Air Terjun Renah Sungai Besar, Potensi Wisata Jambi yang Terlupakan
Air Terjun Renah Sungai Besar merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Bungo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter serta memiliki debit air yang cukup besar dan menjadi tempat wisata favorit masyarakat sekitar dan luar daerah.

Jambi menyimpan begitu banyak potensi alam yang masih sangat alami serta belum banyak dijamah oleh wisatawan. Hal ini karena sebagian tempat wisata terletak didaerah terpencil serta diperlukan usaha ekstra untuk mencapainya. Tersembunyi dibalik bukit, di dalam hutan belantara dan pegunungan terdapat beberapa tempat wisata perawan seperti salah satunya Air Terjun Renah Sungai Besar.

Air Terjun Renah Sungai Besar memang masih terdengar asing bagi para wisatawan luar daerah, namun tidak bagi masyarakat yang tinggal di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. Tempat wisata ini cukup populer dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat sekitar. Debit air yang besar, serta air terjun yang cukup menawan menjadi daya tarik tersendiri untuk melepas penat di akhir pekan.

Air Terjun Renah Sungai Besar

Secara administratif, Air Terjun Renah Sungai Besar terletak pada Desa Renah Sungai Besar, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Untuk menikmati keelokan air terjun ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 80 kilometer dari pusat Kabupaten Bungo. Jarak tersebut dapat ditempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat untuk menuju ke Air Terjun Renah Sungai Besar. Kondisi jalan dari pusat Kabupaten Bungo menuju ke Desa Renah Sungai Besar pun cukup baik dan beraspal mulus. Namun sesampainya di Desa Renah Sungai Besar, pengunjung harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Setidaknya pengunjung harus berjalan kaki selama 30 menit sebelum sampai di lokasi air terjun.

Pesona Air Terjun Renah Sungai Besar

Selama perjalanan menuju air terjun, wisatawan tidak akan dibuat bosan karena suguhan pemandangan yang masih asri berupa pepohonan hijau dikanan dan kiri jalan setapak. Dalam perjalan ini, akan dijumpai tujuh jembatan yang harus disebrangi. Udara yang sejuk dan segar juga senantiasa akan menemani ketika berjalan menuju lokasi air terjun.

Perjalanan yang cukup melelahkan tersebut akhirnya terbayar lunas ketika sebuah air terjun dengan gemuruh air deras berada tepat dihadapan mata. Udara dingin seketika menusuk tulang, saat wisatawan tiba di Air Terjun Renah Sungai Besar. Tak jarang, akan dijumpai beberapa anak kecil yang asyik berenang dan melompat ke sungai dari bebatuan yang ada disekitar air terjun.

Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar ini memiliki ketinggian mencapai 30 meter serta terdapat kolam alami dibawahnya. Kedalamannya pun hanya sekitar 2 meter sehingga cukup aman bagi wisatawan untuk berenang atau sekedar mandi di kolam. Air pun cukup jernih dan segar, lelah yang didapat saat berjalan kaki menuju air terjun serasa hilang saat berendam di bawah air terjun.

Sebenarnya, di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang ini memiliki 3 air terjun dengan keindahan yang cukup memukau. Namun sayang, pemerintah setempat sepertinya kurang memperhatikan potensi wisata yang dimiliki daerah ini. Akses yang cukup sulit, dapat menjadi penghalang bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang.

Saat ini pengunjung yang datang di Air Terjun Renah Sungai Besar hanya dari masyarakat setempat, dan luar daerah saja. Bukan tak mungkin jika dikelola secara professional, tempat wisata ini dapat memberikan pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Diharapkan, pemerintah setempat lebih memperhatikan air terjun ini dengan membangun beberapa fasilitas penunjang wisata.

Air Terjun Renah Sungai Besar memancarkan pesona alami, yang masih lestari dan terjaga. Deburan air yang jatuh mengenai bebatuan, seolah menentramkan jiwa bagi siapa saja yang berkunjung. Udara segar yang terbebas dari polusi, serta kicauan burung-burung liar menambah sempurna tempat wisata ini.

