Syech Cermin Jati

Inilah makam dari anak angkat Sunan Gunung Jati, yang waktu dalam perjalanannya mengarungi Selat Malaka melihat adanya sinar yang terpancar dari sebuah desa. Dan akhirnya Sunan Gunung Jati mendatangi desa tersebut dan meminta kepada seorang wanita untuk meminta anaknya dijadikan anak angkat. Lalu dibawalah ke Cirebon dan dibesarkan dan diberikan nama Cermin Jati hingga akhirnya mempelajari agama Islam ke Arab dan bergabung dengan Kesultanan Samudra Pasai hingga akhirnya kembali ke Bangka. Itulah sebuah kisah perjalanan singkat dari Syech Cermin Jati yang kini makamnya banyak didatangi para peziarah. Tidak hanya itu saja, tapi juga sebagai tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang sering dikunjungi para umat Islam untuk mendoakan. Lokasi Makam Syech Cermin Jati ini berada di Kampung Tiang Tara, dan di dalam Kecamatan Bakam.

Pagoda Puri Tri Agung

Disebut juga oleh warga sebagai Pagoda Pantai Tikus atau Pagoda Kuil Shaolin, karena memang lokasinya tepat bersebelahan dengan Pantai Tikus. Tidak hanya wisata alam saja, ketika berda di Bukit Tikus, tapi juga wisata religi dan lebih bisa mengenal kebudayaan Taoisme, Budhisme, dan Khongfucuisme. Menjadi sangat menarik sekali ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Kamu bisa melihat keindahan Pantai Tikus dari ketinggian, dan juga tidak ketinggalan foto selfie menjadi hal yang wajib dan tidak boleh lupa. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Rebo dan berada di Kecamatan Sungailiat.

Pantai Air Anyir

Suguhan yang berbeda disajikan oleh Pantai Air Anyir yang terletak di Desa Air Anyir dan di dalam wilayah Kecamatan Merawang. Pantai Air Anyir ini masih begitu asri, dengan pasir pantainya yang putih bersih berbaur dengan pepohonan kelapa yang seakan menjadi peneduh terlihat seperti belum tersentuh tangan manusia. Pantainya yang cukup dangkal menjadi spot bermain air yang sangat aman, terutama bagi anak-anak. Di beberapa bagian pantai terdapat pondokan yang biasanya digunakan wisatawan untuk berteduh dan bersantai menikmati hembusan angin pantai yang cukup menenangkan. Tempat wistaa di Kepulauan Bangka Belitung ini tergolong masih sepi, jadi kamu akan merasa bebas dan leluas beraktifitas di Pantai Air Anyir.

Pantai Batu Atap

Perjalanan menuju Pantai Batu Atap ini cukup menyenangkan, kamu harus menyusuri hutan hasil dari reklamasi penambangan timah. Setibanya di pantai kamu akan disuguhi hamparan luas pasir putih yang dihiasi bebatuan granit tepat di pinggir pantainya. Air lautnya yang berwarna kebiruan akan semakin membuat siapapun yang datang tidak sabar untuk mencoba segarnya mandi di air yang berwarna kebiruan. Namun ada sebagian pantai yang masih terdapat tambang inkonvensional yang sebenarnya itu ilegal, karena dampak negatifnya sangat luar biasa bagi ekosistem. Di tempat wista di Kepulauan Bangka Belitung ini sering digunakan sebagai bumi perkemahan yang biasa anak-anak sekolah melakukan berbagai kegiatan di kawasan Pantai Batu Atap. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Bukit Ketok, yang berada di wilayah Kecamatan Belinyu.

Pantai Bedukang

Mungkin masih belum banyak traveler yang tahu akan pantai yang satu ini. Lokasinya sangat berdekatan dengan pemukiman pendudukan yang mayoritas etnis Tionghoa, yang terletak di Kecamatan Riau Silip. Pantai yang topografinya memanjang ini memiliki garis pantai yang cukup panjang yang siap memuaskan kamu dengan berbagai aktifitas di pantai. Ada panorama yang luar biasa ketika kamu berada di Pantai Bedukang, yakni pemandang Pulau Tige atau pulau kecil yang ada tiga tepat di hadapan kamu. Jaraknya juga cukup dekat bisa kamu kunjungi dengan menggunakan perahu motor atau bisa juga dengan berang. Hal menarik lainnya ketika berada di tempat wisata Kepulauan Bangka Belitung ini adalah spot memancingnya yang begitu banyak. Mulai dari di pinggiran pantai atau di Pulau Tige yang banyak dihuni oleh ikan-ikan karang.

Pantai Batu Bedaun

Sangat unik memang untuk pantai yang satu ini. Dinamakan Pantai Batu Bedaun dikarena adanya pulau kecil yang tidak jauh dari bibir pantai tapi penuh dengan bebatuan granit yang ditumbuhi pepohonan. Meski sangat minim tanah, tapi pohon tersebut begitu hijau daunnya dan tumbuh layaknya pohon yang ada di tanah. Ketika air laut surut kamu bisa mendatangi pulau kecil ini tanpa terkena deburan ombak. Cukup menarik buat bersantai maupun selfie karena memang sangat unik ada pepohonan di sela-sela bebatuan granit. Jika airnya pasang, tidak perlu khawatir, karena pantainya juga sangat indah dengan sajian pasir putih bersihnya. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini letaknya di Desa Kuala dan berada di Kecamatan Sungailiat.

Pantai Batu Dinding

Lokasinya berada persis di sebelah Teluk Kelabat yang menampilkan pesona pantai yang sangat berbeda. Dinamakan Pantai Batu Dinding, karena tepat di pinggir pantai terdapat batu granit yang terjal dan cukup tinggi. Dan inilah salah satu spot selfie terunik yang ada di Kelurahan Air Jukung, Kecamatan Belinyu. Kamu juga bisa bersantai sembari menikmati panoram pantai di atas Batu Dinding atau berenang di pantai yang tidak begitu dalam. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang menjadi spot favorit bagi para fotografer, mau mengambil dari berbagai sudut saja hasilnya tetap terlihat sempurna.

Pantai Karang Emas

Lokasi Pantai Karang Emas ini sangat berdekatan dengan Pantai Air Anyir dan juga masih di dalam wilayah yang sama, yakni Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang. Ada sejarah yang sangat menarik di Pantai Karang Emas ini, yakni adanya butiran emas yang ada di balik bebatuan granit yang berada di pantai dan juga beberapa puluh meter dari bibir pantai. Dulu sempat ada penambangan liar mulai dari biji timah dan juga emas, namun berdasarkan kebijakan pemerintah akhirnya kegiatan penambangan tersebut dilarang. Hal ini karena Pantai Karang Emas sudah menjadi hutan lindung pantai yang dilindungi. Dan sekarang menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup menarik para wisatawan, dengan pasir pantainya yang putih serta air lautnya yang kebiruan.

Pantai Koala

Kesan alamnya yang masih sangat asri ditunjukan Pantai Koala yang dekat dengan keempat pantai yang berada di Desa Air Anyir, seperti Pantai Temberan, Pantai Air Anyir, Pantai Pukan. Bahkan ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini kamu tidak perlu takut kepanasan. Pepohonan pinus dan cemara yang menjulang tinggi tepat berada di bibir pantai siap menjadi peneduh alami. Air lautnya yang sangat jernih seakan mengundang wisatawan untuk merasakan kesegarannya. Dan memang kebanyakan wisatawan yang datang di Pantai Koala ini tidak hanya sekedar selfie di pinggiran pantai saja, tapi juga berendam ataupun beredang di pantai.

Pantai Layang

Lokasi pantai berada di tengah-tengah di antara Pantai Matras dan Pantai Parai Tenggiri ini membuatnya jarang dikunjungi wisatawan. Hanya para traveler yang suka berpetualang yang sering berada di Pantai Layang. Tidak diragukan eksotisme dari pantai ini, uniknya lagi hampir di pinggiran pantainya epnuh dengan bebatuan granit yang sedikit menjorong ke tengah pantai. Semakin asik pastinya yang suka menguji adrenalin terjun dari bebatuan langsung ke pantai. Bebatuan granit yang berjajar secara alami seakan tertata begitu rapi oleh alam, menjadi spot forografi yang sangat unik pastinya. Pasirnya sangat putih bersih di bawah pepohonan yang cukup rindang menjadi tempat teduh dikala mentari sudah mulai menyengat. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini berada di Kecamatan Sungailiat.

Pantai Lepar

Belum begitu banyak traveler yang tahu ada pantai yang tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Bangka. Tidak hanya menampilkan keindahan pantai saja, tapi Pantai Lepas ini sebagai muara dari Sungai Belinyu. Selain berwisata menikmati keindahan Pantai Lepar, dengan suguhan pasir putih dan air lautnya yang begitu biru, kamu juga bisa mencoba sensasi strike ikan muara. Namun konon kabarnya masih ada buaya yang hidup di kawasan muara Sungai Belinyu, jadi harus tetap waspada. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga masih sangat rawan akan penambangan timah ilegal, yang memang akhirnya dijaga oleh warga setempat. Untuk lokasi Pantai Lepar itu sendiri masih berada di wilayah Kecamatan Belinyu.

Pantai Matras

Salah satu pantai andalan yang dimiliki Kabupaten Bangka, Pantai Matras. Pantai ini memang menjadi tujuan nomor satu para wisatawan yang menginjakkan kakinya di Kabupaten Bangka. Sangat eksotis memang, pasir pantainya yang sangat putih bersih berpadu dengan pepohonan kelapa di pinggirnya. Belum lagi bagian pantai yang berbatu dengan gradasi air lautnya dari hijau kebiruan membuat wisatawan cepet-cepet pengin nyebur. Ada spot yang sangat menarik di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Yakni di jembatan yang menjorok ke tengah pantai yang sangat asyik buat nongkrong menikmati keindahan Pantai Matras. Apalagi keitka hari sudah mulai senja, benar-benar surga yang ada di bumi yang harus dinikmati. Lokasi Pantai Matras ini terletak di Desa Matras, yang masih di dalam Kecamatan Sungailiat.

Pantai Parai Tenggiri

Masih di Desa yang sama yakni di Desa Matra, dan Pantai Para Tenggiri ini juga wajib untuk kamu kunjungi setelah kamu dari Pantai Matras. Tak kalah eksotisnya dengan pantai sebelahnya birunya air laut, putihnya pasir pantai, hingga berserakan bebatuan granit yang begitu alami semakin menghiasi Pantai Parai Tenggiri. Wisatawan bisa tak pulang-pulang ketika berada di pantai yang memiliki berbagai permainan air. Mulai dari banan boat, jet ski, hingga perahu yang siap mengantarkan kamu berkeliling dan menikmati indahnya Pantai Para Tenggiri. Selain itu berbagai macam resort juga tersedia di pinggiran pantai, dengan dilengkapi gazebo sebagai spot untuk menikmati keindahan pantai. Tempat wisata di Kepulau Bangka Belitung ini tepatnya berada di Desa Matras yang masih di dalam Kecamatan Sungailiat.

Pantai Penyusuk

Digadang-gadang akan menjadi destinasi wisata favorit bagi kalangan wisatawan menengah atas, maka begitu banyak resort-resort yang sangat cantik yang ada di bibir Pantai Penyusuk. Cukup banyak fasilitas yang ingin merasakan nikmatnya bermain air di tempat wisata di Kepualauan Bangka Belitung ini, adanya perahu yang siap mengajakmu berkeliling pantai Penyusuk. Dan tak akan lengkap wisata kamu tanpa nyebur terlebih dahulu di Pantai Penyusuk. Airnya yang sangat jerih yang berpadu dengan bebatuan granit, terlihat begitu alaminya Pantai Penyusuk ini. Selain itu pantai ini juga sebagai tempat peristirahatan pertama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Putri. Untuk lokasinya sendiri berada di Kelurahan Bukit Ketok dan masuk di wilayah Kecamatan Belinyu.

Pantai Pukan

Pesona yang sangat berbeda ditampilkan Pantai Pukan yang memiliki hamparan pasir pantainya yang sangat luas. Apalagi ketika surut nyaris seperti padang pasir yang hanya  menyisakan sedikit kubangan air di tengahnya. Banyak wisatawan yang berdatangan di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini ketika senja. Karena kamu bisa melakukan apa saja di atas pantai, mulai dari bermain bola, bermain voli, atau bisa juga kamu menaiki atv mengelilingi sepanjang pantai. Ombaknya yang sangat tenang dan konturnya yang landai menjadi sangat aman ketika kita mau bermain air, bahkan sangat aman juga buat anak-abak yang ingin merasakan segarnya mandi di Pantai Pukan. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Air Anyir yang masih di dalam Kecamatan Merawang.

Pantai Rambak

Dari sekian banyak pantai yang ada di Kabupaten Bangkan, Pantai Rambak ini menjadi salah satu favorit wisatawan. Banyak yang membuat wisatawan enggan pulang ketika berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka dan Belitung ini. Salah satunya adalah adanya gugusan bebatuan granit yang menjorok ke tengah pantai. Biasanya menjadi spot buat terjun ke pantai atau menjadi tempat untuk bersantai. Dan tidak ketinggalan sudah pasti bebatuan granit ini menjadi spot selfie terbaik yang ada di Pantai Rambak. Cukup banyak pondokan yang bisa buat ngadem ketika terik matahari sudah mulai menyengat. Pantai Rambak sendiri berada di Kecamatan Sungailiat yang tidak begitu jauh dari pusat Kota yang hanya berkisar 10 km saja.

Pantai Rebo

Memang tidak begitu dikenal oleh kalangan traveler dan masih dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Bangka. Tapi kamu akan menemui hal yang tidak biasa di Pantai Rebo yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Di pantai Rebo kamu bisa snorkeling di beberapa kawasan pantai, bahkan terumbu karangnya masih sangat alami. Selanjutnya kamu bisa menikmati berbagai aktifitas nelayan setempat dan bisa juga membeli berbagai macam hasil laut dari nelayan secara langsung, sudah pasti harganya sangat murah. Keindahan lainnya yang ada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini sudah pasti pasir putih dan spot selfie di bebatuan granit yang ada di pinggiran pantai. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Rebo, yang masih di wilayah Kecamatan Sungailiat.

Pantai Romodong

Tak lengkap rasanya jika kamu mengunjungi Pantai Penyusuk atau ke Pulau Putri tanpa mampir ke Pantai Romodong yang cukup ikonik dengan bebatuan granit yang ada di pinggir pantainya. Pasirnya sangat putih bersih, dan juga air lautnya begitu bening, tak jarang membuat siapapun akan berburu kenikmatan berenang atau berendam di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Yang menariknya lagi ketika kamu akan berkunjung di pantai ini kamu harus melewati bebatuan besar yang ada di pinggir jalan, yang dinamakan sebagai Gerbang Romodong. Benar-benar pengalaman wisata yang tak akan terlupakan ketika berkunjung di Pantai Romodong. Lokasinya berada di Desa Bukit Ketok, dan masih di dalam wilayah Kecamatan Belinyu.

Pantai Tanjung Pesona

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang mengenal akan keindahan Pantai Tanjung Pesona, bahkan banyak wisatawan asing yang berdatangan di pantai ini. Hal ini dikarenakan Kabupaten Bangka pernah menggelar event Sungailiat Triatlon pada tahun 2016 yang diikuti sekitar 14 negara di dunia. Karena adanya event tingkat internasional inilah akhirnya banyak wisatawan yang berdatangan di Kabupaten Bangka, dan tak lain karena Pantai Tanjung Pesona. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini seperti kebanyakan pantai yang ada ada di Kabupaten Bangka. Mulai dari pasir putihnya, birunya air laut dan berbagai fasilitas seperti resort yang memadai. Tapi ada yang unik di pantai, yakni adanya jembatan yang menjorok ke tengah pantai yang memiliki gazebo diujungnya. Inilah spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset di Pantai Tanjung Pesona. Lokasinya terletak di Desa Rambak yang berada di dalam Kecamatan Sungailiat.

Pantai Tanjung Putat

Cukup unik untuk pantai yang satu ini, tidak hanya bebatuan granit saja yang menjorok ke tengah pantai, tapi juga banyak pepohonan yang seakan terendam oleh air laut. Spot selfie terbaik di Pantai Tanjung Putat pastinya, apalagi ketika hari mulai senja terlihat begitu indah berada di balik pepohonan yang ada di pantai. Dan memang pantai ini cukup terkenal dengan pesona sunsetnya yang banyak dinanti-nanti wisatawan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka ini memang belum begitu banyak pengunjungnya, jadi kamu tetap bisa merasakan kedamaian dan ketenangan ketika mengunjunginya. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Air Jukung yang masih berada di Kecamatan Belinyu.

Pantai Teluk Uber

Sangat berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Bangka. Pantai yang melengkung dan penuh dengan bebatuan granit ini sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai Teluk Uber namanya, yang memang membentuk seperti teluk. Tempat wisata di Kepulauan Bangka ini tergolong masih sepi akan pengunjung, jadi kamu bisa lebih leluasa untuk menikmati keindahan pantai. Mulai dari berbagai aktifitas di pasir pantainya yang bersih, atau nyebur di aantara bebatuan granit yang menjorok ke tengah pantai. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Rambat dan masih di dalam Kecamatan Sungailiat.

Pantai Temberan

Salah satu destinasi wisata pantai yang cukup banyak mengundang banyak wisatawan adalah Pantai Temberan. Selain lokasinya yang sangat berdekatan dengan Pantai Air Anyir dan juga Pantai Karang Emas, membuat pantai ini juga sering disambangi wisatawan. Cukcup banyak pondokan yang ada di bibir pantai yang menjadi tempat ternyaman untuk menikmati pantai, atau bisa juga yang lebih adem berada di hutan pinus yang banyak berjajar di pinggiran pantai. Kontur pantainya yang cukup landai menjadi spot bermain air bagi wisatawan sembari menunggu senja nan eksotis di Pantai Temberan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang berada di Desa Air Anyir dan Kecamatan Merawang kini sangat bersih dan cocok untuk wisata keluarga.

Pantai Tikus

Nama yang sangat unik untuk sebuan nama pantai yang ada di Kabupaten Bangka. Lokasi pantai yang sangat dengan perbukitan yang bernama Bukit Tikus itulah akhirnya dinamakan Pantai Tikus. Sangat menarik memang tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Pantai yang dipenuhi pohon cemara yang tumbuh di bibir pantai menjadi terasa teduh di kala siang hari. Kamu tetap bisa menikmati keindahan Pantai Tikus tanpa harus kepanasan. Dan yang paling istimewa di pantai ini adalah, adanya bangunan Pagoda yang ada di perbukitan. Tak jarang pantai ini juga dijuluki Pantai Pagoda oleh warga Kabupaten Bangka. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tepatnya berada di Desa Rebo, yang masih di wilayah Kecamatan Sungailiat.

Pantai Tongaci

Inilah pantai yang menjadi pusat penangkaran penyu di Kabupaten Bangka. Cukup banyak penyu-penyu yang ditangkarkan mulai dari telur hingga akhirnya menetas dan di lepaskan ke laut. Tempat penangkaran penyu ini memang dikelola oleh warga lokal yang memang pemerhati lingkungan khususnya perkembang biakan penyu di Pantai Tongaci. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup menarik untuk dikunjungi, memang setidaknya kita bisa melihat lebih dekat bagaimana proses penangkaran penyu mulai dari telur hingga akhirnya menjadi dewasa dan siap dilepaskan. Untuk lokasinya sendiri kamu bisa datang ke Kampung Pasir Sungailiat.

Pantai Tuing

Memiliki garis pantai yang cukup panjang benar-benar wisatawan yang datang di pantai ini akan dimanjakan dengan pasir putihnya yang cukup luas. Tapi tetap saja bebatuan granit akan menjadi penghias Pantai Tuing. Adanya perbukitan di belakang pantai membuat kamu tidak akan bosan melihat panorama yang ada di Pantai Tuing. Kamu juga bisa menjelajah perbukitan untuk mencari view yang sedikit berbeda, sudah pasti jangan lupa buat selfie yaa. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang belum begitu banyak yang menjamahnya. Padahal pesonanya begitu menggoda dan sangat cocok jika kamu ingin bersantai dengan kedamaian tanpa adanya gangguan dari para traveler lainnya. Lokasinya sendiri terletak di Desa Mapur, yang masih di dalam Kecamatan Belinyu.

Pantai Turun Aban

Lokasi pantai yang eksotis dengan bebatuan granitnya yang cukup tinggi ini tidak begitu jauh dengan Pantai Matras. Yang juga berada di dalam satu Kelurahan, yakni Kelurahan Matras, yang masih di wilayah Kecamatan Sungailiat. Pantai ini juga dikelan dengan sebutan Pantai Teluk Limau, kondisi pantai yang cukup penuh dengan bebatuan granit ini hanya menyisakan sedikit pasir pantainya yang putih. Justru karena keunikan bebatuan granit inilah yang menjadi daya tariknya untuk menggaet banyak wisatawan untuk datang. Air lautnya sangat jernih dan terkadang terlihat hingga dasarnya, semakin membuat para traveler ga sabar pengin cepet nyebur. Tem,pat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini cukup wajib untuk dikunjungi, karena memang sangat bersih dan kondisinya juga masih salami.

Pemandian Air Panas Tirta Tapta

Pada awalnya pemandian ini ditemukan oleh Belanda saat melakukan penambangan timah di Desa Pemali, Kecamatan Sungailiat. Setelah itu sumber air panas ini terus dikembangkan dan menjadi yang sekarang ini. Berada di lahan seluas 8,2 hektar akhirnya dibuat seperti waterpark dan juga dilengkapi berbagai fauna di dalamnya. Sangat menarik untuk dikunjungi memang, wisatawan juga bisa berkeliling kolam yang cukup luas dengan menggunakan perahu bebek, atau melihat satwa seperti rusa, kera, beruang madu, burung bangau, dan lain-lain. Konon kabarnya Pemandian Air Panas Tirta Tapta ini mampu mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan ada kabar seorang wanita ynag terkena kanker payudara bisa sembuh karena mandi di pemandian air panas, yang kini menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup ramai dikunjungi wisatawan tiap harinya.

Perkebunan Lada Putih

Inilah salah satu kenapa Bangka selalu menjadi perebutan sejak era Kerajaan Sriwijaya hingga datangnya Belanda di Bumi Sepintu Sedulang. Kabupaten Bangka memang penghasil lada putih terbaik di Indonesia, bahkan kualitasnya pun sangat di akui oleh dunia internasional. Sangat banyak Negara kita mengeksport lada putih ke luar negeri dan salah satunya dari Kabupaten Bangka. Sangat menarik ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Bangka Belitung ini. Setidaknya kita lebih mengenal sepoerti apa pohon lada putih da juga cara memanennya.

Pha Kak Liang

Pada awalnya kawasan wisata ini dulu sebagai tambang timah yang akhirnya hanya menyisakan kubangan besar. Namun kini beralih fungsi sebagai tempat wisata di Kabupaten Bangka Belitung yang sangat menarik untuk dikunjungi. Konsep pertamanan yang mengambil gaya taman China ini benar-benar eksotis mulai dari ornamen bangun atau relief yang ada di bangunan benar-benar mengambil arsitektur China. Yang sangat menarik adalah kolamnya yang cukup luas serta adanya jembatan dan gazebo bergaya China yang ada di tengah kolam. Kamu bisa melihat ikan air tawar yang sangat besar yang ada di kolam Pha Kak Liang, namun konon katanya tidak boleh dipancing apalagi dimakan. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Kuto Panji dan berada di wilayah Kecamatan Belinyu.

Pulau Lampu

Lokasi Pulau Lampu ini sangat berdekatan dengan Pulau Putri, dan kebanyakan wisatawan setelah mengunjungi Pulau Putri pasti mampir ke Pulau Lampu, atau sebaliknya. Untuk penyeberangan menuju Pulau Lampu, kamu bisa berangkat dari Pantai Penyusuk dengan menyewa sepatu motor yang tidak sampai 50 ribu per orangnya. Wisatawan akan dimanjakan dengan melihat keindahan pantai dari ketinggia, yakni dari menara mercusuar yang menulang tinggi. Karena itulah pulau ini dinamakan sebagai Pulau Lampu. Selain itu kamu juga bisa berkeliling di pulau atau menikmati keindahan pantai yang ada di Pulau Lampu. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini masih berada di wilayah Kecamatan Belinyu.

Pulau Mengkubung

Jika kamu berada di Pantai Batu Dinding, maka Pulau Mengkubung ini terlihat seperti gundukan tanah, itulah kenapa akhirnya dinamakan Pantai Mengkubung (kubung berarti gundukan). Pulau ini memang tidak berpenghuni dan biasanya digunakan nelayan sebagai tempat singgah. Padahal pesona pantainya sungguh luar biasa, ombaknya yang tenang pasir putihnya yang begitu bersih, serta banyaknya pepohonan kelapa dan juga pinus. Sangat berpotensi menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang bisa diandalkan. Namun sayang karena adanya penambang timah ilegal di Pulau Mengkubung bisa merusak ekosistem dan juga alam pun semakin rusak. Secara administratif Pulau Mengkubung masih berada di wilayah Kecamatan Belinyu, yang hanya beberapa menit saja jaraknya dari Pantai Batu Dinding.

