Bendungan Lahor, Berwisata Sambil Menikmati Kuliner Enak
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitar Malang menampilkan bahwa tempat ini memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Jika anda berkunjung ke suatu tempat untuk berlibur, sebaiknya anda tidak hanya mendatangi tempat-tempat wisata yang sudah terkenal saja, atau hanya berkutat pada wisata belanja yang banyak berada di mall - mall, agar liburan anda terasa lebih seru lagi, anda bisa mencari destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi oleh orang-orang. Selain hal itu akan memberikan pengalaman tersendiri, anda bisa berekreasi dengan leluasa tanpa gangguan keramaian di sekeliling anda. Bagi anda yang mempunyai rencana untuk mengunjungi Malang, kota yang terkenal dengan hawanya yang sejuk dan obyek wisata alam yang menarik. Jika anda datang kesana, pastikan anda tidak melupakan Bendungan Lahor dari daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi di Malang.

Bendungan Lahor adalah salah satu bendungan yang terkenal di Jawa Timur yang letaknya adalah di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Pengunjung di sini bisa menikmati pemandangan danau yang indah dengan tambahan pepohonan dan tumbuh-tumbuhan rimbun yang tumbuh di sekitarnya, tidak hanya bisa mengagumi danaunya saja, anda juga bisa naik perahu motor mengelilingi danau. Atau bila anda yang mempunyai hobi memancing, anda bisa membawa alat pancingan dari rumah untuk memancing ikan di tempat wisata ini. Jangan lupa juga bahwa di waduk Lahor Karangkates ini kita juga bisa menikmati pemandangan sunrise maupun sunset yang romantis dan tentu sangat cocok anda nikmati saat berdua dengan pasangan di atas perahu wisata. Soal makanan, banyak warung makan di dekat jembatan, jadi jangan khawatir. Anda bisa menikmati sajian kuliner berupa makanan-makanan khas perairan air tawar disini, seperti wader, gurami, lele, tawes, tombro dan sebagainya. Harganya pun lumayan terjangkau.

Presiden Suharto meresmikan bendungan ini pada 1977, atau 3 tahun setelah presiden era Orde Baru itu meresmikan Bendungan Karangkates (yang kemudian berganti namanya jadi Bendungan Sutami pada 1981). Selain untuk pembangkit listrik, Bendungan Lahor juga difungsikan untuk irigasi. Pengelolaan kedua bendungan ini merupakan tanggung jawab Perum Jasa Tirta I, sedangkan pengelolaan PLTA menjadi urusan PT Pembangkitan Jawa-Bali (UP Brantas).

Bendungan Lahor difungsikan juga sebagai obyek wisata. Bahkan di sana sudah tersedia penginapan. Dan dalam hal wisata, Lahor sedikit lebih unggul. Soalnya, jalan di atas tembok waduk seolah sudah menjadi jalan umum. Mobil ringan dan sepeda motor boleh melintasinya, dengan lebih dulu membayar tiket masuk. Jalan itu akhirnya kerap juga digunakan sebagai jalan pintas bagi kendaraan dari arah Malang ke Blitar atau pun sebaliknya. Dulu hanya kendaraan pribadi yang boleh lewat. Tapi sekarang minibus travel antar-kota-antar-provinsi pun sudah boleh melintasinya.

Fasilitas di Bendungan Lahor

Dengan pengelolaan yang baik dari pemerintah setempat, obyek wisata ini sudah cukup memiliki fasilitas-fasilitas yang memadai, seperti di antaranya adalah;

- Perahu wisata

Adanya danau di sana bukan hanya bisa digunakan untuk pengairan atau pembangkit listrik namun dalam masalah hiburan, anda bisa menyusurinya dengan perahu wisata yang disewakan dengan harga murah.

- Lahan parkir

Bagi anda yang ingin membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor tidak perlu lagi khawatir mencari tempat parkir karena di obyek wisata ini sudah disediakan lahan parkir yang memadai, murah dan juga aman.

- Toilet umum

Untung saja salah satu fasilitas penting yang satu ini telah disediakan di area Bendungan Lahor walaupun memang jumlahnya tidak banyak.

- Gazebo

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan sekitar, anda bisa bersantai di beberapa gazebo yang ada di sana sambil memakan bekal yang anda bawa dari rumah.

- Tempat makan

Seperti yang dijelaskan di atas, di Bendungan Lahor, anda bisa menemukan banyak warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

- Penginapan

Bagi anda yang berencana untuk bermalam di sana, di sekitar area Bendungan Lahor ada penginapan dengan harga dan kualitas yang bervariasi.

Hunting Foto di Bendungan Lahor

Bagi anda para penyuka fotografi, anda bisa memanfaatkan beberapa spot di area ini untuk berfoto bersama dengan keluarga atau teman-teman. Pemandangan dan rimbunnya pepohonan di sana juga bisa menjadi latar belakang foto selfie anda yang menarik. Selain itu anda bisa juga berfoto saat anda belajar untuk memancing di bendungan.

Atau anda juga bisa menyuruh teman anda memfoto saat anda sedang asyik menyusuri danau dengan perahu wisata yang cantik. Yang pasti anda hanya butuh mengeksplor tempat ini lebih jauh agar bisa menemukan spot-spot menarik untuk foto anda supaya nantinya bisa mendapat banyak perhatian saat anda memposting di berbagai sosial media yang anda punya.

Baca juga : Taman Wisata Tlogomas, Berwisata Sambil Berfoto dengan Miniatur 7 Keajaiban Dunia



Akses Jalan Menuju ke Bendungan Lahor

Jika anda melakukan perjalanan dari kota Malang ke Blitar, kurang lebih setelah anda menempuh perjalanan 37 km ke arah selatan, tepat sebelum perbatasan kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar (di Kecamatan Sumber Pucung), akan ditemukan Taman Wisata Waduk Sutami yang berada di sisi selatan (kiri) jalan. Di persimpangan tepat di depan pintu masuk Taman Wisata Waduk Sutami, belok ke arah utara (kanan). Sekitar 500 meter anda akan memasuki kawasan Taman Wisata Waduk Lahor. Jalan masuk ke Taman Wisata Waduk Lahor ini juga merupakan jalan alternatif menuju Kabupaten Blitar.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Bendungan Lahor

Jam buka dari bendungan ini adalah 24 jam, setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Untuk tiket masuknya tidak ada biaya yang perlu anda bayar, hanya biaya parkir yang murah.

Tips Berlibur ke Bendungan Lahor

  • Persiapkan kendaraan yang akan anda gunakan
  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan lupa membawa kamera
  • Buang sampah pada tempatnya
  • Jangan mengotori lingkungan

 

Artikel Terkait