Goa Buniayu, Wisata Perut Bumi Penuh Tantangan di Sukabumi
Goa Buniayu merupakan salah satu wisata alam yang bisa di bilang cukup menarik. Goa yang menyajikan keindahan alam di perut bumi dengan ornamen-ornamen yang telah terbentuk selama puluhan bahkan jutaan tahun silam.

Jawa Barat merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang cukup eksotis dan menarik untuk di kunjungi. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke daerah ini, baik wisatawan dalam negeri maupun dari wisatawan luar negeri. Terdapat berbagai macam tempat yang dapat anda dan keluarga kunjungi, salah satu tempat yang memiliki pesona keindahan alam tersembunyi yang wajib anda kunjungi adalah Goa Buniayu. Berwisata ekstrem memasuki perut bumi? Anda harus mencobanya.

Goa Buniayu ini memiliki arti kecantikan yang tersembunyi dan berasal dari kata "Buni" yang berarti sembunyi dan "ayu" yang berarti cantik. Lokasi wisata ini terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Bagi para warga sekitar, goa ini lebih dikenal dengan nama Goa Cipicung, karena lokasinya yang berada di Cipicung. Berbeda dengan para penjelajah, goa ini lebih di kenal dengan nama Goa Siluman. And For Your Information, goa ini pernah dijadikan lokasi syutting film "Si Buta Dari Goa Hantu", mungkin ini salah satu alasan kenapa goa ini disebut sebagai Goa Siluman. Namun, setelah dikelola oleh Perum Perhutani, goa ini berubah nama menjadi Wisata Wana Goa Buniayu. 

Tentang Goa Buniayu

Goa Buniayu ini memiliki luas areal sekitar 10 hektar. Goa ini pertama kali disusuri pada tahun 1982 oleh Ahli Goa Indonesia bersama penelusur dari Federasi Speologi Perancis, Goerge Robert dan kawan-kawan. Sampai saat ini terdapat beberapa goa yang berhasil dipetakkan, diantaranya yaitu Goa Cipicung, Kumbang Lanang, Goa Nyangkut, Goa Adni, Goa Bibijilan, Goa Karsim, Goa Gede dan masih banyak lagi. Namun hanya Goa Buniayu inilah yang menjadi idaman para wisatawan karena memiliki keindahan ornamen yang alami, diantaranya terdapat stalaktit, stalakmit, flow stone, garundam, serta ornamen lain yang dapat membuat kagum para wisatawan. Selain itu, saat akan menuju goa ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan dan pepohonan yang rindang serta menyejukkan.

Terdapat dua cara untuk melakukan penelusuran ke dalam Goa Buniayu ini. Pertama, penelusuran goaminat umum (Goa Angin-penelusuran horizontal). Disini anda akan dihadapi dengan medan yang tidak terlalu sulit. Anda juga hanya perlu menggunakan sepatu boot dan di dalam anda akan dimanjakan dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang indah dan mempesona.

Selanjutnya yang kedua adalah penelusuran goaminat khusus/dalam (Goa Kerek-penelusuran vertikal-horizontal). Bagi anda yang menyukain tantangan, anda perlu mencoba penelusuran Goa Kerek ini. Anda akan mulai menuruni goa dan menelusuri goa selama 4 jam dengan perjalanan yang bervariatif, mulai dari jalan yang berbatu, berlumpur, serta melawati sungai di dalam goa. Berhati-hatilah saat melakukan penelusuran karena banyak jalan licin dan terjal yang cukup rawan.

Pesona Goa Buniayu

Goa ini memiliki tiga zona, yaitu zona terang, zona senja, dan zona gelap abadi. Pada zona terang, anda akan dimanjakan oleh berbagai ornamen menarik dengan bentuk yang beragam. Selanjutnya anda akan mendapati zona senja, dimana pada lokasi ini cahaya sudah mulai sulit masuk ke dalam. Kemudian pada zona terakhir, zona gelap abadi. Sesuai dengan namanya, cahaya matahari sudah tidak terlihat lagi. Untuk itu anda disarankan menggunakan headlamp untuk memberikan penerangan saat berada di zona ini.

Di dalam goa, anda juga dapat menemukan sedimen cantik yang mirip dengan koral yang biasanya ditemukan hanya di dalam laut. Selain itu juga, dibagian dalam terdapat sumur air asin dengan kedalaman 500 meter.

Fasilitas Goa Buniayu

Bagi anda yang ingin menginap, di kawasan ini terdapat tempat penginapan seperti saung dan aula. Harga homestay yang ditawarkan cukup bervariatif, mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 600.000/malam dengan kapasitan 3-12 orang. Di lokasi ini juga anda dapat mendirikan tenda agar lebih mendapatkan kesan alaminya. Selain itu terdapat pula fasilitas outbond yang dapat anda gunakan. Untuk makanan, anda tidak perlu khawatir karena di lokasi ini juga tersedia warung makan. Fasilitas lain seperti toilet umum dan keran air bersih juga tersedia di sini.

Baca Juga : Pantai Ombak Tujuh, Keindahan Pantai Yang Eksotis di Sukabumi

Peta Lokasi Goa Buniayu

Harga Tiket dan Paket Goa Buniayu

  1. Harga tiket masuk kawasan Buniayu : Rp 5.000/orang
  2. Goa horizontal (minat umum) : Rp 20.000/orang
  3. Goa vertikal+peralatan (jumpsuit+boots+helm+webbing+curug Bibijilan+pick up :Rp 150.000/orang

Tips Berwisata Ke Goa Buniayu

  • Persiapkan kondisi fisik dan kesehatan anda
  • Gunakan headlamp untuk membantu penerangan di dalam goa
  • Bawalah peralatan P3K minimal hansaplast, untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin    bisa saja terjadi sewaktu melakukan penelusuran di dalam goa
  • Patuhilah perintah tour guide anda. Usahakan untuk tidak menyentuh ornamen di dalam goa,  seperti stakmit dan stalaktit. Hal tersebut dikarenakan kondisi ornamen yang sangat  sensitif. Jagalah kelestarian Goa Buniayu dengan tidak merusak ornamen yang ada di  dalamnya
  • Untuk penelusuran goaminat khusus, gunakanlah pakaian wearpark yang nyaman atau  saat fitting pilihlah pakaian yang agak longgar agar memudahkan dalam bergerak
  • Tetapkan jadwal yang sesuai dan usahakan tidak datang pada musim hujan
  • Booking guide diusahakan dilakukan dari jauh-jauh hari

Artikel Terkait