Air Terjun Muara Karing, Pesona Air Terjun dengan Perosotan Alami
Air Terjun Muara Karing merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Merangin yang cukup populer. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan, serta perosotan yang terbuat dari batu.

Kabupaten Merangin merupakan daerah yang menawarkan pesona geowisata atau juga sering disebut geopark. Selain memiliki aneka fosil yang berusia ratusan tahun lalu, pada kawasan ini juga terdapat beberapa tempat wisata air terjun yang sangat indah. Seperti Air Terjun Muara Karing, yang menyajikan panorama menawan di tengah hutan belantara.

Batuan hitam bertingkat yang diguyur jernihnya air menjadi sebuah fenomena alami di tengah rimbunya hutan. Air Terjun Muara Karing ini juga memiliki perosotan alami, yang sering digunakan wisatawan bermain air. Meskipun letaknya cukup terpencil, air terjun ini cukup populer dan selalu dibanjiri pengunjung dari dan dalam kota.

Air Terjun Muara Karing

Secara geografis, Air Terjun Muara Karing berada di Desa Merkeh, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi. Dari Kota Bangko, air terjun ini berjarak kurang lebih 25 kilometer yang bisa ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit hingga satu jam. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi, namun disarankan agar naik motor untuk memudahkan perjalanan.

Setelah tiba dipemukiman warga, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan melewati perkebunan sawit dan hutan. Jalan menuju air terjun pun masih berupa tanah merah, dan ketika musim hujan akan sangat sulit melewatinya. Selain mengendarai motor, wisatawan juga bisa menuju air terjun dengan berjalan kaki. Jalanan pun cukup menantang, akan dijumpai beberapa turunan curam yang cukup ekstrim.

Pesona Air Terjun Muara Karing

Saat tiba di lokasi air terjun, akan tersaji sebuah fenomena air terjun eksotis dengan batuan-batuan serta pepohonan hijau yang mengitari. Pengunjung pun bisa memuaskan diri dengan mandi, bermain air, serta merasakan jernihnya air dengan duduk tepat dibawah guyuran air terjun. Seketika penat pun sirna, dari perjalanan yang melelahkan untuk mencapai air terjun.

Air Terjun Muara Karing memang cukup unik, terdapat batu-batu sungai yang membentuk seperti tingkatan sehingga nampak amat menawan. Pengunjung pun bisa duduk dibatuan ini, dan menikmati sensasi gemericik air terjun. Debit air yang tak begitu besar pun cukup bersahabat, serta aman bagi anak-anak.

Air Terjun Muara Karing

Namun debit air yang ada juga dipengaruhi dengan cuaca, ketika musim penghujan debit air akan semakin besar dan saat musim kemarau batuan pun akan semakin banyak terlihat dipermukaan. Air Terjun Muara Karing berada dekat Sungai Batang Merangin yang airnya cukup deras. Sungai Batang Merangin juga sering digunakan untuk berolahraga arung jeram.

Tak hanya itu saja, terdapat perosotan alami yang terbentuk dari batuan di Air Terjun Muara Karing. Perosotan ini juga dialiri air sehingga cukup licin, dan menjadi tempat favorit untuk bermain air. Saat bermain perosotan ini, tubuh akan dibawa meluncur dari atas air terjun menuju ke tepian sungai. Sungguh sangat seru dan asyik untuk dilakukan bersama keluarga dan teman.

Disekitar air terjun juga terdapat kolam alami yang dipenuhi dengan air jernih nan segar. Kolam ini memiliki kedalaman tak sampai satu meter, dan bisa menjadi tempat mandi yang seru. Jernih dan segarnya air, berpadu dengan alam asri seolah menasbihkan tempat ini sebagai surga tersembunyi di Kabupaten Merangin.

Pada batuan-batuan sungai, wisatawan bisa menemukan berbagai fosil dari tumbuhan, kerang dan juga hewan yang telah membatu. Menurut penelitian, memang banyak ditemukan fosil di Geopark Merangin, dan disebut bawah fosil ini berusia sekitar 300 juta tahun. Konon, kawasan ini dulunya adalah pantai purba yang dibanjiri lava dan mengalami proses geologi dalam waktu lama.

