Air Terjun Ceuraceu, Air Terjun Terpencil di Hutan Belantara Bireuen
Air Terjun Ceuraceu merupakan air terjun di Kabupaten Bireuen yang letaknya tersembunyi dibalik hutan, menawarkan keindahan air terjun dengan 7 tingkatan berbeda.

Tak hanya pantai dan wisata kuliner, Kabupaten Bireuen nyatanya masih menyimpan pesona alam yang tersembunyi dibalik hutan dan tebing-tebing menjulang. Dari sekian banyak wisata alam yang seolah tak tersentuh ini, dikarenakan lokasi yang sulit untuk dicapai serta tak banyak wisatawan yang mengetahuinya. Salah satunya adalah Air Terjun Ceuraceu yang masih alami serta terjaga kelestariannya.

Air Terjun Ceuraceu merupakan sebuah air terjun cantik yang memiliki beberapa tingkatan dengan gemericik air jernih dari pegunungan. Wisatawan bisa menikmati beberapa tingkatan ini mulai dari tingkat terbawah hingga tingkatan paling atas yang secara keseluruhan berjumlah 7. Pesona alam sekitar yang masih asri dan udara segarpun menjadi fenomena tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

Air Terjun Ceuraceu

Secara geografis, letak Air Terjun Ceuraceu ini berada pada Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, setidaknya wisatawan harus menempuh jarak sejauh 8 kilometer dari Jalan Banda Aceh-Medan. Sebenarnya, lokasi air terjun ini cukup dekat dari jalan raya tetapi karena medan yang sulit serta lokasinya tersembunyi menjadikan air terjun ini tak banyak diketahui.

Untuk menikmati deburan air yang ada pada Air Terjun Ceuraceu ini memang diperlukan perjuangan ekstra. Dari Jalan Banda Aceh-Medan wisatawan bisa menuju ke bendungan TUMIBA09. Memang mulanya jalan sudah diaspal dengan baik, namun dari bendungan tersebut petualangan sesungguhnya baru dimulai.

Wisatawan akan dihadapkan dengan jalur yang masih berupa tanah dan berdebu ketika musim kemarau. Jalanan akan menjadi becek dan dipenuhi genangan air saat musim hujan tiba. Disisi kiri dan kanan pemandangan didominasi dengan hutan belantara yang dipenuhi dengan pepohonan hijau. Setelah melalui 3 kilometer perjalanan, jalur pun semakin sempit dan menjadi jalan setapak yang tak bisa dilalui oleh kendaraan. Terpaksa wisatawan pun harus berjalan kaki menuju ke lokasi Air Terjun Ceuraceu ini.

Pesona Air Terjun Ceuraceu

Saat wisatawan tiba tepat di lokasi Air Terjun Ceuraceu, akan tersaji sebuah fenomena air terjun cantik lengkap dengan gemericik air yang jatuh dari atas menerpa bebatuan. Keindahan air terjun ini seolah menghipnotis pandangan para pengunjung, untuk segera menikmati dingin dan segarnya air yang ada di tempat wisata ini.

Keunikan Air Terjun Ceuraceu ini berada pada tingkatan air terjun yang lokasinya terpisah namun masih dalam satu kawasan. Wisatawan bisa menulusuri keindahan air terjun tersebut, dengan mencari tingkatan-tingkatan yang menawarkan pesona tersendiri. Licinnya bebatuan sungai seolah menjadi hambatan kecil yang harus dilalui traveller untuk menikmati indahnya air terjun ini.

Air Terjun Ceuraceu

Air Terjun Ceuraceu juga membentuk sebuah kolam alami yang tepat berada dibawah air terjun. Di kolam ini, wisatawan bisa mandi, berenang atau sekedar duduk dibebatuan dan mencelupkan kaki ke segarnya air. Rasanya perjalanan panjang yang dilalui wisatawan, hilang seketika terbayar dengan keindahan dari air terjun ini.

Pemandangan alam sekitar yang dikelilingi dengan hutan belantara yang masih alami juga menjadi nilai tambah untuk Air Terjun Ceuraceu ini. Banyak ditemui pepohonan, serta tumbuhan hijau sehingga sangat sedap untuk dipandang mata. Namun berhati-hatilah, di tempat ini juga banyak ditemukan tumbuhan yang bisa membuat gatal kulit wisatawan.