Pulau Putri

Kecantikan dari Pulau Putri ini banyak menyedot perhatian para traveler. Pulau yang penuh dengan pepohonan di bagian tengahnya dan bebatuan granit yang berukuran jumbo yang terlihat mengelilingi pulau. Tidak begitu besar Pulau Putri ini, tetapi pesonanya begitu sedap dipandang mata. Pasirnya yang putih bersih air lautnya yang sebening kaca, dan juga biota lautnya yang begitu menyegarkan mata. Tak heran jika tujuan utama wisatawan berdatangan ke tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini hanya untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Mulai dari snorkeling maupun free dive bisa kamu lakukan di Pulau Putri ini. Lokasinya cukup berdekatan dengan Pantai Penyusuk yang hanya beberapa menit saja menggunakan perahu motor. Secara administratif Pulau Putri masuk di wilayah Kecamatan Belinyu.

Situs Kota Kapur

Inilah salah satu bukti bahwa pada era Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit Kepulauan Bangka dan Belitung menjadi perebutan. Bukti otentik ditemukannya beberapa candi dan juga prasasti di Desa Kota Kapur yang masih di wilayah Kecamatan Mendo Barat. Candi Hindu ini memang peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya yang kemungkinan dibuat pada abad ke 6 hingga 8 Masehi. Selain itu juga ada prasasti yang diterjemahkan bahwa Kerajaan Sriwijaya pada tahun 686 akan menyerang Bhumi Jawa. Sangat menarik memang tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini, setidaknya kita akan lebih mengenal sejarah Nusantara khususnya Kabupaten Bangka.

Teluk Kelabat

Panorama pantai yang begitu istimewa disajikan Teluk Kelabat. Lokasinya yang agak tinggi mirip perbukitan ini cukup banyak pepohonan kelapa serta dihiasi rerumputan nan hijau. Benar-benar tempat yang tepat untuk bersantai menikmati keindahan pantai di Kabupaten Bangka. Ada cerita yang melegenda tentang Teluk Kelabat, konon katanya Teluk Kelabat ini dijaga oleh Naga yang sangat besar dan terkadang menampakkan fisiknya pada saat-saat tertentu. Dan Naga besar ini memiliki nama, yakni Puako. Ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini kamu juga bisa menikmati pulau-pulau kecil atau mencari siput gonggong yang sangat terkenal di Bangka. Dan kebetulan habitatnya berada di Teluk Kelabat yang paling banyak.

Tempat Wisata di Bangka Barat

Kabupaten yang baru dibentuk pada tahun 2003 bebarengan dengan Kabupaten Bangka Timur, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, dan Kabupaten Belitung Timur. Tak berbeda jauh dengan induknya yakni Kabupaten Bangka yang memiliki destinasi wisata bahari yang cukup banyak. Ada beberapa tempat wistaa di Kepulauan Bangka Belitung yang sangat menarik dan wajib utnuk dikunjungi berada di Kabupaten Bangka Barat. Dan berikut ini destinasi wisata yang akan memberikan kamu pengalaman wisata yang sangat berbeda yang ada di Bangka Barat.

Batu Balai

Jika Kota Padang punya legenda Malin Kundang, maka Bangka Barat juga punya legenda Dempu Awang. Ceritanya memang hampir mirip seorang anak yang durhaka sama ibunya dan tidak mengakui ibu sebagai seorang yang pernah melahirkan dia. Akibat dari kutukan ibu tersebut membuat kapal Dempu Awang tenggelam dan karam di dasar laut. Dan akhirnya timbulnya batu besar yang sangat mirip dengan kapal Dempu Awang yang menjelma menjadi sebuah batu besar. Dan itulah sebuah cerita legenda tentang Batu Balai, yang kini menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang sangat ikonik. Batu Balai ini memang sangat eksotis dengan bertumpukan dengan batu lainnya da nada sebagian lrong yang biasanya menjadi spot selfie para wisatawan. Untuk lokasinya sendiri Batu Balai ini berada di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, tepatnya di Kampung Balai.

Batu Belimbing

Berbeda dengan Batu Balai yang lebih kecil untuk ukuran batu granitnya jika dibandingkan dengan Batu Belimbing. Cukup banyak ukuran batu granit, mulai dari ynag kecil hingga yang berukuran raksasa dan cukup tinggi. Tak jarang bagi yang suka panjat tebing memanjat Batu Belimbing yang berukuran besar. Menghadirkan pesona yang sangat berbeda memang ketika kamu berada di atas Batu Belimbing. Tidak hanya menghasilkan foto yang unik namun juga eksotis, karena hanya ada di Kabupaten Bangka Beliting, bebatuan granit yang menyerupai buah belimbing. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang tidak pernah sepi dari pengunjung, karena pesonanya yang begitu berbeda. Untuk lokasi Batu Belimbing ini terletak di Desa Kelabat, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Parit Tiga.

Bukit Batu Ampar

Satu lagi destinasi bagi yang suka berpetualang di Kabupaten Bangka Barat, inilah Bukit Batu Ampar. Bukit ini berada di bawah kaki Gunung Menumbing, jadi udara ketika di atas bukit cukup sejuk dengan panorama Gunung Menumbing dan juga lautan nan biru. Ada sisi yang cukup menarik di Bukit Batu Ampar, yakni adanya Batu Kutil, bebatuan besar yang di perukaan batu tersebut seperti tumbuh batu kecil-kecil. Ada sebuah legenda juga yang cukup menarik utnuk didengarkan mengenai Batu Kutil tersebut, yakni tentang seorang wanita dan anaknya yang terkena penyakit sesperti cacar lalu masuklah ke dalam batu tersebut. Di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang menghadirkan pesona yang istimewa, dan sepertinya sangat cocok untuk nge-camp di atas Bukit Batu Ampar. Lokasinya berada di Desa Air Putih yang masih di wilayah Kecamatan Muntok.

Danau Sekar Biru

Awalnya dari sebuah pertambangan timah yang menyisakan kubangan yang akhirnya membentuk danau. Dan uniknya justru airnya berwarna biru yang sekarang menjadi tempat wista di Kepulauan Bangka Belitung yang cukupramai dikunjungi wisatawan. Terutama bagia mereka yang menyukai dunia fotografi bisa menghasilkan sebuah karya yang fenomenal dengan obyek Danau Sekar Biru. Lokasinya memang cukup jauh, jika kamu berangkat dari pusat Kota Muntok yang erjarak kurang lebih 75 km. dan Danau Sekar Biru ini sendiri tepatnya berada di kawasan Perumahan Taman Salim yang berada di Desa Sekar Biru, yang masih di wilayah Kecamatan Jebus.

Klenteng Kung Fuk Miaw

83 tahun lebih tua dari Masjid Jamik yang lokasinya berada di tepat di sebelahnya. Inilah salah satu bukti toleransi antar umat beragama sudah terjalin ketika masa Kesultanan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin I. Klenteng ini pada awalnya dibangun oleh para pekerja tambang timah yang ada di Pulau Bangka. Yang pada awalnya orang Tionghoa di Pulau Bangka itu didatangkan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I untuk menjadi pekerja di pertambangan timah. Dan kini tidak hanya menjadi rumah peribadahan umat Tionghoa saja tapi juga sebagai tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung. Bagi traveler yang sangat menyukai sejarah mungkin bisa melihat lebih dekat klenteng yang masih aktif yang berada di pusat Kota Muntok.

Makam H Hatama Rasyid

Inilah makam dari seorang penyebar agama Islam di beberapa Kabupaten yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Untuk lokasinya sendiri cukup jauh memang sekitar 2 jam waktur erjalanan dari pusat Kota Muntok. Tepatnya berada di Desa Bakit yang ada di wilayah Kecamatan Parit Tiga. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang menjadi wisata ziarah, dan kebanyakan yang datang adalah umat Islam. Konon kabarnya ketika kita berdoa di Makam H. Hatama Rasyid seperti meminta rejeki ataupun jodoh ada kemungkinan dikabulkan, tapi tetap harus berusaha. Apalagi ketika bulan-bulan tertentu seperti menjelang bulan Ramadhan cukup banyak para peziarah yang berkunjungi di Makam H. Hatam Rasyid.

Masjid Jamik

Kabupaten Bangka tidak hanya menyajikan keindahan wisata baharinya saja, tapi juga menghadirkan warisan budaya, seperti Masjid Jamik. Masjid ini dibangun pada tahun 1883 yang diprakarsai oleh H. Abang Muhammad Ali atau Tumenggung Karta Negara II. Dan Masjid Jamik ini juga termasuk dalam masjid-masjid tertua yang ada di Nusantara dan juga menjadi masjid paling tua yang ada di Pulau Bangka. Dilihat dari arsitekturalnya sangat sederhana, tapi histori yang mendasarilah yang membuatnya menjadi luar biasa. Selain menjadi pusat peribadahan umat Islam, Masjid Jamik juga menjadi tempat wisaata di Kepulauan Bangka Belitung, khususnya wisata religi. Bagi traveler yang ingin melihat lebih dekat masjid tertua di Pulau Bangka, mungkin bisa mengunjunginya yang ada di pusat Kota Muntok.

Museum Timah

Tidak dipungkiri lagi bawah Kepulauan Bangka Belitung adalah penghasil timah terbesar di Indonesia. Dan sejarah pun juga membuktikan karena kandungan timah di Bangka Belitung ini yang membuatnya diperebutkan sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga era kolonialisme Belanda. Dan di Kepulauan Bangka hanya ada dua Museum TImah yakni di Pangkal Pinang dan Bangka Barat. Museum Timah di Bangka Barat ini dibangun pada tahun 1915, dan ketika itu dikelola oleh perusahaan timah Belanda, yakni Banka Tinwinning Bedrijf. Dan untuk lokasinya berda di pusat Kota Muntok, yang dulunya sebagai kawasan Eropa yang menjadi kawasan urban tertua yang ada di Bangka Barat. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Barat ini menyimpan cukup banyak koleksi benda peninggalan, mulai dari foto pertambangan timah, peralatan pertambangan hingga berbagai peninggaan Ir. Soekarno.

Pantai Air Nyatoh

Inilah salah satu destinasi wisata yang menjadi surganya para pemancing mania. Kabarnya memang Pantai Nyatoh ini masih banyak berbagai macam jenis ikan yang hidup di perairan Pantai Nyatoh. Tidak mengherankan jika banyak nelayan yang selalu pulang bawa ikan-ikan besar. Selain menjadi surganya para pemancing mania di Bangka Barat, tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga memiliki pesona yang layak untuk kita nikmati. Pasir pantainya yang bersih dan sangat putih, birunya air laut menjadi sajian utama di Pantai Air Nyatoh. Ombaknya yang cukup tenang memang menjadi spot yang menyenangkan bagi wisatawan yang doyan banget berenang di pantai. untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Air Nyatoh, yang masih di dalam Kecamatan Simpang Teritip.

Pantai Asmara

Tidak begitu jelas awalannya seperti apa ceritanya hingga dinamakan Pantai Asmara. Namun yang terlihat pasti, Pantai Asmara ini masih terlihat begitu asri, air lautnya yang biru dan garis pantainya yang cukup panjang. Tidak kalah dengan pantai sebelahnya yakni Pantai Batu Rakit. Di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang cukup banyak pepohonan kelapa di pinggir pantainya. Namun agak minim fasilitasnya tidak seperti Pantai Batu Rakit. Kebanyakan traveler yang suka berpetualang akan memilih ke Pantai Asmara, dan tidak jarang juga banyak wisatawan yang nge-camp dan menikmati malam di Pantai Asmara. Untuk lokasinya sendiri terletak di Tanjung Kalian, yang masih di wilayah Kecamatan Muntok.

Pantai Bakit

Bagi pecinta dunia fotografi seperti kamu harus datang ke Pantai Bakit yang lokasinya berada di Desa Bakit, yang masuk di wilayah Kecamatan Parit Tiga. Cukup banyak sekali spot-spot yang bisa menghasilkan karya fotografi yang sagat mengagumkan. Salah satu yang sangat sederhana saja adalah di demaga Pantai Bakit. Dermaga yang terbuat dari kayu ini terlihat begitu eksotis ketika di jepret, apalagi ketika hari mulai senja. Dan dermaga ini juga menjadi spot terbaik untuk memancing. Bebatuan granit yang berada di bibir pantai semakin menghiasi pantai yang sangat biru air lautnya. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang cukup favorit bagi beberapa wisatawan terutama yang lebih menyukai dunia fotografi.

Pantai Batu Rakit

Salah satu pantai yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Muntok dan juga menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi wisatawan. Selain pesona pantainya yang sangat indah berbagai fasilitas yang ada di Pantai Batu Rakit juga cukup lengkap. Seperti tempat kamar mandi buat bilas bagi wisatawan dan juga adanya warung-warung yang menjajakan berbagai makanan. Bagi wisatawan yang terlalu takut kepanasan bisa bersantai di gazebo-gazebo yang berada di pinggir pantai. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Barat ini memang cukup berdekatan dengan pelabuhan dan juga Pantai Asmara. Jadi sempatkan diri kamu untuk mengunjungi beberapa destinais lainnya yang berdekatan dengan Pantai Batu Rakit. Untuk lokasinya sendiri terletak di wilayah Tanjung, Kecamatan Muntok.

Pantai Bemban

Hamparan pasir putihnya di Pantai Bemban ini memang tergolong sangat luas, sangat memungkinkan sekali wisatawan melakukan berbagai aktifitas di pasir pantai. Mulai dari berlarian, olahraga seperti main sepak bolan, dan lain-lain. Selain itu air lautnya juga sangat jernih, sangat menyenangkan ketika kamu ingin berenang atau berendam di pantai yang memiliki air lautnya yang jernih. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang surganya para pemancing mania. Cukup banyak spot-spot yang dihuni ikan-ikan besar, tapi biasanya pemancing lebih memilih menyewa perahu dan memancing agak ke tengan pantai. Untuk lokasinya sendiri Pantai Bemban ini terletak di Desa Pebuar, yang masih di wilayah Kecamatan Jebus.

Pantai Jebu Laut

Tidak hanya pantainya saja yang sangat menarik untuk dinikmati, tapi juga adat istiadat penduduk yang dekat dengan Pantai Jebu Laut. Warga yang tinggal di sepanjang Pantai Jebu Laut ini adalah Suku Sekak, jadi kamu bisa beradaptasi dan mengenal berbagai budaya Suku Sekak. Pantai yang memiliki pasir putih dan bebatuan granit yang ada di pinggir terlihat semakin eksotis. Ada bagian pantai yang menjorok ke tengah pantai menjadi spot terbaik untuk memancing. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tepatnya berada di Desa Jebu Laut, yang berada di wilayah Kecamatan Jebus. Pantai ini tergolong masih sepi pengunjung, jadi sangat tepat jika kamu ingin menikmati keindahan pantai dengan suasana yang tenang.

Pantai Mentiba

Destinasi wisata bahari yang satu ini memang cukup ramai ketika hari libur atau ketika musim liburan sekolah tiba. Tdak hanya karena aksesnya yang mudah, tapi memang pesonanya yang mengundang begitu banyak wisatawan untuk datang ke Pantai Mentiba. Tempat wisaata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga, karena hamparan pasir pantainya cukup luas. Jadi membuat wisatawan akan sangat leluasa ketika bermain di pasir pinggiran pantai meskipun sedang musimnya liburan. Untuk lokasi Pantai Mentiba ni terletak di Desa Pengek yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Simpang Teritip.

Pantai Pala

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Bangka Barat, Pantai Pala ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak akan kamu temui di pantai lainnya. Salah satunya adalah ada sebagian pantai yang warna airnya berwarna agak kemerahan. Ini disebabkan karena bertemunya air tawar ynag dari sungai masuk ke Pantai Pala. Selain itu keindahan lainnya tidak perlu lagi diragukan, air lautnya yang sangat jernih dengan gradasi warna hijau kebiruan membuat siapapun tak akan sabar untuk nyebur. Banyaknya gugusan bebatuan granit yang menjorok ke tengah pantai seakan menjadi pulau kecil yang terlihat begitu eksotis. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga memiliki spot memancing terutama pada gugusan pantai yang agak ke tengah. Untuk lokasinya sendiri sangat dekat dengan perkampungan, yakni terletak di Desa Teluk Limau, yang masih berada di Kecamatan Parit Tiga.

Pantai Pasir Kuning

Keindahan pasir putih mungkin sudah sering kamu temui, begitu juga dengan pantai yang ada di Provinsi Bangka Belitung, hampir mayoritas warnanya putih bersih. Tapi bagaimana dengan pantai yang berpasir kuning? Unik dan sangat eksotik pastinya, itulah Pantai Pasir Kuning yang berada di Desa Air Lintang yang masih di wilayah Kecamatang Tempilang. Inilah keindahan dari pantai yang terlihat kontras antara pasir pantai yang berwarna kuning dengan air lautnya yang kebiruan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang mengundang begitu banyak wisatawan, tak hanya domestik saja, tapi wisatawan asing pun juga akan terpukau dengan warna pasir pantainya. Belum lagi adanya salah satu tradisi setempat yang bernama Pesta Perang Ketupat yang diadakan setahun sekali ketika memasuki bulan Ramadhan.

Pantai Pasir Penyu

Tidak begitu jauh dengan Pantai Pala yang terkenal dengan air merahnya, begitu juga dengan Pantai Pasir Penyu yang cukup banyak dihuni oleh penyu sebagai tempat untuk bertelur. Namun agak disayangkan semakin hari penyu semakin berkurang, karena terlalu banyak manusia yang mengambil telur penyu untuk dimakan ataupun dijual. Meskipun sekarang sudah agak jarang penyu yang bersarang di Pantai Pasir Penyu, namun bukan berarti kehilangan daya tariknya. Justru tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki pantai yang sangat indah, dan tidak kalah dengan Pantai Pala yang berada di Desa yang sama. Lebih tepatnya berada di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, dan masih di wilayah Kecamatan Parit Tiga.

Pantai Penganak

Saah satu pantai yang memiliki potensi wisata yang sungguh luar biasa, pantainya yang bersih serta masih terlihat alami, pasir putih dan birunya laut menjadi sajian utama Pantai Penganak. Bebatuan granit yang ada di bibir pantai selah menjadi tempat yang sangat pas bagi wisatawan untuk menikmati keindahan Pantai Penganak. Belum lagi adanya pulau-pulau kecil di depannya yang menghiasi pantai. tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga memiliki dermaga, yang biasanya menjadi tempat nongkrong warga setempat. Dan sudah pasti dermaga menjadi spot memancing yang cukup menantang sembari menikmati senja yang begitu eksotis. Namun keindahan dari pantai ini bisa saja hilang, karena penambang timah inkonvensional yang sagat membahayakan ekosistem.lokasinya sendiri terletak di Desa Air Gantang, Kecamatan Parit Tiga.

Pantai Siangau

Salah satu pantai yang menjadi favorit para traveler, cukup unik memang pantai yang tidak hanya menyajikan pasir putih dan birunya air laut saja. Tapi bebatuan granit yang cukup besar tersebar di pinggiran pantaimenjadikannya sebagai spot berenang yang sangat istimewa. Ombaknya yang begitu tenang, airnya yang sebening kaca dan spot berenang di sela-sela bebatuan granit akan menjadi pengalaman wisata yang sangat berbeda. Belum lagi ditambah hadirnya pepohonan kelapa di sepanjang pantai, akan semakin membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat wisata Kepulauan Bangka Belitung ini. Untuk lokasi Pantai Siangau ini berada di Desa Teluk Limau yang masih di dalam wilayah Kecamatan Parit Tiga.

Pantai Tanjung Kalian

Ada yang sangat menarik di Pantai Tanjung Kalian ini, yakni adanya Mercusuar yang berada tepat di pinggiran pantai. Mercusuar peninggalan Belanda yang di bangun pada tahun 1862 ini hingga kini masih berdiri hanya ada beberapa bangunan saja yang dilakukan perbaikan. Dan juga sangat memungkinkan bagi wisatawan yang ingin melihat panorama Pantai Tanjung Kalian. Selain itu tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga memiliki keindahan akan pantainya. Mulai dari pasir pantainya yang sangat putih, dan juga air lautnya yang begitu jernih. Untuk menuju ke tempat wisata di Kepulauan Bangka ini memang tidak membutuhkan waktu yang lama, yang hanya berjarak 5 km dan hanya beberapa menit saja ditempuh menggunakan kendaraan.

Pantai Tanjung Ular

Salah satu pantai yang menjadi andalan Kabupaten Bangka yang cukup banyak menyedot perhatian para wisatawan. Pantai Tanjung Ular ini memiliki garis pantai sepanjang 5 km  dan konturnya pun berkelok-kelok, maka karena itulah pantai ini dinamai Pantai Tanjung Ular. Pantainya yang landau dan hamparan pasir putihnya cukup luas membuat wisatawan betah dengan berbagai macam aktifitas. Mulai dari aktifitas seperti bermain bola di atas pasir putih atau berenang di pinggiran patai. Ombaknya cukup tenang jadi memang sangat aman untuk berenang, apalagi didukung air lautnya yang berwarna semakin membuat wisatawan betah berlama-lama di pantai. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tidak terlalu jauh, hanya sekitar 16 km dari pusat Kota Muntok.

Pulau Nanas

Inilah salah satu destinasi wisata bahari andalan Kabupaten Bangka Barat. Dan memang sangat layak karena pesonanya begitu memukau, tak hanya topografi puaunya saja, tapi juga keindahan alam bawah lautnya menawarkan keindahaan yang sangat berbeda. Pulau Nanas ini gabungan dari 3 pulau, yakni Pulau Nanas Besar, Paulau Nanas Kecil, dan Pulau Putri yang keseluruhan luasnya sekitar 7000 meter persegi. Sangat menarik memang di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini, selain pasir putihnya, birunya air laut, bebatuan granit yang menghiasi setiap pantainya. Selain itu wisatawan juga berkesempatan untuk melihat terumbu karang yang masih sangat alami. Utnuk menuju lokasi Pulau Nanas, kamu bisa berangkat dari Desa Bakit yang masih di wilayah Kecamatan Parit Tiga menggunakan perahu motor. Cukup dekat hanya sekitar 25 menit saja, dan juga sangat murah untuk harga sewa perahu yang hanya Rp. 300. 000 an. 

Pulau Pemuja

Masih belum begitu banyak wisaatawan yang mengeksplorasi Pulau Pemujas, jadi kesan asri benar-benar ditunjukkan Pulau Pemuja. Untuk mengunjungi pulau ini, paling dekat melalui Pantai Penganak yang memiliki dermaga dan juga kapal-kapal nelayan yang siap mengantarkan kamu ke Pulau Pemuja. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki pesona alam bawah lautanya yang cukup memukau. Selain itu tengah pulau yang banyak ditumbuhi pepohonan yang sangat lebat menjadi pelengkap Pulau Pemuja yang menghadirkan alamnya yang begitu indah. Lagi-lagi keindahan bawah lautnya akan berangsur-angsur memudar karena penambangan timah illegal yang bisa merusaka terumbu karang dan juga biota laut lainnya yang menghuni di bebatuan karang. Pulau Pemuja ini secara administratif masih masuk di wilayah Kecamatan Parit Tiga.

Rumah Mayor China

Destinasi yang wajib kamu kunjungi ketika kamu menginjakkan kaki di pusat Kota Muntok, yakni Rumah Mayor China. Bangunan dengan arsitektur Eropa dan juga China ini dibangun pada tahun 1834 yang ditinggali oleh orang Tionghoa yang diangkat oleh Belanda dengan pangkat Mayor. Tugas sebagai seorang Mayor yakni mengurusi segala hal yang berhubungan dengan perdagangan, terutama dalam hal pertambangan timah era itu. Rumah Mayor China ini memiliki 16pilar yang cukup besar dan juga ada relief di bagian pintu yang sangat khas dengan budaya China. Tempat wisata di Kepualaun Bangka Belitung ini menjadi salah satu peninggalan benda warisan budaya yang ada di pusat Kota Muntok. Jadi cukup menarik untuk kamu kunjungi setidaknya lebih mengenal sejarah yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Sumur Dewa

Disebut juga Sumur Kanjing yang memiliki arti “tujuh dewa” ini memiliki keunikan tersendiri. Sumur yang lokasinya tidak jauh dari pantai yang berada di Desa Bakit, Kecamatan Parit Tiga ini tidak pernah kering. Meskipun sedang musim kemarau, begitu juga ketika musim hujan airnya pun juga tidak pernah bertambah atau luber. Keunikan lainnya adalah meski dekat dengan pantai, tapi rasa airnya tetap tawar. Sumur Dewa ini dimanfaatkan oleh kebanyakan orang Tionghoa untuk memandikan jenazah. Selain itu di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini hal yang mistis, yakni sering terdengar seperti orang mandi di dekat Sumur Dewa. Namun itu hal yang biasa bagi warga setempat, apalagi ketika Imlek justru semakin ramai seperti gemericik air di dalam Sumur Dewa.

