275 Tempat Wisata di Bengkulu Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Bengkulu akhir-akhir ini semakin menujukkan pesonanya, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya atau sejarah. Dan Bengkulu memang memiliki sejarah yang cukup panjang mulai dari era Kerajaan hingga masuknya Inggris di Bumi Rafflesia.

Bengkulu salah satu Provinsi yang memiliki sejarah tersendiri bagi negeri ini. Inilah Provinsi dimana Presiden 1 Republik ini diasingkan dan membangun jaringan antara aktivis untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia. Dan di Provinsi Bengkulu lah Presiden Sukarno bertemu dengan Ibu Negara Fatmawati. Kolonialisme Belanda pada waktu itu di Bengkulu pun juga menancap dengan kuat, hingga membangun Benteng Marlborough yang begitu kokohnya. 

Dan kini bangunan peninggalan Belanda telah menjadi cagar budaya dan tempat wisata di Bengkulu yang cukup ikonik. Selain itu ada banyak destinasi wisata menarik yang tersebar di tiap Kabupaten dan Kota di Bengkulu. Dan berikut ini beberapa daftar obyek wisata di Bengkulu yang akan membuat kamu terpukau melihatnya.

Tempat Wisata di Bengkulu Selatan

Kabupaten yang pada masa awal kemerdekaan memiliki nama Kabupaten Manna Kaur dan Kabupaten Seluma Manna Kaur ini memiliki dua dialek yang cukup berbeda. Meskipun tetap menggunakan Bahas Melayu Tengah sebagai bahasa keseharian, tapi beberapa wilayahnya menggunakan dialek berbeda. Seperti dialek Basemah dan dialek Serawai yang menjadi mayoritas digunakan masyarakat Bengkulu Selatan.  Selain memiliki dua dialek yang menjadi ciri khas Bengkulu Selatan, ada beberapa tempat wisata di Bengkulu Selatan yang juga sangat ikonik dan menjadi andalan dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Berikut ini tempat wisata yang akan membuat kamu terkagum-kagum ketika mengunjunginya.

Air Terjun Batu Trika

Termasuk destinasi wisata terbaru yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan, dan belum begitu banyak wisatawan yang datang di Air Terjun Batu Trika. Mungkin memang aksesnya yang tidak bisa dilalui oleh kendaran dan mengharuskan kamu berjalan kaki memasuki hutan belantara. Dan juga diharuskan menggunakan pemandu dari desa setempat. Air Terjun Batu Trika ini cukup eksotis dengan dinding batu yang menjulang tinggi serta bebatuan besar yang ada di bawahnya, terlihat semakin sempurna. Tempat wisata di Bengkulu Selatan ini memang belum begitu ramai, jadi bagi para pecinta alam yang demen sama petualangan bisa juga nge-camp di areal Air Terjun Batu Trika. Lokasinya ada di Kecamatan Kedurang, tepatnya berada di Desa Bumi Agung.

Air Terjun Curup Nerayan

Tempat wisata di Bengkulu Selatan ini juga memiliki nilai sejarah ketika masa perjuangan melawan kolonialisme Belanda. Dulu lokasi Air Terjun Curup Nerayan ini digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang Bengkulu Selatan. Dan kini telah berubah menjadi destinasi wisata yang sangat menarik dan mampu mendatangkan PAD bagi Kabupaten Bengkulu Selatan. Lokasinya yang berada di Talang Padang, yang masih di dalam Kecamatan Pino Raya, tidak begitu jauh dari pusat Kota Manna. dan juga tidak begitu jauh dengan Desa Talang Padang, dan kamu bisa menggunakan jasa pemandu dari desa setempat. yang cukup menarik adalah ada satu lagi destinasi wisata yang cukup berdekatan, yakni Air Terjun Curup Perahu.

Air Terjun Curup Perahu

Lokasinya yang tidak begitu jauh dari Air Terjun Curup Nerayan, cukup sering juga disambangi wisatawan yang ingin merasakan kenikmatan air segarnya. Air terjun yang dikelilingin pepohonan besar ini memang memberikan suasana yang sangat tenang. Jadi memang cocok buat kalian yang mencari ketenangan dengan diiringi suara alami gemericik air. Hampir sama dengan Air Terjun Curup Nerayan, dahulunya Air Terjun Curup Perahu digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang. Apalagi akses ke lautnya cukup mudah, untuk mendapatkan ikan sebagai cadangan makanan ketika bersembunyi.

Air Terjun Geluguran

Akses yang cukup mudah yang berada tidak jauh dari jalan raya Manna dan Palembang membuat Air Terjun Geluguran sering dijamah para pengunjung.  Apalagi hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat Kota Manna, semakin begitu popular di telinga masyarakat Bengkulu Selatan. Panorama alam sekitarnya juga sungguh memukau karena berada di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Tempat wisata di Bengkulu ini suasananya sangat asri penuh dengan hijaunya pepohonan semakin membuat mata kita berbinar-binar. Airnya yang jernih, dan kontur air terjun yang landai yang memungkinkan wisatawan untuk menyusuri hingga bagian teratas air terjun. Lokasi Air Terjun Geluguran ini berada di Kecamatan Ulu Manna, tepatnya di Desa Pino.

Air Terjun Lubuk Langkap

Harus diakui memang Bengkulu Selatan memang cukup kaya akan destinasi wisata air terjun. Dan salah satu air terjun favorit wisatawan adalah Air Terjun Lubuk Langkap. Lokasinya tidak begitu jauh dari tempat wisata Bendungan Air Nipis hanya butuh sekitar 1 jam berjalan kaki. Lagian panorama menuju tempat wisata di Bengkulu Selatan ini juga tidak membosankan. Kamu akan disuguhi pepohonan yang rindang, aliran sungai yang seakan mengikuti perjalanan kamu semakin tidak terasa lelahnya. Air terjunnya memang tidak begitu tinggi, tapi debit airnya cukup lumayan untuk memenuhi kolam yang cukup lebar dan nyaman untuk berendam. Destinasi wisata air terjun ini berada di Kecamatan Air NIpis, tepatnya berada di Desa Suka Maju.

Air Terjun Tiga Tingkat

Destinasi wisata yang tergolong masih baru dan belum begitu banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bengkulu Selatan ini, jadi Air Terjun Tiga Tingkat ini masih sangat alami. Bagi traveler yang demen banget sama petualangan mungkin harus mencoba mengunjungi Air Terjun Tiga Tingkat yang berada di Desa Tenam, yang masih berada di wilayah Kecamatan Ulu Manna. Dari desa Telam kamu masih harus berjalan kaki setidaknya 4 km, melewati hutan yang penuh dengan pepohonan yang sangat rindang dan juga sungai-sungai yang terlihat sejuk dimata. Perjalanan yang membutuhkan 1 jam lebih tidak akan begitu terasa dengan suguhan panorama alam yang istimewa. Ketika sudah sampai Air Terjun Tiga Tingkat, sentuhan alamnya begitu terasa, kamu harus sedikit mendaki ke tingkat dua, hingga ke tingkat tiga. Di air terjun yang tingkat tiga, kamu akan dimanjakan dengan eksotisme air terjun dengan kolam yang cukup besar dan beratapkan dedaunan yang cukup lebat.

Air Terjun Tujuh Tingkat Ulu Manna

Lokasi air terjun yang berada di tengah-tengah hutan sekunder ini menyajikan panorama yang istimewa yang disertai udaranya yang sangat sejuk semakin membuat siapapun yang datang akan semakin betah. Apalagi tidak begitu jauh dari pusat Kota Manna yang hanya memakan waktu 1 jam berkendara. Dengan tingkatan air terjun hingga tujuh tingkat dan hampir semuanya memiliki kolam di bawah benar-benar membuat tiap wisatawan terpukau melihatnya. Airnya yang jernih suasana yang asri membuat pikiran kita akan kembali fresh. Tempat wisata di Bengkulu Selatan ini berada di Kecamatan Ulu Manna, tepatnya di Desa Talang Tinggi.

Bendungan Air Nipis

Salah satu tempat wisata di Bengkulu Selatan yang cukup menarik adalah Bendungan Air Nipis. Berbeda dengan bendungan-bendungan pada umumnya. Airnya yang cukup jernih, panorama persawahan nan hijau, serta bebatuan yang besar menjadi sajian utama ketika kamu berkunjung di Bendungan Air Nipis. Ketika hari libur, cukup banyak wisatawan yang berbondong-bondong di Bendungan Air Nipis. Dan tak lain adalah ingin menikmati segarnya air bendungan yang memungkinakan untuk berenang ataupun hanya sekedar berendam. Bendungan Air Nipis juga masih satu Kecamatan dengan Bendungan Babatan, yang berada di wilayah Kecamatan Seginim.

Bendungan Babatan

Salah satu bendungan yang menjadi anak dari Bendungan Nipis ini cukup popular bagi masyarakat Bengkulu Selatan. Dan memang bisa menjadi tempat wisata di Bengkulu ketika hari libur tiba. Cukup banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di Bendungan Babatan yang dibangun pada tahun 1986 ini. Mulai dari memancing, berenang, hingga kegiatan menyusuri sungai atau aliran air dari Bendungan Babatan. Dihiasi areal persawahan yang menghijau, yang dipinggirnya berjajar pohon kelapa menjadi pemandangan yang cukup menarik di tempat wisata di Bengkulu Selatan ini. Untuk lokasinya sendiri Bendungan Babatan berada di Kecamatan Seginim, Bengkulu Selatan.

Bunker Jepang

Lokasinya yang berada di dalam Taman Remaja di Kelurahan Belakang Gedung semakin dikenal oleh begitu banyak masyarakat Bengkulu Selatan. Dan tak lain karena di dalam Taman Remaja yang lokasinya tepat berada di di pinggir pantai. Jadi suguhan yang istimewa akan kamu rasakan ketika mengunjungi Bunker Jepang, kamu juga bisa menikmati panorama pantai di bawah rindangnya pepohonan kelapa yang ada di Taman Remaja.

Danau Kuranding

Ada mitologi yang diceritakan secara turun temurun hingga sekarang tentang terbentuknya Danau Kuranding. Dan nama Kuranding itu sendiri sebagai bentuk penghargaan untuk seorang tokoh mitologi yang mengawali terbentuknya Danau Kuranding. Dan konon katanya danau ini dijaga oleh Kuranding dan Kuraduk (istri Kuranding) yang telah menjelam menjadi Elang dan Naga. Banyak cerita juga beredar terkadang hingga kini masih sering menampakkan sosoknya baik seekor Elang, maupun Naga. Kini danau yang penuh cerita legenda ini menjadi tempat wisata di Bengkulu Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Suasananya yang sangat asri, begitu juga banyak ikan yang hidup di danau ini, bisa menjadi spot memancing yang asyik bagi para pemancing. Lokasi Danau Kuranding ini berada di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Segini dan Kecamatan Air Nipis.

Desa Batu Balai

Inilah desa yang menjadi hulu dari Bendungan Air Nipis, dan juga Bendungan Babatan. Desa Batu Balai mungkin lebih tepat jika menjadi Desa Wisata di Bengkulu Selatan. Karena desa ini memiliki panorama pedesaan yang masih sangat asri, salah satunya yang paling menarik adalah sungainya. Sungai yang cukup penuh dengan bebatuan ini bisa menjadi spot terbaik untuk olahraga arung jeram. Selain itu ada beberapa areal yang bisa digunakan sebagai pemandian alami. Didukung airnya yang jernih serta panorama pedesaan bisa menjadikannya tempat wisata di Bengkulu Selatan yang menjadi andalan dan mampu menyedot lebih banyak lagi wisatawan yang datang.

Gua Sulumun

Eksotismenya sungguh terasa ketika kamu berada di gua Sulumun yang menjadi sarangnya burung wallet. Suasana keasriannya benar-benar bisa kamu rasakan, apalagi dengan adanya sunga Kedurang yang memang letak hulu sungai berada di lokasi Gua Sulumun, seakan semakin menghiasi keberadaan Gua Sulumun. Lokasi tempat wisata di Bengkulu Selatan ini berada di Desa Batu AMpar, yang masih di Kecamatan Kedurang. Gua Sulumun bisa menjadi spot terbaik buat nge-camp, bahkan kamu tidak perlu membawa bekal, karena ikan yang hidup di hulu sungai Kedurang bisa menjadi santapan yang lezat sembari menikmati keindahan alam tanah Bengkulu Selatan.

Lubuk Sepit Kancing

Inilah salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang ada di Bengkulu Selatan. Meskipun cukup jauh dari pusat Kota Manna yang membutuhkan waktu perjalanan hingga 5 jam. Tetapi tetap saja tidak menyurutkan niat para wisatawan yang datang dari Kota Manna, bahkan dari luar Kabupaten Bengkulu Selatan. Lubuk Sepit Kancing, pemandian alami yang dikelilingi batu cadas yang menjulang tinggi. Airnya yang berwarna hijau dan nyaris beratapkan ranting dan daun pepohonan ini memberikan sensasi kesegaran air alami yang berbeda. Lokasi tempat wisata di Bengkulu Selatan ini masih membutuhkan waktu 1 jam dari Desa Sukaramai, yang masih di wilayah Kecamatan Air Nipis. Namun tidak perlu ragu lagi, perjalanan kamu akan menyenangkan melewati hutan dan juga perkebunan kopi milik warga setempat.

Masjid Al-Manar

Tempat wisata di Bengkulu Selatan yang khusus untuk wisata religi adalah Masjid Al-Manar. Masjid ini dibangun pada tahun 1902 yang diprakarsai oleh seorang Ulama penyebar agama Islam di Bengkulu Selatan ketika itu. Syech Muhammad Amin yang makamnya pun juga berada di dalam lingkungan Masjid Al-Manar. Masjid yang memiliki menara setinggi 13 meter ini sebelumnya hancur ketika terjadi benca gempa bumi pada tahun 2000 silam. Jadi kini hampir mayoritas bangunan Masjid Al-Manar adalah bangunan baru. Tetapi ide awal serta arsitektural masjid tetap memiliki nilai sejarah yang cukup berharga. Lokasi Masjid Al-Manar ini sendiri berada di pusat Kota Bengkulu Selatan yakni di Manna.

Meriam Honisuit

Tidak hanya Belanda dan Jepang saja yang pernah menginjakkan kaki di tanah Bengkulu. Tetapi Inggris juga pernah menginjakkan kakinya di Bengkulu. Salah satu bukti sejarah adalah benda peninggalan Meriam Honisuit. Setelah Inggris angkat kaki, giliran Jepang yang menggunakan Meriam Honisuit dan diletakkan di pusat Kota Manna, yang digunakana sebagai pertahanan pada tahun 1942. Tetapi kini Meriam Honisuit sudah dipindahkan di Kodim Bengkulu Selatan. Jadi sekarang Kodim juga menjadi tempat wisata di Bengkulu Selatan karena adanya benda bersejarah yakni Meriam Honisuit yang diletakkan di depan Kantor Kodim.

Pantai Bengkenang

Siapapin yang datang di tempat wisata di Bengkulu Selatan ini akan takjub ketika pertama kali melihatnya. Pantai yang juga memiliki muara menjadi sangat beragam, wisatawan yang datang ingin menikmati keindahan muara atau bermain di pinggir Pantai Bengkenang. Banyaknya pohon kelapa yang ada di pinggir pantai dan muara semakin membuat Pantai Bengkenang semakin cantik. Ada hal yang cukup istimewa di Pantai Bengkenang, yakni ketika hari mulai senja, detik demi detik kamu akan disuguhi keindahan sunset yang sangat eksotis. lokasi Pantai Bengkenang ini berada di Kecamatan Manna yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Manna.

Pantai Duayu Sekundeng

Banyak masyarakat lokal yang menyebutnya sebagai Pantai Pasar Bawah yang memiliki ombak yang sedang. Hampir beberapa bagian di Pantai Duayu Sekundeng ini diberikan bebatuan yang cukup tinggi yang ada di bibir pantai. Hal ini tentunya saja untuk mencegah terjadinya abrasi, akan tetapi tidak semuanya. Kamu tetap bisa menikmati asyiknya berada di pasir pantai, meskipun tidak berwarna putih tapi tetap saja banyak wisatawan yang berdatangnya. Pinggir pantai yang berjajar pohon cemara akan selalu siap menyambutmu atau sebagai peneduh di kala panas matahari memancarkan sinarnya. Tempat wisata di Bengkulu Selatan ini tepatnya berada di Duayu Sekundeng, atauy dekat dengan pusat Kota Mana.

Pantai Muara Kedurang

Satu lagi tempat wisata di Bengkulu Selatan yang menjadi favorit masyarakat lokal, yakni Pantai Muara Kedurang. Suasananya yang sangat tenang sungguh terasa ketika kamu berada di Pantai Muara Kedurang. Air muaranya yang begitu jernih seolah melambaikan tangan pada pengunjung untuk merasakan kesegaran airnya. Yang cukup menarik adalah kamu bisa merasakan mandi air asin dan juga air tawar dalam waktu bersamaan. Dan satu lagi kamu tetap bisa bermain di atas pasir putih bersihnya, sembari merasakan deburan ombak Pantai Muara Kedurang. Destinasi wisata favorit di Bengkulu Selatan ini tepatnya berada di wilayah Kecamatan Kedurang.

Sungai Desa Tanjung Alam

Suasana pedesaan sungguh terasa ketika kamu mulai memasuki Desa Tanjung Alam. Panorama persawahan dan perbukitan tampak jelas di depan mata. Yang cukup menarik yang ada di Desa Tanjung Alam adalah keindahan dari sungainya yang airnya sangat jernih. Cukup banyak warga yang memanfaatkannya sebagai pemandian alam. Dan karena inilah cukup banyak wisatawan lokal yang mencoba menikmati keindahan alam Desa Tanjung Alam. Sebenarnya ini bisa menjadi potensi tempat wisata di Bengkulu Selatan yang sangat layak untuk dikunjungi. Bahkan juga bisa untuk olahraga rafting. Lokasi Sungai Desa Tanjung Alam masih berada di wilayah Kecamatan Kedurang.

Sungai Manna

Tidak hanya di Desa Balai atau Desa Tanjung Alam saja yang memiliki keindahan dan jernihanya air sungai saja. Tetapi Sungai Manna ini justru menyuguhkan keistimewaan yang berbeda. Salah satunya adalah menjadi area olahraga arung jeram, mulai tingkat pemula hingga professional wajib mencobanya. Sajian khas panorama yang masih asri pinggiran sungai dan juga bebatuan cadas yang ada di Sungai Manna akan selalu mengikutimu ketika berarung jeram di Sungai Manna. Tempat iwsata di Bengkulu Selatan saat ini memang sudah mulai sering dikunjungi para pecinta arung jeram. Lokasinya yang mudah dijangkau yang berada di Kecamatan Ulu Manna, tepatnya di Desa Tenam.

Taman Remaja

Dari nama tempat wisata di Bengkulu Selatan ini memang pas banget, karena yang datang kebanyakan para remaja, tapi ya tetap cocok buat wisata keluarga. Taman Remaja ini lokasinya tepat berada di pinggir pantai, jadi kamu bisa bersantai mendengarkan deburan ombak dan semilirnya angin. Bagi yang takut kepanasan jangan khawatir rindangnya pepohonan yang ada di Taman Remaja siap untuk melindungi kamu dari terik panas matahari. Ada yang cukup menarik ketika kamu di Taman Remaja, yakni adanya bunker peninggalan tentara Jepang yang kini sudah menjadi cagar budaya dan dilindungi oleh pemerintah. Lokasi Taman Remaja juga sangat mudah dijangkau, yang berada di Kecamatan Pasar Manna, tepatnya di Kelurahan Belakang Gedung.

Tebat Rukis

Inilah destinasi wisata yang ada di pusat Kota Manna, yakni danau buatan yang ditata dengan sangat cantik. Tebat Rukis namanya, hiasan pepohonan di pinggir danau serta adanya jembatan yang melintasi danau serasa seperti di Venesia, Itali. Kamu bisa menikmati keindahan di sore hari dengan menggunakan perahu untuk mengelilingi danau atau hanya sekedar bersantai di pinggir danau. Dan yang pasti Tebat Rukis, instagramable banget. Bagi traveler yang suka fotograpi akan betah banget ketika berada di tempat wisata di Bengkulu Selatan ini.

Water Park Manna

Tidak mau ketinggalan Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu, akhirnya ada juga Water Park yang ada di pusat Kota Manna. Water park yang masih baru ini benar-benar- menjadi destinasi wisata keluarga yang cukup mendapat perhatian dari masyarakat Bengkulu Selatan. Kini warga tidak perlu pergi jauh-jauh lagi untuk menikmati waha air, mulai dari perosotan, kolam air, dan wahana permainan lainnya juga tersedia di Water Park Manna. Tempat wisata di Bengkulu Selatan ini setidaknya menjadi wisata alternatif yang cukup favorit bagi masyarakat Bengkulu Selatan yang ingin liburan dengan biaya yang murah dan juga lokasinya dekat.

Tempat Wisata di Bengkulu Tengah

Mungkin masih belum banyak traveler yang tahu destinasi wisata yang sangat menarik yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Padahal ada beberapa tempat wisata di Bengkulu Tengah yang mampu memberikan pengalaman traveling kamu semakin menarik dengan menyusuri setiap sudut di Kabupaten Bengkulu Tengah. Salah satunya adalah Pantai Sungai Suci yang pesonanya tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali. Dan berikut ini ada beberapa daftar tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Air Terjun Bukit Kucing

Lokasinya yang berada di kawasan hutan perbukitan atau lebih dikenal dengan Hutan Bukit Kucing memiliki nilai plus tersendiri bagi Air Terjun Bukit Kucing. Tapi wisatawan harus agak waspada ketika mengunjungi air terjun dari aliran Sungai Kemumu ini. Karena di kawasan Hutan Bukit Kucing ini masih ada hewan liar seperti Harimau Sumatera atau Kucing Hutan yang terkadang masih menunjukkan keberadaannya. Air Terjun Bukit Kucing ini ibarat pemandian alami dengan kolam yang diapit bebatuan besar dan juga sungai yang dikelilingi bebatuan ini menyiratkan eksotisme alam yang istimewa. Tempat wisata di Bengkulu Tengah ini tepatnya ada di Desa Pagar Gunung, dan berada di Kecamatan Karang Tinggi.

Air Terjun Cuupe

Salah satu destinasi yang akan memberikan petualangan yang cukup mengesankan bagi setiap wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Cuupe. Tempat wisata di Bengkulu Tengah ini memang cukup jauh dari desa terdekat, yakni Desa Tanjung Raman yang masih berada di wilayah Kecamatan Taba Penanjung. Kamu harus berjalan kaki sejauh 1,5 km melewati perkebunan karet dan juga sungai-sungai kecil. Alam yang begitu asri emmang sangat terasa ketika kamu sudah sampai di Air Terjun Cuupe. Airnya yang begitu jernih pepohonan di setiap sisinya yang begitu rindang semakin membuat suasana di air terjun begitu adem. Kolam di bawah air terjun benar-benar memikat wisatawan yang tidak sabar pengin cepet-cepet nyebur.

Air Terjun Datar Lebar

Lokasinya yang berada di tengah hutan lindung memang tidak memungkinakan untuk menggunakan kendaraan hingga mencapai lokasi Air Terjun Datar Lebar. Jadi kamu harus sedikit berpetualang agar merasa lebih dekat dengan alam. Membutuhkan waktu setidaknya hampir 2 jam berjalan kaki dari desa terdekat. Dan memang lebih baiknya kamu juga menggunakan pemandu jika belum pernah ke Air Terjun Datar Lebar. Sesampainya di lokasi kamu akan melihat keanggunan air terjun dengan tinggi sekitar 20 meteran ini. Dan yang cukup unik adalah ad 2 kolam yang cukup besar tepat di bawah air terjun, dan juga yang ada di tingkat 2 nya. Jika kamu terasa lelah kamu juga bisa nge-camp di area air terjun tambah semakin asyik. Lokasi tempat wisata di Bengkulu Selatan ini tepatnya berada di Desa Datar Lebar, yang ada di dalam Kecamatan Taba Penanjung.

Air Terjun Empat Panggung

Kesan yang begitu alami benar-benar dipertunjukkan Air Terjun Empat Panggung yang terletak di Semidang Bukit Kabu. Layaknya keindahan alam tanpa pernah dijamah manusia dengan tangannya yang usil. Airnya yang sangat jernih dan juga kolam bebatuan yang membuat warna air kebiruan semakin membuat tidak sabar bagi siapapun untuk nyebur langsung. Tempat wisata di Bengkulu ini memang menghadirkan pesona alamnya yang benar-benar berbeda, meskipun berada di aliran sungai tapi tidak seperti sungai yang ada di perkotaan. Ornamen bebatuan berpadu dengan pepohonan nan hijau di pinggirnya semakin membuat mata pengunjung berbinat-binar melihatnya.

Air Terjun Langan Bungin

Sangat menarik ketika melihat Air Terjun Embun ini, tidak seperti air terjun pada umumnya yang tidak terlalu lebar. Tapi tidak pada Air Terjun Embun yang hampir selebar sungai, jadi airnya sudah pasti cukup deras. Didukung kolanya yang sangat lebar dan tidak begitu dalam, semakin memanjakan wisatawan yang datang. Suasananya juga sangat asri, hampir semua luas air terjun dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rindang. Dengan tingginya yang hanya 5 meter memungkinkan wisatawan untuk mendakit di bagi teratas air terjun. Lokasi tempat wisata di Bengkulu Tengah ini tepatnya berada di Desa Langan Bungin, yang masih berada di dalam Kecamatan Talang Empat.

Air Terjun Langit

Nama yang cukup unik untuk nama sebuah air terjun, konon katanya jika dilihat dari bawah ketinggia air terjun ini nyari menyentuh langit. Bahasa hiperbola yang cukup tepat mengingat ketinggian Air Terjun Langit memang cukup tinggi. Tempat wisata di Bengkulu Tengah ini berada di tengah perkebunan Riau Agri Agung, dan memang sebelumnya tidak untuk umum. Tapi karena kecakapan pemerintah daerah akhirnya bisa dikunjungi wisatawan dengan bebas. Yang cukup unik dari air terjun ini adalah di bagian ujungnya banyak ditumbuhi pepohonan yang menjulang tinggi di sebalah kanan dan kirinya. Jadi hampir seperti pintu gerbang. Lokasi Air Terjun Langit yang juga biasa disebut Air Terjun Kluntung berada di Desa Rena Kandis yang masih di dalam Kecamatan Pagar Jati.

Air Terjun Layang-Layang

Eksotisme dan kesan begitu alami benar-benar ditunjukkan oleh Air Terjun Layang-Layang. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 9 meter ini begitu mempesona dengan debit airnya yang cukup besar dan juga cukup lebar dilengkapi dengan kolamnya yang cukup luas dan dalam semakin membuat wisatawan semakin betah. Bebatuan yang berada di tengah kolam yang cukup tinggi menjadi spot untuk terjun langsung ke kolam bagi yang suka memacu adranalin, tapi bagi yang suka selfie sudah pasti hasilnya top banget. Bagi yang suka caving di dekat air terjun ada goa yang dihuni oleh burung wallet yang biasanya dimanfaatkan oleh warga setempat untuk diambil air liurnya. Tempat wisata di Bengkulu Tengah ini berada di tengah hutan jadi udara yang sejuk dan bebas polusi akan selalu menyelimuti. Utnuk lokasinya sendiri berada di Desa Bunga Tanjung yang masuk di Kecamatan Teramang Jaya.

