235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi
Tempat wisata di Jambi yang tersebar di beberapa Kota seperti Kabupaten Kerinci,Kabupaten Merangin, dan Kota Jambi hampir semuanya sangat wajib untuk dikunjungi. Tidak hanya mengandalkan wisata alamnya saja, tetapi wisata sejarah seperti peradaban kuno dari abad ke 2 M juga sangat menarik untuk dilihat lebih dekat.

Provinsi Jambi merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki sejarah Kerajaan Kuno dari abad ke 3. Namun agak disayangkan seperti Kerajayan Koying yang berdiri sekitar abad 3 ini nyaris tanpa meninggalkan jejak. Selain memiliki sejarah kuno tentang berdirinya Kerajaan kuno, Provinsi Jambi sendiri juga menyimpan begitu banyak destinasi wisata yang bisa dibilang cukup wajib untuk dikunjungi. Ada begitu banyak tempat wisata di Jambi yang memang menjadi andalan dan mendatangkan begitu banyak wisatawan domestik maupun asing.

“Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” yang menjadi semboyan Provinsi Jambi ini memiliki 9 Kabupaten dan 2 Kota. Dan hampir semua Kabupaten dan Kota ini memiliki potensi wisata dengan keunggulannya masing-masing. Ada salah satu tempat wisata di Jambi yang cukup terkenal yakni Taman Nasional Bukit Dua Belas. Dimana di dalamnya terdapat suku anak dalam yang hingga kini masih hidup dengan cara yang sangat tradisional dan nyaris tanpa ada sentuhan modernisasi.


Dan berikut ini ada beberapa daftar tempat wisata di Jambi yang tersebar di berbagai wilayah yang ada di dalam wilayah Provinsi Jambi. Mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah dan budaya terangkum di setiap Kabupaten dan Kota di Jambi.

Tempat Wisata di Batanghari

Salah satu Kabupaten yang pertumbuhan penduduknya paling cepat ini berada di bagian timur Provinsi Jambi. Kabupaten Batanghari ini memiliki sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang 800 km menjadi salah satu tempat wisata di Jambi yang cukup terkenal dan juga menyedot wisatawan untuk melihatnya lebih dekat. Selai itu juga masih ada obyek wisata di Batanghari yang juga tidak kalah daya tariknya.

Benteng Tembesi

Tidak hanya sejarah Kerajaan saja yang ada di Jambi, tapi juga bangunan bersejarah yang konon katanya milik Jepang pada jaman dulu, yakni Benteng Tembesi yang ada di Kecamatan Muara Tembesi. Bangun yang sudah tidak ada atapnya ini seharusnya bisa menjadi cagar budaya yang dimiliki Kabupaten Batanghari. Tapi justru sebaliknya terlihat sangat tidak terawat, padahal bisa menjadi potensi tempat wisata di Jambi dan menambah PAD Kabupaten Batanghari.

Danau Biru

Seperti Kabupaten-Kabupaten lainnya yang ada di dalam Provinsi Jambi yang memiliki Danau Biru. Kabupaten Batanghari juga punya destinasi wisata Danau Biru yang ada di Dusun Kebun Baru, yang masuk di dalam wilayah Kecamatan Muara Tembesi. Awalnya danau buatan ini adalah galian tanah oleh masyarakat setempat yang digunakan untuk membuat batu bata. Dan yang cukup unik adalah, batu batanya warnanya tidak merah tapi berwarna putih. Hal ini dikarenakan kandungan kapur yang ada di tanah tersebut. Kini kubangan bekas galian tanah itu berubah menjadi Danau Biru yang menyedot para penggila piknik. Adanya Danau Biru di Kabupaten Batanghari menambahkan daftar tempat wisata di Jambi yang sangat tepat buat selfie.

Danau Embat

Bagi traveler yang memiliki hobi memancing, mungkin saja Danau Embat ini cukup pas buat kalian. Panorama pedesaan yang memiliki sejarah yang cukup panjang bisa memuaskan hasrat kalian berwisata sambil menyalurkan hobi memancing. Danau Embat yang berada di Desa Danau Embat ini menjadi tempat wisata di Jambi yang cukup sering dikunjungi para pemancing, karena memang ikannya banyak yang kelaperan yang siap menyantap umpan para pemancing.

Danau Letang Jaya

Destinasi wisata Danau Letang Jaya bisa dijadikan sebagai obyek wisata alterntif yang ada di Kabupaten Batanghari. Lokasinya yang mudah dijangku dan aksesnya cukup mudah di Perumnas Muara Berlian cukup ramai dikunjungi wisatawan. Mulai dari warga lokal hingga luar Kabupaten Batanghari ketika libur cukup sering mengunjungi tempat wisata di Jambi ini. Mungkin ke depannya butuh sedikit polesan maupun melengkapi fasilitas di danau akan semakin banyak menyedot wisatawan untuk datang.

Danau Pauh

Tempat wisata di Jambi ini sungguh mempesona, tidak hanya sekedar view air danau saja, tapi background Gunung Masurai semakin membuat Danau Pauh benar-benar istimewa. Udara sejuk akan terasa menyelimuti di danau dengan ketinggian 1200 mdpl ini. Apalagi ditemani kopi hangat yang ada di perkebunan masyarakat setempat, sungguh seperti surga kenimatannya. Pesona dari Danau Pauh yang berada di Desa Pulau Tengah ini masih sangat asri dan hampir belum tersentuh tangan-tangan jahil manusia.

Danau Ugo

Perjalanan yang cukup menyenangkan akan kamu rasakan ketika hendak mengunjungi Danau Ugo yang berada id Aur Gading, Kecamatan Batin XXIV. Mulai dari jembatan gantung yang sudah pasti selfieable dan juga hutan karet yang cukup lebat akan menghiasi perjalanan kamu. Sesampainya di Danau Ugo kamu akan merasakan keasrian dari Danau Ugo. Memang tempat wisata di Jambi ini belum terolah secara maksimal mulai dari insfrastruktur jalan maupun fasilitasnya. Tapi jika kamu ingin berwisata dan mencari ketenangan maka Danau Ugo lah yang tepat buat kamu yang ingin ketenangan. Kamu juga bisa memancing di Danau Ugo yang cukup banyak ikan yang kelaparan dan siap memakan umpan.

Goa Tengkorak

Mendengarkan namnaya saja sudah sangat mengerikan, tapi kenyataannya bukanlah seperti yang kita pikirkan. Goa Tengkorak ini tidak ada tengkorak manusia atau hewan di dalamnya, jadi hanya seperti goa pada umumnya. Bagi para traveler yang suka menyusuri goa mungkin bisa mencoba tempat wisata di Jambi yang satu ini. Lokasi Goa tidak begitu jauh dari wilayah Kecamatan Muara Tembesi, atau di Bukit Paku.

Gugus Candi

Candi yang terbuat dari batu bata yang berada di Desa Lubuk Ruso ini masih berdiri kokoh hingga saat ini. Dan Guguc Candi ini memang menjadi bukti bahwa di Jambi dahulunya memang menjadi memiliki sejarah Kerajaan yang cukup panjang. Mulai dari Kerajaan Melayu Kuno, Koying hingga Sriwijaya juga pernah mencetakkan jejaknya di Jambi. Gugus Candi ini menjadi tempat wisata di Jambi yang cukup menarik untuk dikunjungi, setidaknya bisa lebih mengetahui jejak Kerajaan-Kerajaan yang ada di Jambi.

Jembatan Aur Duri

Masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Jembatan Batanghari 1, selain memang berada di Jalan Batanghari tapi juga pertama kali dibangun di Kota Batanghari. Meskipun sekedar jembatan, tapi keitka senja mulai tiba atau malam hari Jembatan Aur Duri ini cukup eksotis, dan bisa kamu nikmati keindahannya dari pinggir Sungai Batanghari. Pantulan sinar dari air sungai memberikan nuansa malam yang cukup indah, khususnya bagi traveler yang suka fotografi.

Jembatan Aur Duri 2

Arsitekturalnya sedikit berbeda dengan Jembatan Batanghari 1, untuk Jembatan Batanghari 2 ini ada lengkungan ke atas tepat pada tengah jembatan. Jembatan yang hampir memiliki panjang 1,5 km ini menjadi jembatan kebanggaan warga Batanghari. Tidak sisi design jembatannya saja, tapi pesona sunset yang ada di Jembatan Batanghari 2 ini begitu indah. Banyak warga lokal atau luar daerah Batanghari yang mengunjungi tempat wisata di Jambi ini hanya sekedar untuk menikmati pemandangan indah sunset dibalik Jembatan AUR Duri 2.

Klenteng Leng Chung Ken

Klenteng ini tergolong masih baru dan juga baru diresmikan sekitar akhir tahun 2015. Tujuan awal sudah pasti sebagai rumah peribatan etnis Tionghoa,  tapi kini banyak wisatawan yang justru sangat kagum dengan arsitektur dari Klenteng Leng Chun Keng. Perpaduan warna bangunan seperti warna merah, kuning, dan abu begitu terlihat indah. makanya tak jarang banyak wisatawan yang selfie di depan Klenteng Leng Chun Keng. Lokasi tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Kelurahan Talangjauh dan di dalam wilayah Kecamatan Muara Bulian.

Rumah Adat Batanghari

Salah satu icon wisata yang dimiliki Batanghari adalah Rumah Adat Batanghari. Meskipun sudah dilakukan perbaikan di beberapa bagian rumah tapi arsitekturalnya masih tetep utuh. Hampir di setiap sisi Rumah Adat Batanghari ini memiliki ukiran yang cukup detail baik itu di ding kayu maupun si tiangnya. Rumah yang menjadi tempat musyawarah oleh pemuka adat di Batanghari ini telah menjadi tempat wisata di Jambi yang sangat menarik selain ikonik tapi juga instagramable banget bagi wisatawan dari luar Kabupaten Batanghari. Lokasi Rumah Adat Batanghari ini berada di wilayah Kecamatan Muara Bulian.

Seni dan Budaya Suku Anak Dalam

Para peneliti mengungkapkan bahwa Suku Anak Dalam ini sebagai Suku Melayu Tua atau Protom Melayu. Suku Anak Dalam ini memang tersebar mulai dari Batanghari, Merangin, Tebo, Sarolangun, Bungo. Dan mereka hidupnya berkelompok seperti yang ada di Bungku dan Desa Bukit Tembesu Sungai Ruan. Ketika kamu mengunjungi lokasi dimana Suka Anak Dalam ini tinggal kamu bisa melihat lebih dekat budaya dan adat isitiadat mereka kesehariannya. Dan yang pasti tempat tinggal mereka yang ada di hutan telah menjadi tempat wisata di Jambi yang cukup sering dikunjungi wisatawan maupun para peneliti.

Sungai Batanghari

Sungai yang memiliki banyak kisah terutama peradaban Kerajaan Melayu dan hingga kini masih menjadi primadona khususnya di Batanghari. Salah satunya adalah sebagai akses perekonomian dan juga sebagai sumber penghasilan masyarakat sungai yang menghasilkan ikan-ikan tawar. Selain itu sunga terpanjang di Sumatera ini juga bisa dijadikan destinasi wisata yang cukup menarik. Yang paling sederhana adalah cukup bersantai menikmati sunset di pinggiran sungai. Ada beberapa spot di tempat wisata di Jambi ini yang menampilkan view terindah dari Sungai Batanghari.

Taman Hutan Rakyat Senami

Ingin merasakan ketenangan dengan berselimut udara nan sejuk? Tahura Senami mungkin bisa menjadi destina yang tepat buat kamu. Tempat wisata di Jambi ini memang menawarkan ketenangan yang lepas dari kebisingan perkotaan. Kamu bisa melihat lebih dekat beragamnya flora yang ada di dalam Taman Hutan Rakyat Senami. Misanya seperti pohon yang usianya sudah ratusan tahun bisa menjadi spot selfie atau bahkan pre wedding.

Taman Hutan Sengkati

Hampir sama sebenarnya dengan Tahura Senami maupun Tahura Kota Muara Bulian. Di Taman Hutan Sengkati kamu bisa menikmati keindahan akan rimbunnya pepohanan yang menjulang tinggi ke angkasa. Udara sejuk nn bersih akan menyelimuti ketika kamu bersantai di dalam Taman Hutan Sengkati. Namun tempat wisata di Jambi ini membutuhkan sentuhan yang lebih dari pemerintah agar lebih menarik lagi dan semakin banyak wisatawan yang berkunjung di Taman Hutan Sengkati.

Taman Hutan Kota Muara Bulian

Beragam flora tersedia di Taman Hutan Kota Muara Bulian bahkan bisa dijadikan wisata studi untuk pengenalan berbagai macam flora. Tempat wisata di Jambi ini bisa menjadi destinasi wisata alternatif yang ingin menikmati keindahan dan keasrian hutan. Agak disayangkan hingga kini masih saja ada perambah hutan yang ada di wilayah Taman Hutan Kota Muara Bulian.  

Taman Rekreasi Rengas Condong

Salah satu tempat wisata di Jambi yang sangat cocok untuk liburan keluarga adalah Taman Rekreasi Rengas Condong yang ada di Kecamatan Muara Bulian. Suasana yang menyejukkan dengan pepohonan yang rindang dan juga kolam akan semakin membuat betah anak-anak yang bermain di area bermain. Seperti perosotan dan mainan lainnya untuk anak-anak juga tersedia di obyek wisata ini. Yang cukup unik adalah kamu juga bisa melihat lebih dekat Rumah Adat Batanghari yang juga berada di Taman Rekreasi Rengas Condong.

Tempat Wisata di Bungo

Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi ini berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat di bagian utara. Kabupaten yang memiliki maskot  Pelanduk Napu, yaitu sejenis hewan mamalia yang hampir mirip seperti kancil. Selain hewan ini memang dilindungi karena tingkat kepunahaannya semakin tinggi, juga sebagai identitas Kabupaten Bungo. Selain memiliki hewan yang cukup unik, Kabupaten Bungo juga memiliki destinasi wisata yang cukup menarik dan semakin menambah daftar tempat wisata di Jambi yang layak untuk dikunjungi. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata terkenal di Kabupaten Bungo.

Air Terjun Batu Kangkung

Pesona yang benar-benar memukai dihadirkan oleh Air Terjun Batu Kangkung, yang berada di Kecamatan Jujuhan, tepatnya Desa Batu Kangkung ini. Air terjunnya yang cukup tinggi dengan kolamnya yang lebar dengan hiasan tebing yang ditumbuhi pepohonan mengitari keseluruhan kolam. Kolam yang landai dengan air yang jernih semakin membuat wisatawan tidak tahan lagi untuk cepat-cepat nyebur. Untuk menuju tempat wisata di Jambi ini cukup mudah aksesnya, baik kendaraan roda empat pun juga bisa langsung masuk menuju lokasi Air Terjun Batu Kangkung.

Air Terjun Rantau Ikil

Ada keunikan tersendiri pada Air Terjun Rantau Ikil, yakni adanya semacam goa dibalik air terjunnya yang akhirnya menjadi daya pikat untuk menarik wisatawan untuk datang. Tah hanya itu saja, tapi kolam yang ada di bawah air terjun menjadi pusat para wisatawan bercengkerama. Untuk menuju tempat wisata di Jambi ini cukup menyenangkan, karena kamu melewati kebun sawit yang berjajar rapi. Tapi harus hati-hati karena jalannya masih tanah, ketika hujan cukup licin. Air Terjun Rantau Ikil ini berada di Desa Rantau Ikil, Kecamatan Jujuhan.

Air Terjun Goa

Bagi traveler yang suka trekking melewati sungai, hutan, dan lembah mungkin akan terpuaskan dengan mengunjungi Air Terjun Goa. Lokasi air terjun ini memang tergolong sangat jauh dari desa terdekat, yakni Desa Pemunyian yang masih di wilayah Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. Tapi pesona benar-benar menggetarkan jiwa. Tempat wisata di Jambi ini memiliki beberapa tingkatan air terjun dengan kolam di bawahnya yang di kelilingi pepohonan hijau nan lebat semakin membuat liburan kamu tak akan terlupakan.

Air Terjun Lutter

Nama dari air terjun ini sendiri diambil dari Lubuk Tanah Terban yang memang sebagai lokasi beradanya Air Terjun Lutter. Air terjun ini cukup unik karena berada di tengah bebatuan besar dan terjal meski tidak terlalu tinggi. Dan keitka kamu masuk tepat di bawah air terjun kamu akan berasa di tengah bebatuan besar. Meski air terjunnya tidak terlalu deras, tapi kolam di bawahnya cukup untuk melepaskan rasa lelah selama perjalanan dari desa terdekat.

Air Terjun Sungai Besar

Perjalanan yang cukup menyenangkan akan kamu rasakan ketika mengunjungi tempat wisata di Jambi ini, yakni Air Terjun Sungai Besar. Lokasinya yang cukup lumayan dari Desa Renah Sungai Besar membutuhkan setidaknya 30 menit jalan kaki melewati hutan dan juga lembah. Keasrian alam Desa Renah Sungai Besar ini memiliki keasrian alam yang mempesona yang sudah pasti selama perjalanan kamu tidak akan merasakan kelelahan. Air terjun yang cukup tinggi dan memiliki kolam yang cukup besar ini membuat para wisatawan semakin betah berlama-lama.

Air Terjun Sungai Pulau

Memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Bungo. Air Terjun Sungai Pulau tidak begitu terjal dan sedikit lebih landai. Dan yang membuat wisatawan senang berada di tempat wisata di Jambi ini adalah kolam dibawahnya yang begitu besar. dengan tingkat ke dalaman yang normal akan semakin memanjakan kamu dengan berendam maupun berenang. Kamu juga bisa menguji adrenalin dengan meloncat dari bebatuan yang ada di dekat air terjun. Suasana teduh, udara yang sejuk, panorama yang mempesona menjadi sajian utama Air Terjun Sungai Pulau.

Air Terjun Tegan Kiri

Tempat wisata di Jambi ini memang syarat akan mistisnya, seperti mitologi suara gadis menangis di dekat Air Terjun Tegan Kiri. Terlepas dari cerita misteri yang belum tentu benar itu, air terjun ini sungguh eksotis. Mulai dari ketinggian air terjun dan juga panorama hutan yang masih sangat asri semakin menghiasi Air Terjun Tegan Kiri. Asal mula ditemukannya air terjun ini adalah ketika Suku Anak Dalam menysuri hutan hingga akhirnya ketemu Air Terjun Tegan Kiri. Dan kini lokasi air terjun ini juga ditunggu oleh beberapa orang dari keturunan yang telah menemukan Air Tegan Kiri. Lokasi air terjun ini berada di Kecamatan Rantau Pandan, tepatnya di Dusun Rantau Pandan.

Air Terjun Telago Jando

Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan dan hampir setiap tingkatannya memiliki kolam yang bisa buat berendam. Lokasi Air Terjun Telago Jando ini berada di tengah hutan adat, jadi suasana yang sejuk serta sangat hijau terpapar di lokasi wisata Air Terjun Telago Jando. Tempat wisata di Jambi ini memang mengharuskan pengunjung untuk berjalan kaki menyusuri hutan dan juga sungai. Tapi itu akan menjadi pengalaman wisata yang cukup menarik. Air Terjun Telago Jando ini berada di dalam wilayah Kecamatan Batin II Ulu, tepatnya di Kampung Sungai Letung.

Danau Biru

Terbentuk Danau Biru atau biasa disebut dengan Kolam Biru ini adalah bekas aktifitas penambangan yang akhirnya meninggalkan kubangan. Meskipun penambangan pada dasarnya berdampak pada kerusakan alam, tapi Danau Biru ini justru menjadi tempat wisata di Jambi yang sangat selfieable. Lokasi Danau Biru hanya kisaran 40 km dari pusat Kota Muaro Bungo. Dan yang cukup menarik adalah letaknya berada di atas perbukitan.

Jembatan Menanti

Jembatan yang juga dijuluki sebagai Jembatan Cinta ini memang memberikan kesan romantis. Apalagi ketika kamu datang bersama kekasih tercinta, sudah pasti suasana yang hangat akan kamu rasakan. Jembatan yang melintasi Sungai Batang Tebo kini semakin ramai dikunjungi terutama warga lokal yang ingin menghabiskan waktu untuk bersantai di pinggiran sungai sembari menikmati aliran sungai yang tenang. Lokasi tempat wisata di Jambi ini, tepatnya berada di Kecamatan Bathin II Babeko, Desa Sungai Batang Tebo.

Lubuk Beringin

Ingin mandi di air yang jernih dikelilingin panorama alam yang indah? Maka Lubuk Beringin lah tempat yang sangat tepat untuk memuaskan hasratmu menikmati panorama alam yang mempesona. Lokasinya yang berada di Desa Lubuk Beringin, Kecamatan Bathin III Ulu juga menawarkan keindahan desa serta keasrian hutannya. Kamu bisa menyusuri sungai hingga ke tengah hutan, dan yang pasti pemandangan luar biasa akan bisa kamu nikmati di sana. Kamu juga bisa melakukan aktifitas seperti menyusuri sungai menggunakan rakit atau perahu karet, dan tetap aman karena aliran sungainya tidak begitu deras. Lubuk Beringin ini akan menjadi tempat wisata di Jambi yang akan lebih ramai lagi dikunjungi wisatawan karena beberapa fasilitas seperti homestay akan segera di bangun di sana.

Masjid Al-Falah

Arsitektural Masjid Al Falah ini ada sedikit sentuhan berbau Jawa, karena pada awal peletakan batu pertama oleh Rio Rio Agung Niat Tuanku Kitab pada tahun 1812 atas perintah Pangeran Anom. Awalnya hanyalah Surau Al-Falah yang mayoritas dair bahan kayu dan atapnya dari rumbia, dan akhirnya berganti nama menjadi Masjid Al-Falah pada tahun 1827 dan berdinding tembok. Dari sisi interiornya pun juga sangat istemewa, dan tak heran jika masjid ini sekarang menjadi tempat wisata di Jambi, khususnya wisata religi bagi umat Islam. Dan berbagai kegiatan keagamaan juga sering diadakan di masjid yang berlokasi di Kecamatan Tanah Sepenggal, tepatnya di Dusun Empelu.

Semagi Waterpak

Salah satu destinasi wisata keluarga yang menjadi kebanggaan Kabupaten Bungo adalah Semagi Waterpark. Berbagai wahana air tersedia di dalamnya, mulai dari perosotan, seluncur, kolan anak-anak, dan juga kolam dewasa. Bahkan juga ada wahana darat seperti flying fox yang siap menantang wisatawan yang datang. Tempat wisata di Jambi ini, tepatnya berada di Kecamatan Rimbo Tengah, Sungai Mengkuang. Yang cukup menarik adalah para wisatawan yang datang juga banyak dari luar daerah Bungo.

