Kampoeng Air Katulampa, Sensasi Mini Adventure di Sudut Bogor
Bogor tidak hanya terkenal karena memiliki bendungan yang menjadi barometer banjir. Daerah ini memiliki salah satu kampung yang cukup menarik dan cocok untuk acara Outbound atau event keluarga.

Katulampa Bogor merupakan salah Desa Wisata atau orang sekitar lebih mengenalnya dengan lokasi pemancingan yang berada di Kota Hujan ini memiliki wahana serta taman bermain yang menarik, unik, murah dan meriah. Sebuah Kampung yang masih kental dengan suasana pedesaan yang dikelilingi oleh pesawahan, kebun baik kebun buah atau kebun sayur, dan dilengkapi dengan pemandangan danau-danau kecil menjadikan kampung ini pilihan wisata yang seru dan sangat menarik. Kampung ini merupakan lokasi untuk memancing namun tempat ini menyajikan suasana yang berbeda dari tempat-tempat memancing lainnya.

Bagi para pengunjung yang datang ke lokasi ini dan tidak membawa perlengkapan memancing sendiri, makan jangan khawatir karena di lokasi ini telah disediakan perlengkapan memancing, anda hanya tinggal meminjam alat pancing yang ada di lokasi ini. Di lokasi ini juga hasil pancingan anda  bisa langsung diproses untuk dijadikan santapan makan, ikan-ikan tersebut bisa anda bakar atau dijadikan santapan apapun sesuai selera anda. Para pengunjung dapat memancing ikan-ikan yang ada di lokasi ini diantaranya terdapat ikan Mas, Patin, Bawal, Lele, Gurame, Tawes, Nila, Grasskap. Selain itu pula terdapat berbagai ikan hias seperti ikan Koi, Arwana, ikan Mas warna-warni yang memiliki berat sekitar 3 kg atau lebih serta ikan Dewa.

Di Kampung Katumpa ini para pengunjung tidak hanya akan memancing ikan-ikan air tawar saja, namun para pengunjung dapat mencicipi berbagai wahana yang terdapat di lokasi ini seperti, outbond, arung jeram, camping ground, dan bahkan kampung ini juga telah menyediakan fasilitas penginapan bergaya rumah panggung ala pedesaan yang berada di atas kolam ikan. Lokasi wisata yang berada di lahan seluas 2 hektar ini memang cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga, selain itu di lokasi ini juga disediakan fasilitas wifi.


Terdapat cukup banyak wahana permainan yang disajikan dilokasi ini, mulai dari kincir angin, kuda tunggang, flying fock, serta goddy kart. Selain itu terdapat juga wahana permainan untuk anak-anak seperti kereta air, becak mini atau hanya ingin sekedar memberi makan ikan-ikan mujair atau ikan mas yang memiliki warna-warna yang indah.

Tidak hanya terdapat wahana permainan saja, bagi pengunjung yang suka berbelanja telah disediakan gerai-gerai khusus yang menjual tas dengan berbagai bentuk dan harga, gerai tersebut bernama gerai Tas Tajur. Ada juga gerai Serba Sepatu yang menjual berbagai jenis sepatu dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi para pengunjung yang tidak membawa perbekalan makan ataupun minum, jangan khawatir karena di Kampung ini juga terdapat berbagai jenis gerai makanan serta jajanan yang menawarkan menu-menu makanan yang menggugah selera, ada pula restoran yang menyediakan menu makanan Khas Sunda.

Sejarah Singkat Kampung Katulampa

Kampung Katulampa atau pemancingan Kampung Katulampa ini berawal dari keisengan dan kegemaran berternak ikan air tawar dari seseorang bernama H Djainuddin yang menjadi pemilik tempat wisata ini. Dahulu lokasi pemancingan ini bisa dibilang biasa-biasa saja dan sama seperti lokasi pemancingan lain pada umumnya. Namun, pria asli Bogor ini merasa perlu mengembangkan usaha bisnisnya ini. Maka dari itu Djainuddin mulai membuka fasilitas-fasilitas lain yang dapat menarik minat para pengunjung untuk mendatangi atau berkenjung ke lokasi ini. Berbagai fasilitas mulai diperkenalkan ke pengunjung seperti paint ball, arung jeram, rumah makan, minimarket, camping ground bahkan di lokasi ini juga tersedia penginapan.

Dengan adanya berbagai fasilitas yang disajikan dilokasi ini, kini Kampung Katulampa sudah menjadi terkenal dan menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berlibur bahkan tak jarang perusahaan mengadakan acara metting dengan para relasinya di lokasi ini.

Baca Juga : The Jungle Water Adventure, Wahana Permainan Air Populer di Bogor

Fasilitas Di Kampung Katulampa

Lokasi wisata ini menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti:

  • Saung
  • Rumah makan
  • Outbond
  • Arung jeram
  • Air soft gun
  • Camping ground
  • Toilet
  • Musholla
  • Tempat parkir mobil dan motor

Lokasi Kampung Katulampa

Lokasi Kampung Katulampa ini berada di Jl. Bendungan Katulampa, Katulampa, Bogor Timur, Jawa Barat.

Bagi pengunjung yang ingin mendatangi lokasi wisata menarik ini akan sangat mudah jika berada di tengah Kota Bogor. Kampung Katulampa ini bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika dilihat dari jarak tempuhnya, lokasi ini hanya berjarak sekitar 4,5 km dari pintu tol Bogor yang menjadikan kawasan ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu terbebas dari macet dan berada sejajar dengan pusat penjualan Tas Tajur (SKI). Lokasi ini juga kurang lebih berjarak sekitar 55 meter dari Bendungan Katulampa.


Harga Tiket

Harga tiket untuk permainan berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Sedangkan untuk harga ikan hasil pancingan akan berbeda=beda tergantung dari jenis ikan hasil pancingan. Bagi pengunjung yang ingin memasak atau makan di tempat (ikan hasil tangkapan digoreng atau dibakar) dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 15.000

Artikel Terkait