Air Terjun Penembang

Pesonanya sungguh menarik wisatawan untuk datang, dengan air terjunnya yang ada tiga dan juga derasnya air yang terjun ke kolam dan ke sungainya. Apalagi didukung aksesnya yang cukup mudah semakin menarik minat wisatawan untuk mendatangi tempat wisata di Bengkulu Tengah ini. Namun fasilitasnya memang belum lengkap, masih dalam tahap pembangunan dari pemerintah Benteng. Bebatuan yang ada di bawah air terjun seakan memberikan nuansa alami yang disandingkan dengan pepohonan yang menghijau bisa menjadi spot terbaik buat selfie pastinya. Seperti halnya berendam seakan menjadi keharusan bagi setiap wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Penembang. Lokasi wisata air terjun ini berada di Desa Penembang, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Merigi Kelindang.

Air Terjun Semidang

Destinasi wisata Air Terjun Semidang ini bisa menjadi obyek wisata andalan di Kabupaten Bengkulu Tengah. Karena di dalam satu lokasi terdapat beberapa air terjun yang sama-sama cantiknya. Ditambah lagi sungainya yang sangat unik, karena ada beberapa bagian sungai seakan terpisah dan lebih mirip seperti pemandian alami. Air Terjun Semidang ini cukup lebar meski tidak begitu tinggi tapi kolam di bawahnya cukup luas dan bisa buat berenang. Sudah pasti liburan kamu akan semakin ebrwarna jika kamu sempatkan mengunjungi Air Terjun Semidang. Lokasi tempat wisata di Bengkulu Tengah ini tidak begitu jauh hanya membutuhka waktu 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan dari Desa Semidang yang berada di Kecamatan Karang Tinggi.

Air Terjun Tabalagan

Sebenarnya air terjun ini tidak begitu tinggi yang hanya berkisar 3 meteran saja, tapi karena konturnya yang bertingkat memiliki daya tarik tersendiri. Bahakan setiap pengunjung yang berani bisa juga terjun dari tingkat paling atas Air Tejrun Tabalagan. Kolamnya yang cukup dalam sangat memungkinkan untuk terjun tanpa mengenai dasar kolam, tapi tetap harus berhati-hati. Debit airnya cukup besar, kamu bisa merasakan sensasi guyuran air yang tidak ada hentinya dengan duduk di undakan air terjun. Tempat wisata di Bengkulu Tengah yang kerapo dikunjungi wisatawan ini berada di Desa lagan Bungin, dan di dalam wilayah Kecamatan Talang Empat.

Air Terjun Tik Loy

Yang cukup menarik di Air Terjun Tik Loy adalah debit airnya yang cukup besar dan juga lebarnya air terjun yang memikat wisatawan. Setiap pengunjung akan dimanjakan dengan jernihnya air yang ada di aliran sungai di bawah air terjun. Potensi lainnya yang ada di tempat wisata di Bengkulu Tengah ini adalah untuk aktifitas seperti olahraga arung jeram atau susur sungai. Wisatawan akan disuguhi anorama yang masih sangat asri di sepanjang sungai. Lokasi Air Terjun Tik Loy ini berada di Desa Tamiyang, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pagar Jati.

Air Terjun Tujuh Tingkat

Desa Datar Lebar yang ada di wilayah Kecamatan Pagar Jati memang memiliki pesona alam yang jempolan. Ada beberapa air terjun di kawasan desa ini, dan salah satunya adalah Air Terjun Tujuh Tingkat. Ada tujuh tingkatan air terjun mulai dari yang rendah hinggi mencapai tinggi 10 meter. Dan karena itulah banyak wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Tujuh Tingkat ini. Pesona alamnya yang masih begitu asri mampu membius wisatawan dengan keindahan air terjun yang memiliki tujuh tingkat. Tempat wisata di Bengkulu Tengah ini tepatnya berada di Desa Datar Lebar, yang masih di dalam Kecamatan Taba Penanjung.

Bukit Kandis

Tempat wisata di Bengkulu Tengah ini cukup ikonik dan cukup sering disambangi para penggila panjat tebing yang ingin menaklukkan Bukit Kandis. Selain itu cukup banyak aktifitas yang di lakukan di areal Bukit Kandis, seperti kegiatan pramuka anak-anak sekolah, dan juga para aktivis pecinta alam. Konon katanya di puncak Bukit Kandis ini terdapat kolam yang dalamnya hampir 2 meter. Dan kata masyarakat setempat air tersebut tidak pernah surut karena di atas Bukit Kandis juga ada mata airnya. Lokasi Bukit Kandis ini berada di Desa Durian Demang, yang masuk di Kecamatan Karang Tinggi.

Bunker Coa Sako

Dimanapun Jepang berada ketika mereka menjajah tanah air kita pasti menyisakan bunker ataupun benteng pertahanan. Seperti halnya Bunker Coa Sako yang berada di Kecamatan Taba Penanjung, tepatnya di Desa Tanjung Heran. Meskipun sudah menjadi cagar budaya, tapi tetap saja terlihat tidak begitu terawat dan banyak ditumbuhi semak belukar di segala sisinya. Padahal bisa menjadi tempat wisata di Bengkulu Tengah yang menjadi bukti sejarah dan juga bisa digunakan sebagai wisata sejarah bagi siswa sekolah.

Danau Biru

Seperti di banyak Kabupaten di seluruh Indonesia, banyak pengusaha tambang yang selalu membiarkan bekas pertambangan tanpa mau mengembalikannya seperti semula. Bahkan lebih parahnya daerah pertambangan sangat minim akan penghijauan. Seperti halnya Danau biru yang ada di Desa Surau, tepatnya di Kecamatan Taba Menanjung. Kini jubangan besar bekas tambang menjadi destinasi wisata yang cukup menarik, karena air danaunya berwarna biru atau warna tosca. Meskipun berwarna biru, tetap banyak ikan air tawar yang hidup di dalam Danau Biru tersebut. Jadi wisatawan yang sudah puas selfie dengan background Danau Briu bisa deh lanjut dengan memancing.

Danau Gedang

Cukup banyak destinasi andalan yang dimiliki Kabupaten Bengkulu Tengah, salah satunya adalah Danau Gedang. Ada keistimewaan tersendiri dengan tyempat wisata di Bengkulu Tengah ini. Lokasinya yang bersebelahan dengan pantai membuatnya begitu terlihat sempurna. Siapapun yang datang akan berdecak kagum melihat keindahan alam Danau Gedang dengan Pantai Padang Betuah yang hanya berbatasan pasir pantai saja. mungkin kamu juga bisa merasakan sensasi berenang di pantai sehabis itu berenda di Danau Gedang, cukup asyik bukan. Selain itu adanya perbukitan di sebelah Danau Gedang menambah pemandangan semakin sempurna. Dan yang pasti menjadi spot selfie terbaik di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Gunung Bungkuk

Salah satu destinasi wisata yang syarat akan mitos adalah Gunung Bungkuk yang konon katanya didiami oleh “anak dalam” sebagai penghuni Gunung Bungkuk. Tetapi sang juru kunci sangat keberatan jika cerita tersebut dianggap sebagai mitos, karena menurut berbagai tetua di desa Rajak Besi “anak dalam” pernah menampakkan diri, dan setelah itu terjadilah bencana, seperti paceklik atau kebakaran hutan. Terlepas dari cerita yang cukup mistis tersebut Gunung Bungkuk yang dijadikan sebagai nama Kota Kabupaten Bengkulu Tengah ini memang sangat eksotis. Gunung yang memiliki ketinggian 1.162 mdpl ini juga memiliki berbgai macam flora dan fauna. Dan tak jarang juga wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Bengkulu Tengah ini. Dan sekali lagi harus dengan niatan yang baik, kata juru kunci Gunung Bungkuk.

Hutan Lindung Taba Penanjung

Di dalam Hutan Lindung Taba Penanjung inilah kamu bisa melihat secara langsung bunga raksasa, yakni Bunga Raflesia Arnoldi. Memang musim-musim tertentu bunga ini mulai berkembang, jadi tidak setiap saat kamu bisa melihat bunga langka ini. Dilihat dari pertumbuhannya pun juga tergolong sangat sulit, dia baru bisa tumbuh jika ada tanaman inang dan hanya hanya bisa di tanah yang belum pernah mengalami pengolahan. Maka tidak heran jika Bunga Raflesia Arnoldi ini memang dilindungi oleh pemerintah. Tempat wisata di Bengkulu Tengah yang cukup menarik ini kamu juga bisa menikmati panorama khas hutan dengan pohon besar yang menjulang tinggi dan berbagai macam flora di dalamnya.

Pantai Padang Betuah

Tidak semua pantai harus dinikmati di atas pasir pantainya saja, seperti di Pantai Padang Betuah. Kamu bisa menikmati keindahan Pantai Padang Betuah dari tebing yang cukup tinggi dari dasar pantainya. Patahan pada tebing dan juga terjadinya fenomena seperti sumur yang memiliki kedalaman hingga 50 meter langsung ke arah pantai membuat Pantai Padang Betuah memiliki eksotisme tiada tandingannya. Kebanyakan wisatawan yang datang selalu berada di pinggir tebing sembari selfie, padahal ini sangat rawan karena bisa saja terjadi longsor. Konon katanya di sumur yang mengarah ke pantai memiliki air terjun yang banyak mengandung harta karun di dalamnya. Di Pantai Padang Betuah yang berada di Kecamatan Poncok Kelapa ini menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset.

Pantai Sungai Suci

Jika Pulau Bali punya Tanah Lot, begitu juga dengan Bengkulu Selatan yang punya Pantai Sungai Suci yang sama-sama eksotisnya. Pantai Sungai Suci memang tempat wisata di Bengkulu Tengah yang menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Bengkulu Tengah. Yang cukup unik di pantai ini adalah adanya pulau kecil yang agak ke tengah pantai dan tidak jauh dari bibir pantai. Dan yang paling instagramable banget nih jembatan tali yang menghubungkan bibir pantai dengan pulau kecil tersebut. Di pulau kecilnya menjadi spot terbaik buat mengabadikan momen ketika di Pantai Sungai Suci sembari ngadem di bawah pepohonan. Lokasi Pantai Sungai Suci ini berada di Kecamatan Pondok Kelapat, tepatnya di Desa Pasar Pedati.

Taman Hutan Raya Rajo Lelo

Lagi-lagi minimnya fasilitas dan juga obyek wisata yang tidak begitu terawat menjadikan Taman Hutan Raya Rajo Lelo minim wisatawan. Padahal potensinya sunggur luar biasa, berbagai flora tumbuh di di dalamnya serta suasananya yang sangat nyaman dan berselimut udara yang sejuk. Seharusnya mampu menyedot lebih banyak lagi wisatawan, apalagi dengan adanya Bunga Kibut yang termasuk bunga langka yang mekar di musim-musim tertentu. Tempat wisata di Bengkulu Tengah ini memiliki taman yang ada tugu bunga Raflesia Arnoldi yang cukup besar, bisa menjadi spot selfie tentunya. Lokasi Tahura Rajo Lelo ini berada di Kecamatan Pondok Kubang.

Taman Liku Sembilan

Kalian suguhan yang sangat berbeda ketyika kamu berada di destinasi wisata Taman Liku Sembilan. Suasana yang sangat tenang serta udara yang sangat sejuk khas pegunungan menyelimuti Taman Liku Sembilan. Tidak hanyas ekedar memandang hamparan perbukitan nan hijau saja yang ada di depan mata kita, tapi juga keindahan ciptaan manusia, yakni jalan yang memiliki tikungan tajam sebanyak 9 tikungan. Sebuah karya anak bangsa ini memang harus diacungi jempolan dana membuat design yang sesuai dengan kontur perbukitan. Taman Liku Sembilan ini masih berada di dalam Kawasan Cagar alam Hutan Lindung Taba Penanjung.

Tempat Wisata di Bengkulu Utara

Tidak kalah dengan Kabupaten-Kabupaten lainnya yang ada di dalam Provinsi Bengkulu, Kabupaten yang berpusat di Arga Makmur ini juga menampilkan beragam destinasi wisata yang sangat menarik. Didukung dengan kondisi geografis dataran di wilayah pesisir barat, dan juga perbukitan di wilayah timur, membuat Bengkulu Utara memiliki potensi wisata alam yang mampu menarik wisatawan domestik hingga manca. Belum lagi ditambah dengan wisata sejarah atau wisata budaya, menjadikannya sebagai Kabupaten yang memiliki banyak pesona. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Bengkulu Utara yang akan membuat kamu terpukau melihatnya.

Air Terjun Balam

Ada yang unik di Air Terjun Balam, yakni adanya batu cinta yang ada di bawah air terjun. Dan biasanya wisatawan tidak pernah menyi-nyiakan waktu berada di Air Terjun Balam ini, yaitu selfie di batu cinta. Batu cinta ini hanyalah bongkahan batu yang berbentuk “love” yang cukup unik karena adanya proses alam yang membentuknya. Selain itu adanya kolam yang cukup luas di bawahnya menjadi spot bermain bagi para wisatawan. Lokasi tempat wisata di Bengkulu Utara ini berada di Kecamatan Air Padang, tepatnya di Desa Balam.

Air Terjun Banyu Biru

Memang di Kelurahan Kemumu, yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Arga Makmur banyak menyimpan destinasi wisata yang istimewa, salah satunya adalah Air Terjun Banyu Biru. Selain itu masih banyak lagi, seperti Air Terjun Kemumu, Lorong Batu. Untuk lokasi Air Terjun Banyu Biru ini berada di ujung Lorong Batu, yang bisa kamu susuri menggunakan pelampung seperti menggunakan ban atau perahu karet kecil. Yang menariknya lagi kolamnya yang cukup lebar menjadi spot terbaik untuk berendam maupun berenang. Sangat wajar memang jika Kelurahan Kemumu bisa menjadi lokasi wisata terpadu dan menambahkan daftar tempat wisata di Bengkulu Utara yang wajib untuk dikunjungi.

Air Terjun Curug Sembilan

Lokasinya yang berada di tengah Hutan Lindung Boven, sudah bisa dipastikan keasriannya masih sangat terjaga. Pepohonan yang besar seakan mengelilingin air terjun yang memiliki sembilan tingkatan. Air Terjun Curug Sembilan ini memang tergolong cukup tinggi dengan debitnya airnya yang cukup besar membuat kolam di bawahnya ibarat pemandian alam yang begitu sempurna. Ornamen bebatuan yang tempak begitu alami semakin menambahkan eksotis Air Terjun Curug Sembilan. Tempat wisata di Bengkulu Utara ini memang untuk aksesnya mengharuskan traveler untuk berjalan kaki menyusuri hutan lindung, tapi justri disinilah letak keistimewaannya. Para wisatawan bisa lebih dekat dan menyatu dengan alam. Lokasinya Air Terjun Curug Sembilan ini berada di Desa Tanah Hitam, yang masih di dalam Kecamatan Padang Jaya.

Air Terjun Cincin

Karena bentuk terbingnya bulat menyerupai cincin, akhirnya banyak warga setempat yang menamakannya Air Terjun Cincin. Tidak begitu tinggi, dan memungkinkan kamu untuk masuk ke lubang tebing air terjun dan merasakan sensasi guyuran air. Di tempat wisata di Bengkulu ini juga memiliki kolam yang bisa buat berendam. Tidak beda jauh dengan kedua air terjun lainnya, Air Terjun Batu Roto dan Air Terjun Tengah, Susana yang begitu asri, pepohonan nan hijau, dan sungai yang penuh batu menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Air Terjun Batu Roto

Suguhan pesona alam yang istimewa ketika kamu mengunjungi Air Terjun Batu Roto yang memiliki tinggi 20 meteran dan debit air yang cukup besar dan juga air terjunnya cukup tinggi. Kolam di bawahnya yang cukup besar dengan kedalaman hampir 2 meter semakin membuat wisatawan tidak tahan pengin nyebur. Untuk aksesnya memang mengharuskan traveler berjalan kaki. Tapi jangan khawatir suguhan panorama pedesaan dan juga rindangnya pepohonan akan selalu mengiringi perjalanan kamu. Yang menarik masih di dekat Air Terjun Batu Roto ada 2 lagi air terjun yang sama-sama indahnya. Dan jika kamu beruntung kamu bisa bertemu dengan monyet berekor panjang yang biasanya mencari minum di aliran sungai dekat dengan Air Terjun Batu Roto. Tempat wisata di Bengkulu Utara nan eksotis ini berada di Desa Batu Roto, yang masih dalam Kecamatan Hulu Palik.

Air Terjun Kemumu

Salah satu destinasi andalan yang dimiliki Kabupaten Bengkulu Utara adalah Air Terjun Kemumu. Selain lokasinya yang sangat mudah dijangkau dan juga dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bengkulu Utara dan juga berada di Taman Wisata Kemumu Palak Siring. Yang paling mengesankan ketika berkunjung di tempat wisata di Bengkulu ini adalah ketika musim penghujan. Kamu bisa menemui Bunga Raflesia Arnoldi yang tumbuh di pinggir jalan setapak menuju Air Terjun Kemumu. Spot selfie yang tak ternilai harganya bukan? Meskipun untuk mengunjungi destinasi wisata Air Terjun Kemumu ini kamu harus menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan, karena tidak pernah sama hitungan tiap orang yang menaikinya. Air terjunnya yang indah dengan kolamnya yang cukup luas seakan tersaji siapapun yang mengunjunginya. Banyaknya bebatuan di pinggir kolam semakin menambah keelokan Air Terjun Kemumu.

Air Terjun Kokoi

Keindahan alam di Bengkulu Utara memang begitu beragam dan cukup memiliki potensi yang luar biasa, dan salah satunya adalah Air Terjun Kokoi. Tempat wisata ini semakin popular karena lokasinya tidak begitu jauh dari Arga Makmur yang hanya memakan waktu sekitar 1 jam, tergantung pada kondisi jalannya. Karena ketika musim hujan jalannya sangat licin, jadi harus ekstra hati-hati ketika menggunakan kendara roda dua. Air Terjun Kokoi hampir mirip dengan tangga yang berundak-undak dan kamu bisa merasakan sensasi guyuran air alami yang tidak berkesudahan. Kolamnya yang lebar cukup muat untuk berendam puluhan wisatawan. Lokasi Air Terjun Kokoi ini tepatnya berada di Desa Taba Tembilang, yang masih di dalam Kecamatan Arga Makmur.

Air Terjun Pacitan

Namanya hampir sama dengan salah satu kota yang ada di Jawa Tengah, Pacitan. Namun kali ini menjadi nama air terjun yang ada di Bengkulu Utara, tepatnya di Desa Argamulyai, yang masuk di dalam Kecamatan Padang Jaya. Untuk menuju lokasi tempat wisata di Bengkulu ini tergolong cukup mudah dan bisa menggunakan kendaraa roda dua hingga mendekati lokasi wisata air terjunnya. Meskipun jalannya ketika musim hujan agak licin, dan traveler meski ekstra hati-hati. Tidak begitu tinggi tebing dimana air terjun berada, namun lebar dari air terjunnya dan debit airnya yang besar semakin melukiskan keindahan. Di keliling pepohonan yang rindang semakin membuat kolamnya yang cukup lebar semakin sejuk dan segar. Inilah yang diburu para traveler ketika berkunjung di Air Terjun Pacitan kolamnya yang bisa buat berenang.

Air Terjun Tembulun

Untuk menuju tempat wisata di Bengkulu Utara yang satu ini memang dibutuhkan jiwa petualang, karena lokasinya dan medannya pun agak berat. Jadi sudah pasti destinasi wisata Air Terjun Tembulun ini masih sangat jarang yang mengunjunginya. Pertama kamu harus menuju Kecamatan Putri Hijau lalu dilanjutkan ke Desa Air Putih yang jaraknya kurang lebih 25 km. Lalu masih berlanjut juga menuju Sungai Tembulun yang jaraknya 12 km. Untuk menuju ke Sungai Tembulun kamu harus menuruni perbukitan terjal yang harus ekstra hati-hati. Kemudian berlanjut lagi menggunakan perahu untuk menyeberangi sungai ke arah Air Terjun Tembulun. Keindahannya benar-benar membuat kita lupa akan segalanya hanya rasa kagum terhadap ciptaan Sang Maha Kuasa. Tapi traveler tetap harus hati-hati karena sungai dan kolam air terjun ini memiliki kedalaman hingga 15 meter dan arus sungainya juga sangat kuat.

Air Terjun Tengah

Masih di lokasi yang sama dengan Air Terjun Batu Roto dan tidak begitu jauh jaraknya yang memiliki ketinggian sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Air Terjun Batu Roto. Suasana yang asri, banyaknya pepohonan nan hijau, bulir embun dari ari terjun semakin membuat kawasan Air Terjun Tengah terasa sangat sejuk. Kedalaman kolamnya yang sedang semakin membuat wisatawan semakin ingin merasakan kenikmatan mandi di kolam alami. Tidak jarang juga banyak wisatawan yang nge-camp di areal tempat wisata di Bengkulu Utara ini. Dan yang pasti harus membawa perbekalan yang cukup selama nge-camp.

Air Terjun Tingkat Sembilan

Inilah salah satu destinasi andalan di Kabupaten Bengkulu Utara. Pesona indahnya Air Terjun Tingkat Sembilan sudah tidak diragukan lagi. Bahkan ada sinetron yang ditayangkan di stasiun tv swasta mengambil lokasi syuting di Air Terjun Tingkat Sembilan, yakni Manusia Harimau. Untuk menuju tempat wisata di Bengkulu Utara ini memang harus memiliki stamina yang cukup fit, karena kamu harus sedikit mendaki perbukitan yang kadang sedikit terjal dan juga melewati semak belukar di tengah belantara hutan. Tapi rasa lelah perjalanan kamu akan segera lenyap begitu saja, ketika di hadapan kamu Air Terjun Tingkat Sembilan yang mengalir perlahan tingkatan demi tingkatan. Lokasi Air Terjun Tingkat Sembilan ini berada di Desa Tanah Hitam, yang masih berada di wilayah Kecamatan Padang Jaya.

Bundaran Arga Makmur

Konsep ruang terbuka hijau memang sedang digalakkan di negeri ini, dan salah satunya konsep tersebut diaplikasi oleh Kabupaten Bengkulu Utara dengan membuat Bundaran Arga Makmur di pusat kota. Bundara Arga Makmur ini bisa dijadikan sebagai destinasi wisata alternatif bagi warga lokal, bisa juga sebagai tempat bersantai menikmati senja di Arga Makmur. Taman yang dilengkapi pepohonan juga ada semacam tugu di tengahnya yang juga ada kolam serta air mancur. Cukup menari sebenarnya untuk menjadi tempat wisata di Bengkulu Utara terutama bagi wisatawan dari luar Arga Makmur yang ingin bersantai menikmati kota.

Cagar Alam Sungai Bahewo

Di Pulau Enggano tidak hanya menghadirkan keindahan pantai dan juga keindahan alam bawah lautnya saja, tetapi flora dan fauan yang ada di Pulau Enggano juga cukup beragam dan sangat layak untik dikunjungi. Seperti di Cagar Alam Sungai Bahewo, suhan hutan nan asri nampak di depan mata ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Bengkulu Utara ini. Kamu bisa menikmati panorama hutan dengan berbagai flora di dalamnya dengan cara menyusuri Sungai Bahewo yang cukup eksotis. benar-benar menjanjikan sebuah kedamaian berwisata di Cagar Alam Sungai Bahewo.

Danau Bak Blau

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, “mata air berwarna biru” inilah keunikan danau air tawar yang berwarna biru yang ada di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Meskipun terhubunga langsung dengan laut, tapi rasa airnya justru manis bukannya asin. Warna indah danau biru ini konon menyimpan cerita yang diyakini hingga saat ini. Yakni ada dua buaya putih yang menjada Danau Bak Blau, dan buaya putih tersebut jelmaan dari sepasang manusia yang hubungannya tidak direstui orang tuanya. Terlepas dari cerita rakyat, tempat wisata di Bengkulu Utara ini menjadi tujuan utama para wisatawan selain Pantai Koomang, dan juga pantai-pantai lainnya di Pulau Enggano. Danau Bak Blau ini berada di Kecamatan Enggano, Desa Meok, tepatnya di Dusun Tiga.

Hutan Lindung Boven

Inilah tempat wisata di Bengkulu Utara yang menjadi andalan yang mampu mendatangkan banyak wisatawan domestik maupun asing. Hutan Lindung Boven adalah kawasan ekowisata dan menjadi habitat Bunga Raflesia Gadutensis. Bedanya hanya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Bunga Raflesia Arnoldi. Pada musim-musim tertentu kamu bisa melihat secara langsung bunga-bunga tersebut yang biasanya hidup di daerah Air Terjun Palak Siring atau Air Tejrun Kemumu. Liburan kamu akan lebih sempurna ketika berada di tempat wisata di Bengkulu Utara ini. Selain menikmati panorama hutan lindung dan air terjun kamu juga bisa selfie bareng bunga Raflesia Gadutensis.

Lebong Tandai

Sangat tepat sebenarnya jika desa yang berjulukan “Batavia Kecil” ini menjadi desa wisata yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Dulu desa kecil ini menjadi rebutan banyak Negara besar dunia, seperti Inggris, Belanda, China, dan Portugis, dan tak lain karena kandungan emasnya sangat besar. Tugu Monas yang dibuat emasnya berasal dari Desa Lebong Tandai. Karena lokasinya yang cukup terpencil tidak banyak orang yang mengetahuinya, padahal potensi selain tambang emas, potensi wisatanya mampu mendatangkan banyak wisatawan. Desa ini memiliki spot-spot cantik di dalamnya, mulai dari tebing bekas tambang emas, perbukitan dimana banyak situs peninggalan sejarah Kerajaan, dan juga Sungai Lusang yang dulu digunakan sebagai pemandian Noni-noni Belanda. Yak cukup unik adalah akses menuju Desa Lebong Tandai hanya bisa menggunakan kendaraan Molek atau Motor Lori Ekspress, semacam kereta yang hanya muat beberapa orang saja. dan yang pasti Desa yang berada di Kecamatan Napal Putih ini sangat wajib untu dikunjungi, karena menjadi tempat wisata di Bengkulu Utara yang memiliki segalanya.

Lorong Batu

Tempat wisata di Bengkulu Utara ini benar-benar membuat para wisatawan terpukau dengan keindahan relief alami dinding batu yang mengapit sungai di tengahnya. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Arga Makmur yang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit, menjadikan destinasi wisata Lorong Batu difavoritkan begitu banyak wisatawan. Ibarat pemandian alami dengan dasar batu yang membuat airnya semakin terlihat jernih bak kemilaunya kaca, arusnya yang sedang bisa kamu gunakan untuk kegiatan susur sungai atau bersantai menggunakan pelampung. Pepohonan nan rindang ibarat payung alami yang memayungi sepanjang Lorong Batu. Lokasi wisata andalan Kabupaten Bengkulu Utara ini tepatnya berada di Kelurahan Kemumu, Kabupaten Bengkulu Utara.

Pantai Eska

Pesona alamnya begoti terlihat asri nyaris seperti pantai yang tidak pernah dijamah manusia. Pasir pantainya yang putih bersih, berjajarnya pepohonan nan hijau di pinggiran pantai membuat Pantai Eska begitu sempurna. Salah satu sajian utama yang ada di tempat wisata Bengkulu Utara ini adalah keindahan alam bawah lautnya. Terumbu karangnya nyaris tidak pernah mengalami kerusakan dan masih alami yang dihuni ikan-ikan kecil berwarna-warni. Kamu bisa snorkeling sepuasnya atau menyusuri pinggiran pantai menggunakan perahu atau sampan. Lokasinya berada di Pulau Enggano tepatnya berada di Desa Banjarsari.