Sungai Telang

Tidak hanya sekedar sungai pada umumnya, tapi Sungai Telang ini sangat eksotis. Bebatuan besar yang tertata alami memberikan efek yang sangat eksotis yang tidak hanya di pinggir sungai tapi juga di tengah sungai. Ada beberapa bagian sungai tercipta lah seperti air terjun kecil yang airnya cukup deras mengalir. Cukup banyak wisatawan yang berkunjungi ke tempat wistaa di Jambi ini hanya ingin menikmati keindahan dari Sungai Telang yang berpadu dengan hijaunya pepohonan. Lokasi Wisata Sungai Telang ini berada di Dusun Sungai Telang, Kecamatan Bathing III Ulu.

Taman Hijau Bungo

Kota Muaro Bungo memang cukup menarik untuk dikunjungi, apalagi dengan adanya ruang terbuka hijau seperti tempat wisata Taman Hijau Bungo ini. Setidaknya adanya taman ini bisa menjadi tempat bersantai warga baik dikala siang hari maupun ketika sore hari. Banyaknya pepohonan yang sangat rindang dana ditopang dengan arsitektur taman yang bagus membuat Taman Hijau Bungo ini menjadi tempat wisata di Jambi, tepatnya di Kota Muaro Bungo yang layak dikunjungi.

Taman Kota Bungo

Dari sisi arsitekturalnya taman yang berada di tengah Kota Muaro Bungo ini begitu cantik. Pepohonan juga berjajar rapi dan juga penataan tanaman-tanaman kecil begitu cantik. Dan yang paling menarik yang ada di dalam Taman Kota Bungo ini adalah adanya semacam tugu bunga Reaflesia yang menjadi ikon Kota Muara Bungo. Adanya taman di tengah kota ini menjadi semacam ruang terbuka hijau dan bisa digunakan sebagai tempat wisata di Jambi, khususnya bagi masyarakat Kota Muaro Bungo.

Taman Pusparagam

Lokasinya yang berada di pusat Kota Muaro Bungo ini menjadi tempat berkumpulnya para warga Bungo. Suasanya yang nyaman, banyaknya pepopohonan dan juga tersedianya seperti jogging track membuat para pengunjung leluasa melakukan berbagai aktifitas di dalam Taman Pusparagam. Jika dilihat dari arsitektu tempat wisata di Jambi ini memang cukup keren dan setidaknya bisa membuat siapapun nyaman berada di Taman Pusparagam.

Taman Ria Semagi

Berbeda dari taman-taman lainnya yang pernah kamu temui. Taman Ria Semagi ini menyajikan eksotisme panoram sungai yang sangat unik. Banyaknya bebatuan yang ada di tengah sungai dengan atap pepohonan yang rindang akan membuat siapapun yang datang semakin tidak tahan ingin cepat-cepat nyebur. Taman Ria Semagi yang juga biasa disebut Dam Semagi airnya memang dimanfaatkan oleh desa sekitar buat air minum dan juga mck. Tapi jangan khawatir kebersihan dan keasrian dari Taman Ria Semagi benar-benar masih sangat terjaga. Yang paling menarik ketika kamu berada di tempat wisata di Jambi ini kamu bisa menyusuri sungai hingga lebih dalam ke perbukitan. Lokasi wisata Taman Ria Semagi ini berada di wilayah Kecamatan Rantau Pandan, tepatnya di Desa Rantau Pandan.

Tempat Wisata di Kerinci

Siapa orang yang tidak mengenal Kabupaten Kerinci? Setidaknya pernah mendengar Gunung Kerinci yang menjadi Gunung tertinggi yang ada di Sumatera dan menjadi ikon dari Provinsi Jambi. Dan yang paling mengesankan dari Kabupaten Kerinci adalah sudah memiliki peradaban sejak abad 2 Masehi. Dan menurut para peneliti Negeri Koying itu berdiri di dataran tinggi Kerinci. Begitu juga menurut catatan China yang menggambarkan sebuah negeri yang berada di dataran tinggi yang dekat dengan Gnung berapi. Keistimewaan lainnya selain memiliki peradaban kuno, Kabupaten Kerinci juga menambahkan tempat wisata di Jambi semakin beragam. Dan berikut ini daftar tempat wisata di Kerinci yang sangat wajib untuk kamu kunjungi.

Aroma Pecco

Konon katanya obyek wisata Aroma Pecco ini dulunya dibangun Belanda dengan adanya kolam yang ada di tengah-tengah perkebunan teh. Fungsinya adalah untuk mengairi perkebenun teh agar proses pengairannya lebih efektif. Tapi kini telah menjelma menjadi tempat wisata di Jambi yang menawarkan pesona keindahan alam yang menyejukkan. Kamu bisa berkeliling kolam menikmati udara sejuk dan juga melihat hijaunya perkebunan teh dan juga pepohonan yang menjorok ke kolam. Lokasi Aroma Pecco ini berada di Desa Bento dan berada di dalam wilayah Kecamatan Kayu Aro.

Air Panas Semurup

Adanya Air Panas Semurup ini seakan menjadi destinasi wisata yang cukup menghangat ketika udara sekitar cukup dingin karena di bawah kaki Gunung Kerinci dengan ketinggian sekitar 800 mdpl. Tapi untuk titik sumber Air Panas Semurup ini saat ini tidak boleh dimasuki karena memang tingkat suhunya yang mencapai 800 hingga 100 derajat celcius cukup berbahaya. Tapi tidak perlu khawatir wisatawan tidak bisa berendam di air hangat. Ada di lokasi yang berbeda jika kamu ingin menghangatkan badan atau sebagai obat kulit atau pegal-pegal. Di tempat wisata di Jambi ini telah disedikan kolam yang memang khusus untuk berendam dan juga beberapa bilik untuk mandi air hangat. Lokasi Air Panas Semurup ini berada di Kecamatan Air Hangat Timur, tepatnya di Desa Air Panas Baru.

Air Terjun Arai Indah

Karakter dari Air Terjun Arai Indah ini sangat lebar seakan-akan airnya yang jatuh ke bawah itu menyebar jadi membuatnya semakin terlihat lebih lebar. Dengan ketinggian 20 meter dan tebingnya yang dipenuhi tanaman nan hijau semakin terlihat kesempurnaan Air Terjun Arai Indah. Tempat wisata di Jambi ini tergolong masih baru dan begitu belum banyak wisatawan yang datang. Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu harus berjalan kaki setidaknya 1 jam perjalanan. Dengan melewati hutan yang masih sangat asri dan juga sungai-sungai kecil akan menjadi sajian istimewa selama perjalanan. Lokasi Air Terjun Arai Indah ini berada di wilayah Kecamatan Siulak Mukai dan tepatnya berada di Desa Mukai Pintu.

Air Terjun Lembah Mengurai

Perjalanan yang sangat menyenangkan akan kamu rasakan ketika mengunjungi Air Terjun Lembah Mengurai. Udara yang sejuk, pepohonan yang rindang akan selalu menemani perjalanan kamu menuju tempat wisata di Jambi yang eksotis ini. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 25 meter ini juga memiliki beberapa tingkatan air terjun lagi di bawahnya. Inilah yang membuat wisatawan akan semakin betah berada di lokasi Air Terjun Lembah Mengurai. Airnya yang jernih, kolamnya yang tidak terlalu dalam serasa mengundang banyak wisatawan untuk merasakan kesegaran dan kejernihan airnya. Lokasi wisata Air Terjun Lembah Mengurai ini berada di Desa Koto Lebuh yang masih masuk di wilayaha Kecamatan Siulak, Kerinci.

Air Terjun Pancuran Gading

Tingginya air terjun ini hampir sama dengan Air Terjun Pancuran Rayo dan menjadi salah satu air terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Kerinci. Untuk mengunjungi Air Terjun Pancuran Gading ini dibutuhkan stamina yang prima dan juga memiliki jiwa petualang. Karena untuk mengunjungi air terjun ini tergolong sangat susah. Mulai dari lebatnya hutan belantara dan juga susahnya medan seperti melewati sungai dan tak jarang traveler harus sedikit mendaki. Dan bisa dibilang tempat wisata di Jambi ini sangat jarang yang mengunjunginyakarena susahnya medan dan lamanya perjalanan yang memakan waktu sekitar 3 jam. Tebing batu yang menjulang tinggi dan lebatnya pepohonan nan hijau, dan juga kolam yang penuh air menjadi sasjian utama di air terjun ini. Lokasi Air Terjun Pancuran Gading ini berada di Desa Pulau Tengah, yang masih berada di Kecamatan Keliling Danau.

Air Terjun Pancuran Rayo

Inilah air terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Kerinci, dnegan ketinggian sekitar 70 meter. Untuk menuju lokasi wisata Air Terjun Pancuran Rayo memang tidak mudah dan membutuhkan waktu setidaknya 2 jam perjalanan dari desa Pulau Tengah dengan jalan kaki. Tapi masih alaminya hutan dan juga sungai yang kamu lewati tidak akan membuat kamu bosan berjalan kaki dan bahkan tidak akan terasa lelahnya. Apalagi jika sudah sampai di Air Terjun Pancuran Rayo, kolam di bawahnya siap menghilangkan rasa lelahmu selama berjalan kaki. Meskipun lokasinya berada di tengah hutan tetap saja banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Jambi, yang masih berada di wilayah Kecamatan Keliling Rayo.

Air Terjun Pauh Gaung

Air terjunnya memang tidak begitu tinggi, tapi eksotismenya sangat begitu jelas terlihat. Perpaduan antara bebatuan di bawah pepohonan nan hijau menjadikan Air Terjun Pauh Gaung sangat layak untuk dikunjungi. Didukung dengan adanya kolam yang sangat lebar yang dihiasi bebatuan semakin membuat air di dalamnya terlihat begitu jernih. Dan tak jarang wisatawan yang datang sudah pasti pengin cepat-cepat nyebur. Lokasi tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Desa Bedeng V, dan masih di wilayah Kecamatan Batang Merangin.

Air Terjun Pauh Sago

Lokasinya yang cukup mudah dijangkau dan juga tidak begitu jauh dari desa terdekatnya, menjadikan Air Terjun Pauh Sago ini cukup sering dikunjungi wisatawan. Letak tempat wisata di Jambi ini berada di Desa Batang Merangin yang juga masih di wilayah Kecamatan Batang Merangin. Meski air terjunnya memiliki ketinggian yang sedang tetapi debit airnya cukup besar. Dan inilah yang membuat kolam yang berada di bawah air terjun selalu terisi yang siap memanjakan kamu, mulai dari berenang atau hanya sekedar berendam. Keasrian alamnya pun juga masih sangat terjaga, hijaunya pepohonan yang rindang yang ada di pinggir air terjun semakin terasa menyejukkan.

Air Terjun Pendung

Untuk menuju ke tempat wisata di Jambi ini kamu harus melakukan perjalanan melewati hutan dan juga setidaknya selama 1 jam. Tapi kamu tidak akan merasakan lelah meski tergolong cukup jauh, karena udara sejuk dan juga panorama hutan yang masih sangat asri menjadi pengobat rasa lelah di perjalanan. Apalagi sesampainya di Air Terjun Pendung, seakan semua lelah kamu benar-benar hilang. Air terjun ini seperti diapit dengan bebatuan besar di sisi kanan kirinya. Meski tidak begitu deras, tapi cukup untuk memenuhi kolam di bawahnya yang bisa buat berendam merasakan kesegaran air nan jernih di Air Terjun Pendung. Lokasinya berada di Desa Pendung yang masih masuk di wilayah Kecamatan Air Hangat.

Air terjun Renah Pemetik

Destinasi wisata di Kabupaten Kerinci ini memiliki ketinggi air terjun yang hampir sama dengan Air Terjun Telun Berasap. Dan juga debit airnya terjunnya juga sangat besar yang membuat sekitaran kolam dibawah terlihat berembun. Lokasinya yang berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini menambah beragamnya obyek wisata di Kabupaten Kerinci dan juga menambahkan daftar tempat wisata di Jambi yang layak untuk dikunjungi. Untuk menuju Air Terjun Renah Pemetik ini kamu juga harus sedikit berpetualang dengan melewati hutan dan juga sungai bahkan tidak jarang juga kamu harus mendaki. Dindin-dinding tebing di sekeliling air terjun semuanya dipenuhi tumbuhan nan hijau semakin terlihat keasrian air terjun ini yang membuat siapapun semakin betah berada di sekitarnya.

Air Terjun Seluang Bersisik Emas

Rasa takjub bakal tidak henti-hentinya diekspresikan siapaun yang mendatangi Air Terjun Seluang Bersisik Emas ini. Tempat wisata di Jambi ini nyaris tidak tersentuh tangan manusia, sangat terlihat medannya cukup susah untuk menuruni di bawah air terjunnya. Hampir pepohonan nan hijau tumbuh lebat di sekitar Air Terjun Seluang Bersisik Emas. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menuju air terjun ini, dan lebih baiknya menggunakan pemandu warga Desa Lempur agar tidak salah arah. Di lokasi air terjun ini kamu juga bisa melihat lebih dekat seperti apa bentuk tanaman atau pohon kayu manis yang tumbuh secara liar di kawasan Air Terjun Seluang Bersisik Emas. Keberadaan destinasi yang membutuhkan petualangan ini berada di Kecamatan Gunung Raya, tepatnya di Desa Lempur.

Air Terjun Sungai Medang

Untuk menuju lokasi Air Terjun Sungai Medang tidak begitu jauh hanya membutuhkan beberapa menit saja dari desa terdekat, yakni Desa Sungai Medang. Perjalanan kamu akan mengasyikkan karena kamu juga melewati sungai-sungai kecil dengan airnya yang sangat jernih dan berpadu dengan hijaunya pepohonan mengiringi setiap langkahmu. Yang lebih unik lagi Air Terjun Sungai Medang ini memiliki beberpa tingkatan air terjun yang lebih dari 10 tingkatan. Hanya saja kamu harus sedikit mendaki medan yang cukup libin untuk mencapai tingkatan yang tertinggi. Tempata wisata di Jambi ini memang difavoritkan para traveler yang suka dengan petualangan menelusuri sungai dan juga pendakian. Air Terjun Sungai Medang ini berada di Desa Sungai Medang, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Air Hangat Timur.

Air Terjun Talang Kemulun

Siapapun pengunjung yang datang ke Air Terjun Talang Kemulun pasti akan takjub dengan keindahan yang dihadirkan salah satu air terjun terindah yang ada di Provinsi Jambi ini. Berbeda dengan air terjun yang biasanya pernah kamu temui. Air terjun yang cukup banyak ditumbuhi dedaunan ini terlihat tidak beraturan tapi disitulah eksotisme, seakan nilai dari keindahannya tertata secara alami. Lokasinya yang berada di dalam Taman Nasional Hutan Lindung Kerinci Seblat semakin menambah daya tariknya. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Jambi ini. Jika kamu dari Kabupaten Kerinci memang cukup jauh sekitar 8 jam perjalanan menuju Kecamatan Danau Kerinci, tepatnya di Desa Talang Kemulun.

Air Terjun Telun Berasap

Meskipun tidak setinggi Air Terjun Pancuran Rayo tapi memiliki keistimewaan tersendiri. Beberapa keunikannya adalah dibalik derasnya air terjun terdapat goa yang tersembunyi, dan keunikan lainnya adalah derasnya air yang turun ke bawah. Untuk menuju titik bawah air terjun cenderung mudah karena jalan setapak sudah dibangun dan tertata. Jadi sangat memungkinkan kamu lebih dekat dan bersentuhan dengan air jernihnya. Lokasi Air Terjun Telun Berasap ini berada di Kecamatan Kayu Aro, tepatnya di Desa Telun Berasap.

Bukit Kayangan

Negeri di atas awan, mungkin sangat tepat kata-kata itu disandangan obyek wisata Bukit Kayangan. Dan memang begitulah kata-kata yang sering diucapkan wisatawan ketika berkunjung di Bukit Kayangan. Kamu bisa menikmati view yang sangat berbeda, kamu bisa melihat keelokan Bukit Barisan, Gunung kerinci, Danau Kerinci, dan juga asrinya alam pedesaan di bawahnya. Tak heran jika tempat wisata di Jambi ini menjadi favorit wisatawan untuk menikmati udara sejuk yang bebas dari polusi, dan juga menikmati sunrise maupun sunset. Tempat wisata Bukit Kayangan ini berada di Kecamatan Sungai Penuh, tepatnya di Desa Sungai Jernih.

Bukit Tebing

Inilah destinasi favorit yang lagi rame di instagram, dan memang tempat wisata di Jambi ini benar-benar instagramable banget. Selain menjadi favorit para anak muda, tempat wisata Bukit Tebing ini memang memiliki view yang sangat cantik, dan tak lain adalah panorama Danau Kerinci. Apalagi ketika hari mulai senja, sangat terlihat eksotismenya Danau Kerinci. Berbagai fasilitas juga tersedia di Bukit Tebing, mulai dari cafeteria dan juga beberapa homestay. Lokasi wisata Bukit Tebing ini teptnya berada di Kecamatan Keliling Danau, dan di Desa Tanjung Batu.

Bukit Tengah

Pemandangan yang sedikit berbeda ketika berada di dataran tinggi. Salah satu yang sangat berbeda adalah adanya perkantoran yang ada di tanah perbukitan, yakni Kantor Bupati, DPRD, dan beberapa kantor pemerintahan lainnya. Meskipun pembangunan pusat pemerintahan ini disesalkan banyak pihak karena terlalu dekat dengan Gunung Kerinci yanag rawan akan aktifitas gunung berapi tersebut. Lepas dair kontroversi tersebut, panorama akan Gunung Kerinci menjadi begitu sempurna ketika kamu nikmatai di Bukit Tengah ini. Layout arsitekturalnya sangat keren apalgi ada Taman Bunga menjadi terlihat lebih berwarna. Tempat wisata di Jambi yang tergolong baru di Kabupaten Kerinci ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Kerinci.

Danau Belibis

Ketika kamu mendaki Gunung Kerinci kamu bisa melihat Danau Belibi yang terlihat hanya seperti kubangan air. Dan hampir di sekelilingnya tertutup dengan lebatnya pepohonan yang berada di lereng Gunung Kerinci. Danau Belibis ini berada di ketinggian 1000 mdpl jadi udara yang sejuk nan bersih akan menyelimuti setiap ruang yang ada di Danau Belibis. Tak jarang juga wisatawan yang mengunjungi tempt wisata di Jambi ini mendirikan tenda setidaknya semalam sembari menikmati keindahan Danau Belibis. Dan kamu juga bisa mengelilingi dana menggunakan rakit yang tersedia di Danau Belibis. Atau bagi yang suka hobi memancing juga bisa mencobba memancing ke tengah danau menggunakan rakit.

Danau Duo

Salah satu yang yang cukup keren yang ada di Kabupaten Kerinci adalah Danau Duo. Dinamakan Danau Duo karena ketika musim kemarau, tanjung yang berada di tengah danau itu semakin terlihat dan seakan-akan membelah danau menjadi dua bagian. Danau yang berada di bawah kaki Gunung Batuah ini memang menjadi tempat wisata di Jambi yang cukup favorit. Panorama gunung serta pepohonan nan hijau tersaji di Danau Duo. Belum lagi tanjung yang di tengah danau bisa menjadi spot terbaik untuk camping atau bahkan memancing. Lokasi Danau Duo ini berada di Kecamatan Gunung Raya.

Danau Gunung Tujuh

Pesonanya sungguh sangat sempurna ketika kamu berada di Danau Gunung Tujuh. Panorama 7 gunung, seperti Gunung Gunung Tujuh, Gunung Madura Besi, Gunung Jar Panggang, Gunung Lumut, Gunung Hulu Tebo, Gunung Selasih, Gunung Hulu Sangir yang mengitari Danau Gunung Tujuh terlihat begitu eksotis. Danau yang memiliki ketinggian 1.950 mdpl termasuk danau tertinggi se Asia Tenggara ini juga memiliki keunikan lai. Yakni memiliki pasir seperti layaknya pasir pantai yang berada di salah satu sisi danau. Dan biasanya banyak sekali wisatawan yang nge-camp di areal sisi danau yang ada pasirnya. Kamu juga bisa menikmati tempat wisata di Jambi ini dengan menyewa perahu di pinggir danau miliki warga setempat. Danau Gunung Tujuh ini berada di wilayah Kecamatan Kayu Aro, tepatnya di Desa Pelompek.

Danau Kaco

Ada cerita rakyat yang melatarbelakangi Danau Kaco atau dalam bahasia Indonesia berarti Danau Kaca, karena airnya yang sebening kaca dan berwarna kebiruan. Konon katanya ada seorang Raja Gagak yang memiliki putri cantik dan banyak pemuda yang ingin meminangnya. Dan akhirnya mereka menitipkan berlian pada Raja Gagak. Karena keserakahannya Raja Gagak menodai putrinya sendiri, dan akhirnya putrinya sendiri dibenamkan ke danau beserta berlian pemberian para pemuda yang ingin meminangnya tersebut. Terlepas dari cerita rakyat tersebut, tempat wisata di Jambi ini memang sangat eksotis. Meskipun tidak besar yang hanya sekitar 30 x 30 meteran dengan pepohonan yang rindang mengelilingi menjadi semakin memikat para wisatawan untuk datang. Lokasinya berada di Kecamatan Gunung Raya, tepatnya di Desat Lempur dan di dalam Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Danau Kerinci

Letak Danau Kerinci ini berada di kaki Gunung Raja, yang sebenarnya merupakan lembah dari Gunung Kerinci dan juga penurunan pegunungan Bukit Barisan ribuan tahun yang lalu. Danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danu Toba ini menyimpan begitu banyak pesona kecantikannya. Dengan luasnya 4.300 hektarmenjadi tempat warga lokal dalam mengais rejeki dari perikanan. Selain itu juga mejadi tempat wisata di Jambi yang cukup menyedot banyak wisatawan untuk datang. Tidak hanya wisatawan lokal saja tapi juga wisatawan asing banyak berdatangan karena kemegahan Danau Kerinci. Lokasi Danau Kerinci ini berada di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Keliling Danau dan Kecamatan Gunung Raya.

Danau Lingkat

Meski lebih kecil jika dibandingkan dua danau yang ada di Kabupaten Kerinci, Danau Kerinci dan Danau Gunung Tujuh. Tapi Danau Lingkat yang memiliki air yang warnanya kehijauan tetap mengundang takjub wisatawna yang datang. Dikelilingi perbukitan nan hijau semakin menambah pesona alam asrinya terlihat begitu menyejukkan. Tempat wisata di Jambi yang tepatnya masuk di wilayah Kecamatan Gunung Raya, Desa lempur Hilir ini menawarkan aura ketenangan ketika kamu berada di pinggir danau. Selain itu wisatawan juga bisa menghibur diri dengan memancing atau mengitari danau.

