Air Terjun Sungai Medang, Air Terjun Indah dengan Belasan Tingkatan Ekstrim
Air Terjun Sungai Medang merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Kerinci. Air terjun ini memiliki belasan tingkat, dengan keindahan dan karakteristik berbeda. Tempat wisata ini menawarkan keindahan air terjun berpadu dengan panorama alam yang masih asri.

Kabupaten Kerinci memiliki beberapa air terjun yang tersebar di berbagai tempat serta menawarkan keindahan berbeda. Mulai dari air terjun dengan ketinggian 150 meter hingga air terjun mini, bisa ditemukan pada daerah yang dikenal sebagai penghasil teh hitam ini. Sebagian besar air terjun di daerah ini tersembunyi dibalik hutan, tebing serta perbukitan seperti Air Terjun Sungai Medang.

Berbeda dengan air terjun di Kerinci pada umumnya, air terjun ini tergolong tak begitu tinggi namun memiliki keunikan tersendiri. Terdapat beberapa tingkatan air terjun dengan pesona dan keindahan berbeda, yang mampu membuat wisatawan penasaran untuk melihatnya. Kondisi air terjun pun masih sangat alami, berpadu dengan lingkungan sekitar yang asri dan lestari.

Air Terjun Sungai Medang

Secara geografis, Air Terjun Sungai Medang terletak pada Desa Sungai Medang, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Jika datang dari Sungai Penuh, maka wisatawan setidaknya akan menempuh jarak sekitar 10 kilometer yang dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 20 menit hingga 30 menit.

Tetapi setelah tiba di Desa Sungai Medang, pengunjung harus rela berjalan kaki untuk menuju lokasi air terjun. Lokasi dari air terjun memang terletak pada perbukitan Sungai Medang, dan wisatawan harus melewati jalan setapak menembus semak dan rimbunnya pepohonan. Medan pun cukup mudah untuk dilalui, serta selama perjalanan wisatawan akan disambut dengan kicuan burung yang saling bersahutan.

Pesona Air Terjun Sungai Medang

Air Terjun Sungai Medang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Kerinci. Tak hanya wisatawan sekitar saja, namun banyak pula pengunjung yang berasal dari luar kota. Keindahan alam yang masih lestari, berpadu dengan air terjun unik menjadi daya tarik tersendiri sehingga mampu menarik minat pengunjung.

Setelah tiba dilokasi, wisatawan akan disambut dengan tingkatan pertama dari air terjun yang tingginya sekitar 5 meter. Disini wisatawan bisa beristirahat sejenak sambil menikmati gemericik air yang jatuh mengenai bebatuan. Bermain air atau mandi dibawah air terjun pun bisa dilakukan, karena tak begitu tinggi debit air pun cukup bersahabat bagi wisatawan.

Air Terjun Sungai Medang

Usai puas menikmati tingkatan pertama air terjun, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan untuk menuju tingkatan air terjun ke dua dan ketiga. Untuk menuju ke tingkat tiga, dibutuhkan sedikit perjuangan karena wisatawan harus menyebrangi sungai yang menjadi aliran dari air terjun.

Pada tingkat ke tiga ini, air terjun pun nampak semakin indah dengan tinggi sekitar 18 meter. Deru air yang jatuh pun lebih deras jika dibandingkan dengan tingkatan pertama dan kedua. Setelah tingkat ke tiga, Air Terjun Sungai Medang masih memiliki belasan tingkatan yang diperkirakan berjumlah 14. Wisatawan bisa saja menuju ke tingkat 4, 5 dan 6 serta menikmati panorama alam sekitar yang cukup memukau.

Tetapi sebaiknya wisatawan tak nekat untuk menuju tingkatan berikutnya. Karena jalan untuk menuju ke tingkat 7 dan seterusnya semakin sulit dan cenderung ekstrim. Wisatawan harus melewati tebing-tebing dengan berpegangan akar kayu sehingga jika terpeleset bisa mengancam keselamatan jiwa. Belum lagi banyak sekali batuan-batuan licin yang semakin memperparah medan.

Tak hanya itu saja, kondisi tanah yang mudah longsor pun sangatlah berbahaya jika dilalui. Belum lagi banyak batuan-batuan besar yang mungkin saja akan jatuh dari atas saat menuju ketingkatan selanjutnya. Jadi lebih baik janganlah bersikeras menuju ke tingkat 7 hingga ke 14. Wisatawan tetap bisa menikmati cantiknya Air Terjun Sungai Medang ini, pada tingkatan air terjun yang mudah untuk dituju.

