Danau Duo, Pesona Sebuah Danau dengan Berbagai Keunikan
Danau Duo merupakan salah satu dari sekian banyaknya danau di Kabupaten Kerinci. Danau ini memiliki keunikan tersendiri, dan juga menawarkan panorama alam menawan. Memiliki tanjung yang hanya muncul saat air danau surut, dan juga sering digunakan sebagai tempat camping.

Hamparan keindahan alam Kerinci menyimpan berjuta pesona serta berbagai misteri yang menarik untuk ditelusuri. Kabupaten yang mayoritas daerahnya berada pada dataran tinggi ini, kini seolah surga bagi para travellers dari dalam maupun luar negeri. Kerinci diketahui memiliki beberapa danau yang tak hanya indah, tetapi juga unik salah satunya adalah Danau Duo.

Danau ini merupakan salah satu tempat favorit bagi para wisatawan yang hobi berpetualang di alam liar. Menawarkan pesona alam yang masih lestari, serta berbagai panorama indah danau ini sangat cocok untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk keramaian kota. Suasana asri dan udara segar dari dataran tinggi, seolah menjadi pelengkap yang menasbihkan danau ini sebagai tempat wisata sempurna.

Danau Duo

Secara administratif, Danau Duo terletak pada Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Apabila hendak berkunjung ke danau, wisatawan bisa menggunakan rute Kota Sungai Penuh menuju Kecamatan Gunung Raya. Jaraknya kurang lebih sekitar 40 kilometer dan bisa ditempuh dengan perjalanan selama satu jam.

Setelah sampai di Simpang Tiga Lempur, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan naik ojek. Jaraknya pun tak terlalu jauh, hanya sekitar 8 kilometer saja. Jika ingin merasakan sensasi berbeda, pengunjung juga bisa trekking ataupun menggunakan motor cross. Jalan menuju danau pun bisa dilalui dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Medannya pun tak berat, hanya saja jalanan masih belum diaspal dengan baik.

Pesona Danau Duo

Jika dalam perjalanan menuju Danau Duo dilalui dengan trekking, wisatawan akan mendapatkan pengalaman yang cukup seru. Selama perjalanan, wisatawan harus melewati hamparan ladang-ladang milik warga, serta menyusuri kaki Gunung Batuah. Aroma harum dari tanaman kayu manis juga senantiasa menemani perjalanan ini.

Berada pada dataran tinggi yang mencapai 1.500 meter diatas permukaan laut, membuat danau ini menjadi salah satu danau tertinggi di Sumatra. Lokasi danau pun tepat berada pada kaki Gunung Betuah, dan masih masuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Suasana alami dengan dinginnya udara seolah menjadi penyambut wisatawan ketika tiba di danau.

Danau Duo

Desa Lempur memang memiliki beberapa danau yang sering dikunjungi wisatawan. Tercatat terdapat 5 danau indah pada desa ini. Danau-danau tersebut adalah Danau Kaco, Danau Lingkat, Danau Nyalo, Danau Kecik dan Danau Duo. Kelima danau ini menawarkan keindahan berbeda, dan memiliki keunikan tersendiri.

Berbeda dari danau pada umumnya, danau yang satu ini tidak bermuara dan juga tak berhulu. Sedangkan sumber air danau sendiri, berasal dari air resapan Gunung Batuah. Air pada danau ini juga dimanfaatkan sebagai pengairan ladang dan sawah milik masyarakat sekitar.

Disekeliling danau, wisatawan akan menemukan ladang-ladang kayu manis milik penduduk setempat. Tersedia pula rakit yang dapat digunakan pengunjung untuk berkeliling menikmati pemandangan sekitar danau. Rakit-rakit ini juga biasanya digunakan masyarakat sebagai alat transportasi menuju ladang dan sawah.

Pada waktu tertentu, saat permukaan danau ini cenderung menurun akan terlihat sebuah tanjung yang seolah membelah danau menjadi dua bagian. Tanjung tersebut sering digunakan wisatawan sebagai tempat mendirikan tenda dan bercamping. Hal ini juga menjadi asal usul disebutnya danau ini dengan naman Danau Duo.

Pada danau ini ditemukan pula beberapa jenis ikan seperti Ikan Semah dan Ikan Seluang. Anehnya kedua jenis ikan tersebut biasanya hidup pada sungai-sungai besar. Belum diketahui secara pasti bagaimana kedua ikan tersebut bisa berkembang biak dengan baik pada danau di dataran tinggi. Padahal pada danau-danau lainnya, seperti Danau Nyalo atau Danau Lingkat tidak ditemukan jenis ikan ini.

Populasi dari kedua jenis ikan di danau pun terjaga dengan baik, penduduk dan wisatawan juga bisa memancing ikan ini. Uniknya, ikan ini sangat sulit untuk didapat jika menggunakan jaring atau pun jala. Padahal populasi ikan tergolong banyak, dan setiap jam 9 pagi hingga 11 siang ikan-ikan akan menampakkan diri ke permukaan untuk berjemur dibawah sinar matahari.

