Air Terjun Terujak, Keindahan Air Terjun Alami di Tengah Hutan Belantara
Air Terjun Terujak merupakan tempat wisata air terjun yang berada di Aceh Timur, menawarkan keindahan air terjun yang masih alami di tengah hutan belantara hijau nan asri.

Sebagian besar wilayah Aceh Timur memang langsung berbatasan dengan laut, sehingga sudah lazim rasanya jika ditemukan banyak pantai indah di kabupaten ini. Namun nyatanya, tak hanya wisata pantai yang bisa dijumpai disini, terdapat sebuah air terjun yang lokasinya seolah tersembunyi dibalik bebukitan bernama Air Terjun Terujak.

Meskipun lokasinya yang terpencil, Air Terjun Terujak merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kalangan masyarakat Aceh Timur. Air terjun ini masih terjaga kelestariannya, serta menawarkan keindahan berupa air terjun serta panorama hutan alami yang dipenuhi pepohonan hijau nan rindang. Deretan perbukitan menjulang tinggi juga menjadi pemandangan yang bisa dinikmati wisatawan.

Air Terjun Terujak

Secara administratif, letak Air Terjun Terujak ini berada di Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 128 kilometer dari ibukota Aceh Timur, Idi Rayeuk. Setelah tiba di Desa Terujak, lokasi dari air terjun ini sudah cukup dekat, pengunjung harus menempuh perjalanan lagi kurang lebih 3 kilometer saja.

Untuk menikmati keindahan dari Air Terjun Terujak, memang diperlukan usaha ekstra. Hal ini dikarenakan kondisi jalan yang masih belum bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Kurang lebih wisatawan dipaksa untuk berjalan kaki selama 30 menit melewati perkebunan warga serta menyusuri tepi sungai yang licin serta berbatu. Namun perjuangan tersebut akan terbayar lunas setelah tiba dilokasi air terjun yang eksotis ini.

Pesona Air Terjun Terujak

Setelah berjalan melewati bebatuan yang licin, wisatawan akan melihat sebuah fenomena air terjun indah lengkap dengan gemericik air jernih yang jatuh menerpa bebatuan. Air Terjun Terujak memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 15 meter. Airnya yang masih alami dan segar seolah menyihir wisatawan untuk segera menikmatinya dengan menceburkan diri ke sungai.

Nama dari air terjun sendiri diambil dari desa dimana objek wisata ini berada, yaitu Desa Terujak. Dibawahnya, terdapat arus sungai yang merupakan terusan dari air terjun ini. Sungai ini memiliki kedalaman sekitar 1 meter saja sehingga cukup aman bagi wisatawan yang ingin mandi atau berenang. Didalamnya hidup ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari, seolah menjadi teman setia bagi pengunjung yang berenang disungai.

Air Terjun Terujak

Disekitar Air Terjun Terujak wisatawan akan menemukan bebatuan besar yang seolah menambah kecantikan tempat wisata ini. Tak jarang pengunjung yang datang memanfaatkan bebatuan tersebut sebagai pijakan untuk melompat ke dalam sungai, atau sekedar duduk santai usai lelah menikmati segarnya air di tempat wisata ini.

Banyak pula wisatawan yang duduk tepat diatas batu dan derasnya air yang jatuh dari atas. Sungguh mengasyikkan ketika menikmati air yang jatuh membasahi seluruh tubuh. Deras dan dinginnya air membawa kesejukan yang seakan menghilangkan rasa lelah dari perjalanan jauh untuk mencapai Air Terjun Terujak ini.

Panorama alam disekitar air terjun pun tak kalah indahnya, hutan belantara yang masih alami, tebing-tebing batu, serta perbukitan yang hijau sangat sedap untuk dipandang mata. Udara disekitar lokasi wisata pun sangat sejuk dan segar, bebas dari kata polusi. Tak jarang wisatawan bisa mendengar merdunya kicauan burung yang hinggap diantara ranting-ranting pepohonan.

Pesona yang ditawarkan Air Terjun Terujak memang sangat memukau dan layak untuk dikunjungi. Perpaduan antara eksotisme air terjun serta alam sekitar yang masih asri menjadikan tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi berlibur untuk sekedar refreshing dan menjauh sejenak dari hiruk pikuk keramaian kota.

Fasilitas Air Terjun Terujak

Keindahan yang dimiliki Air Terjun Terujak nyatanya tak sebanding dengan fasilitas di tempat wisata ini. Masih diperlukan campur tangan dari pemerintah setempat untuk mengembangkan objek wisata ini. Mengingat potensi alam yang ditawarkan air terjun ini bisa mengundang wisatawan dari luar kota bahkan mancanegara.