Tanjung Tada

Destinasi wisata berikut ini menawarkan petualangan yang sangat berbeda daripada destinasi wisata lainnya yang ada di Kabupaten Bangka Belitung. Tidak hanya menwarkan keindahan laut saja, tapi juga hutan bakau dan juga satwa di dalamnya. Untuk menuju lokasi Tanjung Tada, setelah kamu berada di Desa Air Menduyung, kamu bisa menaiki kendaraan roda dua untuk menuju lokasi yang melewati perkebunan milik warga. Selanjutnya kamu harus berjalan kaki dengan memasuki hutan bakau yang cukup banyak monyet di dalamya. Setidaknya sekitar 500 an meter hingga mencapai bibir pantai. tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang masih sangat alami, karena memang jarang dijamah oleh manusia. Mungkin petualangan kamu akan lebh mengesankan jika nge-camp sehari di dekat pantai yang berpasir putih yang dihiasi bebatuan granit. Lokasi Tanjung Tada ini tepatnya berada di Desa Air Menduyung dan masih di dalam Kecamatan Simpang Teritip.

Teluk Rubiah

Salah satu lokasi favorit bagi warga Muntok adalah Teluk Rubiah, karena cukup banyak pilihan untuk menikmati keindahan pantai. Mulai dari pasir pantai, di dermaga, dan juga di dekat resort  yang berada di pinggir Teluk Rubiah. Resort ini memiiki cukup banyak fasilitas di dalamnya, mulai dari kolam renang, gazebo untuk bersantai dan menikmati panorama Teluk Rubiah. Banyaknya pepohonan kelapa dan juga gazebo menjadi spot terbaik menikmati keindahan Teluk Rubiah di kala senja. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini cukup dekat dengan pusat Kota Muntok.

Wisma Menumbing

Mungkin terlihat seperti wisama pada umumnya, namunbangunan kuno yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda ini memiliki arti sejarah yang sangat penting. Tidak hanya bagi masyarakat Kabupaten Bangka Barat saja tapi juga bagi Indonesia. Wisma Menumbing ini dulu sebagai tempat pengasingan Bung Karno. Yang lokasinya berada di atas bukit Menumbing yang tingginya sekitar 450 mdpl, sudah pasti viewnya juga sangat cantik banget. Di Wisma Menumbing ini juga ada benda-benda penginggalan Bung Karno, mulai dari ruang kerja, tempat tidur, hingga mobil yang berada di ruang depan Wisma Menubing. Namun pada akhirnya Soekarno sendiri minta dipindahkan di Wisma Ranggam, karena di Wisma Menumbing ini cuacanya cukup dingin. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini berate di pusata Kota Muntok yang hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam saja.

Wisma Ranggam

Satu lagi cagar budaya yang dimiliki Kabupaten Bangka Barat, yani Wisma Ranggam. Wisma ini dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1897 dan hingga kini masih berdiri kokoh meskipun ada beberapa bagian yang diperbaiki. Bangunan ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi bagi bangsa Indonesia, karena dulu sempat menjadi tempat pengasingan Presiden Soekarno beserta KH Agus Salim, Mr Moch Roem, Mr, Ali Sastroamidjojo. Ir. Soekarno sempat tinggal di Wisma Menumbing karena tempatnya yang ada di bukit terlalu dingin dan akhirnya minta pindah di Wisma Ranggam. Dan di tempat wistaa di Kepulauan Bangka Belitung inilah perjanjian yang dikenal Roem Royen itu dibahas oleh para pendiri negeri ini. Benar-benar destinasi wisata yang sangat wajib kamu kunjungi ketika berada di Bangka Barat, karena dari bangunan inilah negara kita meraih kemerdekaan.

Tempat Wisata di Bangka Selatan

Kabupaten yang tergolong masih baru bersamaa dengan Kabupaten Bangka Barat dan juga Bangka Tengah pada tahun 2003. Potensi yang dimiloiki terutama destinasi wisata tidak kalah dengan Kabupaten-Kabupaten lainnya yang berada di Kepulauan Bangka Belitung. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang masuk di jajaran wajib untuk dikunjungi berada di Kabupaten Bangka Selatan. Dan berikut ini obyek wisata di Bangka Selatan yang akan membuat kagu berdecak kagum melihatnya.

Air Panas Nyelanding

Agak keluar dari pusat Kota Toboali ke arah Desa Nyelanding yang masih berada di wilayah Kecamatan Air Gegas, kamu akan menemukan pesona alam yang sangat berbeda. Yakni Air Panas Nyelanding, inilah destinasi wisata di kala kamu sudah mulai bosan wisata bahari di Kabupaten Bangka Selatan. Sumber air panas alami ini sekarang sudah dibuat kolam-kolam untuk berendam bagi wisatawan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang sudah cukup terkenal, apalagi jika dengar-dengar cerita bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan tidak sedikit warga yang memanfaatkan Air Panas Nyelanding untuk kebutuhan sehari-hari, karena airnya jauh lebih bersih dari pada air PAM. Perjalanan kamu yang cukup jauh 44 km dari Toboali akan seketika hilang rasa pegal dengan berendam di Air Panas Nyelanding.

Air Panas Permis

Memang tidak seluas dan seramai Air Panas Nyelanding, tapi suasana di kawasan Air Panas Permis ini cukup adem karena begitu banyaknya pepohonan yang seakakn mengelilingi sumber air panas. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang masih sepi akan pengunjung. Jadi jika kamu ingin merasakan relaksasi dengan lingkungan yang tenang maka datang saja di Air Panas Permis. Untuk lokasinya sendiri memang tergolong agak jauh jika dari pusat Kota Toboali, setidaknya kamu membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam lebih. Lokasi tepatnya berada di Desa Permis dan masih berada di wilayah Kecamatan Simpang Rimba.

Air Terjun Gunung Pading

Destinasi wisata yang sangat menarik selain wisata bahari di Kabupaten Bangka Selatan. Kamu bisa merasakan sedikit berpetualang di Bangka Selatan dengan mengunjungi Air Terjun Gunung Pading. Untuk lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari pedesaan yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Sekarang saatnya kamu berendam dan berenang di Air Terjun Gunung Pading, akan semakin lengkap wisata kamu setelah berenang di pantai sekarang di kolam air terjun. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga sering digunakan kemah traveler lokal, mungkin kamu juga bisa mencobanya nge-camp di areal Air Terjun Gunung Pading. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Mayang dan di dalam Kecamatan Air Gegas.

Batu Belimbing

Tidak hanya Kabupaten Bangka Barat saja yang punya destinasi wisata Batu Belimbing, Bangka Selatan pun juga memiliki destinasi yang sama, yakni Batu Belimbing yang tidak jauh dari pusat Kota Toboali. Selain itu lokasinya juga cukup berdekatan dengan Pantai Batu Perahu, jadi sempatkan diri kamu untuk selfie di Batu Belimbing ya, setelah dari Pantai Batu Perahu. Memang jika dilihat dari ukurannya jauh lebih kecil dari Batu Belimbing yang ada di Bangka Barat. Namun yang membuat wisatawan betah di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini adalah, tempatnya yang masih sangat asri dan banyaknya pepohonan di sekelilingnya. Dan kamu pun juga bisa menemukan pepohonan yang tumbuh dari sela-sela bebatuan. Dan yang pasti kamu jangan sampai lupa buat selfie di Batu Belimbing. Lokasinya berada di Kampung Lalang, dan di Kelurahan Toboali, dan juga masih di dalam Kecamatan Toboali.

Benteng Penutuk

Kabupaten Bangka Selatan juga memiliki banyak tempat wisata sejarah atau destinasi wisata cagar budaya, selain Benteng Toboali yang sangat ikonik ada juga Benteng Penutuk. Akan tetapi Benteng Penutuk ini nyaris tidak ada lagi sisa reruntuhannya. Hanya ada 2 meriam yang masih terpasang di areal pintu masuknya. Selain itu di kawasan Benteng Penutuk ini ada makam raja yang telah dipagar dengan besi. Kamu akan semakin betah berada di Benteng Penutuk selain tempatnya adem serasa di dalam hutan dengan pepohonannya yang menjulang tinggi dan juga memiliki beberapa gazebo untuk bersantai. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini sering dikunjungi peziarah yang lokasinya sendiri berada di Desa Penutuk dan di dalam wilayah Kecamatan Lepar Pongok.

Benteng Toboali

Inilah destinasi wisata ikonik yang menjadi andalan Kabupaten Bangka Selatan yang juga menjadi cagar budaya, Benteng Toboali namanya. Lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari pusat Kota Toboali, jadi sangat wajib untuk kamu kunjungi. Benteng Toboali ini dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1825 sebagai bentuk pertahanan tentara Belanda ketika itu. Benteng ini memang sangat strategi berada di atas bukit dan dekat dengan pantai, jadi Belanda akan semakin mudah untuk mengawasi lalu lintas laut. Jadi ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini kamu juga disuguhi panorama pantai dari perbukitan. Sangat menarik memang, jadi jangan lupa untuk mengambil beberapa jepretan sebagai oleh-oleh dari Bangka Selatan. Untuk lokasi tepatnya berada di Kelurahan Tanjung Ketapang yang masih berada di Kecamatan Toboali.

Bukit Nenek

Memiliki jiwa petualang, mungkin kamu harus mencoba untuk mendaki Bukit Nenek yang berada di kawasan Taman Wisata Alam Permisan. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi panorama hutan yang masih sangat asri, udara yang sejuk serta pepohonan yang menjulang tinggi. Bukit Nenek ini tidak begitu tinggi hanya beberapa ratus meter saja tingginya. Tapi pesona alam yang diharikan sungguh membuat kamu betah berlama-lama di Bukit Nenek. Hijaunya perbukitan dan tampak kejauhan birunya laut Bangka Selatan. Kamu juga bisa nge-cam di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini, sembari menunggu indahnya sunrise di pagi hari. Secara administratif Bukit Nenek ini berada di Desa Gudang dan di dalam Kecamatan Simpang Rimba.

Danau Kaolin

Inilah spot selfie kekinian yang ada di Bangka Selatan, Danau Kaolin namanya. Awalnya danau ini terbentuk bukan karena proses alam melainkan bekas pertambangan timah yang akhirnya berubah menjadi danau biru. Dan uniknya lagi gundukan tanahnya pun juga berwarna putih, seakan berada di danau biru yang bersalju atau terlihat seperti kawah putih. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang surganya bagi penggemar fotografi karena keunikannya, seperti airnya yang berwarna biru dan juga tanahnya yang berwarna putih. Cukup banyak juga wisatawan yang menikmati Danau Kaolin dengan menyeburkan diri di danau. Benar-benar pengalaman wisata yang berbeda nyebur di danau yang berwarna biru. Lokasinya sendiri terletak di Desa Air Bara, yang masih di dalam Kecamatan Air Gegas.

Hutan Mangrove Desa Tukak

Destinasi wisata yang tergolong masih baru ini memang masih dalam perbaikan, dengan konsep wisata Hutan Mangrove dan juga adanya Jembatan Cinta akan semakin menarik minat para pengunjung. Sebagai destinasi wisata yang baru diharapkan semakin banyak wisatawan yang datang. Sangat mengasyikkan selain lebatnya hutan mangrove kamu juga nantinya bisa berkeliling ke dalam hutan mangrove, bisa menggunakan perahu atau hanya berjalan di atas jembatan yang ada di dalamnya. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tepatnya berada di Desa Tukak yang masih di dalam wilayah Kecamatan Tukak Sadai.

Klenteng Dewi Sin Mu

Lokasinya tidak begitu jauh dengan Benteng Toboali yang juga masih berada di dalam Kecamatan Toboali, tepatnya di Desa Tanjung Ketapang. Klenteng yang dibangun pada tahun 1800 ini hingga kini masih berdiri kokoh. Sangat menarik ketika kamu mengunjungi tempat peribadahan Tionghoa dan juga tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Kamu bisa menggali cerita sejarah pembangunan Klenteng dengan seseorang yang ada di Klenteng, setidaknya toleransi antar umat dan juga etnis sudah terbangun sedari dulu di Kabupaten Bangka Selatan.

Makam Krio Panting

Inilah makam dari seorang pejuang ketika era penjajahan Belanda di Kabupaten Bangka Selatan, tepatnya di Desa Payung, Kecamatan Payung. Krio Panting ini seorang pejuang yang berani melawan kolonial Belanda, bahkan dia tidak segan-segan untuk melawan ketika hak warga Desa Payung itu dinjak-injak. Beliau bersama warga Desa Payung berani melawan Belanda hanya dengan bersenjatakan pedang yang panjangnya hampir 1 meter. Dan hingga kini pedang tersebut masih disimpan oleh ahloi warisnya. Tempat wisata di Bangka Belitung ini juga sebagai wisata sejarah dan juga wisata ziarah, karena memang cukup banyak peziarah yang mendatangi makam Krio Panting. Karena beliau ini sudah dianggap sebagai seorang pahlawan bagi warga Desa Payung.

Makam Panjang

Kabupaten Bangka Selatan memang memiliki sejarah yang cukup panjang dan cukup menarik untuk kita telusuri. Hal ini terbukti dengan banyaknya peninggalan, mulai dari benteng, benda peninggalan lainnya, dan juga makam. Salah satu makam yang syarat mistis ini layak untuk dikunjungi, yakni Makam Panjang. konon menurut cerita warga setempat, makam ini akan memanjang atau membesar seiring datangnya bulan purnama. Namun ketika tak lagi purnama maka Makam Panjang ini kembali seperti ukuran semula. Menarik bukan?? Tidak hanya sekedar tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang biasa saja, tapi juga menjadi wisata ziarah. Yang kabarnya makam ini adalah makam dari seorang pejuang ketika penjajahan Jepang di Kepulauan Bangka. Lokasinya sendiri berada di Desa Bangka, yang masuk di Kecamatan Simpang Rimba.

Makam Syech Said Jamalludin Al Afany

Banyaknya makam tua yang ada di Kabupaten Bangka Selatan ini menandakan bahwa di era penjajahan cukup banyak pejuang yang tidak mau menerima kolonialisme Belanda. Dan mereka memilih menjadi seorang pejuang dan memimpin para warga untuk mendapatkan kemerdekaan. Dan salah satunya adanya Syech Said Jamalludin Al Afany, selain seorang pejuang beliau ini juga seorang penyebar agama Islam di Bangka Selatan. Karena jasa beliau itulah kini makamnya sering didatangi para peziarah, yang tidak hanya warga Desa Bahar saja tetapi juga dari luar Desa Bahar.

Pantai Batu Ampar

Dulu katanya di pantai ini banyak sekali hamparan batu granit yang berserakan di pinggiran pantai, hingga akhirnya dinamakanlah Pantai Batu Ampar. Ketika kamu hendak ke tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini kamu akan disuguhi panorama alamnya yang begitu asri. Yang sangat menarik lagi adalah di Desa Gusung dekat dengan Pantai ada Pemandian Air Salak dan juga tempat pembiakan berbagai jenis ikan air tawar. Mungkin kamu bisa mampir dulu sebelum ke Pantai Batu Ampar yang memiliki pasir pantainya yang putih bersih. Pantai ini sangat tenang dan memang cocok banget buat bersantai di pinggiran pantai yang teduh karena banyaknya pepohonan. Lokasinya sendiri berada di Desa Gusung, yang masih berada di wilayah Kecamatan Toboali.

Pantai Batu Betumpang

Kamu akan disajikan panorama yang benar-benar berbeda ketika berada di Pantai Batu Betumpang. Memang hanya sedikit hamparan pasir pantainya, namun pesona pulau kecil di depannya yang memiliki mercusuar itulah yang akan mengisi hari libur kamu. Kamu bisa menaiki tower mercusuar dan menikmati panorama Pantai Batu Betumpang yang begitu indah dari ketinggian. Tak lupa juga, inilah spot selfie yang sedikit memacu adrenalin kamu. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga memiliki spot memancing yang akan memberikan kamu sensasi strike yang cukup luar biasa. Terletak di Desa Batu Betumpang dan di dalam Kecamatan Payung hanya membutuhkan waktu sekitar 1, 5 jam perjalanan darat dari pusat Kota Toboali.

Pantai Batu Perahu

Destinasi wisata ini memang sangat ikonik dan hampir wisatawan yang pernah mengunjunginya akan selalu ingat akan keindahan Pantai Batu Perahu. Yang sangat susah untuk dilupakan adalah adanya batu granit yang sangat besar yang berada tepat di pinggir pantai yang berbentuk perahu. Maka pantai yang tidak jauh dari pusat Kota Toboali ini dinamakan Pantai Batu Perahu. Di dekat tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini ada dermaga yang biasanya digunakan para pemancing mania untuk mincing, karena memang cukup banyak ikannya. Yang menariknya lagi di pantai ini adalah keindahan sunsetnya, kamu bisa bersantai di bebatuan granit atau di dermaga sembari menikmati sunset. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Tanjung Ketapang, yang masih berada di Kecamatan Toboali.

Pantai Batu Tambun

Mungkin karena cukup banyak bebatuan granit yang berukuran besar, maka dinamakanlah Pantai Batu Tambun. Pantai yang cukup eksotis dan unik ini berada di Pulau Pongok, yang membutuhkan waktu setidaknya 1 jam perjalanan menggunakan speed boot yang bisa kamu sewa dari Pelabuhan Sadai, Toboali. Yang menariknya lagi tidak hyanya sekedar pantai saja yang bisa kamu nikmati ketika berada di Pulau Pongok. Tapi kamu juga bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya yang begitu mempesona. Bahkan ketika bersnorkeling kamu bisa menemui ikan seperti clown fish yang benar-benar cantik yang biasanya hidup di terumbu karang. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang sangat wajib untuk dikunjungi ketika kamu berada di Kabupaten Bangka Selatan.

Pantai Nek Aji

Ada yang menyebut dnegan nama Pantai Bhayangkara yang lokasinya berdekatan dengan destinasi ikonik Benteng Toboali. Pantai yang sangat tepat untuk bersantai tanpa harus kepanasan ketika menikmati panorama pantai. Rindangnya pepohonan yang ada di pinggir pantai menambah keasrian Pantai Nek Aji. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini sering menyelenggarakan berbagai kegiatan yang diprakarsai oleh pemerintah, seperti event Toboali City on Fire dan juga berbagai kegiatan seperti perayaan hari Kemerdekaan dan lain-lainnya. Pantai ini lokasi tepatnya berada di Desa Tanjung Ketapang, yang berada di Kecamatan Kota Toboali.

Pantai Batu Berdaun Rajik

Nama pantainya hampir mirip dengan Pantai Batu Berdaun di Kabupaten Bangka, hanya saja Pantai Batu Berdaun Rajik ini ada di pinggiran pantai bukan di tengah pantai. Pemandangan yang cukup eksotis cukup banyak pepohonan yang tumbuh di tengah-tengah bebatuan granit. Tidak ketinggalan juga pasir putihnya semakin membuat pantai ini begitu cantik untuk dilihat. Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini pasti bakal nyebur di birunya air pantai. Dan tidak ketinggalan pastinya selfie di antara bebatuan yang penuh dengan pohon nan hijau menjadi spot yang selfieable banget. Lokasi pantai nan eksotis ini terletak di Desa Rajik, yang berada di wilayah Kecamatan Simpang Rimba.

Pantai Batu Kodok

Nama yang sangat unik untuk nama sebuah pantai. Pantai Batu Kodok ini lokasinya tidak begitu jauh dengan pusat Kota Toboali yang tidak sampai 2 km jaraknya. Dinamakan Pantai Batu Kodok mungkin saja karena bebatuan granit yang bertumpuk menyerupai kodok atau katak. Hampir sama dengan Pantai Batu Perahu yang ada bebatuan granit yang mirip dengan perahu. Pantai Kodok ini cukup dekat dengan dermaga, yang biasanya menjadi spot memancing para pemancing mania. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tepatnya berada di Kelurahan Tanjung Ketapang yang masih berada di wilayah Kecamatan Toboali.

Pantai Gunung Namak

Benar-benar pantai yang mampu memikat hati wisatawan dan akan membuat kita enggan untuk pulang. Pesonanya begitu mempesona, mulai dari pasir putihnya, bebatuan granit yang tertata alami, dan juga air lautnya yang sebening kaca. Sangat mengasyikkan memang berenang di pinggiran pantai sembari sefie di atas bebatuan granit yang cukcup banyak di bibir pantai. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang harus kamu nikmati hingga matahari terbenam. Karena suguhan panorama nan eksotis sangat terlihat jelas ketika hari sudah mulai senja. Lokasi Pantai Gunung Namak ini tehanya kurang 20 km jaraknya dari pusat Kota Toboali dan untuk aksesnya pun juga sangat mudah.

Pantai Taman Sebagin

Cukup jauh memang jika kamu berangkat dari pusat Kota Toboali, kurang lebih membutuhkan waktu setidaknya 2 jam perjalanan darat. Sebenarnya untuk aksesnya sendiri cukup mudah karena dekat dengan perkampungan, yakni Desa Sebagin, yang berada di wilayah Kecamatan Simpang Rimba. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang menyajikan nuansa pantai yang sangat asri. Pasir pantai yang berpadu dengan bebatuan granit berwarna hitam dan juga warna putih tampak begitu eksotis. Pantai Taman Sebagin ini juga salah satu spot memancing yang cukup menantang, karena cukup banyak ikan yang menghuni di dekatan bebatuan granit yang sedikit menjorok ke tengah pantai.

Pantai Tanjung Bugis

Tidak dipungkiri lagi bahwa pesona Pulau Lepar memang mampu mengundang begitu banyak wisatawan yang datang. Dan salah satunya adalah Pantai Tanjung Bugis yang tidak begitu jauh jika kamu berangkat dari pelabuhan Sadai di Toboali, yang hanya berkisar kurang dari 1 jam perjalanan laut. Air laut yang berwarna biru dan ombaknya yang tenang memang sangat cocok buat kalian yang demen banget mandi di pantai. Pasirnya yang putih cukup membuat kamu nyaman dengan bersantai di hamparan pasir yang cukup luas. Tempat wisata di Kepulauan Bangka dan Belitung ini semakin terlihat keasriannya dengan banyaknya pepohonan kelapa di pinggiran pantainya. Seakan menjadi peneduh di kala matahari mulai menyengat. Lokasi tepatnya terletak di Desa Tanjung Sangkar, yang masih di wilayah Kecamatan Lepar Pongok.

Pantai Tanjung Kelayang

Jika kamu ingin menikmati indahnya pesona sunset di Kabupaten Bangka Selatan, maka sebaiknya kamu datang di Pantai Tanjung Kelayang. Untuk menuju pantai yang satu ini kamu harus menggunakan speed boat yang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit. Pantai dengan bebatuan granitnya hingga ke tengah pantai ini memang sebagai spot yang tepat untuk menikmati setiap detik tenggelamnya matahari. Semburat sinarnya yang meredup membuat suasana semakin terasa eksotis. tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini masih tergolong sepi, jadi sangat menarik untuk bersantai menikmati kedamaian Pantai Tanjung Kelayang.

Pantai Tanjung Kemirai

Siapapun pasti akan dibuatnya takjub dengan keindahan Pantai Tanjung Kemirai dengan gradasi air lautnya dari hijau ke biru. Memang pasir pantainya tidak begitu luas, bahkan cukup banyak bebatuan granit yang ada di bibir pantai bahkan agak ke tengah. Yang sangat menarik di Pantai Tanjung Kemirai ini adalah pepohonan nan hijau di sepanjang pantainya menjadi spot bersantai menikmati keindahan pantai sembari merasakan hembusan air lautnya. Ombaknya sangat tenang jadi sangat aman untuk berenang kesana-kemari. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini letaknya berada di Desa Pasir Putih, dan masih di dalam wilayah Kecamatan Tukak Sadai.

Pantai Tanjung Kerasak

Hanya butuh beberapa jam saja dari pusat Kota Toboali menuju ke Desa Pasir Putih yang berada di Kecamatan Tukak Sadai, dimana pantai yang sangat indah ini berada. Pantai Tanjung Kerasak namanya, tidak hanya pasir putihnya saja yang menjadi suguhan bagi wisatawan, tapi pulau kecil-kecil di depan pantai itulah yang membuatnya semakin terlihat eksotis. pengalaman wisata kamu akan asemakin menarik ketika berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Kamu bisa berenang menuju pulau kecil yang penuh bebatuan granit dan pepohonan yang hijau yang hanya berjarak beberapa puluh meter saja. kamu juga bisa merasakan sensai strike ikan karang yang banyak menghuni di sekitaran pulau-pulau kecil tersebut.

