Green Canyon, Spot Wisata Alam Jawa Barat Yang Sudah Mendunia
Green canyon merupakan salah satu wisata yang paling diminati oleh para traveller baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri karena keindahan yang mengagumkan.

Green canyon atau yang awalnya bernama Cukang Taneuh, berasal dari bahasa Sunda yang berarti “Jembatan Tanah”. Disebut demikian karena di lokasi ini terdapat jembatan tanah alami yang terbentuk oleh alam. Jembatan ini menghubungkan 2 tebing di atas sungai Cijulang. Keberadaan jembatan ini juga memudahkan para petani dan masyarakat setempat untuk menyebrang dari sisi tebing ke tebing yang lain. Keajaiban alam ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Menurut cerita masyarakat sekitar, nama Green Canyon diberikan oleh seorang turis Perancis yang datang ke lokasi tersebut pada tahun 1993. Turis asal Prancis itu memberikan nama Green Canyon karena pada tempat wisata ini terdapat air dan lumut berwarna hijau dan pertumbuhannya cukup banyak, sehingga pemandangan akan di dominasi oleh warna hijau yang sejuk.

Objek wisata yang sangat mengaggumkan ini sebenarnya adalah aliran dari sungai Cijulang yang melintas menyusuri goa yang penuh dengan keindahan akan ukiran alami stalaktit dan stalakmitnya. Lokasinya yang diapit oleh dua bukit dan ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun serta banyaknya bebatuan yang tersusun secara alami menambah nilai keindahan yang mempesona. Pemandangan ini bak lukisan alam yang begitu unik dan cukup menantang untuk dijelajahi secara langsung.

Akses Ke Lokasi Green Canyon

Untuk sampai ke loksai ini, wisatawan harus berangkat dari dermaga Ciseureuh. Dari dermaga dapat melanjutkan perjalanan menggunakann perahu tempel atau kayuh yang banyak tersedia di lokasi tersebut dengan biaya sekitar Rp 75.000/orang. Masyarakat sekitar biasa menyebut perahu itu dengan “ketinting”. Jarak antara dermaga dengan Green Canyon adalah sekitar 3 kilometer. Perjalanan tersebut bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30-45 menit.

Ketinting akan membawa anda menyusuri sungai. Membelah hijaunya air sungai. Selama perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan yang tak kalah indah dengan di tumbuhi banyak pepohonan di tepi sungai dan terkadan anda juga dapat melihat satwa atau hewan yang hidup di lokasi tersebut. Selain itu anda juga akan menikmati pemandangan air terjun yang turun dari sisi tebing.

Kegiatan di Green Canyon

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menikmati keindahan di lokasi ini. Salah satu yang ditawarkan yaitu body rafting. Apa itu body rafting? Seperti yang telah diketahui bahwa “rafting” adalah salah satu aktivitas mengarungi aliran sungai dengan perahu. Berbeda dengan body rafting, anda akan mengikuti aliran sungai tanpa menggunakan perahu dengan kata lain menghanyutkan tubuh mengikuti aliran sungai. Kegiatan ini cukup aman dilakukan. Karena para wisatawan telah dilengkapi dengan perlengkapan body rafting dan akan dikawal oleh para guide.

Selain body rafting anda juga dapat melakukan terjun bebas dari atas bebatuan ataupun mencoba aksi panjat tebing. Kegiatan ini cukup memacu adrenalin, namun anda juga harus selalu tetap berhati-hati. Di lokasi ini juga disediakan tempat penyewaan ban dan pelampung untuk anda yang sekedar ingin berenang di jernihnya air Green Canyon ini. Berenang menyusuri aliran sungai ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah, anda akan menjumpai sebuah goa yang atapnya sudah runtuh. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya stalaktit yang masih dialiri tetesan air.

Baca Juga : Pantai Pelabuhan Ratu, Menikmati Desiran Ombak Ala Pantai Pulau Dewata

Lokasi Green Canyon

Lokasi wisata ini berjarak kurang lebih 31 kilometer dari Pantai Pangandaran yang tepatnya berlokasi di Desa Kertayasa kecamatan Cijulang Ciamis Jawa barat. Untuk sampai di lokasi wisata Green Canyon ini para wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu dari dermaga Cukang Taneuh.

Fasilitas Di Green Canyon

Dilokasi ini telah banyak berdiri rumah-rumah makan yang dapat menjadi tujuan utama anda setelah lelah dan lapar karena aktivitas tersebut. Selain itu juga lokasi ini banyak yang menyediakan berbagai souvenir-souvenir cantik khas dan bertuliskan Green Canyon. Souvenir ini cocok untuk oleh-oleh dan cendramata.

Bagi anda yang ingin menginap juga telah disediakan hotel. Hotel dan penginapan di Batu Karas adalah yang terdekat dari lokasi Green Canyon. Cukup 15 menit anda akan sampai di tempat penginapan tersebut. Selain itu, hotel ataupun penginapan di sekitar lokasi Pantai Pangandaranpun relatif dekat untuk menjadi pilihan menginap.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga tiket masuk berkisar antara Rp 150.000 sampai Rp 250.000 itupun tergantung dari paket wisata yang anda ambil. Untuk jam operasional di tempat wisata ini berlangsung mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Khusus di hari Jumat, lokasi ini baru akan dibuka pukul 13.00 WIB.

Tips Berlibur Ke Green Canyon

  • Persiapkan kondisi fisik anda secara prima
  • Pilihlah waktu liburan yang tepat. Usahan untuk berlibur pada musim-musin kemarau  dan cuaca yang cerah. Dikhawatirkan pada musim hujan arus aliran sungai akan sangat  deras selain itu juga air akan terlihat keruh.
  • Bawalah perlengkapan seperlunya dan jangan lupa untuk membawa kamera yang  mendukung untuk mengabadikan momen-momen indah bersama keluarga, teman  ataupun sahabat
  • Gunakanlah pakaian yang nyaman dipakai

Artikel Terkait