Air Terjun Jarakan, Pesona Indah di Magetan yang Wajib Dikunjungi
Magetan adalah salah satu kabupaten di Pulau Jawa Timur yang berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Kawasan Kabupaten Magetan yang berada di kaki Gunung Lawu kaya akan wisata alam seperti danau, air terjun, dll. Kabupaten Magetan memiliki banyak objek wisata alam yang tersebar hampir di 13 kabupaten.

Berkutat dengan kehidupan sehari-hari seperti pergi bekerja, pergi ke sekolah atau kuliah tentunya ada saat di mana kita merasa jenuh atau bosan. Begitu banyak masalah yang kita hadapi tak jarang membuat rasa stres melanda, dan jika sudah seperti itu maka akan bisa mengganggu aktifitas kita sehari-hari, belum lagi penyakit yang bisa datang melanda. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa meluangikan waktu sejenak untuk melupakan atau meninggalkan segala kesibukan yang anda punya untuk pergi berlibur. Berwisata tidak perlu harus mengeluarkan uang yang banyak atau berlebih, dengan budget yang sedang atau sedikit saja anda sudah bisa menikmati banyak tempat wisata yang seru, contohnya yang ada di Magetan ini.

Air Terjun Jarakan adalah salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan. Apabila anda menyempatkan untuk mengunjungi tempat ini, anda tidak akan menyesal karena banyak pemandangan indah yang bisa anda temukan yang dapat membuat mata anda segar. Wisatawan dari luar Magetan juga banyak yang datang, terlebih jika saat musim libur lebaran atau libur musim sekolah.

Air Terjun Jarakan ini merupakan bagian dari objek wisata air terjun yang dikembangkan oleh Pemkab Magetan. Air Terjun Jarakan terletak sekitar 80 meter di atas Air Terjun Watu Ondo. Dengan ketinggian air terjunnya sekitar 35 meter. Di dasar air terjun ini ada kolam kecil dimana para wisatawan bisa mandi atau bersih. Di sekitar lokasi ini, sepanjang mata memandang, anda akan melihat hutan yang sangat asri dan rindang, perpaduan warna hijau dengan birunya langit benar-benar menciptakan panorama yang bisa anda kenang saat anda pulang nanti. Selain itu karena banyaknya pohon dan tumbuhan di sana, anda juga bisa merasakan segarnya udara bebas polusi, tidak seperti yang anda biasanya temui di kota-kota besar. Di dekat Air Terjun Jarakan, berbatu pasir mas (pasir berarti pasir dan mas berarti emas). Pasir mas adalah kolam kecil, kolam ini akan memantulkan cahaya kuning keemasan saat diterangi oleh sinar matahari.

Namun anda harus berhati-hati di obyek wisata Air Terjun Jarakan karena walaupun anda bisa bermain air dan mandi di sana, anda sebaiknya tidak menuju terlalu dekat dengan air terjun yang mempunyai tinggi sekitar 35 meter tersebut. Bebatuan di sana walaupun terlihat indah saat terkena cahaya matahari juga agak berbahaya karena masih rawan longsor, jadi jangan sampai anda hanya memikirkan tentang kesenangan lalu lupa untuk waspada dengan keadaan sekitar anda.

Fasilitas di Air Terjun Jarakan

Karena tempatnya agak sedikit terpencil dan untuk mencapainya juga lumayan memerlukan usaha, maka jangan heran jika anda tidak akan menemukan banyak fasilitas penunjang yang biasanya ada di obyek wisata lain. Namun di sana anda masih bisa memanfaatkan beberapa fasilitas yang sudah disediakan, seperti;

- Gazebo

Menempuh perjalanan dengan jarak yang lumayan jauh tentunya akan terasa melelahkan, nah sesampainya di sana anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa gazebo yang sudah dibangun untuk para pengunjung bersantai, duduk-duduk melihat pemandangan sekitar sembari menikmati bekal makanan dan minuman yang anda bawa dari rumah.

- Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah tersedia di kawasan Air Terjun Jarakan, jadi bagi anda yang ingin menggunakan kamar mandi tidak perlu lagi harus mencari karena di tempat ini telah ada dua buah toilet yang bisa anda gunakan.

- Tempat Parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil maupun motor bisa langsung menitipkan kendaraan anda di lahan parkir yang telah disediakan. Tempat parkir di sana lumayan memadai dan bisa menampung banyak kendaraan. Biaya parkirnya pun sangat murah.

Semoga saja pemerintah kabupaten Magetan kedepannya bisa memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih memadai lagi di obyek wisata Air Terjun Jarakan karena sayang sekali jika tidak memanfaatkan tempat yang bisa mengundang banyak wisatawan baik lokal maupun internasional. Bila dibangun lebih banyak fasilitas lagi, maka dijamin pengunjung yang datang pun akan semakin ramai.

Hunting Foto di Air Terjun Jarakan

Bagi anda yang gemar fotografi dan juga wisata alam, datang ke Air Terjun Jarakan akan memberikan sensasi dan pengalaman tersendiri yang pasti tidak akan anda lupakan. Persiapkan kamera anda, baik kamera dari handphone maupun kamera profesional dari rumah karena anda di sana tidak akan mau melewatkan pemandangan-pemandangan yang indah. Air terjun setinggi 35 meter tersebut bisa menjadi target foto yang sangat sempurna, entah anda hanya memfoto air terjunnya saja atau anda juga bisa membuatnya menjadi latar belakang foto anda bersama keluarga atau teman-teman. Jika anda membawa kamera tahan air, anda juga bisa mengabadikan momen yang seru saat anda bermain-main air atau saat sekedar bersantai di gazebo. 

Baca juga : Pantai Sobo, Indahnya Pesona Pantai dengan Bangunan Bekas Rumah di Dekatnya

Akses Jalan Menuju ke Air Terjun Jarakan

Untuk bisa mencapai ke obyek wisata ini, anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Namun, setelah sampai di jalan makadam, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki melewati. Jarak antara  lokasi air terjun dengan hutan pinus adalah sekitar kurang lebih 2 km dengan kondisi jalan yang terjal dan curam. Di sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Jarakan pengunjung akan menjumpai air terjun lain yaitu Air Terjun Watu Ondo dan Air Terjun Pundak Kiwo. Selain itu juga terdapat satu sendang yang bernama Banyumas dan sebuah petilasan yang dinamakan Watu Ongko.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Air Terjun Jarakan

Jam buka dari Air Terjun Jarakan adalah 24 jam, setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur nasional. Untuk pengunjung yang datang kesana juga tidak dikenakan biaya tiket masuk, alias gratis. Hanya saja anda perlu membayar biaya parkir.

Tips Berlibur ke Air Terjun Jarakan

  • Pastikan kendaraan anda dalam keadaan yang baik
  • Persiapkan kondisi yang prima
  • Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan mengotori lingkungan
  • Berhati-hati saat mendekati air terjun

Artikel Terkait