Danau Nyalo

Letknya tidak begitu jauh dengan Danau Duo yang sama-sama berada di kaki Gunung Batuah. Meskipun lebih kecil dari danau-danau ainnya yang ada di Kabupaten Kerinci, bukan berarti tidak memiliki pesona yang istimewa. Justru Danau Nyalo salah satu tempat wisata di Jambiyang memiliki keunikan lain, yakni airnya yang berwarna merah kecoklatan jika dilihat dari dekat. Oleh karena itu warga setempat menamainya Danau Nyalo karena seperti nyala api. Kamu juga bisa mengitari danau sembari memancing dan juga menikmati panorama Danau Nyalo. Lokasi Danau Nyalo ini berada di Desa Lempur Mudik, Kecamatan Gunung Raya.

Goa Kasah

Hampir sama seperti beberapa goa yang ada di Kabupaten Merangin, yang memang memiliki nilai sejarah sebagai tempat tinggal manusa pra sejarah. Goa Kasah ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 1.400 mdpl dan sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan dari desa terdekat atau dari obyek wisata Rawa Bento. Mulut Goa Kasah ini cukup sempit dan kamu harus ekstra hati-hati ketika memasuki goa karena memang harus merangkak. Tapi setelah sampai di ruangan dalam goa kamu akan disuguhi ukiran peninggalan manusia pra sejarah yang mengisyaratkan nilai-nilai ketika itu. Tempat wisata di Jambi yang cukup menarik untuk dikunjungi ini berada di Kecamatan Kayu Aro, tepatnya di Desa Sungai Sampun.

Gunung Kerinci

Selain menjadi Gunung Tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci juga menjadi Gunung Berapi di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Gunung yang masih aktif ini memang banyak mengundang para pecinta alam dan juga para pendaki. Dan tak lain adalah ingin menyuguhkan pesona alam dari puncak ketinggian Gunung Kerinci. Tmisalnya seperti menikmati sunrise atau perbukitan nan hijau di bawahnya dan juga Danau Kerinci. Tapi sebelum kamu melakukan pendakian kamu harus ekstra fit dan juga membawa perbekalan yang cukup, karena udara yang sangat dingin serasa menusuk ke tulang.

Gunung Kunyit

Memang masih kalah tenar dengan Gunung Kerinci, tapi pesona keindahannya tetap saja bisa menggetarkan jiwa wisatawan, karena saking indahnya. Salah satu keindahan yang dimiliki oleh Gunung Kunyit adalah adanya Taman Bidadari yang ditumbuhi berbagai macam flora di dalamnya. Dan selain itu yang sangat menatang para pendaki adalah hutan yang ada di Gunung Kunyit ini sebagai rumah Harimau Sumatera. Jadi memang harus ekstra waspada jika ingin mendakai Gununung Kunyit. Memang belum banyak para wisatawan yang mdaki Gunung Kunyit, mungkin salah satunya karena ada pengaruh mistis yang dipercaya masyarakat setempat. Gunung Kunyit yang berada di Desa Talang Kemuning ini menambahkan daftar tempat wisata di Jambi yang wajib untuk dikunjungi.

Hutan Adat Lempur

Konservasi hutan ini dikelola oleh Masyarakat Adat Desa Lempur, jadi memang hutannya benar-benar terjaga keasriannya dan nyaris tidak ada yang namanya pembalakan liar. Ketika kamu mengunjungi Hutan Adat Lempur kamu juga bisa melihat lebih dekat aktifitas warga Desa Lempur dengan berbagai adat istiadatnya. Selain itu di tengah Hutan Adat Lempur ini juga ada destinasi wisata yang cukup menarik, yakni Danau Lingkat yang warna airnya berpadu dengan warna hijau pepohonan. Dan juga tidak kalah menarik yakni Danau Kaco yang membuat mata kita berubah menjadi kebiruan karena airnya yang berwana biru. Tempat wisata di Jambi ini berada di Kecamatan Gunung Raya, Desa Lempur.

Hutan Adat Temedak

Satu lagi hutna adat yang dimiliki Kabupaten Kerinci, yakni Hutan Adat Temedak yang berada di Kecamatan Keliling Danau, Desa Keluru. Sudah lebih dari 60 tahun Hutan Adat Temedak ini ditetapkan oleh pemangku adat setempat. Dan setiap warganya dilarang keras untuk mengambil kayu dari hutan untuk komersil. Kayu dalam hutan hanya boleh digunakan seperti untuk pembangun jembatan atau membangun bangunan yang sifatnya untuk kepentingan desa. Jika kamu lebih suka berpetualang maka kamu akan menikmati keindahan di dalam Hutan Adat Temedak, tapi tetap diharuskan memakai pemandu dari desa setempat.

Hutan Pinus Sanggaran Agung

Tidak hanya Kota Bandung atau Jogja yang memiliki Hutan Pinus Mangunan, tapi Kabupaten Kerinci juga punya destinasi wisata hutan pinus. Inilah Hutan Pinus Sanggaran Agung dengan rapatnya pohon pinus menjadinya sebagai spot selfie anak-anak muda yang lagi demen-demennya instagram-an. Dan memang tempat wisata di Jambi ini menjadi spot yang bagus juga untuk fotografi atau untuk pengambilan photo prewed. Lokasi wisata Hutan Pinus Sanggaran Agung ini berada di wilayah Kecamatan Danau Kerinci, tepatnya di Desa Sanggaran Agung. Dan tempatnya pun juga tidak begitu jauh dari Danau Kerinci yang hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk sampai di lokasi nan indah ini.

Hutan Rawa

Cukup banyak pohon yang usia sudah di atas ratusan tahun yang berada di tengah Hutan Rawa yang cukup dekat dengan Danau Kerinci. Tempat wisata di Jambi ini juga bisa dijadikan spot selfie yang cukup keren dengan background pepohonan yang sangat besar yang menjulang tinggi. Mungkin masih belum banyak traveler yang mengetahui Hutan Rawa yang menyimpan spot-spot terbaik untuk selfie. Bahkan juga cocok untuk photo preweding dengan background pohon-pohon besar. Lokasi Hutan Rawa ini tepatnya berada di Desa Ujung Pasir, yang masih di dalam Kecamatan Danau Kerinci.

Jembatan Cakar Ayam

Dikenal juga sebagai Jembatan Kerinduan yang menghubungkan anatara Kabupaten Sungai Penuh dengan Kabupaten Kerinci yang panjangnya sekitar 800 meter. Jembatan yang berada di atas danau sawah ini ini memberikan pesona yang cukup layak untuk dikagumi, apalagi ditambah dengan panorama perbukitan yang memanjang semakin membuat betah para wisatawan. Di sepanjang jembatan ketika hari sudah mulai senja cukup banyak dikunjungi wisatawan dengan berbagai aktifitas yang dilakukannya. Seperti memancing ikan air tawar, spot selfie dengan background perbukitan dan meredupnya sinar matahari, atau hanya sekedar bersantai. Jembatan Cakar Ayam ini akhirnya menambahkan tempat wisata di Jambi yang juga cukup menarik untuk dikunjungi.

Jembatan Gantung Koto Baru Hiang

Bingung cari spot selfie terbaik di Kerinci? Datanglah ke Jembatan Gantung Koto Baru Hiang yang sudah pasti istagramable banget. Tidak seperti jembatan pada umumnya, arsitektural jembatannya yang gantung berpadu dengan nuansa alam pedesaan semakin membuat jembatan ini makin cocok di lensa kamera. Cukup banyak traveler yang mengunjungi Jembatan Gantung Koto Baru Hiang ini hanya mencari spot selfie. Dan bahkan lokasinya juga cocok untuk pengambilan foto buat prewed. Kini jembatan yang hanya untuk menghubungkan antar desa ini sudah berubah menjadi tempat wisata di Jambi yang sangat cocok buat selfie.. Lokasinya berada di Desa Koto Baru Hiang yang masih di wilayah Kecamatan Sitinjau Laut.

Masjid Agung Pondok Tinggi

Masjid yang memiliki arsitektur atapnya bertingkat atau berbentuk limas ini dibangun pada tahun 1874 yang dibangun swadaya masyarakat sekitarnya. Yang paling unik di Masjid Agung Pondok Tinggi adalah hampir keseluruhan masjid ini tidak menggunakan paku sama sekali untuk mengaitkan antar kayunya. Dan hinggai kini pun masih utuh hanya ada sedikit perbaikan di beberapa bagian saja. Masjid kebanggan masyarakat Kerinci, khususnya Sungai Penuh ini telah menjadi tempat wista di Jambi terutama wisata religi bagi umat Islam.

Masjid Ar-Raudhah

Tidak hanya sebagai tempat peribadahan bagi umar Islam saja, tetapi Masjid Ar-Raudhah justru menjadi tempat wisata di Jambi yang kini cukup populer bagi kalangan anak muda Kerinci. Masjid ini bukan milik warga atau bahkan pemerintah Kabupaten Kerinci, melainkan milik perseorang. Dan beliau adalah seorang pengusaha di Jakarta namun tempat kelahirannya di Siulak, dan dama beliau adalah H. Urpan Dhani. Dia memiliki keinginan untuk membangun masjid yang berada di Semurup, yang bisa dijadikan untuk kegiatan berbagai macam acara keagamaan. Tapi justru cukup banyak anak-anak muda yang sefie tepat di depan masjid, padahal masjidnya juga belum jadi. Yang sangat mengesankan adalah selain arsitekturalnya juga adanya ukiran yang menggambarkan Islam, Romawi, dan juga Arab terutama pada pintu masuk masjid.

Masjid Keramat

Inilah masjid yang selalu selamat dari setiap bencana yang terjadi di Desa Koto Tuo, Pulau Tengah. Berawal dari keganasan kolonial Belanda ketika membumihanguskan Desa Koto Tuo yang kebanyakan masyarakatnya melawan terhadap kolonialisme. Akhirnya Belanda membakar semua rumah yang ada di desa, tetapi hanya Masjid Keramat saja yang tidak terbakar padahal lokasinya berada di tengah perkampungan. Belum lagi gempa bumi yang meluluh lantakkan desa pada tahun 1942, Masjid Keramat pun juga masih utuh berdiri hingga sampai detik ini. Selain historinya yang begitu ajaib, Masjid Keramat ini juga menjadi tempat wisata di Jambi, khususnya wisata religi bagi umat Islam.

Masjid Kuno Lempur Mudik

Satu lagi masjid yang sudah sangat berumur di Kabupaten Kerinci ini semakin menambah daftar masjid-masjid tua di Indonesia. Inilah Masjid Kuno Lempur yang sudah berdiri sejak tahu 1887, yang berada di Desa Lempur Mudik yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Gunung Raya. Bangunan masjid ini hampir mayoritas berbahan kayu dan atapnya dulu menggunakan ijuk. Yang sangat menarik di Masjid Kuno Lempur ini adalah banyaknya ukiran pada dinding kayu dan juga pada tiangnya. Dan pada dinding kebanyakan ukirannya bermotif floral dan juga baluster. Masjid Kuno Lempur Mudik ini selain menambah daftar masjid kuno di Indonesia juga menambahkan daftar tempat wisata di Jambi, terutama untuk wisata religi bagi umat Islam.

Pabrik Teh Kayu Aro

Inilah salah satu penghasil teh dengan kualitas No. 1 dunia, yang memang sebagian besar hasilnya di kirim ke luar negeri, seperti ke Amerika Serikat, hingga Inggris. Pada awalnya pabrik teh ini dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1920 yang dikelola pada waktu itu oleh NV Namlodse Venotchaaf Handle Veriniging Amsterdam. Kini pabrik teh yang masih beroperasi itu menjadi tempat wisata di Jambi yang sangat menarik karena sudah menjadi cagar budaya bagi Kabupaten Kerinci. Selain itu juga menjadi wisata edukatif bagi para siswa untuk melihat lebih dekat bagaimana cara memproses daun teh hingga menjadi teh yang siap disajikan. Lokasi Pabrik Teh Kayu Aro ini berada di Giri Mulyo, Kecamatan Kayu Aro.

Pantai Indah

Meskipun Kabupaten Kerinci bukan berada di pesisir tapi jangan salah tetap punya pantai, dengan pasir dan bebatuan selayaknya yang ada di pantai. Namanya Pantai Indah, yakni destinasi wisata di Kabupaten Kerinci yang tepat berada di pinggir Danau Kerinci. Sebenarnya hampir sama dengan Taman Husein yang juga memiliki pasir layaknya pasir pantai. selain itu kamu juga bisa melihat dengan jelas Gunung Raya yang menjadi Gunung tertinggi kedua setelah Gunung Kerinci. Kamu juga bisa melakukan aktifitas seperti halnya di pantai, bermain bola, atau voleey di pnggiran Danau Kerinci. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya di wilayah Kecamatan Danau Kerinci, Desa Koto Petai.

Perkebunan Teh Kayu Aro

Lokasinya juga cukup berdekatan dengan tempat wisata Aroma Pecco. Di Perkebunan Teh Kayu Aro ini kamu bisa melihat lebih dekat para petani teh ketika sedang panen. Dan yang membanggakan adalah Perkebunan Teh Kayu Aro ini memiliki kualitas eksport. Lokasi perkebunan yang berada di bawah kaki Gunung Kerinci ini menyajikan pesona alam yang benar-benar membuat siapapun akan tercengang karena keindahannya. Tempat wisata di Jambi ini termasuk sering dikunjungi wisatawan yang tidak hanya wisatawan domestik saja, tapi juga wisatawan asing.

Perkebunan Kayu Manis

Kabupaten Kerinci selain memiliki perebunan teh dengan kualitas eksport juga memiliki Perkebunan Kayu Manis yang sudah jaman kolonial Belanda selalu eksport. Mungkin kita belum mengetahui seperti apa pohon salah satu rempah-rempah ini. Dan ketika kamu mengunjungi Kabupaten Kerinci maka jangan sia-siakan kesempatan untuk melihat lebih dekat seperti apa pohon kayu manis itu. Kini Perkebunan Kayu Manis ini justru menjadi tempat wisata di Jambi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya sekedar untuk melihat panorama rimbunya pohon kayu manis saja, tapi kamu juga bisa menikmati panorama perbukitan dan juga sebagai wisata edukasi di Perkebunan Kayu Manis.

Rawa Bento

Rawa yang memiliki luas 1000 hektar ini berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl, yang hampir keseluruhan rawa lahan basah itu ditumbuhi rerumputan berjenis bento. Itulah kenapa akhirnya rawa yang dahulunya danau dikarenakan sedimentasi  ini dinamakan Rawa Bento. Ketika kamu berada di Ra Bento tidak hanya sekedar menikmati hamparan rerumputn saja. Tapi kamu juga bisa meilhat berbagai aktifitas berbagai jenis burung dan juga bebek liar. Bagi traveler yang hobi memancing akan dimanjakan ketika berada di Rawa Bento karena banyak jenis ikan yang hidup di rawa ini dan ukurannya pun juga besar-besar. Lokasi wsata Rawa Bento ini berada di wilayah Kecamatan Perwakilan Kayu Aro, tepatnya di Desa Kersik Tuo.

Taman Husein

Beda-beda tipis sama pantai, di Taman Husein ini juga ada bebatuan besar layaknya batu karang dan juga pasir yang hampir mirip dengan pasir pantai. Di tempat wisata di Jambi ini juga ada shelter untuk menikmati panorama Danau Kerinci. Berbagai aktifitas juga bisa kamu lakukan ketika berada di Taman Husein. Mulai dai nge-camp atau hanya sekedar bermain di bibir Danau Kerinci, atau bisa juga merealisasikan hobi memancing. Karena di Danau kerinci juga banyak sekali ikan-ikan yang siap melahap umpan pancing kamu.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Siapa yang tidak tahun obyek wisata andalan Kabupaten Kerinci ini? Inilah Taman Nasional Kerinci Seblat, tidak hanya menghadirkan beragam flora di dalamnya tapi juga berbagai macam fauna salah satunya adalah Harimau Sumatera. Belum lagi berbagai obyek wisata di lainnya seperti Danau Kerinci, dan eksotisme air terjun dan juga sungai-sungainya yang menyajikan pesona keindahannya masing-masing. Tidak hanya wisatawan domestik saja yang sering datang di Taman Nasional Kerinci Seblat, tapi wisatawan asing maupun para peneliti asing berdatangan di tempat wisata di Jambi, yang menjadi andalan Kabupaten Kerinci.

Taman Putri Tunggal

Salah satu alternative destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Kerinci yang siap menghibur hari libur kamu adalah Taman Putri Tunggal. Lokasi taman ini sungguh menyejukkan hati, karena berada di area persawahan dan juga perbukitan yang hampir seluruh mata memandang warna hijau alam tampak di depan mata. Selain itu Taman Putri Tungga dilngkapi dengan kafetaria, taman bunga, gazebo, aneka makanan, dan juga tempat pemancingan. Lokasi tempat wisata di Jambi ini berada di Desa Tambak Tinggi Sekungkung, yang berada di dalam Kecamatan Depati Tujuh.

Taman Surya Emas Nusantara (Taman Sen)

Hampir sama dengan obyek wisata Taman Husein yang memiliki pasir bak pasir pantai dan juga bebatuan di pinggiran Danau Kerinci. Tetapi di Taman Surya Emas atau disingkat Taman Sen ini memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap. Adanya cafeteria dan juga homestay semakin membuat tempat wisata di Jambi ini lebih banyak menyedot perhatian wisatawan. Rimbunnya peohonan yang besar di pinggir danau semakin membuat pengunjung semakin nyaman menikmati keindahan Danau Kerinci tanpa takut kepanasan. Tempat wisata Taman Surya Emas Nusantara ini berada di Kecamatan Keliling Danau, tepatnya di Desa Tanjung Batu.

Tanjung Hatta

Lokasinya sama seperti Tanjung Pelita yang juga berada di kawasan pinggir Danau Kerinci, tetapi lebih rendah selain itu di Tanjung Hatta juga tersedia pesanggrahan untuk para wisatawan. Selain itu di kawasan Tanjung Hatta ini ada tempat buat camping ground. Tempat wisata di Jambi ini memang lebih dekat dengan bibir Danau Kerinci, dan fasilitasnya juga cukup memadai. Misalnya seperti tersedianya rakit maupun perahu yang disewakan bagi wisatawan untu mengelilingi Danau Kerinci. Dinamakan Tanjung Hatta dikarenakan pada tahun 1953 Wakil Presiden 1 RI pernah mengunjungi dan juga menanam pohon beringin di sekitar Tanjung Hatta. Lokasi wisata Tanjung Hatta ini berada di Kecamatan Danau Kerinci, tepatnya berada di Desa Sanggar Agung.

Tanjung Pelita

Lokasi Tanjung Pelita ini berada di pinggir Danau Kerinci yang dulunya sebagai pemukiman penduduk yang bernama Desa Pidung. Dinamakan Desa Pidung dikarena jika dilihat dari kejauhan Danau Kerinci terlihat seperti “hidung” maka dinamakanlah Desa Pidung. Tempat wisata di Jambi ini memang sangat cocok buat kalian yang ingin bersantai sembari minum kopi atau ngobrol di pinggiran Danau Kerinci. Karena memiliki ketinggian 20 meter dari danau maka Tanjung Pelita ini memang sangat pas buat menikmati keindahan Danau Kerinci.

Tebing Siginjai

Pertama kali yang merintis Bukit Siginjai yang akhirnya banyak dikenal oleh para traveler yang suka tantangan ini adalah Mapala Unja. Untuk menuju lokasi Tebing Siginjai membutuhkan waktu yang cukup lama dari desa terdekat, yakni sekitar 2 hingga 3 jam berjalan kaki. Lokasi Tebing Siginjai itu sendiri berada di Bukit Batu Runcing yang memiliki ketinggia 8337 mdpl. Sementara untuk ketinggian Tebing Siginjai mencapai 100 meter. Dan memang sangat cocok untuk para traveler yang menyukai panjat tebing. Tapi untuk memanjat tebing ini dibutuhkan pengalaman dan stamina yang meumpuni karena memang cukup terjal dan dibutuhkan pengalaman hingga mencapai puncak. Tempat wisata di Jambi yang cukup unik ini berada di Desa Muara Emas, dan di wilayah Kecamatan Batang Merangin.

Tugu Macan

Inilah tugu ikonik bagi para pendaki Gunung Kerinci. Jadi tidak akan lengkap ketika kamu mengunjungi Gunung Kerinci tanpa mengunjungi Tugu Macan. Lagian panorama ketika kamu berada di Tugu Macan sungguh eksotis. Hamparan perkebunan teh yang menghijau serta background gagahnya Gunung Kerinci bisa menjadi spot selfie yang ikonik dengan adanya Tugu Macan. Hampir setiap wisatawan yang ingin mendaki atau hanya sekedar melihat Gunung Kerinci lebih dekat selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata di Jambi yang sangat ikonik ini. Lokasi Tugu Macan ini tepatnya berada di Desa Kersik Tuo yang masih di dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat.

Tempat wisata di Merangin

Mungkin masih belum banyak para traveler yang tahu bahwa Kabupaten Merangin juga menyimpan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dan semua obyek wisatanya memiliki keunikan masing-masing, jika dibandingkan sudah pasti tidak akan kalah dengan Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Jambi, seperti Kabupaten Kerinci misalnya. Kabupaten yang bermaskot harimau sumatera dan pinang merah ini juga turut menyumbang tempat wisata di Jambi menjadi semakin beragam. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Kabupaten Merangin.

Air Panas Grao Sakti

Kabupaten Merangin nyaris memiliki segala destinasi wisata yang memang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Air Panas Grao Sakti yang memiliki beberapa titik panas, di dekat aliran sungai di tengah-tengah bebatuan besar dan juga berada di tengah sungai. Yang sangat unik adalah ketika kamu berada di tengah sungai bisa merasakan sensasi mandi dengan air dua rasa. Yakni rasa yang hangat dan juga dingin menjadi satu di dalam sungai. Ada sedikit unsur mistinya juga lho di Air Panas Grao Sakti. Ketika sang pawang menepukkan tangandan terikan air panas panas yang keluar dari dalam tanah bisa naik lebih tinggi beberapa meter. Tempat wisata di Jambi yang cukup unik ini berada di Kecamatan Jangkat, tepatnya di Desa Ranah Kemumu.

Air Terjun Batas Ikan

Destinasi Air Terjun Batas Ikan ibarat sebagai pelengkap banyaknya air terjun yang ada di Kabupaten Merangin. Bebatuan yang cukup besar seakan mengelilingi kolam di bawah Air Terjun Batas Ikan. Dengan ornamen alami yang ditumbuhi tanaman hijau kecil dipinggirnya semakin menambah eksotisme Air Terjun Batas Ikan. Kolam yang tergolong cukup lebar dan juga kedalaman yang sedang membuat siapapun yang datang semakin tidak mampu menahan hasratnya untuk nyebur. Derasnya air yang terjun semakin menambahkan sensasi mandi di alam liar. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Kecamatan Lembah Masurai, dan di Desa Tanjung Berugo.

