Air Terjun Pendung, Air Terjun Eksotis yang Tersembunyi di Kerinci
Air Terjun Pendung merupakan air terjun yang terdapat di Kabupaten Kerinci. Air terjun ini cukup unik, dengan ketinggian sekitar 16 meter dan berada diantara tebing bebatuan sehingga terlihat seperti sebuah ngarai yang eksotis.

Dibalik alam Jambi yang masih belum terjamah, masih menyimpan berbagai keindahan yang tak diketahui sebagian besar manusia. Banyak objek-objek wisata perawan yang belum tersentuh, namun pesonanya tak kalah dengan tempat wisata populer yang terlebih dahulu mendunia. Seperti Air Terjun Pendung yang seolah tersembunyi dibalik lebatnya hutan dan perbukitan.

Berada pada sebuah ngarai yang dikeliling dinding-dinding batu membuat air terjun ini sangat eksotis dan menawan. Meskipun letaknya yang tersembunyi dan terpencil, sama sekali tak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung ke air terjun. Suasana alami nan lestari pun seolah menjadi magnet, yang membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati panorama air terjun.

Air Terjun Pendung

Secara geografis, Air Terjun Pendung terletak pada Desa Pendung Mudik, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung, maka setidaknya harus menempuh jarak 10 kilometer dari Kota Sungai Penuh. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 menit dan pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti angkot.

Perjalanan sesungguhnya pun baru dimulai saat tiba di Desa Pendung Mudik. Dari pemukiman warga, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih selama 45 menit hingga satu jam. Medan yang cukup berat pun telah menanti, wisatawan harus melewati hutan dan perbukitan. Jika belum pernah datang ke air terjun, sebaiknya tanyalah warga setempat agar diberi arah supaya tidak tersesat dihutan.

Pesona Air Terjun Pendung

Dalam perjalanan menuju air terjun, wisatawan akan menjumpai berbagai macam rintangan. Seperti menyebrangi sungai, dan menapaki jalan ekstrim yang langsung berbatas jurang cukup dalam. Bebatuan licin pun akan banyak ditemukan sehingga wisatawan harus tetap waspada dan berhati-hati. Jalan menuju air terjun pun cukup membingungkan, maka dari itu banyak pengunjung yang tersesat disini.

Setelah melewati perjalanan yang melelahkan, lelah ditubuh seolah sirna dengan sebuah fenomena air terjun cantik yang tersembunyi dibalik dinding batu. Letak Air Terjun Pendung memang sangat unik, berada dingarai dengan diapit dinding batu yang nampak seperti sebuah lorong. Di ujungnya berdirilah air terjun setinggi 16 meter dengan debur air yang menenangkan.

Air Terjun Pendung

Dinding batu yang berada persis disisi kiri dan kanan dipenuhi lumut dan tumbuhan sehingga nampak hijau dan semakin mempercantik air terjun. Keberadaan dinding yang menjulang tinggi ini pun menambah eksotisme air terjun. Layaknya air terjun pribadi, kamu bisa mandi dan menikmati segarnya air dengan leluasa tepat dibawah jatuhnya air.

Tak jauh dari lokasi air terjun, sebenarnya masih terdapat sebuah air terjun lain yang berjarak sekitar 2 kilometer. Namun nampaknya, air terjun tersebut masih kalah populer dibanding Air Terjun Pendung. Belum lagi kondisi medan yang jauh lebih sulit dilalui, membuat wisatawan enggan menuju ke tempat tersebut.

Panorama yang disuguhkan Air Terjun Pendung memang sungguh mempesona. Sebuah air terjun cantik nan eksotis ditambah dengan kondisi alam sekitar yang masih alami seolah membuat tempat ini layak disebut surga tersembunyi di Kabupaten Kerinci. Udara segar serta debur air yang menentramkan jiwa, membuat tempat wisata ini sangat pas rasanya untuk menghilangkan penat dan stres.

Selain itu, masih belum banyak wisatawan yang mengetahui lokasi air terjun ini, sehingga air terjun pun tak begitu ramai. Biasanya, wisatawan baru memadati lokasi air terjun saat hari libur ataupun hari Minggu. Bagi wisatawan yang hobi berpetualang, tempat ini sangat cocok sebagai destinasi wisata. Menaklukkan medan berat dan menantang rasanya cukup setimpal dengan panorama yang ditawarkan air terjun ini.

