Istana Engku Bilik, Bangunan dengan Nilai Arsitektur yang Mempesona
​Kepulauan Riau adalah salah satu tempat yang sangat sayang sekali jika dilewatkan untuk perjalanan Anda jika berwisata. Jika Anda berkunjung ke Tanjungpinang ini tentunya sangat mengasyikkan karena Anda akan menemukan berbagai wisata yang bagus dan salah satunya yakni Istana Engku Bilik

Istana Tengku Bilik merupakan salah satu cagar budaya yang berada di Pulau Penyengat. Nah, tempat ini telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah yakni melalui Kementerian Pariwisata RI. Hal tersebut dilakukan agar untuk melakukan pembenahan serta pemantapan bangunan tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa Tanjungpinang ini memiliki ukuran sekitar 2.500 meter x 750 meter ini dan mempunyai beberapa bangunan yakni peninggalan sejarah yang disebut sebagai Kesultanan Riau. Salah satunya bangunan tersebut yaitu Istana engku bilik yang merupakan cagar budaya yang berada di pulau penyengat ini. Tempat ini merupakan wisata bangunan yang memiliki view yang bagus.

Pesona Istana Engku Bilik

Keindahan yang dimiliki Istana Engku Bilik memang sangatlah bagus. Bangunan ini sudah pernah direnovasi agar tampilanya lebih menarik dan bagus. Namun itu semua tidak menghilangkan kekhasan bangunan tersebut dan keindahanya. Karena selama ini bangunan ini juga masih terawat dengan baik dan maksimal.

Istana Engku Bilik ini juga memiliki desain yang unik dan mempesona dan juga  memiliki kebersihan yang cukup dan serta penataan di ruangan tersebut yang membuat mata terpesona dan sehingga pengunjung merasa betah jika berkunjung ke bangunan yang bersejarah ini. Apabila tempatnya yang bersih dan rapi akan membuat banyak pengunjung kenapa tidak.

Fasilitas Istana Engku Bilik

Istana Engku Bilik yang memiliki fasilitas berupa halaman dari bangunan ini yang begitu luas. Sebab istanan ini tergolong istana yang memiliki lahan yang cukup luas sehingga bagi banyak warga jika berkunjung ke tempat ini akan merasa nyaman dengan melihat  keindahan disekitar istana ini. Bangunan Istana ini terdapat di Pulau penyengat yang memang memiliki cagar budaya yang cantik dan indah.

Baca Juga : Bukit Panorama, Keindahan Alam yang Kurangnya Perhatian

Hunting Foto di Istana Engku Bilik

Bagi Anda yang suka dengan berfoto ria maka hal lain yakni dengan berkunjung ke tempat ini. Di sini Anda akan mendapatkan banyaknya keindahan berupa desain arsitekturnya. Selain itu juga arsitekturnya selain mengambil dari seni Melayu juga dipadu oleh arsitektur Eropa. Bangunan yang merupakan perpaduan yang cocok dan bagus.

Begitu indahnya desain dari Istana yang berada di Pulau Penyengat ini. Tempat yang merupakan kuno ini jusrtu menjadi salah satu tempat objek yang ramai dikunjungi oleh pengunjung untuk dijadikan sebagai tempat yang menyimpan sejuta sejarah.

Akses Menuju Wisata Istana Engku Bilik

Istana engku bilik ini perlu untuk dikunjungi karena memang bangunan sejarah yang perlu dilestarikan. Bagaimana cara untuk berkunjung ke istana ini? Tentunya dengan menggunakan kendaraan air dan juga kendaraan darat.

Perjalanan dapat dimulai dari Batam centre yakni dilanjutkan dengan menempuh perjalanan menuju Pelabuhan Punggur. Setelah sampai di pelabuhan punggur ini maka Anda dapat memesan tiket kapal ferry untuk melanjutkan perjalanan ke Tanjungpinang.

Dengan menempuh perjalanan yakni selama 1 jam saja sudah sampai pada Pelabuhan Sri Bintan Pura TanjungPinang. Selanjutnya Anda dapat keluar dan meunuju pelabuhan khusus untuk menuju ke pulau penyengat dengan naik perahu kecil atau yang disebut pompong dengan biaya hanya Rp 5000. Selanjutnya sampailah pada tujuan yakni istana yang megah ini

Tips Berwisata ke Istana Engku Bilik

Istana yang disebut Engku Bilik ini dapat dilakukan dengan berwisata dengan beberapa tips yang harus diakukan. Sehingga Anda tak akan menyesal telah berkunjung ke istana ini dan juga sebagai tempat yang menjadi favorit ini.

Hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan agar liburan Anda menyenangkan? Yang pertama Anda harus mengajak para kerabat, teman Anda bahkan keluarga Anda agar liburan Anda lebih menyenangkan. Selanjutnya jangan lupa untuk melewati perjalanan ini dengan guide agar perjalanan Anda nyaman dan tidak tersesat.

Peta Lokasi Istana Engku Bilik

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Istana Engku Bilik

Bagaimana dengan jam buka istana ini? istana ini memiliki jam buka yakni dari pagi hingga sore. Sehingga para pengunjung memiliki batasan agar berkunjung ke istana ini tidak pada malam hari.

Selain itu juga pastinya Anda berfikir bahwa untuk berkunjung ke wisata ini dibutuhkan berapa banyak uang? Tentunya untuk memasuki istana yang begitu luas ini masih belum dapat dikonfirmasi berapa harga yang bisa ditentukan untuk dibayar.

Istana engku bilik ini merupakan salah satu wisata yang bersejarah. Sehingga wisata ini harus dilestarikan oleh pemerintah sebab menyimpan banyak sejuta peninggalan yang bersejarah. Selanjutnya yaitu mengenai tentang akomodasi pasti merupakan tempat wisata yang begitu murah meriah dibandingkan dengan berkunjung ke wisata yang lainnya.

Artikel Terkait