Masih belum ditemukan fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir, serta mushola untuk beribadah. Biasanya wisatawan memarkirkan kendaraan di halaman milik warga setempat yang lokasinya cukup jauh dari air terjun. Kondisi jalan pun cukup memprihantikan, masih belum tersedia jalan khusus sehingga pengunjung harus bersusah payah untuk menuju Air Terjun Terujak.

Baca Juga: Pantai Kuala Parek, Keindahan Pasir Putih dan Gugusan Karang

Wisatawan dipastikan juga akan kesulitan untuk menemukan warung-warung penjual makanan dan minuman disekitar air terjun. Karena memang lokasi dari air terjun ini yang cukup terpencil. Disarankan untuk wisatawan membawa bekal dari rumah sebelum bertolak ke Air Terjun Terujak. Disekitar lokasi masih belum juga ditemukan penginapan yang bisa digunakan wisatawan untuk bermalam.

Berwisata di Air Terjun Terujak memang dapat menjadi alternatif pilihan wisata yang murah meriah. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung di air terjun tersebut.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Jika kamu berkunjung di air terjun ini, maka kamu akan disuguhkan dengan sebuah air terjun cantik dengan airnya yang jernih dan alami. Kamu bisa dengan leluasa berenang, mandi, bermain air atau merasakan sensasi air terjun yang jatuh diseluruh tubuh. Kamu akan dibuat takjub dengan panorama yang disajikan air terjun ini.

Pesona alam sekitar pun sangat layak untuk kamu nikmati, hutan yang masih alami serta pepohonan rindang disekitar menjadikan tempat ini terasa asri. Udara yang bebas dari polusi juga sangat segar, kamu bisa santai sejenak serta melupakan deadline kerja atau urusan skripsi yang masih tertunda.

Berkunjung Ke Sumber Air Panas

Tak jauh dari lokasi Air Terjun Terujak, kamu bisa menemukan sebuah sumber air panas alami yang juga tak kalah menawan. Jaraknya cukup dekat, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 20 meter dari lokasi air terjun. Pada sumber air panas ini terdapat kolam alami yang lebarnya 10 meter. Kolam ini pun terbuat secara alami berupa bebatuan sungai yang disusun membentuk kolam.

Tak jarang wisatawan berendam di kolam tersebut sekedar untuk berelaksasi dan menikmati sensasi air panas alami. Pengunjung juga bisa merebus telur dengan langsung mencelupkannya di dalam sumber air panas tersebut. Masyarakat sekitar percaya dengan berendam di dalam air panas alami tersebut bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik, dan penyakit kulit.

Hunting Foto

Jika kamu seorang yang hobi hunting fotografi landscape, maka tak ada salahnya menjadikan Air Terjun Terujak sebagai destinasi huntingmu. Tempat wisata ini menawarkan berbagai spot menarik yang bisa kamu abadikan dengan kamera. Seperti tebing-tebing batu, bebatuan sungai, hutan alami, dan tentunya air terjun yang eksotis.

Jangan lupa pula mengabadikan momen dengan berselfie didepan kamera bersama orang terdekat atau teman. Kamu bisa bergaya tepat dibawah air terjun, atau diatas bebatuan besar yang terdapat di sekitar air terjun. Jika kamu memiliki drone, kamu juga bisa mengambil foto-foto yang lebih menarik dengan angle berbeda.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Harga Tiket Air Terjun Terujak

Untuk memasuki tempat wisata ini, wisatawan tidak dikenakan biaya sama sekali karena Air Terjun Terujak memang masih belum dikelola secara resmi.

Tips Berwisata di Air Terjun Terujak

  • Persiapkanlah kondisi fisik sebelum berkunjung ke air terjun ini karena perjalanan yang cukup melelahkan.
  • Tetaplah berhati-hati ketika melewati tepi sungai, karena banyaknya bebatuan licin yang bisa membahayakan keselamatan jiwa.
  • Bawalah bekal sendiri dari rumah, karena kamu tidak akan menemukan warung disekitar tempat wisata.
  • Jagalah kebersihan air terjun, dengan tak membuang sampah sembarangan.
  • Jagalah kelestarian air terjun dan jangan merusak apapun yang ada didalamnya.
  • Berdoalah sebelum berangkat, agar liburanmu berjalan sesuai dengan rencana. 

Artikel Terkait