Goa Margo Tresno, Berwisata Sambil Melihat Peninggalan Masa Perang Pajang
Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu objek wisata di Jawa Timur yang memiliki beberapa tempat wisata yang menawan. Pesona indah tempat wisata, keasyikan situs bersejarah dan pesona budaya dan seni Kabupaten Nganjuk adalah alasan untuk mengunjungi lokasi ini.

Negara kita Indonesia dengan bentuk gugusan kepulauannya sebenarnya sangat beruntung. Letak geografis ini membuat Indonesia memiliki banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam. Mulai dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi tempat-tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang hanya mengira Bali adalah tempat yang sangat pas untuk liburan, namun sebenarnya bagi yang tinggal di pulau Jawa, Jawa Timur juga menjadi surga tersendiri bagi para penggemar travelling. Berbagai jenis obyek wisata bisa anda dapatkan di sana, mulai dari taman bermain, waterpark, museum, candi, air terjun, pantai, dan masih banyak lagi. Tidak perlu jauh-jauh untuk merencanakan liburan jika anda bisa menemukan tempat yang mengasyikan di dekat anda. Seperti di Nganjuk, ada obyek wisata yang sayang jika anda lewatkan, yaitu Goa Margo Tresno.

Goa Margo Tresno adalah salah satu obyek wisata di Jawa Timur yang terletak di Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Wisata Goa Margo Tresno Nganjuk adalah destinasi wisata yang ramai dengan wisatawan baik dari dalam maupun luar kota pada hari biasa maupun hari liburan dan sudah terkenal di Nganjuk dan sekitarnya. Pemandanga yang menyambut anda di  tempat ini begitu indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari yang penuh dengan kepenatan dan rasa stres. Goa Margo Tresno juga mempunyai pesona keelokan yang menjadi magnet untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Nganjuk tidak mengunjungi wisata Goa Margo Tresno Nganjuk yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Pada jaman perang Pajang, daerah Margo Tresno (yang dulu disebut Ubalan) merupakan tempat persembunyian dan berada di bawah pengamanan punggowo yang bernama Tlimah. Seorang punggowo yang paling muda yang dikenal jagoan dan mempunyai kesaktian dengan tugas utama untuk menjaga, menahan, menolak, memerangi dan melindungi dari segenap ancaman dan marabahaya agar tetap tercipta kehidupan yang aman dan damai dalam kehidupan sehari-hari. Berkat sawab linuwih yang dimiliki punggowo Tlimah ini, Goa Margo Tresno ini kemudian tumbuh dan hidup sebuah kepercayaan bahwa kawasan ini merupakan kawasan yang sangat manjur dan paling tepat untuk melakukan kegiatan “lamun-lamun”. Terutama untuk kegiatan olah rasa dan olah pikir. Mulai mencari inspirasi, mencerahkan hati, niat, pikiran, dan membangun kembali ikatan kebahagiaan, serta kedamaian hati.

Suasana di dalam Goa Margo Trisno terkesan sangat magis. Sepanjang perut goa, gelap gulita. Bunyi ribuan kelelawar menambah seramnya suasana. Terlebih, lokasinya goa itu sendiri berada di tengah belantara hutan jati Pegunungan Kendeng. Menurut Juru Kunci nama Margo Tresno berasal. Margo berarti jalan, dan tresno berarti cinta. Meski Goa Margo Tresno dipercaya membawa ketentraman dan kelanggengan rumah tangga bagi orang yang memasukinya, masyarakat sekitar ternyata tidak dapat menikmati berkah ini. Hanya orang- orang di luar wilayah Ngluyu yang bisa merasakannya.


Fasilitas di Goa Margo Tresno

Fasilitas yang ada di obyek wisata Goa Margo Tresno memang tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temui, seperti di antaranya adalah;

- Lahan parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga memadai. Biaya parkirnya juga murah.

- Gazebo

Dengan dibangunnya gazebo-gazebo di sekitar area goa, anda bisa dengan santai duduk-duduk sembari menikmati pemandangan goa yang unik, dan asrinya pepohonan juga tumbuhan yang memberikan kesan sejuk.

- Penginapan

Di sekitar area luar obyek wisata ini, untuk anda yang butuh tempat penginapan bisa mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

- Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah disediakan di sana jadi anda tidak usaj repot-repot mencari toilet di luar area wisata.

- Warung atau tempat makan

Bermain-main di area goa dan menyusuri perut goa pastinya membuat perut anda lapar. Tak perlu bingung apabila anda tidak ada waktu atau lupa untuk menyiapkan bekal. Di sekitar pantai anda dapat menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

 

Hunting Foto di Goa Margo Tresno

Penggemar seni fotografi bisa leluasa untuk menyalurkan hasrat anda mengambil foto dari pemandangan asri yang ada di Goa Margo Tresno maupun di area sekitarnya. Hamparan pepohonan dan tumbuhan berwarna hijau yang mengelilingi goa bisa anda jadikan target bidikan kamera anda tentunya. Dan bila anda memutuskan untuk menyusuri goa, anda bisa juga mengabadikan momen yang seru tersebut bersama teman atau anggota keluarga anda Jika anda sudah puas bermain di daerah goa, anda juga bisa beranjak ke spot lain yang juga menarik untuk anda jadikan sebagai latar belakang foto yaitu pegunungan di sekitarnya.

 Baca juga : Candi Lor, Berwisata Sambil Menikmati Keeksotisan Peninggalan Jaman Sejarah

Akses Jalan Menuju ke Goa Margo Tresno

Bagi anda yang ingin menuju ke tempat obyek wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan langsung saja arahkan kendaraan anda  kesulitan untuk menemukan lokasinya, anda bisa menyalakan aplikasi gps anda untuk menuntun anda menuju ke di dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk Goa Margo Tresno

Obyek wisata Goa Margo Tresno dibuka selama 24 jam untuk para wisatawan yang mau berkunjung, dan juga anda yang akan kesana tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu membayar biaya tiket parkir saja bagi yang membawa kendaraan pribadi.

 

Tips Berlibur ke Goa Margo Tresno

  • Pastikan anda dalam kondisi yang prima
  • Pakailah alas kaki yang nyaman
  • Persiapkan kendaraan yang akan anda gunakan
  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah
  • Membawa senter untuk penerangan

Artikel Terkait