Blang Tasik, Wisata Hutan Pinus dengan Spot Hunting Foto Kekinian
Blang Tasik merupakan sebuah hutan pinus yang berada di Kabupaten Gayo Lues, menawarkan keindahan deretan pohon pinus yang rimbun serta danau kecil didalamnya.

Banyak orang yang tak menyangka, bahwa Kabupaten Gayo Lues menyimpan beberapa tempat wisata yang masih belum terekspos. Daerah berjuluk Negeri Seribu Bukit ini nyatanya menawarkan keindahan pesona alam yang sangat memukau serta menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Blang Tasik yang merupakan sebuah hutan pinus dengan danau kecil didalamnya.

Blang Tasik belakangan semakin populer di mata wisatawan, setelah keindahan tempat wisata ini diunggah diberbagai media sosial. Para muda-mudi pun mulai penasaran dan berbondong-bondong untuk menengok keelokan dari hutan pinus tersebut. Selain menjadi tempat yang cocok untuk refreshing ketika akhir pekan tiba, tempat ini juga menawarkan beberapa spot menarik bagi wisatawan yang hobi fotografi.

Blang Tasik

Secara geografis, letak Blang Tasik berada di Kecamatan Blang Jerango, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 16 kilometer atau dengan perjalanan sekitar 30 menit dari ibukota Gayo Lues, Blang Kejeren.

Jarak tempuh dari pusat kota memang cukup dekat, dan wisatawan bisa menggunakan berbagai alternatif kendaraan. Namun, dibutuhkan sedikit perjuangan karena meskipun sudah diaspal dengan mulus, jalan menuju ke Blang Tasik ini cukup berliku dan dipenuhi dengan tanjakan yang ekstrim. Tak heran memang, mengingat lokasi dari tempat wisata ini berada di daerah perbukitan.

Pesona Blang Tasik

Deretan pohon pinus berjejer rapi, serta padang rumput hijau membentang luas seolah menyambut para wisatawan ketika tiba dilokasi Blang Tasik. Udara segar pun senantiasa menemani perjalanan berlibur wisatawan di tempat ini. Terkadang, suara merdu kicauan burung akan menjadi fenomena tersendiri menambah keindahan alam hutan pinus ini.

Di tempat ini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam berupa hutan pinus yang masih terjaga kelestariannya. Pengunjung bebas menikmati keindahan hutan ini dengan duduk-duduk diatas lembutnya rerumputan. Cahaya matahari yang samar-samar menerobos rimbunnya pohon pinus, menjadikan suasana di hutan pinus ini sangat sejuk dan terbebas dari terik sang surya.

Blang Tasik

Ketika berkunjung ke Blang Tasik, tak lengkap rasanya jika tak bergelantungan atau hammocking. Tempat ini memang sangat cocok untuk melakukan kegiatan tersebut, karena rapatnya jarak antara satu pohon ke pohon lainnya. Kegiatan ini juga belakangan tengah gencar-gencarnya dipopulerkan para pemuda setempat dan komunitas pecinta alam.

Pada tahun 2016 lalu tepatnya di bulan ramadhan, diadakan sebuah acara berbuka puasa yang dilaksanakan oleh komunitas hammock. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan musik akustik, dan juga serangkaian acara bertema save our trees. Hal ini juga merupakan upaya untuk melestarikan dan menjaga hutan pinus Blang Tasik.

Di kawasan hutan pinus Blang Tasik ini juga terdapat sebuah danau kecil yang bisa digunakan wisatawan untuk memancing, bersantai serta berkeliling danau dengan menggunakan sebuah perahu. Keberadaan danau ini juga seolah menjadi pelengkap keindahan dari hutan pinus yang terletak di Kabupaten Gayo lues tersebut.

Bersantai di pinggir danau sembari menikmati angin sepoi-sepoi juga bisa dilakukan oleh wisatawan. Pemandangan sekitar pun tak kalah apiknya untuk dinikmati, wisatawan bisa menyaksikan keindahan deretan gunung dan perbukitan yang sangat menawan. Hutan pinus Blang Tasik memang menjadi sebuah objek wisata yang pas bagi keluarga, serta tempat yang cocok untuk refreshing ketika akhir pekan tiba.

Fasilitas Blang Tasik

Sayangnya, fasilitas umum yang tersedia bagi wisatawan ditempat ini tak cukup memadai. Masih belum ditemukan fasilitas umum seperti toilet umum, serta mushola untuk beribadah bagi umat muslim. Jika ingin beribadah, wisatawan bisa menggunakan masjid dan mushola yang ada di Kecamatan Blang Jerango.

