Air Terjun Renah Pemetik, Pesona Alam Kerinci dibalik Tebing-Tebing Tinggi
Air Terjun Renah Pemetik merupakan salah satu air terjun di Kabupaten Kerinci yang masih dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Memiliki ketinggian sekitar 65 meter, dan barisan tebing-tebing tinggi yang semakin mempercantik air terjun.

Keindahan alam yang tersimpan di bumi Kerinci seolah tiada habisnya untuk ditelusuri. Selain Gunung Kerinci yang telah dikenal hingga ke pelosok negeri, masih terdapat Taman Nasional Kerinci Seblat dengan aneka ragam flora dan faunanya. Pada kawasan taman nasional, tersimpan berbagai keindahan lain berupa air terjun yang salah satunya adalah Air Terjun Renah Pemetik.

Deburan air jatuh dengan derasnya diantara tebing-tebing tinggi nan menjulang menjadi sebuah fenomena alam nan menggoda. Berada jauh dari pemukiman warga, air terjun ini seolah menjadi surga bagi para wisatawan pecinta petualang. Menawarkan kondisi alam yang masih lestari dan asri, akan menyihir setiap pandangan manusia yang datang.

Air Terjun Renah Pemetik

Secara geografis, Air Terjun Renah Pemetik terletak pada Desa Lubuk Tabun, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke air terjun, maka harus menempuh jarak kurang lebih 60 kilometer dari Sungai Penuh. Perjalanan ini akan memakan waktu setidaknya satu hingga dua jam.

Untuk menuju ke Desa Lubuk Tabun, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Setelah sampai di desa, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan trekking selama kurang lebih satu jam. Medan yang harus dilalui pun cukup menantang, dengan jalan tanah berbatu melewati sungai dan perbukitan. Namun wisatawan tidak akan merasa bosan karena akan disuguhi dengan alam Kerinci yang masih lestari selama perjalanan.

Pesona Air Terjun Renah Pemetik

Keberadaan air terjun yang terpencil, membuat tempat ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi medan yang harus dilalui pun cukup berat, sehingga banyak wisatawan yang mengurungkan niatnya untuk berkunjung. Namun tempat ini seolah menjadi surga bagi para wisatawan berjiwa petualang.

Setelah melakukan perjalanan yang menguras tenaga, sekitar beberapa ratus meter dekat lokasi suara gemuruh air terjun pun mulai terdengar. Deru air yang semakin lama semakin jelas, seakan membangkitkan semangat untuk segera samapi di lokasi air terjun. Benar saja, sebuah air terjun menjulang tinggi akan terpampang didepan mata menjadi obat pelepas lelah.

Air Terjun Renah Pemetik

Memiliki ketinggian mencapai 65 meter, Air Terjun Renah Pemetik menjadi salah satu air terjun tertinggi yang ada di Provinsi Jambi. Air terjun ini berada tepat pada tebing yang gagah berdiri seolah memeluk keindahan air terjun. Aneka tumbuhan dan lumut yang memenuhi tebing pun semakin memperindah panorama air terjun.

Menurut warga setempat, disekitar Air Terjun Renah Pemetik ini terdapat pohon-pohon besar yang usianya ratusan tahun. Selain itu, terdapat pula hutan alami dengan hewan-hewan liar yang terkadang menampakkan wujudnya. Kawasan ini memang masih termasuk Taman Nasional Kerinci Seblat sehingga kelestariannya sangat dijaga.

Karena air terjun yang cukup tinggi, suara gemuruh air pun bisa didengar cukup keras oleh wisatawan. Air yang jatuh mengenai bebatuan menciptakan semacam embun dan percikan air dan terkadang akan menghalangi pandangan wisatawan. Angin yang berhembus pun membuat suasana menjadi sejuk dan dingin pun bisa dirasakan hingga menusuk ke tulang.

Air terjun ini dipercaya merupakan pertemuan dua sungai yang terdapat diatas tebing. Sebenarnya wisatawan bisa juga menikmati pemandangan dari atas tebing. Namun jalan untuk menuju ke atas tebing sangatlah berbahaya dan hanya orang-orang tertentu dengan nyali tinggi yang berani menuju ke tempat tersebut.

