Jatim Park 1, Berwisata dengan Berbagai Wahana Menarik
Kota Batu merupakan obyek wisata utama bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Ada banyak obyek wisata di Batu yang menjadi objek idaman bagi para pengunjung, terutama wisata gunung. Untuk menunjang obyek wisata tersebut, Batu telah difasilitasi dengan hotel, penginapan, villa dan pondok lainnya, yang memiliki nuansa gunung. Selain itu,, kota Batu juga disebut "Kota Batu dengan Jutaan Keindahan". Salah satu obyek wisata yang wajib anda kunjungi adalah Jatim Park 1.

Berbicara mengenai wisata, siapa yang tidak suka berjalan-jalan keluar kota atau ke suatu obyek wisata menarik yang belum pernah anda kunjungi. Pasti semua orang rata-ata akan merasa excited dan senang untuk refreshing, melepaskan penat dan rasa stres yang melanda sehari-hari. Bagi anda yang berencana untuk berlibur dengan keluarga atau teman-teman anda, ada baiknya anda memilih tempat wisata dengan area luas yang mempunyai banyak wahana seru agar tidak hanya anak-anak saja yang bisa bersenang-senang, namun orang dewasa juga. Seperti jika anda mengunjungi kota Batu, rasanya tidak lengkap bila anda belum datang ke Jatim Park 1.

Jatim Park 1 adalah salah satu obyek wisata yang berlokasi di Jl. Kartika 2 Batu menawarkan wisata rekreasi hiburan baru untuk semua tingkatan. Ini dimulai dari anak-anak, remaja hingga sampai nenek dan kakek. Tentu saja objek wisata ini telah dijadikan kawasan wisata keluarga di Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi, tidak terlalu sulit, karena, objeknya hanya 2, 5 kilo meter dari kota Batu. Obyek wisata ini sekitar 22 hektare dengan ketinggian 850 meter ke permukaan laut, menyimpan aneka ragam ilmu, dan area rekreasi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk bersantai.

Jatim Park 1 mungkin telah mengatakan sebagai objek wisata yang berbeda di provinsi Jawa Timur, selain menawarkan tempat rekreasi dan pusat belajar, kita akan mendapatkan banyak pengetahuan baru. Taman Jatim memiliki setidaknya 36 jenis fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Sebelum menikmati semua fasilitas pendukung untuk area rekreasi, para pengunjung akan menemukan tampilan menarik dari 'Galeri Nusantara'. Kemudian melangkah ke 'Taman Sejarah', yang berisi candi miniatur di Jawa Timur seperti candi Sumberawan (Kabupaten Singosari-Malang), rumah adat Kiai Hasan Besari Ponorogo dan Patung Sumberawan.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah 'Agro Park' yang menyajikan hasil panen dan buah-buahan yang sehat, diorama hewan, yang terdiri dari hewan unik yang telah dilestarikan, mendukung permainan (boling, bolos, skuter disko), Ken Dedes dan makanan Ken Arok. pusat, dll.

Obyek wisata Jatim Park 1 sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Situs rekreasi di sini menawarkan tur yang tak terlupakan dan bisa dijadikan media pembelajaran alternatif untuk anak-anak anda. Dengan banyaknya wahana yang tersedia di tempat ini, dijamin anda dan keluarga anda akan betah untuk berlama-lama dan menikmati fasilitas permainan yang ada.

Fasilitas di Jatim Park 1

Dengan pengelolaan yang sangat baik, tentunya tempat ini telah tersedia berbagai macam fasilitas-fasilitas penunjang bagi para wisatawan yang datang kesana. Beberapa fasilitas tersebut adalah;

- Kamar mandi umum

Bagi anda yang butuh untuk menggunakan kamar kecil, di sini telah tersedia beberapa toilet umum yang disediakan untuk para pengunjung yang tersebar di beberapa area di tempat tersebut. Jadi anda tidak perlu lagi khawatir untuk mencari toilet umum.