Pantai Kaana

Salah satu tempat wisata di Bengkulu Utara yang cukup menarik yang ada di Pulau Enggano, yakni Pantai Kaana. Tidak hanya pantai lepas dengan dengan kemilau air lautnya yang ebrwarna biru saja. Hiasan perbukitan juga menambah kesan yang indah di Pantai Kaana. Tidak cukup disitu saja, hutan mangrove yang berada di satu sisi pantai, menjadi spot yang cukup oke buat mencoba tarikan ikan yang menghuni hutan mangrove. Namun ada sisi yang cukup mengkhawatirkan di Pantai Kaana, yakni banyaknya penambang pasir yang bisa merusakan ekosistem Pantai Kaana. Padahal potensi akan pantai ini bisa menambah daftar destinasi wisata khususnya di Pulau Enggano.

Pantai Karang Pulau

Cukup menarik Pantai Karang Pulau ini dan bisa menjadi destinasi wisata alternatif yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Hamparan pasirnya cukup luas yang bisa dipakai buat main bola voli bahkan sepakbola, cukup mengasyikkan. Ombaknya yang tidak begitu besar tetap bisa dipakai untuk bermain air, tapi juga tetap harus hati-hati, terkadang ombaknya juga cukup besar. Berjajarnya pohon di pinggir pantai cukup bisa membuat wisatawan ngadem sembari menikmati panorama Pantai Karang Pulau. Tempat wisata di Bengkulu Utara ini tepatnya berada di Desa Karang Pulau, dan masuk di Kecamatan Putri Hijau.

Pantai Koomang

Inilah destinasi paling utama wisatawan yang datang ke Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, dan Pantai Koomang ini memang menjadi tempat wisata di Bengkulu Utara yang mampu menghipnotis wisatawan.  Tidak hanya sekedar pantai berpasir putih biasa, tapi pantai ini terpisah menjadi dua dan di tengahnya ada tebing yang cukup tinggi, serta ada lorong atau goa yang menghubungkan dengan pantai lepas. Yang paling menarik adalah di pantai sisi dalamnya yang bisa membuat kamu terapung karena kadar garamnya yang tinggi. Dan juga kamu bisa menikmati keindahaan terumbu karang serta bermain dengan ikan warna-warni di bawahnya. Selain itu di dekat Pantai Kooamgn juga ada air terjun kecil yang bermuara langsung di Pantai Koomang. Sudah pasti menjadi spot selfie terbaik yang ada di Pulau Enggano dan di Kabupaten Bengkulu Utara.

Pantai Kota Agung

Lokasinya berada di Desa Kota Agung yang termausk perkampungan kecil yang berada di pesisir barat yang masih berada di Kecamatan Air Besi, juga memiliki pantai yang cukup cantik. Meskipuns ebagaian pantainya terkena abrasi justri menjadi background yang keren untuk fotografi. Tanahnya yang terlihat agak kekuningan berpadu dengan pepohonan kelapa yang rindang semakin terlihat cantik ketika hari mulai senja. Memang ketika matahari mulai terbenam itulah saat yang tepat untuk menikmati Pantai Kota Agung. Tempat wisata di Bengkulu Utara ini setidaknya bisa menjadi destinasi wisata alternatif yang menarik untuk dikunjungi di akhir pekan.

Pantai Lais

Sebenarnya lokasinya sangat strategis karena cukup dekat dengan jalan raya lintas barat. Tapi karena masih kurangnya promosi atau informasi tentang keindahan Pantai Lais, akhirnya belum banyak traveler yang belum mengetahui keindahan dari Pantai Lais. Memang Pantai Lais ini kebanyakan batu karang, tapi ada sebagian hamparan pantai yang berpasir, setidaknya bisa untuk bersantai setelah lama di perjalanan. Cukup banyak spot memancing bagi yang suka memancing ikan karang, biasanya pada akhir minggu banyak pemancing yang mencoba mencari peruntungan di Pantai Lais. Tempat wisata di Bengkulu Utara ini berada di kecamatan Lais yang sangat mudah sekali ditemukan.

Pantai Malakoni

Ada yang cukup unik dengan Pantai Malakoni yang berada di Desa Malakoni, Pulau Enggano ini. Tidak hanya menampilkan keindahan pantai dengan pasir pantainya yang cukup luas saja. Tapi ada cagar budaya tepat berada di pinggir Pantai Malakoni, yakni bunker Jepang. Konon katanya tempat wisata di Bengkulu Utara ini dulunya digunakan sebagai garis pertahanan tentara Jepang. Yang hampir sama dengan di Tebing Pakiu yang juga ada benteng yang digunakan tentara Jepang dulunya. Cukup menarik Pantai Malakoni ini, terutama pepohonan yang sangat rindang yang ada di pinggir pantai bisa menjadi tempat bersantai sembari merasakan semilir air pantai di Desa Malakoni.

Pantai Palik

Selain tebing dan pantainya yang memukau setiap wisatawan yang datang, panorama sunset di Pantai Palik bisa membuat wisatawan terkesima karena keindahannya. Keindahan alam yang bisa kamu nikmati tepat di atas tebing di pinggir pantai semakin terlihat begitu sempurna. Hembusan angin pantai seakan-akan membuat kita enggan berdiri sebelum matahari tenggelam total. Pantai Palik menjadi spot terbauk untuk yang mau berburu fotografi, ataupun yang demen banget sama selfie. Tempat wisata di Bengkulu Utara yang bisa diandalkan ini berada di Kecamatan Lais.

Pantai Putri Hijau

Tidak beda jauh, dan hampir mirip dengan Pantai Lais yang cukup banyak batu karangnya dan memang sangat tepat jika dijadikan sebagai spot memancing. Tetapi ada spot menarik untuk menikmati keindahan sunset yang ada di Pantai Putri Hijau. Ada semacam tebing yang yang lokasinya tepat di pinggir pantai yang ditumbuhi banyak pepohonan seperti pohon kelapa, bisa sebagai tempat bersantai melihat panorama Pantai Putri Hijau atau menikmati eksotisnya senja di pantai. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat Kota Argo Makmur dan menjadi tempat wisata di Bengkulu Utara yang sering dijamah warga lokal untuk menikmati keindahan senja.

Pantai Tapak Balai

Jika Kabupaten Bengkulu Tengah punya Pantai Sungai Suci bak Tanah Lot di Pulau Dewata, Kabupaten Bengkulu Utara juga punya Pantai Tapak Balai. Meskipun tidak ada jembatan yang menghubungkan antara bukit pinggir pantai dengan pulau kecil yang ada di tengah pantai, kamu tetap bisa menginjakkan kaki di pulau kecil yang eksotis itu. Tapi ya harus menunggu air lautnya surut terlebih dahulu, karena ombaknya terkadang cukup besar. Kelebihan lainnya di tempat wisata di Bengkulu Utara ini adalah kamu bisa menikmati keindahan sunset di balik pulau kecil denngan hiasan pohon kelapa di atasnya. Satu pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan pastinya, ketika kamu berada di Pantai Tapak Balai, yang berada di Desa Tebing Kandang, dan masuk di wilayah Kecamatan Air Napal.

Pantai Ujung Batu

Lokasinya yang berada di ujung utara Pulau Enggano atai berada di Desa Bajrsari ini memiliki pesona tersendiri. Meski cukup banyak batu karang yang berada di pinggir pantai, justru menjadi lebih eksotis sebagai tempat berkumpulnya ikan-ikan kecil yang berwarna-warni. Belum lagi adanya pohon besar yang berada di pinggir pantai bisa menjadi tempat istirahat atau tempat terbaik untuk menikmati panorama Pantai Ujung Batu. Snorkeling menjadi aktifitas yang cukup wajib untuk menikmati biota laut yang ada di tempat wisata di Bengkulu Utara ini, atau berenang di pinggiran pantai menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Pantai Urai

Pantai yang berada di Desa Urai, Kecamatan Ketahun ini berada di jalan lintas barat Sumatera, yang menghubungkan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Bengkulu. Namun dikarenakan abrasi yang cukup parah bisa mengakibatkan jalan lintas ini terputus. Cukup banyak juga terkadang pengendara berhenti di Pantai Urai sembari melepaskan penat karena lelah dalam perjalanan. Cukup menjajikan sebenarnya Pantai Urai yang dulu cukup terkenal ketika batu akik booming, karena banyak bebatuan berbagawai warna yang ada di pinggir pantai. Pantai Urai ini cukup memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata di Bengkulu Utara yang dapat diandalakan. Birunya air lautnya, pantainya yang berish serta perbukitan menjadi pemandangan menarik ketika berada di Pantai Urai.

Pulau Dua

Salah satu pulau kecil yang berada tidak jauh dari Pulau Enggano, dengan jarak tempuh hanya 20 menitan dari pelabuhan yang ada di Desa Kahyapu, Pulau Enggano. Luyasnya tak lebih dari 40 hektar yang dihuni beberapa orang saja, dan salah satu pemilik kebun kelapa di Pulau Dua. Selain dipenuhi dengan pohon kelapa mulai dari pinggiran pantai dan juga tengah pulaunya, keindahan pantainya sungguh memukau. Apalagi dengan keindahan bawah lautnya benar-benar membuat wisatawan jatuh hati. Dan memang kebanyak wisatawan yang datang di tempat wisata di Bengkulu Utara ini ingin menikmati keindahan bawah lautnya baik dengan snorkeling atau free dive. Dan juga sangat memungkinkan buat kalian para petualang yang ingin nge-camp di Pulau Dua.

Pulau Enggano

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Enggano?? Pulau terluar Indonesia yang memiliki beragam destinasi wisata yagn sangat menarik untuk dikunjungi. Pulau yang dijaga ketat oleh TNI ini memang cukup jauh dan bisa memakan waktu lebih dari 12 jam perjalanan laut dari Kabupaten Bengkulu Utara atau dari Kota Bengkulu. Tapi jika menggunakan pesawat perintis hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam perjalanan. Pulau Enggano memang memiliki beberapa lokasi wisata yang mampu memikat wisatawan, bahkan banyak sekali wisatawan asing yang datang ke Pulau Enggano, terutama para surfer professional. Pulau Enggano memang memiliki pantai yang menawarkan kedahsyatan ombak yang dicari-cari oleh para peselancar. Pulau Enggano memang menjadi tempat wisata di Bengkulu Utara yang menjadi andalan saat ini karena mampu mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan asing ke depannya.

Pulau Mega

Satau lagi pulau terluar Indonesia yang menjadi bagian dari Pulau Enggano, dan juga masuk di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Inilah Pulau Mega salah satu pulau tidak berpenghuni yang hampir sama dengan Pulau Merbau. Keindahan alam pulaunya masih sangat asri, semak belukat yang begitu rimbun, dan juga pohon kelapa yang berjajar rapi, menjadi pemandangan yang khas di Pulau Mega. Untuk keindahan pantainya, sudah pasti bakalan membuat kamu betah berlama-lama di Pulau Mega. Potensi keindahan alam bawah lautnya juga mantab banget, terumbu karangnya masih sangat alami dan tanpa mengalami kerusakan sedikit pun. Tempat wisata di Bengkulu Utara ini memang sangat buat traveler yang suka petualangan, dan menghabiskan beberapa malam di Pulau Mega.

Pulau Merbau

Slah satu pulau yang berada di Kepulauan Enggano yang tidak berpenghuni. Luasnya hanya sekitar 5 hektar dan banyak ditumbuhi pepohonan kelapa di pinggir pantainya. Dan memang salah satu pulau terluar Indonesia ini belum dieksplorasi secara total, seperti apa tengah pulaunya. Tapi tetap saja Pulau Merbau memiliki pantai yang tidak kalah indahnya dengan Pulau Dua. Pulau Merbau ini memang sering digunakan nelayan sebagai tempat persinggahan karena memang cukup nyaman dan masih asri suasana di Pulau Merbau. Dan sebenarnya juga bisa menjadi tempat wisata di Bengkulu Utara yang nantinya menarik banyak wisatawan dengan pesona pantai dan juga keasriannya. Dan yang tidak ketinggalan sudah pasti keindahan alam bawah lautnya, tidak kalah dengan Pulau Dua.

Pusat Pelatihan Gajah Seblat

Tidak hanya wisatan domestik saja yang datang di Pusat Pelatihan Gajah Seblat, justru banyak sekali wisatawan asing yang berkunjung di tempat wisata di Bengkulu Utara ini. Harga tiketnya yang cukup terjangkau yang tidak lebih dari Rp. 50.000 membuatnya semakin banyak dikunjungi wisatawan. Selain itu kamu juga bisa berkeliling hutan dan juga melewati Sungai Seblat dengan menaiki gajah. Menjadikan pengalaman wisata kamu tidak akan pernah terlupakan. Dan juga destinasi wisata ini bisa dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak untuk pengenalan binatang dan juga berbagai macam flora dan fauna yang ada di Hutan Wisata Seblat. Lokasi wisata Pusat Pelatihan Gajah Seblat ini berada di Taman Wisata Alam Seblat, Kecamatan Putri Hijau.

Saluran Irigasi Kemumu

Bosan berenang di kolam renang tanpa adanya pemandangan alam yang menyejukkan mata? Datang saja di Sauran Irigasi Kemumu yang masih di dalam Kecamaran Arga Makmur. Salah satu favorit destinasi wisata warga Kemumu, terutama ketika musim kemarau tiba. Di tempat wisata di Bengkulu Utara ini, meskipun saluran irigasi tapi memiliki air yang cukup jernih dengan kedalamannya yang sedang memang memungkinkan untuk berenang. Ingin lebih menarik lagi, kamu bisa menggunakan ban pelampung untuk menyusuri Saluran Irigasi Kemumu. Kamu akan disuguhi panorama alam khas pedesanaan, mulai hijaunya persawahaan dan juga rindangnya pepohonan di samping saluran irigasi.

Sungai Air Nokan

Masih belum begitu banyak traveler yang mengeksplorasi Sungai Air Nokan tertuma yang berada di hulu sungai, yang masih berada di Kawasan Hutan Lindung Bukit Daun. Padahal potensinya sangat luar biasa, panorama hutan yang cukup kaya akan flora dan juga faunanya didukung dengan masih alaminya hutan yang masih menyisakan pepohonan yang cukup besar-besar menjadi wisata alam yang selalu diminati wisatawan. Terlebih lagi Sungai Air Nokan yang bisa digunakan sebagai olah raga arung jeram karea arusnya cukup deras. Ada spot tertentu di Sungai Air Nokan yang tidak begitu jauh dari hulu sungai yang menyajikan panorama alamnya yang begitu sempurna, bebatuan besar yang berada di sungai menjadi background yang sangat menarik untuk fotografi.

Sungai Seblat

Keindahan panorama akan Sungai Seblat tampak begitu jelas, airnya yang jernih dengan dihiasi hijaunya hutan kanan kiri dan juga berada di kawasan Taman Wisata Alam Seblat semakin menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menyewa perahu masyarakat setempet untuk menyusuri sungai menikmati panorama hutan alami. Atau bisa membawa perahu karet layaknya arung jeram, sepertinya sangat mengasyikkan sebagai salah satu cara menikmati keindahan Sungai Seblat. Bisa juga dengan wisata memancing di tengah ataupun di pinggir sungai yang banyak dihuni ikan tawar yang memberikan sensasi strike luar biasa.

Sungai Senali

Hampir sama dengan Sungai Seblat hanya arusnya tidak begitu deras dan juga lokasinya yang sangat mudah dijangkau dengan kendaraan. Sungai Senali memiliki air yang sangat bersih dan sangat bebas dari yang namanya limbah. Jadi memang masih sangat alami begitu juga dengan panorama pinggir sungai yang masih hijau penuh dengan pepohonan khas pedesaaan. Yang cukup menarik adalah ada spot untuk terjun langsung ke Sungai Senali, dengan ketinggian kisaran 3 meteran. Dan juga ada air terjun dari anakan sungai yang airnya bermuara di Sungai Senali. Kegiatan menyusuri Sungai Senali sepertinya juga sangat menyenangkan meskipun masih jarang yang melakukannya.  Tempat wisata di Bengkulu Utara ini berbatasan dengan Kabupaten Lebong yang tepatnya di Desa Senali, kecamatan Arga Makmur.

Taman Wisata Alam Seblat

Satu lagi destinasi wisata andala Kabupaten Bengkulu Utara, yakni Taman Wisata Alam Seblat. Ketika berada di TWAS hampir semua destinasi wisata ada di dalamnya. Panorama hutan yang rindang dengan pepohonan yang menjulang tinggi tetap masih ada meskipun perusahan kelapa sawit menghantui. Sungai Seblas yang jernih untuk kegiatan susur sungai juga ada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Seblat. Yang paling menarik perhatian wisatawan adalah menelusuri belantara hutan dan membelah sungai dengan menaiki gajah, pasti menghadirkan pengalaman wisata yang berbeda. Banyaknya flora dan faunanya di taman ini juga menjadi sajian menarik, seperti harimau sumatera, beruang madu, dan hewan-hewan lainnya yang semakin mewarnai Tman Wisata Hutan Seblat. Tetapi tempat wisata wisata di Bengkulu Utara ini memang harus mendapatkan perhatian khusus, karena imbas dari kelapa sawit yang kian mempersempit lahan Taman Wisata Alam Seblat.

Tebing Pakiu

Lokasinya berada di sebelah Barat Daya Pulau Enggano dan tidak begitu jauh dengan destinasi andalan yang ada di Pulau Enggano, yakni Pantai Koomang. Konon katanya dulu waktu masa penjajahan Jepang, area di Tebing Pakiu ini digunakan sebagai benteng pertahanan tentara Jepang, dan di hutannya juga masih ada sisa-sisa bunker peninggalan Jepang. Bagi para pecinta panjat tebing mungkin bisa mencoba memanjat Tebing Pakiu yang akan merasakan sensasi berbeda memanjat tebing di tepi pantai. Di tempat wisata di Bengkulu Utara ini juga ada camping ground, yang biasanya wisatawan menghabiskan waktunya untuk menikmati keindahan matahari terbenang, dan menikmati sunginya malam di Tebing Pakiu.

Teluk Berhau

Hampir sama dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Pulau Enggano, hanya saja di Teluk Berhau ini kebanyaka pantainya memiliki kontur yang landai. Selain itu pepohonan yang rindang berjajar di sepanjang pantai Teluk Berhau. Saking asrinya banyak pepohonan yang mati tapi masih tegak berdiri di tengah pasir pantai, menjadi pemandangan yang benar-benar masih natural. Di tempat wisata di Bengkulu Utara ini biasanya banyak warga lokal yang berburu babi di semak-semak yang ada di pinggiran pantai. Karena memang masih banyak babi yang hidup di areal Teluk Berhau.

Teluk Labuho

Lokasinya berada di sebelah selatan Pulau Enggano, dan untuk mengunjungi lokasi Teluk Labuho kamu harus menyewa perahu nelayan. Sungguh eksotis panotama di Teluk Labuho, tebing terjal yang cukup0 tinggi dengan hijaunya tanaman seakan menyelimuti tebing terjal Teluk Labuho. Pantainya yang tidak terlalu lebar di balik tebing tinggi memberikan nuansa yang sangat eksotis. Kamu bisa bersnorkeling ria ketika berada di tempat wisata di Bengkulu Utara ini. Apalagi pesona senja ketika matahari berada di balik tebing menyiratkan romantisme alam yang sempurna. Sudah pasti bisa menjadi spot selfie yang sangat eksotis.

Wisata Persawahan Kemumu

Tidak perlu jauh-jauh ke Ubud Bali untuk melihat obyek wisata saha terasering, Kabupaten Bengkulu Utara juga punya. Tempat wisata di Bengkulu Utara ini tepatnya berada di Kelurahan Kemumu, Kecamatan Arga Makmur. Kamu bisa melihat keindahan sawah terasering, baik sudah panen maupun belum panen pesonanya begitu mendamaikan hati. Memang bisa menjadi spot terbaik untuk fotografi dengan obyek hijaunya persawahan dan juga perbukitan kecil yang ada di area persawahan Kerluahan Kemumu.

Tempat Wisata di Kaur

Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Lampung Barat ini juga menjadi salah satu Kabuoaten yang memiliki tempat wisata andalan bagi Provinsi Bengkulu. Banyak tempat wisata di Bengkulu yang sangat menarik yang tepatnya berada di Kabupaten Kaur. Kebanyakan memang didominasi dengan wisata Bahari yang bisa dikatakan sangat seimbang dengan pantai-panta indah yang ada di Indonesia. Dan berikut ini beberapa tempat wisata menarik yang ada di Kabupaten Kaur yang selalu memikat banyak wisatawan yang datang.

Air Terjun Batu Rigis

Inilah perosotan atau seluncuran alami dengan airnya yang cukup deras dan kolamnya yang cukup luasdengan kedalaman yang sedang akan semakin memanjakan setiap wisatawan yang datang. Lokasi Air Terjun Batu Rigis ini berada di ketinggian 600 mdpl dan berada di Taman Nasional Bukita Barisan Selatan. Jadi udaranya cukup sejuk dan yang pasti sangat bebas dari yang namanya polusi. Namun untuk menuju lokasi tempat wisata di Bengkulu ini membutuhkan waktu setidaknya 4 jam perjalanan dengan berjalan kaki.Memang sangat disarankan menggunakan pemandu dan juga harus nge-camp di area Air Terjun Batu Rigis. Lokasi Air Terjun Batu Rigis ini masih berada di wilayah Kecamatan Padang Guci Hulu, tepatnya di Desa Bungin Tambun III.

Air Terjun Cancap

Masih belum begitu banyak traveler yang mengetahui air terjun ini karena memang untuk menuju ke Air Terjun Cancap setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Dan perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki, melewati perkebunan penduduk dan juga menelusuri sungai. Lokasinya yang berada di dalam kawasan Hutan Lindung Raje Mendare membuat perjalanan kamu tidak akan membosankan. Air Terjun Cancap ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan berada di ketinggian 100 mdpl. Didukung dengan kolamnya yang cukup lebar dan juga keasrian alamnya yang masih sangat terjaga, membuat tempat wisata di Bengkulu ini destinasi favorit bagi traveler yang suka berpetualang. Lokasi Air Terjun Cancap ini berada di Hutan Lindung Raje Mendare yang berada di wilayah Kecamatan Padang Guci.

Air Terjun Napalan

Biasa dikenal dengan sebutan Cughup Napalan ini berada di Kecamatan Kaur, tepatnya di Desa Cokoh Enau. Yang paling menarik ketika hendak mengunjungi tempat wisata di Bengkulu ini adalah ketika di perjalanan dan dijamin kamu tidak akan bosan. Mulai dari melewati perkebunan kelapa sawit, areal persawahan, dan juga Sungai Padang Guci dengan keunikan jembatan gantungnya, bisa menjadi spot selfie sebelum ke Air Terjun Napalan. Hanya membutuhkan tidak lebih dari 30 menit dari Desa Cokoh Enau, kamu sudah sampai di air terjun dengan ketinggian 7 meteran dengan kolamnya yang cukup dalam denga airnya yang sangat jernih. Meski tidak begitu besar debit airnya, tapi air terjun ini cukup unik, karena memiliki beberapa tingkatan yang memungkinkan kamu untuk mendakinya dan selfie di atas air terjun.

Air Terjun Nunung

Jika Jogja punyai Air Terjun Sri Gethuk begitu juga dengan Kabupaten Kaur yang punya Air Terjun Nunung yang sama-sma memiliki kontur yang agak landau. Ait terjun yang berundak-undak dan memiliki banyak tingkatan ini akan memanjakan kamu dengan gemericik air segarnya. Akan banyak pilihan ketika berada di Air Terjun Nunung, menikmati guyuran dari tiap tingkatan atau berendam di kolam, atau bahkan keduanya. Akan menjadi pengalaman pikinik yang luar biasa pastinya. Dan yang pasti di tempat wisata di Kaur ini suddah pasti selfieable banget. Lokasinya berada di Desa Tri Tunggal Bakti yang berada di dalam Kecamatan Muara Saung.

Air Terjun Perpah

Tempat wisata di Bengkulu tepatnya di Desa Tebing Rambutan, Kecamatan Nasal ini cukup unik, dalam satu tebing yang cukup tinggi ada 3 air terjun sekaligus. Meskipun yang keduanya tidak terlalu besar airnya ketika musim kemarau, tapi inilah pesona indaha dari Air Terjun Perpah. Tebingnya yang cukup terjal dan dihiasi tanaman yang hijau semakin terlihat seperti lukisan alami yang nyata. Bahkan bagi pecinta panjat tebing, ini sangat memunginkan untuk dipanjat dan memberikan tantangan tersendiri ketika memanjat tebing bersebelahan dengan air terjun.kolamnya yang begitu luas dan tidak terlalu dalam bisa menjadi spot istimewa menikmati kesegaran Air Terjun perpah.

Air Terjun Suromeka

Masyarakat menyebutnya sebagai Cughup yang artinya sama dengan Curup atau Air Terjun.  Lokasi tempat wisata di Bengkulu ini tergolong cukup udah untuk dijankau dengan kendaraan dan dilanjutkan dengan beberapa menit saja berjalan kaki. Air Terjun Suromeka ini memiliki ketinggian tidak sampai 8 meter dan memiliki kolam yang ada di bawahnya yang cukup bisa buat berendam sembari menikmati keindahan alam pedesaan. Bebatuan yang berada di pinggir kolam semakin menambah naturalnya Air terjun Suromeka. Lokasinyaberada di Desa Manau IX, yang berada di wilayah Kecamatan Padang Guci Hulu.

Air Terjun Tiga Panggung

Meski di dalam Kecamatan yang sama dengan Air Terjun Nunung , yakni Kecamata Muara Saung tapi pesonanya sangat berbeda. Air Terjun Tiga Panggung memiliki tiga air terjun dalam satu lokasi yang satu sangat rendah dan yang keduanya memiliki ketinggian layaknya air terjun dengan ketinggian di atas 10 meteran. Kesan yang masih begitu alami sangat melekat dengan Air Terjun Tiga Panggung ini,bahkan masih banyak kayu-kayu yang terseret arus yang berada di bawah air terjun. Adanya kayu-kayu semakin menambah naturalnya tempat wisata di Kaur ini. Rindangnya pepohonan nan hijau dan bongkahan bebatuan besar di pinggir kolam semakin memanjakan wisatawan yang ingin berendam di kolam alami.

Air Terjun Tujuh Tingkat

Ketika berbicara Bukit Barisan pasti sangat identik dengan kesejukan udara khas pegunungan yang sangat bersih dan selalu menyelimuti setiap langkah para traveler. Tetapi di Bukit Barisan akan semakin indah jika ada salah satu obyek wisata air terjun seperti yang ada di Desa Bukit Indah, yang masuk di Kecamatan Nasal. Air Terjun Tingkat Tujuh yang tergolong cukup tinggi semakin melengkapi keindahan Bukit Barisan. Tak heran jika tempat wisata di Bengkulu ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan, karena lokasinya yang mudah dijangkau dan juga pesona alamnya masih begitu alami. Hanya beberapa menit saja dari Desa Bukit Indah dengan akses yang mudah karena ada tangga untuk menuju ke lokasi. Seperti kolam di bawah air terjun cukup membuat wisatawan bisa merasakan kesegaran air alami Air Terjun Tujuh Tingkat, mulai dengan berendam hingga berenang.

Batu Cagak

Inilah kawasan yang merupakan situs peninggalan para leluhur atau Wali Allah yang sering digunakan masyarakat setempat untuk melakukan ritual kebudayaan yang sudah menjadi adat istiadat dari dulu. Di kawasan Batu Cagak ini terdapat ratusan bebatuan besar, seperti Batu Tapak Raden Alif, Batu Tapak Serunting Sakti, Batu Tapak Selurus Sakti, dan masih banyak lagi lainnya. Dan yang cukup unik adalah beberapa batu tersebut di puncaknya banyak ditumbuhi pepohonan atau tanaman hijau. Yang pasti tempat wisata di Bengkulu ini menjadi salah satu spot selfi terbaik ang ada di Kabupaten Kaur. Pada musim-musim tertentu cukup sering diadakan ritual di Batu Cagak yang lokasinya berada di Desa Batu Cagak yang masih di dalam Kecamatan Tetap.