Air Terjun Dukun Betuah

Inilah air terjun tertinggi yang dimiliki Kabupaten Merangin, Air Terjun Dukun Betuah. Dari namanya terdengar ada unsur mistisnya, tapi tidaklah demikian, ini hanya sekedar penamaan untuk air terjun yang ada di Kecamatan Sungai Tenang, tepatnya Desa Rantau Suli. Butuh sedikit perjuangan ketika kamu ingin mengunjungi tempat wisata di Jambi ini, setidaknya kamu harus berjalan kaki selama 2 jam dari desa terdekat. Udara yang sejuk bebas dari polusi dan juga pepohonan yang menjulang tinggi nan hijau akan mengiringi perjalanan kamu menuju Air Terjun Dukun Betuah. Sesampainya di air terjun kamu akan takjub dengan keindahaan air terjunnya. Debit airnya yang cukup besar membuat kolam di bawahnya terlihat berembun dan tumpahan airnya akan siap memanjakan kamu yang ingin berendam.

Air Terjun Kembar

Banyak juga yang menyebutnya Air Terjun Sungai Serik. Air terjun ini terpisah menjadi dua, yang satunya lurus ke depan yang satunya lagi meluncur ke samping. Dan karena keunikan Air Terjun Kembar inilah semakin banyak wisatawan yang berdatangan yang ingin mencoba mengabadikan air terjun yang unik ini. Lokasi tempat wisata di Jambi ini berada di desa yang sama dengan Air Terjun Mini Simpang Manggis yang berada di Desa Pulau Renggas.

Air Terjun Kolam Jodoh

Konon katanya bagi wisatawan yang masih jomblo, dan belum mendapatkan pasangan, maka disarankan untuk mengunjungi Air Terjun Kolam Jodoh. Dengan mengunjungi Air Terjun Kolam Jodoh dan mandi di kolam bawah air terjun, katanya semakin enteng jodohnya atau lebih cepat mendapatkan jodoh. Terlepas mitos itu benar- atau tidak yang pasti Air Terjun Kolam Jodoh ini begitu memepesona. Mulai dari jernihnya air dan juga panorama sekitarnya yang semakin membuat air terjun ini begitu cantik. Tempat wisata di Jambi ini sangat dekat dengan pusat Kota Bangko yang hanya membutuhkan waktu 30 menit berkendara. Dan lokasinya berada di Desa Biuku Tanjung, Dusun Teluk Wang.

Air Terjun Lematang

Pesona dari Air Terjun Lematang ini benar-benar eksotis dan memang sangat berbeda dari air terjun pada umumnya. Dan salah satu pembedanya adalah Air Terjun Lematang memiliki beberapa tingkatan, bahkan tingkatan air terjunnya ada 15 tingkat dan di tingkat ketujuh lah yang paling tinggi. Tetapi yang paling sering dikunjungi wisatawan yakni tingkatan yang kedua. Kontur air terjunnya sedikit agak landai yang hampir semua alirannya dihiasi lumut dan tumbuhan nan hijau yang membuat mata wisatawan tak akan bosan memandangnya. Ditambah lagi dengan kolamnya yang cukup besar yang siap menampung para wisatawan yang ingin berenang maupun sekedar berendam. Lokasi tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di wilayah Kecamatan Jangka Timur dan di Desa Tanjung Alam.

Air Terjun Muara Karing

Cukup banyak warga atau bahkan wisatawan yang datang selalu mengatakan Air Terjun Niaga Mini. Memang jika dilihat dari derasnya air terjun dan juga sangat lebar dan terlihat jelas garis air turunnya sangat wajar jika dibilang Air Terjun Niagara Mini. Untuk menuju ke tempat wisata di Jambi ini kamu harus sedikit mengeluarkan tenaga. Medannya yang naik turun dan terkadang cukup terjal harus kamu lewatin. Tapi tidak perlu khawatir, suguhan panorama alam Geopark Merangin begitu indah untuk dilewatkan jadi ya nikmatin saja perjalanannya. Lokasi Air Terjun Muara Karing ini tepatnya berada di wilayah Kecamatan Renap Pembarap, Desa Markeh, dan juga masih berada di dalam kawasan wisata Geopark Merangin.

Air Terjun Mini Simpang Manggis

Bukan berarti air terjun mini itu tidak layak dinikmatin ya, justru Air Terjun Mini Simpang aAnggis ini cukup eksotis. mulai dari panorama alam sekitar air terjun, begitu juga air terjuannya terlihat sangat tipis nyaris seperti kain yang transparan jika kita lihat dari kejauhan. Karena keunikannya itulah menjadinya sebagai tempat wisata di Jambi yang sangat layak untuk dikunjungi. Kamu bisa berendam di kolam bawah air terjun yang menawarkan kejernihan dan serasa mandi di pancuran alami. Air Terjun Mini Simpang Manggis ini berada di Kecamatan Bangko Barat, tepatnya di Desa Pulau Renggas.

Air Terjun Muaro Hemat

Meskipun terkadang airnya tidak begitu besar, tapi Air Terjun Muaro Hemat ini tergolong cukup tinggi. Dan hampir semua tebing yang menjulang tinggi dan tertutup oleh banyak tumbuhan. Inilkah ornamen alami nan asri yang ditampilkan oleh tempat wisata di Jambit, tepatnya di Desa Muaro Hemat. Kolam yang di bawah air terjun memancarkan keindahaan dan kejernihan airnya serasa mengundang para traveler yang kagum akan keindahaan panorama Air Terjun Muaro Hemat. Lokasi tepatnya Air Terjun Muaro Hemat ini berada di wilayah Kecamatan Batang Merangi dan di Desa Muaro Hemat.

Air Terjun Segerincing

Jika dilihat dari ketinggian air terjun yang mencapai 62 meter maka sudah cukup tinggi, yang mengagumkan adalah lebar dari air terjunnya hingga 10 meter. Jadi memang debit airnya juga sangat besar. suara gemuruh air terjun akan selalu mengiringi kamu ketika beradan di bawah air terjun. Meski kolamnya tidak begitu dalam, tapi setidaknya cukuplah buat berendam sembari menikmati panorama sekitar air terjun. Untuk menuju lokasi air terjunnya tergolong cukup mudah karena ada tangga beton yang memudahkan perjalanan kamu. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Kecamatan Lembah Masurai, Dusun Tuo dengan kisaran jarak dari pusat Kota Bangko 80 km.

Air Terjun Parang Jatuh

Desa Tuo yang berada di dalam wilayah Kecamatan Lembah Masurai ini sebenarnya sangat layak untuk dijadikan desa wisata. Ada sekitar 4 air terjun di temukan di Desa Tuo, dan salah satunya adalah Air Terjun Parang Jatuh. Memang membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di lokasi Air Terjun Parang Jatuh. Tapi perjalanan kamu tidak akan membosankan, hamparan perkebunan kopi akan selalu menghiasi setiap langkahmu menuju tempat wisata di Jambi ini. Air terjun yang diaper oleh kanan kiri tebing yang ditumbuhi tanaman hijau semakin terlihat sangat sempurna. Apalagi ada beberapa tingkatan air terjun dan setiap tingkatannya ada kolam yang lumayan lebar. Hal inilah yang paling disukai oleh traveler, apalagi jika tidak nyebur dan merasakan kesegaran airnya. Memang belum begitu banyak traveler yang mengetahui air terjun yang cantik di Desa Tuo ini. Jadi suasa yang tenang dan juga hening akan semakin memikat wisatawan yang datang.

Air Terjun Talang Tembago

Seperti tiada habis air terjun yang dimiliki oleh Kabupaten Merangi, dan salah satunya Air Terjun Talang Tembagi yang berada di Desa Talang Tembago. Air terjun ini nyaris tertutup oleh banyaknya pepohonan yang berada di samping kanan-kirinya. Jadi viewnya benar-benar terlihat eksotis apalagi berpadu dengan bebatuan hitam dan juga kolamnya yang cukup lebar. Hal tersebut semakin membuat wisatawan tidak tahan dan pengin buru-buru nyebur. Tempat wisata di Jambi ini memang sangat cocok buat para traveler yang lebih suka berpetualang di dalam hutan.

Air Terjun Talang Jaya

Untuk menuju lokasi Air Terjun Talang Jaya kamu harus berjalan kaki melewati hutan dan juga Sungai Tabir namanya. Tapi dijamin kamu tidak bakalan bosan dengan pemandangan selama berjalan kaki dari desa terdekat, yakni Desa Telentam. Rindangnya pepohonan akan selalau mengiringi perjalanan kamu, begitu juga Sungai Batang Tabir yang airnya akan siap mendinginkan kaki kamu yang panas selama perjalanan. Setibanya di Air Terjun Talang Jaya, kamu akan disuguhi panorama air terjun yang memiliki beberapa tingkatan yang sangat memungkinkan untuk kamu daki. Airnya yang jernih semakin menggoda para wisatawan untuk ngadem di kolam bawahnya. Lokasi tepatnya tempat wisata di Jambi ini berada di wilayah Kecamatan Tabir Barat, dan di Desa Telentam.

Air Terjun Tanjung Mudo

Kontur dari Air Terjun Tanjung Mudo ini cukup berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Merangin. Konturnya yang miring membuatnya tidak terlihat tinggi dan terjal. Jadi dengan kemiringannya memungkinkan wisatawan untuk naik ke atas, tapi tetap harus ekstra hati-hati karena cukup licin. Pepohonan yang rindah dan cukup lebat semakin menghiasi air terjun, begitu juga kolam di bawahnya dengan air jernihnya semakin memanjakan siapapun yang datang di Air Terjun Tanjung Mudo. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Desa Tanjung Mudo, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pangkalan Jambu.

Air Terjun Telun Perentak

Sebenarnya air terjun ini cukup tinggi, karena konturnya yang bertingkat dan berbatu, jadi terlihat sangat landai. Bahkan tak jarang wisatawan yang datang mengunjungi Air Terlun Perentak selalu berusaha menaiki di tingkatan yang paling tinggi. Ornamen bebatuan bersanding dengan hijaunya pepohonan yang rindang semakin terlihat menyatu yang menghadirkan eksotisme keasrian alam. Kolam di bawahnya serasa mengundang siapapun yang datang untuk ikut merasakan kesegaran airnya. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Desa Perentak yang masih berada di wilayah Kecamatan Pangkalan Jambu.

Arung Jeram Batang Merangin

Tempat wisata di Jambi yang cukup memebrikan tantangan bagi wisatawan adalah Arung Jeram Batang Merangin. Aliran sungai yang digunakan untuk rafting ini panjangnya sekitar 15 km yang dimulai dari Desa Air Batu. Tapi berdasarkan penilaan tingkat kesulitan dari Arung Jeram Batang Merangin ini berada di grade 3 yang berarti bukan untuk pemula. Jika kamu masih baru maka wajib untuk didampingi yang sudah professional. Cukup sering event tahunan seperti kejuaraan nasional tiap tahunnya, yang sudah pasti bakal menyedot banyak wisatawan untuk datang.

Batu Larung

Salah satu wisata sejarah ynag dimiliki oleh Kabupaten Merangin adalah Batu Larung, tapi sudah pasti lebih banyak lagi situs peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten ini. Karena memang sudah memiliki peradaban sejak abad ke 2 M. Batu Larung ini memiliki relief bentuk tubuh manusia mulai dari bagian atas hingga bawah dan memiliki ukuran panjangnya 345 cm dan lebarnya 60 cm dan 90 cm. Lokasi tempat wisata di Jambi ini berada di Kecamatan Lembah Masurai, tepatnya di Dusun Tuo.

Danau Depati Empat

Lokasi Danau Depati Empat ini sebenarnya masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, tetapi secara administratif masuk di wilayah Kabupaten Merangin. Danau yang berada di ketinggian 1200 mdpl. Untuk menuju tempat wisata di Jambi ini kamu harus berjalan kaki selama 3 jam dari desa terdekat yakni Desa Pulau Tengah. Selama perjalanan kamu akan disuguhi panorama yang asri dari hutan yang masih terjaga keasriannya. Dan itu akan membuat perjalanan kamu terasa tidak membosankan.  Cukup banyak wisatawan yang melakukan aktifitas seperti memancing atau menyusuri danau dengan menggunakan rakit, dan bahkan juga ada yang nge-camp di sekitaran Danau Depati Empat.

Danau Kecik

Inilah danau terkecil yang berada di kawasan Gunung Masurai, jika dibandingkan dengan Danau Pauh dan juga Danau Depati Empat. Meskipun lebih kecil bukan berarti tidak memiliki keindahan, justru Danau Kecik atau Danau Kecil ini cukup eksotis dengan background Gunung Masurai membuatnya terlihat begitu indah. Belum lagi di pinggirnya ada areal persawahan terasering yang membuat semakin menarik untuk dikunjungi. Tidak jarang juga banyak wisatawan atau para pecinta alam sering nge-camp di areal tempat wisata di Jambi ini.

Danau Kumbang

Lokasi Danau Kumbang berada di bawah puncak 1 Gunung Masurai dan danau ini berada di ketinggian 2539 mdpl. Udara yang sejuk pepohonan yang menghijaukan dan air danau yang dingin-dingin kuku menjadi sajian utama untuk wisatawan yang datang ke Danau Kumbang. Para pendaki Gunung Masurai cukup sering mampir dan beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga lagi di danau ini. Dan tidak jarang juga banyak wisatawan maupun pendaki yang nge-camp di tempat wisata di Jambi yang menawarkan panorama Gunung Masurai ini.

Danau Pauh

Dari sisi panoramanya jelas tidak diragukan lagi keindahan dari Danau Pauh. Background Gunung Masurai semakin menambah eksotisme danau yang sekelilingnya hampir dipenuhi dengan pepohonan nan hijau. Meski segala fasilitas ataupun wahana di Danau Pauh ini masih minim tetap saja banyak wisatawan yang berdatangan karena memang kecantikan danau sungguh menyedot perhatian para wisatawan. Mungkin ke depannya bisa lebih diberikan adanya berbagai wahana air sebagai arena bermain wisatawan. Saat ini yang ada hanya sebatas perahu untuk mengelilingi danau dan menikmati panorama alam yang jempolan. Tempat wisata di Jambi ini berada di Kecamatang Jangkat, tepatnya ada di Desa Pulau Tengah.

Danau Tamalam

Sebenarnya danau ini dibuat mulanya digunakan sebagai irigasi atau untuk pengairan sawah sekitarnya yang ada di Desa Karang Berahi. Tetapi kini justru malah mengundang banyak traveler yang haus akan panorama alam nan indah. Danau Tamalam memang memiliki keindahannya tersendiri seperti kejernihan airnya dan juga beragam ikan yang banyak hidup di dalamnya. Tak jarang juga wisatawan yang datang di tempat wisata di Jambi ini selalu menyempatkan diri untuk mencoba memancing ikan yang banyak hidup di Danau Tamalam. Lokasi Danau Tamalam tidak begitu jauh dari Kota Bangko, yang hanya berjarak sekitar 23 km, dan tepatnya berada di Desa Karang Berahi, Kecamatan Pamenang.

Dam Betuk

Asal mulanya pembuatan dam atau bendungan ini adalah untuk pengairan persawahan. Tetapi karena layout dari Dam Betuk ini sangat bagus, akhirnya jadilah tempat wisata di Jambi yang sangat layak untuk dikunjungi. Panoramanya pun juga tetap cantik, dengan dihiasi hutan kelapa sawit yang ada di beberapa sisi Dam Betuk. Dan juga ada tempat yang biasanya buat bersantai para wisatawan dengan pepohonan yang rindang. Cukup banyak wisata yang datang ke tempat wisata di Jambi ini sembari menyalurkan hobi memancing ikan yang ada di Dam Betuk.

Desa Ngaol

Sangat layak untuk dijadikan sebagai desa wisata yang ada di Kabupaten Merangin. Desa Ngaol ini memang memiliki panorama yang sangat indah, berada di tengah perbukitan nan hijau dan juga dilintasi sungai yang memiliki air yang sangat jernih bisa mendatangkan banyak wisatawan yang ingin menikmati alam pedesaan. Ada yang unik di Desa Ngaol ini, yakni seperti tradisi Lubuk Larangan yang biasanya akan panen ikan sebelum bulan Ramadhan. Maka akan banyak sekali warga yang akan rela berbasah-basahan untuk perayaan memanen ikan yang hanya boleh diambil 1 tahun sekali. Panoramanya yang indah dan juga tradisinya yang masih melekat bisa menjadikan Desa Ngaol sebagai tempat wisata di Jambi, tepatnya di Kabupaten Merangin yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Geopark Merangin

Salah satu destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Merangin adalah Geopark Merangin. Tempat wisata di Jambi ini sudah menjadi anggota resmi Geopark Nasional Indonesia pada tahun 2013. Dan akhirnya setara dengan destinasi wisata seperti, Danau Toba, Raja Ampat, Gunung Rinjani, dan lain-lain. Ketika kamu mengunjungi Geopark Merangin kamu akan banyak menemui fosil-fosil kayu yang usianya sudah ratusan tahun. Tidak hanya itu saja, yang paling disukai wisatawan adalah aktifitasi susur sungai, atau rafting yang akan menguji adrenalin kamu. Meskipun Geopark Merangin ini gagal menjadi salah satu warisan dunia yang ditetapkan UNESCO tetap saja tidak pernah sepi dari wisatawan.

Goa Bujang

Lokasinya cukup berdekatan dengan Goa Sengering bahkan mulut Goa Bujang cukup terlihat ketika kamu berada di Goa Sengering. Lagi-lagi sajian istimewa di hadirkan oleh goa yang ada di Desa Sengering ini. Yakni adanya air mancur yang ada di dalam goa, tetapi untuk merasakan segarnya air terjun di dalam goa kamu harus sedikit mendaki, tapi tetap harus hati-hati karena medannya cukup licin.

Goa Lapangan

Tidak hanya di Jogja saja yang memiliki goa vertikal yakni Goa Jomblang yang namanya sudah banyak dikenal para pecinta caving. Tapi di Kompleks Goa Sengayau juga ada goa vertikal namanya Goa Lapangan dengan tingkat kemiringan 90 derajat. Dan untuk kedalamannya sendiri sekitar 40 meter, cukup dalam memang. Yang sangat menarik adalah lorong-lorong di Goa Lapangan ini jika kamu susuri bisa tembus ke Goa Masjid yang memang jarak tidak terlalu jauh dari Goa Lapangan.

Goa Masjid

Goa ini memiliki keunikan sendiri  jika dibandingkan dengan goa-goa lainnya yang ada di Kabupaten Merangin. Salah satunya adalah, ada ruangan di dalam goa yang atap menyerupai kubah masjid. Maka dinamakanlah Goa Masjid, selain itu juga ada bebatuan yang bentuk hampir mirip seperti orang sujud. Goa Masjid ini termasuk goa yang paling besar dan memiliki lorong sepanjang 500 an meter yang ada di Kompleks Goa Sengayau . Dan berada di perbukitan, Desa Sungai Pinang, yang masih di wilayah Kecamatan Sungai Manau. Goa Masjid ini menambah daftar tempat wisata di Jambi yang sangat wajib dikunjungi bagi para pecinta caving.

Goa Sengering

Ketika kamu mencoba memasuki Goa Sengering maka kamu akan melihat hiasan goa berupa stalagtit dan stalagmit yang terbentuk secara alami. Dan berbagai warna seakan terpancar ketika terkena lampu senter memberikan siluet yang sungguh mempesona. Yang cukup mengesankan adalah aliran semacam sungai yang berada di dalam Goa Sengering. Seakan memang secara alami menghiasi ruangan yang ada di dalam goa. Untuk menuju tempat wisata di Jambi ini setidaknya kamu harus berjalan kaki selama 1 jam dari desa terdekat yakni Desa Sengering, Kecamatan Sungai Manau.

Goa Tiangko

Sedikit memelukan tenaga ketika kamu mengunjungi Goa Tiangko. Karena letaknya yang ada di perbukitan mengharuskan kamu untuk mendaki setidaknya selama 15 hingga 30 menitan untuk sampai di mulut Goa Tiangko. Ada keunikan tersendiri yang dimiliki oleh Goa Tiangko ini, yakni kamu bisa belajar tentang manusia purba yang konon katanya dulu menghuni Goa Tiangko. Selain itu goa ini juga dihuni begitu banyak kelelawar dan juga wallet yang dimanfaatkan air liurnya oleh masyarakat setempat. Luas Goa Tiangko sekitar 200 meter persegi dengan memiliki ruangan yang cukup lebar di dalamnya. Bagi traveler yang sangat menyukai caving, atau menyusuri goa, maka tempat wisata di Jambi ini mungkin sangat cocok buat kamu. Lokasi Goa Tiangko ini berada di Kecamatan Sungai Manau, tepatnya di Desa Tiangko.

Gunung Masurai

Dengan ketinggia 2948 mdpl sudah pasti udara dingin menyelimuti setiap sudut ruang atau areal di Gunung Samurai. Yang sangat menakjubkan adalah perjalanan kamu ketika menaiki puncak Gunung Samurai. Kamu akan melihat begitu banyak flora yang beragam yang berbaur dengan hutan nan hijau. Salah satu fauna adalah bunga Kantong Semar yang begitu banyak di lereng-lereng Gunung Samurai. Selain itu pesonanya yang indah dari Danau Kumbang seakan memaksakan kamu untuk beristirahat sejenak sembari menikmati kopi panas di pinggir danau. Tempat wisata di Jambi atau di Gunung Samurai ini berda di wilayah 3 Kecamatan sekaligus, yakni Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat, dan Kecamatan  Sungai Tenang.

Hesti’s Garden

Tempat wisata di Kabupaten Merangin semakin beragam dengan dibuatnya Taman Bunga Hesti’s Garden oleh seorang istri Bupati Hesnidar Haris. Dan penamaan dari Hesti’s Garden itu sendiri diambil dari nama beliau sebagai creator Taman Bunga Hesti’s Garden. Dan yang harus diacungi jempol adalah Desa Madras sebagai lokasi Taman Bunga Hesti’s Garden, kini disulap menjadi desa terbersih dan hampir setiap sudut desa bertebaran taman bunga nan indah. Taman Bunga Hesti’s Garden yang memiliki berbagai jenis bunga ini menjadi spot instagramable yang sangat romantis di Kabupaten Merangin. Bahkan tak jarang banyak pasangan calon pengantin, mengambil sesi photo prewed di tempat wisata di Jambi ini, yang tepatnya berada di Kecamatan Jangkat, Merangin.

Jam Gento

Hampir sama seperti Jam Gadang yang menjadi ikon Kota Padang, begitu juga dengan Jam Gento ibarat sebagai identitas Kota Bangko, Merangin. Namun agak sedikit disayangkan lokasi dimana Jam Gento berada ini tidak begitu terawat malah terkesan sedikit agak kumuh.  Padahal potensinya sangat luar biasa untuk destinasi wisata baru yang ada di Kota Bangko. Setidaknya bisa menjadi tempat wisata di Jambi yang bisa dibanggakan oleh masyarakat Merangin. Bisa juga sebagai tempat ruang terbuka hijau dimana banyak masyarakat yang berkumpul dan menjadi wisata keluarga yang sangat nyaman.

