Gunung Anjasmoro, Berwisata Sambil Mendaki Gunung
Di Jawa Timur banyak sekali gunung-gunung yang menghiasi, mulai dari yang masih aktif sampai yangt sudah tidakn aktif. Namun semua gunung tersebut mempunyai kesamaan yaitu sama-sama menawarkan pesona yang indah dan sangat memanjakan mata bagi siapapun yang mengunjunginya.

Masih banyak dari kita yang melupakan manfaat dan fungsi dari sebuah wisata atau liburan yang bisa kita lakukan di saat kita mempunyai waktu luang. Dalam kehidupan sehari-hari kita pastinya melewati banyak sekali kegiatan yang tidak jarang membuat kita stres atau jenuh, belum lagi keadaan perkotaan yang macet dan penuh dengan polusi semakin menambah rasa penat kita saat kita sudah melakukan semua kegiatan dan bisa kembali ke rumah. Rasa penat, stres dan jenuh tersebut bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan kita jika membiarkannya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan salah satunya adalah berwisata ke berbagai macam tempat. Bahkan anda tidak perlu menghamburkan uang, karena sudah banyak tempat wisata di sekitar anda yang bahkan tidak membutuhkan biaya tiket masuk.

Gunung Anjasmoro ini adalah salah satu gunung di provinsi Jawa Timur dengan pemandangan yang sangat indag karena Gunung Anjasmoro ini mempunyai deretan dengan jajaran pegunungan yang berderet di sisinya, yaitu ada Gunung Welirang, Gunung Arjuno dan Gunung Argo Wayang. Bagi anda yang gemar dengan sebuah tantangan ekstrim yang menguji nyali anda, anda bisa mencoba datang ke obyek wisata ini untuk melakukan pendakian. Di gunung ini sendiri pendakiannya masih jarang dilakukan karena karena medannya yang masih banyak tertutup dan dipenuhi sama tanjakan. Dan di sana ada satu tanjakan yang terkenal di Anjasmoro, namanya tanjakan Mbok-mbok. Agar bisa sampai di tanjakan tersebut, anda kurang lebih bisa menghabiskan waktu selama 5-6 jam pendakian dari basecamp. Pastikan stamina anda prima sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Dengan ketinggian 2277 di atas permukaan laut, Gunung Anjasmoro mempunyai lereng gunung yang dipenuhi oleh banyaknya pohon durian yang juga dipelihara dan dikenal sebagai surga durian. Dan nama durian yang ada di Gunung Anjasmoro ini biasa dikenal dengan sebutan durian bido wonosalam yang mempunyai bentuk buah lonjong, dengan dominasi warna cokelat hijau abu-abu, serta daging durian yang pulen dan rata-rata tidak berbiji. Walaupun anda tidak ingin melakukan pendakian, di sana anda bisa mencicipi dan melihat banyaknya pepohonan durian yang tumbuh subur.

Hijaunya alam yang ada di Gunung Anjasmoro juga menjadi salah satu pemandangan yang sangat menyegarkan mata sekali. Sejauh anda memandang, anda bisa melihat banyak pepohonan dan berbagai macam tumbuhan yang tumbuh subur di sana. Untuk sesuatu yang lebih menyenangkan lagi, anda bisa melakukan perkemahan dengan keluarga atau teman-teman anda. Sembari menikmati segarnya suasana pegunungan, anda bisa melakukan api unggun dan berbincang-bincang santai bersama mereka.

Fasilitas di Gunung Anjasmoro

Sayangnya anda tidak bisa berharap banyak untuk masalah fasilitas. Karena masih sedikit yang bisa anda temukan dan gunakan di sana, seperti di antaranya adalah;

- Lahan parkir

Untuk anda para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir mengenai tempat parkir karena di obyek wisata ini juga telah disediakan lahan parkir yang memadai untuk menampung kendaraan pengunjung.

- Pos istirahat

Jika anda kesana berniat untuk mendaki, di Gunung Anjasmoro anda akan menemui beberapa pos untuk tempat beristirahat entah hanya sekedar duduk-duduk sembari mengatur nafas atau sambil menikmati perbekalan makanan dan minuman yang anda bawa dari rumah.

- Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah tersedia di kawasan Gunung Anjasmoro, jadi bagi anda yang ingin menggunakan kamar mandi tidak perlu lagi harus mencari karena di tempat ini telah ada dua buah toilet yang bisa anda gunakan.

Semoga kedepannya, pemerintah atau mungkin dari pihak swasta bisa lebih mengelola Gunung Anjasmoro dengan baik dan membangun fasilitas-fasilitas lainnya yang bisa meningkatkan daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing.

Hunting Foto di Gunung Anjasmoro

Berwisata ke suatu tempat, terutama ke tempat yang belum pernah kalian kunjungi pastinya tidak lengkap jika anda tidak membawa kamera, baik kamera handphone maupun kamera professional. Dengan alat tersebut anda bisa menyalurkan hobi berfoto anda dengan membidikan kamera ke arah spot-spot yang menarik. Seperti di Gunung Anjasmoro, anda bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan durian yang tumbuh subur di lereng Gunung Anjasmoro. Anda juga bisa mengabadikan pemandangan yang anda temui di sepanjang jalur pendakian seperti hijaunya pepohonan di sana, dan juga mungkin anda bisa bertemu beberapa hewan liar yang hidup di Gunung Anjasmoro. Jangan lupa untuk mengunggah foto-foto anda ke berbagai media sosial yang anda punya sekaligus memperkenalkan obyek wisata ini ke khalayak ramai.

Baca juga : Tempat Wisata Gunung Semeru, Berwisata Sambil Melihat Indahnya Kawah

Akses Jalan Menuju ke Gunung Anjasmoro

Agar bisa sampai ke Gunung Anjasmoro, anda sangat disarankan untuk menggunakan mobil atau jip yang bisa anda bawa sendiri dari rumah atau menyewa di daerah sekitar kota Jombang. Cukup mudah untuk menemukan persewaan mobil, tinggal disesuaikan saja budgetnya. Setelah itu anda bisa langsung mengarahkan kendaraan anda menuju desa Wonosalam. Jika masih kesulitan, anda bisa memakai aplikasi GPS atau juga bertanya kepada penduduk di sekitar. Penduduk di sana sangat ramah, jadi jangan sungkan untuk bertanya.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Gunung Anjasmoro

Untuk jam buka sendiri di sana tidak ditentukan, jadi memang dibuka selama 24 jam, setiap hari. Tinggal anda menentukan kapana anda bisa berangkat. Pengunjung yang datang juga tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis.

Tips Berlibur ke Gunung Anjasmoro

- Persiapkan stamina anda sebelum melakukan pendakian

- Pastikan kendaraan anda dalam kondisi yang baik

- Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah

- Memakai alas kaki yang nyaman

- Jangan mengotori lingkungan

Artikel Terkait