Bukit Raje Mendare

Ada pilihan lain jika ingin menikmati keindahan alam Kabupaten Kaur selain di puncak Gunung Patah, yakni Bukit Raje Mendare yang biasanya sebagai akses menuju puncak Gunung Raje Mendare. Berada di kawasan Hutan Lindung Raje Mendare, membuat petualangan kamu semakin berkesan. Kamu bisa menemukan berbagai macam flora dan fauan yang ada di hutan lindung. Mulai dari bunga Raflesia, Anggrek, Kantong Semar yang notabene semuanya sangat langka. Begitu juga dengan fauna langka lainnya, seperti Gajahh Sumatera, Harimau Sumatera, Beruang Madu, Rusa, dan beragam jenis burung. Itulah keindahan yang tersaji ketika kamu mengunjungi tempat wisata wisata di Bengkulu ini. Jadi tidak hannya pesona alam perbukitan dengan pepohonan nan hijau dan udara sejuk saja.

Danau Kembar

Memang ada beberapa Danau Kembar yang ada di Indonesia, tapi jika Danau Kembar itu berada tidak jauh dari pantai mungkin hanya bisa kamu temukan di Kabupaten Kaur. Itulah Danau Kembar yang akan memanjakan wisatawan yang datang dengan pesonanya yang begitu indah. Dihiasi begitu banyak pepohonan yang ada di pinggirnya membuat Danau Kembar sebagai spot bersantai untuk menikmati keindahan alam. Banyak warga yang memanfaatkan Danau Kembar sebagai lahan untuk mengais rejeki dengan menangkap ikan tawar. Tempat wisata di Bengkulu ini tidak begitu jauh dengan Pantai Way Hawang yang juga merupakan destinasi favorit wisatawan lokal maupun dari luar Kabupaten Kaur. Dnau Kembar ini berada di dua desa, yakni Desa Sukamenanti dan Desa Way Hawangyang masih di dalam satu Kecamatan Maje.

Danau Tumutan Tujuh

Inilah danau yang ada di Kabupaten Kaur yang memiliki ketinggian 2508 mdpl. Dan Danau Tumutan Tujuh ini menjadi spot favorit para pendaki Gunung Patah sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak. Kesan alami begitu melekat di Danau Tumutan Tujuh, karena memang hanya para pecinta alam dan juga pendaki saja yang mengunjungi danau yang berada di bawah Gunung Patah ini. Berada di kawasan Hutan Lidnung Raje Mendare membuat danau ini dikelilingi pepohonan besar bak lukisan yang menghijau. Tempat wisata di Bengkulu ini memang bisa menjadi spot memancing atau hanya sekedar nge-camp menikmati keindahan alam tanah Bengkulu, tepatnya di kawasan Hutan Lindung Raje Mendare dan di bawah Gunung Patah.

Gunung Patah

Letak geografisnya yang berada di perbatasan tiga provinsiyakni, Bengkulu, Lampung, dan Sumatera Selatan. Namun Gunung Patah ini masih simpang siur apakah sebagai gunung berapi yang aktif atau hanya datarang tinggi yang berbentuk gunung. Gunung Patah memiliki ketinggian sekitar 2817 mdpl dan juga memiliki kawah yang aktif. Yang sangat menarik dengan tempat wisata di Bengkulu ini adalah, selain berada di kawasan Hutan Lindung Raje Mendare, sekitar 500 sebelum puncak terdapat Danau Sewarna Bumi atau Danau Tumutan Tujuh yang merupakan sumber dari ke tujuh sungai yang ada di Kabupaten Kaur. Bagi para pendaki memang Gunung Patah ini memberikan pesona alam yang sangat sempurna karena cukup banyak destinasi wisata yang menarik seperti danau, perbukitan dan juga puncak dari Gunung Patah itu sendiri.

Lubuk Bungin Tambun

Salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Kabupaten Kaur adalah Lubuk Bungin Tambun. Inilah pemandian alami yang tidak hanya sekedar menyajikan kesegaran dan kejernihan air Sungai Padang Guci saja. Tetapi panorama sekitar pemandian, seperti tebing yang menjulang tinggi dan juga bebatuan yang ada di pinggir sungai menjadi view yang terlihat sangat natural. Airnya cukup dingin, jadi ketika kamu mengunjuni tempat wisata di Bengkulu ini kamu akan benar-benar bisa merasakan sensasi bermandikan air Sungai Padang Guci yang tidak pernah kering ini.lokasi Lubuk Bungin Tambun ini berada di Desa Bungin Tmabun, yang masih di dalam Kecamatang Padang Guci Hulu.

Pantai Air Langkap

Sebagian besar Pantai Air Langkap ini memang bebatuan karang, tapi bukan berarti pantai ini tidak layak dikunjungi. Justru tempat wisata di Bengkulu ini menjadi spot fotografi yang sangat istimewa. Bebatuan karangnya, serta pepohonan kelapa yang berjajar sangat rapi bisa menjadi background selfie maupun fotografi yang sangat unik. Dan Pantai Air Langkap ini juga bisa menjadi spot paling cocok buat merasakan sensasi strike dari ikan-ikan karang yang banyak menghuni di bebatuan karang. Menghabiskan senja di pantai di Kabupaten Kaur ini seperti cukup romantis, apalagi ditemani kekasih tercinta, akan menjadi momen kehidupan tak terlupakan. Lokasi Pantai Air Langkap ini berada di Desa Air Langkap, yang masih berada di wilayah Kecamatan Kaur Tengah.

Pantai Aluran Pandan

Seakan memiliki segalanya, pasirnya yang putih, pepohonan kelapa yang tampak berjajar rapi, bebatuan karang yang menghiasi pantai begitu komplit pesona dari Pantai Aluran Pandan. Belum lagi air lautnya yang berwarna biru yang berpadu dengan nyiur melambai menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan alam. Adanya lahan rerumputan nan hijau di bawah pohon kelapa menjadi tempat bersanti bareng keluarga smebari menikmati minuman es kelapa muda, sungguh nikmati rasanya. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Desa Pajar Bulan, Kecamatan Kaur Tengah.

Pantai Bunga Karang

Pesona yang berbeda disajikan oleh Pantai Bunga Karang yang berada di Kecamatan Maje. Psairnya yang putih bersir dan begitu luas semakin memanjakan wisatawan yang ingin bermain di atas pasir pantai. Konturnya yang landau dan begitu banyak pepohonan yang rindang di pinggir pantai menjadi spot terbaik menikmati keindahan Pantai Bunga Karang. Tempat wisata di Bengkulu ini tergolong juga cukup aman yang ingin berenang di tepi pantai, karena ombaknya tidak terlalu besar. Dan ada sebagian di Pantai Bunga Karang ini terdapat bebatuan karang yang cukup banyak diburu wisatawan yang pengin selfie dengan background keindahan birunya air Pantai Bunga Karang.

Pantai Harapan

Untuk destinasi wisata berikut ini memang sangat minim akan pasir pantai, karena pinggir pantai dibangun dam dan serasa seperti pelabuhan. Meskipun minim pasir pantai, tapi bukan berarti tidak bisa dinikmati, bahkan ketika kamu di Pantai Harapan kamu bisa bersantai duduk di atas dama sembari menikmati keindahan pantai. Waktu yang paling pas memang ketika hari mulai senja, menikmati sunset ditemani kopi hangat akan lebih terasa nikmat. Tempat wisata di Bengkulu ini selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner TongsengSido Mampir yang cukup menggugah selera.

Pantai Hili

Inilah destinasi wisata pantai yang menyajiakan panorama dan juga suasananya yang sangat berbeda. Padaumumnya yang namanya pantai selain berpasir dan minimal berpasir coklat atau berpasir putih. Tapi tidak bagi Pantai Hili, pinggiran pantainya dipenuhi dengan bebatuan mulai terkecil hingga cukup besar. Satu lagi Pantia Hili yang biasanya ditunggu wisatawan adalah panorama keindahan sunsetnya. Jadi jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata di Bengkulu Hili ini memang jauh lebih baik ketika hari mulai senja, dan detik-detik sinar matahari yang telah tergantikan dengan lampu. Lokasi Pantai Hili ini berada di Kecamatan Semidang Gumay.

Pantai Laguna Samudera

Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kaur ini memang ditujukan untuk wisata keluarga, karena Pantai Laguna Samudera ini tergolong sangat aman buat berenang atau hanya sekedar bermain air di pantai. hal ini dikarenakan ada karang pembatas yang jaraknya sekitar 100 meteran dari bibir pantai. Tempat wisata di Bengkulu ini nyaris seperti pantai yang ada di pulau-pulau terluar Indonesia, pasirnya yang sangat putih birunya air laut menjadi sajian utama di Panta Laguna Samudera. Dan memang sangat layak untuk wisata keluar, selain fasilitasnya yang sangat lengkap, mulai dari pondokan buat menginap, wisata kuliner dan aksesnya yang mudah, karena berada di jalur lintas barat yang berbatasan dengan Provinsi Lampung.lokasi Pantai Laguna Samudera ini berada di jalan lintas barat, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Nasal, tepatnya di Desa Merpas.

Pantai Linau

Lokasinya tidak begitu jauh dari destnasi wisata seperti Danau Kembar dan Pantai Way Hawang, yang juga masih dalam satu Kecamatan Maje, tepatnya di Desa Linau. Selain itu lokasinya yang berada di pinggir Jalan Lintas Barat membuatnya semakin ramai dikunjungi wisatawan. Keindahannya begitu membius siapapun yang datang di destinasi andalan Kabupaten Kaur ini. Air lautnya yang berwarna biru, pasir pantai yang putih bersih menjadi perpaduan alam yang tidak bisa dipisahkan. Hamparan pantainya yang cukup luas semakin membuat wisatawan melakukan berbagai aktifitas di pinggi pantainya. Bagi yang suka keindahan bahwa laut, jangan khawatir tempat wisata di Kabupaten ini juga menyajikan keindahan terumbu karang yang masih tergolong cukup alami.

Pantai Manungla

Berada di Kecamatan yang sama dengan Air Terjun Perpah, yakni Kecamatan Nasal juga memiliki pantai yang cukup unik. Mungkin terlihat biasa seperti pantai-pantai pada umumnya, pasirnya putih air lautnya yang biru. Tetapi ada yang istimewa ketika kamu mengunjungi Pantai Manungla, yakni adanya pulau karang yang menjulang begitu tinggi tepat di pinggir pantai. Tebing yang ditumbuhi semak yang hijau ini semakin terlihat begitu indah ibarat pohon batu yang memiliki daun. Tebignnya juga sangat memungkinkan bagi pecinta panjat tebing, bisa merasakan sensasi memanjat tebing di tengah pantai. dan yang pasti hanya pemanjat professional dengan peralatan yang cukup mumpuni pastinya. Bagi wisatawan ketika berkunjung di tempat wisata di Bengkulu ini sudah pasti spot selfie yang istimewa yang ada di Kabupaten Kaur.

Pantai Pelabuhan Pasar Lama

Dulunya Pantai Pelabuhan Pasar Lama ini digunakan oleh Belanda sebagai pelabuhan untuk mengangkut hasil bumi seperti rempah-rempah, dan lain-lain menuju Jakarta. Tapi kini pantai yang juga bisa dijadikan wisata andalan bagi Kabupaten Kaur. Pantainya begitu indah, perpaduan antara air laut dan pasir putihnya, serta nyiur kelapa yang menjorok ke arah pasir pantai. Selain itu Pantai Pelabuhan Pasar Lama sangat cocok untuk olahraga berselancar. Setelah capek bermain di pantai kamu bisa berbelanja ikan murah yang ada di TPI Pantai Pelabuhan Pasar Lama, dan kebanyakan hasil laut yang diperdagangkan masih segar-segar. Tempat wisata di Bengkulu ini tepatnya berada di pusat Kota Bintuhan, tepatnya Desa Sambat hingga mencakup Desa Sekunyit.

Pantai Mare Sambat

Dinamakan sebagai Pantai Mare Sambat, dikarenakan di pantai ini terdapat muara Sungai Sambat yang cukup besar yang aliran airnya bermuara di Pantai Sambat. Dan di muara ini menjadi spot terbaik untuk memancing ikan-kan besar. Tak jarang ketika hari libur atau akhir pekan banyak pemancing yang mencoba peruntungannya di muara Sungai Sambat. Tempat wisata yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Bintuhan ini, akan dibangun dermaga dan juga pusat pelelangan ikan yang ada di Kabupaten Kaur. Lokasi Pantai Mare Sambat ini berada di Desa Bakal Makmur, dan berada di Kecamatan Maje.

Pantai Sekunyit

Ketika kamu berada di Pantai Sekunyit kamu bisa melihat secara langsung aktifitas para nelayan yang ada di Pantai Sekunyit. Dan memang pantai ini juga merupakan pantai nelayan, atau bersandarnya kapal-kapal nelayan. Sangat mengasyikkan sebetulnya, kamu bisa juga selfie dengan background kapal nelayan ketika senja, akan terlihat lebih eksotis. Selain sajian pasir putih dan birunya air laut, Pantai Sekunyit ini juga merupakan tempat pelelangan ikan. Jadi ketika kamu berkunjung di tempat wisata di Bengkulu ini sempatkan saja untuk berburu hasil laut yang masih segar di TPI Pantai Sekunyit. Lokasi wisata Pantai Sekunyit ini berada di Desa Suka Raja, yang masih di wilayah Kecamatan Tetap.

Pantai Way Hawang

Ingin berwisata di pantai pasir putih dengan hiasan batu karang yang berada di tengah pantai? Maka datanglah ke Pantai Way Hawang, salah satu destinasi andalan yang dimiliki Kabupaten Kaur. Cukup unikmemang adanya batu karang yang ada sedikit ke tengah pantai dan ditumbuhi pepohonan di tengahnya. Untuk bisa selfie di batu karang yang di tengah pantai mungkin harus menunggu air laut surut terlebih dahulu, karena ombaknya cukup besar di pantai ini. Tempat wisata di Bengkulu memang menjadi spot terbaik untuk menghabiskan hari libur. Kamu bisa bermain air di antara bebatuan karang yang ada di bibir pantai, dan tetap aman tanpa deburan ombaknya yang cukup besar. Lokasi wisata Pantai Way Hawang ini berada di Desa Way Hawang, yang masih dalam Kecamatan Maje dan juga dekat dengan lokasi wisata Danau Kembar.

Pondok Pusaka

Lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat Kota Bintuhan, jadi bisa dikatakan ondok Puasaka nntinya bisa menjadi andalan wisata Kabupaten Kaur. Di dalam Pondok Pusaka terdapat bundaran di mana di situ ada tugu dan juga bundaran, yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai. Selain itu saat ini sudah mulai dibangun gedung-gedung pertemuan atau perkantoran. Selain itu tempat wisata di Begkulu ini juga bisa menjadi ruang terbuka hijau dan bisa menjadi destinasi wisata alternative yang berada di tengah Kota Bintuhan.

Prasasti Telapak Kaki

Meskipun hingga kini belum ada informasi yang cukup valid untuk membuktikan PrasastiTelapak Kaki ini penginggalan dari Kerajaan apa, tetapi cukup menarik minat wisatawan untuk melihat secara langsung. Batu dengan kedalaman di atas 30 cm ini berada di tengah persawahan yang berada di Desa Suro Mekah, yang masuk di Kecamatan Padang Guci. Selain bekas telapak kaki, di prasasti ini juga ada tulisan tangan, tapi sudah tidak begitu jelas apa sebenarnya tulisan tersebut. Selain kamu mengunjungi Situs peninggalan budaya ini kamu juga bisa menikmati alam pedesaan Suro Mekah.

Sungai Padang Guci

Salah satu sungai yang ada di Kabupaten Kaur yang memiliki berbagai manfaat bagi masyarakata Kaur. Manfaatnya mulai dari irigasi atau pengairan untuk areal persawahan dan juga sangat memungkinkan untuk PLTA.Sungai Padang Guci ketika musim kemarau debiatnya masih cukup besar dan memang tidak pernah kekeringan. Potensi lainnya adalah sebagai olah raga arung jeram yang akan menguji adrenalin wisatawan pecinta arung jeram. Tidak hanya sekedar deras arusnya saja, kegiatan menyusuri Sungai Padang Guci tidak akan membosankan dengan pemandangan alamnya yang masih asri yang ada di pinggir sungai.

Taman Bhineka

Pembuatan Taman Bhineka masih tergolong masih baru, dan menjadi destinasi wisata alternative yang ada di Kabupaten Kaur. Untuk fasilitas yang ada di dalam Taman Bhineka cukup lumayan, ada spot sebagai tempat nongkrong yang cukup nyaman di bawah pepohonan yang rindang. Ada tugu gurita yang kebanyakan wisatawan yang datang menjadikannya sebagai spot selfie yang cukup menarik. Dan satu lagi adalah kolam renang yang bisa memanjakan wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bengkulu ini. Lokasi Taman Bhineka ini berada tidak jauh dari pusat Kota Bintuhan,dan kini Taman Bhineka menjadi spot yang multifungsi. Bisa sebagai tempat pameran industry kreatif atau UMKM dan juga digunakan untuk berbagai acara yang membutuhkan ruang yang cukup luas.

Tangga Seribu

Salah satu destinasi yang ada di Kabupaten Kaur yang menjadi obyek wisata favorit wisatawan, terutama anak-anak muda ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Kaur. Di tempat wisata di Bengkulu ini di bagian puncaknya,dulu merupakan benteng Belanda tapi tidak lagi menyisakan bekas benteng. Yang ada hanyalah gundukan sebagai simbol situs budaya peninggalan kolonial Belanda. Selain dipergunakan sebagai benteng untuk sistem pertahanan tentara Belanda, tapi juga sebagai tempat untuk memantau keluar masuknya kapal ketika itu. Kini banyak bangunan di puncaknya seperti, tempat bersantai atau tempat duduk untuk menikmati keindahan panorama perbukitan dan juga keindahan pantai di Kabupaten Kaur. Lokasinya berada di Desa Linau yang berada di dalam Kecamatan Maje.

Tempat Wisata di Kepahiang

Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu ini tergolong Kabupaten baru, yang sebelumnya masuk di dalam wilayah Kabupaten Rejang Lebong. Baru pada tahun 2004 Kepahiang telah resmia menjadi Kabupaten sendiri dan hal tersebut cukup memberikan banyak benefit bagi Kabupaten Kepahiang. Dan salah satunya dalam pengelolaan destinasi wisata yang bisa menambah PAD bagi Kabupaten Kepahiang. Air terjun yang ada di Kabupaten ini cukup banyak dan sudah dikenal banyak masyarakat dan menambahkan daftar tempat wisata di Bengkulu yang layak untuk dikunjungi. Dan berikut ini beberapa daftar destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Kepahiang.

Air Terjun Anggun

Seperti namanya air terjun ini menampakkan keanggunannya di depan para wisatawan yang datang untuk menikmatinya. Air Terjun Anggun, itulah nama yang memang cukup tepat untuk tempat wisata di Bengkulu ini, tepat di Desa Karang Endah, Kecamatan Kepahiang. Dengan ketinggian sekitar 10 meter aliran airnya yang cukup deras memberikan efek gemuruk dan mengeluarkan embun kesejukan. Cara yang cukup unik untuk menikmati keindahan Air Terjun Anggun adalah memakai hammock tepat di atas aliran sungai air terjunnya. Pepohonan yang cukup rindang yang menutupi sungai seakan menajdi payung alami yang menyejukkan.

Air Terjun Batu Kempit

Sebenarnya dilihat dari lokasinya Air Terjun Batu Kempit ini sangat mudah dijangkau dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berjalan kaki. Tapi karena belum digarap secara serius dan juga masih belum begitu banyak traveler yang tahu, jadi masih jarang pengunjung yang datang. Padahal pesona alam di Desa Babakan Bogor ini memiliki potensi yang luar biasa. Tidak hanya keindahan Air Terjun Batu Kempit saja, tapi juga sungai yang ada di dekat air terjun memiliki arus yang cukup deras dan cocok untuk olahraga arung jeram. Pesona alam pedesaaan begitu terasa, udaranya yang sejuk, pepohonan yang rindang, dan suasananya tenang membuat betah wisatawan yang mengunjungi Air Tejrun Batu Kempit. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Desa Babakan Bogor, Kecamatan Kabawetan.

Air Terjun Belimbing

Lokasinya memang belum bisa dijangkau dengan kendaraan, dan kamu harus berjalanan kaki melewati sungai-sungai kecil dan menerobos semak belukar. Tapi kamu tetap bakal menikmati perjalanan karena suguhan pesona alam yang bisa dibilang masih perawan, dan sangat jarang pengunjung yang datang. Tempat wisata di Bengkulu ini memang cukup tinggi, dan memiliki kolam di bawahnya yang dikelilingi semak-semak nan hijau, dan nyaris dipayungi dedaunan yang memang sangat lebat. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Sosokan Taba, yang masih di dalam Kecamatan Muara Kemumu.

Air Terjun Bukit Hitam

Lokasinya berada di Kecamatan yang sama dengan destinasi wisata keluat Perkebunan Teh Kabawetan, yakni di Kecamatan Kabawetan tepatnya di Desa Bukit Hitam. Jadi setelah lelah mengelilingi perkebunan teh mampir saja di Air Terjun Bukit Hitam dan berendam agar rasa lelahmu seketika hilang. Memang untuk menuju tempat wisata di Bengkulu ini juga masih membutuhkan berjalan kaki melewati lebatnya hutan yang dihiasi sungai-sungai kecil. Air Terjun Bukit HItam ini cukup tinggi dan debit airnya yang lumayan besar, butiran air yang jatuh terasa begitu menyegarkan ketika berada di area air terjun. Kamu juga bisa bersantai menikmati segarnya air di aliran sungainya yang dihiasi bebatuan alam.

Air Terjun Curug Burung Gendang

Meski air terjunnya tidak begitu tinggi yang hanya 2 meteran saja, tapi memiliki kolam yang cukup besar dengan kedalaman yang sedang. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk berendam maupun berenang kesana-kemari. Yang cukup mengasyikkan kamu juga bisa menyusuri sungai di bagian atas air terjunnya. Untuk menuju tempat wisata di Bengkulu ini tidak begitu sulit, karena lokasinya cukup mudah dijangkau dan hanya butuh berjalan kaki sekitar 600 meter saja dari desa terdekat. Lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Kepahiang yang hanya sekitar 4 km, tepatnya berada di Desa Sukamerindu, yang masih di dalam Kecamatan Kepahiang.

Air Terjun Curug Cabang

Pesona Air Terjun Curug Cabang ini bagi pertama kali yang melihatnya sungguh menggoda. Suasanya yang sangat sejuk nyaman dan juga damai semakin membuat betah wisatawan. Tebing bebatuan yang di air terjunnya begitu artistik dengan relief dan warna alami bebatuan alam yang berwarna hitam semakin membuat tempat wisata di Bengkulu ini lebih eksotis daripada di photo. Kolamnya memang tidak begitu luas tapi dengan berselimutkan embun benar-benar akan membuat kamu terasa begitu damai berdekatan dengan alam. Lokasi Air Terjun Curug Cabang ini berada di Desa Nanti Agung, Kecamatan Tepat Karai.

Air Terjun Curug Cokoah

Lokasi yang cukup dekat dengan pusat kota yang masih berada di wilayah Kecamatan Kepahiang, tepatnya di Kelurahan Kepahiang, menjadikannya spot piknik untuk menghabiskan hari libur warga. Meskipun tidak terlalu tinggi, tapi debit airnya cukup besar yang membuat kolam dibawahnya penuh dengan air yang cukup jernih. Warga sekitar biasanya memanfaatkan lokasi di area air terjun sebagai spot memancing air tawar yang mampu memberikan sensasi strike. Air Terjun Curug Cokoah memang masih kurang sedikit sentuhan lagi, agar bisa menjadi tempat wisata di Bengkulu yang bisa difavoritkan warga lokal.

Air Terjun Curug Embun

Memang jikan dilihat dari kejauhan air terjun ini terlihat seperti berasap atau berembun yang cukup tebal. Hal ini disebabkan karena tingginya air terjun dan juga debit air yang besar yang akhirnya diberikanlah nama Air Terjun Curug Embun. Tempat wisata di Bengkulu ini sangat mudah dijangkau yang sangat memungkinkan kamu membawa kendaraan hingga dekat dengan air terjunnya. Panorama khas pegunungan yang berisikan rindangnya pepohonan besar menjadikan Air Terjun Curug Embun semakin sempurna. Apalagi adanya kolam di bawah dan sungai yang penuh bebatuan membuat destinasi wisata ini semakin sering disambangi wisatawan. Untuk lokasinya sendiri berada di di Kecamatan Tebat Karai,  tepatnya berada di Desa Tapak Gedung.

Air Terjun Curug Gayung

Memang masih belum begitu banyak traveler yang mengunjungi tempat wisata di Bengkulu yang satu ini. Karena memang informasi mengenari Air Terjun Curug Gayung ini masih sangat minim. Hal yang paling simple adalah mendatangi Desa Gunung Agung, yang masih di wilayah Kecamatan Bermani Ilir. Dengan begitu kamu akan dimudahkan dengan pemandu agar tidak tersesat ketika berada di dalam hutan. Dan yang pasti keindahan akan pesona air terjun masih sangat alami, bagaika kemilau berlian yang belum dipoles.

Air Terjun Curug Temedak

Potensinya sangat besar, apalagi lokasinya yang berada di aliran Sungai Musi dengan arusnya yang cukup deras dan debit airnya juga besar meskipun di musim kemarau. Tidak terlalu tinggi sebenarnya Air Terjun Curug Temedak ini, tapi di dukung dengan sungai yang cukup lebar menjadi spot terbaik untuk arung jeram atau aktifitas seperti susur sungai. Lokasi yang berada di pedesaan dengan pemandangan alamnya yang masih sangat asri, cukup menyenangkan untuk melepaskan penat dan bersantai di pinggir air terjun dan Sungai Musi. Tempat wisata di Bengkulu ini tepatnya berada di Desa Temedak, dan masih di dalam Kecamatan Tebat Karai.

Air Terjun Daspetah

Dinamakan Air Terjun Daspetah karena lokasinya secara administratif berada di Desa Daspetah dan di Kecamatan Ujan Mas. Ada keunikan tersendiri dengan tempat wisata di Bengkulu ini. Yang paling terlihat mencolok adalah bebatuan yang ada di di air terjun dan juga di kolamnya. Warna batunya yang sangat hitan pekat dan rata-rata bentuk persegi atau kotak dan seakan terjajar rapi secara alami. Kolam airnya yang sangat lebar dan juga debit airnya yang cukup besar membuat para pengunjung bersuka ria menikmati segarnya air yang sangat jernih dan juga segar. Rapatnya pepohonan di sekeliling air terjun seakan ditata dengan rapi untuk menghiasi Air Terjun Daspetah.

Air Terjun Donok

Bebatuan alam yang ada di kanan kiri air terjun seakan menjadi ornamen alami yang menghiasi Air Terjun Donok. Warna bebatuan yang hitam semakin menambah kesan eksotis air terjun yang memiliki debit air yang cukup besar ini. Potensinya sebenarnya sangat luar biasa selain keindahan panorama di Air Terjun Donok, ada Sungai Donok yang bisa kamu nikmati dengan aktifitas susur sungai. Lokasinya yang berada di Desa Batu Ampar yang masih di Kecamatan Merigi, memiliki keindahan pedesaan yang sangat menarik untuk menikmati sembari bersantai di atas perahu karet. Air Terjun Donok memang membutuhkan pengelolaan yanglebih agar bisa menjadi tempat wisata di Bengkulu yang mampu lebih banyak lagi menggaet wisatawan.