Fasilitas Air Terjun Renah Sungai Besar

Sayangnya, fasilitas yang ada di Air Terjun Renah Sungai Besar ini tak sebanding dengan keindahan yang ditawarkan. Masih sangat minim fasilitas yang bisa ditemukan wisatawan, hanya terdapat sebuah bangunan sederhana untuk berganti baju di dekat air terjun. Di air terjun ini juga belum dibangun toilet, tempat parkir dan juga mushola untuk beribadah bagi umat muslim.

Biasanya, wisatawan yang berkunjung ke air terjun menitipkan kendaraannya di rumah milik warga desa terdekat. Bagi pengunjung muslim yang hendak beribadah, bisa menggunakan mushola yang ada di Desa Renah Sungai Besar. Di sekitar air terjun juga belum ditemukan adanya pedagang yang menjual makanan ataupun minuman, jadi sebaiknya wisatawan membawa bekal sendiri atau membeli di desa terdekat.

Baca Juga: Taman Remaja Muara Tembesi, Ruang Terbuka Hijau Baru di Batanghari

Apabila wisatawan hendak menginap, terdapat pilihan penginapan atau hotel yang bisa dipilih di sekitar Muaro Bungo. Setidaknya ada 5 hotel mulai dari bintang satu hingga bintang 3 yang bisa digunakan bermalam. Jika tengah berada di Kabupaten Bungo, tiada salahnya untuk menengok keindahan dari Air Terjun Renah Sungai Besar, berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di air terjun ini.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Jika kamu berkunjung ke Air Terjun Renah Sungai Besar, kamu akan diperlihatkan sebuah fenomena air terjun yang cukup menawan lengkap dengan gemuruh air jatuh dari tebing. Disini kamu bisa sepuasnya menikmati air terjun dengan mandi dan juga berenang bersama anak-anak kecil desa setempat. Airnya yang jernih serta segar, mampu mengembalikan semangat dan merelaksasi tubuh.

Jangan lupa kamu juga bisa menikmati sensasi refleksi alami dengan berdiri tepat dibawah air terjun dan merasakan air yang jatuh membasahi seluruh tubuh. Pemandangan sekitar yang dipenuhi dengan pepohonan hijau, nampak asri serta menambah keindahan air terjun ini. Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat, serta menghilangkan stress di kepala.

Hunting Foto

Bagi para pecinta karya fotografi, tempat wisata ini pun bisa digunakan sebagai destinasi hunting foto. Air terjun ini menawarkan berbagai objek yang indah, untuk kamu bidik dengan menggunakan kamera. Kamu juga bisa mengabadikan keindahan alam sekitar yang masih asri, serta terjaga dari tangan-tangan yang tak bertanggung jawab.

Dengan menelusuri sekitar air terjun, kamu dapat menemukan spot-spot terbaik untuk memotret keindahan alam. Pesona air terjun juga bisa digunakan sebagai background, bagi yang hobi memajang foto di akun media sosial. Tentunya, tempat wisata ini cukup instagramable dan dapat menghasilkan foto yang menarik.

Harga Tiket Air Terjun Renah Sungai Besar

Untuk memasuki Air Terjun Renah Sungai Besar, wisatawan tidak dipungut biaya sama sekali. 

Baca Juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata di Air Terjun Renah Sungai Besar

  • Jangan memaksa untuk datang jika cuaca tengah hujan, karena jalan akan sangat licin.
  • Berhati-hatilah ketika berjalan kaki menuju lokasi air terjun, karena jalan yang cukup ekstrim.
  • Bawalah baju ganti jika kamu ingin mandi dan berenang di air terjun.
  • Mintalah izin terlebih dahulu saat hendak menitipkan kendaraan di halaman rumah milik warga.
  • Jagalah kebersihan air terjun, dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Jagalah kelestarian air terjun, dan jangan merusak segala yang ada didalamnya.

Artikel Terkait