Curug Cikaso, Pesona Keindahan Alam Air Terjun Tiga Jalur Sukabumi
Lokasi ini merupakan salah satu kawasan wisata alam yang menjadi andalan bagi para warga sekitar karena keindahan alam yang dimiliki begitu indah dan mempesona.

Curug Cikaso merupakan salah satu tempat wisata alam yang cukup populer di daerah Sukabumi. Tepatnya berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Air terjun atau Curug Cikaso ini sebenarnya memiliki nama Curug Luhur. Namun kebanyakan orang lebih mengenalnya dengan Curug Cikaso, karena air yang mengalir berasal dari Sungai Cikaso.

Uniknya Curug Cikaso ini memiliki tiga titik air terjun yang saling berdampingan dan pada bagian bawah terdapat seperti kolam yang memiliki warna hijau kebiruan. Tiga titik air terjun ini memiliki masing-masing nama, yaitu  Curug Asepan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Pesona Curug Cikaso

Dengan ketinggian sekitar 80 meter dan lebar 100 meter, ketiga curug ini menyajikan keindahan alam yang amat sangat menyejukkan mata. Berada di tengah dan diantara rimbunan pepohonan hijau serta suara gemuruh air yang menghasilkan musik alami yang sangat harminos dengan lingkungan sekitar. Selain itu limpahan air terjun yang turun akan bermuara di dalam kolam dengan menampilkan warna biru kehijauan yang cukup jernih. Keindahan yang disajikan dari air terjun ini akan membuat kita betah untuk berlama-lama di lokasi ini.

Curug ini akan terlihat indah saat debit air cukup besar karena air yang tercurah akan lebih deras dan suara gemuruh yang lebih dahsyat. Bagi pengunjung yang tak tahan dengan godaan air dalam kolam dan tergoda untuk berenang, harus tetap berhati-hati karena kolam tersebut cukup dalam. Kedalaman kolamnya sekitar 15 meter dan dibagia bawah air terdapat pusaran yang cukup kuat. Sebaiknya bertanyalah terlebih dahulu kepada penjaga curug, pada lokasi mana saja yang aman untuk berenang.

Bila ingin berkunjung ke curug cikaso ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Karena, Pemandangan yang disajikan akan jauh lebih indah dengan adanya bias dari cahaya matahari terbit akan menciptakan butir-butir halus cipratan air terjun atau curug ini. Panorama alam yang sangat indah ini menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata terfavorit di Ujung Genteng. Lokasi ini cukup recomended bagi kamu-kamu yang hobi fotografi. Bayangkan saja hasil foto akan terlihat indah  dengan panorama alam serta background tiga air terjun sekaligus.

Fasilitas di curug cikaso

Jika anda berkunjung ke curug ini, jangan khawatir dengan suara perut alias kelaparan karena curug cikaso memiliki beberapa tempat warung makan yang akan memanjakan lidah dan perut anda. Selain itu, lokasi ini juga memiliki kios yang menjual berbagai souvenir-souvenir cantik khas lokasi ini. Yang tentunya dapat anda beli untuk kenang-kenangan. Di lokasi ini juga tersedia toilet umum.

Namun ada satu hal yang cukup disayangkan, di lokasi seindah ini tidak tersedia tempat sampah. Sehingga cukup banyak sampah yang dihasilkan baik dari pengunjung itu sendiri maupun warung-warung yang berada di sekitar lokasi. Yang apabila dibiarkan secara terus menures akan merusak keindahan lokasi wisata alam ini.

Baca Juga : Curug Ciherang, Pesona Panorama Air Terjun Dan Rumah Pohon yang Memikat

Peta Lokasi Dan Akses ke curug cikaso

Lokasi curug ini sekitar 8 km dari surade, 15 km dari jampang kulon, 32 km dari ujung genteng, 70 km dari palabuhanratu, dan sekitar 110 km dari kota sukabumi. Apabila anda ingin mengunjungi lokasi ini dari arah sukabumi, maka jalan akan searah dengan jalur menuju pantai ujung genteng. Dari sukabumi menuju jumpang kulon kemudian dilanjutkan ke arah surade.

Namun, sebelum sampai ke surade, anda akan berbelok di pertigaan dan memasuki jalan cikaso, di simpang tiga menuju curug. Kondisi jalan menuju lokasi curug cukup ekstrem, oleh karena itu sebelum berangkat persiapkan  kondisi kendaraan anda dalam keadaan baik.

Dari simpang tiga yang merupakan jalan masuk dan tempat parkir wisatawan. Untuk harga tiket masuk sendiri, pemerintah kabupaten sukabumi telah menetapkan retribusi sebesar Rp 3.000 per orang. Untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 27.000/mobil, biaya parkir kendaraan sekitar Rp 6.000/mobil dan anda juga akan dikenakan uang kebersihan sebesar Rp 2.000/orang.

Selanjutnya anda akan dihadapkan dengan dua pilihan untuk melanjutkan perjalanan menuju curug. Pilihan pertama, anda dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 km menuju lokasi dengan melewati sawah dan ladang penduduk. Pilihan kedua, anda dapat menyewa sampan dengan menyusuri sungai cikaso. Fasilitas sampan ini banyak tersedia di sekitaran jembatan cikaso. Biaya sewa sampan ini sekitar Rp 70.000/sampan dengan kapasitas antara 10-12 penumpang. Setelah tiba di dekat daratan menuju curug, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sekitar 100 m untuk tiba di loksi curug. Anda juga dapat menyewa pemandu dengan biaya berkisar antara Rp 50.000 sampai Rp 70.000

Tips Berlibur Ke Curug Cikaso

  • Persiapkan kondisi fisik secara prima
  • Persiapkan pula kondisi kendaraan yang akan anda gunakan dalam keadaan baik
  • Berhati-hatilah apabila anda ingin mengunjungi lokasi ini pada musim hujan. Pasalnya jalur menuju lokasi ini cukup ekstrem dan sebaiknya jangan berenang demi alasan keamanan
  • Bawalah smartphone dan kamera untuk mendukung liburan anda

Artikel Terkait