Air Terjun Mandap Sari

Lokasinya tidak begitu jauh dengan Air Terjun Sengkuang yang bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki saja. memang tidak sepopuler Air Terjun Sengkuang, tetapi Air Terjun Mandap Sari ini memiliki eksotisme tersendiri. Salah satunya adalah banyaknya bebatuan yang ada di samping air terjun yang biasanya sebagai spot untuk bersantai sembari menikmati air terjun. Meski kolamnya juga tidak begitu besar tapi tetap bisa kamu gunakan untuk berendam, sembari merasakan sensai guyuran derasnya air terjun. Lokasinya juga sama dengan Air Terjun Sengkuang yang berada di Desa Suka Sari yang masih di wilayah Kecamatan Kabawetan.

Air Terjun Sengkuang

Lokasinya yang sangat mudah dijangkau dan tetap bisa mengendendari motor atau roda empat menjadikan Air Terjun Sengkuang sebagai destinasi favorit wisatawan yang ingin merasakan segarnya air dari mata air langsung. Jaraknya pun juga tidak begitu jauh dari pusat Kota Kepahiang yang hanya sekitar 15 km. air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar dengan kolam di bawahnya yang juga lebar, semakin memanjakan para pengunjung yang ingin berendam bahkan berenang. Yang cukup menarik adalah tidak jauh dari tempat wisata di Bengkulu Utara ini ada air terjun baru yang juga tidak kalah pesonanya. Lokasi Air Terjun Sengkuang ini berada di Kecamatan Kabawetan, tepatnya berada di Desa Sukasari.

Air Terjun Tearambon

Terkadang masyarakat sekitar menyebutnya Air Terjun Teak Rambon, yang mana diambil dari nama orang yang pertama kali menemukan air terjun ini. Air terjun yang tingginya tidak melebihi 10 meter memiliki debit air yang cukup besar, bahkan kolam yang cukup luas dibawahnya selalu penuh dengan kedalaman sekitar 1 meteran. Meskipun lokasinya sangat mudah dijangkau dan dekat dengan Desa Daspetah, suasana yang begitu asri masih sangat terasa. Cukup banyak pepohonan yang menjulang tinggi dan semak-semak yang ada di area air terjun. Lokasi tempat wisata di Bengkulu ini tepatnya berada di Kecamatan Utan Mas, dan di Desa Daspetah.

Bendungan Batu Tahu PLTA

Destinasi wisata yang cukup unik dipamerkan oleh Kabupaten Kepahiang, yakni Bendungan Batu Tahu PLTA. Sangat berbeda memang dengan bendungan pada umumnya, dibawah bendungan di bangun semacam pondasi yang lebih mirip seperti tahu berjajar jika dilihat dari kejauhan. Tempat wisata di Bengkulu ini memang akhirnya menjadi spot fotografi dan juga selfie yang sangat unik. Background air terjun bendungan dan juga “batu tahu” akan membuat hasil photo menjadi sangat berbeda. Apalagi jika diupload di sosmed bakalan banyak yang nge-like. Lokasi wisata nan unik ini berada di Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang.

Bukit Hitam

Serasa di negeri atas awan ketika kamu mengujungi tempat wisata di Bengkulu ini. Bahkan kamu bisa melihat jelas awan yang melayang tepat di depan mata. Udara yang bersih dan sangat sejuk selalu menyelimuti Bukit Hitam. Memang membutuhkan perjalanan yang cukup jauh untuk menuju puncaknya, tapi rasa lelah kamu sekejap akan menghilangkan dengan sajian panorama istimewa di Bukit Hitam. Selain itu ada kawah aktif yang juga berada di Bukit Hitam yang biasanya menjaid andalan wisatawan untuk selfie. Bahkan jika kamu lapar bisa memasak telor di air kawahnya yang cukup untuk mematangkan telor dalam sekejap. Lokasi Bukit Hitam ini berada di Desa Bukit Hitam yang masih berada di wilayah Kecamatan Kabawetan.

Bukit Jupi

Ingin melihat keindahan Kota Kepahiang, datang saja di Bukit Jupi, tepat di tulisan Kepahiang. Memang sedikit menguji keberanian kamu untuk naik di atas bangunan yang bertulisakan “Kepahiang”. Tapi viewnya sungguh mempesona dan kamu merasa di atas awan. Sudah pasti salah satu spot selfie terbaik yang ada di Kepahiang. Lebih menarik lagi datang saja ketika malam hari, cahaya lampu perkotaan memberikan nuansa begitu romantis di Bukit Jupi. Namun agak sedikit disayangkan, tempat wisata di Bengkulu ini seharusnya bisa menjadi ikon Kota Kepahiang, tapi tidak terawat bahkan bisa dikatakan rusak. Memang membutuhkan sentuhan lagi dari pemerintah agar Bukit Jupi lebih terlihat keindahaannya lagi dan layak menjadi ikon Kota Kepahiang.

Danau Suro

Salah satu destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Kepahiang adalah Danau Suro. Danau yang juga digunakan sebagai PLTA Musi ini memang memiliki debit air yang sangat besar, dan hampir tidak pernah mengalami kekeringan. Dengan dikelilingi perbukitan nan hijau semakin mempercantik Danau Suro. Berbagai wahana air tersedia di danau ini yang bisa memanjakan para wisatawan ketika berkunung di Danau Suro. Selain menikmati keindahan danau, wisatawan juga bisa mencoba memancing air tawar yang cukup beragam jenisnya yang hidup di Danau Suro. Ada spot selfie keren di Danau Suro, yakni di jembatan gantung yang menjadi akses ke desa Suro Ilir. Tempat wisata di Bengkulu yang menjadi andalah Kabupaten Kepahiang ini tepatnya berada di Desa Suro Ilir, Kecamatan Ujan Mas.

Desa Tebat Monok

Mungkin banyak yang tidak mengira Desa Tebat Monok yang berada di Kecamatan Kepahiang ini sering dijamah wisatawan asing. Selain emmang ditetapkan menjadi desa wisata, tapi Desa Tepat Monok ini termasuk wilayah dimana habitat flora langka itu bisa tumbuh dan berkembang. Seperti bunga Raflesia Arnoldi dan Bunga Kibut. Bunga-bunga raksasa itu banyak ditemui di hutan lindung yang berada tidak jauh dari Desa Tebat Monok. Akhirnya kini selain menjadi tempat wisata di Bengkulu tepatnya di Kabupaten Kepahiang, tapi juga menjadi daerah konservasi untuk pengembangan bunga-bunga langka tersebut.

Kantor Bupati Kepahiang

Termasuk sebagai salah satu bangunan bupati atau walikota termegah se-Indonesia, dan inilah Kantor Bupati Kepahiang. Arsitekturnya hampir mirip dengan Gedung Putih di Amerika dan juga perpaduan dengan arsitektur Eropa. Sangat terlihat pada pilar-pilar gedung yang begitu besar seperti bangunan bersejarah yang ada di Eropa. Dengan halamannya yang cukup luas, dan juga ada hewan peliharaan seperti rusa yang tak jarang banyak masyarakat menghabiskan waktunya sore hari sembari memberi makan rusa. Karena menjadi salah satu kantor bupati termegah yang ada di Indonesia maka tidak heran jika menjadi tempat wisata di Bengkulu yang menarik untuk dikunjungi. Setidaknya diperbolehkan selfie di halamannya yang begitu luas.

Perkebunan Teh Kabawetan

Ingin menghirup udara segar khas pegunungan dengan panorama perkebunan teh yang menghijaukan mata, maka datang saja ke Perkebunan Teh Kabawetan. Hamparan perkebunan teh nan hijau membuat hati terasa sejuk dan juga damai. Dan memang tempat wisata di Bengkulu ini sangat cocok buat mengisi liburan akhir minggu baik dengan keluarga maupun dengan teman. Namun sangat disayangkan Perkebunan Teh Kabawetan ini sangat minim akan fasilitas, seperti parker, toilet umum, atau semacam rest area dan juga resto untuk menikmati teh dari hasil perkebunan. Jadi jika kamu ingin berwisata di Perkebunan Teh Kabawetan harus prepare segalanya terutama perbekalan. Lokasinya berada di jajaran bukit barisan yang memang sangat cantik kamu gunakan sebagai background selfie.

Situs Batu Penjemuran

Salah satu sisa peninggalan era megalitikum yang ada di Kepahiang adalah Batu Penjemuran, yang memiliki ukuran 2 x 2 meter dengan ketinggian 75 centimeter ini berdekatan dengan situs cagar budata Benteng Kuto Aur. Konon kabarnya Baru Penjemuran ini dulunya sebagai tempat berjemur harimau, tak heran juga hingga kini warga setempat juga masih menganggapnya sakral. Batu yang berada di perkebunan kopi ini sering digunakan sebagai tempat berdoa, karena suasananya yang tenang kemungkinan jadi lebih khusuk. Tempat wisata di Bengkulu ini tepatnya berada di Desa Tebat Monok, yang masih di dalam Kecamatan Kepahiang.

Situs Benteng Kuto Aur

Lokasinya sama seperti Situs Batu Penjemuran yang berada di Desa Tebat Monok. Meskipun sisa-sisa kejayaan benteng ini sudah tidak bisa dilihat lagi dan banyak ditumbuhi oleh semak-semak dan juga berada di tengah-tengah perkebunan kopi, tapi tetap saja memiliki arti sejarah yang cukup berarti bagi bangsa Indonesia. Tempat wisata di Bengkulu ini digunakan sebagai garis pertahanan para pejuang tanah air dalam membela penjajahan Belanda kala itu.

Taman Santoso

Konsep taman yang sedikit berbeda ditampilkan Kabupaten Kepahiang. Pada umumnya taman cukup banyak dengan pepohonan, bunga, atau semacam kolam dengan air mancur. Tapi di Taman Santoso, point of view nya adalah patung para pahlawan negeri ini. Mulai dari Presiden dan Wapres RI pertama, serta ada Imam Bonjol, Cut Nyak Dien, Sultan Badarudin, dan pahlawan nasional yang berasal dari Kepahian, yakni Kolonel Santoso. Memiliki background perbukitan dengan tulisan “Kepahiang Alami” membuat tempat wisata di Bengkulu ini menjadi favorit warga Kepahiang. Setidaknya bisa dijadikan destinasi alternatif rekreasi, maupun playground bagi anak-anak kecil.

Taman Wisata Konak

Dulu sempat menjadi primadona untuk kategori wisata alam, karena Taman Wisata Konak ini berada di dalam hutan lindung, yang notabene banyak pepohonan besar dan suasanya sangat asri. Tapi belakangan justru menjadi tempat pembuangan akhir sampah. Padahal masih banyak wahana permainan yang ada di Taman Wisata Konak. Vegetasi hutan juga masih memiliki potensi, mulai dari wisata dan juga sebagai edukasi siswa sekolah. Seharusnya tempat wisata di Bengkulu ini bisa menjadi wisatawa alternatif bagi warga dan juga sebagai tempat edukasi.

Tirta Muara Langkap

Destinasi wisata pemandian alami ini berada tidak jauh dari pusat Kota Kepahiang, yang hanya membutuhkan waktu perjalanan 20 menitan, dan berada di Kecamatan Bermani Ilir. Air sungainya yang sangat bersih serta dipayungi pepohonan nan rindang, menjadi spot ternyaman buat berendam. Sebenarnya di tempat wisata di Bengkulu Utara ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari villa dan gedung pertemuan yang memang dipersiapkan bagi wisatawan yang hendak berakhir pekan di Tirta Muara Langkap. Hanya butuh sedikit polesan terutama infrastruktur atau akses yang memadai, agar jauh lebih banyak lagi wisatawan yang datang.

Tempat Wisata di Lebong

Banyak hal yang menarik ketika kamu mengunjungi Kabupaten Lebong yang masih berada di dalam Provinsi Bengkulu Utara ini. Salah satunya adalah budaya dan adat istiadatnya yang masih sangat kental dan berbagai tradisinya masih dijalankan hingga kini. Adapun jalannya tradisi dan budaya yang ada di Kabupaten Lebong adalah dari Suku Rejang yang sangat menarik untuk dilihat. Selain itu Kabupaten Lebongini juga dijuluki sebagai Kota Tua yang memiliki berbagai bangunan peninggalan Kolonial Belanda dan juga tata ruang perkotaan hasil peninggalan Belanda. Disamping budaya dan bangunan peninggalan sejarah masih ada tempat wisata di Bengkulu yang banyak ditemukan di Kabupaten Lebong. Dan berikut ini daftar destinasi wisata yang ada di Kabupaten dengan sebutan Kota Tua ini.

Air Putih

Inilah destinasi wisata andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Lebong, yang mampu menarik wisatawan dari luar Kabupaten Lebong hingga wisatawan manca. Jika dilihat memang seperti sungai alami yang memiliki air yang jernih serta berhias bebatuan alam di pinggirnya. Tapi ada yang paling menarik ketika berada di Air Putih ini. Yakni adanya sumber air panas yang mengalir menjadi satu di sungai Air Putih. Jadi wisatawan bisa merasakan sensasi yang berbeda mandi di pemandian alam dengan dua rasa yang berbeda, air panas dan juga air dingin menjadi satu. Didukung pemandangan alam perbukitan nan hijau, dan juga tebing-tebing di pinggir sungai semakin menambah kesan alam yang begitu eksotis. Lokasi wisata Air Putih ini cukup mudah aksesnya yang berada di Desa Air Putih yang masih berada di Kecamatan Pinang Berlapis.

Air Terjun Ketenong

Petualangan yang cukup menyenangkan menuju Air Terjun Ketenong karena berada di dalam Kawasang Taman Nasional Kerinci Seblat. Bisa dibilang akses menuju desa terdekat yakni Desa Ketenong memang cukup jelek dan kamu harus ekstra hati-hati jika berkendara, atau mungkin kamu bisa menggunakan ojek. Setelah sampai di Desa Ketenong kamu bisa berjalan kaki memasuki kawasan TNKS yang sudah pasti panoramanya masih sangat alami dengan udara sejuk yang selalu menyelimuti. Sekitar 20 menitan kamu sampai di Air Terjun Ketenong, dengan ketinggian 55 meter terdengan sangat bergemuruh dari kejauhan. Airnya yang sangat jernih yang mengalir diantara bebatuan menjadi pemandangan yang eksotis ketika berada di tempat wisata di Bengkulu ini. Berjajarnya pepohonan besar yang seakan memanyungi aliran air terjun memberikan nuansa keindahan tiada habisnya. Lokasi Air Terjun Ketenong ini berada di Desa Ketenong I, dan berada di Kecamatan Pinang Berlapis.

Air Terjun Paliak

Perjalanan yang cukup mengesankan ketika kamu akan mengunjungi Air Terjun Paliak, meski membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari desa terdekat. Dijamin perjalananmu tidak membosankan, dengan menyusuri sungai dan juga pepohonan durian yang ketika musim durian kamu bisa membelinya langsung dari pemiliknya langsung dengan harga yang cukup murah. Akses menuju air terjun juga cukup mudah, dan juga ada tangga untuk menuju puncak air terjun. Debit airnya cukup besar dengan ketinggian sekitar 20 meter deburan air yang jatuh membuat area air terjun terlihat berembun. Tempat wisata di Bengkulu yang masih berada diKawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini cukup sering dikunjungi wisatawan karena memang pesonanya begitu indah. Lokasinya sendiri berada di Desa Embong I, yang masih berada di di wilayah Kecamatan Uram Jaya.

Air Terjun Sangei

Didukung dengan aksesnya yang begitu mudah untuk menuju Air Terjun Sangei yang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari desa terdekat yang melewati perkebunan dan hutan lindung membuat Air Terjun Sangei sering dikunjungi wisatawan. Apalagi dari pusat Kota Tubei yang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari satu jam membuatnya semakin populer. Adanya kolan tepat dibawah air terjun semakin membuat wisatawan berbondong-bondong ke tempat wisata di Bengkulu ini. Dan tak lain adalah ingin merasakan nikmatinya mandi di pemandian alami dengan sentuhan airnya yang sangat segar. Untuk lokasi Air Terjun Sangei ini berada di Bukit Resam, yang masih di dalam Kecamatan Padang Bano.

Air Terjun Semelako

Salah satu destinasi andalan yang dimiliki Kabupaten Lebong adalah Aiar Terjun Semelako yang berada di Desa Semelako dan masih berada di Kecamatan Lebong Tengah. Selain pesona air terjunnya yang memang begitu indah dan masih terlihat asri, tapi kearifan lokal masyarakat Desa Semelako yang harus kita apresiasi. Desa Semelako memang menjadi tempat tinggal Suku Rejang yang masih setia dengan adat istiadat yang melekat hingga sekarang. Salah satunya adalah menjaga hutan dan larangan penebangan pohon untuk kepentingan pribadi. Hal inilah yang membuat Air Terjun Semelako masih terlihat jelas keasriannya dengan pepohonan yang lebat di sekitarnya. Untuk menuju tempat wisata di Bengkulu ini memang membutuhkan waktu setidaknya 2 jam berjalan kaki dari Desa Semelako. Tapi perjalanan yang sangat menyenangkan dengan melewati sungai-sungai kecil dan juga pepohonan hutan yang masih sangat rindang.

Arung Jeram Sungai Ketahun

Inilah destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Lebong, yang mampu mendatangkan wisatawan yang tidak hanya dari lokal saja, tapi sangat memungkinkan wisatawan manca akan tergiur melihatnya. Sungai Kethaun memanag memiliki pesona alamnya yang sangat indah, arus sungainya yang di beberapa bagian memang sangat deras, tapi ada beberapa yang tampak tenang. Tidak cukup menikmati arus Sungai Ketahun saja, tapi pesona alamnya akan membuat kamu terpukau. Nangai Silai, inilah spot yang dijuluku sebagai Green Canyon-nya Kabupaten Lebong. Dan juga ada goa alami, tapi terbentuknya karena pepohonan di samping kanan dan kiri sungai saling bertemu yang membuatnya seperti goa dari daun yang begitu hijau. Yang menariknya lagi adalah area untuk Arung Jeram Sungai Ketahun ini bisa memakan waktu hingga 3 jam. Yang pasti akan membuat wisatawan sangat puas menikmati keindahan alam Sungai Ketahun.

Bukit Pabes

Lokasinya cukup berdekatan dengan tempat wisata di Bengkulu yang cukup terkenal yakni Danau Picung. Udaranya yang sejuk hamparan perbukitan nan hijau menjadi sajian utama ketika kamu mengunjungi Bukit Pabes. Tak jarang juga wisatawan yang datang ke Bukit Pabes selalu nge-camp, setidaknya satu malam. Dan memang panoramanya sangat menarik, kamu bisa melihat Bukit Gundul tepat di depan  Bukit Pabes dan juga menikmati sunrise.

Danau Picung

Pada awalnya Danau Picung digunakan sebagai PLTA pada masa kolonial Belanda. Namun kini menjadi salah satu detinasi wisata keluarga yang dimiliki Kabupaten Lebon. Mulai dari aksesnya yang begitu mudah dan dekat dengan Rumah Dinas Bupati Lebong dan didukung fasilitas yang memadai dan juga wahana air seperti perahu semakin memanjakan siapapun yang datang di Danau Picung. Tempat wisata di Bengkulu ini dikelilingi perbukitan nan hijau yang menambah kesan alami Danau Picung. Kamu bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau hanya sekedar bersantai menikmati panorama danau dan perbukitan berselimutkan udara khas pegunungan. Danau Picung juga menjadi spot terbaik untuk para pemancing yang ingin merasakan sensasi strike ikan air tawar. Lokasi Danau Picung ini berada di Kecamatan Pelabai, tepatnya berada di Desa Tanjung Agung.

Danau Tes

Terlepas dari cerita legenda tentang Si Pahit Lidah yang membendung sungai dengan tanah galian lalu akhirnya terbentuklah Danau Tes. Tempat wisata di Bengkulu ini mencakup dua desa, dan juga berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Sudah pasti suasana asri sangat terasa ketika kamu mengunjungi Danau Tes, yang berada di Desa Tes dan di Desa Tengah atau Dusun Kutei Donok yang berada di Kecamatan Lebong Selatan. Semakin asyik berada di Danau Tes, jika kamu menyempatkan diri utnuk berwisata kuliner yang ada di danau, dan mencoba merasakan sensasi menikmati sajian kuliner berada di atas Danau Tes. Danau ini juga dimanfaatkan oleh warga setempat untuk mencari ikan tawar, dan juga menjadi spot memancing ikan tawar bagi wisatawan yang hobi memancing.

Lobang Kacamata

Destinas wisata yang cukup unik juga dimiliki Kabupaten Lebong, dan saat ini telah menjadi tempat wisata di Bengkulu yang mampu menyedot perhatian wisatawan. Pada awalnya Lobang Kacamata ini dahulunya sebagai bekas pertambangan emas pada masa kolonial Belanda, yang kini hanya menyisakan goa yang memiliki diameter rata-rata 2 meteran. Selain dijadikan destinasi wisata karena memang keunikan dan juga panorama alamnya masih sangat asri dengan perbukitan nan hijau. Selain itu sekarang juga digunakan oleh masyarakat setempat sebagai tambang emas tradisional. Jadi ketika kamu mengunjungi Lobang Kacamata kamu juga bisa melihat lebih dekat seperti apa menambang emas secara tradisional. Lokasi wisata Lobang Kacamata ini berada di Kecamatan Lebong Utara, tepatnya di Desa Lebong yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Lebong.

Masjid Agung Sultan Abdullah

Inilah masjid termegah yang ada di Provinsi Bengkulu, yang menghabiskan dana sekitar lebih dari 39,7 miliar untuk pembangunannya. Dan salah satu yang paling mewah adalah hampir semua dinding masjid dan juga menara masjid terbuat dari granit yagn didatangkan langsung dari Tiongkok. Aristektur Masjid Agung Sultan Abdullah ini begitu mewah, yang beberapa bagiannya memang mengambil dari masjid-masjid di Timur Tengah. Masjid ini selain untuk beribadah para umat Islam, dan juga sebagai tempat wisata di Bengkulu khususnya wisata religi. Berbagai kegiatan juga sangat sering dilakukan di Masjid Agung Sultan Abdullah mulai dari pengajian dan juga studi tentang ke-Islaman. Selain itu di samping masjid ada replika Ka’bah yang biasa digunakan oleh Jemaah yang akan melaksanakan ibadah Haji, sebagai pelatihan. Lokasi Masjid Agung Sultan Abdullah ini berada di dekat Kantor DPRD Kabupaten Lebong.

Pasir Lebar

Hamparan pasir yang cukup luas serasa berada di pantai, tapi di tempat wisata di Bengkulu ini hanyalah ada sungai areal persawahan, dan perbukitan. Jadi tidak pantai dnegan birunya air laut hanya air sungai yang mengalir begitu indah di tengah-tengah hamparan pasir. Pasir Lebar menjadi salah satu spot selfie terbaik yang ada di Kabupaten Lebong. Cukup sering perlombaan fotografi dengan lokasi di Pasir Lebar. Selain itu banyak aktifitas seperti motor cross, bermain sepak bola, atau hanya sekedar menikmati keindahaan alam yang sangat unik di Pasir Lebar. Sensasinya juga sangat berbeda ketika kmau mandi di sungai yang berada di tengah Pasir Lebar. Selain menikmati keindahaan kamu juga bisa melihat lebih dekat kearifan lokal, seperti upacara atau ritual adat setempat, seperti kedurai apem yang tujuannya untuk menghormati para leluhur. Hal seperti itulah yang terkadang semakin menarik minat wisatawan untuk melihat lebih dekat tentang adat desa setempat atau Desa Semelako, Kecamatan Lebong Tengah yang menjadi lokasi Pasir Lebar.

Rumah Suku Rejang

Salah satu dari sekian banyak Rumah Suku Rejang yang ada di Kabupaten Lebong, tepatnya berada di Desa Gunung Alam yang masih berada di Kecamatan Lebong Atas. Warisan budaya dari nenek moyang Suku Rejang ini sudah berusia ratussan tahun, tapi masih berdiri kokoh hingga hari ini. Rumah yang memiliki relief hampir di setiap dindingnya ini memakai atap dari ijuk dan berbetnuk panggung dan sekitar 1 meter tingginya dari tanah. Dan hampir setiap rumah SUku Rejang memiliki bangunan kecil di belakang rumah yang menyerupai bangunan utama hanya saja lebih kecil dan dipergunakan sebagai lumbung padi. Tempat wisata di Bengkulu ini cukup menarik minat para wisatawan yang berasal dariluar Kabupaten Lebong dan juga wisatawan manca.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Kabupaten Lebong juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan total 70% dari luasnya berada di dalam TNKS. Berbagai jenis flora dan fauna bisa kamu temukan di Taman Nasional Kerinci Seblat. Ada sekitar ribuan jenis flora yang bisa tumbuh di taman ini, begitu juga dengan berbagai macam fauna seperti harimau Sumatera, gajah Sumatera, dan fauna lainnya seperti beragam jenis burung. Disamping itu beberapa wilayah yang termasuk di Taman Nasional Kerinci Seblat cukup banyak ditemukan berbagai tempat wisata di Bengkulu terutmaa yang masuk di dalam Kabupaten Lebong. Jadi memang cukup menarik jika kamu ingin menikmati keindahan alam hutan lindung yang memiliki pesona alam nan asri.

Telaga Putri Tujuh Warna

Masih belum begitu banyak traveler yang tahu dan juga yang mengunjungi obyek wisata yang berada di perbatasan antara Kabupaten Rejang Lebong dengan Kabupaten Lebong. Disamping lokasinya yang cukup jauh aksesnya juga belum memadai, dan akhirnya Telaga Putri Tujuh Warna juga belum dikelola dengan baik. Dari ketujuh telaga ini memang terpisah dan lokasinya cukup berdekatan antara telaga satu dnegan telaga lainnya. Kesan alami begitu melekat di Telaga Tujuh Warna, yang memiliki 7 telaga mulai dari telaga yang cuup besar dengan airnya yang berwarna biru, merah mudah, abu, dan putih. Dan tiga diantaranya lebih kecil yang memiliki warna hitam, kuning, dan coklat. Dan telaga biru ini memiliki sumber air panas namun belum ada fasilitas seperti pemandian air panas untuk wisatawan. Tempat wisata di Bengkulu yang cukup menarik ini berada di Air Dingin, Kecamatan Rimbo Pengadang.

Tempat Wisata di Mukomuko

Satu lagi Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu yang berada di pesisir barat ini sudah bisa dipastikan bakalan banyak menyumbang tempat wisata di Bengkulu yang cukup menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata bahari dimulai dari perbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan hingga bagian selatan yang berbatasan dengan Bengkulu Utara. Selain itu masih banyak lagi wisata alam lainnya yang berada di sisi timur. Belum lagi ditunjang dengan berbagai kebudayaan yang melekat di Kabupaten Mukomuko semakin membuat Kabupaten ini lebih beragam. Dan beriku ini beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Kabupaten Mukomuko yang wajib kamu kunjungi.

Air Terjun Mandi Angin

Inilah air terjun tertinggi dan juga destinasi andalan yang ada di Kabupaten Mukomuko. Meskipun akses untuk menuju lokasi air terjun ini membutuhkan stamina yang cukup prima. Karena medannya cukup sulit dan harus melewati medan yang tidak datar dan juga memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam berjalan kaki dari desa terdekat. Mulai dari melewati perkebunan sawit hingga masuk ke hutan yang masih cukup lebat. Tapi semua rasa lelah kamu di perjalanan semuanya akan sirna ketika sampai di Air Terjun yang memiliki ketinggian hingga 50 meter lebih ini. Derasnya air yang jatuh di kolam yang cukup luas menimbulkan suara gemuruh dan buih air yang terlihat seperti embun. Tebingnya yang sangat terjal dengan relief alami berpadu lumut nan hijau semakin membuat tempat wisata di Mukomuko ini semakin mempesona. Lokasi Air Terjun Mandi Angin ini berada di Desa Air Berau yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pondok Suguh.

