Air Terjun Kolam Biru Rerebe, Perpaduan Air Terjun dan Kolam Biru nan Cantik
Air Terjun Kolam Biru Rerebe merupakan tempat wisata di Kabupaten Gayo Lues, yang menawarkan keindahan dari air terjun cantik dan kolam yang airnya membiru seperti lautan.

Kabupaten Gayo Lues merupakan daerah yang didominasi dengan perbukitan dan pegunungan yang menjulang tinggi. Tak heran, jika kabupaten ini dijuluki dengan Negeri Seribu Bukit. Daerah ini juga menyimpan berbagai pesona alam yang keindahannya sangat layak untuk dikunjungi. Air Terjun Kolam Biru Rerebe merupakan sedikit contohnya.

Air Terjun Kolam Biru Rerebe merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan air terjun bertingkat serta kolam biru sekaligus. Objek wisata ini memang menjadi salah satu andalan Kabupaten Gayo Lues untuk menarik minat para wisatawan lokal hingga luar kota. Wisatawan akan disuguhi dengan sebuah fenomena air terjun eksotis, serta kolam dengan air yang membiru bak kolam milik para bidadari.

Air Terjun Kolam Biru Rerebe

Secara geografis, letak Air Terjun Kolam Biru Rerebe ini berada pada Desa Rerebe, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Untuk melihat indahnya tempat wisata ini, pengunjung setidaknya harus melakukan perjalanan kurang lebih 2 hingga 3 jam serta menempuh jarak sekitar 50 kilometer dari ibukota Gayo Lues, yaitu Blangkejeren.

Memang bukan perkara yang mudah untuk menengok pesona dari Air Terjun Kolam Biru Rerebe ini. Wisatawan harus melewati pemukiman warga sekitar, serta melalui jalur yang masih berupa tanah. Dahulu, bahkan pengunjung harus menyusuri jalan menanjak yang cukup ekstrim melewati perbukitan dan melewati aliran sungai dari air terjun.

Dahulu, hanya sedikit aliran air terjun yang bermuara di kolam biru tersebut. Hal ini berubah ketika pada tahun 2010, pemilik dari kolam ini berinisiatif untuk membuka jalan baru serta menjadikan tempat indah ini sebagai wisata alam. Mulailah dibangun jalan yang memudahkan wisatawan meskipun belum diaspal dengan baik, selain itu dengan menggunakan alat berat Air Terjun Kolam Biru Rerebe ini dipermak sehingga aliran air langsung bermuara dikolam.

Pesona Air Terjun Kolam Biru Rerebe

Memang tempat wisata ini tidak tercipta secara alami, meskipun demikian keindahan dari Air Terjun Kolam Biru Rerebe tetap saja sangat memukau. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan langka berupa air terjun cantik yang berada diatas perbukitan hijau. Airnya sangat jernih dan segar, wisatawan bisa langsung meminum airnya untuk sekedar mengobati rasa dahaga.

Pada air terjun tersebut wisatawan bisa secara leluasa merasakan segarnya air dengan berdiri tepat dibawah hujaman air yang jatuh dari atas. Sensasi yang ditawarkan pun cukup mengasyikkan ketika air membasahi seluruh tubuh. Kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai refleksi alami untuk menghilangkan rasa lelah dan penat dari perjalanan jauh yang telah ditempuh.

Air Terjun Kolam Biru Rerebe

Setelah puas menikmati air terjunnya, pengunjung bisa menuju ke kolam biru yang letaknya sangat dekat dari lokasi air terjun. Disinilah, wisatawan biasanya menuangkan hasratnya untuk mandi serta mencicipi segarnya air di Air Terjun Kolam Biru Rerebe ini. Sungguh sebuah pemandangan yang luar biasa ketika melihat kolam yang lengkap dengan air berwarna biru muda.

Kolam yang berada di Air Terjun Kolam Biru Rerebe ini memiliki panjang sekitar 110 meter dan lebar 100 meter. Sehingga cukup luas untuk wisatawan yang datang bersama rombongan keluarga atau teman-teman. Kedalaman kolam pun bervariasi, mulai dari 2 meter hingga 8 meter. Wisatawan tetap dihimbau agar berhati-hati ketika berenang di kolam biru ini.

Dengan dikelilingi pepohonan hijau yang tumbuh subur, tempat wisata ini seolah menjadi tempat sempurna untuk refreshing. Perpaduan warna biru dari air kolam, dan hijaunya pepohoan disekitar menjadi komposisi warna yang sangat enak untuk dipandang mata. Tak jarang, wisatawan juga bisa mendengar kicauan dari burung-burung liar, yang semakin memperindah suasana alam di Air Terjun Kolam Biru Rerebe.

