Air Terjun Sedudo, Berwisata Sambil Berkemah di Alam Terbuka
Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu objek wisata di Jawa Timur yang memiliki beberapa tempat wisata yang menawan. Pesona indah tempat wisata, keasyikan situs bersejarah dan pesona budaya dan seni Kabupaten Nganjuk adalah alasan untuk mengunjungi lokasi ini.

Masih banyak dari kita yang melupakan manfaat dan fungsi dari sebuah wisata atau liburan yang bisa kita lakukan di saat kita mempunyai waktu luang. Dalam kehidupan sehari-hari kita pastinya melewati banyak sekali kegiatan yang tidak jarang membuat kita stres atau jenuh, belum lagi keadaan perkotaan yang macet dan penuh dengan polusi semakin menambah rasa penat kita saat kita sudah melakukan semua kegiatan dan bisa kembali ke rumah. Rasa penat, stres dan jenuh tersebut bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan kita jika membiarkannya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan salah satunya adalah berwisata ke berbagai macam tempat. Bahkan anda tidak perlu menghamburkan uang, karena sudah banyak tempat wisata di sekitar anda yang bahkan tidak membutuhkan biaya tiket masuk.

Air Terjun Sedudo adalah salah satu destinasi wisata yang bisa anda temukan di desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Tinggal di kota besar tidak selamanya enak, terkadang kita rindu dengan pemandangan alam yang hijau nan asri dan bukan hanya memandang gedung-gedung yang semakin memadati kota. Nganjuk sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur memang terkadang terlupakan dalam masalah pariwisata, namun di sana terdapat banyak juga obyek wisata alam yang bisa anda kunjungi bila anda berencana mengadakan liburan.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 105 meter dan berada pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut (mdpl). Setibanya anda di Air Terjun Sedudo, anda akan disajikan keindahan alam yang eksotik. Air terjun yang jatuh dari ketinggian ini terlihat elok dan benar-benar memanjakan mata. Apalagi airnya yang jernih mengalir dari bawah lereng Gunung Wilis. Meyakinkan setiap pengunjung untuk menikmati kesegarannya dibawah guyuran air terjun.

Mitos yang terdapat di Air Terjun Sedudo tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Majapahit. Konon kabarnya air terjun ini sudah ada semenjak jaman Kerajaan Majapahit dan dipercaya sebagai air atau tirta suci yang mengalir dari kayangan. Para raja, bangsawan, dan pendeta dari Majapahit sering memanfaatkan air terjun tersebut untuk upacara ritual, baik itu memandikan arca atau membersihkan senjata pusaka. Upacara ini dikenal dengan upacara Parna Prahista. Nanti sisa air yang ada dipercikkan kepada keluarga agar mendapat keberkahan, keselamatan, dan awet muda. Tradisi ini pun masih berlanjut hingga sekarang dan turin digelar oleh Pemkab Nganjuk dengan nama ritual Mandi Sedudo yang bisasanya diadakan pada tanggal 1 Suro di penanggalan Jawa. Air Terjun Sedudo juga menjadi tempat pertapaan salah seorang tokoh penyebar agama Islam di Nganjuk, Ki Ageng Ngaliman.

Selain itu anda bisa melihat upacara ritual di Air Terjun Sedudo pada hari biasa jika anda penasaran, anda bisa berkunjung kesana. Pemandangan yang bisa anda dapatkan di sana benar-benar cantik. Di antara panorama tersebut dan nuansa yang sejuk, anda juga bisa mendirikan kemah dan berkemah dengan teman-teman anda. Pengalam seru ini pasti tidak akan bisa anda lupakan.

 

Fasilitas di Air Terjun Sedudo

Fasilitas yang ada di obyek wisata Air Terjun Sedudo memang tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temui, seperti di antaranya adalah;

- Lahan parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga memadai.

- Warung atau tempat makan

Bermain-main di pantai berjam-jam pastinya membuat perut anda lapar. Tak perlu bingung apabila anda tidak ada waktu atau lupa untuk menyiapkan bekal. Di sekitar pantai anda dapat menemukan beberapa warung-warung milik penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Gazebo

Dengan dibangunnya gazebo-gazebo di sana, anda bisa dengan santai duduk-duduk sembari menikmati pemandangan hutan di sekeliling air terjun.

- Area berkemah

Di sana bagi anda yang pecinta am juga telah disediakan area untuk berkemah yang bisa anda manfaatkan.

- Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah disediakan di sana jadi anda tidak usaj repot-repot mencari toilet di luar area air terjun.

 

Hunting Foto di Air Terjun Sedudo

Bagi anda yang menyukai fotografi hunting foto di Air Terjun Sedudo pasti akan terasa mengasyikan karena obyek wisata ini termasuk luas dan mempunyai pemandangan yang indah. Pepohonan dan tumbuhan lainnya yang ada di sekitar air terjun semakin menambah cantik panorama alam yang tercipta. Dengan latar belakang air terjun yang jatuh dari ketinggian dan langit cerah, anda akan mendapatkan foto yang bagus yang bisa langsung anda unggah di berbagai media sosial milik anda. Selain itu, anda juga bisa mengabadikan momen-momen saat anda bermain-main di sungainya, karena banyak wisatawan yang datang ke sana hanya untuk menikmati sunset yang memberikan nuansa romantis dan menentramkan hati. Berselfie ria di tempat ini juga bisa agar anda dapat foto yang menarik untuk diunggah ke berbagai media sosial. Dengan begitu anda bisa membantu untuk menyebarkan obyek wisata ini ke orang banyak.

 Baca juga : Air Terjun Roro Kuning, Berwisata Sambil Melihat Patung Emas

Akses Jalan Menuju ke Air Terjun Sedudo

Anda bisa memakai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor bila anda datang kesana. Langsung saja ambil rute dari pusat kota Nganjuk, Air Terjun Sedudo berjarak sekitar 30 km ke arah selatan dan melewati Kecamatan Berbek dan Sawahan.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Air Terjun Sedudo

Jam buka dari Air Terjun Sedudo adalah dari jam 06.00 sampai dengan malam hari. Untuk tiket masuknya sendiri cukup murah, hanya Rp 10.000,- per orang.

 

Tips Berlibur ke Air Terjun Sedudo

  • Pastikan anda dalam kondisi yang prima
  • Pakailah alas kaki yang nyaman
  • Persiapkan kendaraan yang akan anda gunakan
  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah

 

Artikel Terkait