Jembatan Gantung Air Batu

Pembangunan awal dari Jembatan Gantung Air Batu ini untuk menghubungkan dua desa. Dan jembatan gantung ini juga pernah untuk pengambilan syuting My Trip My Adventure ketika berada di Kabupaten Merangin. Dan memang harus diakui panorama ketika kamu berada di atas jembatan gantung ini sungguh memukau. Aliran sungai yang bersanding dengan bebatuan dan diapyungi pepohonan yang rindang menjadi pemandangan yang menyejukkan. Tak heran jika jembatan gantung ini sekarang menjadi tempat wisata di Jambi, tepatnya di Desa Air Batu. Dan yang pasti nih, instagramable banget, aplagi pengambilan anglenya yang tepat, bakal yang yang Like pastinya.

Jembatan Gantung Dusun Lamo

Mungkin kebanyak jembatan gantung yang kita temuin sangat umum bahkan terlalu biasa hanya sebagai penghubung satu tempat dengan tempat lainnya. Tapi Jembatan Gantung Dusun Lamo ini sangat berbeda, panorama nan hijau pepohonan seakan membentuk atap alami jembatan gantung ini. Instagramable banget lah pastinya dan memang banyak juga wisatawan yang selfie lalu upload ke instagram, karena memang panoramanya sungguh menggoda. Tidak mengherankan juga akhirnya yang hanya sekedar jembatang gantung justru  sekarang menjadi tempat wisata di Jambi yang layak dikunjungi. Lokasinya berada di wilayah Kecamatan Batang Masurai, tepatnya di Desa Teras Dusun Lamo.

Kompleks Goa Sengayau

Dinamakan kompleks karena begitu banyak goa yang ada di perbukitan, dan hampir ada sekitar 40 an tapi hanya beberapa goa saja yang berhasil di mapping oleh Mapala Siginja Unja. Tetapi menurut warga Desa Sungai Pinang ada sekitar ratusan goa yang ada di perbukitan yang menjadi penyangga Taman Nasional Kerinci Seblat. Dan semua goa yang berada di Komplek Goa Sengayau memiliki ciri khasnya masing-masing, misalnya seperti Goa Masjid yang di dalamnya memiliki ruangan yang atapnya menyerupai kubah. Dan ada juga Goa Lapangan yang sifatnya goa vertikal, dan masih banyak lagi goa-goa lainnya. Kompleks Goa Sengayau memang menjadi tempat wisata di Jambi yang sangat menarik khususnya bagi para pecinta caving.

Lubuk Larangan di Desa Air Liki

Inilah sebuah tradisi turun temurun yang hingga kini masih juga dilaksanakan dan ditaati semua warganya. Tradisi Lubuk Larangan ini adalah tradisi panen ikan yang sesuai dengan kesepakatan warga, bisa panen dalam setahun sekali atau dua tahun sekali. Jadi memang sebelum waktu panen tidak ada satu warga pun yang berani mengambil ikan di sungai. Kebanyakan ikan yang mendiami adalah ikan sema yang sangat gurih rasanya. Ketika kamu mengunjungi Desa Air Liki di Kecamatan Sungai Manau ini juga bisa menikmati panorama sungai yang berpadu dengan pepohonan yang sangat rindang. Dan ini memang menjadi tempat wisata di Jambi yang bisa mengundang lebih banyak wisatawan untuk datang.

Mini Bromo

Jika kamu asli orang Jambi tidak perlu jauh-jauh ke Gunung Bromo yang ada di Jawa Timur, karena Kabupaten Merangin punya bukit yang mirip dengan Gunung Bromo. Memang jauh lebih kecil jika dibandingkan Gunung Bromo. Tapi bentuk perbukitan dan juga warnanya sangat mirip dengan Gunung Bromo, dan masyarakat lokal menjulukinya Mini Bromo. Ketika mulai musim liburan, tempat wisata di Jambi ini cukup banyak disambangi anak-anak muda lagi hunting spot selfie terbaik di Kabupaten Merangin. Lokasi destinasi wisata yang cukup unik ini berada di Desa Pulau Layang, yang masih di dalam Kecamatan Batang Masumai.

Prasasti Karang Berahi

Lokasinya tidak begitu jauh dari tempat wisata Danau Tamalam yang masih berada di dalam satu Desa , yakni Desa Karang Berahi. Prasasti ini menurut peneliti dibuat pada tahun 6886 pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya, dan Dapunta Hyang yang menjadi rajanya kala itu. Isi dari prasasti tersebut jika diartikan adalah berbagai pesan bagi para orang yang membuat onar atau kejahatan dan juga pemberontak bagi Kerajaan. Tapi bagi orang yang setia pada Kerajaan akan diberikan kesejahteraan dan juga kesehatan. Prasastio Karang Berahi ini semakin menambahkan daftar tempat wisata di Jambi terutama wisata sejarah.

Rumah Tuo Rantau Panjang

Lokasi keberadaan dari rumah yang usianya sudah lebih 600 tahun ini adalah perkampungan yang memang sudah memiliki peradaban sejak dulu. Perkampungan ini dihuni oleh Suku Batin yang merupakan keturunan dari dari Proto Melayu atau Melayu Tua. Yang konon katanya sudah ada sejak Kerajaan Koying yang berdiri sekitar abad 2 M. Yang cukup menarik ketika kamu berada di perkampunyan ini adalah masyarakatnya masih memegang adat istiadatnya meskipun mereka sudah memeluk agama Islam yang dulunya animisme. Cukup banyak wisatawan yang berdatangan ke tempat wisata di Jambi, yang tepatnya di Rantau Panjang, Kecamatan Tabir. Dan tak jarang juga para peneliti dari berbagai institusi berdatangan setiap tahunnya.

Taman Batu Kabupaten Merangin

Berbeda dengan Taman Bunga Green Kandis maupun Hesti’s Garden yang semuanya penuh dengan bunga. Lalu apa yang keren di Taman Batu Kabupaten Merangin? Ya sudah pasti penuh dengan batu, tapi batunya sangat berbeda daripada batu-batu yang pernah kamu jumpai. Batu yang memang ditaruh di dalam taman ini adalah Batu Sungai yang usianya berjuta-juta tahun yang bisa kamu jumpai juga di Geopark Merangin. Taman Batu Kabupaten Merangin ini memang bisa menjadi spot bersantai warga Merangin sembari menikmati pepohonan yang cukup besar di pinggir. Yang kemungkinan nantinya bisa menjadi ruang terbuka hijau. Dan taman ini menambahkan daftar tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi.

Telaga Biru

Hampir mirip dengan Danau Kaco yang ada di Kabupaten Kerinci, yang membedakannya adalah Telaga BIru berada di ketinggia 2033 mdpl. Jadi sudah pasti airnya pun juga sangat dingin, tapi terkadang juga cukup banyak traveler yang tetap nyebur setelah lelah perjalanan hingga 3 jam berjalan kaki. Tapi kamu tidak akan bosan selama di perjalanan, panorama berbeda seperti perkebunan kopi, persawahan dan juga hutan akan mengiringi perjlanan kamu. Sebenarnya luas diameter telaga itu sendiri tidak lebih dari 20 meter yang dikelilingi pepohonan nan hijau semakin menambah eksotisme antara perpaduan warna biru telaga dengan warna hijau dedaunan. Tempat wisata di Jambi ini, tepatnya berada di Desa Tanjung Alam yang masih berada di wilayah Kecamatan Jangkat.

Taman Bunga Green Kandis

Instagramable, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan tempat wisata di Jambi ini, tepatnya di Kelurahan Pematang Kandis. Kebanyakan anak-anak muda selalu berdatangan di Taman Bunga Green Kandis ketika hari libur atau musimnya liburan. Dan tak lain adalah ingin selfie di taman yang penuh dengan berbagai macam bunga. Yang membuatnya semakin menarik adalah adanya semacam gazebo yang tertata sangat rapi dan juga designnya yang unik. Dan ditambah lagi adanya sungai buatan di dalamnya dan juga sampan menjadi spot selfie terbaik di Kabupaten Merangin.

Taman Layak Anak dan Lansia

Konsep awal dari pembuatan Taman Layak Anak dan Lansia ini memang lebih ditujukan bagi anak-anak dan juga lansia. Setidaknya mereka bisa beraktifitas di dalam taman seperti berolahraga atau hanya sekedar jalan-jalan. Tapi di taman ini juga dilengkapi playground yang memang dikhususkan untuk anak-anak. Jadi memang tempat wisata di Jambi ini sangat cocok untuk wisata keluarga sembari bersantai menikmati keindahan Kota Bangko, Merangin.

Taman Rekreasi Bukit Tiung

Merangin benar-benar segalanya khususnya destinasi wisata yang menarik, dan salah satunya adalah Taman Rekreasi Bukit Tiung. Bisa juga sebagai kebun binatang mini, karena memang koleksinya tidak begitu lengkap untuk hewan-hewannya. Tapi paling tidak Taman Rekreasi Bukit TIung bisa menjadi destinasi wisata alternatif, dan sangat tepat untuk wisata keluarga. Di taman ini bisa dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak, setidaknya mereka bisa mengenali lebih dini tentang satwa. Misalnya seperti berbagai jenis burung, berung madu, berbagai jenis kera, dan lain-lain. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di pusat Kota Bangko, Kabupaten Merangin.

Teluk Wang

Tempat wisata di Jambi ini berada di Kawasan Geopark Merangin, dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan. Tidak sekedar sungai biasanya saja, tapi juga sebagai warisan dunia, yang mana banyak ditemukan fosil flora dan fauna di sekitaran Teluk Wang. Bagi pecinta olahraga yang menaikkan adrenalin, kamu bisa mencoba rafting di Teluk Wang. Dan di Teluk Wang ini menjadi salah satu tempat rafting yang berskala nasional dan internasional. Atau kamu juga bisa hanya sekedar bersantai menikmati indahanya panorama alam Merangin yang nyaris tidak ada duanya ini. Lokasi wisata Teluk Wang berada di Kecamatan Bangko Barat, tepatnya di Desa Biuku Tanjung.

Tempat Wisata di Muaro Jambi

Kabupaten Muaro Jambi memang tidak memiliki obyek wisata sebanyak Kabupaten lainnya seperti Kabupaten Kerinci, maupun Kabupaten Merangin. Akan tetapi Muaro Jambi memiliki destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, yakni Candi Muaro Jambi. Dan di Muaro Jambi lah pusat peradaban kuno dulunya di bangun, dari kisaran abad ke 2 hingga abad ke 4. Salah satu buktinya adalah ditemukannya Kompleks Candi Muaro Jambi sebagai salah satu tempat wisata di Jambi yang cukup dikenal oleh banyak wisatawan maupun dari kalangan sejarawan.

Kompleks Percandian Muaro Jambi

Inilah tempat wisata di Jambi yang masuk di dalam daftar tentatif World Heritage. Dan kita patut berbangga bahwa Negara ini memiliki kompleks percandian terluas se-Asia Tenggara. Jadi bukan Candi Borobudur yang ada di Magelang, tetapi Kompeks Percandian Muaro Jambi, yang berada d di Danau Lamo, yang masih berada di wilayah Kecamatan Maro Sebo. Kompleks Candi yang bercorak Hindu-Budha ini memiliki luas hingga 260 hektar, dan ada 9 candi yang sudah selesai dipugar, dan masih ada 110 candi yang ada di dalam 39 kompleks percandian. Candi Muaro Jambi ini kemungkinan dari peninggalan Kerajaan Melayu dan Kerajaan Sriwijaya, dan diperkirakan pembangunan kompleks candi tersebut dimulai dari awalk abad 11 M. Dan berikut ini beberapa nama candi yang berada di dalam Kompleks Percandian Muaro Jambi.

Candi Astano


Bentuk candi yang memanjang ini juga memiliki bangunan yang sedikit lebih tinggi di atasnya, jadi terkesan berundak. Tetapi bangunan Candi Astano ini tidak memliki tangga, jadi kamu harus sedikit memanjat untuk menaiki Candi Astano. Dulunya Candi Astano ini memiliki parit yang mengitari Kompleks Candi Muaro Jambi. Dan hampir setiap candi yang berada di dalamnya selalu dikelilingi dengan parit. Namun sayang, parit yang ada di dalam kompleks hampir semuanya kering, jika dikembalikan seperti sedia kala pasti bakal lebih cantik lagi Candi-candi yang ada di Kompleks Percandian Muaro Jambi.

Candi Gedong 1

Ketika pemugaran Candi Gedong 1 ini banyak sekali ditemukan benda-benda bersejarah yang cukup tinggi nilainya. Seperti gerabah lokal, keramin dari Cina, kepingan uang dari TIongkok, dan berbagai macam peralatan untuk peribadahan. Dan kepingan yang ditemukan itu menurut para penilit diperkirakan dari Dinasti Tang kisaran tahun 618 – 907 M. selain itu juga ditemukan Arca Prajurit ataui Arca Arca Jagopati.

Candi Gedong 2

Lokasinya cukup berdekatan dengan Candi Gedong 1 yang hanya bebera ratusa meter saja. bentuk Candi Gedong ini cuman seperti gundukan bebatuan saja, jadi tidak terlihat lagi struktur bangunannya dengan pasti. Tapi ketika pemugaran Candi Gedong 2 ini juga banyak ditemukan benda-benda peninggalan. Salah satunya adalah ditemukannya Arca Dwarapala atau arca penjaga bangunan suci ketika pemugaran pada tahun 2002.

Candi Gumpung

Inilah candi tertua yang ada di dalam Kompleks Percandian Muaro Jambi. Menurut para akeolog, Candi Gumpung ini sudah ada sejak abad ke 4 M. Jadi sebelum berdiri Candi Muaro Jambi yang di kisaran abad 9 – 13 M. Pemugaran Candi Gumpung ini dilakukan pada tahun 1982 hingga tahun 1988 baru selesai. Dan ketika pemugaran ditemukan Arca Prajnyaparamita atau dikenal dengan Dewi Kesuburan. Selain Candi Gumpung ini menjadi candi terbesar kedua setelah Candi Kedaton, Candi Gumpung ini juga sebagai candi yang sangat kental pengaruh dari Hindu. Sebenarnya di lokasi Candi Gumpung ini sebenarnya kompleks candi, karena di dalamnya ada 5 buah candi yakni Candi Perwara atau candi penampil, dan juga memilki gapura dan ada bagian bangunan yang diperkirakan dulunya adalah kolam pemandian.

Candi Kedaton

Inilah Candi yang memiliki bangunan paling besar dan juga memiliki kompleks atau halaman candi yang paling luas. Candi Kedaton ini baru saja dipugar dan terlihat bentuk aslinya baru pada tahun 2010. Ketika dalam proses pemugaran atau penggalian candi, ditemukan semacam Belanga yang terbuat dari perunggu, yang menurut peneliti digunakan sebagai ritual keagamaan bagi aliran umat Budha Tantrayana. Dari sisi arsitekturalnya Candi Kedaton ini memiliki gapura dan juga memiliki 3 makara, dan salah satu dari 3 makara tersebut ada pahatan prasasti. Candi yang bangunannya kebanyakan menggunakan batu bata ini menjadi tempat wisata di Jambi yang paling sering dikunjungi wisatawan ketika berada di kompleks percandian.

Candi Kembar Batu

Pemugaran Candi Kembar Batu yang dilakukan pada tahun 1991 ditemukan gong yang terbuat dari perunggu yang berasal dari Cina dan ada tulisan huruf Cina Kuno di dalam gong tersebut. Menurut peneliti dan sejarawan, gong tersebut dipergunakan sebagai tanda dimulainya peperangan dan juga sebagai tanda berhentinya atau berakhirnya peperangan. Di dalam Candi Kembar Batu terdapat Candi Perwara atau candi penampil. Dari arsitekturalnya candi ini tidak terlalu tinggi, tetapi tetap menjadi tempat wisata di Jambi yang cocok buat selfie pastinya.

Candi Koto Mahligai

Lokasi Candi Koto Mahligai ini berada di ujung jika kamu memasuki dari pintu gerbang kompleks percandian dari Danau Lamo. Suasana di Candi Koto Mahligai ini benar-benar masih sangat asri, kamu bisa menemukan banyak pepohonan yang berukuran sangat besar, yang usianya mungkin sudah di atas ratusan tahun. Dan Candi Koto Mahligai ini hanya berupa reruntuhan puing-puing bekas candi yang terlihat bertumpukan. Untuk menuju lokasi tempat wisata di Jambi ini kamu bisa menyewa sepeda yang memang disewakan yang berada di dekat pintu masuk Kompleks Percandian Muaro Jambi.

Candi Telago Rajo

Ada keunikan tersendiri di Candi Telago Rajo ini, jika dibandingkan dengan candi-candi lainnya yang berada di Kompleks Candi Muaro Jambi. Salah satunya adalah terdapatnya Telago Rajo atau kolam pemandian yang khusus untuk raja-raja. Dan hingga kini pun juga masih ada dan tetap terisi oleh air. Dan juga menjadi lokasi favorit para wisatawan buat ngadem, setelah lelah mengelilingi Kompleks Candi Muaro Jambi.

Candi Tinggi

Lokasi Candi Tinggi ini cukup berdekatan dengan Candi Gumpung yang hanya berjarak 200 an meter. Candi Tinggi ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang datang ke tempat wisata di Jambi ini. Mungkin karena menjadi salah satu candi ynag cukup tinggi serta halamannya yang cukup luas dilengkapi dengan pagar. Candi yang dipugar pada tahun 1978 dan ditemukan ada 6 Candi Perwara di dalam kompleks Candi Tinggi. Yang cukup menarik ketika pemugaran ditemukan banyak sekali benda-benda peninggalan, seperti pecahan keramik, potongan besi dan juga perunggu, serta ada batu bata kuno yang bertuliskan huruf Pallawa.

Danau Selewatan

Asal mula dari Danau Selewatan adalah bekas dari pertambangan batubara yang menyisakan kubangan besar yang hingga akhirnya terisi oleh air. Yang sangat menarik adalah air danaunya yang berwarna hijau kebiruan atau warna tosca yang akhirnya menjadi trending topik di kalangan traveler Muaro Jambi. Berawal dari sosmed akhirnya Danau Selewatan ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. Cantiknya warna air Danau Selewatan menjadi spot terbaik untuk selfie. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Desa Sungai Gelam, yang masih berada di wilayah Kecamatan Petaling Jaya.

Gelam Oasis

Tempat wisata di Jambi yang berlokasi di Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di Kecamatan Sungai Gela mini akan memanjakan kamu dengan berbagai wahanan permainan di dalamnya. Seperti wahana air, water boom, kolam pemancinga, VIP boat, flying fox, live music, kafetaria, dan masih banyak lagi. Begitu lengkapnya segala fasilitas yang ada di Gelam Oasis, kini semakin tidak pernah sepi dari pengunjung. Selain menikmati berbagai macam wahana, wisatawan juga bisa menikmati panorama alam dengan menyewa perahu dan berkeliling di danau kecil. 

Kanal Candi Muaro Jambi

Kompleks Percandian Muaro Jambi memang dikelilingi oleh kanal yang sebenarnya cukup lebar dulunya dan juga cukup dalam. Mungkin karena pengaruh sedimentasi dan juga perawatannya yang minim membuat Kanal Candi Muaro Jambi mengalami penyempitan dan juga pendangkalan. Tetapi ketika musim penghujan airnya bisa meninggi, dan bisa juga difungsikan untuk transportasi mengelilingi Kompleks Candi Muaro Jambi. Cukup menarik sebenarnya ketika kamu berada di tempat wisata di Jambi ini. Kamu bisa menikmati panorama alamnya yang masih sangat asri dengan pepohonan yang cukup besar di pinggir kompleks candi dengan menggunakan perahu yang biasanya disewakan di areal Candi Muaro Jambi.

Taman ACI (Alam Citra Indah)

Saalah satu destinasi wisata yang cukup menarik dihadirkan Kabupaten Muaro Jambi, yakni Taman ACI atau Alma Citra Indah. tidak hanya sekedar fasilitas untuk waha air saja yang ada di Taman ACi, tapi juga seperti ruang terbuka hijau yang bisa kamu gunakan untuk bersantai . Jika kamu ingin mencoba yang lebih menantang, ada flying fox yang siap menguji keberanian kamu melayang tinggi di angkasa. Tempat wisata di Jambi ini selain cocok untuk anak muda tapi juga cocok untuk wisata keluarga. Karena di Taman ACI juga ada playground yang siap memanjakan anak-anak. Lokasi Taman Aci ini tepatnya berada di Desa Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu.

Taman Nasional Berbak

Salah satu Taman Nasional di Indonesia yang sangat kaya akan ekosistem dan juga menjadi tempat banyaknya spesies langka adalah Taman Nasional Berbak. Dan Taman Nasional Berbak ini menjadi kawasan konservasi lahan rawa terluas di Asia Tenggara. Untuk cakupan luasnya sendiri tidak hanya di Kabupaten Muaro Jambi saja, tapi juga masuk dalam wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kamu bisa menikmati indahnya Taman Nasional Berbak dengan menggunakan perahu yang disewakan. Tapi tetap menggunakan pemandu karea ada sebagian sungai di Taman Nasional Berbak sebagi rumah buaya muara. Selain melihat beraneka ragam flora kamu juga bisa memantau fauna seperti Harimau Sumatera yang hidup di dalam Taman Nasional Berbak.  Taman Nasional Berbak menjadi salah satu tempat wisata di Jambi yang cukup menyedot perhatian para wisatawan baik domestik maupun asing.

Telago Rajo

Telaga ini berada di dalam Kompleks Percandian Muaro Jambi yang berdekatan dengan Candi Telago Rajo. Tempat wisata di Jambi ini menjadi salah satu lokasi favorit bagi para wisatawan yang mengunjungi Candi Muaro Jambi. Meski telaga ini tidak terlalu luas tapi sungguh asri panoramanya. Banyak pepohonan besar nan hijau yang mengelilingai telaga. Konon katanya telaga ini dulunya didunakan sebagai tempat pemandian para raja. Maka namanya menjadi Telago Rajo. Cukup banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya di Telago Rajo hanya untuk mengambil photo, karena sudah pasti background telaga dengan airnya yang jernih menjadi spot terbaik untuk selfie.

Wisata Agro Pondok Durian

Lokasinya cukup berdekatan dengan Kompleks Candi Muaro Jambi yang tak lebih dari 1 km. Wisata Agro Pondok Durian ketika musimnya panen buah durian cukup banyak wisatawan yang menyambanginya. Dan biasanya setelah lelah mengelilingi Kompeks Percandian Muaro Jambi pasti disempatkan mampir untuk menyicipi durian asli Muaro Jambi. Dan memang buah durian yang berasal dari Muaro Jambi ini cukup terkenal yang memiliki rasa yang manis. Wisata Agro Pondok Durian menambahkan tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi, terutama bagi para traveler yang hobi makan durian.