Fasilitas Air Terjun Muara Karing

Sayangnya, keindahan Air Terjun Muara Karing tak sejalan dengan fasilitas-fasilitas yang bisa ditemukan. Wisatawan tidak akam menemukan kamar mandi, atau mushola di sekitar air terjun ini. Baru pada pemukiman terdekat, bisa dijumpai fasilitas tersebut. Kondisi jalan menuju air terjun juga masih belum tersentuh pembangunan, masih berupa tanah merah yang akan sulit dilalui usai diguyur hujan.

Tersedia fasilitas guide dari penduduk setempat yang akan memandu wisatawan agar tidak tersesat dalam perjalanan menuju air terjun. Selain itu, di lokasi air terjun juga belum ada pedagang atau warung yang berjualan makanan dan minuman. Sehingga lebih baik pengunjung membawa bekal terlebih dahulu, atau membelinya di pemukiman warga.

Baca Juga: Air Terjun Kolam Jodoh, Destinasi Wisata yang Cocok Untuk Para Jomblo

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota dan hendak menginap, di Kota Bangko terdapat beberapa hotel yang bisa disewa. Selain itu, penduduk biasanya juga bersedia untuk menyewakan rumahnya sebagai tempat menginap. Untuk harga sewa, wisatawan bisa langsung menghubungi sang pemilik rumah.

Berwisata di Air Terjun Muara Karing, bisa memberikan pengalaman baru yang menyenangkan, berikut adalah beberapa aktivitas di air terjun yang bisa dilakukan wisatawan.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Saat kamu berwisata di Air Terjun Muara Karing, kamu bisa menikmati keindahan air terjun yang sangat eksotis dan terjaga kealamiannya. Kamu bisa bersantai di pinggir air terjun, serta mendengar gemericik air yang menciptakan suasana syahdu ditengah hutan belantara. Pepohonan rindang nan hijau pun semakin memperindah panorama.

Namun sangat rugi jika kamu hanya berdiam diri dan tak bermain di jernihnya air terjun ini. Kamu bisa bermain perosotan, dan seru-seruan bareng teman-teman. Tak hanya itu, berendam di segarnya air pun bisa kamu lakukan untuk merelaksasi tubuh usai melakukan perjalanan jauh. Tak ketinggalan pula kamu bisa melihat aneka fosil dari flora dan fauna yang sangat unik, serta memiliki umur ratusan juta tahun.

Hunting Foto

Keindahan dari Air Terjun Muara Karing seolah menjadi sebuah objek yang sayang untuk dilewatkan. Bagi kamu penggila fotografi, bisa memuaskan hobimu dengan memotret panorama air terjun ini. Objek-objek seperti bebatuan sungai, dan cantiknya air terjun bisa kamu abadikan dalam sebuah karya seni fotografi.

Air Terjun Muara Karing juga sangat bagus untuk dijadikan background berfoto selfie. Banyak ditemukan muda-mudi yang asyik berfoto, dengan background air terjun bertingkat ini. Selain itu, kamu juga bisa berfoto saat bermain perosotan alami. Namun pastikan, kamu menggunakan kamera water proof, karena bisa saja kameramu rusak saat terkena cipratan air.

Baca Juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata di Air Terjun Muara Karing

  • Sebaiknya gunakan kendaraan motor, agar lebih praktis dan cepat.
  • Jika kamu belum pernah datang ke air terjun, sebaiknya gunakan guide agar kamu tidak tersesat.
  • Berhati-hatilah saat menuju air terjun, karena kamu akan dihadapkan dengan medan yang cukup ekstrim.
  • Jangan lupa untuk membawa bekal makanan, serta pakaian ganti.
  • Gunakanlah sepatu yang nyaman, agar lebih memudahkan perjalananmu.
  • Jangan terlalu dekat dengan Sungai Batang Merangin, karena aliran sungai yang cukup deras dan berbahaya.
  • Wisatawan harus menjaga kebersihan, dan sebaiknya bawa kembali sampah-sampah dari makanan yang kamu bawa.
  • Wisatawan harus menjaga kelestarian air terjun, dan jangan merusak segala keindahan serta fasilitas didalamnya.
  • Berdoalah agar liburanmu selalu lancar, dan tiada hambatan sedikitpun.

Artikel Terkait