Sayangnya, belakangan ini banyak ditemukan sampah plastik yang berserakan dari tangan-tangan tak bertanggung jawab. Tentu saja, pemandangan ini sangat mencemari keindahan alam yang ditawarkan Air Terjun Kolam Biru Rerebe. Diharapkan, bagi wisatawan yang datang ke tempat wisata ini selalu menjaga kebersihan, dan turut menjaga kelestarian alam yang dianugrahkan Tuhan ini.

Fasilitas Air Terjun Kolam Biru Rerebe

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata Air Terjun Kolam Biru Rerebe ini tergolong cukup memprihatinkan. Hal ini dikarenakan pengelolaannya yang masih belum jelas, dan lokasi dari tempat wisata sendiri yang terletak di perbukitan sehingga menyulitkan untuk dibangunnya fasilitas wisata. Di tempat ini masih belum ditemukan fasilitas seperti toilet umum, tempat parkir dan juga mushola untuk beribadah.

Biasanya, wisatawan menitipkan kendaraannya di halaman-halaman rumah warga di Desa Rerebe. Tentunya, wisatawan harus meminta izin terlebih dahulu kepada sang pemilik rumah. Pengujung bisa menggunakan mushola yang ada di Desa Rerebe, jika waktu sholat sudah tiba. Selain itu, jalan menuju ke Air Terjun Kolam Biru Rerebe pun masih belum diaspal dengan baik.

Baca Juga: Air Terjun Ceuraceu, Air Terjun Terpencil di Hutan Belantara Bireuen

Tak perlu khawatir bagi wisatawan yang tidak membawa bekal, disekitar lokasi wisata terdapat penjual makanan dan minuman untuk sekedar mengganjal perut yang sudah keroncongan. Bagi yang ingin menginap, wisatawan bisa memilih hotel atau penginapan di Kota Blangkejeren.

Berlibur di Air Terjun Kolam Biru Rerebe bisa menjadi alternatif wisata menarik jika akhir pekan telah tiba. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan para pengunjung ketika berada dilokasi wisata.

Menikmati Keindahan Air Terjun dan Kolam

Jika kamu seorang penyuka wisata alam, maka Air Terjun Kolam Biru Rerebe ini sangat wajib rasanya untuk kamu kunjungi. Keindahan tempat wisata ini sudah tak perlu diragukan lagi, yang menawarkan perpaduan antara alam perbukitan asri, air terjun cantik, serta kolam lengkap dengan air berwarna biru yang nampak seperti samudra. Kamu bisa sepuasnya bermain air, mandi, berenang di kolam dan air terjun tersebut.

Namun jika kamu tak ingin berbasah-basahan, kamu juga bisa bersantai menikmati alam yang masih asri dengan duduk ditepi kolam sambil mencelupkan kaki ke dalam air. Seolah tempat wisata ini merupakan kolam alam milik pribadi, yang bisa kamu nikmati sepuas-puasnya. Suasana alam sekitar, dan udara sejuk juga menjadi nilai tambah tersendiri, sehingga tempat ini sangat pas bagi kamu yang mendambakan ketenangan dan ketentraman.

Hunting Foto

Tak lengkap jika telah tiba di Air Terjun Kolam Biru Rerebe, tapi tak berselfie didepan kamera dan mengabadikan momen yang berkesan tersebut. Kamu bisa hunting foto diberbagai spot, seperti air terjun atau kolam dengan air yang membiru. Deretan perbukitan memancarkan keindahan tersendiri yang bisa kamu jadikan backgroud berfoto.

Jika kamu memiliki drone, maka kamu bisa hunting foto dari atas dengan beberapa angle yang berbeda. Seolah keindahan tempat wisata ini semakin mengeluarkan pesonanya. Gemericik air terjun yang mengalir dari atas perbukitan lalu menuju ke kolam biru menjadi sebuah fenomena langka, dan pastinya sangat layak untuk kamu potret menjadi karya fotografi.

Harga Tiket Air Terjun Kolam Biru Rerebe

Untuk memasuki Air Terjun Kolam Biru Rerebe, wisatawan tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Air Terjun Kolam Biru Rerebe

Tips Berwisata di Air Terjun Kolam Biru Rerebe

  • Persiapkanlah kondisi fisikmu, sebelum bertolak ke tempat wisata ini.
  • Bawalah perbekalan secukupnya, karena jika terlalu banyak membawa barang akan mempersulit perjalanan.
  • Berhati-hatilah ketika menuju ke tempat wisata, karena jalan yang cukup menantang.
  • Bawalah baju ganti, karena rugi kalau kamu tidak merasakan segarnya air di tempat wisata ini.
  • Jagalah kebersihan Air Terjun Kolam Biru Rerebe, dengan tak membuang sampah sembarangan.
  • Jagalah kelestarian dan jangan rusak apapun yang ada di objek wisata.
  • Berdoalah, agar liburanmu berjalan sesuai dengan rencana.

Artikel Terkait