Air Terjun Sungai Turun

Desak kagum sangat terlihat di raut wajah setiap wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Sungai Turun, atau Air Terjun Lubuk Bangko karena lokasinya yang berada di Desa Lubuk Bangko, dan masuk di Kecamatan Selagan Raya. Hanya butuh waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda dua dari Desa Lubuk Bangko. Cuman untuk merasakan kesegaran dan kenikmatan mandi di bawah air terjun dengan ketinggian 25 meter ini harus melalui jalan setapak dan harus ekstra hati-hati. Pepohonan yang sangat rimbun seakan menjadi payung alami untuk aliran air dari Air Terjun Sungai Turun. Inilah salah satu kenikmatan ketika berada di tempat wisata di Bengkulu Tengah, yakni terasa bersatu dengan alam dan menikmati keindahan Sang Pencipta.

Batu Takup

Salah satu destinasi wisata yang syarat akan cerita legenda seorang pria yang berpoligami, akan tetapi istri yang pertama meninggalkannya lalu bunuh diri tepat di atas Batu Takup yang kini ramai dikunjungi wisatawan. Batu besar yang hampir diselimuti oleh lumut hijau ini ada sebagian masyarakat yang meyakininya memiliki aura mistis. Lepas dari cerita legenda dan syarat mistis Batu Takup cukup menyedot perhatian wisatawan, dan tak jarang wisatawan yang datang sembari berdoa. Lokasinya berada di Talang Arah, yang masih di dalam Kecamatan Malin Deman.

Bendungan Air Manjunto

Dibangun pada tahun 1989 yang awalnya memang difungsikan sebagai irigasi untuk mengairi areal persawahan yang ada di sekitar bendungan. Dulu Bendungan Air Manjunto ini diresmikan oleh Presiden ke 2 RI Soeharto dan hingga kini juga masih ada batu peresmian yang dibubuhi tanda tangan beliau. Dengan dukungan panorama alam sekitar yang cukup indah, akhirnya banyak wisatawan yang berkunjungi untuk menikmatinya. Tidak cukup disitu saja, bendungan ini tergolong cukup ramai karena sering diadakan event hiburan dan juga berbagai kegiatan seperti camping atau outbound di areal bendungan. Dan akhirnya kini menjadi tempat wisata di Bengkulu tepatnya di Lalang Luas, dan di Kecamatan V Koto yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Benteng Anna

Inilah sisa kejayaan dari tentara Inggris yang menjadi cagar budaya di Kabupaten Mukomuko. Lokasi Benteng Anna ini memang sangat strategis dan menjadi garis pertahanan tentara Inggris yang berada di dekat Pandai Indah Mukomuko. Namun kini hanya tinggal reruntuhan dan juga masih menyisakan meriam yang ada di kawasan “Fort Anne”. Sebenarnya saat ini ada upaya dari para tokoh masyarakat yang ingin mengembalikan bentuk semula dari Benteng Anna melaluyi kerjasama dengan pihak pemerintah. Jika bisa dikembalikan seperti semula maka akan menarik minat wisatawan domestik untuk melihat replikasi dari masa kejayaan tempo dulu. Dan yang pasti bakal menyedot perhatian wisatawan asing untuk datang ke tempat wisata di Bengkulu, tepatnya di Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko.

Danau Bai Malin Deman

Sangat berbeda jika dibandingkan dengan Danau Lebar atau Danau Nibung. Dilihat dari luasnya Danau Bai Malin Deman memang jauh lebih kecil. Meskipun lebih kecil tapi danau ini memiliki banyak keistimewaan, seperti tidak pernah kering meskipun kemarau panjang, dan juga bisa dijadikan sebagai obat yang sangat mujarab bagi berbagai macam penyakit. Kata masyarakat setempat, asal niatnya baik dan ingin sembuh, dan dibarengi dengan doa niscaya akan sembuh. Itulah keistimewaan dari tempat wisata di Bengkulu ini. Selain itu pesona keasrian almnya masih sangat terjaga, seperti banyaknya pepohonan yang rindang di area danau. Lokasinya berada di Desa Talang Arah, yang masih di dalam Kecamatan Malin Deman.

Danau Lebar

Pernah terjadi sengketa dan saling klaim Danau Lebar antara Desa Tanah Harapan dengan Desa Setia Budi. Karena memang lokasi Danau Lebar ini berada di antara kedua desa tersebut. Terlepas dari sengketa tentang Danau Lebar masuk di wilayah desa mana, pesonanya memang begitu cantik. Apalagi jika berbicara potensi akan perikanan di danau ini, maka bisa memberikan benerfit yang cukup besar, belum lagi potensi menjadi tempat wisata di Bengkulu yang bisa menyedot begitu banyak wisatawan untuk datang. Gugusan daratan yang menjorok ke tengah danau semakin terlihat begitu alami. Dan kamu juga bisa mengelilingi danau menggunakan perahu nelayan setempat. rimbunnya pepohonan yang ada di pinggir danau seakan menghiasi danau semakin terlihat begitu enak dipandang mata.

Danau Nibung

Salah satu danau yang dimiliki Kabupaten Mukomuko yang memiliki pesona yang cukup indah adalah Danau Nibung. Meski cukup minim fasilitas seperti wahanan bermain air, tapi Danau Nibung tetap saja dikunjungi wisatawan setiap harinya. Yang cukup membuat kita terpukau adalah adanya gugusan daratan yang menjorok ke tengah danau. Kamu bisa menikmati keindahan danau dengan menyewa perahu nelayan warga dan berkeliling Danau Nibung. Semakin dekatnya diri kita dengan alam semakin terasa dengan berkeliling danau atau bisa juga mencoba sensasi strike ikan di Danau Nibung. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Desa Ujung Pandang, dan hanya sekitar 6 km dari pusat Kota Mukomuko dan masih di dalam wilayah Kecamatan Mukomuko Utara.

Lubuk Muheng

Nyaris tidak tersentuh tangan-tangan manusia menjadikan Lubuk Muheng yang memiliki air terjun dua tingkat ini tampak begitu alami. Hal ini karena kondisi jalannya yang teramat buruk yang membuat para traveler ogah mengunjunginya, selain itu lokasinya membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Pesona alamnya begitu mempesona, begitu juga dengan eksotisme air terjun dan juga airnya yang begitu jernih yang mengalir langsung ke sungai. Sangat bagus sekali jika kamu membawa perahu karet untuk menyusuri sungai. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Desa Lubuk Talang, dan masih di wilayah Kecamatan Malin Deman.

Muara Lima Sungai

Lokasinya tidak begitu jauh dengan Pantai Retaik Ilir, Muara Lima Sungai ini memang bertemua dari kelima sungai yang ada di Kabupaten Mukomuko. Kebanyakan muara memang begitu panas seperti di pantai, tapi tidak ketika kamu mengunjungi Muara Lima Sungai. Tempat wisata di Bengkulu ini menawarkan kesejukan tiupan angin dan juga keindahan pohon cemaran yang sayup-sayup melenggok-lenggok tertiup angin. Muara Lima Sungai ini juga menjadi spot terbaik untuk mencoba sensasi strike ikan-ikan muara. Sembari berteduh di bawah pohon cemara dan menikmati keindahaan alam sepertinya juga pas jika sambil memancing. Lokasinya berada di Desa Air Rami yang juga di dalam wilayah Kecamatan Air Rami.

Muara Mukomuko

Spot terbaik untuk menghabiskan senja di Kabupaten Mukomuko adalah di Muara Mukomuko. Pesona senjanya begitu eksotis. Sinar kuning jingga sang matahari yang mulai meredup terpantul dari air Muara Mukomuko semakin terasa akan keindahannya. Cukup banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya hingga matahari tenggelam, ada juga juga yang mencoba mencari sensasi strike ikan-ikan muara yang lapar ketika hari mulai gelap. Tempat wisata di Bengkulu ini spot terbaik untuk dunia fotografi maupun selfie di Kabupaten Mukomuko.

Pantai Abrasi

Dinamakan sebagai pantai abrasi memang sebelumnya hanyalah garis pantai layaknya pantai-pantai yang berada tepat di pinggir jalan raya. Namun karena abrasinya yang begitu parah akhirnya dinamakanlah Pantai Abrasi. Atas kecakapan pemerintah Kabupaten Mukomuko akhirnya pantai ini dirombak dan dikasih bebatuan besar dipinggir pantai, yang fungsinya untuk mencegah abrasi lebih parah. Tapi justru pemasangan batu-batu ini justru mempercantik Pantai Abrasi dan menjadi tempat wisata di Bengkulu yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi pesona senja di Pantai Abrasi ini begitu eksotis, jelas semakin banyak mengundang wisatawan datang ke obyek wisata di sepanjang jalan lintas barat Sumatera.

Pantai Air Rami

Cukup dekat dengan jalan lintas barat, tapi untuk akses masuknya memang cukup banyak jalan yang berlobang, jadi pengendara harus berhati-hati. Hamparan pasir Pantai Air Rami ini cukup luas, yang sangat memungkin untuk para wisatawan berolahraga di pinggir pantai di kala senja, seperti sepakbola atau hanya sebatas jogging. Tempat untuk bersantai menikmati panorama alamnya pun juga cukup memadai, dibawah pepohonan cemara yang cukup teduh kamu bisa bersantai sembari merasakan tiupan angin pantai. Tempat wisata di Bengkulu ini juga merupakan kawasan cagar alam, jadi memang pesona alamnya tampak masih begitu alami. Pantai Air Rami ini berada di Desa Air Rami dan juga di wilayah Kecamatan Air Rami.

Pantai Badri

Panorama keindahannya sungguh berbeda jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Mukomuko. Berjajarnya pohon cemara yang begitu rapi menjadi penyejuk ketika terik matahari terasa panas di pinggir Pantai Badri. Uniknya lagi ada semacam selokan yang cukup lebar yang berisi air tawar tepat berada di pinggir pohon cemara seakan seperti pembatas antara pantai dengan daratan. Tempat wisata di Bengkulu yang belum begitu ramai pengunjung ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Mukomuko. Yang hanya berjarak 2 km saja.

Pantai Batung Badoro

Hampir mirip dengan Pantai Pandan Wangi yang di pinggir pantainya banyak berjajar batu-batu hias yang berwarna-warni seakan dengan cara alami menghiasi Pantai Batung Badoro. Tetapi semakin mendekati bibir pantai berubah menjadi butiran pasir yang lembut. Inilah salah tempat wisata di Bengkulu terbaik untuk menikmati keindahan sunset. Selain itu Pantai Batung Badoro juga menjadi spot fotografi yang cukup keren karena kilauan bebatuan kerikil yang ada di pantai memberikan efek yang sangat eksotis. Apalagi dipadukan dengan temaramnya sinar matahari kala senja, wow sungguh mempesona pastinya. Lokasi Pantai Batung Badoro ini berada di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

Pantai Batu Kumbang

Salah satu destinasi wisata bahari yang menjadi andalan Kabupaten Mukomuko adalah Pantai Batu Kumbang. Akses yang cukup mudah dan lokasinya juga jauh dari pemukiman penduduk membuat suasana di Pantai Batu Kumbang nampak begitu asri. Yang cukup menarik adalah di tempat wisata di Bengkulu dijadikan sebagai pantai untuk penangkaran penyu. Jadi wisatawan juga bisa melihat secara dekat bagaimana penyu bertelur dan juga pelepasan tukik-tukik. Pantai Batu Kumbang juga menjadi arena latihan motor cross dan tak jarang juga diadakan event motor cross di dekat Pantai Batu Kumbang. Menikmati eksotisme pantai ini bisa datang ketika hari mulai senja dengan indahnya sunset yang begitu mempesonan di Pantai Batu Kumbang. Lokasi pantai ini berada di Desa Pulau Baru yang masih di dalam Kecamatan Ipuh.

Pantai Indah Mukomuko

Tidak seperti pantai nelayan pada umumnya yang biasanya memberikan kesan kumuh dan juga kotor. Tapi tidak untuk tempat wisata di Bengkulu yang satu ini, Pantai Indah Mukomuko ini justru bisa menjadi obyek wisata yang cukup menarik. Wisatawan justru bisa melihat lebih dekat para nelayan di Kabupaten Mukomuko dan juga bisa menikmati hasil nelayan dengan harga yang relatif sangat murah. Lokasinya yang berdekatan dengan Benteng Anna membuatnya menjadi begitu ramai dikunjungi wisatawan. Terutama ketika hari sudah mulai senja dengan redupnya sinar matahari semakin terlihat kecantikan dari Pantai Indah Mukomuko.

Pantai Padang Panaek

Awalnya Pantai Padang Panaek ini tidak begitu diperhatikan oleh Pemerintah. Tapi karena banyaknya masyarakat yang mengunjungi pantai tersebut di akhir minggu, akhirnya membuat Pemerintah mulai memperhatikan Pantai Padang Panaek. Lokasinya yang berada di Kecamatan Kota memiliki potensi yang sangat luar biasa. Apalagi pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan juga cukup lebar, sangat memungkin untuk diselenggarakannya berbagai event yang digelar di pinggiran pantai. Pantai bertabur pasir putih dan dihiasi pohon cemara menjadi spot yang nyaman untuk bersantai di pinggiran pantai. Yang cukup menarik di Pantai Padang Panaek adalah adanya perkebunan jarak, maka pantai ini juga sering disebut sebagai Pantai Kebun Jarak. Lokasi tempat wisata di Bengkulu ini tepatnya berada di Desa Pasar Sebelah, dan di Kecamatan Kota Mukomuko.

Pantai Pandan Wangi

Lebih dikenal dengan sebutan PW oleh masyarakat lokal. Pantai Pandan Wangi ini tergolong unik, tidak semua pantai bisa seperti Pantai Pandan Wangi. Yang cukup unik adalah adanya bebatuan yang ada di pantai yang lebih dekat dengan daratan. Tapi ketika mendekati bibir pantai justru berganti dengan pasit putih. Berpadu dengan pohon cemara yang cukup rapat di pinggir pantai semakin membuat Pantai PW ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi ketika hari libur tiba, bisa semakin padat Pantai Pandan Wangi diserbu wisatawan. Didukung dengan akses dan juga lokasinya yang sangat dekat dengan Kota Mukomuko menjadikan tempat wisata di Bengkulu ini menjadi salah satu tujuan utawa wisatawan lokal.

Pantai Pasar Bantal

Di pantai ini cukup sering diadakan event-event hiburan yang mampu mendatangkan cukup banyak wisatawan. Sealin menikmati keindahan pantai yang berada di Desa Pasar Bantal, wisatawan juga akan merasa terhibur dengan adanya event seperti pentas musik atau hiburan rakyat lainnya. Pantai Pasar Bantal juga memiliki pantai yang cukup indah dan tergolong cukup bersih, jadi membuat wisata sangat betah ketika berada di tempat wisata di Bengkulu ini. Aksesnya yang cukup mudah yang berada di Desa Pasar Bantal dan di wilayah Kecamatan Teramang Jaya.

Pantai Retak Ilir

Garis pantainya cukup panjang hampir 3 km panjangnya yang sebenanrya memiliki potensi yang luar biasa dan kedepannya bisa dijadikan sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Mukomuko. Pantai Retak Ilir memang membutuhkan sedikit polesan agar lebih banyak menarik minat wisatawan untuk datang ke tempat wisata di Bengkulu ini. Pepohonan cemara yang berjajar tampak begitu rapi mengikuti garis pantai dan menjadi spot untuk bersantai wisatawan menikmati deburan ombak dan kemilaunya air laut. Salah satunya yang mampu memikat wisatawan adalah sebagai daerah konservasi penyu yang hampir sama seperti Pantai Batu Kumbang. Wisatawan bisa melihat secara langsung mulai dari penyu bertelur hingga pelepasan tuki di pantai. Lokasi Pantai Retak Ilir terletak di Desa Retak Ilir yang masih berada di Kecamatan Ipuh.

Sungai Air Berau

Lagi-lagi potensi destinasi wisata yang bisa diandalakan dan mampu mendatangkan wisatawan domestika dan juga wisatawan asing adalah Sungai Air Berau. Tidak hanya sekedari sungai dengan panorama keasrian pinggir sungai saja, tapi aliran sungainya yang siap menguji adrenalin kamu. Sungai Air Berau memang menjadi spot yang sangat pas buat olahraga arung jeram. Dengan tingkatan arus dan juga hambatannya berada di level tiga masih sangat memungkinkan untuk para pemulau maupun professional. Bebatuan yang ada di tengah sungai menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta rafting. Tempat wisata di Bengkulu ini tepatnya berada di Desa Air Berau yang juga sama dengan destinasi wisata andalan lainnya yakni Air Terjun Mandi Angin.

Sungai Desa Tunggang

Sajian yang sangat berbeda ketika kamu mengunjungi Hulu Sungai Desa Tunggang. Airnya yang sangat jernih bahkan dasar sungainya saja sampai terlihat dan juga bebatuan yang tertata begitu alami di pinggir sungai semakin mempercantik Sungai Desa Tunggang. Pepohonannya yang begitu rapat menjadi payung alami Sungai Desa Tunggang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk aktifitas menyusuri sungai atau arung jeram tapi arusnya tidak begitu deras. Lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi ini berada di Desa Tunggag, Kecamatan Pondok Suguh.

Sungai Selagan

Lokasinya yang berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat membuatnya sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa membawa perahu karet sambil menikmati hutan lindung yang memiliki begitu banyak flora dan fauna di dalamnya. Airnya yang sangat jernih berbaur dengan bebatuan alam di pinggirnya begitu terlihat eksotis. apalagi di kelelingi perbukitan yang penuh dengan pepohonan nan hijau, semakin menyejukkan hati. Bersantai menyusuri sungai di atas perahu karet menjadi sangat menyenangkan untuk mengisi hari libur. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Kecamatan Selagan Raya tepatnya di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Telaga Biru Air Dikit

Ada kemungkinan memang bekas pertambangan yang hanya menyisakan kubangan yang cukup besar. namun uniknya adalah kubangan yang terisi air ini justru membuat warna airnya menjadi berawarna biru. Dan sudah bisa dipastikan pesona kecantikan Telaga Biru Air Dikit ini bakal diburu para pecinta piknik. Telaga Biru Air Dikit menjadi salah satu spot selfie terbaik yang ada di Kabupaten Mukomuko. Background warna biru airnya benar-benar membuat kamera apapun akan terlihat begitu sempurna. Lokasinya berada di Desa Air Dikit yang juga berada di Kecamatan Air Dikit.

Tempat Wisata di Rejang Lebong

Kondisi geografisnya yang berada di lereng Bukit Barisan membuat Kabupaten Rejang Lebong ini memiliki potensi sumber daya alam yang sungguh istimewa. Selain menjadi lumbung padi bagi Provinsi Bengkulu, Kabupaten ini juga menjadi salah satu penghasil kopi terbesar yang ada di Sumatera. Begitu juga dengan potensi destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten yang Ibukotanya di Curup ini tak kalah dengan Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu. Bahkan Rejang Lebong menambahkan daftar tempat wisata di Bengkulu yang sangat wjaib untuk dikunjungi. Berikut beberapa destinasi wisata yang tersimpan di dalam Kabupaten Rejang Lebong.

Air Terjun Batu Betiang

Destinasi wisata yang bisa menjadi andalan Kabupaten Rejang Lebong adalah Air Terjun Batu Betiang. Menghadirkan pesona yang sangat berbeda dengan latar belakang cerita yang masih menjadi misteri hingga kini. Namun tempat wisata di Bengkulu ini memang bagi mereka yang suka berpetualang, karena membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam berjalan kaki sejauh 6 hingga 7 km melewati hutan yang masih menjadi bagian Taman Nasional Kerinci Seblat. Tapi juga ada pilihan lainnya dengan menggunakan motor trail yang biasa disewakan di desa terdekat, yakni Dusun Merasi, Desa Babakan Baru. Air terjun yang tingginya 5 meter dan memiliki kolam yang cukup luas ini, memiliki misteri dinding di kaan dan kiri air terjun. Dinding batu dengan bentuk persegi begitu tertata rapi, apakah karena proses alam atau manusia yang menatanya. Wisatawan benar-benar akan diajak seperti berada di dunia lain yang syarat akan keindahan alam dan juga udara sejuk yang selalu menyelimuti setiap langkah kamu.

Air Terjun Cabang Dua Suban

Lokasinya cukup berdekatan dengan lokasi wisata Suban Air Panas dan memang dalam satu kawasan wisata yang benar-benar memanjakan wisatawan. Yang cukup unik adalah air terjun ini ada dua cabang atau dua air terjun yang berdekatan yang memiliki debit air cukup lumayan. Selain ada kolam di bawah air terjun, di tempat yang sama juga ada kolam buatan yang juga memiliki air yang sangat jernih. Bebatuan sebagai dinding air terjun dengan warna hitamnya semakin menambah kesan eksotis. Ditambah dengan tumbuhan yang berasa di samping akan kiri air terjun semakin membuat kesan alami begitu kental. Mungkin hanya rasa kagum yang tak terungkapan ketika wisata berada di tempat wisata di Bengkulu ini, tepatnya di Kelurahan Talang Ulu, Curup Timur.

Air Terjun Curup Lekat

Ada sebagian masyarakat yang menyebutnya dengan naman Air Terjun Talang Rimbo, karena lokasinya berada di Desa Talang Rimbo Lama dan di Kecamatan Curup Tengah. Untuk aksesnya sendiri tergolong sangat mudah dan tidak begitu jauh untuk berjalan kaki mendekati Air Terjun Curup Lekat. Letaknya yang berada di tengah perkebunan kopi ini terasa begitu asri apalagi di tambah denga hiasan dinding air terjun dengan tumbuhan nan hijau semakin membuat tempat wisata di Bengkulu ini nampak alami. Meski tidak ada kolam di bawah air terjun, tapi wisatawan tetap bisa merasakan sensasi shower alami dengan airnya yang sangat segar dan juga jernih.

Air Terjun Dua Tingkat Suban

Di dalam kawasan yang sama dengan Air Terjun Cabang Dua Suban, Air Panas Suban, dan Batu Megalitik membuat Air Terjun Dua Tingkat juga semakn sering disambangi wisatawan. Dan justru Air Terjun Dua Tingkat Suban ini menawarkan pesona perbukitan lereng Gunung Kaba yang tiada duanya. Selain air terjun kamu juga bisa melihat keindahan Kota Curup dari ketinggian. Meski tidak ada kolam buatan, tapi kolam alami di bawah air terjun ini cukup lebar dan dengan kedalaman yang memungkinkan para wisatawan berenang kesana kemari. Meski tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan Air Terjun Cabang Dua Suban, tapi pesosnanya juga sama-sama eksotisnya. Tak heran juga jika Air Terjun Dua Tingkat ini menjadi tempat wisata di Bengkulu yang tidak pernah tertinggal ketika wisatawan berada di kawasan wisata Suban.

Air Terjun Kepala

Dengan ketinggian air terjun hingga 100 meter ini, gemuruh airnya sungguh terdengar cukup jelas dari lokasi yang agak jauhan. Karena ketinggiannya itulah yang menciptakan gemuruh air ketika jatuh di kolam bawahnya. Selain suarannya gemuruh yang tiada henti, saking tingginya membuat area di bawah Air Terjun Kepalasemakin berembun. Panorama alamnya begitu asri dengan banyaknya pepohonan di kedua sisi air terjun dan juga bebatuan berserakan karena adanya proses alam. Air Terjun Kepala ini juga masih berada di Kawasan Bukit Barisan, makanya suasananya sangat sejuk dan penuh dengan perbukitan nan hijau. Untuk menuju ke tempat wisata di Bengkulu ini cukuplah mudah dan jaraknya hanya 30 km jika kamu berangkat dari Kota Curup.Air Terjun Kepala ini berada di Desa Kepala Curup dan masih di wilayah Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Air Terjun Panas

Lokasinya tidak jauh dari Air Terjun Tri Muara Karang dan juga sumber air panas atau Pemandian Air Panas Sindang Jati. Sangat unik memang dan sangat jarang air terjun yang memiliki air yang jernih namun airnya juga hangat. Sangat menarik untuk dikunjungi memang, ketika kamu merasa terlalu capek kamu bisa nyebur di kolam bawahnya yang terasa hangat untuk menghilangkan pegal-pegal di kaki setelah jalan naik turun. Tempat wisata di Bengkulu ini memang begitu ramai dijamah wisatawan karena kurangnya informasi tentang Air Terjun Panas Sindang Jati.

Air Terjun Tri Muara Karang

Destinasi wisata yang satu ini berada di perbatasan antara Desa Blitar dan Desa Sindang Jati dan tak jauh dari lokasi Air Terjun Tri Muara Karang ini ada banyak obyek wisata yang masih masuk di Desa Sindang Jati. Sangat layak untuk menjadi desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong. Air Terjun Tri Muara Karang ini cukup tinggi dan debit airnya pun juga sangat besar. jadi kamu akan merasakan hembusan angin dan juga embun dari air yang yang jatuh dari atas. Untuk mengunjungi tempat wisata di Bengkulu ini kamu harus melewati jalan setapak dan juga sungai, menjadikan pengalaman wisata yang sangat menarik. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Panas, dan juga sumber mata air panas. Lokasi tepatnya air terjun ini terletak di Desa Sindang Jati, yang berada di wilayah Kecamatan Sindang Kelingi.

Batu Megalitikum

Ada dua tempat Batu Megalitikum yang sama-sama berada di dalam kawasan wisata Suban yang tidak begitu jauh dari Suban Air Panas, Air Terjun Dua Cabang, dan Air Terjun Dua Tingkat. Batu yang berada di lokasi bawah adalah Batu Trisakti, konon katanya batu ini mencerita tiga orang sakti, yakni Sebei Bitan, Sebei Teret, dan Sebei Tikis. Yang sekitar 100 meter naik ke atas ada Batu Menangis atau Putri Selangkah. Konon katanya Batu Menangis ini dulu sering mengeluarkan air, dan dipercaya sebagai tetesan air mata Putri Selangkah yang namanya Gemersik Emas, yang tidak mau dinikahkan dengan seorang pemuda dari Suku Rejang. Dan uniknya lagi kata warga setempat, jika kamu ingin cepat mendapatkan jodoh kamu bisa berdoa di tempat wisata di Bengkulu ini atau di Batu Menangis (Putri Selangkah).

Bendungan Musi Kejalo

Salah satu destinasi wisata alternative yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini adalah Bendungan Musi Kejali dan sering warga menyebutnya dengan naman Trokon. Dikelilingi dengan perbukitan dengan pepohonan nan hijau membuat bendungan ini selalu menyejukkan hati. Spot terbaik memang ketika kamu ingin bersantai dan menginginkan kedamaian. Bendungan Musi Kejalo ini membendung Sungai Musi Kejalo yang awalnya digunakan sebagai irigasi. Dan tidak main-main bendungan ini dulunya yang meresmikan Presiden RI Kedua Soeharto pada tahun 1989. Selain fungsinya sebagai irigasi, tapi juga banyak digunakan sebagai kegiatan outbound dan juga spot terbaik untuk memancing ikan tawar. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Desa Cawang Lama, di dalam wilayah Kecamatan Kecamatan Selupuh Rejang.

