Air Terjun Talang Kemulun, Panorama Sebuah Air Terjun Berundak yang Memukau
Air Terjun Talang Kemulun adalah air terjun yang berada di Kabupaten Kerinci dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Menawarkan panorama eksotis, air terjun ini terlihat seperti berundak dengan gemericik air yang jernih.

Kekayaan alam yang tersimpan dibumi Kerinci memang selalu menarik untuk dijelajahi. Hamparan alam liar yang masih perawan, memiliki begitu banyak potensi wisata dengan pesona yang mampu memikat hati. Kabupaten Kerinci diketahui memiliki beberapa air terjun eksotis, yang masih belum diketahui khalayak ramai. Salah satunya adalah Air Terjun Talang Kemulun.

Berada pada kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, air terjun yang juga memiliki nama lain Air Terjun Lembah Khayangan ini seolah terlindungi oleh alam. Sebuah air terjun bertingkat, dengan gemericik airnya yang jernih dan segar menjadi daya tarik utama tempat wisata ini. Tepat mengalir pada tebing-tebing berundak, membuat air terjun ini nampak begitu eksotis layaknya sebuah tirai alami mahakarya dari Sang Pencipta.

Secara geografis, Air Terjun Talang Kemulun terletak pada Desa Talang Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasinya pun tak begitu jauh jika wisatawan datang dari Sungai Penuh, hanya perlu menempuh jarak sekitar 35 kilometer. Perjalanan menuju Desa Talang Kemulun akan memakan waktu kurang lebih 45 menit hingga satu jam dengan kendaraan pribadi.

Sesampainya di Desa Talang Kemulun, wisatawan tak bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan dan harus berjalan kaki selama satu jam. Petualangan sebenarnya pun baru dimulai, wisatawan harus berjalan menaiki dan menuruni perbukitan, melewati persawahan, ladang dan lebatnya kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Perjalanan ini memang membutuhkan tenaga ekstra, sebaiknya wisatawan mempersiapkan diri sebelum berkunjung ke air terjun.

Pesona Air Terjun Talang Kemulun

Untuk para wisatawan yang hobi berpetualang serta menjelajah alam liar, maka tempat wisata ini akan sangat cocok sebagai destinasi berlibur. Perjalanan menuju air terjun pun cukup menantang dan seru, dengan berbagai medan yang harus ditaklukan. Suara kicauan merdu dari burung liar yang saling bersahutan, seolah menyambut kedatangan wisatawan.

Selain itu, selama perjalanan pun wisatawan akan ditemani dengan keindahan alam dari bumi Kerinci berupa hamparan persawahan, kebun kopi, kebun kayu manis, dan juga hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan aneka flora faunanya. Panorama perbukitan yang terlihat samar-samar menjadi pemandangan yang indah untuk dinikmati dalam perjalanan.

Berada pada Air Terjun Talang Kemulun, akan mengobati seluruh penat yang didapat usai melakukan perjalanan jauh. Sebuah air terjun cantik dengan gemericik air nan menenangkan jiwa, menjadi fenomena tersendiri yang layaknya sebuah surga kecil tersembunyi. Panorama air terjun semakin dipercantik dengan aneka tumbuhan hijau yang menciptakan suasana asri dan alami.

Air terjun ini diperkirakan telah ada sejak tahun 1995, dan menjadi tempat wisata yang cukup favorit di Kabupaten Kerinci. Dipercaya, air terjun ini tercipta karena gempa yang sempat melanda kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Gempa tersebut membuat tebing-tebing batu bergeser sehingga terciptalah fenomena alam nan menawan ini.

Air Terjun Talang Kemulun memiliki 12 tingkatan air terjun yang telihat seperti tebing berundak. Wisatawan pun bisa menaiki setiap tingkatan air terjun hingga ke tingkatan paling tinggi. Debit air pun tak begitu besar, sehingga sangat bersahabat bagi para pengunjung. Saat menaiki tingkat demi tingkat, tetaplah berhati-hati karena tebing yang terkena air cukup licin saat dipijak.

Air yang terdapat pada air terjun pun sangat jernih, segar dan alami. Pengunjung bisa menikmatinya dengan mandi atau berbasah-basahan merasakan sensasi guyuran air yang jatuh. Saat berada ditingkat paling atas, wisatawan bisa menikmati panorama dari ketinggian yang sungguh indah. Alam yang masih lestari dengan berbagai jenis tumbuhan hijau, berpadu dengan air terjun eksotis menjadi sebuah komposisi yang sempurna.

