Danau Cipule Karawang, Pesona Pulau Cinta yang Menarik Hati Wisatawan
Kabupaten Karawang memang terkenal sebagai kawasan industrinya yang pesat di wilayah Jawa Barat​. Tetapi jangan salah, karena di kota Karawang juga banyak tempat menarik yang bisa dijadikan liburan atau rekreasi bersama keluarga. Salah satunya adalah Danau Cipule ​Karawang.

Kabupaten Karawang memang terkenal sebagai kawasan industrinya yang pesat di wilayah Jawa Barat. Tetapi jangan salah, karena di kota Karawang juga banyak tempat menarik yang bisa dijadikan liburan atau rekreasi bersama keluarga. Salah satunya adalah Danau Cipule Karawang.

Danau ini merupakan bekas lahan tambang pasir yang berada di tepi Sungai Citarum. Terbentuknya danau ini karena proses tambang yang dilakukan secara terus-menerus sehingga membentuk sebuah cekungan besar. Luas danau ini sekitar 90 hektar dengan kedalaman 2 meter.


Fasilitas di Danau Cipule Karawang

Di Danau Cipule terdapat beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh setiap wisatawan yang berkunjung. Dari saung bambu serta warung-warung sederhana yang menjual berbagai jenis kuliner khas Karawang yang pastinya akan memanjakan perut dan lidah para pengunjung.

Hidangan yang disajikan juga cukup sederhana seperti udang tawar dan ikan goreng lengkap dengan sambal lalapannya. Ikan dan udangnya terasa sangat enak karena masih segar hasil tangkapan nelayan yang memancing di Danau Cipule.

Sementara untuk wahana permainan air yang disediakan pun sangat beragam. Dari perahu rakit hingga perahu bebek-bebekan yang dapat digunakan sebagai sarana mengelilingi danau. Untuk fasilitas pendukungnya disediakan area parkir kendaraan yang sudah cukup terjaga keamanannya. Terdapat juga mushola, kamar mandi dan toilet yang sudah memadai.

Keindahan Danau Cipule Karawang

Sebelum tiba di Danau Cipule, kita bisa berkunjung di Bendungan Walahar yang bisa dijadikan tempat istirahat. Setelah tenaga sudah terisi sambil menikmati keindahan bendungan, maka kita dapat melanjukan perjalanan sesungguhnya ke danau cantik nan elok Cipule ini. Jarak dari Bendungan Walahar ke Danau Cipule sekitar 3 kilometer dengan kondisi jalan yang sudah beraspal. Jadi tidak perlu khawatir dengan yang namanya tanjakan dan kelok-kelok jalan yang menyusahkan.

Setibanya di Danau Cipule kita akan disambut dengan latar belakang elok berupa pegunungan yang indah nan menawan. Suasananya begitu sejuk dan segar apabila kita berkunung saat kondisi cuaca yang mendukung. Langit birunya yang berhiaskan awan putih berarak-arak indah menambah ketenangan dan kenyamanan danau ini. Apalagi ditambah dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang menambahkan kesejukan wisata alam Danau Cipule.

Keunikan dari Danau Cipule adalah adanya sebuah pulau seluas 2 kilometer di tengahnya. Pulau ini disebut dengan nama Pulau Cinta dan merupakan daya tarik setiap wisatawan untuk berkunjung ke danau cantik ini. Untuk dapat menikmati keindahan Pulau Cinta ini dapat dijangkau dengan naik perahu. Apabila debit air Danau Cipule sedang tinggi atau naik, maka Pulau Cinta tidak dapat dikunjungi karena tergenang air.

Perjalanan menuju Pulau Cinta dari Danau Cipule tidak terlalu lama. Atmosfer keromantisan yang didapat dari Pulau Cinta ini sungguh luar biasa. Sehingga banyak wisatawan yang lagi dan lagi ingin kembali ke danau elok dan pulau romantis ini.

Keunikan serta daya tarik Pulau Cinta terletak pada pepohonan yang tak terlalu tinggi memagari sekelilingnya dengan kokoh. Sinar matahari yang berusaha menerobos di antara hijaunya dedaunan tentu menambah kecantikan serta keelokan Pantai Cinta ini.

Tak hanya menikmati keindahan Pulau Cinta, di Danau Cipule ini kita juga bisa memancing ikan. Danau cantik ini kaya dengan keanekaragaman ikan yang dibudidayakan. Banyak pemancing yang datang tak hanya penduduk lokal tetapi untuk pemancing dari luar daerah pun dapat kita jumpai disini.

Hunting Foto di Danau Cipule Karawang

Spot terbaik untuk hunting foto di Danau Cipule ini adalah di Pulau Cinta. Dengan pepohonon rindang yang memagari pulaunya tentu saja dapat menjadi latar belakang foto yang mengesankan. Selain itu, pemandangan di atas perahu saat menyeberang ke Pulau Cinta juga sangat sayang jika tidak diabadikan dengan jepretan kamera.


Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Danau Cipule Karawag

Danau Cipule dibuka untuk umum setiap hari dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Akses Lokasi Menuju Danau Cipule Karawang

Lokasi danau cantik ini berada di Desa Walahar, Kecamatan Ciampel Karawang Jawa Barat. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Karawang. Untuk sampai di Danau Cipule dapat melewati tol Karawang Timur dan mengambil jalur Kawsan Industri. Sesampainya di perempatan Kawasan Industri Suryacipta belok kiri lalu jalan lurus sampai di Saluran Induk Tarum Barat sepanjang 5 kilometer. Setelah itu, belok kiri lagi maka tibalah kita di lokasi danau cantik ini.

Akses lainnya yaitu dari arah Puwakarta lurus menuju Curug Karawang. Setibanya di komplek POJ Curug beloklah ke kiri dan masuk ke komplek perumahan POJ. Setelah menyeberangi jembatan pintu air Curug, ikuti jalan di pinggir irigasi tarum Barat. Lalu kurang lebih 2 kilometer belok kanan ke arah jalan yang akan menuju Danau Cipule.

Tips Berwisata di Danau Cipule Karawang

  • Siapkan fisik dan kendaraan sebaik mungkin supaya perjalanan lancar.
  • Jagalah kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelola.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen berkesan saat berwisata di danau cantik ini.

Jika sedang berada atau akan berkunjung ke kota Karawang, Danau Cipule wajib didatangi. Jarak danau cantik ini yang tak jauh dari pusat kota dapat menjadi pertimbangan sebagai tempat untuk sekedar tempat melepas penat dan lelah. Selain itu, Pantai Cintanya yang lekat dengan sisi romantisnya tentu sangat menarik untuk dikunjungi. Tentunya akan menjadi wisata akhir pekan atau wisata liburan yang berkesan dan tak terlupakan.

Artikel Terkait