Bukit Daun

Sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan Bukit Kaba yang sama-sama berada di wilayah Kabupaten Rejang Lebong. Bukit Daun memiliki ketinggian 2.467 mdpl dan memiliki panorama ala yang tidak kalah eksotisnya denga Bukit Kaba, bedanya hanyalah Bukit Daun tidak memiliki kawah aktif atau Gunung Berapi yang masih aktif. Jika Bukit Kabar bisa melihat Danau Mas Harun Bastari, begitu juga dengan Bukit Daun yang memiliki Danau Telapak tepat di bawah puncak bukit. Dan kebanyakan wisatawan atau para pendaki mengunjungi Danau Telapak untuk rehat atau justru mendiri kemah di areal Danau Telapak. Namun banyak pihak yang mengkhawatirkan akan potensi rusaknya tempat wisata di Bengkulu ini. Karena adanya ekploitasi sumber panas bumi yang dilakukan oleh PT. Pertamina Geothermal. Secara administrative Bukit Daun ini berada di Desa Sentral dan masuk di wilayah Kecamatan Bermani Ulu.

Bukit Kaba

Lebih dikenal dengan sebutan Bukit Kaba oleh para pendaki dan juga wisatawan. Padahal Bukit Kaba ini adalah Gunung Berapi yang memiliki ketinggian 1938 m dpl. Panorama ketika kamu berada di puncak Bukit Kaba benar-benar istimewa, kamu bisa melihat hamparan perbukitan nan hijau, Danau Mas Harun Bastari, dan juga dua kawah aktif yang cukup terlihat jelas di bawah puncak Bukit Kaba. Untuk menuju tempat wisata di Bengkulu ini bisa melalui jalan aspal atau melewati jalur hutan yang memiliki beragam vegetasi. Lokasi Bukit Kaba ini berada di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Sindang Dataran dengan Kecamatan Selupu Rejang, selain itu juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Kepahiang.

Danau Segara

Masih banyak traveler yang belum mengetahui tempat wisata di Bengkulu yang berada di kaku Bukit Kaba ini. Karena memang Danau Segara ini seolah tertutup perbukitan yang ada di sekelilingnya. Dan selain itu ketika musim kemarau ada kemungkinan tidak ada airnya dan hanya lumut hijau saja. Benar-benar hanya kata takjub ketika kamu mengunjungi Danau Segara ini, perbukitan nan hijau berbaur dengan air danau yang sangat jernih dan diselimuti udara yang sejuk menciptakan kedamaian dan rasa syukur tak terhingga. Untuk menuju lokasi Danau Segara ini kamu harus ambil jalan menuju ke Bukit Gajah. Cukup mudah sebenarnya untuk mendatangi ke Danau Segara, jika masih bingung bisa menggunakan gaet warga desa di bawah kaki Bukit Kaba.

Danau Talang Kering

Ketika siang hari memang seperti danau pada umumnya terik matahari yang terpantul dari air danau begitu terasa panas, tapi tidak untuk malam harinya. Inilah keindahan dari Danau Talang Kering begitu memikat hati siapapun yang mengunjunginya. Dengan renovasi yang sangat apik dari pemerintah akhirnya menjadikan Danau Talang Kering ini memberikan suasan yang sangat romantic di malam hari. Pijar lampu yang ada di pinggir tempat wisata di Bengkulu ini semakin membuat malam hari terasa begitu indah. Cukup banyak wisatawan yang datang di malam hari ingin mencoba merasakan sensasi strike dari ikan air tawar yang menghuni Danau Talang Kering. Lokasinya cukup mudah untuk dijangkau, yakni berada di Desa Palaman, dan masuk di Kecamatan Curup Utara.

Danau Telapak

Masih belum banyak traveler yang mengetahui tentang Danau Telapak begitu juga dengan lokasi tempat wisata di Bengkulu nan eksotis ini. Danau Telapak ini berada di lereng Bukit Daun dengan ketinggian kurang lebih 2.00 mdpl. Inilah destinasi wisata yang cukup difavoritkan para pendaki Bukit Daun, dan tak jarang pula mereka mendirikan tenda dan menginap semalaman di dekat Danau Telapak. Diberikan nama Danau Telapak karnea bentuknya danau ini seperti telapak manusia jika dilihat dari ketinggian, atau mencoba menggunakan google earth. Pepohonan hutan yang sangat lebat seakan mengelilingi Danau Telapak, dan memang untuk mengunjunginya kita harus membelah hutan yang cukup rapat. Tapi semua perjalanan kamu ke Danau Telapak atau Bukit Daun akan terbayarkan ketika sudah mencapai di Danau Telapak atau di Bukit Daun.

Danau Mas Harun Bastari

Meski tidak sebesar Danau Toba di Sumatera Utara, tapi sama-sama memiliki pulau di tengah danaunya, itulah Danau Maas Harun Bastari yang berada di Desa Mohorejo, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Selupung Rejang dan di perbatasan antara Curup dan Lubuk Linggau. Keindahan akan tempat wisata di Bengkulu yang menjadi andalan Rejang Lebong ini tak diragukan lagi. Dikelilingi perbukitan nan hijau semakin membuat Danau Mas Harun Bastari tampak begitu mempesona dan menyejukkan mata. Apalagi ada pulau di tengah danau yang seperti huruf “C” yang bagi warga lokal diartikan sebagai Kota Curup. Berbagai fasilitas terpenuhi ketika kamu mengunjungi danau eksotis ini, mulai dari wahana air seperti sepeda air, perahu, dan juga wahana seperti meningkatkan adrenalin flying fix juga tersedia. Dan yang pasti liburan kamu di Danau Mas Harus Bastari akan sangat berbeda dibanding lokasi wisata lainnya.

Monumen Perjuangan Tabarena

Inilah bukti sejarah bahwa masyarakat Desa Tabarena dengan gagah berani melakukan perjuangan yang luar biasa dalam mewalan tentara Jepang ketika itu. Dan tepatnya pertempuran itu terjadi berada di Monumen Perjuangan Tabarena ini dibangun. Namun agak disayangkan monument ini tidak begitu terawatt dan banyak sisi yang sudah mengalami kerusakan dan juga banyak ditumbuhi semak belukar. Seharusnya bisa lebih dirawat karena lokasinya yang berada di pinggir sungai, bisa menjadi tempat wisata di Bengkulu yang cukup menarik.

Pemandian Air Panas Sindang Jati

Kamu bisa merasakan sensasi mandi di sungai tapi airnya cukup hangat atau bisa juga nyebur di kolam pemandian dan berenang di dalam air hangat. Setelah lelah berjalan maka akan seketika hilang ketika nyebur di pemandian air panas. Pengalaman piknik yang tidak akan terlupakan pastinya. Untuk menuju tempat wisata di Bengkulu ini cukup mudah dan juga tidak begitu jauh dari Desa Sindang Jati. Selain itu kamu juga bisa melihat Air Terjun Tri Muara Karang dengan airnya yang dingin dan tebingnya yang tinggi. Atau kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Panas yang tidak jauh dari air terjun sebelumnya. Lokasinya berada di Desa Sindang Jati, dan masih berada di dalam wilayah Kecamatan Sindang Kelingi.

Perkebunan Teh Bukit Daun

Destinais wisata yang akan menghijaukan mata para wisatawan dengan hamparan daun teh nan hijau terasa begitu menyegarkan. Perkebenunan Teh Bukit Daun memang sudah mulai sering dikunjungi wisatawan, apalagi ketika musim liburan akan semakin banyak lagi wisatawan yang datang. Selain menjadi tempat wisata di Bengkulu, perkebunan teh ini juga sebagai wisata edukasi. Karena wisatawan juga bisa melihat secara langsung bagaimana cara mengolah daun teh hingga menjadi teh kemasan atau racikan teh yang siap untuk diseduh. Untuk lokasinya berada di Desa Sentral Baru, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Bermani Ulu.

Rumah Adat Rejang Lebong

Inilah salah satu cagar budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Rejang Lebong. Bentuk rumah adat ini memang sudah dilakukan rehab di beberapa bagian, tetapi tidak merubah bentuk mayoritas arsitekturnya. Dari sisi ukiran setiap sudut rumahnya tidak begitu ribet, tetapi dari sisi itulah Rumah Adat Rejang Lebong ini terlihat begitu artistik. Dan memang dari bentuknya rumah Suku Rejang ini semuanya panggung dengan ketinggian rata-rata 2 meteran. Dan biasanya juga ada tambah bangunan lagi yang di tempat di sisi belakang atau samping sebagai rumah lumbung padi.kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Bengkulu ini di Kecamatan Curup.

Suban Air Panas

Inilah saah satu destinasi favorit masyarakat Rejang Lebong, lokasinya yang sangat mudah diakses dan juga tidak jauh dari pusat Kota Curup yang hanya berjarak kurang lebih 6 km saja. Suban Air Panas seperti kawasan wisata terpadu yang di dalamnya ada Air Terjun Suban, Kolam Renang, Batu Megalitikum, dan juga Pemandian Suban Air Panas. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Kaba membuat kawasan wisata ini terasa sangat sejuk. Didukung dengan panorama alamnya yang begitu indah membuta Suban Air Panas ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Suban Air Panas memiliki keunikan airnya yang tidak berbau belerang dan juga bisa menyembuh berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit dan juga rhematik. Tempat wisata di Bengkulu yang menjadi andalan Rejang Lebong ini tepatnya berada di Keluarahan Talang Ulu yang masih ebrada di Kecamatan Curup Timur.

Taman Wisata Diobagite

Salah satu tempat wisata di Bengkulu yang cocok buat wisata keluarga adalah Taman Wisata Diobagite yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Curup yang tidak begitu jauh dari pusat kota, yang hanya sekitar 4 km. Cukup banyak fauna di dalamnya, mulai dari gajah, monyet, reptile, dan lain-lain. Selain itu seperti tempat pemancingan dan juga taman bermain anak-anak menjadi semakin melengkapi Taman Wisata Diobagite. Yang sangat menarik adalah wisatawan bisa menaiki gajah dengan berkeliling taman wisata dan menikmati keindahan alam dengan berselimutkan udara yang sangat sejuk.

Tempat Wisata di Seluma

Satu lagi Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu yang lokasinya berada di pesisir barat dan juga menjadi salah satu Kabupaten yang tergabung dalam Kawasan Bukit Barisan. Konidisi geografisnya dari pesisir dan juga perbukitan memungkinkan Kabupaten Seluma memiliki potensi wisata yang sangat beragam. Ada beberapa tempat wisata di Bengkulu yangberlokasi di Kabupaten Seluma. Masih cukup banyak destinasi wisata yang masih tersembunyi dan belum terekplorasi sehingga masih banyak traveler yang dari luar Kabupaten Seluma tidak mengetahuinya. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata yang tidak akan mengecewakanmu ketika kamu mengunjunginya.

Air Panas Lubuk Resam

Memang Desa Lubuk Resam potensi akan destinasi wisatanya sungguh luar biasa, hampir semua obyek wisata yang istimewa berada di Desa Lubuk Resam. Sangat wajar jika desa ini menyumbangkan daftar tempat wisata di Bengkulu yang sangat wajib untuk dikunjungi. Dan salah satunya adalah Air Panas Lubuk Resam. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari Sungai Seluma, dan berada di areal persawahan penduduk, menjadi sangat eman tidak dikelola dengan baik. Padahal berpotensi mendatangkan banyak wisatawan lagi ke Desa Lubuk Resam yang ada di Kecamatan Puguk. Apalagi jika dibuatkan kolam pemandian yang khusus untuk air panas, sudah bisa dipastikan akan mendatangkan PAD dan juga meningkatkan pendapatan warga Desa Lubuk Resam.

Air Terjun 52

Airnya yang cukup deras memecah keheningan di perkebunan miliki PTPN 7 yang berada di wilayah Kecamatan Sukaraja. Alirannya cukup deras dengan ketinggian sekitar 5 meter memenuhi kolam di bawahnya dengan air yang sangat jernih. Wisatawan akan merasa dimanjakan ketika mengunjungi Air Terjun 52. Rindangnya pepohonan yang tumbuh di kanan kiri kolam semakin membuat kolam air terjun semakin teduh. Untuk menuju ke tempat wisata di Bengkulu ini memang kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu yang memakan waktu beberapa menit saja.

Air Terjun 56

Meski cukup tinggi Air Terjun 56 ini cukup landai yang memungkinkan wisatawan untuk mendakinya hingga paling atas air terjun, tapi tetap harus berhati-hati karena cukup licin. Yang cukup menarik adalah kolam alami di bawahnya yang begitu luas dengan kedalaman sedang bisa buat berenang sepuasnya. Ornamen bebatuan alam menjadi hiasan yang makin mempercantik Air Terjun 56. Untuk menuju tempat wisata di Bengkulu ini kamu juga harus melewati perkebunan karet milik PTPN yang cukup menyejukkan di mata. Lokasi tepatnya berada di Desa Padang Pelawi yang masih masuk di dalam Kecamatan Sukaraja.

Air Terjun Air Melancar

Tergolong tidak dekat memang jaraknya jika kamu berangkat dari pusat Kota Tais yang berjarak kurang lebih 50 an km. Air Terjun Air Melancar ini letaknya di Desa Air Melancar yang berada di dalam wilayah Kecamatan Semidang Alas. Jiwa petualang memang sedikit diperlukan jika ingin mengunjungi tempat wisata di Bengkulu ini. Karena masih butuh berjalan kaki untuk menuju lokasi dengan melewati areal perkebunan serta hutan. Pesonanya sungguh indah, derasnya air yang turun berpadu dengan tebing yang cukup tinggi mengelilingi kolam yang tergolong cukup dalam. Mungkin semakin menyenangkan jika kamu membawa perahu karet dan bersantai di bawah air terjun dan menikmati sejuknya udara dan pesona alamnya yang terasa nyaman. Sepertinya juga sangat cocok jika wisatawan hendak nge-camp dia areal air terjun sembari memancing di sungai yang tidak jauh dari pusat Air Terjun Air Melancar.

Air Terjun Batu Bekinyau

Destinasi wisata yang digadang-gadang akan menjadi obyek wisata andalan di Kabupaten Seluma. Menurut masterplan pembangunan berbagai fasilitas akan dilengkapi di Air Terjun Batu Bekinyau. Untuk menuju lokasi air terjun jaraknya sekitar 2 km dari desa terdekat bisa juga ditempuh dengan roda dua, tapi jalan tidak beraspal yang hanya berbatu dan juga tanah bisa berbahaya. Mungkin berjalan kaki akan lebih mengasyikkan sembari menikmati panorama pedesaan. Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter ini cukup eksotis karena memiliki dua ari terjun sekaligus. Meski tidak terlalu besar debit airnya tapi tetap menyejukkan setelah perjalanan panjang menuju lokasi air terjun. Lokasi tempat wisata di Bengkulu ini berada di Desa Lunjuk, yang masih masuk di Kecamatan Seluma Barat.

Air Terjun Batu Bekinyau 2

Meski berada di desa yang sama dengan Air Terjun Batu Bekinyau yakni di Desa Lunjuk, memiliki pesona yang berbeda. Jaraknya tidak jauh dari air terjun satunya yang hanya sekitar 800 meter, dengan sedikit menuruni perbukitan. Ketinggian air terjunnya hampir sama dengan air terjun satunya, cuman debit airnya lebih besar dan juga lebar. Nilai tambah lainnya adalah kolamnya yang cukup lebar dengan kedalaman sedang, sangat memanjakan wisatawan yang datang. Ibarat pemandian alami, tempat wisata di Bengkulu ini memang sangat pas untuk menikmati kesegaran air dan sejuknya alam khas pedesaan.

Air Terjun Bukit Gadis

Sebenarnya hanya seperti patahan sungai yang akhirnya membentuk air terjun yang cukup eksotis. Meski tingginya tidak sampai 2 meter tapi air terjun yang juga dinamakan sebagai Air Terjun 53 cukup lebar dengan kolamnya juga lebar. Siapapun yang datang ke Air Terjun Bukit Gadis sudah tidak sabar kepingin nyebur. Yang membuat tempat wisata di Bengkulu ini semakin eksotis adalah bebatuannya yang berwarna hitam mirip batu granit dengan ornamen alaminya semakin terlihat begitu cantik mempesona. Lokasi air terjun ini juga berada di tengah perkebunan karet milik PTPN yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Sukaraja.

Air Terjun Curug 3

Meskipun cukup dekat dan mudah dijangkau, tapi lokasi Air Terjun Curug 3 ini tersembunyi di antara pepohonan yang menjulang tinggi. Sudah pasti suasana yang sejuk dan tenang akan kamu rasakan ketika berada di Air Terjun Curug 3. Di tempat wisata di Bengkulu ini tidak hanya ada satu air terjun saja, tapi jarak bebera meter di bawahnya juga ada air terjun lagi yang sama-sama memiliki kolam pemandian di bawahnya. Ada dua alternatif jalan menuju ke air terjun, bisa menggunakan jalur darat melewati pepohonan yang rindang atau menyusuri sungai yang sangat jernih airnya. Benar-benar menjanjikan pengalaman wisata yang berbeda. Lokasinya berada di Desa Napal Jungur, yang masih di Kecamatan Lubuk Sandi.

Air Terjun Lubuk Resam

Lokasinya yang tidak begitu jauh dari desa wisata Lubuk Resam cukup mudah untuk mengunjunginya melewati jalan setepak dan membelah hutan belantara. Tapi untuk mendekati memang harus menuruni tebing yang cukup curam dan harus ekstra hati-hati karena cukup licin. Ketinggian Air Terjun Lubuk Resam ini memiliki ketinggia hingga 200 meter dan memiliki air yang cukup deras mengalir ke bawah yang hingga ke sungai desa Lubuk Resam. Keindahannya sudah pasti membuat siapapun yang mengunjungi bakalan terpukau dengan tebingnya yang cukup terjal dihiasi pepohonan nan hijau. Tempat wisata di Bengkulu ini mungkin akan menjadi andalan obyek wisata Kabupaten Seluma karena juga berada di Desa wisata Lubuk Resam.

Air Terjun Napal Jungur

Karena lokasinya berada di Desa Napal Jungu, dinamakan Air Terjun Napal Jungur. Untuk menuju lokasi air terjun yang memiliki kolam alami ini kamu harus melewati perkebunan karet yang cukup rimbun. Menjadi pemandangan yang berbeda sebelum sampai di tempat wisata di Bengkulu ini. Ketika kamu sudah sampai kamu akan disuguhi kolam alami yang airnya berwarna kebiruan yang bakal membuat kamu tidak sabar untuk cepat-cepat nyebur.meskipun air terjunnya tidak tinggi tapi airnya cukup deras dan juga Kolamnya tergolong cukup luas. Selfieable sudah pasti banget, background airnya yang kebiruan akan menghiasi akun sosmed kamu nantinya. Lokasinya terletak di Desa Napal Jungur dan berada di Kecamatan Lubuk Sandi.

Air Terjun Puguk

Benar-benar pemandian alam yang begitu sempurna, derasnya aliran dari air terjun yang bertingkat ini memenuhi kolam yang cukup luas di bawahnya. Kamu bisa saja bersantai menikmati guyuran air terjun sembari duduk di undakan tepat di bawah air terjun, sembari merasakan shower alami yang tiada henti. Kolamnya yang luas siap menampung wisatawan yang ingin berenang di antara bebatuan yang mengelilingi. Pepohonan yang rindang bak payung alami yang membuat teduh air terjun dan juga kolam pemandiannya. Selain itu masih ada satu air terjun lagi yang lokasinya tidak begitu jauh yang juga masih begitu alami. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Desa Puguk, Seluma Utara yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Tais.

Air Terjun Talang Sebaris

Lokasinya berada di Desa Talang Sebaris, Kecamatan Air Periukan bisa kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan yang hanya beberapa menit saja dari Desa Sukaraja. Selama perjalanan kamu akan disuguhi perkebunan karet milik PTPN dan yang pasti perjalanan kamu tidak akan membosankan. Air Terjun Talang Sebaris ini memiliki ketinggian kurang lebihnya 15 hingga 20 meter yang terdiri dari bebera tingkatan. Tapi tetap memungkinkan kamu mendaki hingga paling atas, sepertinya cukup keren buat selfie. Airnya yang cukup deras mengalir ke sungai di bawahnya yang sangat cukup untuk berendam dan menyejukkan badan yang cukup panas dalam perjalanan. Tempat wisata di Bengkulu ini potensinya cukup luar biasa, tapi karena kurangnya informasi masih banyak traveler yang kurang tahu destinasi wisata Air Terjun Talang Sebarsi ini.

Bendungan Seluma

Wisata alternatif yang justru banyak menarik minat wisatawan, baik dari lokal hingga yang dari luar Kabupaten Seluma adalah Bendungan Seluma. Air bendungan yang dialirkan ke sungai yang difungsikan untuk pengairan ini justru memiliki potensi wisata. Airnya yang cukup jernih akhirnya menjadi pemandian alam yang begitu menarik untuk dinikmati. Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bengkulu ini yang ingin berenang atau menyalurkan hobi memancing yang ingin mencoba sensasi strike ikan tawar di Bendungan Seluma.

Bukit Andalas

Hamparan perkebunan karet yang begitu luas tampak begitu menghijaukan mata kita keitka berada di Bukit Andalas yang memang lebih tinggi dari perkebunan karet. Udara yang sangat sejuk dan juga bebas polusi menyelimuti setiap langkahmu di Bukit Andalas. Pengin selfie dengan background perkebunan yang menghijau, sudah pasti tempat wisata di Bengkulu ini spot terbaik. Namun destinasi wisata di Kabupaten Seluma, tepatnya di Desa Talang Baris, Kecamatan SUkaraja ini masih belum dikelola maksimal.

Desa Lubuk Resam

Sangat tepat jika Desa Lubuk Resam yang berada di wilayah Kecamatan Puguk ini menjadi desa wisata yang ada di Kabupaten Seluma. Hampir semua destinasi wisata yang bersentuhan langsung dengan alam dimilikinya. Mulai dari sungainya yang sangat jernih, areal persawahan dan juga hutan belantara yang masih terjaga keasriannny. Belum lagi ditunjang dengan adanya obyek wisata Goa Agung, Air Terjun Melintang. Mungkin para traveler hari mencoba mengunjungi tempat wisata di Bengkulu ini dan akan lebih bagus lagi menginap setidaknya 1 malam agar semakin dekat dengan alam dan juga lebih mengenal adat istiadat Desa Lubuk Resam.

Goa Kecik

Lokasinya yang berada di desa wisata Lubuk Resam cukup sering dikunjungi wisatawan, meskipun masih kalah panjang dengan Goa Lubuk Resam atau Goa Agung, tapi Goa Kecik memiliki pesonanya sendiri. Seperti lorong bagian goa ada yang menyempit dan ada pula yang membesar dan cukup luar. Dan tempat wisata di Bengkulu ini memang menjadi surganya para pecinta caving atau kegiatan menyusuri goa. Akan tetapi memikirkan keselamatan dan juga membawa perlengkapan yang lengkap menjadi hal yang sangat wajib jika ingin menyusuri Goa Kecik.

Goa Lubuk Resam

Ada juga yang menyebutnya sebagai Goa Alam atau Goa Agung yang lokasinya juga berdekatan dengan desa wisata Lubuk Resam, Air Terjun Lubuk Resam, menjadikan Goa Agung sebagai destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Mulut goa tepat berada di samping sungai desa Lubuk Resam, semakin membuat tempat wisata di Bengkulu ini semakin terlihat eksotis. Goa ini memiliki panjang hingga ratusan meter, dan menjadi surganya para pecinta goa atau yang suka akan aktifitas caving. Stalagmit dan stalagtit menjadi sajian utama ketika memasuki Goa Lubuk Resam.

Muara Pantai Seluma

Tidak seperti muara pantai yang kamu kunjungi sebelumnya, ada perbedaan pastinya ketika kamu di Muara Pantai Seluma. Muara ini di pinggirnya berjajar pohon sawit yang tampak begitu indah dan juga sangat rapi, dan disisi muara satunya hanyalah hampara pasir pantai. Inilah spot fotografi yang menghasilkan photo yang begitu indah. aktifitas wisatawan pun juga sangat beragam ada yang sekedar bersantai menikmati panorama di muara, atau menyalurkan hobi memancing ikan muara dan merasakan sensasi strike. Tempat wisata di Bengkulu ini memang memiliki potensi menjadi andalan destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Seluma. Dan untuk lokasinya sendiri juga sangat mendukung tidak terlalu jauh dari pusat kota dan juga cukup mudah aksesnya.

Pantai Ancol Maras

Kebanyakan pantai memang penuh dengan pasir pantai, tapi di Pantai Ancol Maras ini justru sebagian besarnya di penuhi dengan bebatuan kerikil. Cukup unik memang, banyak juga batu yang memiliki warna-warna yang sangat cantik. Selain itu pinggiran pantai yang penuh dengan pepohonan menjadi spot terbaik untuk menikmati tempat wisata di Bengkulu ini. Dengan sajian es air kelapa muda, panasnya sinar matahari di pantai akan tetap terasa sejuk. Di Pantai Ancol Maras yang berada di Kecamatan Semidang Alas Maras ini juga sering digelar berbagai hiburan. Hal seperti itulah yang terkadang semakin banyak wisatawan yang datang di Pantai Ancol Maras.

Pantai Rawa Indah

Kesan alami dan bersih begitu melekat di Pantai Rawa Indah ini. Apalagi dengan jaraknya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Tais yang hanya 2 km dan didukung aksesnya yang cukup mudah dan dekat dengan pedesaan. Cukup difavoritkan bagi wisatawan lokal atau luar Kabupaten Seluma. Di tempat wisata di Bengkulu ini cukup banyak wisatawan yang datang terkadang hanya ingin sekedar memancing yang katanya memang banyak ikan besar yang menghuni Pantai Rawa Indah. wisatawan juga bisa bersantai atau bermain di pantainya yang begitu luas sembari menunggu sang matahari terbenang. Lokasi Pantai RawA Indah berada di Desa Rawa Indah, dan di dalam wilayah Kecamatan Ilir Talo.

Pantai Seluma

Kontur pantainya yang landai, pasirnya yang putih bersih dan sangat luas semakin memanjakan siapapun yang ingin berwisata di Pantai Seluma. Tempat wisata di Bengkulu ini memang menjadi favorit warga Kabupaten Seluma. Ombaknya cukup besar, mungkin menjadi spot yang tepat untuk yang ingin belajar berselancar. Salah satu yang menyenangkan ketika berada di Pantai Sleuma adalah ketika matahari mulai terbenam, semakin terlihat keindahan yang sebenarnya Pantai Seluma. Lokasi Pantai Seluma ini berada di Desa Pasar Seluma, yang masih di Kecamatan Seluma Selatan.

Pantai Talo

Banyak wisatawan lokal yang menyebutnya sebagai pantai romantis. Tapi memang begitulah adanya, pantai dengan pasirnya yang banyak dihiasi bebatua n berwarna ini benar-benar terasa romantis ketika hari mulai senja, dan temaram sinar matahari yang mulai meredup memang sangat terasa eksotismenya. Dan yang pasti menjadi momen selfie yang ga bakal dilupakan oleh semua wisatawan. Tempat wisata di Bengkulu ini memang tergolong ramai dikunjungi wisatawan, apalagi ketika musim liburan bisa mencapai ratusan bahkan ribuan wisatawan. Lokasi Pantai Talo terletak di Kecamatan Ilir Talo.

Pantai Tedunan

Yang paling menarik di Pantai Tedunan adalah banyak pohon cemara yang tumbuh di pinggiran pantai, mungkin lebih cocok dikatan sebagai hutan cemara. Sisi lainnya yang tidak kalah menariknya adalah adanya muara di samping hutan muara, yang biasanya dijadikan spot untuk memancing ikan muara. Jadi kamu bisa bersantai di bawah pohon cemara tanpa harus kepanasan dan menikmati dua obyek wisata yang berbeda, mulai dari Pantai Tedunan maupun Muara di Pantai Tedunan. Tempat wisata di Bengkulu ini diharapkan memang menjadi andalan dan mampu menggaet lebih banyak lagi wisatawan. Lokasinya sendiri berada di Desa Tedunan, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Semidang Alas Maras.