Fasilitas Air Terjun Talang Kemulun

Sayangnya, keindahan yang dimiliki Air Terjun Talang Kemulun tak berbanding lurus dengan fasilitas pendukung wisata. Terlebih lagi, lokasi air terjun yang berada jauh dari pemukiman warga dan terpencil membuat pembangunan fasilitas pun seolah terhambat. Akses jalan menuju air terjun yang ala kadarnya dan harus dilalui dengan berjalan kaki pun terkadang membuat wisatawan enggan berkunjung.

Bagi yang belum pernah berkunjung ke air terjun, sebaiknya tanyalah arah jalan kepada penduduk atau menggunakan guide. Karena masih belum terdapat petunjuk jalan, dan wisatawan pun bisa saja tersesat di hutan. Selain itu disekitar air terjun, pengunjung tidak akan menjumpai fasilitas seperti kamar mandi, atau mushola. Tempat parkir pun tidak ada, biasanya yang membawa kendaraan akan menitipkannya ke rumah-rumah penduduk di Desa Talang Kemulun.

Baca Juga: Air Terjun Sungai Medang, Air Terjun Indah dengan Belasan Tingkatan Ekstrim

Tak ada pula pedagang atau warung yang bisa ditemukan di air terjun, jadi lebih baik wisatawan membawa bekal atau membeli makanan di toko-toko pemukiman warga. Jika para pengunjung berencana menginap, dapat mencari hotel atau homestay yang ada di Sungai Penuh. Harga sewanya pun bervariatif, dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki wisatawan.

Menyusuri keindahan Air Terjun Talang Kemulun adalah pengalaman menarik, dan bisa menjadi alternatif tempat berlibur dikala akhir pekan. Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung saat berada di air terjun.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Air terjun ini menawarkan pesona yang sangat memukau dan kamu pun bisa menikmatinya. Memang untuk mengunjungi air terjun ini perlu usaha ekstra, namun semua kelelahan yang kamu dapat akan dibayar lunas dengan panorama air terjun. Kamu bisa mandi atau bermain air di kolam dangkal yang terdapat pada air terjun.

Jernih dan segarnya air akan memanjakan tubuhmu, sehingga seluruh penat dan lelah seketika sirna. Kamu juga bisa menaiki tingkatan-tingkatan air terjun, dan menikmati pemandangan dari atas. Tetaplah waspada dan berhati-hati, karena tebing batu cukup licin dan bisa saja membuatmu terpeleset. Pokoknya, jika kamu seorang pecinta air terjun tempat ini wajib menjadi destinasi liburanmu.

Hunting Foto

Keindahan yang dimiliki Air Terjun Talang Kemulun sangatlah sayang jika tidak diabadikan. Apabila kamu memiliki hobi memotret, kamu bisa berkunjung ke air terjun ini untuk memuaskan hobimu. Terdapat banyak sekali panorama memukau yang bisa kamu bidik, dan kamu abadikan dalam sebuah karya fotografi.

Selain memotret, kamu pun bisa berfoto selfie dengan latar belakang air terjun nan cantik ini. Dengan memanfaatkan keindahan air terjun, kamu dapat mendapatkan hasil foto yang menarik dan berkesan. Spot foto yang sering digunakan wisatawan yaitu pada tingkat paling atas, karena memang panorama yang disajikan sangatlah indah.

Baca Juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Air Terjun Talang Kemulun

Tips Berwisata di Air Terjun Talang Kemulun

  • Pastikan cuaca terlebih dahulu sebelum berencana berkunjung ke air terjun.
  • Sebaiknya jangan datang ke air terjun jika cuaca hujan, karena jalan akan becek dan licin.
  • Bawalah barang secukupnya, agar tidak memberatkanmu dalam perjalanan.
  • Jangan lupa bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya.
  • Saat berada di air terjun, berhati-hatilah ketika menaiki tingkatan demi tingkatan.
  • Jagalah kebersihan tempat wisata, dengan tak membuang sampah disembarang tempat.
  • Ikutlah dalam melestarikan lingkungan, serta jangan merusak keindahan alam.

Artikel Terkait