Air Terjun Coban Glothak, Berwisata Sambil Berkemah di Alam Terbuka
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitar Malang menampilkan bahwa tempat ini memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Kebanyakan dari kita jika berwisata ke suatu tempat pasti lebih memilih mall atau tempat-tempat yang terbilang 'nyaman', berAC, banyak penjual makanan dan minuman atau toko-toko yang menjual berbagai macam barang. Namun hal itu tentunya sudah biasa kita temukan terutama di kota-kota besar di mana banyak sekali gedung-gedung mall di sana sini. Sekali-sekali anda perlu berekreasi ke tempat yang berhubungan dengan alam, jauh dari kebisingan kota dan udara yang penuh polusi. Di Malang ada salah satu obyek wisata yang bisa anda pilih untuk didatangi jika anda sedang berencana untuk liburan dalam waktu dekat. Dan obyek wisata itu adalah Air Terjun Coban Glothak yang pesonanya bisa memikat hati anda.

Air Terjun Coban Glothak adalah salah satu air terjun di provinsi Jawa Timur yang lokasi tepatnya di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Coban Glotak merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah mulai terkenal di Malang, suasana udaranya masih sangat sejuk karena banyak pepohonan dan tumbuhan, selain itu juga kebersihannya masih terjaga, belum ada banyak sampah di sana. Air terjun yang berada di lereng Gunung Kawi ini menyajikan aliran air terjun yang sangat deras, dengan ketinggian air terjun mencapai 100 meter ini nampak sangat menyegarkan. Serta pemandangan alam di sekitarnya yang nampak hijau semakin membuat wisata ini menjadi sangat eksotis.

Sebagai informasi tambahan, asal muasal wisata air terjun ini bernama Coban Glotak adalah karena dulunya berasal dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama guyuran air, sehingga terdengar suara “glotak…glotak…”. Itulah sebabnya kenapa air terjun ini disebut Coban Glotak. Lingkungan wisata yang masih sangat alami membuat sebagian orang menyebut coban ini masih perawan. Berbeda halnya dengan wisata Coban Rais yang kini sudah cukup populer dan dikembangkan dengan wahana baru seperti Bukit Bulu.

Di tempat ini anda bisa berwisata dengan mengajak keluarga atau teman-teman anda, dan makin banyak orang yang anda ajak, semakin seru. Aliran sungai yang berada di bawah air terjun bisa anda gunakan untuk bermain-main, sekedar mencelupkan kaki sehabis melalui perjalanan panjang atau anda bisa juga mandi di sana. Selain itu kicauan burung-burung yang ada di sekitar area membuat anda makin betah, apalagi jika anda mendirikan kemah dan bermalam di sana. Sambil mengobrol santai di dekat api unggung yang anda buat, anda bisa merasakan ketenangan nuansa di coban ini.

Fasilitas di Air Terjun Coban Glothak

Sayangnya anda belum bisa menemukan banyak fasilitas-fasilitas penunjang yang bisa anda gunakan. Walaupun begitu anda masih bisa memanfaatkan beberapa fasilitas yang tersedia, seperti di antaranya adalah;

- Lahan parkir

Bagi anda yang pergi ke Air Terjun Coban Glothak dengan kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir dengan area parkir, di obyek wisata ini telah disediakan tempat parkir yang memadai dan lumayan luas.

- Area berkemah

Menghabiskan waktu di alam terbuka bisa menjadi salah satu pengalaman yang terlupakan. Di sana ada area yang bisa anda gunakan untuk mendirikan kemah dan mengadakan api unggun bersama keluarga atau teman-teman anda.

Semoga saja kedepannya pemerintah kabupaten Malang bisa membangun fasilitas-fasilitas penunjang yang lebih banyak lagi sehingga semakin menambah daya tarik dari tempat wisata Air Terjun Coban Glothak ini. Karena dengan potensi yang bagus, pemandangan alam yang elok dan mempesona, obyek wisata ini bisa menjadi salah satu sumber pendapatan daerah yang lumayan menjanjikan. Namun jangan ragu untuk mendatangi coban ini untuk refreshing dari segala kepenatan yang ada.

Hunting Foto di Air Terjun Coban Glothak

Bagi anda penggemar seni fotografi, anda bisa memanfaatkan beberapa spot menarik yang ada di obyek wisata ini, seperti di dekat air terjun. Airnya yang tidak deras membuat anda bisa dengan mudah mencapai area dekat air terjun untuk berfoto bersama teman-teman atau sekedar selfie ria. Selain itu pemandangan hutan nan rindang di sekelilingnya juga dapat anda jadikan sebagai target bidikan kamera. Lalu saat anda melalui perjalanan untuk menuju ke Air Terjun Coban Glothak anda akan disuguhi pemandangan dari ketinggian dan juga taman bunga dan kebun buah yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto anda. Jangan lupa anda unggah di sosial media yang anda punya, itung-itung membantu memperkenalkan tempat wisata ini.

Baca juga : Taman Wisata Lembah Dieng, Berwisata Sambil Bermain Air



Akses Jalan Menuju ke Air Terjun Coban Glothak

Bagi anda yang mau mengunjungi Air Terjun Coban Glothak, rute yang bisa diambil yaitu dari Pabrik Gula Kebun Agung menuju ke arah barat, ikuti saja terus jalan besar. Saat sampai di pertigaan ada papan petunjuk, ambil arah kiri untuk dan ikuti terus papan petunjuknya. Banyak papan petunjuk menuju ke Coban Glotak. Ikuti hingga anda menuju Desa Bedalisodo, dilanjutkan dengan melewati jalan berupa tanah liat, setapak demi setapak dilalui untuk sampai ke wisata Coban Glotak. Jarak tempuh dari Desa Bedalisodo sampai Coban Glotak sejauh 4 Km perjalanan.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Air Terjun Coban Glothak

Jam buka dari obyek wisata Air Terjun Coban Glothak adalah dari jam 07.00 sampai dengan jam 18.00 wib, setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Untuk tiket masuknya sangat murah, yaitu Rp 5.000,- per orang.

Tips Berlibur ke Air Terjun Coban Glothak

  • Siapkan stamina terbaik anda
  • Pastikan kondisi kendaraan anda baik
  • Lebih baik membawa bekal makanan dan minuman sendiri
  • Berhati-hati saat berfoto di dekat air terjun

Artikel Terkait