Sayangnya, tempat wisata ini tak dibuka untuk umum. Wisatawan diharuskan untuk melapor terlebih dahulu kepada penduduk desa setempat sebelum menuju ke air terjun. Hal ini dikarenakan untuk mencegah perbuatan-perbuatan maksiat. Terlepas dari itu semua, pesona dari Air Terjun Ceuraceu memang sangat layak untuk dinikmati.

Air Terjun Ceuraceu memang sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang mencintai wisatawa alam. Tempat ini begitu terjaga kelestariannya, dan masih tak tersentuh oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab. Pemandangan alam sekitar juga masih sangat asri dan natural. Kicauan burung yang hinggap diranting pepohonan seolah menjadi teman setia pemecah keheningan hutan belantara.

Fasilitas Air Terjun Ceuraceu

Sayangnya fasilitas di Air Terjun Ceuraceu tak sebanding dengan keindahan yang ditawarkannya. Wisatawan dipastikan tidak dapat menemukan fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir aman atau mushola untuk beribadah. Hal ini cukup dimaklumi mengingat letak dari tempat wisata ini berada ditengah hutan belantara.

Selain itu, juga masih belum ditemukan warung-warung yang berjualan disekitar lokasi air terjun. Wisatawan disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah atau membeli terlebih dahulu di kota. Tak hanya itu, jalan menuju ke air terjun pun cukup ekstrim dan masih berupa tanah. Petunjuk arah pun sama sekali tak dijumpai, sehingga wisatawan bisa tersesat.

Baca Juga: Pantai Kuala Raja, Pantai Berpasir Coklat nan Eksotis

Jika ingin bermalam, wisatawan bisa menginap di Bireuen. Terdapat beberapa hotel dan penginapan yang bisa disewa untuk bermalam. Berwisata di Air Terjun Ceuraceu bisa menjadi pilihan menarik dikala akhir pekan. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di tempat tersebut.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Air Terjun Ceuraceu benar-benar akan memanjakan pandanganmu dengan pesonanya yang memukau. Jika kamu berkunjung di tempat wisata yang terletak di Bireuen ini, kamu bisa menikmati setiap tetes air yang jatuh mengenai bebatuan. Kamu juga bisa merasakan sensasi berdiri tepat dibawah air terjun, serta menikmati setiap deburan air yang membasahi tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa dengan leluasa bermain air, berenang dan mandi dikolam alami yang berisikan dengan air bersumber dari pegunungan. Tempat ini memang sangat cocok bagi kamu yang mendambakan sebuah  tempat wisata yang tenang dan tentram untuk refreshing.

Hunting Foto

Keindahan dari Air Terjun Ceuraceu memang sangat sayang jika tak diabadikan dengan kamera. Kamu bisa memotret pemandangan alami disekitar air terjun, atau juga memotret di tingkatan-tingkatan lain air terjun. Semuanya cukup bagus untuk kamu potret menjadi sebuah karya fotografi landscape.

Selain itu, jangan lupa juga untuk berfoto selfie bersama teman-teman ketika berada di air terjun. Kamu bisa menggunakan air terjun sebagai background berfoto, atau duduk dibebatuan sungai yang ada disekitar air terjun. Namun selalu waspadalah, karena bebatuan yang licin sehingga bisa membuatmu terpeleset dan jatuh ke sungai.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Ceuraceu

Untuk memasuki Air Terjun Ceuraceu, wisatawan tidak dikenakan biaya sedikitpun alias gratis.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata di Air Terjun Ceuraceu

  • •Sebaiknya, izin terlebih dahulu kepada penduduk desa setempat sebelum menuju ke air terjun.
  • •Persiapkanlah kondisi fisik, karena perjalanan menuju air terjun yang cukup melelahkan.
  • •Bawalah bekal sendiri, karena dipastikan tidak ada penjual makanan dan minuman dilokasi air terjun.
  • •Tetap berhati-hati ketika dalam perjalanan, karena jalan yang cukup terjal dan melalui hutan belantara.
  • •Berhati-hatilah ketika berada di air terjun, karena bebatuan sungai yang licin terkena air.
  • •Janganlah tinggalkan sampah di lokasi air terjun, siapkanlah kantong plastik dan buang sampah tersebut ke tempatnya.
  • •Jagalah kelestarian air terjun, dengan tak merusak segala yang ada didalamnya.

 

Artikel Terkait