World of Water Citra Raya

Tempat wisata di Jambi ini surganya para traveler yagn suka akan destinasi wisata wahana. World of Water Citra Raya atau Water Park ini termasuk destinasi wisata terbaru dan juga terluas yang ada di Provinsi Jambi. Mulai dari berbagai macam design kolam renang dan juga tingkat kedalaman yang berbeda-beda semakin memanjakan para wisatawan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa akan dikejutkan dengan berbagai fasilitas wahama air, mulai perosoton , kolam arus, waterboom, dan juga fasilitas pendukung lainnya yang ada di dalam World of Water Citra Raya. Lokasinya sendiri berada di Mendalo, Kabupaten Muaro Jambi.

Tempat Wisata di Sarolangun

Salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi ini sumber banyak memiliki sumber daya alam. Mulai dari batu bara, minyak bumi, hingga emas terkandung di dalam tanah Kabupaten Sarolangun. Selain itu Kabupaten ini juga menjadi jalan lintas Sumatera yang sangat memungkinkan untuk para pelancong selalu mampir di Kabupaten Sarolangun. Dan salah satu yang bisa memikat agar lebih banyak lagi orang yang datang di Kabupaten Sarolangun adalah dari sektor pariwisata. Dan Kabupaten Saaraolangun juga turut menambahkan daftar tempat wisata di Jambi yang cukup menarik untuk dikunjungi berikut ini beberapa destinasi wisata di Kabupaten Sarolangun yang kemungkinan kamu akan sangat berminat untuk mengunjunginya.

Air Terjun Rantau Alai

Meskipun ketinggian Air Terjun Rantau Alai ini tidak begitu tinggi, tapi bukan berarti tidak memiliki pmandangan ayng mengesankan. Derasnya air terjun yang jatuh memberikan nyanyian alam yang menenangkan. Apalagi ketika kamu berendama di dalam kolam yang memiliki kedalaman hingga 2 meter akan membuatmu tidak ingin cepat-cepat pulang. Rindangnya pepohonan di sekelilingnya semakin memberikan panorama yang sungguh memukau. Tidak begitu banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Jambi ini. Lokasinya yang berada di Bukit Bulan, Tepatnya di Kecamatan Limun, Desa Berkun.

Air Terjun Talun Saluro

Bagi traveler yang suka berpetualang ke hutam yang masih sangat alami dan juga menikmati keindahan sungai di dalam hutan yang sungai masih terjaga keasriannya. Mungkin Air Terjun Saluro bisa menjadi destinasi wisata kalian yang menawarkan apa yang ingin kamu nikmati. Membutuhkan waktu tempuh 1 hingga 2 jam berjalan kaki dari desa terdekat menuju tempat wisata di Jambi yang eksotis ini. Air Terjun Talun Saluro benar-benar masih sangat alami dengan ketinggian ari terjunnya yang sedang, tapi derasnya air dan juga jernihnya air menjadi hal utama yang disajikan. Kolamnya yang cukup untuk berendam sembari menikmati keindahaan pepohonan yang lebat dan hijau mengelilingi Air Terjun Saluro. Lokasi wisata Air Terjun Saluro ini tepatnya berada di Desa Sei Keradak, Kecamatan Batang Asai.

Arung Jeram Sungai Batang Asai

Arus asungai yang cukup deras dengan debit air yang cukup stabil setiap tahunnya, menjadikan Sungai Batang Asai sebagai tempat yang tepat untuk olah raga arung jeram. Selain itu di Sungai Batang Asai juga sering diadakan event perlombaan arung jeram. Selain digunakan untuk olahraga arung jeram, panorama yang dihadirkan di sepanjang Sungai Batang Asai ini juga cukup menawan. Kamu juga bisa menyusuri Sungai Batang Asai menggunakan perahu karet dengan didampingi rafter yang professional. Kini Arung Jeram Sungai Batang Asai menjadi tempat wisata di Jambi bagi para traveler yang lebih menyukai tantangan dan menguji adrenalin ini semakin banyak mengundang para wisatawan domestik maupung asing.

Bukit Tembulun

Sarolangun memang memang menyimpan cukup banyak destinasi wisata yang belum tereksplore semuanya. Dan salah satunya, yakni Bukit Tembulun yang berada di kawasan perbukitan yang berada di wilayah Kecamatan Limun. Perbukitan batu Karst ini juga bisa kamu lihat dari beberapa desa, diantaranya Desa Berkun, Desa Napal Lintang, Desa Lubuk Bedorong, dan beberapa Desa lainnya. Selain kamu bisa menikmati panorama alam perbukitan nan hijau, kamu juga bisa berpetualangan di areal perbukitan batu Karst. Karena di area ini juga ada goa, yakni Goa Calo Petak dengan panjang lebih dari 1 km dan juga ada sungai bawah tanah yang merupakan hulu dari Sungai Batanghari.

Danau Biru

Pada awal adanya Danau Biru adalah karena ada aktifitas penambangan batu bara kala itu. Warna biru air yang ada di danau ini benar-benar mengundang begitu wisatawan untuk datang. Karena keunikan dan keeksotisan Danau Biru ini semakin membuat penasara begitu banyak traveler yang datang ke tempat wisata di Jambi ini. Salah satu alasan wisatawan mendatangi adlaah Danau Biru menjadi spot terbiak yang dimiliki oleh Kabupaten Sarolangun.

Goa Calo Petak

Lokasinya yang berada di Kawasan Perbukitan seperti obyek wisata Bukit Tembulun dan juga lokasi arung jeram Sungai Batang Asai. Seharusnya bisa menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, tetapi karena aksesnya yang cukup sulit, tempat wisata di Jambi ini tergolong masih sepi pengunjung. Goa Calo Petak konon katanya panjangnya hingga lebih dari 1 km, inilah surga bagi para traveler yang suka caving. Tetapi perlengkapan yang memadai serta keselamatan juga harus diperhatikan.

Jembatan Beatrix

Tempat wisata di Jambi ini peninggalan dari kolonial Belanda yang dibangun hampir 16 tahun lamanya, dan banyak rakyat Indonesia yang menjadi korban kerja rodi ketika membangun Jembatan Beatrix. Jembatan ini dibangun pada tahun 1923 hingga 1939 dan hingga kini masih berdiri kokoh hanya ada beberapa bagian yang memang butuh perawatan. Warna-warni jembatan pada lengkungan atasnya semakin menambah keunikan Jembatan Beatrix. Dan yang pasti selfie dengan background Jembatan Beatrix sudah pasti hasilnya bakalan baik. Jembatan Beatrix ini sangat cantik ketika malam hari, air Sungai Batang Tembesi yang memantulkan cahaya warna-warni jembatan menjadi obyek wisata cukup favorit yang ada di Kabupaten Sarolangun. Jembatan yang biasa disebut warga lokal sebagai “Jembatan Lamo’ ini sebagai penghubung antara Kampung Pasar Bawah dengan Kampung Sri Pelayang.

Masjid Al-Sulthon

Salah satu masjid termegah yang menjadi kebanggaan masyarakat Sarolangun dan juga disebut-sebut sebagai Masjid Berkubah Emas, itulah Masjid Al-Sulthon. Sebenarnya kubah masjid itu sendiri bukan terbuat dari emas, melainkan hanya logam yang dicat warna emas. Masjid yang arsitekturnya mengambil dari masjid-masjid di TImur Tengah ini juga menjadi tempat wisata di Jambi khususnya wisata religi. Dan berbagai kegiatan keagamaan juga sering dilakukan di Masjid Al Sulthon seperti pengajian, dan jug abaca tulis Al-Qur’an. Lokasi Masjid Al-Sulthon ini berada di Kecamatan Sarolangun, tepatnya di Desa Bernai.

Taman Nasional Bukit Dua Belas

Meskipun ukuran Taman Nasional Bukit Dua Belas ini tergolong cukup kecil yang hanya memiliki luas 605 km². Tetapi ada hal yang sangat menarik yang ada di Taman Nasional Bukit Dua Belas, yakni sebagai tempat tinggalnya Orang RImba, Suku Anak Dalam, dan Suku Kubu. Adanya beberapa Suku Anak Dalam yang mendiami kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas inilah yang menjadikannya sebagai tempat wisata di Jambi yang sangat wajib untuk dikunjungi. Karena dengan adanya mereka yang meninggali kawasan Taman Nasional membuat banyak wisatawan yang berdatangan. Bahkan wisatawan asing pun juga ingin mengenal lebih jauh tentang kehidupan serta adat istiadat suku yang mendiami Taman Nasional Bukit Dua Belas.

Tempat Wisata di Tanjung Jabung Barat

Cukup banyak tempat wisata di Jambi yang beberapa diantaranya berada di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dan pesona alamnya juga tidak kalah jika dibandingkan dengan Kabupaten Kerinci, ataupun Kabupaten Merangin. Kabupaten yang juga berbatasan dengan Provinsi Riau ini juga mampu mendatangkan wisatawan yang tidak hanya dari lokal saja. Tapi wisatawan yang dari luar Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga pada berdatangan. Dan tidak menutup kemungkin kedepannya nanti lebih dikenal di dunia luar dan mendatangkan lebih banyak wisatawan asing.

Ancol Beach Kuala Tungkal

Inilah destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ancol Beach Kuala Tungkal. Destinasi wisata ini hampir seperti taman yang berada di pinggir pantai yang cukup banyak dibangun gazebo-gazebo untuk wisatawan berasantai sembari menikmati panorama pantai dan semilir angin. Di Ancol Beach Kuala Tungkal ini cukup sering diadakan event-event, seperti wvent wisata hingga pasar malam. Lokasinya berada di Tungkal II yang masih dalam wilayah Kecamatan Tungkal Ilir.

Air Terjun Bukit Bawah

Ada keunikan tersendiri ketika kamu mengunjungi obyek wisata di Air Terjun Bukit Bawah. Kebanyakan kolam air terjun berada di bawahnya, tapi Air Terjun Bukit Bawah memiliki keduanya. Tapi memang kamu harus sedikit mendaki agar bisa ke kolam yang berada di atas air terjun. Memang tidak begitu dalam tapi cukup menyenangkan jika dibuat untuk berendam sembari menikmati sejuknya udara dan panorama keasriannya. Tempat wisata di Jambi ini cukup mudah untuk dijangkau kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua untuk mencapai lokasi. Atau jika kamu memiliki jiwa petualang bisa menyusuri sungai yang tidak begitu dalam hingga ke Air Terjun Bukit Bawah. Obyek wisata air terjun ini berada di Desa Bojo dan masih dalam wilayah Kecamatan Tungkal Ulu.

Air Terjun Ratu Calista Irawan

Nama yang sangat unik untuk sebuah air terjun yang biasanya namanya mengikuti desa dimana air terjun tersebut berada. Untuk menuju lokasi Air Terjun Ratu Calista Irawan kamu harus berjalan kaki menyusuri sungai-sungai kecil dan juga membelah belantara hutan. Karena memang akses untuk menuju lokasinya belum begitu tertata atau dibangun. Tapi justru itu tantangannya dan juga kamu akan lebih dekat dengan alam. Dan kebanyakan traveler yang mengunjungi Air Terjun Ratu Calista Irawan ini bakal nge-camp di sekitaran air terjun. Eksotisme air terjun ini benar-benar terlihat meskipun tidak terlalu tinggi tapi kolam di bawahnya sangat lebar yang akan memuaskan hari libur kamu. Dan juga memiliki beberapa tingkatan, tetapi kamu harus sedikit mendaki tebing yang sedikit terjal. Lokasi tempat wisaya di Jambi ini, tepatnya berada di Desa Lubuk Bernai, yang masih berada di wilayah Kecamatan Batang Asam.

Danau Hijau

Tidak hanya di Kabupaten Batanghari saja yang memiliki danau yang berwarna hijau kebiruan atau warna tosca. Tapi Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga memiliki Danau Hijau yang luasnya pun juga cukup lumayan. Kebanyak wisatawan yang datang adalah dari kaum muda yang berburu spot selfie terbaik. Dan memang instagramable banget dengan background danau yang airnya berwarna hijau semakin terlihat eksotis. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Desa Lingkis, dan di dalam wisalayah Kecamatan Renah Mendaluh.

Desa Muara Danau

Diharapkan desa ini bisa menjadi desa wisata ke depannya karena potensi wisatanya juga sangat mumpuni. Bahkan pernah juga diliput oleh televisi nasional dalam acara “Mancing Mania” di sungai Desa Muara Dana. Dan aktifitas memancing masyarakatnya pun cukup unik dan masih sangat tradisional. Yang biasa disebut “Pancing Rakit Buluh”, yang hampir semua peralatan memancingnya sangat tradisional. Selain itu wisatawan juga akan di suguhi panorama alam yang memukau, seperti hutan yang masih sangat rindang dan cukup terjaga keasriannya. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Desa Muara Danau, dan di dalam Kecamatan Renah Mendaluh.

Desa Serdang Jaya

Sebenarnya Desa Serdang Jaya ini hanyalah sekedar desa seperti pada umumnya, namun yang membuatnya menjadi luar biasa adalah menjadi area persebaran Harimau Sumatera. Yang pada akhirnya membuat wisatawan penasaran dan semakin sering mengunjungi Desa Serdang Jaya. Selain itu desa ini juga menghasilkan berbagai makanan olahan yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk keluarga. Desa yang telah berubah menjadi tempat wisata di Jambi ini berada di Kecamatan Betara.

Hutan Mangrove

Menyusuri hutan dengan berjalan kaki dan menyibak rimbunnya belantara mungkin sudah biasa, tapi ketika kamu menyusuri hutan dengan menggunakan sampan itu luar biasanya indahnya. Tidak hanya bisa merasakan riak air yang menggulung kecil, tapi kamu juga bisa menikmati keindahan rerimbunan hutan mangrove. Bagi kamu yang memiliki hobi memancing, cukup banyak ikan yang menghuni hutan mangrove yang siap memakan umpan kailmu. Tempat wisata di Jambi ini salah satunya berada di Desa Tungkal I, dan masih berada di dalam wilayah Kecamatan Tungkal Ilir.

Klenteng Kuan Kong Bio

Tidak hanya wisata alam saja yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tapi juga ada wisata religi khusunya untuk orang TIonghoa. Klenteng Kuan Kong Bio ini memiliki arsitektru yang sangat kental sekali dengan nuansa orientalnya. Seperti halnya warna merah yang mendominasi bangunan peribadatan tersebut. Adanya relief seperti naga yang ada di gaoura depan semakin membuatnya terlihat sangat cantik, dan memang sangat layak menjadi tempat wisata di Jambi, khususnya untuk wisata religi. Lokasi Klenteng Kuan Kong Bio ini berada di Kecamatan Tungkal Ilir, tepatnya berada di Kelurahan Tungkal Harapan.

Pantai Pasir Putih

Lokasinya berada di Kecamatan Tungkal Ilir dan juga cukup dekat dengan Hutan Mangrove. Jika kamu ingin menikmati pantai dengan pasirnya yang putih bersih di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, maka di sinilah tempatnya. Selain itu, cukup banyak event yang di gelar di areal pantai dan juga di kawasan Hutan Mangrove. Seperti balap perahu tradisional, festival nelayan, dan juga lomba memancing. Adanya pantai pasir putih ini menambah daftar tempat wisata di Jambi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Setidaknya mampu menggaet wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Pelabuhan Marina Kuala Tungkal

Mungkin hanya sedikit pelabuhan yang menjadi destinasi wisata serta bisa dinikmati keindahaannya. Tapi bukan untuk Pelabuhan Marina Kuala Tunggal yang memiliki panorama yang cukup indah untuk dihabiskan ketika hari menjelang malam. Kamu akan melihat eksotisme Pelabuhan Marina Kuala Tunggal ketika matahari mulai menyelinap di ufuk barat. Sinar temaramnya menghadirkan eksotisme dan romantisme di Pelabuhan Marina Kuala Tunggal.

Sungai Pangkal Duri

Hobi memancing, coba saja datang di sungai perbatasan antara Kabupaten Tanjung Jabung BaRAT DAN Tanjung Jabung Timur. Inilah Sungai Pangkal Duri yang telah menjadi tempat wisata di Jambi yang wajib untuk dikunjungi. Tidak hanya sekedar menikmati hijaunya hutan mangrove yang berada di sisi kanan dan kiri sungai saja. Tapi kamu juga bisa mencoba peruntungan memancing ikan-ikan besar yang ada di sungai ini. Kamu bisa menyewa perahu milik nelayan tanpa harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Taman Nasional Bukit 30

Tempat wisata di Jambi ini berapa di Kabupaten Tebo, Kabupaten Indragiri Hilir (Provinsi Riau), dan juga berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Berbagai macam flora dan juga fauna hidup di Taman Nasionak Bukit 30. Seperti Harimau Sumatera dan juga beruang madu hidup di tengah hutan Taman Nasionak Bukit 30. Kamu bisa menggunakan pemandu wisata untuk menikmati berbagai flora dan fauna di dalam hutan. Bisa juga trekking maupun menggunakan perahu motor mengelilingi sungai di kedalaman hutan benar-benar pengalaman yang sangat menakjubkan. Lokasi Taman Nasional Bukit 30 ini berada di Kecamatan Batang Asam.

Water Front City

Ingin menikmati keindahan sunset di Provinsi Jambi? Datanglah ke Water Front City yang berada di Kuala Tungkal. Memang kalau berbicara tentang pantai pasti salah satunya adalah pasir putih, dan itu tidak akan kamu temukan di Water Front City. Meski tidak memiliki pasir berwarna putih, tapi tetap memiliki pesonanya sendiri. Ketika hari menjelang senja disaat detik-detik cahaya matahari berganti cahaya lampu, maka disitulah eksotisme dari tempat wisata di Jambi satu ini. Cukup banyak wisatawan yang bersantai di Water Front City sembari menikamti sunset dan juga melihat barang-barang bekas yang dijajakan sekitar obyek wisata nan eksotis ini.

Tempat Wisata di Tanjung Jabung Timur

Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini kondisi geografisnya sedikit berbeda jika dibandingkan Kabupaten dan Kota lainnya yang ada di Provinsi Jambi. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kepulauan Riau dan juga Laut China Selatan ini termasuk kawasan hinterland. Atau kawasan segitiga pertumbuhan ekonomi, Singapura, Batam, dan Johor. Dan ini sangat memungkinkan menjadikannya pintu gerbang masuknya wisatawan ke Kabupaten Tanjung Jabung Timur sendiri maupun ke tempat wisata di Jambi lainnya yang banyak bertebaran di di setiap Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.

Hutan Bakau Pantai Timur

Ada dua alternatif untuk menikmati keindahan hutan bakau yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dengan cara berjalan kaki sembari menikmati sejuknya udara yang ada di hutan bakau, atau menggunakan perahu motor. Jika kamu ingin sembari memancing di dalam hutan bakau kamu bisa menggunakan perahu motor yang siap mengantar kamu mencari spot memancing terbaik di Hutan Bakau Pantai Timur. Yang cukup banyak biota laut yang hidup di hutan bakau ini adalah kepiting dan udang galah.

Kampung Laut

Tidak hanya sekedar kampung yang berdiri di pinggi pantai saja, tapi kamu juga bisa menikmati panorama laut dan juga Pantai Kampung Laut. Mungkin waktu menjelang senja akan lebih cocok untuk mengunjungi Kampung Laut, sembari menikmati eksotisme redupnya sinar matahari bebarengan dengan semilir angin di Pantai Kampung Laut. Yang cukup unik di Kampung Laut adalah ada agenda tahunan Festival Kampung Laut seperti halnya acara tahunan yang ada di Pantai Parangtritis Jogja. Event tahunan ini justru lebih banyak menyedot para wisatawan yang dari luar Kabupaten Tanjung Jabung TImur untuk datang ke tempat wisata di Jambi ini. Untuk lokasi tepatnya berada di Desa Kampung Laut, dan berada di dalam wilayah Kecamatan Kuala Jambi.

Makam Orang Kayo Hitam

Inilah tempat wisata di Jambi yang merupakan destinasi wisata religi yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Makam Orang Kayo Hitam ini hampir tidak pernah sepi dari para peziarah dan di dalamnya juga ada makam kakaknya, yakni Orang Kayo Pingai. Orang Kayo Hitam ini memang sangat melegenda karena dia berani menentang Kerajaan Mataram yang kala itu selalu meminta upeti terhadap Kerajaan Melayu. Dan Orang Kayo ini selalu mencegat upeti yang hendak dikirim oleh Raja Kerajaan Melayu yang tak lain adalah kakaknya. Karena menurut beliau Kerajaan Melayu adalah kerajaan yang berdaulat dan tidak akan pernah tunduk kepada kerajaan manapun. Dan uniknya lagi Makam Raja Melayu Jambi yang memerintah pada tahun 1500 – 1515 ini memiliki ukuran panjang 4,8 meter. Untuk lokasi Makam Orang Kayo Hitam ini berada di Kecamatan Berbak, tepatnya di Desa Berbak.

Pantai Air Hitam Laut

Destinasi wisata di Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini cukup unik, yakni Pantai Air Hitam Laut. Kebanyakan pantai biasanya berpasir putih dan air lautnya pun juga berwarna biru, tapi tidak di pantai ini. Pasir pantainya yang berwarna hitam justru membuat wisatawan sedikit agak heran, tapi jangan khawatir pantainya pun juga tetap bersih. Dan yang lebih menariknya lagi Pantai Air Hitam Laut ini juga dekat dengan Pantai Cemara dan Taman Nasional Berbak. Pantai ini menjadi tempat wisata di Jambi satu-satunya yang memiliki pasir pantai yang berwarna hitam. Lokasi Pantai Air Hitam Laut ini berada di Desa Air Hitam Laut yang masih di wilayah Kecamatan Sadu.

Pantai Cemara

Ada yang menarik di Pantai Cemara ini, kamu bisa melihat secara langsung ratusan burung camar yang biasa mencari ikan di pinggiran Pantai Cemara. Meskipun pantai ini tidak memiliki pasir putih, tapi tetap saja banyak wisatawan yang datang, apalagi ketika hari libur. Selain itu berjajarnya pohon cemara yang ada di pinggir pantai menjadi tempat teduh bagi wisatawan yang tidak ingin terlalu kepanasan di pantai. Tempat wisata di Jambi yang cukup berdekatan dengan obyek wisata Taman Nasional Berbak ini berada di Kecamatan Sadu.

Pulau Berhala

Sebenarnya hingga saat ini Pulau Berhala secara administratif masuk di dalam Provinsi Kepulauan Riau yang sah berdasarkan keputusan MK tahun 2013. Tapi dengan diangkatnya Gubernur baru Zumi Zola dengan kampanyenya ingin mengembalikan Pulau Berhala ke dalam Kabupaten Tanjabtim dan Provinsi Jambi. Maka admin memasukkan Pulau Berhala ke dalam daftar tempat wisata di Jambi khususnya di Kabupaten Tanjabtim. Untuk menuju lokasi Pulau Berhala hanya membutuhkan waktu sekitar 45 hingga 60 menitan dati Kabupaten Tanjabtim.  Tidak diragukan lagu Pulau Berhala benar-benar menyimpan segalanya, pasir putih, birunya air laut, keindahan bawah lautnya yang memukau menjadi sajin utama di Pulau Berhala.

Pulau Penyu

Lokasi Pulau Penyu tidak begitu jauh dari Pulau Berhala, dan memang kebanyakan wisatawan selalu mampir di Pulau Penyu setelah dari Pulau Berhala, dan juga sebaliknya. Pulau Penyu memang sangat terkenal dengan area konservasi penyu langka, jadi memang penyu yang ada di pulau ini dilindungi oleh pemerintah dan sangat dilarang keras mengambil telur penyu. Yang cukup menarik adalah ketika sudah mulai musim bertelur, cukup banyak sekali penyu yang datang di malam hari untuk bertelur di seputaran pantai Pulau Penyu. Selain itu tempat wisata di Jambi ini juga menawarkan keindahan alam bawah lautnya. Selain berenang di pantainya kamu juga bisa bersnorkeling ria di pantai Pulau Penyu.

Taman Nasional Berbak

Memang secara administratif Taman Nasional Berbak ini berada di dua Kabupaten, yakni Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muaro Jambi. Dan telah menjadi tempat wisata di Jambi yang mendunia, karena memiliki hutan rawa paling luas di Asia Tenggara. Hal ini memungkin banyaknya flora dan juga fauna yang ada di dalam Taman Nasional Berbak. Di dalam hutannya salah satu hewan yang mendiami adalah Harimau Sumatera yang sudah dalam kategori punah. Kamu bisa menikmati keindahan Taman Nasional Berbak dengan cara trekking atau menggunakan perahu motor yang banyak di sewakan di Taman Nasional Berbak.

Taman Selaras Pinang Masak

Sangat jarang memang pinggiran jembatan besar disulap menjadi destinasi wisata menarik. Tapi tidak untuk Kabupaten Tanjabtim yang menyulap pinggiran jembatan menjadi taman yang benar-benar cantik. Taman Selaras Pinang Masak ini sudah menjadi ikon dari Kabupaten Tanjabtim dan memang sangat ampuh menyedot perhatian warga luar Tanjabtim ketika melintasi Jembatan Muarasabak. Fasilitas di dalamnya pun juga cukup lengkap, seperti adanya area untuk berolahraga, taman bermain, dan juga kafetaria yang semakin membuat betah para wisatawan yang datang. Adanya Taman Selaras Pinang Masak ini semakin membuat daftar panjang tempat wisata di Jambi yang wajib untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Tebo

Tidak mau kalah dengan Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Jambi, Kabupaten Tebo juga menyuguhkan beberapa tempat wisata andalannya. Dan beberapa diantaranya menjadi tempat wisata di Jambi yang cukup dikenal begitu banyak wisatawan, salah satunya adalah Taman Nasional Bukit 30. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan dua provinsi, Sumatera Barat dan Provinsi Riau ini juga masih menyimpan begitu banyak destinasi wisata yang belum terkesplore. Dan berikut ini beberapa daftar destinasi wisata menarik yang masih tersimpan di dalam Kabupaten Tebo.

Air Terjun Bukit Bakar

Kesan alami nan sejuk sangat jelas diperlihatkan Air Terjun Bukit Bakar. Belum lagi ornamen pahatan alami bebatuan di samping kanan kiri air terjun semakin menambah eksotisme Air Terjun Bukit Bakar. Cuman akses untuk menuju lokasi tempat wisata di Jambi ini memang mengharuskan kamu untuk berjalan kaki dari setempat. Yakni Desa Lubuk Mandrasah yang masih ebrada di dalam Kecamatan Tengah Ilir.

Air Terjun Bukit Rinting

Masih berada di desa yang sama yakni Desa Muara Kilis yang memang memiliki dua air terjun yang sama-sama memiliki pesona yang sangat unik. Selain Air Terjun Gajah Mati ada juga Air Terjun Bukit Rinting. Yang cukup menarik ketika berada di tempat wisata di Jambi ini adalah adanya beberapa kolam yang bisa buat berendam. Udara yang sangat sejuk, pepohonan yang rindang semakin menghiasi lokasi Air Terjun Bukit Rinting. Belum lagi ornamen dindingnya yang berasal dari fosil kayu semakin menambah eksotisme Air Terjun Bukit Rinting.

Air Terjun Gajah Mati

Begitulah masyarakat dusun makmur menjuluki air terjun yang penuh akan keunikan ini. Cukup unik karena pada umumnya dinding air terjun biasanya dari bebatuan, tapi berbeda dengan Air Terjun Gajah Mati. Dinding yang ada di air terjun ternyata fosil kayu yang sudah berumur berjuta-juta tahun lamanya. Tempat wisata di Jambi ini tergolong masih sangat baru, yang artinya baru saja ditemukan oleh warga, jaraknya lumayan jauh dari dese terdekat yang mengharuskan para traveler berjalan kaki menikmati panorama hutan yang masih sangat alami. Air Terjun Gajah Mati semakin menarik karena adanya kolam di bawahnya yang cukup lebar dengan tingkat kedalaman sedang akan semakin memanjakan wisatawan yang datang. Lokasi Air Terjun Gajah Mati ini berada di Dusun Benteng Makmur, yang masih berada di Desa Muara Kilis dan Kecamatan Tengah Ilir.

Air Terjun Pandeman

Ada yang unik ketika kamu mengunjungi Air Terjun Pandeman yakni tebing dimana air terjun itu berada. Seolah-olah bentuk tebingnya telah terkikis oleh air berjuta-juta tahun lamanya, bentuknya juga mengerecut semakin kecil ke atas. Air terjun ini cukup tinggi da dihiasi cukup banyak tanaman yang ada di tebing, begitu juga kolamnya yang benar-benar mengundang para traveler untuk segera nyebur. Tempat wisata di Jambi ini cukup lumayan jauhnya, dan mengharuskan kamu untuk berjalan kaki melewati sungai kecil maupun hutan belantara. Dan memang sangat diwajibkan untuk memakai pemandu dari desa setempat. Lokasi Air Terjun Pandeman ini tepatnya berada di Desa Pandeman, yang masih berada di dalam Kecamatan Tengah Ilir. Dan membutuhkan waktu setidaknya 4 hingga 5 jam perjalanan dari pusat Kota Muara Tebo.

Air Terjun Sungai Karang

Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tebo ini tergolong masih baru dan baru ditemukan oleh para penjelajah yang lokasi tepatnya berada di Desa Sungai Karang, yang masuk dalam Kecamatan VII Koto Ilir. Air terjun yang berada di tengah hutan ini masih sangat alami dan menjadi tempat wisata di Jambi yang cocok buat para pecinta alam atau suka petualangan. Karena lokasinya yang berada di dalam tengah hutan mengharuskan kamu menggunakan pemandu dari desa setempat. air terjun dengan ketinggian 5 meter dan kolam di bawahnya terlihat begitu sempurna dan juga cocok untuk nge-camp agar lebih dekat dengan alam.

Balai Adat Tebo

Gedung yang memiliki arsitektur yang sangat khas adat Jambi, ini berdiri dengan sangat megahnya. Balai Adat Tebo ini dipergunakan untuk rapat berbagai masalah yang berhubungan dengan adat yang biasanya dihadiri oleh beberapa pemangku adat. Saat ini cukup banyak aktifitas yang biasa di lakukan di Balai Adat mulai dari aktifitas keagamaan dan juga berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan. Selain itu Balat Tebo yang arsitekturnya cukup khas ini diharapkan ke depannya bisa menjadi tempat wisata di Jambi yang mampu menyedot wisatawan yang ingin melihat lebih dekat tentang kebudayaan yang ada di Kabupaten Tebo. 

Bendungan Pagar Puding

Pembangunan awal dari Bendungan Pagar Puding ini sebenarnya tidak diperuntukkan sebagai obyek wisata buatan, tapi lebih dipergunakan untuk mengairi persawahan sekitar bendungan. Akan tetapi karena keasrian alamnya yang ada di pinggir bendungan ini cukup mendukung, akhirnya menjadi tempat wisata alternatif yang ada di Kabupaten Tebo. Pepohonan di pinggirnya yang rindang berpadu dengan perbukitan sedang semakin menambah keindahan Bendungan Pagar Puding. Potensi wisata yang cukup layak ini akhirnya menambahkan daftar tempat wisata di Jambi yang layak untuk dikunjungi. Lokasi Bendungan Pagar Puding itu sendiri berada di Desa Pagar Puding yang masih di dalam wilayah Kecamatan Tebo Ulu.

Benteng Lamo

Salah satu cagar budaya yang dimiliki Kabupaten Tebo adalah Benteng Lamo, yakni benteng peninggalan kolonial Belanda. Dahulu digunakan oleh para tentara Belnada sebagai pertahanan atas berbagai serangan dari para pejuang Tanah Air. Selain itu Benteng Lamo ini juga digunakan untuk keperluan logistik selama masa pendudukannya di Kabupaten Tebo. Namun sangat disayangkan tempat wisata di Jambi ini tidak begitu diperhatikan dan banyak ditumbuhi semak-semak belukar. Padahal Benteng Belanda ini sebagai bukti sejarah dan juga sebagai benda peninggalan sejarah. Lokasi Benteng Lamo ini berada di Muara Tebo, dan juga masih ada benteng-benteng Belanda lainnya yang ada di sudut-sudut Kota Muara Tebo.

Goa Harimau

Tidak jauh dari lokasi wisata Air Terjun Gajah Mati ada goa yang bernama Goa Harimau dan Goa Kelelawar, dan memang kebanyakan yang menghuni goa ini adalah kelelawar. Sebenarnya masih ada beberapa goa lagi di lokasi yang sama, cuman dari segi ukurannya sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan Goa Harimau dan Goa Kelelawar. Tempat wisata di Jambi ini memang cocok bagi para pecinta alam terutama traveler yang suka banget sama aktifitas seperti caving. Lokasi tepatnya berada di Desa Muara Kilis yang masih berada di dalam Kecamatan Tengah Ilir.

Danau Cermin Alam

Penamaan destinasi wisata yang sangat tepat sesuai dengan kemilau aslinya dari Danau Cermin Alam yang ada di Desa Cermin Alam, yang berada di wilaayah Kecamatan VII Koto. Di Danau Cermin Ala mini selain memiliki pesona yang benar-benar alami, seperti dihiasi rerumputan nan hijau yang tepat berada di pinggir danau dan juga rindangnya pepohonan. Menjadikannya spot selfie terbaik yang ada di Kabupaten Tebo. Background air danau yang berpadu dengan hijau rerumputan dan tanaman padi yang sudah mulai menguning membuat gradasi alam nan cantik. Dan yang pasti tempat wisata di Jambi ini instagramable banget dan bakalan dapat likes banyak dah.

Danau Hijau

Sama seperti di beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi yang juga memiliki danau yang airnya berwarna hijau kebiruan atau warna tosca. Pada umumnya timbulnya air danau yang berwarna hijau atau biru ini karena bekas dari pertambangan, dan salah satunya adalah tambang batubara. Danau Hijau yang berada di Desa Suo-Suo yang masih di dalam wilayah Kecamatan Sumay. Danau Hijau ini menambah daftar tempat wisata di Jambi terutama wisata yang cukup unik dan juga spot selfie terbaik yang ada di Kabupaten Tebo.

Danau Sigombak

Potensi wisata Danau Sigombak ini cukup besar, tidak hanya sekedar wisata alam saja, sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata sejarah atau budaya yang berada di area Danau Sigombak. Seperti makam Rja-Raja Jambi dan juga candi-candi peninggalan dari Kerajaan-Kerajaan yang pernah berdiri di tanah Jambi. Tempat wisata di Jambi ini banyak yang menjulukinya sebagai Danau Tobanya Kabupaten Tebo. Karena Danau Sigombak memiliki pulau yang berada di tengahnya dengan luasnya sekitar 15 hektar semakin membuat penasaran wisatawan ingin mengunjunginya. Lokasi Danau Sigombak ini berada di Desa Teluk Kembang Jambu yang juga telah ditetapkan menjadi desa wisata yang ada di dalam Kecamatan Tebo Ulu.

Goa Hantu

Ketika kamu mengunjungi Taman Nasionak Bukit 30 tidak hanya sekedar menikmati beragamnya flora yang ada di dalamnya. Kamu bisa menikmati berbagai macam keindahan alam yang banyak ditemukan di dalam Taman Nasional Bukit 30. Dan salah satunya adalah Goa Hantu, goa yang berbentuk vertikal ini memang tidak terlalu tinggi, tapi ornamen bebatuan yang ada di dalam goa bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Setidaknya ketika kamu berada di dalam tempat wisata di Jambi ini bisa mengabadikan momen wisata kamu ketika berada di Taman Nasional Bukit 30.

Jembatan Jihan

Unik, eksotik, ikonik, dan cantik itulah gambaran destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi yang ada di Kabupaten Tebo. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Desa Betung, dan di dalam Kecamatan Tebo Ilir. Waktu yang tepat jika kamu ingin mengunjungi Jembatan Jihan adalah ketika masa tanam padi dan sebelum panen. Kamu akan merasakan indahnya berdiri di atas jembatan kaya tepat di tengah area persawahan. Jembatan Jihan memang menjadi spot fotografer terbaik yang mencari background alam persawahan. Lokasi wisata ini juga sangat pas yang pengin photo prewed atau buat koleksi di akun instagram.

Kebun Raya Bukit Sari

Inilah salah satu andalan destinasi wisata yang di miliki Kabupaten Tebo yakni Kebun Raya Bukit Sari. Untuk luasnya sendiri ada sekitar 435 hektar jauh lebih luas jika dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor. Beraneka ragamnya flora yang ada di dalam Kebun Raya Bukit Sari ini mengundang begitu banyak wisatawan asing tiap tahunnya. Mulai dari para peneliti hingga sekedar wisatawan asing yang ingin mencoba lebih dekat dan menyatu dengan alam di Kabupaten Tebo. Dan memang kebun raya ini menambah daftar tempat wisata di Jambi yang cukup mengundang begitu banyak wisatawan. Hal ini karena berbagai macam flora seperti pohon meranti, jelutung, kenari, dan lainnya bisa kamu temukan disini dengan umurnya yang sudah cukup tua. Belum lagi berbagai fauna seperti berbagai jenis burung yang menghuni Kebun Raya Bukit Sari.

Makam Sultan Thaha Syaifudin

Meskipun masih banyak orang yang meyakini bahwa Makam Sultan Taha Syaifudin ini ada yang di Desa Betung Berdarah, dan ada juga yang di Dusun Tanah Garo. Tapi dari pemerintah Kabupaten Tebo menetapkan di Muara Tebo yang kini menjadi tempat wisata di Jambi khususnya wisata ziarah dan juga sejarah. Sultan Thaha Syaifudin adalah pahlawan nasional dan juga Sultan terakhir dari Kesultanan Jambi. Beliau wafat dalam pertempuran sengit melawan Belanda di pertempuran Sungai Aro pada 26 April 1904. Untuk lokasi makamnya berada di dalam Taman Tanggo Rajo, jadi selain berziarah kamu juga bisa berwisata menikmati panorama indah Sungai Batanghari.

Masjid Agung Tebo

Inilah tempat ibadah bagi umat Islam yang menjadi kebangga masyarakat Kota Muara Tebo. Masjid ini tampak berdiri megah dengan pilar menara yang ada di sebelah kanan dan kiri masjid. Cukup sering aktifitas atau kegiataan keagamaan yang dilaksanakan di Masjid Agung Muara Tebo. Karena itulah Masjid ini juga difungsikan sebagai Islamic Center yang ada di Kabupaten Tebo. Arsitekturnya yang terlihat adanya perpaduan antara timur tengah dengan Melayu ini membuatnya tidak pernah sepi. Selain menjadi tempat peribadahan umat Islam juga sebagai tempat wisata di Jambi, khususnya wisata religi.

Pemandian Air Panas Sungai Bengkal

Sumber air panas yang ada di Sungai Bengkal ini termasuk sumber air panas non vulkanik. Dalam artian air panas yang keluar tidadk meningmbulkan bau belerang, yang biasanya cukup menyengat dan membuat wisatawan tidak nyaman. Pemandian Air Panas Sungai Bengkal ini tidak menimbulkan bau, dan bahkan sangat cocok untuk terapi kesehatan, mulai dari penyakit kulit hingga rematik. Meskipun saat ini tempat wisata di Jambi ini sedang dibangun dan dibuat lebih layak agar semakin banyak wisatawan yang datang. Lokasi Pemandian Air Panas Sungai Bengkal ini berada di Kecamatan Tebo Ilir, tepatnya di Kelurahan Sungai Bengkal

Sungai Batanghari Mengupeh

Destinasi wisata yang sedikit berbeda kali ini, yakni di Sungai Batanghari tepatnya yang melintasi Desa Mengupeh, yang ada di dalam Kecamatan Tebo Ilir. Hamparan pasirnya yang di pinggir sungai luasnya seperti pantai. Ketika tidak musim penghujan aliran Sungai Batanghari terlihat begitu jernih yang membuat para traveler semakin tidak tahan untuk nyebur. Kamu juga bisa menggunakan ban dan melakukan kegiatan menyusuri sungai, atau hanya sekedar bersantai di atas pasir pinggir sungai. Sebenarnya masih belum banyak para traveler yang mengetahui tempat wisata di Jambi yang berada di Desa Mengupeh ini. Jadi jika kamu ingin suasana yang dama mungkin Sungai Batanghari Mengupeh lokasi yang tepat buat kamu.

Taman Nasional Bukit 30

Tidak hanya Provinsi Riau dan juga Kabupaten Tanjung Jabung Timur saja yang memiliki Taman Nasional Bukit 30. Tapi Kabupaten Tebo juga merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit 30 sebagai salah satu destinasi andalan yang dimilikinya. Berbagai macam flora dan fauna hidup di tengah hutan lindung ini, dan salah satunya adalah Harimau Sumatera. Salah satu fauna yang benar-benar bisa menggaet wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Jambi ini. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menemui  Suku Anak Dalam atau Suku Kubu, Suku Melayu Tua, dan juga Suku Talang Mamak. Kamu bisa mengenali lebih dekat dan juga adat istiadatnya yang bisa kamu temui di Dusun Suo-Suo yang masih dalam wilayah Kecamatan Sumai.

Taman Tanggo Rajo

Suasana sangat asri disuguhkan obyek wisata Taman Tanggo Rajo yang berada tepat di pinggir Sungai Batanghari. Cukup banyak gazebo yang dibangun di dalam taman yang bisa untuk bersantai para wisatawan sembari menikmati panorama Sungai Batanghari. Ada juga ruang terbuka hijau seperti pertamanan dengan berbagai fasilitas seperti wifi atau hotspot semakin membuat betah wisatawan yang mau selfie lalu upload ke instagram dan tentu saja gratis. Di tempat wisata di Jambi ini traveler yang hobi memancing pun bisa tersalurkan, lokasinya yang di pinggir Sungai Batanghari bisa juga menjadi spot memancing terbaik. Selain itu kamu juga bisa berziarah di Makam Pahlawan Nasional Sultan Thaha Syaifudin. Taman Tanggo Rajo ini tepatnya berada di Jalan Raden Ciluk, Kota Muara Tebo.

Ujung Tanjung

Inilah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tebo yang memiliki keunikan tersenderi, yakni Ujung Tanjung. Di lokasi inilah bertemunya Sungai Batanghari dengan Sungai Tebo. Panorama akan semakin menarik ketika hari sudah mulai senja dan temaramnya sinar matahari sudah mulai berganti dengan lampu-lampur yang menghiasi sekelilingnya. Apakah istagramable?? Ya kalau itu sudah pasti, tempat wisata di Jambi yang memiliki background cukup unik seperti pas di aliran bertemu kedua Sungai tesebut.  Lokasi tempat wisata di Jambi yang bisa dijadikan spot memancing juga ini berada di Muara Tebo.

Tempat Wisata di Kota Jambi

Kota yang memiliki semboyan “Tanah Pilih Besako Betuah” ini cukup banyak menyimpan wisata alam maupun wisata buatan yang akan memanjakan siappun yang datang di Ibu Kota Provinsi Jambi. Dan salah satu wisata buatan seperti Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy membuat decak kagum siapapun yang melihatnya.  Belum lagi potensi tempat wisata di Jambi yang belum tereksplore semuanya yang beberapa diantara menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kota Jambi.

Danau Sipin

Jika kamu ingin melihat keindahan Danau Sipin waktu yang tepat memang ketika pagi hari dimana, matahari baru mengeluarkan sinarnya, dan juga ketika sinar matahari mulai redup. Kamu akan melihat eksotisme dari Danau Sipin yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Jambi. Tak heran juga danau ini menjadi tempat wisata di Jambi yang cukup favorit ketika akhir pekan. Cukup banyak wisatawan yang bersantai di pinggir danau, ada juga yang mencoba peruntungan memancing di sekitaran danau. Lokasi Danau Sipin ini berada di wilayah Kecamatan Telanai Pura yang tidak begitu jauh dari Pusat Kota Jambi.

Jambi Paradise

Tempat wisata di Jambi ini tergolong destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai macam wahana bermain. Mulai dari berbagai macam wahana air, mulai dari speed boat, perahu besar maupun kecil yang siap mengantar kamu mengelilingi danau. Ada yang paling menarik di Jambi Paradise, yakni Flying Fox dengan panjang sekitar 250 meter. Dan menjadi salah satu favorit wisatawan yang mengunjungi Jambi Paradise. Bagaimana merasa tertantang dan ingin menguji adrenalin kamu mencoba flying fox paling panjang di Provinsi Jambi? Untuk lokasinya sendiri, Jambi Paradise ini berada di Kecamatan Sungai Gelam, tepatnya di Simpang Acai.

Jembatan Makalam

Salah sati spot yang juga sangat ikonik dengan Kota Jambi adalah Jembatan Makalam, bahkan untuk penamaannya sendiri diambil dari nama Gubernur pertama Provinsi Jambi. Namun ada juga yang mengatakan Makalam diambil dari kepanjangan Makam Lama. Jembatan yang didominasi warna merah ini mungkin terlihat biasa ketika siang hari, tapi jika malam hari cahaya lampu yang ada di Jembatan Makalam semakin membuat jembatan ini terlihat begitu indahnya. Tidak hanya sebagai tempat wisata di Jambi saja, tapi juga sebagai tempat nongkrong anak-anak muda Jambi. Paling tidak ketika kamu berada di jembatan yang panjangnya 500 meter ini bisa menjadi spot selfie yang cukup oke dengan background sinar lampu jembatan.

Jembatan Pedestrian

Inilah tempat wisata di Jambi yang paling baru, yakni Jembatan Pedestrian. Arsitektur dari jembatannya yang menggukan teknologi gantung membuat decak kagum wisatawan yang menikmati kemegahan Jembatan Pedestrian. Jembatan yang melintasi Sungai Batanghari ini memiliki panjang 530 meter dan menyerupai huruf “S”. kamu bisa menikmati kemegahan Jembatan Pedestrian di samping jemabatan sambil menikmati berbagai macam kuliner yang disajikan. Atau bisa juga menikmati panorama senja di tengah Jembatan Pedestrian.

Kampoeng Radja Family Park

Destinasi wisata keluarga yang juga menjadi andalan dari Kota Jambi adalah Kampoeng Radja Family Park. Dan memang konsep dari pembangunan tempat wisata di Jambi ini lebih dikhususkan untuk wisata keluarga dan juga anak-anak. Sangat terlihat wahana bermaianan mulai dari kereta api mini, gokart, dan berbagai macam wahana air yang akan memanjakan wisatawan khususnya untuk anak-anak. Apalgi dengan adanya kolam air, ini yang paling dicari semua anak-anak untuk bermain air sepuasnya. Lokasi Kampoeng Radja Family Park ini berada di Jalan Jemabatan Makalam, Kota Jambi.

Kebun Binatang Taman Rimbo

Salah satu destinasi wisata keluarga yang ada di Jambi yang bisa menyedot lebih banyak wisatawan adalah Kebun Binantang Taman Rimbo. Lokasinya yang berdekatan dengan bandara menjadi lokasi yang strategis, setidaknya wisatawan yang baru tiba di Jambi tidak membutuhkan perjalanan yang memakan watu lagi. Karena lokasi yang berdekatan dengan bandara banyak yang menyebutnya sebagai Airport Zoo. Koleksi fauna yang ada di kebun binatang ini cukup lengkap, seperti rusa, gajah, dan juga harimau Sumatera. Tempat wisata di Jambi ini tidak hanya sekedar melihat faunanya saja, tetapi cukup banyak unsur edukatifnya bagi anak-anak yang akan lebih mengenal satwa yang ada di Kebun Binatang Taman Rimbo.

Klenteng Siau San Teng

Salah satu bangunan yang sudah berumur atau bangunan tua yang ada di Kota Jambi adalah Klenteng Siau San Teng. Klenteng ini dibangun pada tahun 1805 sebagai rumah peribadatan bagi umat Konghucu yang ada di Kota Jambi. Sebenarnya jika dilihat dari umurnya sudah menjadi cagar budaya yang hingga kini masih berdiri kokoh. Dominan warna merahnya dan perpaduan warna kuning pada atap Klenteng begitu tampak megahnya. Tak heran juga akhirnya menjadi tempat wisata di Jambi yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Lokasi Klenteng Siau San Teng ini berada di Kecamatan Jelutung, tepatnya di Kelurahan Cempaka Putih.

Kolam Renang Tepian Rajo

Salah satu destinasi favorit masyarakat Kota Jambi dan juga temasuk kategori wisata keluarga yang juga menjadi favorit anak-anak. Sudah pasti anak-anak bakalan suka ketika meraka berada di Kolam Renang Tepian Rajo. Tidak hanya sekedar kolam saja, tapi fasilitas wahana airnya juga cukup lengkap seperti adanya perosotan dan juga adanya waterboom yang paling ditunggu-tunggu para pengunjung. Tempat wisata di Jambi ini biasanya sangat ramai ketika musim liburan terkadang hingga ribuan pengunjung, nyaris tidak ada lagi kolam yang tidak bisa buat berenang karena terlalu padatnya wisatawan. Lokasi Kolam Renang Tepian Rajo ini tidak begitu jauh dari Pusat Kota Jambi, jadi cukup mudah untuk menjangkaunya.

Masjid Agung Al Falah

Siapa orang Muslim yang tidak tahu Masjid Seribu Tiang?? Itulah julukan dari Masjid Agung Al Falah yang kini tidak hanya sebagai tempat peribadahan saja, tapi juga tempat wisata di Jambi khususnya wisata religi dan juga berbagai aktifitas keagamaan. Dan yang semakin membuat kita kagum adalah sayembara dari arsitektur masjid ini justru dimenangkan oleh orang non Muslim. Inilah sebuah keindahan dari kerukunan umat beragama di negeri ini yang seharusnya sampai kapan pun juga dijaga. Ketika kamu mulai memasuki interior Masjid Agung Al Falah begitu indah nan megah. Tak heran juga jika banyak wisatawan dari luar Jambi selalu mengunjungi Masjid yang kubahnya mirip dengan Taj Mahal ini.

Masjid Ikhsaniyyah

Inilah masjid tertua yang ada di Kota Jambi yang juga warisan dari pemilik Rumah Batu Olak Kemang, yakni Sayyid Idrud bin Hasan Al-Jufri. Peletakan batu pertama pembangunan masjid ini pada tahun 1880 yang juga dikenal sebagai Masjid Batu oleh masyarakat lokal Jambi. Meskipun cukup banyak perombakan pada bangunan masjid, tetapi arsitekturnya tetap utuh hingga sekarang ini. Dan tepat di depan Masjid Ikhsaniyyah ada sebuah makam, yang tak lain makam Sayyis bin Hasan Al-Jufri. Ada yang unik tentang Masjid Ikhsaniyyah ini, yakni selain sebagai tempat peribadatan umat Islam juga sebagai tempat untuk mencari kebenaran. Sebagai contoh untuk menyelesaikan berbagai persoalan, seperti tuduhan pencurian, penyelesaian sengketa tanah, atau tuduhan-tuduhan lainnya. Konon katanya siapa yang nanti berbohong akan terkena bencana. Untuk lokasi masjid yang juga menjadi tempat wisata di Jambi ini berada di Kecamatan Danau Teluk, tepatnya di Kelurahan Olak Kemang.

Menara Gentala Arasy

Satu lagi bangunan yang sangat identik dengan Kota Jambi adalah Menara Gentala Arasy. Menara dengan arsitektur yang sangat kental akan nuansa Islami ini memang sebagai museum Islam yang ada di lantai dasar. Di lantai inilah awal mulanya Islam masuk ke tanah Jambi, mulai dari runtuhnya Kerajaan-Kerajaan sebelum Islam hingga berdirinya Kesultanan Jambi dikisahkan sangat detail di museum Menara Gentala Arasy. Yang kamu harus coba ketika berada di tempat wisata di Jambi ini adalah di bagian menara paling atas. Kamu bisa melihat keindahan dari Jembatan Pedestrian, Sungai Batanghari, dan juga tata Kota Jambi. Dan tempat wisata di Kota Jambi ini sangat wajib dikunjungi, karena jika tidak biasa diartikan belum menginjak Kota Jambi.

Museum Negeri Jambi

Sudah bisa dipastikan banyak sekali koleksi benda peninggalan yang ada di Museum Negeri Jambi. Mengingati Provinsi Jambi sendiri memiliki sejarah peradaban dari abad 2 M, hingga Kerajaan Sriwijaya, dan juga Kerajaan Melayu pernah berdiri di tanah Jambi. Museum yang dibangun pada tahun 1981 ini memiliki koleksi lebih dari 2.855 benda koleksi. Mulai dari peninggalan Kerajaan-Kerajaan yang pernah berdiri di tanah Jambi, dan juga berbagai naskah kuno, tulisan tangan Kitab Tassauf dan juga Al Qur’an. Tempat wisata di Jambi khususnya untuk mengingat sejarah dan juga bisa dijadikan sebagai media edukasi bagi siwa-siswa sekolah. Lokasi Museum Negeri Jambi ini berada di Telanaipura, Sungai Putri, tepatnya di Jalan Urip Umoharjo No. 40.

Museum Perjuangan Rakyat

Dilihat dari sisi ekterior bangunan Museum Perjuangan Rakyat ini sungguh memukau. Perpaduan antara arsitektur rumah adat pada bangunan museum dengan replica pesawat Catalina RI 1 membuat museum ini terlihat epic. Koleksi yang ada di museum sangat menarik untuk kita lihat, dan memang kebanyakan senjata dan berbagai perlengkapan pejuang masyarakat Jambi dalam melawan kolonial Belanda dan juga invasi Jepang kala itu. Tempat wisata di Jambi yang kebanyakan memamerkan benda-benda peninggalan pejuang ini, setidaknya bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengingat dan mempelajari sejarah perjuangan khususnya di wilayah Provinsi Jambi.

Museum Siginjei

Sangat wajar jika Kota Jambi memiliki beberapa museum, karena memang memiliki peradaban sejak abad ke 2 M dan juga beragam kebudayaan adat dan istiadat yang dimilikinya. Museum Siginjei memiliki berbagai macam koleksi, seperti replica satwa Harimau Sumatera, koleksi ethnografi seperti berbagai macam benda yang terkait dengan kebudayaan jambi. Misalnya seperti peralatan pertanian yang tradisional, peralatan perikanan, dan juga berbagai koleksi busana adat. Dengan adanya museum ini semakin menambah daftar tempat wisata di Jambi yang memang sangat layak untuk dikunjungi. Museum Siginjei ini lokasinya berada di Kecamatan Telanaipura, tepatnya di Jalan Urip Sumoharjo, Keluarahan Sungai Putri.

Rumah Batu Olak Kemang

Salah satu cagar budaya yang dimiliki Kota Jambi adalah Rumah Batu Olak Kemang. Rumah ini dahulunya adalah milik Pangeran Wiro Kusumo yang memiliki nama asli Sayyid Idrus Hasan Al-Jufri. Dan beliau ini merupakan dari 9 keturunan Nabi Muhammad SAW yang menyebarkan agama Islam di tanah Jambi pada abad 18. Salah satu arsitek dari Rumah Batu Olak Kemang ini adalah Datuk Sintai seorang pedagang dari China. Maka dari sisi arsitek bangunannya terlihat sekali perpaduan gaya China dengan ornamen naga di salah satu sisi bangunan. Jika secara keseluruhan perpaduan dari gaya China, Arab, Eropa, dan Melayu. Bangunan yang memiliki 2 lantai ini kini telah menjadi tempat wistaa di Jambi yang seharusnya lebih diperhatikan karena kondisinya yang seperti mau rubuh. Lokasi Rumah Batu Olak Kemag ini berada di Kecamatan Danau Teluk, tepatnya berada di Kelurahan Olak Kemang. 

Sanggar Batik Jambi

Dilihat dari bangunan sanggarnya saja sudah sangat identik dengan kebudayaan Jambi itu sendiri, yakni rumah adat sebagai pusat kerajinan Batik atau kain songket khas Jambi. Berbagai macam kerajinan yang sangat khas yang dimiliki Jambi ada di Sanggar Batik Jambi. Setidaknya degan adanya pusat kerajina wisatawan bisa membawa buah tangan setelah berkunjung di Kota Jambi. Sanggar Batik Jambi ini semakin menambah daftar tempat wisata di Jambi yang lokasinya sendiri berada di Mudung Laut, Pelayangan, tepatnya di Jalam Kyai Haji Muhammad Jafar.

Sungai Batanghari

Ketika hari mulai senja maka di pinggir Sungai Batanghari semakin dipadati pengunjun, baik dari warga lokal hingga wisatawan yang dari luar Kota Jambi. Tepatnya ada di area Jembatan Pedestrian, dan di sinilah lokasi yang tepat untuk menikmati Sungai Batanghari di sore hari. Semburat sinar senjanya begitu sempurna sembari menikmati suguhan makanan maupun minuman di pinggir Sungai Batanghari. Selain itu megahnya Jembatan Pedestrian dan juga Menara Gentala Arasy menjadi suguhan indah dari kejauhan.

Taman Anggrek Sri Soedewi

Tempat wisata di Jambi ini cukup menarik, selain tempatnya yang cukup asri, nyaman, dan juga bersih Taman Anggrek Sri Soedewi memiliki cukup banyak jenis anggrek. Totalnya ada sekitar 53 jenis bunga anggrek yang semuanya khas yang hidup di Jambi. Selain itu suasana di dalam Taman ANggrek Sri Soedewi ini benar-benar membuat kita sangat nyaman, seperti adanya kolam ikan semakin menambah kesejukan taman yang berlokasi di tengah Kota Jambi. Tetapi untuk masuk ke Taman Anggrep Sri Soedewi ini tidak sembarangan masuk, kita harus ijin dulu dengan Dinas Pertanian Kota Jambi.

Taman Jaksa

Destinasi wisata malam terbaik di Kota Jambi salah satunya adalah di Taman Jaksa. Berbagai hiburan seperti café yang menyediakan live music juga cukup berdekatan lokasinya dengan Taman Jaksa. Belum lagi wisata kuliner banyak yang menyediakan di areal Taman Jaksa. Dan yang pasti malam kamu akan semakin indah ketika berkunjung di tempat wisata di Jambi yang satu ini. Untuk lokasinya sendiri juga cukup berdekatan dengan Taman Anggrek Sri Soedewi.

Taman Jomblo

Nama yang sangat unik untuk tempat wisata di Jambi yang berada di areal Pemkot Jambi. Direhab total Pedestrian menjadi Taman Jomblo ini bukan didedikasikan sama orang-orang Jomblo ya, tapi memang dibuat untuk berbagai macam kegiatan yang ditujukan sama masyarakat Jambi dan juga menjadi Kawasan Car Free Day setiap hari minggu. Berbagai fasilitas pun juga dilengkapi di Taman Jomblo, seperti area wifi gratis, buku bacaan yang disediakan mobile library, dan juga berbagai peralatan fitness. Yang cukup menarik di Taman Jomblo ini adalah suasananya yang rindang karena begitu banyaknya pohon-pohon besar, serta warna-warni trotoar yang membuatnya terlihat eye catching.

Taman Mayang Mangurai

Suasana yang sangat asri, sejuk, dan juga sangat tenang akan kamu rasakan ketika kamu berada di Taman Mayang Mangurai. Cukup banyak pepohonan yang rindang dan juga rerumputan yang terlihat sangat bersih dan bebas dari sampah. Yang cukup menarik yang ada di tempat wisata di Jambi ini adalah adanya Rumah Adat Jambi, yang bernama Kajanglako. Jadi kamu bisa melihat jauh lebih dekat seperti apa rumah adat Jambi. Dan juga ketika kamu di dalam rumah adat tersebut menyimpan begitu banyak peralatan pengantin, seperti baju pengantin adat Jambi dan juga berbagai perlengkapannya. Dan untuk lokasinya sendiri juga sangat mudah untuk dijangkau yang berada di Kecamatan Telanaipura.

Taman Mini Jambi

Lokasinya yang tidak jauh dari Kebun Binatang Taman Rimbo membuat destinasi wisata ini cukup ramai dikunjungi banyak wisatawan yang ingin melihat lebih dekat seperti apa replicas rumah adat yang ada di Jambi. Konsepnya hampir sama dengan Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jakarta, hanya saja Taman Mini Jambi sedikit lebih kecil luas arealnya dan juga replica rumah adanya lebih sedikit. Tapi Taman Mini Jambi tetap menjadi tempat wisata di Jambi yang cukup favorit, setidaknya bagi wisatawan yang datang dari luar Kota Jambi. Wisatawan bisa melihat sejara langsung dan lebih detail seperti apa saja bentuk rumah adat yang ada di Jambi.

Taman Remaja

Konsep dalam pembangunan dari Taman Remaja ini memang diperuntukkan bagi kalangan muda, sebagai tempat berkreasi atau hanya sekedar santai di dalam taman. Lokasinya yang berada di tengah Kota Jambi justru menjadi ruang terbuka hijau yang cukup banyak pohon-pohon besar di dalamnya. Dan pada akhirnya Taman Remaja ini bisa menjadi tempat wisata di Jambi yang sangat low cost. Ketika kamu masuk pun juga tidak dipungut biaya sama sekali. Setidaknya adanya Taman Remaja di pusat Kota Jambi menjadi tempat wisata alternatif bagi warga Kota Jambi.

Tepian Tanggo Rajo

Ingin wisata malam yang menjanjikan pesona yang eksotis nan romantis di Jambi? Datang saja ke Tepian Tanggo Rajo, temaram cahaya lampu pinggir jalan, serta gradasi warna lampu Jembatan Pedestrian Kota Jambi semakin membuat suasana malam di Tepian Rajo kian romantis. Tiupan semilir angin dari Sungai Batanghari menambah suasana semakin syahdu yang membuat siapapun yang datang akan semakin berat untuk beranjak. Dan inilah salah satu tempat wisata di Jambi yang paling istimewa ketika malam hari.

Tugu Jam

Arsitektur ujung tugu memang sangat mirip dengan Tugu Monas di Jakarta, tapi teap saja ada perbedaannya, meskipun lebih kecil tapi apa yang tersaji di Tugu Jam ini bisa membuat betah para traveler yang dari luar Jambi. Yang sangat menarik memang ketika malam hari, berbagai aktifitas pun dimulai di Tugu Jam dan memang kebanyakan para generasi muda Jambi. Di tempat wisata di Jambi ini ada sajian yang sangat istimewa, yakni Teh Talua yang rasanya sepet-sepet gimana gitu. Dan yang pasti bisa membuat kamu ketagihan dan semakin betah menikmati udara malam di Tugu Jam Jambi.

Tugu Juang

Bangunan ini memilikis ejarah yang cukup panjang dan cerminan dari perjuangan rakyat Jambi khususnya ketika melawan penjajah bumi kita Indonesia, mulai dari Belanda hingga Jepang. Yang cuup unik adalah Tugu Juang ini sangat detail dan memiliki makna yang cukup dalam. Seperti tingginya tugu jika diukur dari bawah tingginya 1945, yang menandakan kemerdekaan RI pada tahun 1945. Dan juga panjang dari bambu runcing yang panjangnya 17 meter, yang artinya proklamasi kemerdekan RI tepatnya pada tanggal 17  Agustus. Selain menjadi tempat bersantai para warga Jambi, Tugu Juang ini juga sering diadakan festival kesenian, ataupun bazaar yang mana bisa mengundang lagi banyak wisatawan untuk datang.

Tugu Pers

Dibangun Tugu Pers adalah sebagai bentuk dari apresiasi terhadap kemerdekaan pers, dan rakyat juga punya suara. Tugu Pers yang berada di pusat Kota Jambi ini tergolong masih baru yang diresmikan pada tahun 2015. Dan kini semakin berubah menjadi tempat wisata di Jambi yang layak untuk dikunjungi, terutama bagi pecandu selfie. Background Tugu Pers yang cukup artistik bisa membuat akun instagram kamu semakin berwarna.

Tempat Wisata di Sungai Penuh

Kota  Sungai Penuh merupakan Kota Terbesar kedua yang ada di Provinsi Jambi yang juga merupakan pemekaran dari Kabupaten Kerinci. Topografinya yang perbukitan dan berada di kawasan Bukit Barisan membuat Kota Sungai Penuh memiliki beberapa destinasi wisata yang cukup menarik. Salah satu destinasi wisata yang menjadi andalan Kota Sungaipenuh adalah Bukit Kayangan yang juga menjadi favorit para wisatawan. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata lainnya yang turut menambahkan daftar panjang tempat wisata di Jambi yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Bukit Binakarya

Masih berada di dalam kawasan Bukit Kayangan, yang sebenarnya hampir memiliki view yang juga sama. Yang agak sedikit membedakan adalah hanya lokasinya saja yang berbeda, dan juga ketika kamu berada di Bukit Binakarya, kamu bisa melihat keindahan Kota Sungai Penuh, apalagi ketika malam hari semakan tampak jelas dari pijar lampu Kota Sungai Penuh. Di Bukit Binakarya juga menjadi tempat wisata di Jambi yang cukup pas untuk menikmati keindahan sunset maupun sunrise.

Bukit Kayangan

Destinasi wisata ini memiliki ketinggian sekitar 1500 mdpl, dan sudah dipastikan udara yang sangat sejuk selalu menyelimuti kawasan Bukit Kayangan. Ketika kamu berada di tempat wisata di Jambi ini kamu bisa menikmati keindahan berbagai tempat wisata lainnya. Seperti panorama Gunung Kerinci yang menjulang tinggi, Danau Kerinci yang terlihat kemilaunya dan juga Gunung Tujuh. Dan satu lagi yang sangat menarik adalah, ketika kamu di Bukit Kayangan kamu akan merasakan seperti di negeri atas awan. Karena itulah banyak sekali wisatawan yang berburu spot-spot selfie terbaik yang ada di Bukit Kayangan.

Bukit Sentiong

Berbeda dengan Bukit Kayangan yang hampir mayoritas viewnya adalah perbukitan dan juga Danau Kerinci. Bukit Sentiong menawarkan pemandangan yang berbeda yakni perpaduan panorama alam perbukitan dengan keindahan Kota Sungai Penuh dari ketinggian. Dinamakan Bukit Sentiong karena tepat di bawah bukit ada pemakanan orang Tionghoa. Namun sayang untuk fasilitasnya belum memadai, jadi jika kamu ingin bersantai melewati senja harus membawa perbekalan. Seperti sangat menyenangkan menyeruput kopi di Bukit Sentiong. Bukit Sentiong semakin menambah daftar tempat wisata di Jambi yang sangat layak untuk dikunjungi, terutama ketika weekend.

Kolam Renang Bruna

Mungkin akan menjadi biasa ketika kolam renang berada di perkampungan atau di perkotaan. Tapi berbeda ketika kamu mengunjungi Kolam Renang Bruna, yang masih berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Panorama perbukitan berpadu dengan hutan nan lebat menjadi suguhan menakjubkan sembari berendam di kolam renang. Udaranya yang sangat sejuk dan juga bersih semakin mendukung Kolam Renang Bruna yang memiliki beberapa kola mini. Tempat wisata di Jambi ini tepatnya berada di Desa Talang Lindung, Sungai Penuh.

Masjid Agung Pondok Tinggi

Inilah masjid tertua yang ada di Kota Sungai Penuh dan juga di Kabupaten Kerinci. Untuk lokasinya sendiri juga masih termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Yang paling hebat adalah Masjid Agung Pondok Tinggi ini dibangun secara swadaya oleh masyarakat dengan cara bergotong royong. Pada awal bulan Juni tahun 1874 mulai peletakan batu pertama hingga tahun 1902 baru selesai. Yang sangat menarik adalah ornamen yang hampir ada di setiap bagian masjid mencerminkan kebudayaan Bumi Kerinci. Masjid yang memiliki atap berbentuk limas 3 tumpang ini juga menjadi tempat wisata di Jambi, khususnya wisata religi bagi umat Islam. Untuk lokasinya sendiri berada di Kecamatan Sungai Penuh, tepatnya di Jalan Sukarno Hatta, Sungai Ning.

Masjid Raya Rawang

Salah satu destinasi wisata religi terbaik yang ada di Sungai Penuh adalah di Masjid Raya Rawang. Masjid yang memiliki nilai sejarah tak ternilai harganya ini memiliki arsitektur yang sangat indah. Perpaduan budaya Eropa dan Persia sangat terlihat jelas di Masjid yang memiliki 5 kubah ini. Salah satunya yang sangat terlihat adalah pada pilar di dalam Masjidnya yang cukup besar. Masjid Raya Rawang ini dibangun pada tahun 1938 ketika masih eranya kolonial Belanda. Masjid yang juga menjadi tempat wisata di Jambi ini berada di Hamparan Rawang, Koto Dian.



Artikel Terkait