Kasembon Rafting, Berwisata Sambil Bermain Rafting
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Penghilang sejarah yang tersebar di sekitar Malang Menampilkan bahwa topi memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Berwisata untuk melepaskan penat sejenak memang perlu karena tidak bagus juga bagi kesehatan anda untuk merasakan tekanan dara stres terus menerus karena masalah atau pekerjaan yang anda lakukan sehari-hari. Terkadang pergi ke suatu tempat entah sendiri atau mengajak teman-teman anda memang perlu. Nah jika anda berencana berkunjung ke Jawa Timur, tepatnya di kabupaten Malang, anda bisa datang ke obyek wisata alam yang satu ini, yaitu Kasembon Rafting.

Kasembon Rafting adalah salah satu tujuan wisata yang berlokasi di desa Bayem Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Berwisata dengan sedikit bumbu adrenalin bisa terasa menyenangkan jika anda berani melakukannya. Di tempat ini, banyak wisatawan yang berkunjung yang ingin merasakan sensasi rafting yang seru dan asyik terutama jika anda mengajak serta keluarga atau teman-teman. Semakin ramai orang yang anda ajak, maka pengalaman yang akan anda dapatkan semakin seru dan tak terlupakan.

Ide awal berdirinya Kasembon Rafting sendiri pertama kali diprakarsai oleh empat remaja yaitu, Heru, Hatta, Singgih dan Eko dari Mapala Edelweis STIBA Malang yang peduli akan lingkungan dan berjiwa petualang.

Pada bulan April 2006 saat mereka sedang melakukan survey untuk mencari yang sungai untuk dapat digunakan sebagai tempat ber-rafting, mereka tersentuh setelah melihat kondisi sungai yang sangat kotor dan memprihatinkan saat mereka berada di wilayah Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Dan berkat kepedulian mereka terhadap lingkungan mereka berinisiatif menjadikan sungai di wilayah Kecamatan Kasembon tersebut menjadi bersih dan kebersihannya dapat berkesinambungan, tapi mereka sadar untuk memperoleh sungai yang bersih dan berkesinambungan tidaklah mudah karena harus melibatkan keikutsertaan masyarakat sekitar sungai untuk menjaga kebersihan sungai.

Saat anda memasuki kawasan Kasembon Rafting, anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah nan hijau dengan pepohonan dan tumbuhan lain yang tumbuh subur di sekitat area rafting. Dengan panjang jalur rafting sepanjang 7,5 km, anda bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam. Selain rafting yang pasti diburu oleh para pengunjung, di sana ada juga wahana outbound yang bisa menjadi pilihan seru untuk menghabiskan waktu di sana. Tempat ini memang sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan waktu dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, selain itu suasananya yang adem dan sejuk bisa menyegarkan pikiran kita dari rasa jenuh dan stress yang melanda sehari-hari.

Fasilitas di Kasembon Rafting

Dengan pengelolaan yang baik, anda bisa menemukan fasilitas-fasilitas penunjang yang lumayan lengkap di obyek wisata ini, antara lain adalah;

- Penginapan

Mungkin setelah melakukan banyak kegiatan di tempat ini, anda merasa lelah dan memutuskan untuk menghabiskan malam di sana. Kebetulan sekali, di Kasembon Rafting ada penginapan yang berupa cottage atau anda yang ingin berkemah juga bisa menyewa kemah dengan harga terjangkau sekitar Rp 95.000,- per orang.

- Toilet umum

Di sana juga telah disediakan beberapa toilet umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Anda juga bisa berganti pakaian di bilik-bilik yang berada di toilet umum Kasembon Rafting setelah anda ber-rafting ria.

- Lahan parkir

Anda yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir dengan area parkir, karena di Kasembon Rafting, tempat untuk parkirnya memadai dan lumayan luas.

- Kantin atau tempat makan

Terkadang saat berwisata kita tidak sempat untuk mempersiapkan bekal makanan dan minuman. Nah untuk hal ini anda tidak perlu takut, di sana juga telah disediakan kantin yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Area berkemah

Seperti yang dikatakan di atas, di sana juga ada tempat persewaan kemah dan untuk anda yang ingin mengadakan api unggun, anda bisa mendirikan kemah di area yang sudah disediakan pengelola.

Hunting Foto di Kasembon Rafting

Bagi anda yang gemar dengan hobi fotografi anda bisa memuaskan hasrat berfoto anda di tempat ini. Banyak spot-spot menarik yang bisa anda manfaatkan seperti pemandangan alam hijau yang ada di obyek wisata ini. Anda bisa berfoto dengan latar belakang sungai yang dibuat untuk rafting bersama keluarga maupun teman-teman anda. Jika anda lebih memilih menghabiskan waktu untuk rafting, anda juga bisa mengabadikan pemandangan hutan di sekitarnya dan berfoto ria di atas perahu. Lebih baik lagi jika anda membawa kamera tahan air agar kamera anda tidak rusak jika terkena cipratan air sungai.

Baca juga : Waduk Selorejo, Berwisata Sambil Bersantai di Perahu Wisata

Akses Jalan Menuju ke Kasembon Rafting

Bagi anda yang mau menuju Kasembon Rafting dari Kota Malang, kota yang akan anda lalui adalah Kota Batu – Pujon – Selorejo – Ngantang dan base camp Kasembon Rafting. Jarak Kota Malang-Kasembon sekitar 65 km (1,5-2 jam)

Bagi anda yang berangkat dari Kota Surabaya, rute yang bisa Anda lalui adalah melewati kota Krian – Mojokerto – Mojoagung – Ngoro (Jombang) – Kandangan – base camp Kasembon Rafting. Jarak Kota Surabaya – Kasembon sekitar 125 km (2,5-3 jam). Atau Anda juga bisa melewati Sidoarjo – Pandaan – Malang, tetapi memerlukan waktu yang lama karena jaraknya lebih lama. Surabaya-Karang Lo Malang 90 km + Karang Lo – Kasembon 72 km (4-5 jam).

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Kasembon Rafting

Jam buka dari obyek wisata ini dimulai dari jam 07.00 sampai dengan 17.00 wib. Setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Untuk paket raftingnya sendiri, anda harus membayar sebesar Rp 175.000,- untuk hari biasa dan Rp 195.000,- per orang untuk akhir pekan.

Tips Berlibur ke Kasembon Rafting

- Siapkan stamina anda terutama jika anda ingin bermain rafting

- Membawa kamera untuk berfoto-foto

- Lebih baik membawa bekal makanan dan minuman sendiri

- Pakailah alas kaki yang nyaman

- Patuhi aturan pengawas yang ada di sana

Artikel Terkait