Danau Biru Muara Tembesi, Fenomena Sebuah Danau Cantik di Batanghari
Danau Biru Muara Tembesi merupakan sebuah danau cantik yang terbuat akibat dari aktivitas penggalian tanah untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan batu bata. Danau ini memiliki air yang sangat indah, berwarna biru kehijauan.

Provinsi Jambi sangat erat kaitannya dengan beberapa kerajaan besar di Nusantara yang pernah berjaya di masa lampau. Pada provinsi ini, bisa ditemukan berbagai situs wisata sejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tak hanya itu, Jambi ternyata juga menyimpan potensi wisata yang sangat menjajikan. Keindahan alamnya tersebar diberbagai daerah, salah satunya adalah Danau Biru Muara Tembesi.

Keelokkan Danau Biru Muara Tembesi memang sudah cukup populer di kalangan masyarakat sekitar. Tempat wisata ini, menawarkan sebuah sensasi danau dengan warna air hijau tosca yang sangat cantik. Tak jarang, pada akhir pekan danau akan dipadati oleh wisatawan untuk sekedar menikmati hamparan air, dan juga berenang di danau.

Danau Biru Muara Tembesi

Secara geografis, Danau Biru Muara Tembesi terletak pada Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke danau ini, setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 22 kilometer dari Muara Bulian, perjalanan tersebut akan memakan waktu sekitar 30 menit saja.

Sedangkan jika datang dari Kota Jambi, perjalanan pun akan semakin panjang dan cukup melelahkan. Wisatawan harus menempuh jarak hingga 100 kilometer untuk bisa menikmati Danau Biru Muara Tembesi. Untungnya, akses menuju danau terbilang mudah, pelancong bisa menggunakan Jalan Lintas Sumatra yang kondisinya sangat baik. Wisatawan pun bisa menggunakan bus dari Kota Jambi hingga ke Muara Bulian.

Pesona Danau Biru Muara Tembesi

Danau Biru Muara Tembesi memang bukan sebuah danau yang tercipta secara alami. Danau ini merupakan danau buatan yang terbuat akibat pengerukan tanah oleh masyarakat setempat sebagai bahan baku pembuatan batu bata. Tanah yang terus dikeruk tersebut pun akhirnya menciptakan sebuah lubang cukup besar, yang terisi oleh air hujan hingga membentuk sebuah danau.

Keberadaan Danau Biru Muara Tembesi pun masih tergolong baru, dan rencananya tempat ini akan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Jambi. Masyarakat setempat mengenal danau ini sebagai danau biru, karena warna air pada danau ini memang berwarna biru kehijauan yang lebih condong ke warna hijau tosca.

Danau Biru Muara Tembesi

Berbeda dengan batu bata pada umumnya yang berwarna merah tua, batu bata di daerah ini berwarna putih yang identik dengan warna tanah sebagai bahan baku batu bata. Di perkirakan, kandungan zat kapur pada tanah di daerah tersebutlah yang menjadikan air pada danau ini memiliki warna mempesona.

Danau Biru Muara Tembesi memang tak terlalu luas, namun keindahan yang dimiliki danau ini tetap saja mampu menarik rasa penasaran wisatawan untuk melihatnya. Disekitar danau, pengunjung bisa melihat tanah berwarna putih yang menjadi bahan baku dari pembuatan batu bata. Danau juga dikelilingi dengan aneka tumbuhan hijau, yang semakin menambah keindahan dari tempat wisata di Muara Tembesi ini.

Ketika berada di danau, wisatawan akan disuguhkan dengan sebuah fenomena danau dengan airnya yang berwarna biru kehijauan nan cantik. Warna air pun senada dengan alam sekitar yang masih asri serta terjaga kelestariannya. Di tepi danau, pengunjung bisa duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam serta udara yang masih segar.

Tak jarang, akan dijumpai anak-anak serta remaja yang asyik berenang menikmati segarnya air danau. Wisatawan pun bisa ikut berenang, serta berbaur bersama anak-anak yang berasal dari daerah sekitar. Namun waspadalah selalu kala berenang di danau, karena Danau Biru Muara Tembesi ini sempat memakan korban dua orang remaja yang tenggelam.

Fasilitas Danau Biru Muara Tembesi

Sayangnya, fasilitas yang bisa dijumpai pada Danau Biru Muara Tembesi ini masih terbilang sangat minim. Masih belum ditemukan fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet, tempat ganti pakaian, tempat sampah dan juga mushola untuk beribadah. Namun wisatawan bisa memarkirkan kendaraannya di lahan sekitar danau yang cukup luas.

Disekitar danau juga sangat sulit untuk menemukan warung atau toko yang menjual makanan, jadi sebaiknya sebelum berkunjung ke danau ini wisatawan terlebih dahulu menyiapkan bekal dari rumah. Namun sekitar beberapa kilometer dari Danau Biru Muara Tembesi, pengunjung bisa menjumpai beberapa warung sederhana yang bisa digunakan untuk melepas rasa lapar dan dahaga.

Pada danau ini, masih belum dilengkapi pagar pengaman ditepian danau, mengingat cukup danau yang cukup dalam tentu saja bisa membahayakan wisatawan jika terpeleset. Selain itu, tidak ada pula petugas keamanan untuk berjaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Mengingat potensi wisata yang dimiliki, danau di Batanghari ini perlu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah setempat. 

Berkunjung ke Danau Biru Muara Tembesi, merupakan alternatif yang cukup menarik untuk berwisata dikala akhir pekan tiba atau libur lebaran seperti saat ini. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung saat berada di danau.

Menikmati Keindahan Danau

Jika kamu tengah berada di Jambi khususnya Kabupaten Batanghari, usai berkunjung ke beberapa tempat bersejarah kamu bisa melihat keindahan yang ditawarkan Danau Biru Muara Tembesi ini. Pandanganmu akan dimanjakan dengan sebuah danau cantik, serta indah dengan air berwarna biru kehijauan. Di danau ini, kamu bisa berenang ditemani riangnya anak-anak kecil yang asyik bermain di tepi danau.

Kamu juga bisa bermain bersama anak-anak kecil pada tanah-tanah putih ditepian danau, yang digunakan untuk perosotan. Di kala sore hari, pesona yang dimiliki danau pun tak kalah menariknya untuk dinikmati. Hembusan angin sepoi-sepoi yang menerpa tubuh, serta alam sekitar berupa pepohonan hijau menjadi fenomena tersendiri yang sangat pas untuk melepas penat.

Hunting Foto

Bagi para penggemar fotografi, Danau Biru Muara Tembesi juga menjadi destinasi yang cocok untuk berburu foto. Di danau ini, kamu bisa mengabadikan keindahan landscape danau, yang nampak indah ketika disinari cahaya matahari. Terdapat beberapa objek menarik yang bisa kamu potret, selain danau kamu juga bisa membidik sisa-sisa galian tanah putih yang terbentuk layaknya tebing indah.

Tak jarang, remaja juga sering menggunakan danau ini sebagai background untuk berfoto selfie. Keindahan danau memang menjadi daya tarik tersendiri, bagi para remaja yang hobi memajang foto di media sosial mereka. Jika kamu tengah mencari objek untuk foto prewedding, tempat ini juga sangat pas untuk latar belakang foto prewedding.

Harga Tiket Masuk Danau Biru Muara Tembesi

Untuk memasuki tempat wisata Danau Biru Muara Tembesi, wisatawan sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca Juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata di Danau Biru Muara Tembesi

  • Sebaiknya, bawalah bekal terlebih dahulu sebelum berkunjung ke danau karena tidak ada penjual makanan disekitar danau.
  • Bawalah pakaian ganti jika ingin berenang di danau.
  • Selalu berhati-hati ketika berjalan di tanah sekitar danau, karena cukup licin.
  • Jika berenang, tetaplah berhati-hati karena danau ini cukup dalam.
  • Jagalah kebersihan danau, dengan membawa kembali sampah dan buanglah pada tempatnya.
  • Jagalah kelestarian dan keindahan danau, dan jangan merusaknya.

Artikel Terkait