Air Terjun Mengaya, Air Terjun Tersembunyi di Takengon Aceh Tengah
Air Terjun Meganya merupakan air terjun yang terletak dekat dengan Danau Laut Tawar, Aceh Tengah. Air terjun ini tersembunyi dibalik perbukitan, serta menawarkan gemericik air terjun dan pesona alam yang menawan.

Aceh merupakan salah satu provinsi di indonesia yang kaya dengan objek wisatanya. Terdapat banyak gunung yang menjulang tinggi, laut yang memiliki pantai yang luas, goa-goa yang indah sampai dengan air terjunnya yang menawan. Salah satu satunya adalah objek wisata Air Terjun Mengaya, air terjun yang beberapa tahun terakhir ini menjadi perbincangan banyak orang di karenakan keindahan alamnya yang begitu mempesona. 

Letak Air Terjun Mengaya berada di sisi selatan Danau Laut Tawar, persis di kaki gunung Burni Kelieten. Tepatnya di Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah. Berjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Takengon. Untuk mencapai lokasi ini sangatlah mudah, jalanan yang sudah di aspal dengan baik, menjadikan jalanan ini bisa di lalui hampir segala jenis kendaraan. Sedangkan untuk menuju air terjun, bisa melalui jalan setapak sekitar 1,5 kilometer.

Air Terjun Mengaya

Sepanjang jalan menuju lokasi wisata, mata akan di manjakan dengan pemandangan indah di tanah Gayo. Melewati hutan pinus, hamparan persawahan yang hijau, sampai dengan ratusan hektar perkebunan kopi Aceh. Kopi yang saati ini telah mendunia hingga negeri Paman Sam. Semua pemandangan inilah yang akan membuat perjalanan menjadi tidak terasa membosankan.

Perjalanan akan terasa semakin menantang ketika turun dari kendaran dan harus berjalan sekitar 200 meter dengan medan yang cukup menanjak. Di karenakan lokasi air terjun yang tersembunyi di balik perbukitan, membuat udara di sekitar Air Terjun Mengaya terasa dingin dan sejuk. Dan ketika sampai di lokasi objek wisata, rasa lelah selama perjalanan akan seketika hilang begitu melihat keindahan air terjun yang memiliki debur air yang cukup deras turun ke bawah.

Pesona Air Terjun Mengaya

Deburan air yang terjun bebas menghempas bebatuan karang dari ketinggian 180 meter di temani sejuknya udara bersama lirihnya suara kicau burung seolah membawa kita seperti berada di taman firdaus. Taman yang indah dengan berjuta pesonanya. Maka menjadi tidak aneh jika banyak orang yang betah berlama-lama berdiam diri di tempat wisata Air Terjun Mengaya, entah untuk menghilangkan penat atau hanya sekedar mengaggumi mahakarya Tuhan.

Aliran air yang membentuk kolam seakan menggoda kita untuk menanggalkan pakaian lalu mandi atau berendam di dalamnya. Dinginya air akan langsung terasa menembus sampai ke tulang-tulang ketika kita masuk ke dalam kolam yang berasal dari Air Terjun Mengaya. Hutan tropis yang memagari kawasan ini, berhasil menyulap tempat ini memiliki nuansa teduh dan menenangkan.

Air Terjun Mengaya

Terdapat juga air terjun lebih yanga berada di atas, namun jika kalian tidak membawa peralatan memanjat, tidak di sarankan untuk kalian menaikinya. Karena akan memakan waktu yang lama dan juga cukup berbahaya. 

Namun di balik pesona Air Terjun Mengaya, wisatawan juga di himbau agar lebih berhati-hati, karena tidak jarang bongkahan batu atau pohon tumbang yang ikut terseret arus bisa sewaktu-waktu jatuh dan mengancam keselamatan jiwa. Untuk itu di sarankan wisatawan yang ingin berkunjung di tempat ini, pastikan tidak datang di musim hujan, karena jika datang pada musim hujan, derasnya air akan menambah resiko terjadinya hal yang tidak di inginkan.

Fasilitas Air Terjun Mengaya

Untuk fasilitas sendiri bisa kita temukan di gerbang utama pintu masuk menuju objek wisata Air Terjun Mengaya. Fasilitas ini meliputi toilet umum yang airnya bersumber dari pegunungan, lalu terdapat juga musholla yang di sediakan untuk pengunjun dan petani kopi yang beragama muslim. Terdapat juga warung-warung yang menyajikan makanan dan minuman. Tidak ketinggalan juga area parkir yang cukup luas dan aman tentunya.

Baca Juga: Goa Loyang Koro, Goa Legendaris yang Sarat Akan Sejarah

Di sepanjang jalan menuju lokasi Air Terjun Mengala, kita akan banyak menemui papan peringatan seperti larangan buang sampah sembarangan, berhati-hati karena jalan licin dan terakhir papan yang  berisikan himbauan untuk para pengunjung lebih waspada ketika berada di bawah air terjun, karena sewaktu-waktu terdapat bongkahan batu dan pohon tumbang yang terseret arus dan ikut jatuh bersama aliran air terjun.

Mandi dan Berendam Sembari Menikmati Air Terjun

Kegiatan yang satu ini rasanya wajib di lakukan, sambil mandi  dan berendam kita juga bisa bersantai sembari merasakan segarnya udara di sekitar tempat wisata Air Terjun Mengaya, udara yang masih alami akan membuat kita merasa lebih rileks dan tenang. Kalian juga bisa sesekali berada di bawah air terjun untuk merasakan sensasi air yang jatuh dari ketinggian. Namun ketika berada di bawah air terjun, kalian juga harus tetap waspada agar tidak tertimpa bongkah batu dari atas.

Hunting Foto

Selesai memanjakan diri dalam kolam, kalian bisa mengabadikan momen bersama keluarga atau teman di sekitar lokasi tempat wisata. Berpose di atas bebatuan dengan backgorund air terjun akan menghasilkan foto yang mengaggumkan. Atau kalian juga mempotret keindahan alam sekitar yang tidak kalah menawan dari Air Terjun Mengaya.

Dan untuk kalian yang  memang memiliki hobi di bidang photogrhapy khusunya bertemakan alam, rasanya objek wisata Air Terjun Mengaya akan sayang untuk di lewatkan. Pasalnya hampir di setiap sudut tempat ini pantas untuk di jadikan objek berfoto.

Tiket atau Biaya Masuk Air Terjun Mengaya

Untuk tiket masuk menuju lokasi objek wisata Air Terjun Mengaya pengunjung tidak di pungut biaya sepeserpun alias gratis. Para pengunjung hanya akan di tarik biaya parkir sebesar Rp. 2000 dan biaya kebersihan sebesar Rp. 3000.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Air Terju Mengaya

Tips berwisata di Air Terjun Mengaya

  • Pantaulah cuaca ketika akan berkunjung di lokasi wisata, karena akan sangat menggangu liburan jika kalian datang di musim penghujan.
  • Bawalah barang secukupnya, karena jika terlalu banyak barang yang anda bawa, akan menganggu aktifitas kalian selama di objek wisata.
  • Pastikan kondisi fisik kalian dalam keadaan sehat.
  • Bawalah air minum ketika menuju lokasi objek wisata.
  • Bawalah baju ganti, karena objek wisata yang akan kalian kunjungi berhubungan dengan air.
  • Selalu waspada ketika berada di bawah air terjun
  • Ikut menjaga kelestarian alam dan kebersihanya, dengan cara membuang sampah pada tempatnya.
  • Terakhir, berdoa agar liburan kalian menyenangkan seperti apa yang kalian harapkan.

Artikel Terkait