Pantai Tanjung Labu

Destinasi wisata yang bakal membuat kamu terpukau ini berada di Pulau Lepar. Dan untuk menuju ke Pulau Lepar harus menggunakan speed boat yang bisa kamu sewa di Pelabuhan Sadai Toboali. Lama penyeberangan hanya memakan waktu tidak lebih dari 30 menit. Biayanya cukup murah kisaran 600 hingga 1 juta sekali trip dan itu bisa membawa sepuluh orang. Tapi perjalanan masih butuh 25 km lagi untuk menuju Pantai Tanjung Labu dari pusat Kecamatan Lepar Pongok. Tapi semua perjalanan yang memakan waktu tidak sebentar akan terbayar ketika kamu menginjakkan kaki di atas pasir putihnya Pantai Tanjung Labu. Ombaknya yang tidak begitu besar membuat tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini sangat aman untuk berenang. Tidak hanya cukup disitu saja kamu juga bisa bersantai di bawah pepohonan yang rindang sembari menikmati panorama Pantai Tanjung Labu.

Pantai Tanjung Ru Sadai

Masih belum begitu banyak traveler yang mengunjungi Pantai Tanjung Ru Sadai, padahal lokasinya begitu dekjat dengan pusat Kota Toboali yang hanya sekitar 20 km saja. hampir sama dengan pantai-pantai lainnya, keindahan seperti air lautnya yang berwarna biru, pasir putihnya yang sangat bersih, dan yang pasti bebatuan granit yang cukup besar menjorok ke tengah pantai. Bahkan ada beberapa bebatuan yang agak ke tengah pantai, menjadi spot selfie yang sangat unik pastinya. Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini pasti menyempat diri untuk selfie di atas bebatuan granit. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Sadai, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Tukak Sadai.

Pantai Tanjung Timur

Penglamaan wisata kamu akan lebih berkesan jika kamu mengunjungi spot wisata pantai menggunakan perahu motor milik nelayan. Misalnya kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Sadai di pusat Kota Toboali lalu menuju Pantai Tanjung Timur yang masih berada di wilayah Toboali. Kamu akan melihat gugusan bebatuan granit maupun hamparan pasir putih pantai yang akan membuat kamu berdecak kagum melihatnya. Dan salah satunya adalah Pantai Tanjung Timur yang cukup banyak dihuni bebatuan granit hingga ke tengah pantai. Ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Selatan ini memang kurang berkesan kalau kamu tidak nyebur di pantai yang cukup banyak bebatuan granitnya.

Pantai Tanjung Zibur

Masih belum begitu banyak wisatawan yang datan ke Pantai Tanjung Zibur, jadi pesona alamnya masih benar-benar asri. Kontur pantainya yang cukup landai dan ombaknya yang tenang akan membuat kamu terasa sangat nyaman ketika mandi di pinggiran pantai. Apalagi dengan pasirnya yang putih bersih dengan pepohonan di pinggiran pantai benar-benar kedamaian yang akan kamu rasakan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini berada di Desa Gusung yang cukup dekat dengan pusat Kota Toboali yang hanya berjarak sekitar 18 km saja.

Pulau Celagen

Kebanyakan wisatawan yang mendatangi Pulau Pongok pasti bakalan mampir di Pulau Celagen, karena pesona alamnya cukup sangat menarik untuk dinikmati. Mulai dari pantai dengan pasir putihnya, serta kehidupan bawah lautnya yang tak kalah dengan perairan Pulau Pongok atau Pulau Kelapan. Untuk luasnya sendiri memang tidka begitu besar hanya seluas 9,3 hektar. Yang cukup menarik ketika kamu berada di Pulau Celagen adalah pesona senjanya yang begitu eksotis. Benar-benar menakjubkan sembari duduk bersantai di pasir putih di pinggiran pantai terasa begitu indahnya alamnya Kabupaten Bangka Selatan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang belum begitu terekspos, padahal pesonanya begitu menggoda dan potensinya juga sangat luar biasa untuk dikembangkan.

Pulau Dapur

Tidak begitu jauh lokasi Pulau Dapur dengan Kecamatan Toboali, dan kamu bisa mengunjungi dengan menyewa perahu motor milik nelayan. Lama perjalanan menggunakan perahu motor atau speed boat hanya berkisat 45 menitan. Benar-benar surga yang tersembunyi yang ada di bumi Bangka Selatan. Pantainya yang sangat bersih, air lautnya yang biru sebening kaca, semakin membuat siapapun yang datang ingin menikmatinya. Tak kalah dengan Pulau Kelapan yang memiliki keindahan alam bawah lautnya. Pulau Dapur memiliki biota laut yang sangat beragam, kamu bisa menikmatinya dengan cara snorkeling atau free dive di pantai Pulau Dapur. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga terdapat mercusuaar sebagai navigasi kapal yang sudah ada sejak jaman Belanda.

Pulau Kelapan

Seperti dengan Pulau Dapur yang memiliki pantai yang indah dan juga keindahan alam bawah lautnya. Bagi para traveler yang sudah mengunjungi Pulau Kelapan, inilah surganya snorkeling dengan suguhan pesona alam bawah lautnya yang masih sangat asri. Terumbu karangnya yang tidak mengalami kerusakan dan juga berbagai macam jenis ikan yang menghuni bebatuan karang semakin membuat mata wisatawan semakin berbinar melihatnya. Untuk mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini kamu harus menggunakan speedboat dari Pelabuhan Sadai di Toboali. Lama perjalanan sekitar kurang lebih dua jam, tapi kamu tidak akan bosa karena panorama laut yang dihiasi pulau-pulau kecil akn menghilangkan rasa penat di perjalanan. Secara administratif Pulau Kelapan ini masih berada di wilayah Kecamatan Lepar Pongok.

Pulau Lepar

Wajib mampir ketika kamu akan mengunjungi Pulau Kelapan atau sebaliknya, karena memang pesonanya yang sungguh berbeda. Jika kamu di Pulau Kelapan menikmati pesona bawah lautnya, sementara di Pulau Lepar kamu akan menikmati keindahan pantainya yang tampak begitu alam. Bebatuan granit yang berdiri kokoh di pinggiran pantai menjadi spot terbaik buat jumping ke pantai. Di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga banyak spot memancing, jadi bagi yang hobi memancing kamu bisa merasakan sensasi strike ikan yang menghuni Pulau Lepar. Untuk mengunjungi Pulau Lepar kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Sadai Toboali, yang hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk samapi di Pulau Lepar.

Pulau Salma

Tidak kalah indahnya dengan Pulau Dapur, Pulau Kelapan, ataupun Pulau Lepar. Pulau Salma ini begitu cantik, ada satu sisi pulau yang hamparan pasir pantainya begitu luas dan semuanya berpasir putih. Wisatawan akan benar-benar dimanjakan dengan keindahan di Pulau Salma. Mulai dari bersantai di pepohonan yang rindang, bermain di atas pasir putihnya, atau menikmati keindahan alam bawah lautnya. Kamu bisa snorkeling di kawasan pantai Pulau Salma, dan tak jarang juga kamu bisa melihat ikan clown fish yang sangat cantik di antara bebatuan karang. Untuk menuju ke Pulau Sama memang membutuhka waktu beberapa menit saja dari Pelabuhan Sadai di Toboali.

Pulau Pongok

Membutuhkan waktu setidaknya 1 jam menggunakan perahu motor yang berangkat dari Pelabuhan Sadai, Toboali. Pulau Pongok ini memang cukup terkenal dengan pesona alam bawah lautnya yang sangat indah. Beragam biota laut hidup di perairan Pulau Pongok, dan inilah yang diburu para pecinta snorkeling maupun free dive. Selain itu kamu juga bisa melihat lebih dekat adat serta budaya masyarakat setempat. Jadi tidak hanya menikmati pesona alamnya saja, tapi kearifan lokal di Pulau Pongok juga sangat menarik untuk kita lihat. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga salah satu tujuan utama para pemancing mania. Karena memang cukup banyak ikan yang hidup di perairan Pulau Pongok.

Pura Simpang Rimba

Kabupaten Bangka Selatan seakan memiliki beragam destinasi wisata yang cukup lengkap, tidak hanya wisata bahari dan alamnya juga, tapi juga wisata religi. Dan salah satunya adalah adanya Pura Simpang Rimba yang berada di Desa SImpang Rimbang, tepatnya di Dusun C III, Kecamatan Simpang RImba. Inilah salah satu bukti bahwa toleransi umat beragama di Bangka Selatan sudah terjalin begitu lama. Meskipun mayoritas Muslim, tapi semua religi lainnya juga tetap berkembang di Bangka Selatan. Pura Simpang Rimba memang dibangun oleh masyarakat setempat sebagai rumah peribadahan umat Hindhu. Dan kini juga sebagai tempat wisat di Kepulauan Bangka Belitung yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Taman Aik Tawas

Obyek wisata di Kabupaten Bangka Belitung ini tergolong masih baru, yang pada awalnya hanyalah kubangan besar bekas pertambangan timah. Berkat ide kreatif pemerintah Bangka Selatan akhirnya dibuatlah seperti taman, dengan view rawa atau danau bekas pertambangan timah. Yang hampir di sekelilingnya banyak pepohonan nan hijau. Berbagai fasilitas pun juga dilengkapi, seperti adanya gazebo, atau jembatan yang ada di pinggir rawa, semakin membuat tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini terlihat begitu cantik. Dan memang sangat cocok buat wisata keluarga, atau spot fotografi yang kekinian. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Air Bara, yang berada di wilayah Kecamatan Air Gegas.

Wisata Daur Ulang

Konsep yang sangat unik sebagai destinasi wisata alternatif yang ada di Kabupaten Bangka Selatan, tepatnya di Desa Tukak yang tidak jauh dari destinasi Hutan Mangrove. Desa Tukak memang sudah menjadi Desa Wisata di Bangka Selatan yang menawarkan destinasi wisata yang sangat unik. Dan salah satunya adalah Wisata Daur Ulang yang hampir mayoritas barang yang digunakan adalah sampah atau barang-barang yang tidak lagi digunakan. Seperti tong yang dibuat kursi dan juga meja dan dicat dengan berbagai warna. Sangat menarik memang selain sebagai wisata edukasi kamu tetap bisa menikmati keindahan pantai yang ada di Desa Tukak, Kecamatan Tukak Sadai. Dan satu lagi di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang sangat bersih, karena hampir semua sampah dimanfaatkan menjadi sebuah barang yang bernilai seni.

Tempat Wisata di Bangka Tengah

Ada satu sisi yang sangat menarik tentang Ibukota Bangka Tengah, Koba. Beragam argumentasi tentang sejarah dari penamaan Kota Koba. Mulai dari nama kapal China yang mendarat di Pulau Bangka yang nama kapal tersebut Kobe, ada juga dari pohon yang bernama Koba yang memiliki rasa asam pada buahnya. Terlepas dari sejarah nama Kota Koba, kota ini telah menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun asing. Dan berbagai destinasi wisatanya juga tidak kalah indahnya dengan Kabupaten lainnya yang ada di Pulau Bangka bahkan dengan Pulau Belitung. Dan berikut ini tempat wisata menarik di Kabupaten Bangka Tengah.

Air Terjun Sadap

Destinasi wisata di Kabupaten Bangka Tengah yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Sadap. Jika kamu suka berpetualang memasuki hutan yang masih asri maka Air Terjun Sadap harus kamu jadikan top list tempat wisata yang harus kamu kunjungi. Lokasinya cukup lumayan dan hanya bisa berjalan kaki sejauh 1 km dari desa terdekat yakni Desa Perlang. Sajian pepohonan nan hijau dan udara yang bersih akan selalu mengiringi perjalanan kamu. Sesampainya di Air Terjun Sadap kamu pasti akan kagum akan keindahan air terjun yang memiliki kemiringan 45 meter dan setinggi 8 meter ini. Belum lagi dengan airnya yang jernih memenuhi kolam di bawahnya, kan membuat kamu semakin tidak sabar ingin menikmati kesegaran air pegunungan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini berada di hutan Pading, tepatnya di Dusun Sadap dan di Desa Perlang yang masih di wilayah Kecamatan Lubuk Besar.

Desa Kurau

Tidak hanya Desa Namang saja di Bangka Belitung yang menarik untuk dikunjungi dengan kuliner khasnya dan juga indahnya Hutan Pelawan. Namun Desa Kurau ini juga sangat menarik untuk dikunjungi, selain sebagai desa nelayan juga memiliki spot pantai yang cukup indah untuk dilihat. Ada spot-spot untuk diving yang lokasinya juga tidak jauh dari Desa Kurau. Kamu tinggal menyewa kapal yang cukup murah dan mengantarkannya di spot diving. selain itu ada tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang tidak jauh dari Desa Kurau, yakni Pulau Ketawai yang sangat eksotis. Desa Kurau ini masih berada di dalam wilayah Kecamatan Koba.

Desa Namang

Saat ini desa wisata memang sudah menjadi trend, jadi nilai positifnya adalah banyak potensi yang dimiliki desa di Indonesia ini semakin terlihat. Dan sudah pasti semakin meningkatkan perekonomian warga desa tersebut. Dan salah satu desa wisata yang harus kamu kunjungi di Bangka Tengah adalah Desa Namang. Lokasinya yang berdekatan dengan Hutan Pelawan, membuat warganya memanfaatkan apa yang ada di dalam hutan tersebut. Dan salah satunya adalah lebah madu yang sama masyarakat Namang dibuat sebagai campuran jajanan atau makanan dan juga jus. Selain itu masakan khas seperti nasi merah, lempah jamur, lempah darat menjadi sajian favorit ketika kamu berkunjung di Desa Namang. Desa Namang kini menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung terutama wisata alam dan juga wisata kuliner.

Hutan Pelawan

Jika kamu suka berpetualangan memasuki hutan, mungkin kamu bisa mencoba beriwtsa di Hutan Pelawan. Mungkin bagi para wisatawan dari luar Pulau Bangka akan heran ketika melihat pohon pelawan yang dahan atau kayunya berwarna merah menyala. Dan di Hutan Pelawan ini seperti pohon gelam, letting dan juga pohon rempodong juga tumbuh subur di dalam kawasan hutan lindung Pelawan. Dan menariknya lagi di dalam hutan ini cukup banyak lebah madu yang biasanya dimanfaatkan oleh warna Desa Namang untuk membuat jajanan atau makanan khas. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga dilengkapi dengan jalan yang terbuat dari kayu dan juga gazebo, jadi kamu tidak perlu khawatir ketika memasuki Hutan Pelawan, karena akses jalannya cukup memadai. Lokasi Hutan Pelawan ini berada di Desa Namang yang juga berada di wilayah Kecamatan Namang.

Pantai Batu Belubang

Selain eksotisme dari bebatuan granit yang cukup banyak di areal pantai, ada yang cukup menarik lainnya, yakni warna pasir pantainya yang agak kekuningan. Pantai Batu Belubang ini memiliki ombak yang cukup tenang, jadi tergolong sangat aman, jika kamu ingin bermainan air seperti berenang di pantai. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini seakan lengkap dengan adanya lokasi tempat pelelangan ikan. Jadi kamu bisa berburu berbagai macam ikan hasil tangkapan nelayan dengan harga yang sangat murah. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Batu Belubang dan masih di dalam wilayah Kecamatan Pangkalan Baru.

Pantai Batu Beriga

Selain aktifitas menikmati birunya air laut dengan menyeburkan diri ke pantai, kamu juga bisa menikmati keindahan Pantai Batu Beriga dari perbukitan yang ada di pinggiran pantai. Perbukitan yang penuh dengan bebatuan granit dan juga pepohonan nan hijau seakan menjadi spot tersantai di Pantai Batu Beriga. Bagi para pemancign mania, cukup banyak spot-spot memancing yang menjanjikan di Pantai Batu Beriga, terutama di kawasan yang berdekatan dengan bukit. Selain itu ada sajian yang istimewa di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini yakni pesona sunset yang begitu romantis terlihat begitu sempurna di Pantai Batu Beriga. Untuk lokasi Pantai Batu Beriga terletak di Desa Batu Beriga, dan di dalam wilayah Kecamatan Lubuk Besar.

Pantai Gusung

Lokasinya sangat berdekatan dengan Pantai Batu Beriga, yang sama-sama berada di Desa Batu Beriga dan di wilayah Kecamatan Lubukt Besar. Yang menarik di Pantai Gusung adalah hamparan luas pasir putihnya dan juga garis pantainya cukup panjang. banyak wisatawan yang terpuaskan ketika mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Karena mereka bisa melakukan berbagai macam aktifitas di pantai, mulai dari bermain bola atau hanya sekedar berlarian di pinggiran pantai. Pohon cemara yang berjajar rapi di pinggir pantai menjadi spot teduh untuk menikmati birunya air laut tanpa takut kepanasan.

Pantai Kedimpel

Tidak jauh dari Pantai Keranji, terdapat pantai yang masih begitu asri, bahkan nyaris tanpa adanya sentuhan tangan manusia, itulah Pantai Kedimpel. Meskipun pengelolaan akan pantai ini masih sangat minim, tapi sebenarnya menyimpan pesona yang luar biasa. Pasir pantainya yang putih menjadi salah satu pemikat para wisatawan. Begitu juga dengan ketenangan sangat terasa ketika kamu berada di Pantai Kedimpel. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini berada di desa yang sama dengan Pantai Keranji, yakni Desa Baskara Bakti, Kecamatan Namang.

Pantai Keranji

Inilah pantai yang mana kamu bisa menemukan begitu banyak tanaman mangrove, dan memang kedepannya akan menjadi obyek wisata hutan mangrove yang ada di Kabupaten Bangka Tengah. Pantai Keranji sendiri juga memiliki pesona yang cukup indah, kontur pantainya yang landai dengan pasir putihnya dan juga birunya air laut menjadi sajian utama di Pantai Keranji. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang belum begitu ramai, tapi semenjak adanya hutan mangrove wisatawan sudah mulai berdatangan. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Baskara Bakti, yang masih di dalam Kecamatan Namang.

Pantai Kulur Ilir

Salah satu pantai yang cukup unik yang dimiliki oleh Kabupaten Bangka Tengah, yakni Pantai Kulur Ilir. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung inik memiliki keunikan akan bebatuan granitnya yang berdiri hingga ke tengah pantai. Kontur pantai yang cukup landai dan ombaknya yang cukup tenang menjadi spot berenang di pantai yang cukup mengasyikkan. Bahkan sangat memungkinkan kamu berenang ke tengah di antara bebatuan granit ketika air lautnya sedang surut. Keindahan akan sunsetnya seakan menjadi penutup yang istimewa ketika kamu menghabiskan hari liburan kamu di Pantai Kulur Ilir. Lokasinya sendiri terletak di berada di pusat Kota Koba yang hanya beberapa menit saja sudah sampai menggunakan kendaraan darat.

Pantai Penyak

Memiliki garis pantai yang cukup panjang dan lokasinya tepat di jalan lintas Pangkal Pinang – Koba, membuat Pantai Penyak nyaris tidak pernah sepi akan wisatawan. Cukup banyak para pengendara yang berhenti untuk melepaskan penas di pinggiran Pantai Penyak. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang sangat indah, selain memiliki pasir pantai yang putih dan juga banyaknya nyiur di pinggir pantai, pesona senjanya begitu menggoda mata. Nyaris tak ada wisatawan tanpa jepretan kamera dengan background sunset di Pantai Penyak. Secara administratif Pantai Penyak ini masih masuk di wilayah Kecamatan Koba, jadi cukup dekat dengan pusat Kota Bangka Tengah.

Pantai Sumur Tujuh

Tidak hanya sekedar wisata bahari saja ketika kamu berada di Pantai Sumur Tujuh, tapi juga wisata sejarah. Karena tidak jauh dari pantai terdapat sumur peninggalan Belanda yang jumlahnya tujuh. Itulah kenapa pantai yang hanya berjarak 2 km dari pusat Kota Koba ini dinamakan sebagai Pantai Sumur Tujuh. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang menjadi destinasi wisata favorit warga lokal, selain lokasinya yang cukup dekat, aksesnya pun juga mudah. Pesona senja di Pantai Sumur Tujuh ini memang menenangkan, sembari menikmati minuman hangat atau es kelapa muda akan semakin betah kamu berada di Pantai Sumur Tujuh.

Pantai Tanah Merah

Obyek wisata pantai yang sangat menarik di Kabupaten Bangka Tengah. Kontur pantainya yang landai, pasirnya yang putih yang berpadu dengan batuan karang menjadi begitu eksotis, terutama untuk kegiatan fotografi. Ada hal yang menarik di pantai ini, kamu bisa berenang di antara pepohonan yang berada di pinggir pantai ketika air lautnya sedikit naik. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga sebagai lahan untuk memancing bagi para nelayan setempat dan juga para pemancing mania. Dan ketika air lautnya sedang surut kamu bisa bermain-main agak ke tengah karena pantainya menjadi sangat dangkal. Lokasi Pantai Tanah Merah ini terletak di Desa Tanah Merah yang masih di dalam Kecamatan Pangkalan Baru.

Pantai Tanjung Berikat

Inilah pantai yang berada di ujung Pulau Bangka yang menawarkan keindahan akan birunya air laut dan juga pasir putih berhiaskan bebatuan granit. Meski jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Koba, sekitar 60 km an tapi Pantai Tanjung Berikat ini sangat wajib kamu kunjungi. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga terdapat mercusuar, dan wisatawan juga diperbolehkan untuk menaikinya. Pesona pantai yang benar-benar berbeda ketika kamu berada di atas menara mercusuar. Di Pantai Tanjung Berikat ini kamu juga bisa menikmati keindahan sunrise ketika pagi hari, dan juga ketika menjelang senja sunsetnya pun juga sungguh menggoda. Selfie menjadi kegiatan yang sangat diwajibkan di Pantai Tanjung Berikat. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Beriga, yang masih di dalam Kecamatan Lubuk Besar.

Pantai Tanjung Langka

Ada yang menarik ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini, yakni warna pasirnya yang sangat berbeda dari kebanyakan pantai yang ada di Bangka Tengah. Warna pasir pantainya kuning kecoklatan yang berpadu dengan birunya air laut menjadikan ornamen warna pantai yang cukup eksotis. Selain itu di pantai ini juga terdapan tempat pelelangan ikan dan hampir semua jenis ikan diperjual belikan dan salah satunya yang paling terkenal adalah ikan teri. Tak lengkap jika kamu tidak membawa oleh-oleh ikan segar setelah berkunjung di Pantai Tanjung Langka. Lokasinya sangat dekat dengan pusat Kota Koba yang hanya sejauh 5 km saja menggunakan jalur darat.

Pantai Tapak Antu

Dinamakan Pantai Tapak Antu karena di bebatuan granit yang ada di pinggir pantai ini ada beks telapak kaki, hingga akhirnya dinamakanlah Pantai Tapak Antu. Kontur pantainya yang cukup landau dan juga terdapat banyak bebatuan granit membuat pantai ini semakin hari dikunjungi banyak wisatawan. Selain itu tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki spot selfie yang cukup keren. Yakni di dermaga atau di jembatan pinggir pantai yang dipenuhi pohon mangrove di pinggirnya. Bahkan cukup banyak pohon mangrove yang tumbuh hingga ke tengah pantai, menjadikan pantai ini begitu eksotis dengan adanya pohon mangrove di pinggir pantainya. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Batu Belubang yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pangkalan.

Pulau Bebuar

Membutuhkan waktu setidaknya kurang dari 2 jam jika kamu berangkat dari dermaga di Desa Kurau atau sekitar 1 jam dari Pulau Ketawai. Tidak kalah dengan keindahan yang ada di Pulau Kawai, pesona alam bawah lautnya pun menjadi andalan utama Pulau Bebuar. Begitu juga dengan pantainya yang mengelilingi pulau seluas 25 hektar ini, seperti pasir putih dan konturnya yang landai menjadi tempat yang menyenangkan untuk berenang. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga memiliki spot-spot memancing yang cukup menjanjikan strike dari ikan-ikan besar. kegiatan seperti snorkeling dan juga diving menjadi tujuan utama wisatawan yang mengunjungi Pulau Bebuar.

Pulau Gelasa

Banyak para traveler yang mengatakan Pulau Gelasa adalah pulau yang masih perawan dan nyaris jarang menjamahnya. Pulau Gelasa ini dipenuhi dengan pepohonan yang cukup rapat dan juga bebatuan granit di pinggiran pulaunya. Dan sudah dipastikan keindahan pantai yang masih sangat asri benar-benar menjadi sajian utama di Pulau Gelas. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga menjadi surganya para pecinta snorkeling maupun diving. Terumbu karang yang masih sangat alami hidup di bawah perairan Pulau Gelasa. Memamgn jika melihat jaraknya cukup jauh dari Pantai Tanjung Berikat, atau pantai terujung Pulau Bangka yang membutuhkan waktu setidaknya 2,5 jam perjalanan menggunakan perahu motor. Namun pesona yang dimiliki Pulau Gelasa memang sangat wajib untuk kita nikmati dan kita jaga.