Fasilitas Danau Duo

Fasilitas pada objek wisata danau ini tergolong cukup memadai, karena pemerintah setempat telah meresmikan Desa Lempur sebagai desa wisata terpadu. Tersedia pula paket tour wisata lima hari untuk berkeliling menikmati lima danau yang ada pada desa ini. Wisatawan bisa menemukan pemandu, toilet, tempat parkir, dan juga mushola.

Selain itu, terdapat pula aneka kuliner lezat yang bisa ditemukan wisatawan di Desa Lempur. Jadi wisatawan tak perlu khawatir akan merasa kelaparan jika berkunjung ke danau ini. Salah satu makanan yang khas dan bisa dicicipi wisatawan adalah Lemang Kantung Semar. Sedangkan jika ingin menginap, tersedia pula beberapa homestay di desa setempat yang bisa disewa wisatawan.

Baca Juga: Danau Belibis, Danau di Kaki Gunung Kerinci Berbalut Kisah Misteri

Danau Duo dapat menjadi alternatif wisata menarik, jika kamu tengah berada di Kerinci. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke danau.

Menikmati Keindahan Alam

Kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam Kerinci saat berada di danau cantik ini. Hamparan ladang kayu manis yang mengelilingi danau, dan panorama Gunung Batuah menjadi fenomena tersendiri yang bisa menyihir pandanganmu. Bahkan kamu juga bisa ikut dalam tour proses pemanenan kulit kayu manis. Selepas itu, kamu pun bisa berkeliling danau dengan menggunakan rakit.

Selain itu, disini kamu pun diperbolehkan memancing ikan semah yang menjadi ikan endemik Danau Duo. Ikan ini dikenal sangat lezat dan memiliki bermacam khasiat bagi kesehatan. Jika masih belum puas, kamu juga bisa mengunjung danau-danau lain di Desa Lempur yang menawarkan keindahan serta karakteristik berbeda.

Hunting Foto

Keindahan yang dimiliki danau juga sangat pas rasanya digunakan sebagai tempat hunting foto. Para fotografer pecinta panorama alam banyak yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk mengabadikan keindahannya. Tak hanya dari dalam negeri, banyak turis pula yang mulai berdatangan ke desa wisata ini.

Kamu pun bisa mengabadikan momen dengan berselfie di Danau Duo. Banyak sekali panorama indah yang bisa kamu manfaatkan sebagai background berfoto. Tentunya berfoto di alam yang masih lestari, akan semakin membuat foto selfie mu semakin menarik. Danau pun juga bisa kamu potret dari udara dengan menggunakan drone.

Camping

Camping menjadi kegiatan yang seru dan wajib jika kamu berkunjung ke danau ini. Memang tempat ini menjadi salah satu spot camping favorit di Kerinci. Kamu bisa bercamping di pinggir danau, ataupun di tanjung yang akan terlihat saat permukaan danau ini menyusut. Pada tanjung ini, setidaknya bisa menampung hingga 25 tenda.

Pastinya akan sangat seru menikmati keindahan danau di malam hari. Saat udara semakin dingin, kamu bisa membuat api unggun dan membakar ikan hasil pancinganmu. Dengan hamparan langit bertabur bintang, dan secangkir kopi hangat di tangan, keindahan malam pun terasa sempurna.

Melihat Sunset dan Sunrise

Dikala sore hari, saat matahari perlahan mulai menemui ufuknya akan nampak panorama eksotis berupa sunset indah. Sang surya perlahan akan menghilang seolah ditelan oleh perbukitan dan ladang kayu manis. Seketika nuansa romantis pun akan tercipta, dan terasa sempurna jika kamu menikmatinya dengan orang tercinta.

Keindahan matahari terbit pun tak kalah menawan untuk disaksikan, matahari perlahan muncul dibalik semak-semak, hamparan hutan dan pepohonan kayu manis. Rasa dingin pun perlahan digantikan dengan kehangatan sang mentari yang akan membangkitkan semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Harga Tiket Masuk Danau Duo

Untuk memasuki objek wisata Danau Duo, wisatawan tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun jika ingin mengikuti tour 5 danau, maka wisatawan harus membayar biaya tour sesuai paket wisata yang diambil.

Baca Juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Danau Duo

Tips Berwisata di Danau Duo

  • Jika hendak berkunjung ke danau, sebaiknya saat cuaca cerah agar keindahannya terlihat maksimal.
  • Bawalah baju hangat ataupun jaket karena udara di sekitar danau sangat dingin.
  • Jika kamu ingin camping, bawalah tenda dari rumah.
  • Bawalah barang-barang seperlunya, agar tidak menyusahkanmu selama perjalanan.
  • Berperilakulah sopan dan hormati masyarakat sekitar.
  • Kamu bisa mengikuti tour wisata ke lima danau, jika belum pernah berkunjung sebelumnya.
  • Ikutlah dalam melestarikan alam, dan jangan merusak lingkungan sekitar.
  • Jagalah kebersihan, dan bawa kembali sampah-sampah plastik makanan.

Artikel Terkait