Air Terjun Coban Rondo, Berwisata Sambil Melakukan Fun Tubing
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Penghilang sejarah yang tersebar di sekitar Malang Menampilkan bahwa topi memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Setelah berhari-hari menjalani pekerjaan atau berkutat dengan masalah sekolah dan urusan lainnya, terkadang kita butuh yang namanya refreshing agar pikiran kita kembali segar dan semua penat hilang. Orang yang banyak memiliki stres juga tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu tidak ada salahnya kita merencanakan sebuah liburan yang bisa anda lakukan sendiri, bersama keluarga, pasangan atau teman-teman. Liburan yang menyenangkan pun tidak harus mengeluarkan uang banyak lho. Jika anda berencana berwisata ke Jawa Timur atau bagi anda yang tinggal di pulau Jawa, anda bisa datang ke salah satu air terjun atau coban yang terkenal, yaitu Coban Rondo.

Air terjun Coban Rondo adalah air terjun yang indah di Pandesari, sebuah desa di kecamatan Punjong, lereng resor Gunung Panderman yang berjarak sekitar 32 km ke barat dari Malang, sangat menarik untuk dilihat dan dikunjungi. Ketinggian air terjun sekitar 60 meter. Pengunjung dapat menemukan dan menikmati panorama yang indah dengan kesan damai di sekitar air terjun. Sebagai salah satu air terjun yang terkenal di Jawa Timur, bukan sesuatu yang mengherankan jika obyek wisata ini banyak didatangi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara terutama saat musim libur lebaran atau libur sekolah, anda bisa melihat pengunjung dari anak-anak sampai orang tua. Baik yang membawa keluarga atau dengan teman-teman.

Air terjun yang ada di ketinggian 1.135 meter dpl ini memiliki udara yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang cantik dan mempesona sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Tinggi Air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter. Air terjun ini pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980. Sumber air terjun Coban Rondo berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Kuota air yang ditimbulkan mencapai 90 hingga 150 liter per detik.

Tenang saja, anda di sana tidak hanya bisa melihat pemandangan air terjun beserta hutan disekelilingnya yang eksotis namun anda bisa melakukan beberapa kegiatan, seperti fun tubing atau berenang mengitari sungai dengan menggunakan ban pelampung. Dalam menikmati wahana ini, setiap peserta akan diberikan dua perlengkapan renang, yaitu ban dan baju pelampung. Paint ball, permainan tembak-tembakan dengan menggunakan peluru karet berisi cat ini sangat seru untuk dimainkan secara berkelompok. Satwa dan kebun, Di wahana ini wisatawan dapat melihat beragam satwa dan juga dapat mencoba beraneka ragam aktivitas seperti; Labirin, Kereta Kelinci, dan Petik Apel, Berkuda, Bersepeda gunung, Outbound pelajar, Outbond kid/care, Sahabat peternak.

Fasilitas di Coban Rondo

Dengan pengelolaan yang baik, obyek wisata ini terbilang mempunyai beberapa fasilitas-fasilitas penunjang yang memadai, seperti di antaranya adalah;

- Kantin

Di sana anda juga akan dimanjakan dengan banyaknya penjual makanan dan minuman baik itu lokal maupun makanan umum. Harganya juga bersahabat di kantong dan tidak terlalu mahal.

- Mushola

Berlibur atau berwisata ke suatu tempat sebaiknya tidak membuat kita meninggalkan sholat atau ibadah. Maka dari itu bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah sholat di sana telah disediakan mushola yang lumayan nyaman.

- Lahan parkir

Untuk anda para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir mengenai tempat parkir karena di obyek wisata ini juga telah disediakan lahan parkir yang memadai untuk menampung kendaraan pengunjung.

- Camping ground

Jika anda kesana berniat untuk berkemah, di Coban Rondo anda bisa menemukan area untuk berkemah. Di sana anda bisa mendirikan tenda lalu membuat api unggun. Pengalaman berkemah di area yang sejuk seperti ini pasti bisa menjadi pengalaman tersendiri

- Toilet umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah tersedia di kawasan Coban Rondo, jadi bagi anda yang ingin menggunakan kamar mandi tidak perlu lagi harus mencari karena di tempat ini telah ada dua buah toilet yang bisa anda gunakan.

Hunting Foto di Coban Rondo

Bagi anda yang gemar fotografi dan juga wisata alam, datang ke Cemoro Sewu akan memberikan sensasi dan pengalaman tersendiri yang pasti tidak akan anda lupakan. Persiapkan kamera anda, baik kamera dari handphone maupun kamera profesional dari rumah karena anda di sana tidak akan mau melewatkan pemandangan-pemandangan yang indah. Pepohonan lebat di sekitarnya dan pastinya primadona air terjun itu sendiri yang ada di sana bisa menjadi target foto yang sangat sempurna, entah anda hanya memfoto pemandangannya saja atau anda juga bisa membuatnya menjadi latar belakang foto anda bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu anda juga bisa mengabadikan momen saat anda melakukan tubing atau kegiatan lainnya di sana. Jangan lupa untuk anda unggah ke berbagai media sosial agar teman-teman anda tahu bahwa masih banyak tempat wisata menarik di negara kita sendiri.

Baca juga : Air Terjun Coban Pelangi, Berwisata Sambil Menikmati Pemandangan Kebun

Rute Jalan Menuju ke Coban Rondo

Dari arah Malang rute yang di lewati ialah Dau – Batu – Coban Rondo

Lama perjalanan sekitar 1 Jam, dengan jarak tempuh ±30 km

Dari arah Surabaya menuju ke Malang – tiba di Songosari – Karangploso – Batu dari Batu langsung ke menuju Coban Rondo

Lama perjalanan sekitar ±3,5 Jam, dengan jarak tempuh ±142km

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Coban Rondo

Jam buka dari obyek wisata Coban Rondo adalah dari jam 07.00 sampai dengan 17.00 wib, setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Biaya tiket masuknya juga murah, hanya Rp 8.000,- per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000,- untuk wisatawan mancanegara.

Tips Berlibur ke Coban Rondo

  • Pastikan anda dalam kondisi yang prima
  • Pakailah alas kaki yang nyaman
  • Persiapkan kendaraan yang akan anda gunakan
  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Buang sampah pada tempatnya

Artikel Terkait