Fasilitas Air Terjun Pendung

Berada ditengah hutan yang cukup lebat, membuat fasilitas di sekitar air terjun pun terbilang minim. Wisatawan tidak akan menemukan fasilitas umum seperti kamar mandi, atau mushola. Selain itu, wisatawan yang membawa kendaraan biasanya menitipkannya di pemukiman warga Desa Pendung Mudik. Namun sebaiknya, mintalah izin terlebih dahulu kepada sang pemilik rumah.

Jangankan fasilitas, jalan menuju air terjun saja masih sulit dan membingungkan. Banyak wisatawan yang tersesat dihutan karena tidak mengetahui persis jalan ke air terjun. Tidak ada petunjuk arah, ataupun tanda dan kondisi jalan pun masih berupa tanah dan batuan yang cukup licin saat hujan.

Baca Juga: Air Terjun Pancuran Rayo, Air Terjun Spektakuler Tertinggi di Kabupaten Kerinci

Pada air terjun pun tidak ada penjual makanan ataupun minuman, jadi sebaiknya bawalah bekal terlebih dahulu sebelum bertolak ke air terjun. Apabila hendak menginap, wisatawan harus kembali ke Kota Sungai Penuh karena masih belum ditemukan penginapan disekitar air terjun. Di Kota Sungai Penuh terdapat hotel dan homestay yang bisa dipilih wisatawan.

Air Terjun Pendung menjadi sebuah fenomena tersendiri di Kabupaten Kerinci dan sangat layak untuk dikunjungi. Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan saat berada di air terjun.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Saat kamu berada dilokasi air terjun, maka kamu akan disuguhkan dengan panorama air terjun unik yang mungkin tidak akan kamu temukan di daerah lain. Tersembunyi dibalik dinding batu, kamu bisa dengan leluasa menikmati indahnya air terjun dengan mandi atau merasakan sensasi debur airnya. Berdirilah tepat dibawah air jatuh, maka kamu akan merasakan relaksasi alami yang cukup seru.

Air terjun ini memiliki aliran sungai dengan air yang cukup jernih dan segar. Kamu pun bisa menikmati segarnya air pada sungai tersebut. Bebatuan dengan berbagai macam ukuran pun bisa kamu manfaatkan untuk bersantai menikmati indahnya alam Kerinci. Istirahatlah sejenak dan nikmati suasana, serta lupakan seluruh aktivitas sehari-hari yang menjemukan.

Camping

Bermalam disekitar air terjun dengan mendirikan tenda, merupakan alternatif yang menarik dan cukup seru. Jika kamu seorang yang memiliki jiwa petualang dan hobi menikmati keindahan alam liar, tempat ini bisa menjadi alternatif bercamping. Saat malam tiba, kamu bisa membakar kayu untuk membuat api unggun.

Ajaklah beberapa teman agar liburanmu semakin menyenangkan. Pada malam yang semakin dingin, kamu bisa berbagi cerita ditemani suara gemericik air yang syahdu. Secangkir kopi atau teh hangat pun akan membuat malammu semakin sempurna.

Hunting Foto

Para pemburu objek-objek menawan dan anti mainstream wajib rasanya menjadi Air Terjun Pendung sebagai destinasi hunting foto. Keindahan panorama yang disajikan menjadi daya tarik utama, yang akan memuaskan hasrat memotret mu. Carilah spot-spot terbaik untuk memotret, agar hasil foto terlihat maksimal dan mengagumkan.

Selain itu, jangan lupa pula mengabadikan momen dengan berselfie. Tentunya sangat rugi jika datang ke tempat seindah ini namun tak membawa kamera. Namun berhati-hatilah, karena batuan licin dan deburan air bisa merusak handphone dan kamera mu. Unggahlah foto tersebut ke akun sosial mediamu, karena dengan begitu kamu telah ikut dalam mempromosikan tempat wisata ini.

Baca Juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata di Air Terjun Pendung

  • Pastikanlah kondisi cuaca sebelum berangkat ke lokasi air terjun.
  • Jangan memaksa datang jika cuaca hujan, karena medan akan lebih sulit dan berbahaya.
  • Jangan membawa barang terlalu banyak, agar tidak menyulitkanmu selama perjalanan.
  • Jika belum pernah datang ke air terjun, sebaiknya bertanyalah kepada penduduk setempat.
  • Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman secukupnya.
  • Dalam perjalanan, janganlah membuang sampah dan merusak hutan.
  • Jagalah kebersihan air terjun, dan jangan merusak keindahan air terjun.

Artikel Terkait