Pulau Ketawai

Salah satu pulau yang menjadi andalan Kabupaten Bangka Tengah adalah Pulau Ketawai. Pulau ini masih begitu asri alamnya, yang penuh dengan pepohonan kelapa di dalamnya. Pantainya benar-benar bersih dan terlihat sangat alami, apalagi dengan pasirnya yang putih dan birunya air laut, semakin membuat wisatawan cepat-cepat pengin nyebur. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang cukup terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Terumbu karangnya yang masih asri dan juga beragam biota laut hidup di dalamnya. Pulau Ketawai memang menjadi surganya para pecinta snorkeling dan juga diving, dan tidak ketinggalan fishing menjadi aktifitas yang sangat menyenangkan di pulau ini. Lokasinya tidak begitu jauh dari Desa Kurau yang hanya membutuhkan waktu 30 menit menggunakan perahu motor.

Pulau Nangka

Tidak begitu jauh dari Desa Tanjung Tedung, yang di dalam Kecamatan Sungai Selan yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit menggunakan perahu motor menuju Pulau Nangka. Pulau yang dihuni tidak ebih dari 100 kepala keluarga ini memiliki potensi wisata yang luar biasa. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini banyak dihuni berbagai jenis burung, seperti burung camar dan lain-lain. Jadi kamu tidak hanya menikmati eksotisme pantai Pulau Nangka saja, tapi juga bisa melihat berbagai macam burung yang menghuni Pulau Nangka. Dan lagi-lagi cukup banyak spot memancing yang menjanjikan tarikan ikan-ikan besar di kawasan Pulau Nangka, terutama di bebatuan karang yang menjorok ke tengah pantai.

Pulau Panjang

Lokasinya berdekatan dengan Pulau Semujur yang hanya berjarak kurang dari 1 km saja. Pulau Panjang ini masih begitu alami yang banyak dihuni oleh pepohonan besar di dalamnya dan juga pantainya yang berpasir putih. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki cerita yang sedikit menyeramkan jika mendengar dari penduduk yang menghuni Pulau Semujur. Konon katanya pulau tersebut dihuni oleh binantang melata yang sangat besar. Benar atau tidaknya akhirnya membuat Pulau Panjang ini tidak berpenghuni. Terlepas dari cerita menyeramkan tersebut pulau ini memiliki gugusan pasir pantai yang sangat panjang bahkan ketika air lautnya surut kamu bisa berjalan hingga ketengah pantai yang juga nampak seperti pulau pasir kecil. Dan inilah salah satu tujuan wisatawan yang ingin melihat keindahan dari Pulau Panjang.

Pulau Pelepas

Tidak kalah cantiknya dengan Pulau Ketawai, meskipun tidak begitu luas hamparan pasir pantainya. Namun ada sesuatu yang sangat menarik untuk dikunjungi di Pulau Pelebas, yakni Mercusuar yang dibangun oleh kolonial Belanda. Mercusuar ini termasuk cagar budaya yang dibangun pada tahun 1893 yang berfungsi sebagai navigasi para nelayan, dan hingga kini masih terlihat kokoh berdiri. Kamu juga diperbolehkan menaiki mercusuar untuk menikmati keindahan pantai dan Pulau Pelepas dari ketinggian. Selain adanya mercusuar, keindahan alam yang disajikan Pulau Pelepas ini juga sangat menarik untuk diselami. Kamu bisa snorkeling atau diving di pantai Pulau Pelepas. Tempat wisata di Bangka Belitung ini cukup dekat dengan pelabuhan Tanjung Tedung yang ada di Kecamatan Sungai Selan.

Pulau Semujur

Berdekatn dengan Pulau Panjang yang hanya berjarak kurang dari 1 km, dan Pulau Semuju adalah tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang wajib dikunjungi. Jika kamu sudah berkunjung di Pulau Panjang dnegan gugusan pasir pantainya hingga ke tengah lautan kamu harus mampir di Pulau Semujur. Tidak hanya mengandalkan pesona pantainya yang sangat indah, tapi spor snorkeling dan juga diving cukup banyak ditemukan di Pulau yang cukup banyak penghuninya ini. Selain itu kamu juga bisa berwisata kuliner di Pulau Semujur dengan sajian masakan khas ikan laut dan juga aneka olahan lainnya. Pulau yang memiliki luas 57 hektar ini tidak begitu jauh dari Desa Kurau, dengan waktu tempuh sekitar kurang dari 1 jam saja menggunakan perahu motor.

Tempat Wisata di Belitung

Siapa yang tidak kenal dengan Kabupaten Belitung, hampir semua destinasi wisata bahari terbaik yang dimiliki Indonesia ada di Kabupaten Belitung. Tempat wisata di Kepulauan Bangka dan Belitung terbaik bisa dikatan salah satunya berada di Belitung. Ingat film Laskar Pelangi yang menampilkan spot-spot terbaik di Belitung? Maka kamu juga bisa mengunjunginya di Kabupaten Belitung. Misalnya seperti Pantai Tanjung Tinggi dan Pulau Lengkuas yang menjadi andalan Kabupaten Belitung akan memberikan pengalaman wisata istimewa bagi siapapun yang mengunjunginya. Dan berikut ini daftar-daftar tempat terindah yang ada di Kabupaten Belitung.

Air Terjun Batu Mentas

Pilihan yang paling banyak wisatawan yang mengunjungi wisata Batu Mentas salah satunya adalah Air Terjun Batu Mentas. Selain menikmati alam hutan konservasi Batu Mentas dan juga melihat flora dan fauna yang langka seperti hewan Tarsius atau Pelilean yang sering menjadi obyek penelitian. Tidak begitu tinggi untuk ukuran air terjun, namun beingnya air dan juga derasnya arus sungai Batu Mentas, banyak wisatawan yang menikmatinya dengan cara river tubing atau menyusuri sungai menggunakan ban apung. Alamnya yang masih sangat asri dengan lebatnya pepohonan yang berada di kaki Gunung Tajam semakin menambah kenikmatan berpadu dengan alam. Untuk lokasinya terletak di Dusun Datuk, Kecamatan Badau.

Air Terjun Guyok Beraye

Snorkeling di pantai dengan suguhan terumbu karang mungkin sudah sangat umum, tapi kalau snorkeling di bawah air terjun mungkin hanya ada di Kabupaten Belitung saja. Tepatnya di Dusun Pegantonga, Desa Kacang Butor yang masih di dalam wilayah Kecamatan Badau. Tidak begitu tinggi memang air terjun ini, tapi kolam di bawahnya yang cukup luas dengan airnya yang sangat bening menyajikan keindahan ikan air tawar dan juga bebatuan yang begitu indah untuk di nikmati. Tempat wistaa di Kepulauan Bangka Belitung ini memang akan membuat siapapun tidak akan sabar ingin nyebur dan menikmati keindahan dasar kolam air tawar yang banyak di huni ikan-ikan tawar. Kamu bisa bersnorkeling sembari berinteraksi dengan ikan air tawar, dan sudah pasti harus jepret buat upload medsos karena memang sangat unik sekali.

Air Terjun Gurok Pakuk

Berada di kawasan hutan lindung di Gunung Tajam dan tidak begitu jauh dengan Air Terjun Gurok Pakuk namun medannya bisa dibilang cukup berat, yang mengharuskan wisatawan untuk mendaki tebing. Tapi itu semua akan terbayarkan dengan suguhan yang istimewa dari Air Terjun Gurok Pakuk. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki air yang sangat jernih dan juga kolamnya yang membuat siapapun tak sabar pengin berendam. Bebatuan hitam serta payung alam dari pepohonan di atas seakan menghiasi Air Terjun Gurok Pakuk. Lokasinya berada di kaki Gunung Tajam, tepatnya masih masuk di Desa Badau dan di dalam Kecamatan Badau.

Air Terjun Kepala Kawai

Bagi yang suka berpetualang atau trekking menaiki perbukitan mungkin destinasi Air Terjun Kepala Kawai ini sangat cocok buat kalian. Dari dusun terdekat, yakni Dusun Aik Nangka butuh beberapa ratus meter untuk sampai di air terjun yang berda di balik perbukitan yang tinggianya 200 an mdpl. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini berada di kawasan hutan lindung jadi pepohonan besar yang rindang pun akan selalu mengiringi langkahmu. Sesampainya di lokasi kamu akan terkagum-kagum melihat air terjun yang bertingkat-tingkat dengan airnya yang sangat jernih dan juga kolam di bawahnya yang siap menyegarkan kamu kembali. Lokasinya sendiri tepatnya berada di Dusun Aik Nangka, di Desa Simpang Rusa, dan masih di dalam wilayah Kecamatan Membalong.

Air Terjun Marsila

Destinasi ini sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki dua spot air terjun, meski tidak begitu tinggi namun airnya yang sangat jernih dan kolamnya mampu memikat wisatawan. Air terjun yang dikelola oleh seseorang yang bernama Marsila ini masih menyimpan suasaana yang begitu asri serta alami. Nyaris seperti destinasi wisata yang tanpa tersentuh tangan jahil manusia. Untuk air terjun yang pertama memiliki kolam yang cukup luas dan kamu bisa berenang sepuasnya, dan yang kedua kamu harus naik sedikit ke atas. Uniknya yang kedua ini kolamnya tidak luas dan diapit bebatuan kan kirinya. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tidak begitu jauh dari Tanjung Pandan yang hanya 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Batu Baginda

Inilah salah satu spot selfie terbaik di Kabupaten Belitung, tepatnya di Desa Padang Kandis, dan di wilayah Kecamatan Membalong. Benar-benar suguhan panorama yang sangat berbeda, bebatuan granit yang begitu besar dan menjulang tinggi menjadi suguhan utama ketika kamu mendaki Batu Baginda. Dan di satu sisi kamu juga bisa melihat bebatuan besar yang dinamakan sebagai Batu Bini. Pesona perbukitan nan hijau dan juga garis Pantai Penyabong yang terlihat begitu jelas. Dengan ketinggian sekitar 160 mdpl membuat kamu terasa terselimuti udara yang begitu sejuk. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan. Mau selfie, atau fotografi atau hanya sekedar menikmati alam semua hadir di Batu Baginda.

Batu Garuda

Tidak akan lengkap wisata kamu keitka mengunjungi Pantai Tanjung Kelayang tanpa menikmati keindahan Batu Garuda. Hanya beberapa menit saja menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Kelayang ke Batu Garuda. Dinamakan Batu Garuda ini karena jika dilihat dari kejauhan nampak seperti kepala burung garuda. Inilah ikon Pantai Tanjung Kelayang yang menawarkan keindahan alam bawah laut, airnya yang sangat jernih seperti kaca bahkan hingga terumbu karangnya saja terlihat jelas dari permukaan. Kamu bisa bersnorkeling sepuasnya ataupun berenang menikmati segarnya air laut di Batu Garuda. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini, ketika air lautnya agak surut akan terlihat pasir putihnya. Sudah pasti Batu Garuda menjadi spot selfie terbaik yang ada di Belitung.

Batu Mentas

Selain destinasi wisata bahari yang sangat komplit adalah wisata Batu Mentas, seakan semua destinasi wisata menjadi satu di dalam obyek wisata di Kabupaten Belitung ini. Tidak hanya wisata alam saja, lokasinya yang berada di kaki Gunung Tajam ini sebagai konservasi flora dan juga fauna. Seperti binatang Tarsius Bancanus Saltatore atau lebih dikenal Pellilean, dan untuk floranya ada pohon Pelawan, pohon Simpor Laki, dan hampir semuanya sudah sangat langka. Wisata Batu Mentas juga dilengkapi wahana bermain seperti flying fox dan juga cacmping ground. Yang sangat menarik adalah adanya Air Terjun Batu Mentas yang dilengkapi dengan adanya aktifitas river tubing atau menyusuri sungai menggunakan pelampung seperti ban. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini lokasinya terletak di Dusun Datuk yang masih berada di wilayah Kecamatan Badau.

Bukit Pepa Puyo

Jika kamu sudah mulai bosan dengan cuaca panas di pantai yang ada di Belitung, kamu mungkin bisa mencoba ngadem dan sedikit berpetualang di Bukit Pepa Puyo. Sangat menarik perjalanan menuju ke Bukit Pepa Puyo dengan berjalan melalui perkebunan sawit milik warga hingga mencapai puncak bukit. Hamparan indah perbukitan nan hijau sangat jelas terpampang di depan mata, begitu juga bebatuan besar yang ada di puncak bukit menjadi spot menarik untuk menikmati keindahan alam Kabupaten Belitung. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise maupun sunset. Tak jarang juga tempat wisata yang satu ini sering digunakan acara berkemah bagi pelajar. Lokasinya sendiri berada di Desa Ibul, Kecamatan Badau, yang hanya beberapa ratus meter saja dari desa terdekat.

Gunung Tajam

Bagi yang suka petualangan naik gunung, kamu akan disuguhi pesona alam yang sangat istimewa. Alam hutannya yang masih sangat terjaga, sungainya sebagai sumber mata air yang tampak begitu bersih. Dan juga suguhan Air Terjun Gurok Beraye sebagai salah satu ikon wisata alam Kabupaten Belitung juga disajikan buat kamu. Untuk ukuran gunung memang tidak begitu tinggi yang hanya 510 mdpl saja, tapi pesona alamnya ketika kamu berada di puncaknya tidak kalah indahnya dengan gunung yang memiliki ketinggian ribuan meter. Di puncak Gunung Tajam ini juga ada Makam Syekh Abu Bakar Abdullah, yakni penyebar agama Islam di Belitung. Jadi kamu juga bisa berwisata ziarah di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitungi ini. Selain itu di puncaknya juga ada bekas stasiun relay milik TVRI yang sudah terpakai, bisa menjadi spot selfie klasik di sana. Tak jarang juga banyak traveler yang nge-camp sembari menunggu sunset di pagi hari. Secara administratif Gunung Tajam ini berada di Dusun Air Pegantongan, tepatnya di Desa Kacang Butor dan di Kecamatan Badau.

Kampong Dedaun

Destinasi wisata yang menyajikan pengalaman wisata yang benar-benar berbeda buat para pengunjungnya. Sajian indah pantai yang landai berpasir putih di lengkapi berbagai fasilitas seperti restoran dan tempat bersantai di pinggir pantai, benar-benar sangat menarik untuk dikunjungi. Di restoran dekat pantai juga dilengkapi area outbound yang cukup lengkap dan unik permainannya. Fasilitas yang cukup menarik adalah adanya kayak atau kano yang bisa kamu pakai untuk berkeliling pantai dan juga spot batuan granit yang ada di tengah pantai. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga menyajikan pesona sunset yang begitu istimewa. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Pantai Tanjuk Tinggi yang sama-sama berada di Kecamatan Sijuk.

Kampung Bali

Ingin merasakan nuansa Bali ketika kamu mengunjungi Belitung? Kampung Bali lah tempatnya, benar-benar kamu akan merasakan seperti berada di Pulau Bali, seperti adat istiadatnya dan juga bangunan Pura serta ornamen yang sangat khas seperti di Pulau Bali. Memang memiliki sejarah panjang kenapa banyak warga di Belitung yang keturunan orang Bali asli. Ketika era penjajahn Belanda dulu banyak sekali orang asli Bali yang mengungsi hingga di Belitung. Dan akhirnya tinggal di sana hingga memiliki keturunan seperti sekarang ini. Meskipun di Belitung, Kampung Bali ini sudah menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi ketika perayaan umat Hindhu, bakalan banyak wisatawan yang datang. Lokasinya sendiri berada di Desa Pelepak Putih, tepatnya di Dusun Balitung, Kecamatan Sijuk.

Lubang Nyalar

Bagi yang suka caving, mungkin akan memberikan tantangan tersendiri keitka masuk di Lubang Nyalar. Konon katanya lubang ini dahulunya dibangun untuk menambang, dan hingga kini masih tersisa. Kata warga setempat, Lubang Nyalar ini memiliki ke dalaman 100 meter, yang ketika musim penghujan di dalamnya terdapat air yang ke dalamannya bisa mencapai 1 meter lebih. Dan cukup banyak warga yang memanfaatkannya untuk mencari ikan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang belum begitu banyak yang mengunjunginya, padahalnya suasananya begitu asri karena banyaknya pepohonan yang ada di sekitar Lubang Nyalar. Lokasinya sendiri terletak di Dusun Parit Gunong yang masih di dalam Kecamatan Badau.

Museum Tanjung Pandan

Salah satu destinasi wajib kamu kunjungi ketika kamu menginjakkan kaki di Kabupaten Belitung, yakni Museum Tanjung Pandan. Museum yang awal berdiri tahun 1928 ini dulunya sebagai Museum Geologi yang dikelola oleh orang Austria bernama Rudolf A.J Osberger, dan dia sendiri memang seorang ahli geologi. Dan akhirnya berubah menjadi Museum Tanjung Pandan, yang memiliki cukup banyak koleksi benda-benda peninggalan. Dan salah satu koleksi senjata yang paling tua adalah Samurai Jepang yang dibuat 1514, dan juga beberapa koleksi senjata peninggalan kolonial Belanda. Tidak juga ketinggalan senjata lokal seperti keris, tombak pun juga ada. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga memiliki taman mini di belakangnya yang dilengkapi beberapa sarana untuk bermain anak-anak. Untuk lokasinya sendiri terletak di Jalan Melati 41 A Tanjung Pandan.

Pantai Air Saga

Inilah pantai dengan sunset yang sangat indah yang ada di Belitung. Pesona keindahan sunsetnya sangat terlihat jelas, di pantai yang memiliki kontur yang landai dan pasirnya yang putih.  Lokasinya sangat berdekatan dengan perkampungan Desa Air Saga yang masuk di dalam wilayah Kecamatan Tanjung Pandan. Masih belum begitu banyak wisatawan yang berkunjungi di Pantai Air Saga, jadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini benar-benar menjanjikan sebuah kedamaian ketika senja. Cocok banget jika yang punya hobi fotografi ataupun selfie. Seperti adanya perahu nelayan juga akan menambah eksotisme bersamaan dengan temaramnya cahaya sang surya.

Pantai Awan Mendung

Masih belum begitu banyak traveler yang tahu dimana lokasi Pantai Awa Mendung, jadi pesonanya yang begitu asri dan suasananya yang sangat tenang benar-benar bisa kamu rasakan. Lokasi Pantai Awan Mendung ini masih satu garis pantai dengan Pantai Penyabong dan tidak begitu jauh jaraknya dan masih di dalam Kecamatan Membalong. Ketika siang hari di pantai ini tetap begitu adem karena pepohonan yang sangat lebat yang berada di balik perbukitan. Dan ketika senja nampak begitu jelas eskotisme dari Pantai Awan Mendung ini. Sungguh pengalaman wisata yang sangat berbeda ketika kamu berada di tempat wistaa di Kepulauan Bangka Belitung ini.

Pantai Batu Bedil

Sajian keindahan yang sangat berbeda benar-benar dihadirkan oleh Pantai Batu Bedil. Kebanyakan pantai yang ada di Kabupaten Belitung memang semuanya menghadirkan keindahan akan pasir putihnya. Namun tidak pada Pantai Batu Bedil, justru menyajikan pesona pantai yang sangat berbeda, yakni gugusan bebatuan granit yang menjorok ke tengah pantai menjadi tempat yang terindah untuk menikmati birunya air laut. Menariknya lagi di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini adalah ketika hari mulai senja. Pantai Batu Bedil mungkin salah satu dari sekian banyak pantai di Belitung yang memiliki view sunset terindah. Tidak hanya itu saja, spot-spot memancing yang ada di Pantai Batu Bedil akan memberikan sensasi strike ikan-ikan laut yang sangat haus akan umpan. Lokasinya sendiri terletak di Desa Sungai Padang, yang masih berada di dalam Kecamatan Sijuk.

Pantai Batu Pulas

Ingin menikmati pantai yang masih asri di Belitung? Maka datang saja di Pantai Batu Pulas yang lokasinya di Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini sangat menarik, bahkan kamu bisa menikmati keindahan pantai di siang hari tanpa takut kepanasan. Bukit bebatuan granit yang berada di pinggir pantai banyak ditumbuhi pepohonan nan hijau. Yang biasanya bagi wisatawan menjadi tempat untuk bersantai sembari menikmati secangkir kopi. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga ada spot-spot untuk memancing ikan laut yang berukuran sedang hingga besar, terutama pada bagian pantai yang berbatu yang agak menjorok ke tengah pantai.

Pantai Bukit Berahu

Sajian panorama pantai yang benar-benar berbeda, baik ketika kamu berada di pasir pantainya yang putih bersih berhiaskan bebatuan granit. Atau di puncak bukit dengan panorama air lautnya yang begitu membiru. Yang sangat menarik adalah ketika kamu berada di bukitnya, selain banyaknya cottage yang menghadap pantai juga dilengkapi kolam renang, serta café-café untuk nongkrong menikmati keindahan Pantai Bukit Berahu. Di puncaknya sangat rindang dengan banyaknya pepohonan yang biasanya menjadi spot favorit wisatawan ketika berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Lokasinya sendiri juga tidak begitu jauh dari pusat kota Tanjung Pandang yang hanya berkisar 17 km berkendara.

Pantai Gusong Bugis

Sajian yang sangat berbeda dari Pantai Gusong Bugis, yakni keasriannya padahal pantai ini cukup dekat dengan pusat Kota Tanjung Pandan, tepatnya di Desa Juru Seberang. Pantai ini cukup ramai ketika musim liburan, selain itu berbagai kegiatan acara seperti perkemahan untuk anak sekolah biasanya di pusatkan di kawasan Pantai Gusong Bugis. Pepohonan yang begitu rindang yang tumbuh di sepanjang pantai menjadi spot terbaik utnuk menikmati pantai di kala siang dan sore hari. Satt ini segala infrastruktur dan berbagai fasilitas mulai dikembangkan di kawasan Pantai Gusong Bugis. Dan nantinya diharapkan mampu bersaing dengan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung lainnya.

Pantai Mabai

Garis Pantai Mabai cukup panjang jadi memang banyak spot-spot menarik untuk menghabiskan waktu di pantai ini. Hamparan pasir putihnya memang sangat mampu memikat wisatawan untuk datang dan bersantai di pantai yang terletak di Desa Tanjung Tinggi yang masih di dalam Kecamatan Sijuk. Ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini kamu bisa menlihat Pantai Tanjung Kelayang. Karena memang posisinya berada di tengah-tengah Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang. Spot favorit di Pantai Mabai ini adalah di halaman kafe dan resto yang ada di pinggir pantai. Rindangnya pepohonan menjadi tempat teradem untuk menikmati keindahan pantai tanpa takut kepanasan.

Pantai Marang Bulo

Inilah salah satu pantai andalaan Pulau Seliu, pantai yang memiliki pasit putih yang dihiasi bebatuan granit di pinggirnya. Air lautnya yang sangat jernih benar-benar mampu memikat wisatawan yang rela mengarungi lautan selama 30 menit dari Pantai Teluk Gembira. Selain itu di Pantai Marang Bulo ini juga terdapat spot-spot memancing yang akan memberikan sensasi strike luar biasa dari ikan-ikan yang hidup di karang. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang tepatnya di Pulau Seliu ini tidak hanya sekedar menyajikan pantai saja, tapi juga adat istiadat warga setempat yang menarik juga untuk kita simak. Dan juga sajian kuliner khas Desa Seliu juga wajib kamu cicipi.

Pantai Penyabong

Menghadirkan pesona pantai yang cukup berbeda, bebatuan granit yang cukup banyak di pinggiran pantai tampak menghiasi pantai Penyabong. Dan uniknya lagi meski banyak bebatuan granit di pinggir pantainya, terdapat pepohonan yang cukup rindang yang berada di sela-sela bebatuan granit. Sudah pasti menjadi spot selfie yang mempesona ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Pantai yang juga dijuluki sebagai Pantai Batu lubang atau Berlubang ini memiliki pasir pantai yang putih bersih, tak heran juga jika selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika memasuki liburan atau pas hari libur. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Padang Kandis, tepatnya di Dusun Batu Lubang, Kecamatan Membalong.

Pantai Secupak

Hamparan pasir putihnya tidak begitu luas di Pantai Secupak, karena cukup banyak bebatuan granit yang berada di pinggiran pantai, bahkan ada juga yang agak ke tengah pantai. Dan biasa digunakan para pemancing mania untuk mencari peruntungan tarikan ikan laut. Waktu yang sangat tepat untuk menikmati keindahan Pantai Secupak adalah ketika hari sudah mulai senja, temaram cahaya matahri yang sudah mulai redup menghadirkan siluet yang begitu indah di Pantai Secupak. Tempat wisata di kepulauan Bangka Belitung ini memang sangat pas bagi para fotografer untuk dalam memburu spot-spot tercantik di pantai. Dan yang pasti Pantai Secupak juga tepat buat selfie dengan background sunsetnya yang begitu indah. lokasi Pantai Secupak terletak di Desa Tanjung Binga, yang masih di dalam Kecamatan Sijuk.

