Curug Cilember, Keindahan Tujuh Buah Curug yang Menantang
Curug Cilember​ adalah sebuah wisata​ air terjun yang ada di Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat​. Wisata air terjun ini memang memiliki keindahan dengan panorama alam yang begitu memukau.

Keindahan sejumlah wisata yang ada di Indonesia memang memiliki daya tarik tersendiri, termasuk dengan lokasi wisata satu ini. Puncak Bogor yang terkenal akan pemandangannya yang begitu eksotis, ternyata juga memiliki deretan objek wisata yang sayang jika tidak dikunjungi.

Curug Cilember adalah sebuah wisata air terjun yang ada di Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat. Wisata air terjun ini memang memiliki keindahan dengan panorama alam yang begitu memukau. Kawasan ini masih begitu alami, sehinggaa tak heran jika suara binatang hutan melengkapi perjalananmu disana.

Curug ini berbeda dari curug yang biasa kamu kunjungi, dimana curug memiliki banyak aliran yang ada di satu kawasan. Tak heran di Curug Cilember yang ada Kabupaten Bogor ini, kamu bisa menikmati hingga tujuh buah air terjun sekaligus dalam satu kawasan. Selain itu setiap air terjunnya memiliki tantangan yang berbeda-beda.


Fasilitas di Curug Cilember

Meskipun berada di area perbukitan, namun sejumlah fasilitas sudah bisa kamu temui. Fasilitas seperti area parkir, penginapan, warung makan, area outbound, area camping, kamar mandi umum, mushola, gazebo, dan lainnya.

Untuk pengunjung yang ingin menikmati waktu libur lebih lama, maka bisa menyewa penginapan yang sudah disediakan. Disana terdapat beberapa pondok inap dengan tipe tipe yang berbeda. Kamu bisa menyewanya sebagai tempat bermalam atau tempat untuk menikmati waktu libur dengan suasana yang lebih tenang.

Jika ingin mengadakan perkemahan atau camping, maka area ini juga menyediakan fasilitascamping dengan area terbuka yang begitu ideal. Selain itu tersedia perlengkapan camping yang bisa kamu sewa. Fasilitas lain seperti adanya petugas pemandu semakin mempermudah liburanmu selama disana.

Keindahan Curug Cilember

Sebagai salah satu wisata dengan keindahan yang dimiliki, tentu berlibur atau sekedar berkunjung ke Curug Cilember Bogor akan memanjakan kamu dengan berbagai pemandanagn dan panorama yang ada. Kawasan ini sebenarnya belum terlalu ramai dikunjungi, suasananya yang sepi dan udara yang masih sangat alami bisa kamu rasakan disana.

Keindahan lain dapat kamu saksikan di curug yang menawarkan tujuh buah air terjun dengan tantangan yang berbeda-beda. Setiap pengunjung yang ingin menikmatinya, maka harus menyiapkan tenaga tambahan demi menikmati tujuh buah curug di Cilember ini.

Curug yang paling mudah dijangkau berada di area curug ke tujuh. Dimana akses menuju lokasi terbilang masih cukup mudah dijangkau dan hanya membutuhkan sedikit tracking untuk sampai ke sana. Kawasan ini juga digunakan sebagai area camping.

Jika ingin lanjud ke curug berikutnya, tentu kekuatan fisik harus ditambah, karena jalan bebatuan dan aliran sungai yang sedikit licin akan kamu lalui, namun dengan tantangan yang lebih berat tentu keindahan yang ditawarkan juga semakin mempesona. Begitu juga dengan curug-curug berikutnya hingga ke Curug Cilember ke tujuh.

Hunting Foto di Curug Cilember

Untuk kamu yang hobby hunting maka lokasi Curug Cilember Cisarua ini adalah pilihan terbaik untuk hasil foto yang menarik. Keindahan curug yang sangat luar biasa dapat menjadi satu objek andalan untuk hasil foto kamu yang lebih menarik.

Berbagai spot pun juga bisa kamu ambil dari sudut lokasi curug. Pemandangan hutan yang hijau, air terjun yang masih jernih, dan bebatuan disekitar curug akan menambah satu keindahan dari kegiatan hunting foto yang kamu lakukan.


Harga Tiker Masuk dan Jam Buka Curug Cilember

Jika ingin ke sana maka harga tiket masuk Curug Cilember adalah sebesar Rp 6.000/orang. Sedangkan untuk tarif parkir sebesar Rp 4.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 8.000 untuk kendaraan roda empat. Cukup murah bukan?

Sedangkan untuk jam buka Curug Cilember sendiri dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Kamu bisa berkunjung kapan saja, namun sebagai saran sebaiknya berkunjung di pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk menikmati segala keindahan yang ada di Curug Cilember Puncak Bogor ini.

Akses Lokasi Menuju Curug Cilember

Lokasi Curug Cilember yang berada di kawasan wisata Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat ini cukup menantang dari medan yang dilalui. Namun untuk akses menuju lokasinya sendiri bisa ditempuh dengan perjalanan biasa menggunakan kendaraan pribadi.

Jika dari arah Jakarta silahkan ambil jalur menuju Puncak Bogor, Jawa Barat. Ambil rute menuju kawasan Cisarua Bogor. Setelah itu akan ada papan petunjuk yang mengarah ke lokasi Curug Cilember.  Kamu bisa parkirkan kendaraan di area parkir yang sudah disediakan. Setelah itu perjalanan akan dilanjutkan dengan tracking yang cukup menantang.

Kamu akan melalui jalanan setapak yang sedikit naik untuk menuju Curug Cilember 7, curug ini yang paling sering dikunjungi karena medannya yang masih terbilang cukup mudah dan paling dekat dengan area parkir. Namun jika belum puas menikmati keindahan di Curug 7 Cilember, maka kamu bisa melanjutkan untuk tracking ke curug berikutnya.

Untuk setiap curug akan terdapat tantangan medan yang berbeda-beda, seperti ketika menuju Curug Cilember 4, perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 – 3 jam dengan kondisi jalanbebatuan, licin dan menanjak. Namun keindahannya sungguh luar biasa.

Tips Berlibur di Curug Cilember

Bagi kamu yang ingin menikmati liburan seru di Curug Cilember Jawa Barat, maka tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah bawa segala kebutuhan mulai dari makanan, minuman, baju ganti, senter, kamera dan lain sebagainya.

Kedua, untuk bisa melalui setiap curugnya akan dibutuhkan perjuangan ekstra, sehingga kamu harus menjaga kondisi fisik agar setiap curug dapat kamu lalui. Jangan lupa selalu berhati-hati atau bisa juga menggunakan jasa pemandu untuk mempermudah perjalanan kamu.

Itulah ulasan mengenai daya tarik wisata Curug Cilember yang ada di Puncak Bogor. Wisata terbaik dengan keindahan air terjun yang begitu memukau dapat kamu jadikan sebagai destinasi untuk menepi sesaat dari keramaian kota.

Artikel Terkait