Bukit Geger, Menyaksikan Pesona Pulau Madura dari Ketinggian
Pulau Madura yang mempunyai posisi geografis di Laut Jawa ini memang membuatnya menjadi memiliki banyak obyek wisata pantai. Namun tidak hanya pantainya saja yang wajib anda kunjungi saat anda pergi ke Madura, melainkan juga tempat yang satu ini yang patut anda datangi, yaitu Bukit Geger di mana anda bisa menyaksikan pemandangan Pulau Madura dari ketinggian.

Wisata Bukit Geger terletak di desa Geger, kabupaten Geger, dan 30 km tenggara kota. Tinggal di ketinggian 150 sampai 200 meter dpl. Lokasi ini mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Obyek wisata ini sangat prospektif untuk dikembangkan sebagai objek wisata hutan, karena memiliki area camping ground dan climbing sport.

Selain keindahan alamnya, objek wisata ini memiliki patung suci dan sejarah kuno. Hutan akasia, mahoni dan hutan jati dengan luas lebarnya 42 ha. Lima gua suci yang memiliki nuansa sejarah; Gua Petapan, gua Adipodai, itulah bapak tokoh legendaris Madura, Jokotole alias Panembahan Secodiningrat III pada abad XIII. Gua Potre, gua Potre Koneng, istri Adipodai, Gua Pelanangan, memiliki stalaktit yang terlihat seperti alat kelamin pria. Dikatakan jika minum air yang turun dari stalaktit unik ini, bisa menambah energi seksualitas pria. Gua Pancong Pote, memiliki bentuk unik dari sungai bawah tanah, stalagtit dan stalagmitnya berwarna-warni. Gua Ular, memiliki bentuk unik dari batu raksasa yang terlihat seperti snakehead. Memiliki sisi bank di sisi utara dan selatan, sehingga sangat ideal untuk melakukan aktivitas pendakian di sini.

Cekungan Pangelengan, adalah cekungan berongga di dinding bukit sebelah utara. Enaknya, hamparan ini adalah batuan granit / onyx, sehingga sangat pas untuk tempat istirahat, dan menikmati indahnya danau alami dan luasnya persawahan luas di kaki bukit.

Situs pelanggiran berada dalam bentuk terumbu karang. Ini adalah puncak tertinggi dari bukit Geger. Dikatakan, pada 8 abad yang lalu, alat sejarah Pelanggiran ini adalah tempat pendaratan manusia pertama di Madura, bernama Patih Pranggulang (Ki Poleng) dan Dewi Ratna Roro Gung (Putri Kuning). Di daerah bersejarah ini, anak laki-laki Madura R Segara yang pertama, lahir dari Dewi Ratna Roro Gung.

Pemandangan yang bisa anda saksikan dari atas bukit ini benar-benar membuat anda betah berlama--lama berada di Bukit Geger. Udaranya sangat sejuk, segar yang jelas jauh dari polusi perkotaan yang biasanya kita temui sehari-hari. Agar anda bisa mencapai puncak bukit ini, anda harus melewati puluhan anak tangga yang mungkin bisa cukup melelahkan, namun sesampainya di atas anda tidak akan menyesal. Semua rasa lelah dan capek seketika dijamin akan hilang. Anda juga tidak usah khawatir mengenai keaman dari tangga-tangga ini sendiri karena sudah dibuat dari beton yang kokoh sehingga aman untuk ditapaki.

Di tempat ini juga anda bisa menemukan banyak spesies binatang seperti sekelompok kera, burung hantu, burung elang, rajawali laut atau berbagai fauna yang lain yang hidup di hutan di area Bukit Geger. Namun anda jika berpapasan dengan kera-kera yang ada di sana sayangnya dilarang untuk memberi makan karena khawatir jika kera tersebut akan terus mengikuti anda.

