Coban Parang Tejo, Berwisata Sambil Melihat Fenomena Pelangi
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitar Malang menampilkan bahwa tempat ini memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Jika merasa penat dengan segala urusan pekerjaan atau yang lainnya pasti anda memikirkan tentang sebuah rekreasi yang menyenangkan baik itu sendiri bersama keluarga atau teman-teman anda. Namun tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk liburan karena kebanyakan orang berpikir bahwa liburan harus selalu mengeluarkan uang yang banyak. Ada berbagai macam jenis obyek wisata di sekitar anda yang tidak perlu memerlukan biaya berlimpah untuk menikmatinya. Terutama bila anda tinggal di Malanv, salah satu kota di Jawa Timur. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota untuk sekedar refreshing sejenak melepas penat dan lelah setelah berhari-hari bekerja. Di Batu ada beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi dengan biaya yang murah, contohnya adalah Coban Parang Tejo.

Coban Parang Tejo adalah salah satu air terjun di Malang yang lokasi tepatnya adalah di dusun Princi, Desa Gadingkulon, kecamatan Dau. Untuk menuju kesini, anda harus menemph jarak sekitar kurang lebih 20 km dari pusat Kota Malang. Memang agak jauh, tapi dijamin tidak rugi kalau anda main kesana. Dengan ketinggian kurang lebih sekitar seratus meter, Air Terjun Coban Parang Tejo ini memang mempunyai daya tarik tersendiri. Di sini airnya meluncur dengan lembut dari atas melewati bebatuan yang berkilau di bawah paparan sinar matahari, sehingga air terjun ini tidak terkesan terlalu berbahaya. Terlebih lagi lokasinya yang berada di lereng Gunung Butak membuat suasana liburan ke air terjun ini makin sejuk dan adem.

Untuk tambajan informasi, nama Parang Tejo sendiri berasal dari bahasa Jawa. Kata “parang” yang artinya tebing, dan ‘tejo’ sendiri bisa diartikan pelangi. Penamaan ini disebutkan bukan sekedar asal-asalan, karena memang terkadang muncul pelangi akibat percikan air terjun yang halus. Selain menawarkan sensasi pemandangan air terjun berlapis dan kelembutan alirannya, obyek wisata ini juga menyajikan adanya penampakan yang sangat menarik dan mungkin jarang sekali ditemui di air terjun lain, yaitu warna-warni pelangi. Biasanya, pemandangan tersebut terjadi saat saat musim kemarau dalam kondisi matahari sangat terik. Biasan sinar matahari oleh percikan air terjun yang halus menciptakan sapuan berbentuk setengah lingkaran spektrum warna-warni.

Suasana di sekitar Coban Parang Tejo ini pun tergolong masih sangat alami dan perawan yang berarti masih jarang dikunjungi wisatawan. Kawasan ini bisa dibilang sebagai keindahan surga yang tersembunyi di balik keramaian kota Malang.

Fasilitas di Coban Parang Tejo

Dengan pengelolaan yang baik, obyek wisata ini terbilang mempunyai beberapa fasilitas-fasilitas penunjang yang memadai, seperti di antaranya adalah;

- Kantin

Di sana anda juga akan dimanjakan dengan banyaknya penjual makanan dan minuman baik itu lokal maupun makanan umum. Harganya juga bersahabat di kantong dan tidak terlalu mahal.

- Mushola

Berlibur atau berwisata ke suatu tempat sebaiknya tidak membuat kita meninggalkan sholat atau ibadah. Maka dari itu bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah sholat di sana telah disediakan mushola yang lumayan nyaman.

- Lahan parkir

Untuk anda para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir mengenai tempat parkir karena di obyek wisata ini juga telah disediakan lahan parkir yang memadai untuk menampung kendaraan pengunjung.

- Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah tersedia di kawasan Coban Parang Tejo, jadi bagi anda yang ingin menggunakan kamar mandi tidak perlu lagi harus mencari karena di tempat ini telah ada dua buah toilet yang bisa anda gunakan.

Hunting Foto di Coban Parang Tejo

Bagi anda penyuka lingkungan yang alami dan juga fotografi dijamin akan menyukai tempat ini karena selain menyajikan udara sejuk nan segar yang jauh dari polusi, di sini anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Dimulai dari saat anda pertama mendaki, di samping kanan kiri anda akan terlihat hamparan pepohonan di hutan yang pas untuk menjadi target bidikan kamera anda. Setelah itu sampai di air terjun yang pertama, anda bisa berhenti sejenak untuk mengistirahatkan kaki dan mengambil nafas sembari mengabadikan gambar dari air terjun setinggi 2 meter yang mengalir cantik. Selain itu ada beberapa lokasi untuk berfoto yang menarik yaitu ayunan maut, rumah akar, sayap burung, taman love, jembatan kayu, bunga raksasa.

Baca juga : Air Terjun Coban Rondo, Berwisata Sambil Melakukan Fun Tubing



Akses Menuju ke Coban Parang Tejo

Bagi anda yang ingin mengunjungi Coban Parang Tejo, rute yang diambil mulai dari Kota Malang langsung saja menuju ke Desa Gading Kulon sebagai ancer-ancernya Pertigaan Sengkaling (lampu merah), ambil arah ke kiri mentok, kemudian ambil arah ke kanan hingga sampai Perempatan Semanding. Dilanjutkan ambil arah ke kiri melewati Asrama Poncok Putri Ar-Raohmah, lurus terus melewati kawasan Dukuh Sempu sampai ke Desa Gading Kulon. Dilanjutkan menuju ke Dusun Princi, dan di sana udah ada papan petunjuk. Kamu juga bisa tanya pada warga sekitar mengenai akses jalurnya.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Coban Parang Tejo

Jam buka obyek wisata ini dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 wib, setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Untuk tiket masuknya per orang membayar Rp 15.000,- saja.

Tips Berlibur ke Coban Parang Tejo

  • Memakai alas kaki yang nyaman dan tepat
  • Berhati-hati saat menyusuri jalan setapak
  • Lebih baik datang saat musim kemarau
  • Pastikan kendaraan anda dalam kondisi yang baik
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Buang sampah pada tempatnya

Artikel Terkait