Selain itu wisatawan bisa memarkirkan kendaraannya disekitar lokasi hutan pinus Blang Tasik yang cukup aman. Di hutan ini juga dipastikan wisatawan tidak akan menemukan warung yang menjual makanan atau minuman, jadi sebaiknya pengunjung membawa sendiri bekal dari rumah.

Baca Juga: Air Terjun Kolam Biru Rerebe, Perpaduan Air Terjun dan Kolam Biru nan Cantik

Jika ingin menginap, wisatawan bisa memilih penginapan dan hotel yang ada di pusat kota Blang Kejeran. Namun, pengunjung juga diperbolehkan untuk bermalam di hutan dengan membangun tenda. Berwisata di Blang Tasik bisa menjadi pilihan menarik jika tengah berada di Kabupaten Gayo Lues, berikut kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di hutan pinus ini.

Menikmati Keindahan Alam

Jika kamu ingin berwisata ke sebuah tempat berbeda, maka hutan pinus Blang Tasik ini bisa menjadi pilihan menarik. Kamu akan disajikan dengan keindahan hutan yang dipenuhi dengan rimbunnya pohon pinus. Disini kamu bisa sepuasnya menikmati keindahan hutan, serta menghirup udara segar yang bebas dari namanya polusi.

Tak hanya itu, di Blang Tasik juga terdapat sebuah danau buatan mini yang bisa kamu nikmati dengan berkeliling menggunakan perahu. Jika kamu hobi memancing, kamu juga bisa mencari ikan didanau ini. Pemandangan pun tak melulu deretan pepohonan pinus, kamu juga disuguhkan dengan jajaran pegunungan dan bukit yang berderet indah dari kejauhan. Sebuah tempat yang sempurna bagi kamu yang ingin melepaskan diri sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Hammocking

Kegiatan ini semakin populer untuk dilakukan di hutan pinus Blang Tasik setelah diadakan sebuah acara oleh komunitas hammock pada tahun 2016 lalu. Kamu juga bisa bersantai dan tidur bergelantungan diantara pohon pinus. Tempat ini memang sangat mendukung untuk dilakukannya kegiatan ini.

Sayangnya masih minim fasilitas yang disediakan oleh pengelola, jadi kamu harus membawa hammock sendiri karena disini masih belum terdapat persewaan hammock. Tentunya akan menciptakan sebuah pengalaman menarik ketika bersantai diatas hammock ditengah hutan pinus yang masih lestari dan alami.

Hunting Foto

Blang Tasik juga menjadi buruan bagi para penghobi seni fotografi, karena memang tempat ini menawarkan panorama yang cuku memukau. Terdapat berbagai spot menarik yang bisa kamu bidik dengan kamera seperti deretan pohon pinus, pegunungan dan danau kecil yang berada didalam hutan.

Selain itu kamu juga bisa hunting foto selfie bersama teman-teman dan kerabat dekat di hutan pinus ini. Blang Tasik juga bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk foto prewedding. Jika kamu memiliki drone, maka kamu bisa memotret objek dari angle yang lebih sempurna.

Camping

Jika kamu ingin merasakan sensasi berbeda dengan berwisata menyatu dengan alam, maka kamu bisa melakukan kegiatan camping di hutan pinus Blang Tasik ini. Kamu bisa mendirikan tenda dihamparan padang rumput yang luas, namun kamu harus membawa tenda sendiri karena disini masih belum ada persewaan tenda.

Dengan camping di hutan pinus Blang Tasik, kamu bisa menikmati dinginnya malam bersama teman-teman dan orang terdekat. Tentunya akan menciptakan sebuah suasana kebersamaan ketika di malam hari, berada di sebuah hutan dan membakar api unggun. Pastinya akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan kamu lupakan seumur hidup.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata di Blang Tasik

  • •Berhati-hatilah ketika menuju lokasi hutan pinus, karena jalan yang menanjak dan berliku-liku.
  • •Sebaiknya bawa bekal sendiri dari rumah, karena tidak ada penjual makanan dan minuman didalam hutan.
  • •Jagalah kebersihan hutan pinus Blang Tasik, dengan tak membuang sampah sembarangan.
  • •Jagalah kelestarian, dan jangan rusak apapun yang ada didalamnya.

Artikel Terkait