- Food court

Di Jatim Park 1, anda bisa menemukan berbagai jenis makanan yang dijual di food courtnya, mulai dari snack untuk anak-anak hingga makanan yang berat bagi anda yang lapar setelah berjam-jam bermain di berbagai wahana yang ada di sana. Harga makanan dan minuman di sini juga relatif terjangkau.

- Toko souvenir

Sebelum kembali pulang, tidak ada salahnya anda membeli beberapa buah souvenir yang dijual di toko souvenir yang ada di Jatim Park 1 seperti kaos, topi atau gantungan kunci sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

- Mushola

Walaupun bersenang-senang tetap tidak boleh lupa untuk menunaikan ibadah sholat. Untungnya di tempat ini telah disediakan mushola agar anda bisa melakukan ibadah sholat.

- Tempat parkir

Tempat parkir di Jatim Park 1 ini juga termasuk luas, jadi jangan takut kehabisan lahan untuk memarkirkan kendaraan anda. Bahkan area parkirnya juga bisa untuk memuat beberapa bus pariwisata

- Gazebo

Apabila anda sudah puas atau sedang beristirahat sejenak sebelum melanjutkan petualangan anda di Jatim Park 1, anda bisa memanfaatkan gazebo-gazebo yang ada di sana untuk sekedar duduk-duduk atau juga bisa sembari menikmati bekal makanan yang anda bawa.

Hunting Foto di Jatim Park 1

Jika anda berkunjung ke Jatim Park 1, anda tidak perlu khawatir kehabisan spot-spot foto yang menarik karena di sana terdapat banyak area yang bisa anda manfaatkan untuk berfoto baik selfie ataupun foto dengan keluarga anda mulai dari agro park yang terdapat bunga-bunga dan tanaman indah. Lalu di wahana prehistorical scene di mana anda bisa memfoto beberapa display dari replika tulang-tulang dinosaurus dan lainnya. Di Jatim Park 1 juga ada beberapa spot yang memang dikhususkan untuk berfoto. Jadi jangan sampai lupa untuk membawa kamera anda jika sedang berkunjung kesana.

Baca juga : Kota Tua Kalianget, Wisata Sejarah yang Unik di Madura

Akses Jalan Menuju ke Jatim Park 1

Untuk menuju ke tempat wisata ini sebenarnya tidak susah. Apalagi tempatnya yang ada di tepi jalan, jadi mudah dilihat. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk sampai ke Jatim Park 1. Yaitu anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Malang, Anda hanya menempuh waktu 30 menit untuk sampai ke Kota Wisata Batu. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalur Karang Ploso atau melalui jalur Tlogomas. Akses menuju ke Jatim Park 1 memang sangat mudah, ada banyak kendaraan umum yang menuju ke sana.

Jika menggunakan kendaraan umum dari Stasiun Malang. Anda langsung naik angkot yang mempunyai kode ADL atau AL warna biru menuju ke stasiun terminal Landung Sari. Dari terminal Landung langsung menuju ke terminal Batu dengan menggunakan angkutan berkode BTL atau BL warna ungu. Setelah itu Anda bisa langsung turun di depan pintu gerbang Jatim Park 1 Malang. Tarif angkutannya sekitar 5 ribu rupiah.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Jatim Park 1

Jam buka dari Jatim Park 1 adalah dimulai dari jam 08.30 sampai dengan jam 16.30 sore wib. Untuk tiket masuknya sendiri, anda diawajibkan membayar sebesar 60.000 saat hari biasa dan 80.000 saat akhir pekan atau hari libur. Untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 85 cm tidak dikenakan biaya alias gratis.

Tips Berlibur ke Jatim Park 1

  • Siapkan stamina anda sebelum berlibur kesana
  • Ambilah map atau peta dari Jatim Park 1 agar anda lebih mudah untuk menemukan wahana yang anda ingin kunjungi
  • Awasi anak-anak anda dengan baik dikarenakan obyek wisata ini sangat luas

Artikel Terkait