Fasilitas di Bukit Geger

Tidak banyak memang fasilitas-fasilitas penunjang bagi wisatawan yang bisa anda temui di tempat ini, namun di antaranya sudah ada seperti kamar mandi umum yang walaupun letaknya di bawah di mana mengharuskan anda untuk menuruni anak tangga lagi, tapi masih berfungsi dengan sangat baik. Di puncak bukit juga anda bisa menemukan gazebo-gazebo yang biasa digunakan para pengunjung untuk bersantai sembari menikmati hamparan pemandangan indah di bawah sana ditemani angin yang sejuk.

Anda merasa lapar atau ingin bersantai ditemani dengan cemilan? Jangan khawatir karena di area ini telah banyak penjual keliling atau warung-warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau pastinya. Jadi jangan takut kantung anda langsung kempes.

Hunting Foto di Bukit Geger

Pecinta dunia fotografi pasti akan sangat dimanjakan jika datang di lokasi yang satu ini karena memang mempunyai banyak spot foto yang bisa anda manfaatkan. Dimulai dari puncak bukit yang langsung memberikan anda panorama pepohonan yang asri di bawah sana. Ada juga patung kuno yang dikeramatkan, selain itu anda bisa mengambil foto di antara rimbunnya pepohonan Akasia, Mahogany dan pohon Jati yang tumbuh berhektar-hektar di area Bukit Geger.

Kera-kera yang ada di sana juga cukup jinak jika bertemu dengan pengunjung sehingga memungkinkan anda untuk berfoto bersama mereka. Selain itu di puncak bukit anda juga bisa memfoto berbagai macam burung yang terbang kesana kemari. Ada juga beberapa tempat di area situ yang bisa anda jadikan spot foto juga, seperti gua petapan, gua potre, gua ular, dan lain-lain.


Baca juga : Pantai Lombang, Berwisata di Bawah Asrinya Cemara Udang

Akses Jalan Menuju ke Bukit Geger

Untuk dapat menuju ke Bukit Geger anda bisa memakai kendaraan pribadi seperti motor, mobil ataupun menyewa bus karena akses menuju bukit masihlah belum ada transportasi umum. Dengan lewat jalan beraspal yang tidak menyusahkan beberapa wisatawan untuk dapat berkendara dengan cara nyaman serta lancar. Untuk anda dari luar Madura dapat menyeberang memakai Jembatan Suramadu.

Setelah tiba di pertigaan Tangkel rekan-rekan meneruskan perjalanan ke arah timur menuju Kabupaten Sampang. Dalam perjalanan menuju bukit Geger ini rekan-rekan bakal melalui dua pasar yaitu pasar Patemon lantas pasar Tanah Merah. Pas sekitaran 1 Km dari Pasar Tanah Merah rekan-rekan mesti belok ke arah kiri serta meneruskan perjalanan sekitaran 15 Km sampai pada akhirnya hingga di depan pintu gerbang bukit.

Sesudah tiba di depan pintu gerbang bila anda memakai bus, sayangnya tak dapat masuk lantaran jalannya yang tidaklah terlalu lebar. Namun untuk kendaraan seperti mobil masihlah dapat masuk kedalam, karenanya rekan-rekan dapat menyewa mobil pick up yang umum dipakai oleh orang-orang sekitaran. Sekitaran 1, 5 Km dari pintu gerbang barulah kita bakal hingga di depan anak tangga menuju bukit Geger.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Bukit Geger

Jam buka dari obyek wisata ini adalah setiap hari 24 jam, jadi anda bisa datang kapanpun yang anda mau. Namun biasanya yang paling ramai adalah sore hari, meskipun siang hari udara di tempat ini juga tidak panas melainkan sejuk. Para pengunjung pun tidak dikenakan biaya tiket masuk, hanya biaya parkir saja sebesar 5.000 rupiah untuk motor dan 10.000 rupiah untuk mobil.

Tips Berlibur ke Bukit Geger

  • Berhati-hati saat berselfi di puncak bukit
  • Jangan lupa membawa kamera
  • Sebaiknya tidak memberi makan kera-kera
  • Memakai alas kaki yang nyaman 

Artikel Terkait