Bukit Bulu Coban Rais, Berwisata Sambil Bermain Wahana Outbound
Kota Batu merupakan obyek wisata utama bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Ada banyak obyek wisata di Batu yang menjadi objek idaman bagi para pengunjung, terutama wisata gunung. Untuk menunjang obyek wisata tersebut, Batu telah difasilitasi dengan hotel, penginapan, villa dan pondok lainnya, yang memiliki nuansa gunung. Selain itu, kota Batu juga disebut "Kota Batu dengan Jutaan Keindahan".

Batu sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur memang sudah lama terkenal dengan banyaknya wisata alam yang digemari para travelers. Letak geografisnya yang berada di dataran tinggi membuatnya memiliki hawa yang sejuk dan dingin. Bagi anda yang ingin merencanakan liburan, tidak perlu memilih tempat yang jauh-jauh terutama jika anda tinggal di Jawa Timur, cukup datang saja ke kota Batu karena di sana anda akan dimanjakan dengan berbagai macam jenis tempat rekreasi yang menarik. Bahkan ada beberapa tempat rekreasi menarik yang wajib anda kunjungi seperti Bukit Bulu Coban Rais.

Bukit Bulu Coban Rais adalah salah satu obyek wisata yang bisa anda kunjungi di dusun Dresel, Desa oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin mendapatkan kesegaran dan keseruan untuk melepaskan rasa penat atau stres yang anda rasakan sehari-hari. Ajaklah keluarga atau teman-teman bahkan pasangan anda ke Bukit Bulu Coban Rais. Banyak wisatawan yang berkunjung kesana terutama saat masa liburan, libur lebaran atau musim libur sekolah. Jadi jangan sampai melewatkan untuk datang kesana bila anda sedang berada di kota Batu.

Coban sendiri berarti air terjun, dan Rais diambil dari nama salah satu penduduk yang ada di sana. Maka dari itu dinamakan Coban Rais. Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan awalnya dinamakan Coban Sabrangan karena untuk mencapai ke lokasi anda harus menyebrangi 14 sungai terlebih dahulu. Suasana alam di tempat ini cocok sekali bagi anda yang ingin refreshing di antara suguhan pemandangan hijau ala pegunungan dipadu dengan suara deburan air terjun yang bisa menentramkan hati juga pikiran.

Wisata yang satu ini memang sedang populer sekali di media sosial sehingga banyak muda-mudi, penggemar travelling yang ingin datang, terutama mereka yang suka fotografi. Sayangnya harga tiket untuk setiap spot selfie memang agak mahal, namun masih terbilang normal karena masih jarang tempat wisata yang menawarkan spot-spot keren untuk berfoto di kawasan perbukitan atau pegunungan seperti di Coban Rais. Area di sana juga sangat pas untuk kegiatan berkemah dan di sana sudah disediakan camping ground atau bumi perkemahan. Banyak juga komunitas-komunitas yang datang untuk berkemah di sana karena nuansanya nyaman, alami, asri dan pemandangan alam yang ditawarkan sungguh elok. Wahana outbound bisa menjadi kegiatan yang asik dan menarik untuk dilakukan.

 

Fasilitas di Bukit Bulu Coban Rais

Untuk masalah fasilitas sendiri anda tidak perlu khawatir karena di Bukit Bulu Coban Rais anda bisa menemukan banyak fasilitas-fasilitas penunjang bagi pengunjung, seperti di antaranya adalah;

- Lahan parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang sangat luas dan juga memadai. Bahkan bisa menampung bis pariwisata juga.

- Food court

Bermain-main di area Bukit Bulu Coban Rais dan mencoba berbagai wahana yang ada di sana pastinya membuat perut anda lapar. Tak perlu bingung apabila anda tidak ada waktu atau lupa untuk menyiapkan bekal. Di dalam area obyek wisata ini anda dapat menemukan food court yang menjual makanan dan minuman dari makanan khas Malang sampai masakan kota lain.

- Gazebo

Dengan dibangunnya gazebo-gazebo di sana, anda bisa dengan santai duduk-duduk sembari menikmati pemandangan malam di sekitar area Bukit Bulu Coban Rais seperti pepohonan asri, dan pemandangan kota Malang dari ketinggian.

- Penginapan

Di sekitar area Bukit Bulu Coban Rais, untuk anda yang butuh tempat penginapan ada beberapa hotel dan penginapan yang bisa anda pilih. Harganya juga bervariasi tergantung fasilitasnya.

- Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah disediakan di sana jadi anda tidak usah repot-repot mencari toilet di luar area pantai.

 

Hunting Foto di Bukit Bulu Coban Rais

Bagi anda yang sangat menyukai seni fotografi, anda bisa membawa kamera anda baik kamera handphone atau kamera profesional saat anda mengunjungi obyek wisata ini. Karena seperti yang disebutkan di atas, Bukit Bulu Coban Rais tidak hanya mempunyai air terjun yang indah namun juga beberapa area menarik seperti spot panggung i love u, ayunan, bukit flower, hammock, gardu pandang, speda gantung, dan lain sebagainya. Pemandangan yang ada di lokasi ini juga sangat cocok untuk anda jadikan target bidikan kamera. Dan jika anda membawa kamera yang tahan air, anda bisa mengabadikan berbagai momen seru bersama keluarga atau teman-teman saat anda sedang bermain-main di sekitar air terjun.

 Baca juga : Batu Night Spectacular, Berwisata Sambil Menikmati Indahnya Lampu Hias

Akses Jalan Menuju ke Bukit Bulu Coban Rais

Rute dari Kota Batu ambil arah ke Studio Batu, disekitar jalan sudah ada beberapa papan petunjuknya. Ikuti jalan sampai ke lokasi. Setelah sampai area parkir, pengunjung harus berjalan beberapa kilometer yang ditempuh sekitar 40 menit dengan menyusuri jalan setapak diantara lembah dan menyebrangi sungai.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Bukit Bulu Coban Rais

Jam buka dari obyek wisata ini adalah dari jam 07.30 sampai jam 15.00 wib, setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Untuk tiket masuknya, anda hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000,- per orang.

 

Tips Berlibur ke Bukit Bulu Coban Rais

  • Pastikan anda dalam kondisi yang prima
  • Pakailah alas kaki yang nyaman
  • Persiapkan kendaraan yang akan anda gunakan
  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah

Artikel Terkait