Pantai Siantu

Dulu konon kabarnya banyak para nelayan yang bercerita bahwa Pantai Siantu ini banyak sekali hantunya, makanya hingga sekarang dinamakan Pantai Siantu. Namun semenjak ada seorang warga yang berkebun di dekat Pantai Siantu semakin banyak para nelayan yang akhirnya berani menambatkan kapalany di pantai yang memiliki bebatuan hitam karang yang cukup banyak ini. Menariknya lagi ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini kamu akan disuguhi pulau kecil yang indah tepat di depannya. Kamu bisa mengunjungi pulau tersebut dengan menggunakan perahu. Pulau kecil tersebut merupakan spot memancing yang menawarkan sensasi strike yang sangat luar biasa. Untuk menuju Pantai Siantu kamu harus menggunakan motor atau kendaraan roda empat berjenis off road, karena akses jalannya masih buruk. Tidak begitu jauh dari Desa Sijuk yang juga berada di Kecamatan Sijuk.

Pantai Tanjung Kelayang

Inilan salah satu destinasi wisata andalan yang dimiliki Kabupaten Belitung, Pantai Tanjung Kelayang. Hampir semua wisata bahari seolah menjadi satu di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Mulai dari pasir pantainya yang putih bersih, keindahan dermaga kapal yang menjadi tempat singgah Yacht, dan sudah pasti air lautnya yang berwarna biru. Ada spot yang sangat menarik di Pantai Kelayang, yakni adanya bebatuan granit yang berada di tengah pantai tapi juga memiliki pasir putih. Inilah spot selfie di Pantai Kelayang yang diburu para wisatawan, selain itu kamu juga bisa melihat Batu Garuda yang kokoh dari pinggir pantai. Pantai Tanjung Kelayang ini cukup berdekatan dengan Pantai Mabai yang juga sama di Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk.

Pantai Tanjung Kiras

Tidak kalah indahnya dengan Pantai Penyabong yang berada di wilayah yang sama, yakni Desa Padang Kandis dan di dalam Kecamatan Membalong. Pantai Tanjung Kiras sangat menarik utnuk dikunjungi, pesona pasir putih berpadu dengan pepohonan nan hijau dan bebatuan granit terlihat begitu asri, seperti tidak pernah dijamah manusia. Gugusan bebatuan granit yang menjorok ke tengah pantai menjadi spot terbaik bagi para pemancing mania. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga cukup lengkap akan fasilitas seperti, kafetarian dan spot-spot yang nyaman untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Kiras.

Pantai Tanjung Pendam

Bingun mencari tempat nongkrong di sore hari ketika berada di Tanjung Pandan, Belitung. Maka datang saja di Pantai Tanjung Pendam yang berada di pinggir jalan raya, dan juga di pusatnya gedung-gedung bekas peninggalan kolonial Belanda. Yang sangat menarik adalah, kamu juga bisa menikmati pesona keindahan sunset di Pantai Tanjung Pendam. Tidak hanya di sore hari saja, bahkan ketika malam hari tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang penuh wisatawan yang ingin menikmati suasana malamn di Tanjung Pandan sembari menikmati live music di kafe-kafe yang berdekatan dengan Pantai Tanjung Pendam.

Pantai Tanjung Tinggi

Inilah destinasi wisata di Kabupaten Belitung yang sangat wajib untuk kamu kunjungi, selain menjadi pantai fenomenal lewat film garapan Andrea Hirata, Laskar Pelangi sangat sukses menghadirkan keindahan Belitung melalui filmnya. Dan salah satu keindahaannya adalah Pantai Tanjung Tinggi yang menawarkan keindahan bebatuan granit serta pasir putihnya. Tidak hanya itu saja pesona alam bawah lautnya juga sangat layak untuk kamu nikmati dengan cara snorkeling maupung diving. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang nyaris tidak pernah sepi akan pengunjung. Tidak hanya wisatawan domestik saja, tapi wisatawan asing pun juga mengagumi keindahaan dari Pantai Tanjung Tinggi. Lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari pusat Kota Tanjung Pandan, yang hanya 30 an km saja. tepatnya berada di Desa Ciput yang masih di dalam Kecamatan Sijuk.

Pantai Teluk Gembira

Lagi-lagi pantai yang cantik ada di Kabupaten Belitung, pantai yang masih begitu asri, dengan bebatuan granit yang ada di pinggir pantai dan juga sedikit agak ketengah pantai. Air lautnya sangat jernih yang membuat para wisatawan tak akan sabar untuk segera nyebur dan berenang di pantainya. Pasir pantainya yang putih bersih yang berpadu dengan pepohonan nan hijau di pingigr pantai semakin menambahkan kesan eksotis Pantai Teluk Gembira. Di kawasan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga terdapat dermaga yang biasanya digunakan bersandarnya perahu nelayan dan juga wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Seliu. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Padang Kandhis, dan di wilayah Kecamatan Membalong.

Pemandian Alam Jerry

Destinasi wisata alternatif yang cukup menarik yang ada di Desa Eras yang berada di dalam wilayah Kecamatan Tanjung Pandan, ini namanya Pemandian Alam Jerry. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga. Alamnya yang masih sangat asri dengan hadirnya pepohonan nan hijau di pinggir pemandian, dan juga sumber air yang sangat jenih benar-benar akan membuat betah wisatawan. Pemandiannya yang tidak begitu dalam jadi cukup aman untuk anak-anak yang ingin berenang, atau bisa juga menggunakan pelampung. Benar-benar sajian yang berbeda yang ada di Tanjung Pandan.

Pemandian Alam Suci Indah

Hampir sama seperti Pemandian Alam Tirta Merudang, yang sumber air kolamnya ini berasal dari sumber air alami. Namun suasananya jauh lebih modern jika dibandingkan dengan Pemandian Alam Tirta Merudang. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap seperti adanya restoran yang menajajakan makanan serta minuman bagi wisatawan. Ada dua kolam yang cukup luas serta dilengkapi dengan beberapa gazebo sebagai tempat bersantai. Untuk lokasinya sendiri juga sangat dekat dengan pusat Kota Tanjung Pandan yang tidak lebih dari 45 menit perjalanan darat. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tepatnya terletak di Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau.

Pemandian Alam Tirta Merudang

Suasana yang begitu asri benar-benar sangat terasa ketika kamu mulai memasuki Pemandian Alam Tirta Merudang. Kesan yang begitu alami dengan adanya pepohonan yang sangat banyak dan menjulang tinggi akan semakin membuat betah para pengunjung. Dengan didukung fasilitas yang memadai seperti adanya kafe yang menyediakan makanan dan minuman bagi wisatawan. Menariknya pemandian ini sumber airnya tidak pernah habis, meskipun musim kemarau panjang. Jadi air pemandian ini selalu jernih dan juga adem. Tak heran juga jika cukup banyak wisatawan asing yang selalu menyempatkan dirinya untuk mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Lokasinya sendiri berada di Desa Air Seru yang masih di dalam Kecamatan Sijuk.

Pulau Batu Berlayar

Belitung memang sangat kaya dengan pulau-pulau kecil yang memiliki eksotisme masing-masing, dan salah satunya adalah Pulau Batu Berlayar. Pulau yang hanya dihuni oleh bebatuan granit raksasa dan juga hamparan pasir putihnya sangat wajib untuk dikunjungi. Air lautnya yang sangat jernih dan juga beragam biota lautnya seperti terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil menjadi sajian utama bagi wisatawan yang berkunjung di Pulau Batu Berlayar. Salah satu spot snorkeling yang benar-benar menarik yang ada di Belitung. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini bisa kamu kunjungi dengan menggunakan perahu motor dari Pantai Tanjung Kelayang yang hanya beberapa menit saja.

Pulau Kalimuak

Inilah satu-satunya pulau yang ada di Kabupaten Belitung yang sangat identik dengan klenik dan juga pulau keramat. Di Pulau Kalimuak ini terdapat gerbang dan juga gazebo dan pendopo yang bernuansa Tionghoa, dan hampir semua bangunan tersebut sangat tua bahkan akar pohon pun pada menempel di bangunannya. Selain bangunan khas Tionghoa tersebut juga terdapat Tugu yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1910 – 1930. Selain itu juga terdapat makam yang bergaya Islam, dan koono katanya makam tersebut adalah makam dari Datuk Raden Saleh Pata. Untuk mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini kamu bisa menggunakan perahu dari Pantai Gusong Bugis yang hanya beberapa menit saja. jika kamu suka wisata ziarah yang sedikit berbau mistis di Belitung, maka di Pulau Kalimuak inilah tempat yang tepat.

Pulau Kepayang

Salah satu pulaua yang ada di Kabupaten Belitung yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Kepayang. Tidak kalah indahnya dengan Pulau Lengkuas yang juga kamu bisa lihat dari Pulau Kepayang. Tidak hanya menghadirkan pesona pantainya saja, tapi keindahan alam bawah lautnya juga sangat menarik untuk kamu nikmati. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga sebagai tempat penangkaran penyu sisik, dan kamu juga bisa melihatnya lebih dekat dan juga melihatnya ketika mulai dilepas ke habitatnya. Fasilitas yang ada di Pulau Kepayang ini juga lengkap mulai dari penginapan serta kuliner yang sangat khas di Pulau Kepayang. Untuk menguynjungi Pulau Kepayang kamu harus menyewa perahu dari Pantai Tanjung Kelayang yang hanya memakan waktu sekitar 45 menit saja.

Pulau Leebong

Satu lagi pulau terindah yang ada di Belitung adalah Pulau Leebong yang memiliki eksotisme tersendiri. Tidak hanya mengandalkan pantainya saja, tapi adanya pulau pasir yang timbul ketika air surut menjadi daya tarik yang benar-benar istimewa. Dan uniknya lagi kamu bisa menuju pulau pasir melalui dermaga yang sangat panjang dari pantai yang ada di Pulau Leebong. Tidak hanya itu saja, hutan bakau yang ada di sebelah pulau pasir juga sangat menarik untuk kamu kunjungi juga, terutama bagi para pemancing mania. Fasilitas yang ada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini sangat lengkap, seperrti villa, gazebo di pinggiran pantai, restoran, children playground, bahkan rumah pohon juga ada di Pulau Leebong. Secara administratif Pulau Leebong ini masih berada di wilayah Kecamatan Badau, dan untuk menuju kesana kamu harus naik perahu motor dari Pelabuhan Tanjung Ru yang terletak di Pegantungan yang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit.

Pulau Lengkuas

Salah satu ikon wisata yang dimiliki Kabupaten Belitung adalah Pulau Lengkuas yang sangat terkenal dengan menari mercusuarnya yang sangat ikonik tepat di ujung pulaunya. Menara mercusuar peninggalan Belanda ini termasuk cagar budaya, dan dibangun pada tahun 1882 dengan tinggi 61 meter. Kamu juga bisa menikmati keindahan Pulau Lengkuas dari atas menara, yang pasti viewnya benar-benar sempurna. Tidak hanya cukup pantai dengan pasir putih dengan hiasan bebatuan granit saja, tapi pesona bawah lautnya juga sangat memukai dan snorkeling menjadi aktifitas yang wajib. Ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini kamu harus bawa air mineral sendiri dan juga harus membawa pulang sampah atau bekas minuman. Dan ini sudah menjadi aturan yang harus ditaati oleh semua wisatawan. Sangat menarik?!

Pulau Lutong

Belitung tidak hanya Pulau Lengkuas atau Pulau Kepayang saja yang wajib dikunjungi, tetapi Pulau Lutong memiliki eksotisme yang layak untuk dinikmati. Ada satu keunikan tentang Pulau Lutong ini, ketika air laut pasang, terlihat ada dua pulau yang terpisah, namun ketika air mulai surut kedua pulau tersebut seakan bersatu menjadi satu. Bahkan kamu bisa menikmati terumbu karang yang berada di tengah-tengah pulau sembari berjalan. Airnya yang sangat jernih menjadi sangat jelas keindahan terumbu karang dan juga ikan-ikan kecilnya ketika kamu bersnorkeling. Selain itu kamu juga akan disuguhi keindahan dari Pulau Lengkuas dan Pulau Burung atau Batu Batu Garuda. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini bisa kamu kunjungi dengan menyewa perahu motor dari Pantai Tanjung  Kelayang.

Pulau Mendanau

Cukup banyak spot menarik yang ada di Pulau Mendanau, mulai dari pantai pasir putih, spot snorkeling, hingga wisata desa nelayan yang ada di Pulau Mendanau. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang menjadi salah satu tujuan wisatawan ketika mengunjungi Kabupaten Belitung. Untuk menuju ke Pulau Mendanau kamu harus menggunakan perahu motor yang bisa kamu sewa dari Pelabuhan Tanjung Pandan atau yang lebih dekat dari Pelabuhan Pegantungan yang ada di Kecamatan Badau. Dan jarak tempuh dari Kecamatan Badau hanya sekitar 45 menit. Yang cukup menarik di Pulau Mendanau adalah mercusuar yang dibangun oleh kolonial Belanda. Dan wisatawan juga diperbolehkan untuk menaiki menara mercusuar dan menikmati pesona Pulau Mendanau dari atas menara yang berada di Tanjung Lacur. Selain itu hutan mangrove yang ada di Pulau Mendanau ini juga sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi jangan lewatkan semua spot wisata yang ada di Pulau Mendanau.

Pulau Seliu

Jaraknya hanya membutuhkan perjalanan laut selama 30 menit dari Pantai Teluk Gembira. Pulau Seliu ini juga sebuah desa yang cukup banyak warga yang tinggal di sana, jadi sangat berbeda dengan Pulau Kepayang dan Pulau Lengkuas. Hampir semua pantai yang ada di Pulau Seliu ini sangat menarik untuk dikunjungi, dan pantai yang cukup terkenal adalah Pantai Marang Bulo. Selain itu ketika kamu mengujungi Pulau Seliu kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan warga lokal dan juga menikmati sajian kuliner khas Desa Seliu. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini secara admisitratif berada di di Desa Seliu dan masih di dalam Kecamatan Membalong.

Situs Gunung Kenupuk

Kabupaten Belitung memang cukup banyak menyimpan sejarah serta benda peninggalannya dimulai dari era Kerajaan Majapahit hingga era kolonial Belanda. Dan salah satunya adalah Situs Gunung Kenupuk yang hingga kini masih banyak perdebatan tentang bangunan yang masih tersisa di sana. Ada 2 pendapat yang sangat berbeda mengenai bangunan kuno seperti gerbang atau pintu masuk yang sudah tidak begitu terawatt dan ditumbuhi semak belukar. Ada yang berpendapat bahwa gerbang tersebut peninggalan dari tentara Belanda pada tahun 1822. Dan ada pendapat lainnya yang mengatakan bahwa gerbang tersebut peninggalan dari era Cakraningrat. Tidak pastinya tentang gerbang tersebut semakin membuat Situs Gunung Kenupuk ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Lokasinya sendiri terletak di Desa Perawas, tepatnya di Dusun Kelak Usang, Kecamata Tanjung Pandan.

Tanjung Binga

Suguhan yang benar-benar berbeda ketika kamu mengunjungi Tanjung Binga yang berada di dalam wilayah Kecamatan Sijuk. Desa Tanjung Binga memang sangat terkenal dengan ikan asingnya, maka dijuluki surganya ikan asin di Kabupaten Belitung. Aroma ikan asin begitu pekat ketika kamu sudah mulai memasuki pinggiran pantainya. Tapi bagi traveler yang suka sama ikan asin bakalan betah ketika berada di Tanjung Binga. Tapi jangan salah, tidak hanya menjajakan ikan asin saja, tapi keindahan akan pantainya juga harus dinikmati. Sangat menarik ketika hari sudah mulai senja kamu bisa menikmatinya di dermaga yang menjorok ke tengah pantai, benar-benar selfieable. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga menjadi penyeberangan wisatawan yang ingin mengunjungi pulau-pulau kecil, seperti Pulau Kepayang, Pulau Burung, Pulau Lengkuas, dan pulau-pulau menarik lainnya.

Wisma Bougenville

Bangunan bersejarah ini dibangun pada tahun 1862 yang dulunya ketika era kolonial Belanda ditinggali oleh seorang Kepala Administrator pemerintah Belanda. Dulunya di kawasan Tanjung Pendam belum ada rumah sama sekali, dan konon kabarnya Wisma Bougenville adalah satu-satunya rumah yang ada di Tanjung Pendam. Dan akhirnya diambil alih PT Timah setelah Belanda hengkang dari Indonesia. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang cukup menarik untuk dikunjungi. Suasana halaman rumahnya yang sangat asri menjadi tempat bersantai yang mengasyikkan.

Tempat Wisata di Belitung Timur

Mungkin Kabupaten Belitung ini belum begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia, tapi berkat kejeniusan dari Sang Novelis Andrea Hirata, Belitung Timur semakin dikenal masyarakat Indonesia. Lewat dari karya novelnya Laskar Pelangi yang akhirnya dibuat menjadi sebuah film yang berkisah tentang pribadi Andrea Hirata dan juga teman-temannya. Film tersebut mengambil lokasi syuting di Kabupaten Belitung dan juga Belitung Timur. Dari film inilah banyak sekali mengeksplorasi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung, khususnya di Belitung Timur. Bahkan di Belitung Timur juga ada Museum Kata yang menjadi ikon wisata dan juga Kampong Ahok yang menjadi tujuan utama para wisatawan untuk menuntaskan rasa penasarannya. Dan berikut ini daftar tempat wisata di Belitung Timur yang menarik untuk kamu kunjungi.

Air Panas Buding

Ada sebuah legenda Raja Berekor yang melatar belakangi timbulnya Air Panas Buding. Dan terlepas akan cerita mistis ataupun legenda tersebut, destinasi wisaata Air Panas Buding ini tergolong baru ynag baru saja dibuka pada tahun 2017. Ada dua sumber air panas, namun uniknya salah satu sumber air panas itu memiliki rasa asin namun tidak mengandung belerang di dalamnya. Dan konon katanya sumber Air Panas Buding ini bisa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berada di tengah kawasan perkebunan warga, semakin membuat sumber Air Panas Buding ini terlihat begitu alama. Bagi yang suka suka petualangan, mungkin tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tepat buat kalian. Lokasi tepatnya berada di Desa Buding dan masih berada di dalam Kecamatan Kelapa Kampit.

Air Terjun Gurok Tindong

Membutuhkan sedikit jiwa petualang, namun trekking ke Air Terjun Gurok Tindong dari Desa Simpang Tiga tidak begitu jauh hanya memakan wakut beberapa menit saja. Pesona keasrian alamnya juga menarik utnuk dinikmati, bahkan kamu tidak akan merasakan lelah ketika harus berjalan menuju tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Air Terjun Gurok Tindong memang tidak begitu tinggi bahkan tidak ada dua meter tingginya, namun kolam di bawahnya lah yang memiliki pesona yang istimewa. Dengan kedalaman sedang dan juga airnya yang sangat jernih kamu bisa melihat dasar kolam dengan mata telanjang. Pepohonan yang mengelilingi semakin membuat nyaman ketika kamu berada di Air Terjun Gurok TIndong. Unutk lokasinya sendiri masuk di Desa Simpang Tiga, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Simpang Renggiang.

Air Terjun Marsila

Lokasi Air Terjun Marsila ini berada di dalam kawasan Sukma Alam, dan dengan adanya air terjun ini membut kawasan wisata Sukma Alam menjadi semakin lengkap dan terlihat begitu asri. Berada di Dusun Bentaian yang masih di wilayah Kecamayan Dendang tidak begitu jauh dari pusat Kota Mangger. Jika menggunakan kendaraan pribadi hanya sekitar 45 menit sudah sampai. Air Terjun Marsila memang tidak begitu tinggi dan juga arusnya tidak begitu besar, namun karena diapit bebatuan dan juga pepohonan yang berada di pinggirnya cukup lebat, jadi terlihat begitu alami. Kamu juga bisa neybur di kolamnya yang airnya sangat jernih bahkan dasarnya saja terlihat dengan jelas. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang sering dikunjungi wisatawan ketika hari liburan. Jadi cukup ramai terutama yang ada di kawasan wisata Sukma Alam.

Bandoeng River

Destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika kamu baru menginjakkan kaki di Belitung Timur. Bandoeng River ini berada di pusat Kota Manggar dan menjadi wisata air yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan dapat menikmati keindahan sungai dengan menggunakan kano, atau berenang di pinggiran, dan bahkan seperti banana boat pun juga disediakan bagi wisatawan. Uniknya lagi tempat wisata di Bangka Belitung ini juga banyak kafetarian yang menajajakan makanan serta minuman khas Belitung Timur. Tidak hanya di pagi atau siang hari saja, tapi ketika sore hari atau malam hari semakin terihat romantisme dari Bandoeng River. Sangat menarik juga menghabiskan malam di Bandoeng River serta menikmati suasana malam di Belitung Timur.

Batu Berputar

Ada salah satu yang unik di Belitung Timur, yakni Batu Berputar. Batu yang bisa berputar keitka diinjak ini cukup unik, karena ketika kamu menginjaknya batu tersebut bisa berputar ke arah yang menginjakkan baik ke arah kanan maupun kiri. Batu yang berwarna hitam ini dahulunya berbentuk bulat, karena seiring waktu dan cukup banyak wisatawan yang menaikinya akhirnya sedikit terkikis. Batu Berputar ini berada di Kantor Dinas Pariwisata Belitung Timur. Jadi jika kamu ingin mencoba sensasi berdiri di atas batu berputar bisa langsung datang ke Kantor Dinas Pariwisata Belitung Timur.

Batu Buyong

Menurut cerita massyarakat yang beredar, bahwa Batu Buyong itu awalnya hanyalah bebatuan kecil yang ukurannya sama besarnya dengan kepala bayi. Namun dapat membesar seperti sekarang yang tingginya melebihi orang dewasa. Ada cerita yang menambahkan bahwa Batu Buyong itu sudah ada sejak era Majapahit berjaya yang menguasai nusantara. Jadi jika dilihat dari umursudah lebih dari 500 tahun. Lokasinya sangat mudah diakses yang menawarkan panorama pantai yang begitu mempesona ketika kamu berada di Batu Buyong. Dan yang pasti inilah salah satu spot terbaik untuk fotografi dan tidak ketinggalan juga spot selfie yang cukup keren dan unik. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini berada di Desa Tanjung Batu Itam, yang masih di wilayah Kecamatan Simpang Pesak.

Bendungan Pice

Salah satu wisata sejarah dan juga budaya yang ada di Belitung Timur adalah Bendungan Pice. Bendungan yang dibangun pada tahun 1928 ini didirikan oleh Sir Vance yang berwarga negara Belanda yang diera Belanda dulu digunakan sebagai pengukur tingi rendahnya debit air sungai. Berhubunga masyarakat lokal tidak mampu membaca nama “Vance” akhirnya diplesetkanlah menjadi Pice, dan dinamakan Bendungan Pice hingga sekarang. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini selain menjadi wisata alternatif tapi juga wisata sejarah terutama di era kolonial Belanda di Belitung Timur. Selain itu di kawasan bendungan ini juga dilengkapi gazebo sebagai tempat bersantai para wisatawan. Dan wisatawan juga diperbolehkan berada di atas bendungan jika ingin selfie atau mengambil jepretan untuk fotografi. Untuk lokasinya senditi terletak di Hulu Sungai Lenggang, yang masih berada di Kecamatan Gantung.

Bukit Tiong

Spot selfie kekinian yang ada di Belitung Timur adalah Bukit Tiong, diperbukitan ini kamu bisa mendapatkan background buat selfie yang sungguh memukau. Kamu bisa melihat hamparan perkebunan lada dan juga perkebunan kopi milik warga Desa Lilangan. Udara yang sejuk sangat terasa ketika kamu berada di Bukit Tiong. Dan menariknya lagi di Bukit Tiong ini ada spot bersantai yang dibuat di atas pohon. Dan hampir setiap wisatawan yang datang selalu menyempatkan selfie di tangga yang dibangun di pohon. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tepatnya berada di Desa Lilangan yang masih di dalam Kecamatan Gantung.

Danau Mangpayak

Jika kamu sudah puas akan wisata bahari di Belitung Timur, sekarang giliran kamu ngadem di Danau Mangpayak, yang berada di bawah Gunung Burung Mandi. Danau ini awalnya bekas pertambangan timah ketika era kolonial Belanda yang tanpa melakukan reklamasi bekas galian tambangnya. Dan lam-kelamaan karena proses alam, jadilah Danau Mangpayak yang juga dikenal sebagai Danau Mempaya atau Kolong oleh warga dekat danau. Meskipun danau ini bukan melalui proses alam tapi bekas tambang, pesona alamnya begitu asri, dengan pemandangan Gunung Burung Mandi dan juga hijaunya pepohonan mengelilingi danau. Kamu bisa juga mengelilingi danau dengan menggunakan perahu tradisional, atau hanya sekedar bersantai di pinggir danau sembari mencoba sensasi strike ikan air tawar. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini terletak di Desa Mempaya, yang masih di wilayah Kecamatan Damar.

