Curug Cibaliung, Spot Wisata Alam Dengan Paket Wisata Yang Lengkap
Bogor memang menjadi lokasi wisata alam andalan. Berbagai lokasi keindahan alam yang disajikan membuat para pengunjung tak bosan untuk mendatangi lagi lokasi-lokasi tersebut.

Tak kalah indah dengan lokasi wisata alam lain yang tentunya berada di negara tercinta ini, Indonesia. Lokasi wisata alam yang satu ini juga memamerkan keindahan alam yang tak kalah menarik dan mempesona. Salah satu lokasi wisata alam yang tak jauh dari Ibu Kota ini bernama Curug Cibaliung atau air terjung Cibaliung.

Lokasi wisata alam ini menawarkan paket lengkap, mulai dari keindahan panorama alam, kegiatan trekking bahkan menjadi spot foto yang akan sangat menarik. Tempat wisata alam satu ini terbilang belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Sehingga lokasi ini masih terbilang sangat asri dan bersih. Dan lagi-lagi, untuk dapat menikmati keindahan alam harus memiliki stamina yang cukup untuk menempuh perjalanan yang terbilang cukup ekstrem. Tak perlu khawatir, karena dapat dipastikan saat sampai di lokasi, semua rasa lelah tersebut akan terbayar dengan keindahan yang telah disajikan oleh alam. Berupa pepohonan yang rindang sehingga menghasilkan udara yang sejuk.

Keindahan lain yang ditampilkan yaitu kejernihan air di curug ini. Air yang mengalir masih sangat jernih dan sejuk ditambah dengan warna yang kebiruan. Keadaan ini membuat keindahan yang ditampilkan terlihat sempurna. Para pengunjung juga dapat langsung merasakan derasnya aliran air yang menuju sungai di bawahnya. Godaan akan sangat terasa besar untuk mencicipi sejuknya air ini dengan bermain air, berenang atau bahkan sekedar bersantai di atas bebatuan.

Lokasi yang memang dikelilingi oleh bebatuan juga menjadikan lokasi ini begitu sempurna. Walaupunair terjun yang mengalir ke bawah ketinggiannya terbilang tidak terlalu tinggi, namun itu tidak mengurangi keindahan yang disajikan oleh alam ini yang memang tercipta untuk dinikmati oleh manusia. Berada di lokasi ini akan membuat para pengunjung merasa sangat nyaman dan tenang. Namun perlu diperhatikan untuk fasilitas yang ada di lokasi ini terbilang cukup minim, karena lokasi ini memnag belum banyak diketahui banyak orang. Tapi bukan berati keterbatasan fasilitas menjadikan lokasi ini tidak layak untuk dikunjungi, malah sebaliknya. Dengan banyaknya peminat atau pengunjung yang mendatangi lokasi ini bisa menjadikan lokasi ini destinasi wisata andalan. Dengan seperti itu kemungkinan untuk dibangunnya fasilitas yang memadai bisa terwujud.

Tempat yang sangat cocok untuk berlibur. Menikmati kesejukan air akan membuat anda lupa dengan kesibukan atau bahkan kepenatan dari rutinitas kerja sehari-hari. Nah, bagi anda yang mengaku menyukai wisata alam, jangan melewatkan keindahan alam yang disajikan lokasi ini untuk anda. Lokasi yang memang masih sangat asri ini bisa pula dijadikan tempat untuk berlibur dengan anggota keluarga, sahabat, atau teman. Atau hanya sekedar ingin menghilangkan rasa penat dan jenuh akibat rutinitas bekerja sehari-hari.

Baca Juga : Curug Ciherang, Pesona Panorama Air Terjun Dan Rumah Pohon yang Memikat

Lokasi dan Akses ke Curug Cibaliung

Lokasi wisata alam yang menyajikan keindahan alam yang sempurna ini berada di Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Akses untuk ke lokasi wisata alam ini juga terbilang cukup mudah. Bagi anda yang ingin menuju ke lokasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maka dari Tol Jagorawi dan keluar di Gerbang Sentul City. Kemudian anda dapat belok ke kiri dan masuk ke jalan utama arah Jungle Land. Sebelum pintu Gerbang Jungle Land, anda belok ke arah kanan melalui jalan perkampungan hingga menemui pertigaan. Setelah itu belok ke kiri menuju ke arah Curug Putri Kencana dan Leuwi Hejo. Dari lokasi tersebut kurang lebih setengah jam di Desa Karang Tengah anda akan menemui Curug Cibaliung.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga tiket untuk memasuki lokasi wisata alam yang masih sangat asri ini terbilang sangat murah. Para pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Di lokasi ini juga disediakan tempat untuk parkir dan untuk biaya parkir pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Cukup murah bukan harga yang ditawarkan dibanding dengan pemandangan alam yang bisa anda nikmati di lokasi ini.

Tips Berlibur Ke Curug Cibaliung

  • Siapkan kondisi fisik serta stamina yang cukup. Untuk mengeksplore lokasi ini anda akan membutuhkan stamina yang cukup karena rute untuk menuju lokasi terbilang cukup menguras tenaga.
  • Bawalah pakaian ganti. Karena jika telah tiba di lokasi ini anda mungkin akan tergoda dengan jernihnya air di Curug Cibaliung ini
  • Jika ingin mengunjungi lokasi ini usahakanlah padaa musim kemarau atau saat cuaca cerah. Ditakutkan jika terjadi hujan aliran akan cukup deras.
  • Bawalah perbekalan secukupnya, seperti makanan dan minuman.
  • Jangan lupa membawa kamera yang akan mendukung perjalana anda dan untuk mengabadikan momen-momen indah bersama keluarga, teman atau sahabat
  • Jagalah selalu kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan yang dapat mencemari lingkungan sekitar.

Artikel Terkait