Bendungan Sutami, Berwisata Sambil Memancing Ikan
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitar Malang menampilkan bahwa tempat ini memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Bila mendengar kata bendungan, pasti pikiran anda akan langsung menuju ke air, waduk atau sungai yang bila dipikir memang tidak ada yang menarik. Namun sudah banyak di daerah Indonesia sendiri waduk-waduk yang ternyata fungsinya malah dijadikan sebagai obyek wisata karena memiliki kelebihan yaitu pemandangan di sekitar yang menarik atau bentuk dari waduk itu sendiri yang berbeda dan eksotik. Sama seperti di Malang ini, Bendungan Sutami yang namanya sudah banyak dikenal orang bukan lagi berfungsi hanya sebagai bendungan namun juga sebagi salah satu destinasi wisata yang patut anda kunjungi jika anda datang ke kabupaten yang terkenal dengan buah apelnya ini. Datang kesana juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar apalagi jika anda tinggal di sekitar Malang dan Batu.

Bendungan Sutami adalah salah satu bendungan yang juga menjadi tempat wisata yang letaknya di Desa Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung dengan jarak 40km arah Selatan Kota Kabupaten Malang. Obyek wisata bendungan yang sudah terkenal sejak lama ini memang banyak didatangi oleh para wisatawan atau pengunjung dari berbagai daerah terutama saat akhir pekan atau hari libur. Bendungan ini asalnya dari Sungai Brantas dan telah dibangun sejak tahun 1975-1977 dengan fungsi sebagai Alat Pembangkit Listrik Tenaga Air. Presiden Soeharto lah yang meresmikan pertama kali oleh  pada tahun 1977. Disekitar Bendungan yang terkenal juga dengan nama Bendungan  Karangkates, memiliki 2 potensi lokasi Taman Wisata yang terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu, Taman Wisata Karangkates, terletak di sebelah Utara Bendungan Sutami dan Taman Wisata Bendungan Lahor yang terletak di sebelah Selatan Bendungan Lahor.

Perum Jasa Tirta 1 sebagai pengelola Bendungan dan waduk Karangkates sudah mempunyai total luas sekitar 6 hektar di kota Malang. Karena airnya yang berasal dari sungai berantas, maka air ini semakin hari semakin keruh jika banyak sampah yang dibuang sembarangan di sungai. Maka dari itu jangan sampai kita juga ikut-ikut membuang sampah sembarangan di sungai.

Beberapa tahun yang lalu, keadaan ini menyebabkan banyak ikan yang mati di Waduk Karangkates karena kekurangan oksigen. Oksigen yang menipis ini berasal dari limbah cair seperti deterjen industri yang merangsang berkembang biaknya tumbuhan algae. Setelah bebas dari masalah ini, Bendungan Sutami sudah memiliki kapasita terpasang 3×35 megawatt (MW) dan mampu memproduksi listrik sekitar 400 juta kwh per tahun. Selain itu, bendungan ini sekarang ini juga dijadikan sebagai sarana rekreasi dan olahraga, terutama bagi masyarakat yang berasal dari Malang.

Masyarakat atau pengunjung yang datang kesana biasanya sangat suka memanfaatkan bendungan untuk memancing. Jadi anda bisa membawa pancingan anda dari rumah dan mencoba peruntungan anda di Bendungan Sutami. Siapa tahu anda bisa membawa ikan yang banyak. Selain itu kegiatan yang menyehatkan seperti bermain tennis, atau golf juga bisa dilakukan.

Fasilitas di Bendungan Sutami

Ada beberapa fasilitas yang bisa anda temukan di obyek wisata Bendungan Sutami ini, antara lain adalah;

- Toilet umum

Salah satu fasilitas yang penting di setiap obyek wisata adalah kamar mandi karena anda yang terutama berasal dari luar kota Malanv setelah menempuh perjalanan berjam-jam akan butuh untuk ke kamar mandi juga. Dan di sini anda tidak perlu bingung mencari karena pihak pengelola telah menyediakannya untuk anda.

- Mushola

Bagi anda umat muslim, beribadah tepat waktu pastilah penting, nah di Bendungan Sutami anda bisa dengan mudah menemukan mushola di area sekitar waduk tanpa harus berjalan jauh atau mencari masjid. Di situ juga telah disediakan sarung dan mukena yang bisa anda pakai.

- Warung atau tempat makan

Walaupun tidak disediakan dari pihak pengelola, anda bisa menemukan beberapa warung-warung yang ada di sekitar area bendungan yang dimiliki oleh penduduk lokal. Makanan dan minuman khas kota Malang bisa anda beli tentunya dengan harga yang terjangkau.

- Lapangan tenis

Bagi anda yang tidak suka atau tidak bisa memancing dan ingin kegiatan lain yang seru, anda bisa berolah raga dengan bermain di lapangan tenis. Sembari berwisata, badan juga bisa terasa segar dan sehat.

- Gazebo

Di sana telah disediakan beberapa gazebo yang bisa anda gunakan untuk duduk-duduk sambil menikmati pemandangan alami di sekitat Bendungan Sutami.

- Toko souvenir

Sebelum pulang anda bisa terlebih dahulu membeli oleh-oleh souvenir sebagai kenang-kenangan.

Hunting Foto di Bendungan Sutami

Bagi anda para penyuka fotografi, anda bisa memanfaatkan beberapa spot di area ini untuk berfoto bersama dengan keluarga atau teman-teman. Pemandangan dan rimbunnya pepohonan di sana juga bisa menjadi latar belakang foto selfie anda yang menarik. Selain itu anda bisa juga berfoto saat anda belajar untuk memancing di bendungan.

Atau anda juga bisa menyuruh teman anda memfoto saat anda sedang asyik bermain tenis atau golf. Yang pasti anda hanya butuh mengeksplor tempat ini lebih jauh agar bisa menemukan spot-spot menarik untuk foto anda supaya nantinya bisa mendapat banyak perhatian saat anda memposting di berbagai sosial media yang anda punya.

Baca juga : Pulau Sempu, Berwisata Sambil Melihat Indahnya Pantai

Akses Jalan Menuju ke Bendungan Sutami

Akses atau rute menuju ke obyek wisata ini lumayan gampang dikarenakan Wisata Bendungan ini berada di tepi jalan raya antara Malang-Blitar yang berkisar 35 kilometer kilometer di sebelah selatan Kota Malang atau 16 kilometer arah barat obyek wisata Gunung Kawi, maka anda bisa kesini menggunakan kendaraan umum yang relatif lebih mudah. Namun anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi anda.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Bendungan Sutami

Jam buka dari tempat wisata ini adalah 24 jam dan untuk tiket masuknya hanya Rp 2.000,- per orang.

Tips Berlibur ke Bendungan Sutami

  • Pastikan anda dalam kondisi yang prima
  • Pakailah alas kaki yang nyaman
  • Persiapkan kendaraan yang akan anda gunakan
  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan mengotori lingkungan
  • Buang sampah pada tempatnya

Artikel Terkait