Air Terjun Kuta Malaka, Air Terjun Terpencil di Aceh Besar
​Air Terjun Malaka yang berada di Aceh Besar ini memang masih terpencil atau belum banyak orang yang mengetahui akan lokasi wisata alam yang cukup mempesona ini.

Air Terjun Kuta Malaka ini menyimpan begitu banyak keindahan alam yang luar biasa. Air terjun ini juga memiliki tujuh tingkatan serta pada setiap tingkat tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Untuk menuju ke lokasi tersebut memang terbilang cukup sulit karena akses jalan yang masih belum teraspal seluruhnya. Jarak lokasi air terjun ini kurang lebih sekitar 45 kilometer dari kota Banda Aceh. Dan untuk menuju lokasi ini akan lebih baik menggunakan sepeda motor atau mobil dua gardan. Selama perjalanan akan terlihat jalanan yang dikelilingi oleh pemandangan sawah yang menghijau dan terbentang dari sisi kiri dan kanan. Bahkan dari kejauhan akan tampak Gunung Seulawah Agam yang gagah dan berada di sisi kiri jalan.

Air terjun ini juga berada di bukit Kuta Malaka. Dan untuk menuju ke air terjun tersebut akan melewati berbagai jalan terjal bahkan menanjak serta berkelok-kelok. Jalanan yang licin terutama saat musim hujan sehingga cukup rawan kendaraan yang terperosok dan slip. Tak jarang para pengunjung juga akan melewati beberapa anak sungai yang ememiliki kedalaman rata-rata sekitar 40-80 cm. Di sini juga tidak terlihat adanya jembatan yang sengaja dibangun untuk melintasi anak sungai ini. Sehingga mau tidak mau para pengunjung harus dengan hati-hati melewati anak sungai tersebut. Perjalanan tersebut juga memberikan sensasi tersendiri dan memicu adrenalin.

Namun semua itu akan terbayar dengan keindahan dari air terjun ini. Saat berada di puncak dan memandang ke arah timur, para pengunjung dapat melihat pemandangan yang begitu indah dari perpaduan latar dengan jajaran bukit-bukit Sabana, daratan kota Aceh, serta berlatar belakang Selat Malaka yang akan terlihat samar-samar. Merupakan panorama alam yang begitu mengagumkan. Di atas pucak bukit ini juga terdapat sebuah bangunan yang sengaja dijadikan untuk tempat parkir sehingga bagi pengunjung yang datang dengan membawa kendara sendiri, tidak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraannya.

Keindahan Air Terjun Kuta Malaka

Untuk memasuki air terjun ini para pengunjung harus lebih masuk lagi ke dalam hutan sekitar 200 meter. Pengunjung juga harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati kurang lebih sekitar 412 anak tangga yang memang disediakan untuk memudahkan perjalanan. Di bagian sisi kiri dan kanan akan terlihat beberapa pepohonan rindang yang akan membuat udara terasa sangat sejuk. Pengunjung juga akan ditemani dengan alunan merdu dari suara burung-burung liar serta jangkrik yang seolah menyambut kedatangan para pengunjung tersebut.

Aliran air terjun ini berasal dari mata air pegunungan sehingga menghasilkan air yang begitu jernih dan terasa dingin. Saking jernihnya air yang dihasilkan menjadikan dasar telaga yang berada di bawah air terjun ini terlihat begitu jelas dari permukaan serta memancarkan warna yang akan tampak kehijauan.

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa air terjun ini memiliki kurang lebih sekitar tujuh tingkatan. Pada setiap tingkatan tersebut juga memiliki ketinggian yang berbeda-beda yaitu antara 3-6 meter. Pada setiap air terjun ini juga memiliki telaga yang terdapat di bawahnya dengan kedalaman rata-rata 1-2 meter dengan lebar 2-3 meter.

Para pengunjung umumnya akan tergoda dengan air yang berada di telaga tersebut. Kegiatan seperti berenang serta bermain perosotan air atau bahkan meluncur dari puncak telaga menjadi kegiatan yang akan sering dilakukan oleh banyak pengunjung. Namun bagi pengunjung yang tidak dapat berenang dapat menikmati kejernihan air ini dengan berendam di telaga yang dangkal. Atau menikmati keindahan alam ini dengan berduduk santai menikmati suara gemericik air serta nyanyian merdu dari burung-burung liar. Panorama alam yang indah ini dipercaya mampu menghilangkan segala penat dari kebisingan bahkan kelelahan akibat rutinitas bekerja sehari-hari.

Baca Juga : Pulau Klah, Keindahan Tersembunyi Di Kota Sabang

Peta Lokasi Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka ini berada di kawasan Samahani Kabupaten Aceh Besar. Akses untuk menuju ke lokasi ini terbilang sedikit sulit. Karena jalan untuk menuju ke lokasi tersebut belum sepenuhnya beraspal. Bahkan saat akan mencapai kawasan tersebut medan jalan yang dilalui bisa terbilang ektrem karena para wisatawan akan mendapati jalan tanah merah terutama sesudah turun hujan, jalan tersebut akan sangat licin. Untuk itu bagi para wisatawan yang ingin berkunjung harus selalu berhati-hati.

Fasilitas Di Air Terjun Kuta Malaka

Di kawasan wisata ini masih tebilang minim akan fasilitas umum.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki lokasi wisata alam ini para pengunjung akan dikenakan biaya masuk yang tebilang cukup murah. Para pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp 5.000. Sedangkan untuk biaya parkir para pengunjung akan dikenakan biaya seikhlasnya saja.

Tips Berlibur Ke Air Terjun Kuta Malaka

  • Pastikan kondisi kesehatan anda terjaga dengan baik dan stamina yang cukup
  • Bawalah perbekalan seperlunya seperti makanan dan minuman
  • Jika ingin mengunjungi lokasi ini sebaiknya saat cuaca cerah atau saat musim kemarau karena jika setelah hujan jalanan akan sangat licin untuk dilewati
  • Jagalah selalu kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas yang tersedia dan tidak membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait