Istana Presiden Cipanas, Mengintip Sejarah Dibalik Istana Presiden
Istana Presiden Cipanas​ adalah satu dari enam istana Kepresidenan RI yang mana digunakan sebagai tempat pertemuan, kunjungan tamu atau bahkan acara-acara keluarga presiden. Bangunan istana ini sudah ada sejak 1740 dan sampai saat ini bangunannya masih kokoh berdiri dan menjadi saksi sejarah akan perjalanan Presiden Indonesia dari masa ke masa.

Berlibur di akhir pekan selalu bingung mau pergi kemana? Liburan kali ini bisa kamu lakukan di salah satu lokasi terbaik wisata yang ada di Jawa Barat. Wilayah Barat Pulau Jawa ini memiliki sejumlah pariwisata yang begitu sayang jika dilewatkan keindahannya seperti yang ada di Istana Cipanas.

Umumnya masyarakat setempat menjadikan lokasi sebagai taman edukasi sekaligus menghabiskan waktu libur di akhir pekan atau hari libur lainnya. Istana juga selalu ramai akan kunjungan, tak hanya dari masyarakat setempat, sejumlah wisatawan dari luar kota bahkan mancanegara pun juga ikut serta menyaksikan keindahan dari lokasi Istana Presiden di Cipanas.

Istana Presiden Cipanas adalah satu dari enam istana Kepresidenan RI yang mana digunakan sebagai tempat pertemuan, kunjungan tamu atau bahkan acara-acara keluarga presiden. Bangunan istana ini sudah ada sejak 1740 dan sampai saat ini bangunannya masih kokoh berdiri dan menjadi saksi sejarah akan perjalanan Presiden Indonesia dari masa ke masa.


Fasilitas di Istana Presiden Cipanas

Sebagai salah satu tempat pertemuan yang kini dibuka sebagai objek wisata di Jawa Barat, tentu sejumlah fasilitas lengkap disediakan. Pada bangunan utama istana yang terdiri dari enam pavilion, dimana setiap ruangnya memiliki fungsinya masing-masing.

Disana tersedia fasilitas penunjang seperti toilet umum yang begitu bersih dan terawat, mushola, reservoir air panas, masjid besar, dan lahan yang luasnya mencapai 26 hektar yang dapat digunakan sebagai area bermain atau berfoto-foto.

Didalam istana juga terbagi menjadi beberapa ruang dengan fungsinya masing-masing seperti ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, ruang kerja dan teras belakang. Selain itu juga terdapat beberapa ornamen sejarah RI yang begitu mengedukasi.

Sejarah Istana Presiden Cipanas

Nama Cipanas yang berasal dari kata “cai” atau air dan panas, bukan tanpa sebab disematkan di lokasi istana ini. Dulunya lokasi ini memiliki sumber mata air panas yang tercampur dengan kandungan zat belerang tepat berada di komplek sekitar istana.

Istana Cipanas Bogor pertama kali dibangun oleh tuan Belanda bernama Van Heots pada tahun 1740. Karena suasana yang begitu enak maka lokasi ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jendral Hindia Belanda.

Namun pada tahun 1958 pada era Presiden Soekarno, gedung istana mendapatkan renovasi dimana ruang dibangun dangan fungsinya masing-masing. Sekitar tahun 1971, istana ini digunakan untuk menyambut kedatangan Ratu Belanda ke Indonesia. Dan pada tahun 1993 Istana Presiden Cipanas RI digunakan untuk pertemuan faksi Filipina dapa masa Presiden Soeharto.

Hingga saat ini fungsi istana yang masih tetap terjaga dan tarawat dan bahkan telah dibuka untuk masyarakat umum yang ingin menikmati atau menyaksikan sejarah dan keindahan dibalik kokohnya dinding istana yang sudah berdiri lebih dari 1 abad ini.

Hunting Foto di Istana Presiden Cipanas

Untuk kamu yang ingin memiliki foto terbaik dengan backround yang berbeda maka berkunjung ke Istana Presiden Cipanas di Cianjur adalah jawabannya. Lokasi ini juga tepat dijadikan untuk hunting foto terbaik bagi kamu yang suka mencari moment disejumlah lokasi berbeda.

Berbagai spot cantik bisa kamu dapatkan, mulai dari halaman istana, ruang utama dengan ciri enam bangunan pavilion, atau bisa juga didalam istana (saat dibuka). Spot tersebut dapat kamu jadikan sebagai backround terbaik untuk hasil foto yang lebih cantik dan tentunya lebih instamable.


Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Istana Presiden Cipanas

Bagi pengunjung yang ingin melihat dan menikmati liburan di Istana Presiden Cipanas Kota Bogor, maka cukup membayar tarif parkir saja. Jadi kamu bisa menikmati sejarah dibalik Istana Kepresidenan Republik Indonesia sekaligus menikmati waktu bersama keluarga disana. Tunggu apa lagi, tanpa biaya tiket masuk kamu sudah bisa menikmati waktu libur yang seru dan menyenangkan.

Sedangkan untuk jam buka Istana Presiden Cipanas Jawa Barat dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Kamu bisa berkunjung diwaktu tersebut. Biasanya di akhir pekan atau hari libur lainnya lokasi istana akan ramai kunjungan dari berbagai wisatawan.

Akses Lokasi Menuju Istana Presiden Cipanas

Lokasi Istana Presiden Cipanas yang berada di Kaki Gunung Gede Jawa Barat, tepatnya berada di Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Cianjur. Tepatnya sekitar kurang lebih 103 Km dari Jakarta – Bandung melalui rute jalanan ke Puncak.

Untuk akses ke lokasi istana cukup mudah, kamu tinggal ambil rute menuju Cianjur, cari arah menuju Sindangjaya. Tempatnya yang berada di pinggir jalan raya membuat wisatawan yang berasal dari luar kota atau luar negeri pun cukup mudah sampai ke lokasi. Selain itu sudah ada papan petunjuk jalan menuju lokasi Istana Presiden Cipanas Cianjur.

Tips Berlibur di Istana Presiden Cipanas

Bagi kamu yang ingin menikmati libur akhir pekan bersama keluarga, teman atau kerabat, maka ada tips yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk munuju lokasi istana, namun alangkah lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi saja.

Bagi pengunjung yang membawa serta anak balita, maka sebaiknya bawa perlengkapan tambahan seperti baju ganti, makanan, snack, minuman, tisue, dan lainnya. Jangan lupa membawa kemera untuk mengabadikan keindahan di Istana Kepresidenan Indonesia ini.

Demikian ulasan mengenai objek wisata Istana Presiden Cipanas yang ada di Cianjur, Jawa Barat. Sebagai lokasi wisata yang dibuka untuk umum, maka tak ada salahnya untuk menikmati waktu libur disana. Selain itu kamu juga bisa mengenal lebih dekat sejarah tentang Istana Presiden Cipanas Indonesia ini.

Artikel Terkait