Dermaga Kirana

Bingun cari spot selfie terunik di Kabupaten Belitung Timur? Datang saja ke Deramaga Kiran yang lokasinya sendir juga tidak begitu jauh dari SD Replika Laskar Pelangi, yakni Replikasi SD Muhammadiyah Gantong. Yang lokasi tepatnya berada di Desa Lenggang dan berada di Kecamatan Gantong. Dermaga Kirana ini sangat unik karena memiliki rumah rotan atau sering disebut sebagai Rumah Keong. Begitu juga dengan dermaga yang terbuat dari kayu terlihat begitu eksotis ketika ditempatkan di pinggiran danau yang memiliki air yang sangat jernih. Kamu bisa bersantai di Rumah Rotan atau bisa juga di ujung dermaga. Aktifitas seperti selfie menjadi sebuah kewajiban ketika kamu berada di tempt wisata di Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Kabupaten Belitung Timur.

Dermaga Malang Lepau

Inilah salah satu pendaratan ikan yang ada di Belitung Timur, berton-ton ikan hasil tangkapan para nelayan di daratkan di Dermaga Malang Lepau. Sudah pasti kamu juga bisa membeli hasil tangkapan para nelayang dengan harga yang sangat murah. Tapi kamu juga bisa mencoba sensasi strike di kawasan dermaga yang juga banyak dihuni ikan laut yang berukuran cukup besar. Tidak seperti kebanyakan dermaga yang tidak memiliki pantai yang indah, justru di Dermaga Malang Lepau ini pantainya juga cantik dengan pasir putih dan bebatuan granit yang menjorok ke tengah pantai. Jadi selain menikmati keindahan pantai kamu juga bisa berbelanja ikan segar dengan harga yang sangat murah dari nelayan langsung. Lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari pusat Kota Manggar, yang hanya 19 km an saja. Tepatnya terletak di Desa Mengkubang dan berada di dalam Kecamatan Manggar.

Goa Gunung Selumar

Inilah surganya bagi yang suka trekking hingga caving, perjalanan yang cukup menyenangkan dari desa terdekat ke lokasi Goa Gunung Selumar. Tidak begitu jauh lokasinya, tapi medannya yang menanjak dan juga masih rapatnya pepohonan yang menjulang tinggi memberikan nuansa alam yang begitu asri. Mulut Goa Gunung Selumar ini tergolong cukup sempit, namun ketika masuk ke dalam ruangannya cukup lebar dan juga memiliki ke dalaman atau panjang goa hingga 150 meter. Untuk menelusuri goa ini memang dibutuhkan peralatan yang cukup lengkap, seperti sepatu hingga senter sebagai alat penerangan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini lokasinya berada di Desa Selumar yang masih di dalam wilayah Kecamatan Gantung.

Gunung Bulongan

Bagi yang suka hiking atau hobi naik gunung jangan lewatkan untuk mengunjungi Gunung Bulongan yang terletak di Desa Kelubi, dan berada di Kecamatan Manggar, tepatnya di Dusun Birah. Selain kamu bisa menghirup udara sejuk khas pegunungan serta memandang hamparan perbukitan nan hijau. Kamu juga bisa melihat lebih dekat bebatuan besa yang konon katanya termasuk peninggalan dari zaman megalitikum yang bentuknya seperti kursi singgasana yang menghadap ke timur. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga sangat tepat jika kamu kepingin nge-camp di puncaknya sembari menunggu keindahan sunrise.

Gunung Lumut

Destinasi wisata yang sangat menarik yang menjanjikan kamu sebuah petualangan yang sempurna, yakni trekking ke Gunung Lumut. Perjalanan ke puncak Gunung Lumut ini tidak hanya ditemani pepohonan besar yang hijau sepanjang perjalanan, tapi hijaunya lumut yang ada di tanah membuat suasana semakin menyejukkan. Cukup unik memang Gunung Lumut yang cukup banyak ditumbuhi lumut yang berwarna hijau, membuat tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini semakin dilirik oleh wisatawan asing. Untuk lokasinya sendiri Gunung Lumut ini berada di Desa ibongan yang masih berada di wilayah Kecamatan Gantung.

Kampoeng Ahok

Siapa yang tidak kenal dengan dengan Ahok, seorang tokoh politik yang juga menjadi Gubernur DKI Jakarta setelah Jokowi menjadi Presiden. Seorang tokoh yang memiliki nama asli Basuki Tjahaja Purnama ini sangat berani dalam memberantas korupsi di lingkungan pemerintahan. Sebagai putra daerah Belitung Timur yang memiliki citra bersih di pemerintahan inilah yang membuat adiknya Bapak Basuri membangun Kampoeng Ahok. Adiknya Ahok tersebut membuat replikasi dari rumah asli yang pernah ditinggali Ahok beserta keluarga besarnya. Selain itu di rumah ini dilengkapi berbagai spot menarik seperti adanya taman yang begitu asri, dilengkapi dengan kolam ikan, serta adnya souvenir yang akan diberikan kepada setiap pengunjungnya. Dan menariknya lagi untuk mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tidak ditarik biaya alias gratis. Tempatnya berada di Desa Gantung yang juga di dalam Kecamatan Gantung.

Klenteng Sun Li San

Tempat wisata religi bagi umat Konghucu ini memang sangat menarik utnuk dikunjungi, karena lokasinya yang berada di atas perbukitan. Jadi tidak hanya menjanjian ketenangan dalan menajalankan ibadah saja, tapi juga melihat pesona alam perbukitan yang asri dengan banyaknya pepohonan nan hijau di bawahnya. Selain sebagai tempat peribadahan juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup menarik untuk dikunjungi. Dan kebanyakan wisatawan yang datang tidak hanya dari etnis Tionghoa saja, bahkan pribumi hingga manca juga menikmati panorama alam yanga ada di Klenteng Sun Li san. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Kebon Baru, yang masih di dalam Kecamatan Gantung.

Makam Raja Balok I

Dulu pernah ada sebuah Kerajaan Islam yang berdiri di Desa Balok, Kecamatan Dendang di tahun 1618 dan KA Gede Ya’kub yang bergelar Cakraningrat yang menjadi Raja pertama Kerajaan Balok. Makam tersebut berada di kawasan hutan lindung, yang masih begitu banyak pepohonan yang besar-besar menjulang tinggi ke angkasa. Dan tidak jauh dari Makam Raja Balok I terdapat seperti reruntuhan sebuah gapura, yang disinyalir gapura dari Kerajaan Balok. Kerajaan Balok ini masih ada hubungannya dengan Kerajaan Mataram Isalm di Jawa. Dan Raja Balok I ini juga masih family dari Sultan Agung. Kawasan makam ini memang telah menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung khususnya wisata sejarah dan juga wisata ziarah.ketika bulan-bulan tertentu seperti bulan mendekati Ramdhan cukup banyak para peziarah yang berdatangan.

Museum Istiqomah Buding

Cukup menarik lokasi benda peninggalan sejarah yang tersimpan di dalam Museim Istiqomah Buding ini. Ulai dari seperti tembikar semasa Kerajaan kuno dulu, hingga persenjatan ketika era kolonialisme Belanda di Belitung Timur. Ada barang peninggalan yang cukup tua yang ada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini, yakni kemudi kapal.yang konon kabarnya dari abad ke 5. Selain itu peninggalan lainnya seperti adanya alat music seperti gamelan juga dipamerkan di dalam Museum Istiqomah Buding ini. Untuk lokasinya sendiri terletakdi Desa Buding dan di dalam Kecamatan Kelapa Kampit.

Museum Kata

Inilah museum literari pertama yang ada di Indonesia, yang diprakarsai oleh Sang Novelis Laskar Pelangi, yakni Andrea Hirata. Dari sisi arsitektur bagnunannya memang sangat menarik karena banyak bermain warna di semua bagian sisi bangunan, jadi terkesesan cukup ikonik. Museum Kata ini memiliki beberapa ruangan, Ruang Mahar, Ruang Lintang, dan Ruang Ikal. Dan juga potongan photo juga terpampang di dinding-dinding museum. Dan kebanyakan ruangan bisa digunakan sebagai ruangan diskusi atau ruangan buat selfie juga cukup menarik akrena backgroundnya sangat artistik sekali. Tak heran juga akhirnya Museum Kata ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Untuk lokasinya sendiri juga berada di desa yang sama dengan Replika Sekolahan Laskar Pelangi. Tepatnya di Desa Lenggang, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Gantung.

Ngenjungak

Jika diartikan ke dalam Bahas Indonesia, Ngenjungak ini berarti melihat, itulah Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung. Benar-benar menarik memang, ketika kantor pemerintahan justru bisa menjadi destinasi wisata yang mampu mengundang banyak wisatawan untuk datang. Karena di kantor ini justru seperti museum yang menyimpan begitu banyak barang peninggalan dan juga berbagai benda adat dan kebudayaan yang dimiliki oleh Belitung Timur. Seperti pakaian adat pernikahan, dan juga adanya batu berputar yang bisa berputar seperti keinginan seseorang yang menginjaknya. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Padang, Kecamatan Manggar, tepatnya di Jalan Raya Gantung.

Open Pit

Danau bekar pertmabangan timah ini dinamakan Open Pit karena dulunya kawasan pertambangan ini dinamanakan Open Pit yang berada di Gunung Kik Karak. Dan sekarang kubangan besar itu sisa pertambangan menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya melihat air danau yang berwarna hijau saja, tapi kamu juga bisa memasuki goa yang fungsinya untuk menambang yang di dalamnya juga ada kolam yang berwarna hijau. Dan tidak jauh dari lokasi danau tersebut berdirilah menara yang berfungsi sebagai tungku smelter untuk mengolah timah. Menara yang termasuk sebagai cagar budaya itu dibangun pada tahun 1925. Lokasi Open Pit terletak di Gunung KIk Karak yang masuk di Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit.

Pantai Batu Lalang

Untuk yang satu pantai di Belitung Timur ini cukup unik, ada sebagian pantainya membentuk seperti teluk yang penuh dengan bebatuan granit di pinggir pantainya. Air lautnya yang begitu jernih menjadi daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan sangat ingin melihatnya. Tak heran jika banyak wisatawan yang nyebur di pantai yang berpasir putih dan juga penuh batu granit ini. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tergolong masih sepi, jadi suasananya begitu tenang akan benar-benar kamu rasakan. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Tanjung Batu Itam, yang masih masih di dalam wilayah Kecamatan Dendang.

Pantai Bukit Batu

Di pantai ini ada batu granit yang cukup besaryang cukup ikonik yang dinamakan Batu Betarak. Pantai ini memang cukup dipenuhi bebatuan granit di pinggir pantainya. Yang cukup menarik adalah ada perbukitan yang penuh batu namun dipenuhi pepohonan nan hijau, cukup teduh juga untuk bersantai. Apalagi jika dibagian bukit yang agak menjorok ke pantai yang dilengkapi dengan gazebo, benar-benar suasana pantai yang sangat mendamaikan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga sangat menjanjikan pada para pemancing mania, karena cukup banyak spot-spot yang banyak dihuni oleh ikan laut. Untuk lokasinya sendiri Pantai Bukit Batu ini terletak di Desa Burong Mandi, tepatnya di Dusun Malang Lepau, Kecamatan Damar.

Pantai Burung Mandi

Salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi ketika kamu berada di Kabupaten Belitung Timur, adalah Pantai Burung Mandi. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat Kota Manggar yang hanya 20 km melalui perjalanan darat. Pantai Burung Mandi memiliki air lautnya yang sangat jernih, pasir pantainya yang begitu putih dan bersih. Menariknya lagi di bagian pantainya ada perbukitan nan hijau yang dihiasi begitu banyak pepohonan kelapa hingga ke pinggir pantainya. Pantai yang juga sebagai pantai nelayan ini juga memiliki sajian kuliner yang sangat khas, yakni ikan yang dibakar menggunakan batok kelapa. Sembari menikmati keindahan pantai kamu bisa mencicipi kuliner ikan dan juga minum es kelapa muda yang banyak dijajakan di pinggiran pantai. tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini terletak di Desa Burung Mandi, yang masih di dalam Kecamatan Damar.

Pantai Keramat

Seperti halnya Pantai Bukit Batu yang memiliki ikon Batu Betarak, sementara Pantai Keramat juga memiliki Batu Keramat yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai atau di pinggir jalan menuju ke Pantai Keramat. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya yang ada di Belitung Timur. Meski ombaknya terkadang cukup besar,namun wisatawan tetap bisa bermainan air di pinggiran pantai. banyaknya pepohonan yang ada di pinggir pantai menjadi spot terbaik untuk menikmati Pantai Batu Keramat. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini lokasinya tidak begitu jauh dari pusat Kota Manggar dan berdekatan dengan Pantai Lalang, tepatnya di Desa Lalang.

Pantai Memperak

Tidak hanya menghadirkan pesona pantai dengan pasir putih serta gugusan bebatuan granit saja, tapi juga keindahan bawah lautnya yang ada di Pantai Memperak wajib untuk dinikmati. Berada di Pulau Memperak memang mengharuskan kamu untuk menggunakan angkutan perahu motor selama 2 jam dari dermaga yang ada di pusat Kota Manggar. Di Pantai Memperak juga ada spot-spot terbaik untuk memancing ikan laut yang sangat harus akan umpan yang mampu memberikan sensasi strike yang luar biasa. Menikmati Pantai Memperak ini seakan-akan seperti “private island” yang ada di Belitung Timur. Tak heran juga jika menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang diandalakan Kabupaten Belitung Timur.

Pantai Mudong

Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Manggar, yang masih di wilayah Kecamatan Gantung. Pantai Mudong ini memang sangat menarik, selain hampara pasir pantainya yang begitu luas, di pinggir pantainya cukup banyak ditumbuhi pepohonan kelapa yang berjajar begitu indahnya. Pesona paling utama yang dihadirkan oleh Pantai Mudong ini adalah, keindahan di kala senja atau lebih tepatnya eksotisme matahari terbenam menjadi sajian utama di kala sore menjelang petang. Pantai Mudong ini termasuk salah satu pantai yang sering dikunjungi wagar Belitung Timur.

Pantai Nyiur Melambai

Pesona pantai yang begitu romantis nan eksotis benarbenar ditampilkan oleh Pantai Nyiur Melambai. Di pinggiran pantainya terdapatan begitu banyak pepohonan kelapa dan juga cemara yang semakin mempercantik pantai. pasirnya yang putih, konturnya yang cukup landau menjadi spot terbaik untuk menghabiskan hari libur kamu di Belitung Timur. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang cukup banyak wisatawan yang datang selain berenang di pantainya, bisa juga menyewa perahu nelayan dan mengunjungi pulau-pulau kecil yang tepat berada di depan pantai. da nada hal yang unik di Pantai Nyiur Melambai ini, yakni perahu nelayan yang dicat berwarna-warni semakin menambahkan kesan yang begitu indah pantai yang terletak di Desa Lalang Kecamatan Manggar.

Pantai Pangkalan Limau

Jika kamu ingin menikmati keindahan pantai dengan pasir putih dan birunya air laut, maka obyek wisata Pantai Pangkalan Limau bisa menjadi tujuan utama. Di pantai ini terdapat banyak pepohonan yang ada di pinggir pantai. Dan kebanyakan di bawah pohon pinggir pantai ini menjadi tempat bercengkerama para wisatawan yang datang. Kontur pantainya yang cukup landau, menjadi spot berenang yang akan membuat wisatawan betah bermainan air pantainya yang biru. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini masih berada di dalam wilayah Kecamatan Gantung.

Pantai Punai

Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini betul-betul berbeda, dari awal perjalanan beberapa ratus meter dari pantai saja kamu sudah disuguhi keindahan pohon kelapa ynag berjajar rapi. Terlihat begitu adem berada di bawahnya sembari menikmati air kelapa segar. Pantai yang memiliki pasir putih dan bebatuan granit yang berada di pinggir pantainya ini juga memiliki air lautnya yang sangat jernih. Semakin membuat siapapun yang mengunjungi tidak akan sabar ingin segera nyebur. Pantai Punai tergolong sangat bersih dan juga masih begitu asri, terlihat jelas pepohonan di pinggir pantai yang cukup rimbun, menjadi spot ngadem buat wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai tanpa perlu kepanasan. Lokasi Pantai Punai ini terletak di Desa Tanjung Kelumpang, yang masih di dalam Kecamatan Dendang.

Pantai Sengaran

Cukup unik untuk pantai yang satu ini, bibir pantainya terdapat beton-beton besar sebagai pencegah terjadinya erosi, tapi pantai ini sangat dangkal. Dan tak jarang ketika surut ada sebagian wilayah di pantai terdapat hamparan pasir yang timbul dengan di kelilingi air pantai yang bersih dan berwarna biru. Siapapun yang datang ke Pantai Sengaran sudah pasti tidak bakalan betah jika berdiam diri di pinggiran pantai saja, tapi akan merasakan kesegaran mandi dengan air lautnya yang sangat jernih. Menariknya lagi di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini ada sebagian pantai yang dipenuhi dengan mangrove. Dan tak jarang dijadikan sebagai spot memancing oleh para pemancing mania. Untuk lokasinya sendiri Pantai Sengaran ini berada di Desa Pering, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kelapa Kampit.

Pantai Serdang

Memiliki hamparan pantai yang cukup luas, selain lebar Pantai Serdang ini memiliki garis pantai sepanjang hampir 600 meter. Sudah pasti kamu akan terpuaskan melakukan berbagai macam aktifitas di Pantai Serdang ini. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki keunikan tersendiri, yakni adanya perahu tradisional yang di cat berwarna-warni semakin memikat banyak wisatawan yang datang. Apalagi di dukung aksesnya yang sangat mudah, karena berada tidak jauh dari pusat Kota Manggar.kamu juga bisa menyewa perahu nelayan dan mengeliling pantai serta merasakan asyiknya goyangan ombak di Pantai Serdang. Selain itu berjajarnya pohon pinus yang ada di sepanjang pantai semakin menambah kesan eksotis Pantai Serdang.

Panti Tanjung Batu Pulas

Cukup eksotis pantai yang ada di Kabupaten Belitung Timur, tepatnya di Desa Cendil, yang masih di dalam Kecamatana Kelapa Kampit. Pantai Tanjung Batu Pulas ini memang cukup banyak kamu temui bebatuan granit yang ada di pinggir pantainya. Begitu juga dengan perbukitan yang berada di bibir pantai juga dipenuhi dengan bebatuan granit. Namun keunikannya adalah perbukitan yang penuh batu granit tersebut menjadi spot yang sangat menarik untuk menikmati keindahan Pantai Batu Pulas. Apalagi dengan banyaknya pepohonan yang ada di perbukitan, membuat suasananya semakin syahdu dengan semilir angin laut. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga memiliki banyak spot untuk memancing.

Pantai Teropong

Pesona Pantai Teropong ini begitu eksotis, kamu bisa menikmati keindahaannya dari Bukit Samak yang cukup rindang ditumbuhi pohon Samak. Menariknya lagi di atas bukit juga dilengkapi adanya gazebo untuk tempat bersantai para wisatawan. Selain itu Pantai Teropong ini memiliki pasir putih yang cukup bersih, berpadu dengan pepohonan nan hijau di pinggir pantainya. Dan di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung inilah kamu bisa melihat dengan jelas Selat Karimata. Tidak begitu jauh dari pusat kota Manggar, yang terletak di Desa Lalang yang masih di wilayah Kecamatan Manggar.

Pulau Ayam

Mungkin ada yang tahu tentang Pulau Ayam yang pernah di listing di Rumah.com dengan harga 25 miliar. Pulau yang memiliki luas hampir 2 hektar ini memang memiliki pesona yang begitu indah, tidak hanya sekedar pantai dan pasir putihnya saja. Tetapi pulau yang cukup banyak pohon kelapanya ini juga memiliki keindahan alam bawah lautnya yang cukup fantastis. Seakan semuanya benar-benar hadir di Pulau Ayam, kamu bisa bisa nge-camp di pinggiran pantai, sembari menunggu sunrise ataupun sunset yang begitu sedap dipandang mata. Secara administratif Pulau Ayam ini di wilayah Desa Batu Penyu dan berada di Kecamatan Gantung. Sebenarnya untuk kepemilikan pulau di Indonesia diperbolehkan dimiliki oleh pribadi dan diperbolehkan untuk mengelolanya, namun secara legalitas semua pulau yang ada di Indonesia tetap milik negara. Jadi hanya secara de facto saja miliki perseorangan atau pribadi.

Pulau Buku Limau

Salah satu destinasi andalan yang dimiliki Kabupaten Belitung Timur adalah Pulau Buku Limau, yang mampu menarik wisatawan domestik hingga manca berdatangan di pulau yang tidak begitu jauh dari dermaga Kecamatan Manggar. Pulau Buku Limau termasuk Desa Kepulauan yang terdiri dari 18 desa atau pulau-pulau kecil, namun hanya tida pulau saja yang berpenghuni. Tidak hanya sekedar pantai indah saja yang ada di Pulau Buku Limau. Tetapi keindahan alam bawah lautnya yang masih begitu asri yang dihuni terumbu karang dan juga biota laut yang sangat menarik untuk di lihat lebih dekat. Dan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang menjadi surganya para penggemar snorkeling maupun diving. Bahkan ketika kamu naik perahu motor saja terumbu karangnya sudah terlihat jelas, karena airnya lautnya pun juga sangat jernih. Selain itu bagi penggila ikan asin bisa berbelanja kuliner khas Pulau Buku Limau yakni ikan asin.

Pulau Keran

Satu lagi destinasi wisata bahari yang memiliki keindahan alam bawah lautnya, yakni Pulau Keran. Secara administratif Pulau yang tidak begitu besar ini berada di dalam Kecamatan Kelapa Kampit. Tidak hanya sekedar menyajikan pantai berpasir putih saja, tapi terumbu karang yang hidup di kawasan dekat pantai masih begitu alami. Dan juga dilengkapi berbagai macam biota laut yang hidup di terumbu karang. Tempat wisata di Kepulau Bangka Belitung ini juga cukup banyak ditumbuhi pepohonan nan hijau seperti pohon kelapa dan juga pepohonan lainnya. Setidaknya bisa menjadi peneduh ketika terik matahari terlalu panas menyengat.

Pulau Memperak

Membutuhkan waktu setidaknya kurang dari 2 jam dari pusat Kota Manggar dengan menmepuh perjalanan laut menggunakan kapal motor. Ketika kamu mengunjungi Pulau Memperak ini akan terasa seperti “private island” karena hanya ada satu orang dan satu bangunan saja di pulau ini yang menjaga Pulau Memperak. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini seakan memiliki semua destinasi wisata baharri.mulai dari pantainya yang berpasir putih dan jernihnya air laut bak sebening kaca. Dan juga keindahan alam lautnya, seperti terumbu karang yang masih sangat asri serta dihuni berbagai macam ikan laut. Kamu bisa bersnorkeling ria di pinggiran pantai atau free dive di pantai yang agak ke tengah. Kamu juga bisa menikmati keindahan pulau dengan berpetualang di dlaam pulau yang banyak ditumbuhi pepohonan kelapa.

Pulau Nangka

Tidak hanya menyajikan keindahan pantai dan juga keindahan alam bawah lautnya saja. Tapi Pulau Nangka ini juga memiliki hutan lindung yang masih sangat asri. Bahkan kamu bisa menemukan flora yang begitu unik atau bunga yang sangat cantik di Pulau Nangka. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini tergolong cukup jauh dari dermaga pusat Kota Manggar, yang berkisar 50 an km. Namun sambutan pantai yang indah di Pulau Nangka akan segera menghilangkan rasa lelah kamu karena perjalanan laut menggunakan perahu motor. Di Pulau Nangka ini juga ada menara mercusuar yang bisa kamu naiki dengan seizing petugas. Kamu akan kagum setelah melihat keindahan dari Pulau Nangka dari ketinggian, air lautnya yang sangat biru serta lebatnya hutan lindung dan perbukitan yang penuh dengan pepohonan nan hijau.

Pulau Pandan

Sebuah kisah yang cukup menarik untuk didengarkan tentang Pulau Pandan ini, yakni kisah tentang bajak laut yang menghuni Pulau Pandan. Konon kabarnya Pulau Pandan ini sebagai “rumah” para bajak laut dulunya, bahkan barang jarahannya pun juga di simpan di Pulau Pandan. Pulau ini juga memiliki pantai yang begitu eksotis, pasir pantai yang putih serta bebatuan granit berpadu menjadi satu dengan air lautnya yang sangat jernih. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang sangat cocok buat berenang, apalagi ombaknya yang tidak terlalu besar. Dan juga ada spot-spot memancing yang akan memberikan sensasi strike luar biasa. Secara administratif Pulau Pandan ini lokasinya terletak di Desa Tanjung Kelumpang, yang masih di wilayah Kecamatan Dendang.