Fasilitas Air Terjun Sungai Medang

Karena lokasi dari Air Terjun Sungai Medang terletak pada perbukitan, menjadikan fasilitas pada tempat wisata ini sangatlah minim. Masih belum tersedia fasilitas seperti toilet, tempat parkir dan juga mushola didekat lokasi air terjun. Namun biasanya pengunjung menitipkan kendaraannya pada rumah warga setempat.

Yang cukup disayangkan kondisi jalan menuju air terjun masih berupa tanah, dan tak ada petunjuk jalan sama sekali. Sedangkan jika hendak sholat, wisatawan bisa menuju ke masjid-masjid yang ada di Sungai Medang. Pada lokasi air terjun pun tidak ditemukan adanya warung atau pedagang yang menjual makanan, jadi sebaiknya persiapkan bekal terlebih dahulu dari rumah atau membeli didekat pemukiman warga.

Baca Juga: Air Terjun Renah Pemetik, Pesona Alam Kerinci dibalik Tebing-Tebing Tinggi

Jika wisatawan berencana menginap, pada Sungai Medang terdapat hotel yang bisa disewa untuk bermalam. Berwisata di Air Terjun Sungai Medang dapat menjadi pilihan tepat dikala akhir pekan tiba, berikut beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan saat berkunjung ke air terjun.

Menikmati Keindahan Alam

Saat kamu berlibur di Air Terjun Sungai Medang, maka kamu dapat menikmati sebuah panorama alam berupa air terjun lengkap dengan gemericik airnya yang jernih. Kamu bisa mandi, bermain air dan merasakan betapa segarnya air pada tempat wisata ini. Suasana asri dan alami dengan berbagai pepohonan hijau yang tumbuh akan membuatmu betah menghabiskan waktu di air terjun ini.

Kamu pun bisa menelusuri keindahan air terjun ini dengan menuju ke beberapa tingkatan diatasnya. Namun kamu harus berhati-hati dan tetap waspada, karena medan yang ekstrim dan batuan licin bisa membahayakan keselamatanmu. Janganlah memaksa menuju ke tingkatan ke tujuh dan seterusnya, karena akan sangat berbahaya.

Hunting Foto

Memotret pun menjadi kegiatan yang wajib kamu lakukan bila tiba di air terjun ini. Kamu bisa memotret keindahan air terjun, beserta alam sekitarnya yang masih terjaga dan lestari. Jika masih belum puas, kamu bisa mencari spot-spot lain untuk memotret. Apabila kamu memiliki drone, kamu pun bisa membawanya untuk memotret air terjun dari udara.

Rasanya tak lengkap jika kamu tak mengabadikan momen berlibur, dengan berfoto selfie. Kamu bisa berfoto selfie dengan menggunakan air terjun sebagai background. Aneka batuan dengan berbagai ukuran pun bisa kamu manfaatkan. Tetaplah berhati-hati saat berfoto, karena batuan licin bisa saja membuatmu terpeleset dan merusak kamera atau handphone mu.

Berendam di Air Panas Alami

Setelah merasakan dingin dan segarnya air yang ada pada air terjun, kamu bisa merelaksasikan diri menuju sumber air panas di Sungai Medang. Tak jauh dari air terjun memang terdapat sumber air panas, lengkap dengan kolam yang telah disediakan. Cukup membayar Rp. 4.000 saja, kamu sudah bisa memanjakan tubuh dengan air panas.

Baca Juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Air Terjun Sungai Medang

Tips Berwisata di Air Terjun Sungai Medang

  • Apapbila kamu hendak pergi ke air terjun, lihatlah cuaca terlebih dahulu dan jika hujan jangan memaksa untuk datang ke air terjun.
  • Bawalah perbekalan makanan secukupnya, agar kamu tak kelaparan saat berada di air terjun.
  • Tetaplah berhati-hati saat berada di air terjun, karena banyak batuan licin.
  • Jagalah kelestarian alam, dengan tak merusak keindahannya.
  • Ikutlah menjaga kebersihan lingkungan, dan jangan membuang sampah disekitar air terjun.

Artikel Terkait