Air Terjun Coban Pelangi, Berwisata Sambil Menikmati Pemandangan Kebun
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitar Malang menampilkan bahwa tempat ini memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Negara kita Indonesia dengan bentuk gugusan kepulauannya sebenarnya sangat beruntung. Letak geografis ini membuat Indonesia memiliki banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam. Mulai dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi tempat-tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang hanya mengira Bali adalah tempat yang sangat pas untuk liburan, namun sebenarnya bagi yang tinggal di pulau Jawa, Jawa Timur juga menjadi surga tersendiri bagi para penggemar travelling. Berbagai jenis obyek wisata bisa anda dapatkan di sana, mulai dari taman bermain, waterpark, museum, candi, air terjun, pantai, dan masih banyak lagi. Tidak perlu jauh-jauh untuk merencanakan liburan jika anda bisa menemukan tempat yang mengasyikan di dekat anda. Seperti di Malang, ada obyek wisata yang sayang jika anda lewatkan, yaitu Air Terjun Coban Pelangi.

Air Terjun Coban Pelangi adalah air terjun yang indah, yang terletak sekitar 32 km ke arah Timur Malang. Airnya alami, sejuk, dan bersih yang memberi kesan damai. Air terjun ini bisa ditempuh dalam perjalanan menuju Gunung Bromo via kota Malang. Temukan resor pegunungan yang indah, panorama yang indah, pemandangan buah apel dan sayuran yang mengesankan. Situs air terjun ada di desa bernama Gubuk Klakah, yang termasuk dalam distrik Poncokusumo. Para pengunjung akan menikmati udara segar, pemandangan alam, dan tentu saja air terjun yang indah. Banyak pengunjung atau wisatawan yang datang ke tempat ini, baik lokal maupun dari luar kota. Obyek wisata ini cocok untuk anda dan keluarga anda yang suka dengan alam dan suasana sejuk pegunungan.

Air terjun yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang ini dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan asri yanv membuat suasana disekitar air terjun sangat menyegarkan mata. Karena letaknya yang berada di ketinggian 1.400 mdpl, udara di sekitar air terjun sangat dingin, bahkan suhu terendah yang pernah terjadi adalah 19 derajat celcius. Keadaan alam di Coban Pelangi sendiri masih sangat alami, karena belum banyak tangan manusia yang menjamahnya. Ketika pertama kali tiba di tempat ini, anda akan disambut oleh merdunya suara kicauan burung-burung dan hiruk pikuk hewan liar yang menghuni hutan di area ini. Pemandangan yang sangat eksotis nan elok ini benar-benar bisa memanjakan mata kita, terlebih lagi udaraa di sana sangat bersih dan jauh dari polusi seperti di kota-kota.

Fasilitas di Air Terjun Coban Pelangi

Jika anda datang ke tempat ini, jangan khawatir sudah ada beberapa fasilitas penunjang bagi pengunjung yang disediakan oleh pihak pengelola, seperti di antaranya adalah;

- Area berkemah

Jika anda ingin bermalam namun tidak mau bermalam di sebuah tempat penginapan, anda bisa membawa peralatan kemah anda lalu mendirikan kemah di area yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Dengan berkemah, anda semakin menambah keseruan karena anda bisa bersantai, bercanda bersama teman-teman anda sembari ditemani oleh api unggun.

- Tempat parkir

Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa bus pariwisata tidak perlu lagi khawatir dengan masalah parkir karena di sini lahan untuk parkirnya luas sehingga muat untuk beberapa bus dan ratusan mobil atau motor-motor dari para pengunjung.

- Tempat penginapan

Di wilayah sekitar Air Terjun Coban Pelangi anda juga bisa menemukan beberapa tempat penginapan yang mempunyai harga bervariasi dari yang murah hingga yang agak mahal. Namun tempatnya semua dijamin nyaman.

- Kantin atau tempat makan

Jika anda tidak sempat untuk menyiapkan bekal makanan dan minuman, di sana anda bisa menemukan warung-warung yang menjual snack atau minuman dan berbagai makanan dengan harga yang sangat terjangkau pastinya.

- Toilet umum

Di beberapa titik di lokasi ini sudah disediakan beberapa kamar mandi atau toilet umum bagi para pengunjung jika ingin mencuci tangan atau buang air kecil.

Hunting Foto di Air Terjun Coban Pelangi

Bagi anda yang gemar dengan hobi fotografi anda bisa memuaskan hasrat berfoto anda di tempat ini. Banyak spot-spot menarik yang bisa anda manfaatkan seperti beberapa kebun buah yang ada di obyek wisata ini. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan di hutan tersebut atau juga jika anda menemukan satwa liar bersama keluarga maupun teman-teman anda. Jika anda lebih memilih menghabiskan waktu di sekitar air terjun, anda juga bisa mengabadikan pemandangan hutan di sekitarnya dan berfoto ria di antara bebatuan di bawah air terjun. Lebih baik lagi jika anda membawa kamera tahan air agar kamera anda tidak rusak jika terkena cipratan air terjun.

Baca juga : Taman Wisata Senaputra, Berwisata Sambil Menonton Seni Budaya

Akses Jalan Menuju ke Air Terjun Coban Pelangi

Rute perjalanan yang bisa anda lalui adalah dari kota Malang. Dimulai dari pusat kota, anda harus naik transportasi umum menuju terminal arjosari, seteah tiba di teminal, kemudian dilanjutkan dengan naik angkot lagi kepasar tumpang, Setelah itu, anda bisa sewa truck atau sewa Jeep untuk melanjutkan perjalanan menuju ke desa gubuk klakah yang mana objek wisata coban pelangi itu berada, atau bisa menggunakan kendaran pribadi seperti mobil atau sepeda motor, dengan rute yang sama yaitu kota Malang – Pasar Tumpang – desa Gubuk Klakah. Lokasi pintu masuk wisata coban pelangi berada dipinggir kanan jalan, setelah memasuki pintu masuk air terjun anda harus berjalan kaki sejauh 1km melalui jalan setapak berundak menurun cukup terjal untuk sampai di titik utama air terjun Pelangi.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Air Terjun Coban Pelangi

Obyek Air Terjun Coban Pelangi buka selama 24 jam, jadi para pendaki atau wisatawan yang mau berkunjung, dan juga anda yang akan kesana tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu membayar biaya tiket parkir saja bagi yang membawa kendaraan pribadi.

Tips Berlibur ke Air Terjun Coban Pelangi

  • Pastikan anda dalam kondisi yang prima
  • Pakailah alas kaki yang nyaman
  • Persiapkan kendaraan yang akan anda gunakan
  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah

Artikel Terkait