Pulau Pekandis

Inilah pulau yang menjadi surga bagi para pecinta snorkeling maupun diving. Pesona keindahan alam bawah lautnya begitu memukau di perairan Pulau Pekandis. Tidak hanya menghadirkan pantai dengan pasir putihnya dan juga birunya laut saja. Tapi keindahan alam bawah lautnya sangat eman jika kamu lewatkan. Terumbu karang yang hidup di perairan Pulau Pekandis ini masih begitu alami yang menjadi rumah bagi ikan-ikan besar dan juga berbagai macam biota laut lainnya. Namun ada kekhawatiran akan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini. Yakni penggunaan peledak dalam mencari ikan masih saja digunakan, yang bisa merusak keseluruhan ekosistem yang ada di laut. Untuk lokasinya masih berada di wilayah Kecamatan Kelapa Kampit. Jadi kamu bisa menggunakan perahu motor dari dermaga Kelapa Kampit.

Replika Sekolah Laskar Pelangi

Tak lengkap wisata kamu ketika mengunjungi Belitung Timur tanpa mampir ke Replika Sekolah Laskar Pelangi. Inilah replika sekolahan yang ada di dalam film yang booming pada tahun 2008 yang tak lain dari garapan Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi seperti pada judul novel tulisannya. Yang menceritakan diri pribadi Andrea Hirata beserta 9 temannya ketika masa sekolah di SD Muhammadiyah di Belitung. Dan replika sekolah tersebut kini menjadi tempat wisata di Bangka Belitung yang memang selalu menarik minat wisatawan. Setidaknya wisatawan bisa terbawa ke dalam nuansa film Laskar Pelangi tentang anak-anak sekolah yang bisa dibilang dari keluarga kurang mampu. Dan juga kondisi sekolahan yang cukup memprihatinkan. Sangat menarik memang menjadi sebuah kritik sosialbagi pemerintah untuk membenahi sistem pendidikan. Lokasi wisata menarik ini terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.

Situs Gunung Lilalangan atau Makam Datuk Mayang Gresik

Sedikit membutuhkan petualangan keitka kamu akan mengunjungi Situs Gunung Lilangan yang mana ada sebuah makam Datuk Mayang Gresik. Beliau ini seorang ulama dan juga penyiar agama Islam di Pulau Belitung pada tahun 1520. Dan beliau ini datang dari Jawa Timur dengan membawa misi menyiarkan agama Islam ketika Pulau Belitung masih dalam kekuasaan Kerajaan Majapahit. Ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini selain berwisata ziarah kamu juga bisa menikmati pesona alam perbukitan. Pemandangan perbukitan nan hijau begitu tampak jelas ketika kamu berada di Makam Datuk Mayang Gresik. Untuk okasinya sendiri cukup dekat dengan obyek wisata Bukit Tiong yang juga sama di Desa Lilangan yang masih di dalam Kecamatan Gantung.

Situs Gunung Sepang

Ada berbagai pendapat mengenai Situs Gunung Sepang yang terletak di Desa Renggiang yang masih di dalam Kecamatan Simpang Renggiang, tepatnya di Dusun Liring. Konon katanya di desa yang berada di tengah Pulau Belitung ini dulunya ada peradaban besar atau bisa dikatakan sebagai negeri yang hilang. Yang kini hanya meninggalkan sebuah nisan tua dan juga temuan koin Spanyol yang dibuat pada tahun 1769. Kini Situs Gunong Sepang ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung khususnya wisata ziarah dan juga sejarah. Selain itu kamu juga bisa menikmati keindahaan alam desa dan juga hijaunya perbukitan.

Sukma Alam

Obyek wisata Sukma Alam adalah destinasi wisata yang cukup favorit bagi wisatawan lokal. Pesona alamnya begitu indah dengan banyaknya pepohonan seperti hutan lindung. Begitu juga dengan adanya Air Terjun Marsila semkain mempercantk kawasan wisata Sukma Alam. Yang paling dicari para wisatawan adalah pemandian alamnya yang begitu menggoda, yang membuat siapapun melihatnya ingin merasakan segarnya air pemandian. Di kelilingi pepohonan yang rindang membuat kawasana wisata Sukma Alam ini terasa begitu sejuk. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini lokasinya berada di Desa Nyurun, dan di wilayahnya Kecamatan Dendang atau tepatnya di Dusun Bentaian.

Vihara Dewi Kwan Im

Salah satu cagar budaya dan juga sebagai tempat peribadahan umat Khonghucu ini dibangun pada tahun 1474. Untuk lokasinya sendiri berada di tanah perbukitan yang penuh akan pepohonan nan hijau dan juga menghadap ke arah Selat Karimata. Selain menjadi wisata religi Vihara ini juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa mengenal sejarah mengenai kedatangan orang Tionghoa yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, dan juga sejarah akan Belitung Timur. Berada di ketinggian atau perbukitan, suasana yang akan kamu rasakan begitu adem, tenang, dan sangat damai. Tak heran juga jika tempat wisata yang ada di Desa Burung Mandi, dan di dalam Kecamatan Manggar.

Vihara Dharma Suci

Selain menjadi tempat peribadahan bagi umat Tionghoa, Vihara Dharma Suci juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung. Arsitektur vihara ini sangat kental sekali dengan kebudayaan etnis Tionghoa dengan adanya gapura pada pintu masuknya yang dihiasi naga di atasnya. Warna dominan merah menghiasi keseluruhan bangunan Vihara Dharma Suci. Ada salah satu benda yang ada di vihara yang sangat menarik untuk dikuak sejarahnya. Dan genta terssebut diperkirakan sudah berumur lebih dari 350 tahun. Untuk lokasinya sendiri Vihara Dharma Suci ini terletak di dekat pasar Kota Manggar.

Tempat Wisata di Pangkal Pinang

Kota Pangkal Pinang sebagai kota pusat pemerintahan Kota dan juga sebagai Kota yang merupakan pusat pemerintahan Provinsi Bangka Belitung. Kota Pangkal Pinang sudah menjadi pusat pemerintah sejak era kolonial Belanda pada tahun 1913. Hal tersebut unutk memudahkan dalam mengontrol pertambangan timah di Bangka Belitung. Dengan sejarahnya yang cukup panjang, Kota Pangkal Pinang memang sangat menarik untuk dikunjungi dan salah satunya adalah destinasi wisata. Tempat wisata di Kepualauan Bangka Belitung yang cukup menarik juga berada di Kota ini salah satunya adalah Pantai Pasir Padi yang memiliki garis pantai yang cukup panjang, yakni sepanjang 2 km. Selain itu juga terdapat tempat menarik lainnya, dan berikut ini daftar tempat wisata di Pangkal Pinang yang wajib untuk dikunjungi.

Alun-Alun Taman Merdeka

Inilah pusat peradaban dari Kota Pangkal Pinang, Alun-Alun Taman Merdeka. Konsep alun-alun yang sangat keren, bisa menjadi wadah masyarakat Pangkal Pinang sebagai tempat untuk bersantai, berinteraksi, dan bahkan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung. Sangat wajib untuk dikunjungi ketika kamu baru menginjakkan kaki di Kota Pangkal Pinang. Ketika hari menjelang sore banyak sekali warga yang melakukan berbagai aktifitas di alun-alun Taman Merdeka. Ada yang hanya sekedar menikmati sorenya Kota Pangkal Pinang hingga berolahraga di kawasan alun-alun. Menarik juga untuk wisata keluarga karena di dalam alun-alun ini juga dilengkapi area untuk bermain anak-anak.

Bangka Botanical Garden

Dikenal juga sebagai BBG sebgai tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang sangat berbeda. Di Bangka Botanical Garden ini kamu bisa melihat cara berkebun, bertani, dan bahkan beternak sapi hingga ikan. Kamu bisa menemui berbagai macam flora dan fauna di dalamnya, bahkan seperti pohon gelam yang usianya ratusan tahun saja masih ada di Bangka Botanical Garden. Kamu juga bisa melihat perkebunan buah naga yang ada ribuan pohon juga di tanam di kawasan Bangka Botanical Garden. Dan yang menariknya lagi adalah kamu bisa selfie di dekat perkebunan dengan background buah naga ataupun berbagai macam flora yang sangat indah tentunya. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini terletak di Kelurahan Temberan, yang masih di dalam Kecamatan Bukit Intan.

GPIB Maranatha

Tempat peribadahan umat Protestan ini dibangun pada tahun 1927 yang memiliki ciri khas arsitektur Eropa. Dibangun pada era kolonial Belanda ini dulunya bernama Kerkeraad der Protestansche Gemeete to Pangkalpinang. Dan akhirnya dirubah menjadi GPIB yang berarti Gereja Protestan Indonesia Barat. Yang cukup unik di gereja ini adalah adanya menara jam yang cukup tinggi, sehingga kebanyakan masyarakat Bangka menyebutnya sebagai Gereja Menara Jam. Hampir semua dindingnya terbuat dari beton maka tak heran juga jika hingga detik ini masih berdiri sangat kokoh. Selain menjadi tempat peribadahan, gereja ini sebagai cagar budaya dan menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung, khususnya wisata religi. Lokasinya sendiri terletak di Kacang Pedang, Kecamatan Gerunggang.

Hutan Wisata Tua Tunu

Destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi jika kamu ingin suasana yang begitu damai, maka Hutan Wisata Tua Tunu bisa menjadi tujuan utama liburan kamu. Udaranya yang sangat sejuk dan juga pepohonan yang cukup tua yang menjulang tinggi akan banyak kamu temui ketika kamu berada di tengah Hutan Wisata Tua Tunu. Berbagai macam flora juga hidup di kawasan hutan ini, dan untuk faunanya paling banyak memang berbagai jenis burung. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini juga memiliki masjid tua yang semuanya terbuat dari kayu. Jadi sembari menikmati keindahan alam hutan kamu juga bisa berwisata religi. Lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari pusat Kota Pangkal Pinang yang hanya berjarak sekitar 7 km. Tepatnya berada di Desa Tua Tunu, Kelurahan Tua Tunu Indah dan masih di dalam Kecamatan Gerunggang.

Katedral Santo Yosef

Satu lagi cagar budaya dan juga sebagai tempat peribadahan umat Katolik di Kota Pangkal Pinang, yakni Katedral Santo Yosef. Gereja Katolik ini dibangun pada tahun 1935 dan hingga kini bangunannya masih begitu terawat dan kokoh berdiri. Sejarah pembangunan Katedral ini cukup panjang yang juga sangat berhubungan erat dengan penyebaran agama Katolik di tanah Bangka. Dan kini selain menjadi tempat peribadahan umat Katolik juga sebagai tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup menarik untuk melihat sisi arsitektur klasiknya. Lokasinya sendiri berada di Jalan Gereja yang masih di dalam wilayah Kecamatan Girimaya.

Klenteng Kwan Tie Miau

Jika berbicara cagar budaya, memang Kota Pangkal Pinang ini merupakan kota yang memiliki banyak bangunan tua, dan salah satunya adalah Klenteng Kwan Tie Miau. Tempat peribadahan umat Khonghucu ini dibangun pada tahun 1841, yang pada awalnya dibangun oleh para pekerja tambang timah yang didatangkan dari China oleh Belanda. Dan Klenteng ini sebagai klenteng tertua yang ada di Kota Pangkal Pinang. Menariknya kawasan di sekitaran klenteng ini juga menjadi obyek wisata, seperti adanya Gang Singapur atau Pasar Mambo yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain menjadi tempat peribadahan umat Konghucu juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung terutama wisata religi. Lokasinya sendiri terletak di Jalan Mayor Syafrie Rachman, Pangkal Pinang.

Lapangan Golf Girimaya

Lokasi Lapangan Golf Girimaya ini berada di daerah perbukitan, tepatnya berada di wilayah Kecamatan Bukit Intan. Lapangan golf yang memiliki 18 hole ini memang tergolonga sangat luas, yang hampir di setiap holenya berdiri pepohonan nan hijau yang menyejukkan mata. Belum lagi rumput alami yang tertata begitu rapi, bisa menjadi spot fotografi yang menghasilkan karya terindah. Ada juga beberapa spot selfie di Lapangan Golf Girimaya yang bakalan membuat photo selfie di like banyak orang, terutama  di area sungai buatan atau kolam buatannya. Selain sebagai lapangan golf tapi juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang sepertinya sangat cocok untuk menikmati hijaunya padang rumput.

Makam Akek Bandeng

Jika diartikan ke dalam bahasa daerah Tua Tunu, sebutan nama Akek adalah seorang laki-laki yang selama dia hidup tidak pernah menikah. Dan beliau ini seorang ulama yang sangat ahli di bidang agama Islam yang dipercaya oleh masyarakat sebagai orang yang memiliki karomah. Sebenarnya beliau ini memiliki nama asli Akek Malik yang lahir pada tahun 1850 dan meninggal pada tahun 1920. Makam Akek Bandeng ini juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung khususnya wisata ziarah. Karena cukup banyak sekali peziarah yang berdoa di Makam Akek Bandeng, terutama ketika bulan-bulan Ramadhan. Dan untuk lokasi makamnya sendiri berada di Desa Tua Tunu, Kecamatan Gerunggang.

Makam Belanda Kerkhof

Namanya hampir sama dengan Makam Kerkhof Peucut yang ada di Banda Aceh, namun Makam Belanda Kerkhof di Pangkal Pinang ini jauh lebih kecil. Hanya ada sekitar 100 makam yang ada di dalam makam yang juga menjadi cagar budaya ini. Dan jika dilihat dari makam yang tertua dari tahun 1902 dan yang paling terakhir di makamkan atau makam yang paling muda di nisannya tertulis tahun 1950. Dari keseluruhan makam memang juga ada tentara Belanda yang meninggal karena pecahnya pera dunia kedua. Selain menjadi cagar budaya, Makam Belanda Kerkhof juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung khususnya wisata ziarah. Dan tak jarang pula dikunjungi wisatawan mancanegara ketika menginjakkan kakinya di Pankal Pinang. Lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Melintang, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Rangkui.

Makam Cina Sentosa

Inilah makam Tionghoa terbesar se Asia Tenggara yang berdiri di atas lahan seluas 27 hektar dan dibuat pada tahun 1935 oleh Marga Boen. Selain wisata ziarah juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang benar-benar mampu memikat banyak wisatawan mancanegara untuk datang di Kota Pangkal Pinang. Meskipun mayoritas yang dimakamkan adalah orang Tionghoa yang berkeyakinan Konghucu, namun ada makam orang Islam dan juga Kristen juga dimakamkan di Makam Cina Sentosa. Makam ini akan ramai dikunjungi banyak peziarah ketika ada tradisi sembahyang kubur atau lebih dikenal dengan Ceng Beng. Dan ketika acara tersebut nyaris tidak ada unsur mistis ataupun horror di makam ini, justru cahaya terang yang menimbulkan siluet yang sangat indah. Untuk lokasinya sendiri berada di Jalan Sukarno Hatta Kota Pangkal Pinang.

Masjid Al Mukarrom

Masjid yang berada di Desa Tua Tunu ini menjadi salah satu masjid tertua yang ada di Pulau Bangka yang dibangun pada tahun 1928. Arsitektur masjidnya memang terlihat sangat klasik dan cukup kendatal akan kebudayaan Pulau Bangka. Masjid ini awalnya berada di tengah Kampung Tua namun dipindahkan ke ujung Tua Tunu. Cukup banyak para umat Islam yang mengunjungi Masjid Al Mukarrom yang tidak hanya menjalankan ibadah saja, tetapi juga berwisata religi dengan cara melihat lebih dekat masjid yang sudah menjadi cagar budaya ini. 

Masjid Jamik Pangkal Pinang

Satu lagi cagar budaya yang berada di pusat Kota Pangkal Pinang, tepatnya berada di Kampung Dalam. Masjid Jamik Pangkal Pinang ini berdiri pada tahun 1936 yang dibangun oleh seorang penghulu yang bernama A H. Saleh. Selain arsitekturnya yang sangat megah masjid ini juga syarat akan nilai-nilai Islami. Dan ini sangat jelas terlihat pada bagian depan masjid, yang memiliki tiang sebanyak 5 buah yang diartikan sebagai Rukun Islam. Begitu juga pada bagian tembok ddepan dengan atap yang memiliki tiang penyangga 6 buah yang diartikan sebagai Rukun Iman. Selain menjadi tempat peribadahan umat Islam, Masjid Jamik Pangkal Pinang juga sebagai tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung, khususnya wisata religi. Masjid ini juga banyak menyimpan kitab-kitab kuning yang biasa di pelajari oleh umat Islam.

Masjid Kayu Tua Tunu

Berada di tengah hutan wisata Tua Tunu, membuat Masjid Kayu Yua Tunu ini terlihat sangat indah. Dengan dikelilingi banyak pepohonan nan hijau dan juga perkampungan kecil yang terlihat begitu bersih dan asri dengan sungai kecil dan juga kolam-kolam air yang sangat indah. suasananya sangat tenang, dan memang sangat tepat sekali jika dijadikan sebagai wisata religi dan juga tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung. Masjid yang mayoritas dibuat dengan bahan kayu dilengkapi juga dengan taman yang dihiasi rerumputan hijau di depan masjidnya. Bagi kalian yang ingin wisata religi, Masjid Kayu Tua Tunu ini menjadi destinasi wajib yang harus kamu kunjungi.

Masjid Raya Tua Tunu

Konsep awal dari Masjid Raya Tua Tunu ini dibangun adalahs ebagai pusat studi Islam atau Islamic Center yang ada di Kota Pangkal Pinang. Masjid terbesar di Provinsi Bangka Belitung ini memiliki perpaduan arsitektur modern dan tradisional yang sangat indah. Untuk bagian dalam masjidnya juga sangat megah yang hampir setiap jemaahnya dibuatnya kagum. Selain menjadi tempat peribadahan umat Islam, Masjid Raya Tua Tunu ini juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung khususnya wisata religi. Karena memang konsep awalnya sebagai pusat studi Islam yang ada di Bangka Belitung.

Menara Air Minum

Bangunan untuk menyimpan air dan untuk menyuplai air minum ke pelanggan ketika era Belanda ini dibangun pada tahun 1932. Dan hingga kini Menara Air Minum ini masih terlihat begitu kokohnya, dan hampir semua dindingnya terbuat dari beton. Untuk sumber airnya, dulu Belanda mengambilnya dari Sungai Nyelanding yang memang debit airnya sangat banyak. Selain menjadi cagar budaya yang dilindungi undang-undang, sekarang juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup menarik untuk kita lihat lebih dekat. Di Menara Air Minum ini juga masih terdapat pipa-pipa besar bekas Belanda. Untuk lokasinya sendiri terletak di Jalan Anggrek dekat dengan Perumahan Timah Bukit Baru.

Museum Timah Pangkal Pinang

Ada 2 museum timah di Indonesia, Museum Timah di Muntok Kabupaten Bangka Barat dan Museum Timah di Pangkal Pinang, dan di Asia hanya ada di Kepulauan Bangka Belitung saja. jadi benar-benar tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang wajib untuk dikunjungi. Ketika kamu baru masuk di Museum Timah Pangkal Pinang kamu akan melihat mesin bor tambang kuno sejak era kolonialisme Belanda yang dinamakan “bor bangka”. Selain itu ada diorama yang bisa menceritakan bagaimana para pekerja tambang itu bekerja di pertambangan timah yang dimulai dari abad 17. Museum TImah Pangkal Pinang ini diresmikan pada tahun 1958 yang dulunya sebagai tempat tinggal atau mes dari para pekerja tambang dari perubahan Banka Tin Winning. Dan mayoritas koleksi yang ada di dalam Museum Timah Pangkal Pinang ini peralatan dalam penambangan timah dan juga berbagai aksesoris yang dibuat dari bahan timah. Untuk lokasinya sendiri terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 17.

Pantai Pasir Padi

Lokasinya berada di Kelurahan Air Itam yang masih di wilayah Kecamatan Bukit Intan, menjadikannya pantai terdekat dengan pusat Kota Pangkal Pinang. Jadi tidak heran lagi jika Pantai Pasir Padi ini nyaris tidak pernah sepi akan pengunjung, terutama warga atau wisatawan lokal. Yang sangat menarik adalah hamparan pantainya yang begitu luas, memungkinkan wisatawan melakukan aktifitas apa saja di pantainya. Garis pantainya juga cukup panjang, yang memungkinkan wisatawan bermain bola di pinggir pantai ketika sore hari. Apalagi ketika air laut mulai surut maka semakin luas lah hamparan pasir pantainya. Cukup banyak berbagai event yang diselenggarakan di Pantai Pasir Padi, seperti perlombaan aero modeling, olahraga, hingga event hiburan. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang sudah menjadi ikon dari Kota Pangkal Pinang, dan nilai plusnya adalah pesona sunrisenya yang begitu istimewa.

Pantai Tanjung Bunga

Tidak begitu jauh dari Pantai Pasir Padi yang hanya berjarak 2,5 km melalu jalan darat. Pesona Pantai Tanjung Bunga ini begitu berbeda jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bangka. Meskipun pantai ini banyak bebatuan karang, tetapi tetap ada bagian pantai yang memiliki hamparan pasir putih cukup luas. Dan menariknya lagi perbukitan yang ada di pinggiran pantai menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Bunga. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang menjanjikan tantangan tersendiri bagi yang suka menyusuri perbukitan. Dan juga para pemancing mania, sensasi strike ikan karang di Pantai Bungai sungguh luar biasa.

Perigi Pekasem

Unsur mistis mungkin agak terasa ketika kamu mengetahui sejarah dari sumur atau Perigi Pekasem ini. Dahulunya ketika kolonial Belanda sumur tersebut digunakan oleh TKR (Tentara Keamanan Rakyat) untuk membuang mayat yang telah dibunuh. Dan kebanyakan dari mereka adalah seorang mata-mata atau anteknya Belanda. Perigi Pekasem ini mungkin juga menjadi cagar budaya yang memiliki sejarah cukup menyeramkan, sebagai pembuangan mayat para pengkhianat. Namun seiriang waktu juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang sangat cocok untuk wisata sejarah. Setidaknya kita akan lebih mengenal sejarah kolonialisme di Pangkal Pinang. Lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Tua Tunu, yang masih di wilayah Kecamatan Gerunggang.

Rumah Dinas Walikota

Dahulunya Rumah Dinas Walikota Pangkal Pinang ini adlah Rumah Residen Belanda, yang awalnya di Muntok lalu dipindahkan ke Pangkal Pinang pada tahun 1913. Arsitekturnya sangat khas rumah-rumah Eropa yang terlihat cukup jelas adalah pilar-pilar penyangga atapnya yang cukup besar dan disertai taman di depannya. Hingga kini arsitektur Rumah Dinas Walikota juga tidak banyak berubah dan masih mempertahankan arsitektur yang lama. Hanya saja ada sedikit perbaikan pada beberapa bangunannya. Dan yang cukup unik adalah di depan Rumah Dinas Walikota tersebut juga masih ada dua meriam kuno yang dibuat pada tahun 1857 dan 1840. Sangat menarik sebenarnya dijadikan sebagai tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung, namun izin yang lengkap sangat berlaku jika ingin masuk ke Rumah Dinas Walikota.

Taman Sari atau Wihelmina Park

Sebenarnya taman ini sudah ada sejak zaman kolonialisme Belanda di Bangka-Belitung. Lokasinya sangat strategis yang berada di sebelah barat rumah residen Belanda kala itu dan dirancang oleh orang Belanda yang bernama Van Ben Benzenhorn. Dan kini Taman Sari justru menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang cukup menarik untuk dikunjungi. Sebagai ruang terbuka hijau, cukup banyak dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat bersantai ketika siang hari. Selain itu juga menjadi destinasi wisata keluarga yang cukup nyaman, karena banyak tempat bermain untuk anak-anak di Taman Sari. Di dalam taman ini juga terdapat Tugu Perjuangan Kemerdakaan yang dibuat pada tahun 1949 sebagai tanda kemerdekaan waktu itu.

Tugu Pergerakan Kemerdekaan

Selfieable dan ikonik, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan Tugu Pergerakan Kemerdakaan yang berada di dalam Taman Sari atau Wihelmina Park. Tugu yang dibangun untuk menghargai para pejuang kemerdekaan dibangun pada tahun 1949 dan diresmikan oleh Bung Hatta ketika itu. Selain menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung, Tugu Pergerakan Kemerdekaan ini juga menjadi tempat bersantai menikmati keindahaan ruang terbuka hijau di tengah Kota Pangkal Pinang. Dan menjadi destinasi wisata yang wajib buat kalian yang baru pertama menginjakkan kaki di Kota Pangkal Pinang.

Wisma Timah I

Satu lagi cagar budaya yang dimiliki oleh Kota Pangkal Pinang, yakni Wisma Timah I, yang dulu ditinggali oleh seorang pejabat perusahaan timah Belanda,  Banka Tin Winning. Dan kini menjadi tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang wajib untuk dikunjungi karena keunikan bangunannya yang hingga kini masih berdiri kokoh. Bangunan yang berbentuk limas ini tidak ada yang berubah dari sisi arsitektur bangunannya. Jadi semuanya masih terlihat asli dan persis di era kolonial Belanda ketika itu.

Artikel Terkait