Patung Perjuangan

Selfieable, itulah kata yang tepat ketika wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Seluma. Patung Perjuangan yang mayoritas dicat warna merah ini memiliki arti yang cukup dalam. Semangat perjuangan yang membara para pejuan dari Front Selatan Jenggalu dalam melawan kolonialisme Belanda ketika itu. Patung Perjuangan yang menjadi saksi bisu ini menjadi bukti kerasnya dan gigihnya para pejuang masyarakat Kabupaten Seluma yang ingin negeri ini merdeka.

Sungai Desa Lubuk Gadis

Hampir setiap sungai yang ada di Kabupaten Seluma memiliki pesona yang sangat indah di lokasi yang mendekati hulu sungainya. Dan salah satunya adalah Sungai Desa Lubuk Gadis, airnya yang sangat jernih berpadu dengan pasir sungai yang hampir mirip pasir pantai dan dihiasi pepohonan nan hijau menjadikannya tempat liburan yang cukup eksotis. Aktifitas seperti menyusuri sungai atau hanya sekedar berendam dan berenang menjadi hal yang menyenangkan di tempat wisata di Bengkulu ini. Memang masih belum banyak yang datang ke Sungai Desa Lubuk Gadis, jadi keasrian alamnya masih benar-benar terjaga. Lokasinya berada di Desa Lubuk Gadis dan di Kecamtan Talo, untuk menuju kesana aksesnya juga cukup mudah.

Sungai Seluma

Berhulu di tengah hutan di sekitar Air Terjun Lubuk Resam  benar-benar membawakan air yang sangat jernih hingga ke Desa Lubuk Resam. Meskipun masih jarang yang melakukan olahraga arung jeram, tapi potensi Sungai Seluma memang sangat memungkinkan untuk aktifitas arung jeram. Aliran dan rintangannya tidak begitu ekstrim, jadi untuk kelas pemula tergolong cukup aman untuk mencoba mengarungi Sungai Seluma. Atau bisa juga menikmati keindahan alam pinggir sungai mulai dari hulu sungai hingga Desa Lubuk Resam. Sungai Seluma diharapkan bisa menjadi tempat wisata di Bengkulu yang menjadi andalan Kabupaten Seluma ke depannya.

Taman Buru Semidang Bukit Kabu

Inilah destinasi wisata yang menjadi surganya para pemburu yang memang diperbolehkan untuk memburu babi di Kawasan Taman Buru Semidang Bukit Kabu. Cukup banyak fauna yang menghuni Taman Buru Semidang Bukit Kabu, mulai dari Harimau Sumatera, Rusa, Menjangan, Babi, Kera, dan berbagai macam jenis burung. Tapi yang diperbolehkan untuk diburu adalah babi hutan untuk fauna lainnya memang dilindungi. Selain fauna, beraneka ragam flora juga tumbuh dengan subur di hutan ini, namun sayang perambahan hutan masih sering terjadi. 

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Kota yang memiliki nama yang sama dengan nama Provinsi ini memiliki sejarah yang sangat panjang, mulai dari era Kerajaan Inderapura hingga era kolonial Belanda. Kota yang menjadi tempat pengasingan Presiden RI 1 Soekarno ini meninggalkan sejarah yang sangat wajib untuk diketahui. Mulai dari rumah pengasingan hingga rumah sang istri Ibu Fatmawati. Bahkan tempat wisata di Bengkulu yang sangat ikonik terdapat di Kota Bengkulu dan salah satunya adalah yang termasuk cagar budaya, yakni Benteng Fort Marlborough. Tidak hanya itu saja, tapi masih banyak destinasi lainnya yang tersimpan di Kota Bengkulu yang mungkin para traveler belum mengetahuinya, dan berikut ini daftar obyek wisata menarik di Kota Bengkulu.

Benteng Marlborough

Bangunan cagar budaya ini sudah berumur 300 tahun namun hingga kini masih berdiri kokoh layaknya bangunan yang baru berumur puluhan tahun. Benteng milik Ingrris yang dibangun pada tahun 1713 – 1719 ini menjadi salah satu benteng terbesar dan terkuat yang telah dibangun oleh tentara Inggris terutama di wilayah timur. Namun akhirnya benteng ini diserahkan ke pihak Belanda setelah Inggris hengkang dari Kota Bengkulu. Kini Benteng Marlborough menjadi tempat wisata di Bengkulu yang sangat ikonik dan benar-benar melekat dengan Provinsi Bengkulu. Kamu bisa melihat indahnya Kota Bengkulu dan juga Pantai Tapak Paderi. Tidak hanya sekedar berwisata keindahan alam saja, tapi juga wisata sejarah benar-benar tersaji ketika berada di Benteng Marlborough.

Danau Dendam Tak Sudah

Menderngarkan nama dari danau yang ada di Bengkulu ini memang cukup mengerikan, seakan-akan rasa dendam yang tiada habisnya. Memang begitulah adanya jika kita menyimak cerita legenda yang melatar belakangi penamaan dari tempat wisata di Bengkulu ini. Konon ceritanya ada seekor buaya dari Danau Dendam Tak Sudah bertarung dengan buaya asal Lampung yang akhirnya dimenangkan oleh buaya dari Danau Dendam Tak Sudah. Tetapi kemenangannya harus dibayar mahal dengan kehilangan ekornya, yang akhirnya menumbuhkan dendam yang tidak berkesudahan. Danau yang memiliki luas 577 hektar ini memiliki beragam flora dan fauna di sekitar hutan di pinggir danau. Salah satu flora yang sangat unik adalah Anggrek Pensil yang dengan mudahnya tumbuh di Danau Dendam Tak Sudah. Lokasi danau ini berada di Kelurahan Dusun Besar yang masih berada di dalam Kecamatan Singaran Pati.

Gedung Daerah Provinsi Bengkulu

Bangunan yang pernah di tinggal oleh Gubernur Inggris dan juga Belanda hingga kini masih tegak berdiri, meskipun cukup banyak perbaikan di beberapa bagian gedung. Dan Gubernur yang paling terkenal di negeri ini adalah Sir Thomas Stamford Raffles, yang namanya dibadikan sebagai nama bunga Raflesia Arnoldi. Ada yang cukup unik di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu ini, yakni banyaknya hewan rusa tutul yang berkeliaran di halaman gedung. Bahkan tak jarang orang-orang yang berada di luar pagar gedung memberinya makan, dan rusa itu cukup jinak. Memang untuk memasuki gedung ini harus melapor atau mendapatkan ijin terlebih dahulu, jadi tidak sembarangan. Meskipun bangunan termasuk cagar budaya yang bisa menjadi tempat wisata di Bengkulu. Lokasinya terletak di Pasar Jitra, Teluk Segara.

Gedung Juang 45

Satu lagi cagar budaya yang merupakan monumen untuk menghargai para pejuang khususnya masyarakat Bengkulu yang menginginkan kemerdekan dan lepas dari kolonial Belanda. Gedung Juang 45 ini memiliki arsitektur yang Eropa banget, dan sangat terlihat pada pilar-pilar gedung yang cukup besar. di bagian depan gedung ada meriam sebagai peninggalan waktu era perjuangan melawan kolonial Belanda ketika itu. Kini Gedung Juang 45 selain sebagai monumen tapi juga sebagai tempat wisata di Bengkulu terutama wisata sejarah perjuangan. Lokasinya berada di Jalan Pembangunan Kota.

Hutan Cemara Pantai Panjang

Sudah mulai merasa bosan dan kepanasan setelah menikmati pantai dengan garis pantai terpanjang di Bengkulu? Saatnya ngadem, dan bersantai berselimutkan hammock di Hutan Cematai Pantai Panjang. Selain ngadem dan menikmati udara yang sejuk tidak lengkap tanpa selfie dulu di bawah hutan cemara sebagai backgroundnya. Memang kebanyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bengkulu ini selain ngadem juga mencari spot untuk fotografi. Pohon cemaran yang berdiri rapi mampu menghasilkan karya fotografi yang cukup artistik.

Kampung Cina

Perkampungan yang memang mayoritas dihuni oleh etnis Tionghoa ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Bahkan dimulai ketika masih berada di bawah kolonial Inggris sebelum Belanda mengambil alih wilayah Bengkulu. Di Kampung Cina ini masih ada beberapa rumah yang usianya mungkin lebih dari puluhan tahun yang bisa saja menjadi cagar budaya bagi Kota Bengkulu. Kini Kampung CIna sudah menjadi tempat wisata di Bengkulu terutama ketika perayaan imlek, cukup banyak menyedot perhatian wisatawan dan banyak yang mengunjungi Kampung Cina. Lokasi Kampung Cina ini berdiri di Kelurahan Malabero, Kecamatan Teluk Segara.

Kampung Wisata Muara Jenggalu

Destinasi wisata yang kekinian yang ada di Kota Bengkulu adalah di Kampung Wisata Muara Jenggalu. Unik, menarik, dan romantic mungkin itu kata yang tepat unutk menggambarkan tempat wisata di Bengkulu ini. Kamu bisa menikmati keindahan senja dengan siluet cahaya matahari yang sudah mulai redup sembari menikmati sajian khas yang ada di kafe atau resto deket muara. Tapi jangan sendirian ya guys, agak “pahit’ sih kalau sendiri, setidaknya bawa pasangan biar makin romantis. Di Kampung WIsata Muara Jenggalu kamu juga bisa mincing ikan muara, atau melihat lebih dekat rimbunnya hutan bakau di sekitar Kampung Wisata Muara Jenggalu. Lokasi wisata yang sangat menarik ini berada di Kelurahan Lingkar Barat yang masih di wilayah Kecamatan Gading Cempaka.

Lentera Merah Pulau Baai

Ketika kamu mengunjungi Kota Bengkulu untuk berlibur tidak akan lengkap rasanya tanpa mampir dulu di Lentera Merah Pulau Baai. Tempat wisata di Bengkulu ini seakan sudah menjadi ikon Kota Bengkulu, dan sangat banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mengunjungi Mercusuar yang berwarna merah ini. Sudah bisa dipastikan, bahwa Lentera Merah Pulau Baai menjadi salah satu spot selfie terbaik yang ada di Kota Bengkulu. Selain itu juga menjadi spot memancing ikan-ikan yang cukup besar yang berada di perairan sekitar mercusuar. Lokasi wisata Lentera Merah Pulau Baai ini terletak di Pulau Baai, dan berada di Kecamatan Kampung Melayu.

Makam Inggris

Nuansa mistis biasanya sangat melekat ketika kita mengunjungi makam, tapi aura mistis itu tidak akan kamu rasakan ketika mengunjungi Makam Inggris yang ada di Bengkulu ini. Bangunan makam yang sudah ada sejak tahun 1775 ini termasuk dalam cagar budaya yang tak jarang banyak wisatawan yang berdatangan. Gapura dengan pilarnya yang besar sebagai ciri khas arsitektur Eropa. Dan tak jarang juga banyak wisatawan yang selfie di depan makam, karena memang telah menjadi tempat wisata di Bengkulu khususnya wisata budaya dan sejarah. Namun agal disayangkan di Makam Inggris yang terletak di Jalan Veteran, Pasar Jitra ini minim informasi dan juga banyak coretan oleh tangan-tangan jahil.

Mangrove Pulau Baai

Memang masih tergolong baru beberapa tahun penanaman mangrove di Pulau Baai yang tidak jauh dari Pelabuhan Pulau Baai. Tapi kini sudah mulai terlihat rimbunnya tanaman mangrove yang cukup menarik untuk dikunjungi. Ide awalnya adalah mencegah abrasi yang terjadi di area Pulau Baai tapi tetap memiliki potensi sebagai tempat wisata di Bengkulu  yang cukup menarik untuk mengisi haru libur. Kamu bisa berkeliling dengan menggunakan perahu kecil, atau bisa juga mencoba merasakan sensasi strike ikan-ikan yang menghuni hutan mangrove di Pulau Baai.

Masjid At Taqwa

Peletakan batu pertama Masjid At Taqwa pada tahun 1988 ini telah menjadi ikon Kota Bengkulu. Perpaduan arsitektur antara tradisional Indonesai, Turki dan juga Yunani menghasilkan bangunan masjid yang cukup megah. Yang cukup unik pada Masjid At Taqwa adalah pada bentuk kubahnya, yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan bentuk kubah masjid pada umumnya. Difungsikan tidak hanya sekedar untuk peribadahan umat Islam saja, tapi juga berbagai kegiatan yang Islami juga sering dilaksanakan di masjid yang kini juga menjadi tempat wisata di Bengkulu ini, terutama wisata religi bagi umat Islam. Lokasi Masjid At Tawa terletak di Kelurahan Anggut Atas dan berada di wilayah Kecamatan Gading Cempaka.

Masjid Jamik Bengkulu

Awalnya Masjid Jamik Bengkulu ini berada di Kelurahan Kampung Bajak lalu di pindahkan di Kelurahan Pergantungan pada awl abad 18. Meskipun sudah mengalami perbaikan di berbagai sisi, tapi masjid yang dibangun pada awal abad 18 ini tidak mengalami perubahan. Hanya atapnya saja yang awalnya dari ijuk diganti seng, dan juga dari sisi desain atap dirubah oleh Presiden RI pertama Soekarno dan di buat tiga tingkat dan juga beberapa tiang yang ada di dalam masjid. Inilah warisan budaya yang dimiliki Kota Bengkulu yang kini juga menjadi tempat wisata di Bengkulu khususnya wisata religi bagi umat Islam.

Monumen Ratu Samban

Sangat tepat jika Ratu Samban yang memiliki nama Mardjati ini menjadi Pahlawan Nasional karena jasanya membela negeri ini dari kolonialisme Belanda di tanah Bengkulu. Beliau tewas di tangan Belanda setelah membunuh 2 pejabat tinggi Belanda kala itu. Kini karena jasa dan keberanian diabadikan menjadi Monumen atau Tugu Ratu Samban yang ada di pusat Kota Bengkulu. Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung di Kota Bengkulu tapi belum selfie di dekat Monumen Ratu Samban. Lebih tepatnya memang di malam hari siluet lampu akan menjadikan selfie kamu semakin kekinian.

Museum Negeri Bengkulu

Sangat banyak barang peninggalan yang dipajang di dalam Museum Negeri Bengkulu. Mulai dari barang peninggalan jaman batu atau megalitikum hingga barang peninggalan era kolonialisme Belanda. Ada juga seperti naskah-naskah kuno yang mungkin saja usia sudah lebih dari ratusan tahun, tapi hanya sedikit naskah yang bisa diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Museum Negeri Bengkulu ini memang menjadi tempat wisata di Bengkulu yang mengingatkan akan sejarah pada setiap wisatawan yang mengunjungi museum. Lokasi Museum Negeri Bengkulu ini berada di Jalan Pembangunan No. 8 Gading Cempaka, Singaran Pati.

Pantai Jakat

Salah satu tempat wisata di Bengkulu yang menjadi favorit masyarakat Kota Bengkulu adalah Pantai Jakat. Fasilitasnya yang cukup lengkap dan memadai ditambah juga dengan berbagai wahana permainan airnya menjadikan Pantai Jakat tidak pernah sepi dari pengunjung. Wahanan air seperti banana boat, jetski, ban pelampung hingga perahu yang siap menghiburmu sangat tersedia di Pantai Jakat. tidak hanya fasilitasnya saja, kondisi pantainya yang bersih dan birunya air laut yang membuat Pantai Jakat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi lokasinya yang tidak jauh dari Kota Bengkulu yang hanya berjarak 1 km saja.

Pantai Malabero

Memiliki arti tersendiri Pantai Malabero bagi warga Teluk Segara, karena pantai ini pernah dikunjungi oleh Presiden Jokowi dan juga Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Kunjungan tersebut mengenai potensi perikanan dan juga himbauan atas larangan penangkapan ikan dengan menggunakan trawl atau biasa yang disebut pukat harimau. Pantai Malabero tidak hanya memiliki potensi perikanan saja tapi juga menjadi tempat wisata di Bengkulu yang bisa menarik minat para wisatawan. Meskipun pasir pantainya berwarna hitam, tapi pesonanya tetap indah. apalagi banyaknya berbagai macam kuliner dijajakan di pinggir pantainya. Akan semakin betah ketika kamu berada di Pantai Malabero apalagi ketika hari mulai senja dengan menikmati eksotisme sunset, berasa romantis pastinya.

Pantai Panjang

Inilah destinasi wisata andalan Kota Bengkulu, Pantai Panjang yang juga tidak pernah sepi dari pengunjung, hampir setiap harinya dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Dinamakan Pantai Panjang karena memiliki garis pantai yang cukup panjang, yakni sepanjang 7 km. hal ini memungkinkan setiap wisatawan memuaskan dirinya di Pantai Panjang. Di tempat wisata di Bengkulu ini fasilitasnya benar-benar memadai, berbagai wahana permainan airpun juga tersedika. Misalnya seperti jetski, banana boat, ban pelampung, hingga perahu untuk mengelilingi pantai. Selain itu bagi pecinta surfing, bisa menjajal ombak di Pantai Panjang. Tak jarang juga ketika bulan-bulan tertentu diadakan lomba surfing karena ombaknya cukup menantang. Pesona sunsetnya benar-benar eksotis bisa kamu nikmati ketika sore hari. Seakan semuanya hadir di Pantai Panjang yang hanya 3 km dari pusat Kota Bengkulu.

Pantai Samudera Ujung

Potensi pantai ini bisa mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan, terutama wisatawan asing. Pantai Samudera Ujung pada bulan-bulan tertentu memiliki ombak yang cukup besar bahkan ketinggian ombaknya bisa mencapai 4 hingga 5 meter. Jadi memang salah satu pantai di Kota Bengkulu yang menjadi surganya para peselancar professional. Lokasi tempat wisata di Bengkulu ini berada di ujung Pulau Baai dan tidak begitu jauh dari pusat Kota Bengkulu. Hamparan pasirnya yang begitu luas bisa menjadi spot untuk bermain, atau bisa juga bermain air di bibir pantai yang ombaknya tidak terlalu besar.

Pantai Tapak Paderi

Tidak diragukan lagi jika Pantai Tapak Paderi ini menjadi destinasi andalan dan juga difavoritkan oleh banyak wisatawan yang pernah mengunjunginya. Lokasinya yang di belakang Benteng Marlborough membuat siapapun yang datang tidak akan pernah bosan. Kamu akan disuguhi bangunan benteng bersejarah yang terlihat klasik dari kejauhan dan juga birunya laut Pantai Tapak Paderi. Konturnya yang landai, pasir pantainya yang putih, ombaknya yang tidak begitu besar benar-benar menjadi tempat wisata di Bengkulu yang wajib untuk dikunjungi. Pantai ini juga tergolong cukup bersih dan terawat jadi ketika kamu datang ke Pantai Tapak Paderi dijamin tidak akan kecewa.

Pantai Teluk Sepang

Memang tidak seramai seperti Pantai Panjang, Pantai Jakat, atau pantai lainnya yang ada di Bengkulu, tapi Pantai Jakat ini justru surganya para surfer. Di musim-musim tertentu ombak di Pantai Jakat tingginya bisa mencapai 4 meter. Dan gulungan ombak seperti itulah yang diburu oleh para surfer-surfer professional. Tapi itu semua bukan berarti tempat wisata di Bengkulu ini hanya untuk para penggila berselancar saja, tapi juga untuk wisatawan yang tidak bisa surfing juga bisa menikmati keindahan Pantai Teluk Sepang. Adanya pepohonan yang menjorok ke pantai menjadi spot selfie yang keren dengan background sunset yang cukup eksotis. Bermain air di pinggiran juga tergolong aman dan tidak terseret ombak. Lokasi Pantai Teluk Sepang ini berada di Kelurahan Teluk Sepang, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kampung Melayu atau sekitar 25 km dari pusat Kota Bengkulu.

Pulau Baai

Ketika kamu berada di Pulau Baai tidak hanya sekedar melihat lalu lalang kapal-kapal yang ada di pelabuhan saja, tapi kamu tetap bisa menikmati keindahan pantai yang ada di Pulau Baai. Cukup banyak spot-spot yang ada di tempat wisata di Bengkulu ini yang pasti bakal keren buat selfie. Atau bahkan kamu juga bisa merasakan sensasi strike ikan-ikan laut yang cukup besar yang menghuni perairan sekitar Pulau Baai. Bahkan pernah salah satu acara stasiun tv swasta yang meliput tentang area pemancingan yang ada di Pulau Baai.

Pulau Tikus

Asal mula dinamakan dengan Pulau Tikus masih belum diketahui pasti, tapi yang pasti karena pulau ini dihuni banyak tikus. Jarak Pulau Tikus dengan pesisir Kota Bengkulu tidak begitu jauh hanya sekitar 10 km yang bisa kamu tempuh menggunakan perahu motor nelayan dari Pantai Tapak Paderi atau dari Pantai Jakat.  Keindahan dari Pulau Tikus hampir mirip dengan pulau-pulau terluar Indoesia. Pantainya yang cukup bersih dan pasir pantainya yang berwarna putih bersih menjadi sajian utama di tempat wisata di Bengkulu ini. Tidak cukup disitu saja, Pulau Tikus juga memiliki keindahan bawah lautnya yang mempesona. Seperti terumbu karang yang masih tergolong alami dan juga banyak ikan warna-warni yang hidup di sekitraran terumbu karang. Di pulau ini ada menari yang cukup tinggi yang akan menguji adrenalin kamu dengan menaikinya. Sajian pemandangannya pun juga sangat indah ketika kamu berada di atas menara.

Rumah Ibu Fatmawati

Inilah Rumah Ibu Fatmawati, seorang istri dari Presiden RI 1 Soekarno masih tampak kokoh berdiri meskipun tetap ada beberapa bagian rumah yang di rehabilitasi. Rumah dengan arsitektur sederhana khas Bengkulu ini menyimpan cerita dan berbagai benda bersejarah berdirinya NKRI. Dan salah satunya adalah mesin jahit yang masih terawat yang digunakan untuk menjahit Sang Saka Merah Putih. Selain mesin jahit, masih banyak barang peninggalan lainnya seperti baju kebaya yang biasa beliau kenakan dan juga berbagai photo keluarga yang terpajang begitu rapi. Lokasi tempat wisata di Bengkulu ini berada di Jalan Fatmawati, Penurunan, Kecamatan Ratu Samban.

Rumah Pengasingan Soekarno

Mungkin bagi wisatawan luar Bengkulu hanya bisa melihat di tv atau film saja, tentang Rumah Pengasingan Soekarna ketika era kolonial Belanda. Soekarno diasingkan di Bengkulu pada tahun 1938 hingga 1942 sebagai tahanan politik waktu itu. Beliau memang sangat vocal tentang imperialism yang telah di lakukan Belanda terhadap bumi pertiwi. Rumah Pengasingan Soekarno ini sebenarnya rumah miliki orang Tionghoa yang ketika itu memang sengaja disewa oleh Belanda untuk menahan Soekarno. Kini rumah pengasingan telah menjadi tempat wisata di Bengkulu khusunya wisata sejarah. Dan di dalam Rumah Pengasingan Soekarno masih banyak benda peninggalan yang masih terawat baik dan juga berbagai foto-foto Soekarno dengan keluarga. Lokasi Rmash Pengasingan Soekarno ini terletak di Jalan Sukarno Hatta dan di Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka.

Sandal Jodoh

Salah satu destinasi wisata yang sangat unik yang lokasinya berada di Pantai Tapak Paderi. Bahkan banyak warga yang menggantikan namana Pantai Tapak Paderi dengan Pantai Sandal Jodoh. Sebenarnya ini sebagai bentuk sindiran akan sampah yang menumpuk di pantai dan kebanyakan dari sampah itu adalah sandal. Dan juga adanya cerita seorang  suami yang mencari sandal istrinya yang hilang dan akhirnya ketemu di tumpukan sampah yang penuh sandal. Atas dasar sindiran dan juga cerita menarik tersebutlah, pada akhirnya dibuatkanlah dinding dengan tempelan sandal  yang kini menjadi spot selfie yang cukup unik. Konon katanya cinta sama pasangan akan tetap abadi dengan menggantungkan sandal di Sandal Jodoh. Dan juga pengunjung di Pantai Sandal Jodoh ini akan segera menemukan cintanya yang hilang. Unik kan??!!

Tugu Perjuangan Rakyat

Lokasinya yang dekat dengan obyek wisata Pantai Jangkat membuat TUgu Perjuangan Rakyat sering disambangi wisatawan yang datang dari luar Kota Bengkulu. Lumayanlah buat selfie atau sekedar nongkrong di sore hari, sembari menikmati semilir angin Pantai Jangkat. Dibangunnya Tugu Perjuangan Rakyat ini sebagai bentuk apresiasi untuk mengenang para pejuang rakyat Bengkulu yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk meraih kemerdekaan yang kini kita tinggal menikmatinya.

Tugu Pers

Salah satu bangunan yang menjadi ikon terbaru Kota Bengkulu adalah Tugu Pers. Bangunan  yang designnya menyerupai penai ini diresmikan oleh Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menjadi salah satu symbol kebebasan pers khususnya yang ada di Bengkulu. Kini bangunan yang menjulang tinggi tersebut menjadi tempat wisata di Bengkulu terutama ketika malam hari. Suasan akan Kota Bengkulu sungguh terasa, dan berbagai sajian kuliner juga tersedia di area Tugu Pers. Lokasi Tugu Pers ini terletak di Kelurahan Kebun Keling, Kecamatan Teluk Seraga.

Tugu Segitiga Pantai Panjang

Jika sudah bosen dengan spot selfie dengan background Pantai Panjang, mungkin kamu harus mencoba di Tugu Segitiga Pantai Panjang. Cukup ikonik dari sisi arsitekturalnya apalagi dengan bagian belakang terlihat birunya air laut menjadikan view yang berbeda di Pantai Panjang. semakin menarik sebenarnya ketika hari mulai senja dengan temaramnya sinar matahari dan detik-detik digantikan cahaya lampu semakint erlihat begitu eksotis. ketika malam harinya tempat wisata di Bengkulu ini juga sebagai spot nongkrong yang cukup menarik dengan menikmati hembusan angin laut Pantai Panjang.

Tugu Thomas Parr

Satu lagi bangunan peninggalan Inggris yang ada di Kota Bengkulu yang juga menjadi bangunan cagar budaya. Tugu Thomas Parr ini didedikasikan kepada Residen Inggris di Bengkulu kala itu yang bernama Thomas Parr, dan beliau tewas ketika terjadinya kerusahan dengan rakyat Bengkulu. Dan akhirnya dibangun lah Tugu Thomas Parr untuk mendedikasikan kepada dirinya. Bangunan yang berbentuk octagonal ini memang masih terawat dan menjadi tempat wisata di Bengkulu yang cukup banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun asing. Lahannya juga luas banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya bersantai atau melakukan aktifitas lainnya baik sore hari atau malam hari. Lokasinya berada di Jlan Ahmad Yani dan di perkampungan Cina.

View Tower

Fungsi awal dibangunnya View Tower yang ada di pusat Kota Bengkulu adalah untuk memantau kemungkinan terjadinya bencana tsunami. Tapi kini bisa difungsikan sebagai destinasi tempat wisata di Bengkulu yang menarik para wisatawan untuk melihat Kota Bengkulu dari ketinggian. Selfieable sudah pasti dengan background Kota Bengkulu. Ketika hari sudah mulai malam cukup banyak masyarakat mulai anak muda hingga orang tua nongkrong di bawah View Tower. Berbagai macam kuliner juga dijajakan di areal View Tower. 


Artikel Terkait