Kampoeng Kidz, Berwisata Sambil Mengedukasi Anak-anak
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Penghilang sejarah yang tersebar di sekitar Malang Menampilkan bahwa topi memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Berwisata menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan terutama jika anda bisa mengajam serta teman atau keluarga karena semakin ramai semakin mengasyikan. Biasanya kita melakukan liburan ke tempat-tempat wisata yang sudah pasti menawarkan hiburan dan kegiatan yang menyenangkan termasum wisata belanja yang digemari para wanita. Untuk anda yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak, sebaiknya memikirkan baik-baik tempat wisata apa dan yang bagaimana untuk dikunjungi, karena kita tidak mau hanya kita yang merasa senang saja, namun kita juga ingin anak-anak merasa asyik. Tidak ada salahnya sekali-sekali anda memilih obyek wisata yang mengandung edukasi yang bisa menambah pengetahuan seperti museum atau tempat-tempat bersejarah lainnya. Nah, di kabupaten Malang, ada sebuah tempat wisata yang memang dikhususkan untuk anak-anak yang tidak hanya seru namun juga mendidik.

Kampoeng Kidz adalah salah satu obyek wisata edukasi yang berlokasi di Jalan Raya Pandanrejo No. 1,  Bumiaji, Kota Malang. Tempat wisata ini tepatnya berdiri pada tahun 2010 yang merupakan hasil dari pengembangan kreativitas dan keunikan siswa SMA Selamat Pagi Indonesia yang mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak. Sebagai sebuah obyek wisata dengan konsep pendidikan khusunya untuk anak-anak, Kampoeng Kidz mempunyai berbagai macam wahana yang bisa menjadi sarana pembelajara  dan pengenalan entrepreneur. Area yang cukup luas di sana membuat pengunjung dapat berkeliling secara leluasa untuk melihat sarana petertanakan, perikanan, pertanian, outbound, perkemahan, dan juga laboratorium entrepreneurship.

Di Kampoeng Kidz, anda akan bertemu dengan siswa-siswi lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Anak-anak ini akan tinggal di sebuaj asrama dan bersekolah tanpa dipungut biaya atau gratis di SMU Selamat Pagi Indonesia. Di sekolah ini sudah dilengkapi fasilitas itas lengkap termasuk diantaranya lapangan olahraga, asrama, hingga laboratorium. Siswa berprestasi dari seluruh Indonesia disatukan dan menimba ilmu di SPI ini.

Pengunjung anak-anak yang datang ke tempat ini juga dijamin akan merasa puas saat mengunjungi wahana art gallery, kichen garden, animal farm, hingga otomotif. Sementata itu, untuk sebuah kenang-kenangan, pengunjung bisa membeli berbagai macam souvenir yang dijual di sana, salah satunya adalah choco banana.

Fasilitas di Kampoeng Kidz

Jangan khawatir, masalah fasilitas, di sini anda bisa menemukan banyak fasilitas yang memadai dan menarik khusunya untuk anak-anak.

- Penginapan

Untuk memfasilitasi wisatawan yang dari luar kota Kampoeng Kidz telah menyediakan fasilitas penginapan. Akomodasi di Kampoeng Kidz disebut juga dengan Learning Center Accommodation (LCA) yang memungkinkan pengunjung menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga sambil menikmati keindahan Kota Batu.

- Kitchen garden

Di wahana Kitchen Garden yang ada di sana, anak-anak akan diajari bercocok tanam dengan praktek langsung menanam benih di lahan pertanian Kampoeng Kidz dan, yang tidak kalah seru pastinya, mereka dapat belajar untuk memanen sayur-sayuran, seperti : jagung, brokoli, terong, tomat, wortel, cabai, selada air, kangkung, sawi, dan masih banyak lagi.

- Animal farm

Untuk wahana yang satu ini, sesuai dengan namanya, anak-anak akan diajak untuk lebih mengenal hewan-hewan peternakan, seperti : merpati, kelinci, ayam, menthok, kambing, beserta kawan-kawan, dan belajar banyak hal tentang kehidupan mereka, cara mereka makan dan berkembang biak, cara merawatnya, dll. Agar mereka bisa menjadi pengusaha peternakan.

- Fishery zone

Anak-anak di wahana ini akan diajak untuk lebih mengenal berbagai jenis ikan yang bisa dibudi dayakan. Dan di sana juga ada berbagai macam jenis-jenis ikan yang bisa mereka pelajari.

- Otomotif

Di wahana otomotif adik-adik akan belajar untuk merakit sebuah tamiya 4WD. Adik-adik akan belajar merakit sendiri dan akan langsung mengoperasikannya di lintasan sirkuit yang sudah tersedia. Selain belajar merakit tamiya, mereka juga bisa merasakan keseruan memainkannya di lintasan.

- Lahan parkir

Untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, di Kampoeng Kidz juga telah disediakan area parkir yang memadai dan cukup luas.

- Toilet umum

Fasilitas yang satu ini juga tidak lupa untuk disediakan oleh pengelola. Ada banyak toilet umum di tempat ini, jadi anda tidak perlu khawatir.

Hunting Foto di Kampoeng Kidz

Para orang tua yang membawa anak-anaknya ke Kampoeng Kidz pastilah ada yang kurang jika tidak membawa kamera. Baik kamera handphone atau kamera pro tidak masalah. Banyak spot dan kegiatan yang bisa menjadi sasaran bidikan kamera anda. Kegiatan yang menyenangkan saat anak-anak anda belajar menanam, belajar tentang binatang peternakan atau saat mereka sibuk dengan ikan-ikan bisa menjadi sebuah kenang-kenangan dalam bentuk foto yang pastinya tak akan terlupakan apalagi saat mereka sudah dewasa nanti, mereka bisa mengenang masa-masa menyenangkan belajar di Kampoeng Kidz.

Baca juga : Waduk Selorejo, Berwisata Sambil Bersantai di Perahu Wisata

Akses Jalan Menuju ke Kampoeng Kidz

Untuk menuju ke tempat ini, ada dua pilihan yang bisa anda ambil, yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi entah mobil atau motor. Langsung saja anda mengarahkan kendaraan anda menunu ke jalan Pandanrejo no. 1, Bumiaji. Alamat sekolah SMU Selamat Pagi Indonesia ini tidak terlalu susah untuk ditemukan. Namun jika anda tidak ingin tersesat, anda bisa mengandalkan aplikasi gps atau tinggal bertanya saja ke penduduk setempat yang akan dengan senang hati membantu anda. Bagi anda yang tidak mempunyai kendaraan pribadi, anda bisa memanfaatkan transportasi umum seperti becak, bus, ojek ataupun angkot dengan harga yang terjangkau.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Kampoeng Kidz

Jam buka dari Kampoeng Kidz adalah dari jam 07.00 sampai dengan jam 16.00 wib, selama hari kerja Senin-Jumat. Untuk menikmati semua fasilitas di sana, anda hanya perlu membayar sebesar Rp 150.000,- per orang.

Tips Berlibur ke Kampoeng Kidz

- Persiapkan kendaraan anda

- Pastikan kondisi anda prima

- Bawalah bekal uang yang cukup

- Jangan membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait