Curug Sidomba, Air Terjun dengan Mitos Ikan Bronca
Kuningan juga mempunyai wisata alam yang tak kalah menarik dengan kota-kota lain di sekitarnya. nama wisata alam yang terletak di Kuningan adalah Curug Sidomba. Pada awalnya curug ini ditemukan secara tidak sengaja oleh pada tahun 2002 oleh beberapa siswa SMP Islam Terpadu Umar Sjarifudin Kuningan yang pada saat itu melakukan hiking menyusuri sungai di Lereng Gunung Ciremai.

Dengan ketinggian hanya 3 meter, menurut cerita nama Sidomba sendiri pada jaman dahulunya adalah tempat memandikan domba. Selain itu, hutan yang berada di kawasan curug merupakan tempat penggembalaan domba.

Airnya cukup jernih menyegarkan dan dingin yang bersumber dari mata air gunung Ciremai. Di kawasan Curug Sidomba, didominasi oleh pepohonan pinus dan beberapa jenis pepohonan yang besar. Hal inilah yang menjadikan kawasan sekitar menjadi sangat sejuk dan asri.

Curug Sidomba mempunyai mitos yang membuat tempat ini dikunjungi oleh banyak orang. Menurut mitos yang berkembang, bahwa jika anda mencuci muka disini, maka anda akan dilancarkan urusan dalam segala hal. Baik itu urusan jodoh, rejeki maupun hal lain yang sedang dicita-citakan.


Fasilitas yang Ada Di Curug Sidomba

Telah tersedia berbagai fasilitas yang memadai bagi pengunjung yang berkunjungsebagai penunjang demi memberikan kenyamanan kepada para wisatawan. Fasilitas tersebut diantaranya adalah gazebo, kolam renang, flying fox, kereta mini, karaoke box, karaoke outdoor, motor ATV dan banyak juga yang lainnya.

Ada juga area bermain anak yang disediakan disini, jadi bagi anda yang membawa anak-anak tentu tidak akan bosan jika bermain di area tersebut. Tidak hanya itu saja, disini juga terdapat masjid megah dengan satu menara. Nama masjid tersebut adalah Masjid Asmaul Husna. Untuk menuju menara , anda akan melalui anak tangga yang berjumlah 99. Para wisatawan bisa melihat keindahan alam yang berada di kaki gunung Ciremai.

Keindahan Curug Sidomba

Selain keindahan alamnya yang bisa kita nikmati, disini juga ada ikan mas dan ikan kanca brodas. Namun, konon katanya jika ikan-ikan yang hidup disini tidak boleh ditangkap apalagi dipancing. Jika ada yang menangkap ikan tersebut, maka orang itu akan mendapat balasan.

Nama “ Curug” sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti air terjun. Dan “Sidomba” dari nama binatang domba atau kambing karena di daerah ini banyak terdapat domba yang memiliki tanduk lebih dari dua. Konon katanya jika membasuh muka di air terjun ini, akan dilancarkan segala urusannya, oleh karena itu pengelola membuat kran air khusus.

Dengan dikelilingi berbagai pohon yang menjulang tinggi dengan angin yang sepoi-sepoi membuat tempat ini ramai dikunjungi para wisatawan. Ada juga kolam buatan, meskipun kolam buatan namun ini tidak menjadikan curug sidomba jelek.

Ikan-ikan yang ada di wana wisata ini terbilang menarik sekali. Namun, ada yang perlu diingat bahwa anda juga tidak boleh memberi makan ikan-ikan disana. Tidak hanya ikan, terdapat tangga yang bentuknya unik dengan desannya yang melenggak lenggok seperti model.


Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Sidomba

Jika anda tertarik untuk berkunjung dan berlibur ke Curug Sidomba, jangan mengkhawatirkan masalah harga tiket masuk. Anda hanya akan dikenai tarif sebesar Rp. 5000,- untuk orang dewasa dan Rp. 3.500,- untuk anak-anak. Jadi tidak merogoh kocek yang dalam untuk menikmati keindahan alam disekitar sana.

Namun harga bisa saja naik jika sedang musim libur panjang dan tahun baru. Untuk jam buka, Curug Sidomba buka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya. Namun, jika anda ingin berkemah disekitar lokasi, maka anda juga bisa dengan membuat laporan di pos informasi.

Akses Lokasi untuk Menuju Curug Sidomba

Letaknya yang berada di Objek Wisata Bumi Perkemahan Sidomba yang letaknya di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan dapat ditempuh setengah jam dari Kota Kuningan, Jawa Barat. Sayang sekali karena akses jalan yang belum cukup baik, jalan desa kurang lebar dan banyak tikungan tajam ketika hendak ke Curug Sidomba.

Jika anda berangkat dari arah Cirebon, maka anda bisa menggunakan kendaraan umum dengan jurusan menuju Kuningan dan berhentilah di Desa Manis Lor. Jika anda dari arah Cikidang atau Tasikmalaya maka anda dapat naik kendaraan umum dengan jalur menuju Cirebon lewat Terminal Cirendang lalu berhenti di Desa Manis Lor. Kemudian gunakanlah ojek untuk menuju kawasan Curug Sidomba.

Perjalanan tidak hanya sampai disitu, karena pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk sampai di kawasan air terjun. Namun jangan khawatir, karena pengunjung diharuskan berjalan kaki sekitar 15 meter. Jalur yang curam sehingga pengelola menyediakan anak tangga untuk pengunjungnya.

Tips Ketika Anda Berlibur ke Curug Sidomba

  • Bawalah pakain lebih untuk berjaga-jaga jika anda bermain air di sekitar curug.
  • Pakailah pakaian yang hangat seperti sweater atau jaket.
  • Membawa bekal makanan jangan kebanyakan, karena di sekitar lokasi sudah terdapat pedagang yang menjajakan makanannya.
  • Pakailah alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung.
  • Bila anda membawa anak-anak maka perhatikan anak anda, jangan sampai berbuat ceroboh.
  • Taati aturan yang ada di curug dan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya.

Demikianlah ulasan mengenai Curug Sidomba yang dapat anda jadikan referensi berlibur anda selanjutnya. Anda dapat menerapkan tips yang ada di atas agar liburan anda nyaman dan tentunya menyenangkan. Semoga informasi diatas dapat membantu anda dan selamat berlibur.

Artikel Terkait