Curug Cibaliung, Air Terjun Terindah dengan Sensasi Wisata yang Luar Biasa
Salah satu lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Cibaliung​ yang berada di wilayah Jawa Barat. Curug Cibaliung adalah lokasi wisata air terjun yang mana keindahannya dapat dikatakan terbaik. Lokasi curug yang berada di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat​, membuat wisata ini dapat menjadi lokasi pilihan liburan kamu.

Menikmati keindahan alam wisata yang ada di Indonesia menjadi pilihan terbaik untuk waktu liburan kamu. Berlibur adalah satu kegiatan seru yang pastinya ingin dinikmati setiap orang. Tak perlu jauh ataupun dengan biaya yang mahal, liburan dapat kamu nikmati di sejumlah objek wisata terdekat yang ada disekitar.

Salah satu lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Cibaliung yang berada di wilayah Jawa Barat. Curug Cibaliung adalah lokasi wisata air terjun yang mana keindahannya dapat dikatakan terbaik. Lokasi curug yang berada di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membuat wisata ini dapat menjadi lokasi pilihan liburan kamu.

Keindahan curug begitu menawan sehingga banyak diburu oleh berbagai wisatawan baik lokal maupun yang berasal dari luar kota. Selain keindahan alam disekitar curug yang masih hijau alami, air terjun disini pun juga sangat jernih sehingga menambah daya tarik tersendiri.


Fasilitas di Curug Cibaliung

Sebagai lokasi wisata alam yang berada di Bogor, namun sejumlah fasilitas dapat dikatakan masih kurang. Beberapa fasilitas yang nampak disediakan seperti kamar mandi umum, area parkir, warung disekitar curug, penitipan barang, dan papan petunjuk jalan menuju lokasi.

Meskipun fasilitas yang disediakan belum terbilang maksimal, namun sudah sangat cukup untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung kesana. Selain itu keindahan Curug Cibaliung Bogor yang begitu eksotis seakan menjadi satu fasilitas terbaik dari alam.

Keindahan Curug Cibaliung

Berbicara mengenai keindahan wisata alam terbuka tentu semakin menarik untuk diulas, begitu juga yang ada di Curug Cibaliung. Keindahan curug Bogor ini memang begitu menawan. Keadaan alamnya yang masih sangat terjaga dan jauh dari keramaian kota membuat lokasi selalu diburu para wisatawan terutama mereka yang suka berpetualang.

Menikmati keindahan wisata ini dapat kamu saksikan melalui pemandangan yang ada disekitar curug. Dimana curug dikelilingi oleh hutan yang masih sangat hijau dan lebat, kicauan hewan hutan menambah semarak keindahan yang disajikan oleh Curug Bogor Cibaliung.

Tak hanya indah dari pemandangannya saja, air terjun yang masih sangat jernih dan begitu segar dapat kamu nikmati. Kamu bisa berendam ataupun berenang dikubangan air terjun, meskipun tidak terlalu luas namun kamu masih bisa menikmati aktivitas berenang atapun hanya berendam saja.

Udara yang ada pun juga begitu segar, udara yang bercampur kabut seakan menambah satu keindahan di lokasi wisata satu ini. Selain itu terdapat berbagai spot menarik yang bisa kamu jadikan sebagai tempat berfoto ataupun berselfie yang seru.

Hunting Foto di Curug Cibaliung

Bagi para penggemar kegiatan hunting untuk mengambil sejumlah moment foto terbaik. Maka lokasi Curug Cibaliung di Bogor ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Dimana berbagai keindahan dapat kamu jadikan sebagai objek yang menawan untuk hasil foto yang lebih baik.

Berbagai spot cantik pun juga bisa kamu ambil disana. Spot terbaik bisa kamu ambil dari samping air terjun, dimana kamu bisa berfoto dengan background pemandangan cantik yang ada di belakangnya.

Selain itu pemandangan hutan yang masih sangat asri dan hijau juga dapat mempercantik hasil foto, kamu bisa sedikit tracking untuk mendapatkan moment terbaik disekitar hutan tersebut. Jangan kuatir kawasan ini juga sering dijadikan sebagai area perkemahan sehingga aman.


Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Cibaliung

Untuk kamu yang ingin menikmati pesona Curug Cibaliung di Jawa Barat, tidak perlu kuatir dengan harga tiket masuk yang disediakan. Harga tiket masuk Curug Cibaliung sangat murah yaitu sebesar Rp 15.000/orang, biaya parkir kendaraan Rp 5.000 dan kamu akan dikenakan biaya retribusi Rp 5.000.

Sedangkan jika ingin mandi atau berganti baju kamu cukup membayar Rp 2.500, sedangkan jika ingin menitipkan barang agar lebih aman maka kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 2.500 saja. cukup murah bukan?

Untuk jam buka lokasi Curug Cibaliung Sentul dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Kamu bisa berkunjung diwaktu tersebut, namun jika ingin kesana lebih lama, maka berkunjung di pagi hari adalah pilihannya.

Akses Lokasi Menuju Curug Cibaliung

Alamat Curug Cibaliung yang berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini memang tidak terlalu mudah dijangkau. Lokasinya yang masih berada dipedalaman dan belum banyak diakses wisatawan membuat sejumlah pengunjung harus berjuang untuk bisa sampai ke curug.

Perjalanan dimulai dari pusat Kota Bogor, silahkan untuk menuju kawasan Sentul yang ada di Kabupaten Bogor. Kamu bisa langsung menuju Kecamatan Babakan Madang, setelah itu perjalanan dilanjut menuju kawasan Curug Leuwi Hejo yang ada disebelah Curug Cibaliung di Sentul.

Jangan kuatir disana akan ada plang petunjuk yang bisa kamu gunakan, sesampainya di kawasan wisata, kamu bisa memarkirkan kendaraan. Perjalanan akan lanjut dengan tracking kurang lebih 1,5 jam, setelah itu akan menyusuri sungai yang berasal dari aliran curug sekitar 20 menit. Karena aksesnya yang tidak mudah dan licin sehingga kamu harus berhati-hati.

Tips Berlibur di Curug Cibaliung

Untuk sekedar tips jika ingin berkunjung ke Curug Cibaliung Jawa Barat, pengunjung bisa membawa segala kebutuhan mulai dari makanan, minuman, baju ganti, kamera dan lainnya. Sebaiknya gunakan kendaraan roda dua saja karena medan yang dilalui belum terlalu mendukung. Jaga fisik dan selalu berhati-hati saat melakukan tracking.

Itulah ulasan mengenai wisata Curug Cibaliung Kabupaten Bogor. Lokasi ini begitu tepat untuk kamu yang ingin menikmati sensasi liburan seru sekaligus menantang. Dapat menjadi lokasi pilihan bagi para petualang alam sejati.

Artikel Terkait