Perpaduan dari air terjun yang indah, dan alam dengan sejuta kekayaan didalamnya menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Kerinci. Tak heran, banyak para pecinta alam dari berbagai daerah yang rela datang jauh-jauh berkunjung ke air terjun ini. Sayangnya, pemerintah setempat seolah tutup mata dengan potensi wisata yang ada di bumi Kerinci ini.

Fasilitas Air Terjun Renah Pemetik

Fasilitas yang terdapat pada Air Terjun Renah Pemetik sangatlah minim. Bisa dipastikan wisatawan tidak akan menjumpai fasilitas seperti toilet, kamar mandi ataupun mushola. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, biasanya mereka menitipkan kendaraan kepada penduduk setempat di Desa Lubuk Tabun.

Selain itu, jalan menuju air terjun pun masih berupa tanah berbatu dan cukup menantang. Tidak ada petunjuk jalan ataupun papan nama, sehingga wisatawan seringkali tersesat. Disekitar air terjun pun wisatawan akan kesulitan menjumpai warung atau pedagang yang menjual makanan. Jadi sebaiknya, bawalah bekal dari rumah sebelum bertolak ke air terjun.

Baca Juga: Air Terjun Pendung, Air Terjun Eksotis yang Tersembunyi di Kerinci

Apabila pengunjung hendak menginap, maka bisa kembali ke Kecamatan Siulak. Terdapat beberapa penginapan dan homestay yang bisa digunakan wisatawan untuk bermalam. Namun apabila ingin merasakan sensasi berbeda, maka bisa bercamping di sekitar air terjun.

Air Terjun Renah Pemetik merupakan bagian kecil keindahan alam yang ada di Kabupaten Kerinci. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa wisatawan lakukan saat berada pada air terjun.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Saat mengunjungi air terjun, kamu bisa menikmati keindahannya dengan bermain air disekitar air terjun. Namun sebaiknya jangan terlalu dekat, karena air terjun ini memiliki debit yang cukup besar. Kamu akan dimanjakan dengan kelestarian alam yang masih perawan, dengan berbagai pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan batu-batu sungai untuk bersantai dan melepas penat usai melakukan perjalanan yang menguras tenaga. Sambil mengisi perut, kamu bisa menikmati suasana asri berpadu suara gemuruh air yang jatuh mengenai bebatuan. Udara segar pun bisa kamu hirup dengan leluasa, kamu akan dibuat betah berlama-lama dengan panorama memukau yang ditawarkan.

Hunting Foto

Bagi para fotografer pecinta pemandangan alam, air terjun ini juga bisa menjadi destinasi untuk berburu foto. Terdapat begitu banyak objek menarik yang bisa dibidik, seperti air terjun dengan tinggi 65 meter. Selain itu tebing-tebing disekitarnya pun tak kalah indah untuk kamu abadikan. Kamu juga bisa mengeksplor tempat wisata ini untuk menemukan spot-spot memotret lainnya.

Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen dengan berfoto memanfaatkan indahnya Air Terjun Renah Pemetik. Keindahan alam sekitar pun bisa kamu gunakan sebagai latar berfoto. Tetap berhati-hatilah karena batu-batuan yang licin bisa saja membuatmu terpeleset dan kamera pun rusak jika tercebur ke air. Berfoto prewedding pun sepertinya bisa dilakukan, tentunya akan menghasilkan foto yang sangat berkesan.

Baca Juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata di Air Terjun Renah Pemetik

  • Terlebih dahulu pantaulah cuaca sebelum berencana berlibur ke air terjun ini.
  • Jangan nekat untuk datang ke air terjun saat hujan, karena jalan akan semakin sulit dilalui dan bisa membahayakan keselamatan mu.
  • Bawalah baju hangat atau jaket, karena udara yang sangat dingin disekitar air terjun.
  • Bawalah barang seperlunya, jika terlalu banyak akan menyulitkanmu saat perjalanan.
  • Jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan dari rumah.
  • Jika kamu belum pernah berkunjung ke air terjun, sebaiknya tanyalah petunjuk jalan penduduk desa setempat.
  • Jagalah kelestarian alam dengan tak merusak keindahannya.
  • Jagalah kebersihan tempat wisata, dengan tak membuang sampah disembarang tempat.

Artikel Terkait