Air Terjun Blang Kolam, Air Terjun Eksotis di Pedalaman Aceh Utara
Air Terjun Blang Kolam merupakan tempat wisata yang menawarkan pesona air terjun eksotis, yang berada di tengah hutan belantara. Keunikan air terjun ini terdapat pada aliran air terjun yang terbagi menjadi dua serta ketinggian yang mencapai 75 meter.

Tak hanya deretan pantai indah yang mampu menarik decak kagum wisatawan, nyatanya Aceh Utara masih menyimpan puluhan panorama alam yang memukau. Sebagian besar wisata alam ini tersembunyi dibalik hutan, perbukitan serta tebing tinggi menjulang, sehingga tak banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Salah satunya adalah Air Terjun Blang Kolam yang menyajikan panorama alam luar biasa.

Air Terjun Blang Kolam merupakan sebuah air terjun yang keberadaanya tertutupi oleh hutan belantara. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan berupa air terjun eksotis, lengkap dengan gemericik air yang jernih. Air terjun ini menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat Aceh terutama sekitar Aceh Utara dan Lhokseumawe. 

Air Terjun Blang Kolam

Secara geografis, letak Air Terjun Blang Kolam berada pada Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun ini, setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 21 kilometer atau dengan melakukan perjalanan selama 40 menit dari Kota Lhokseumawe. Namun perjalanan akan lebih lama jika wisatawan datang dari ibukota Aceh Utara, Lhoksukon yaitu sekitar 1 jam 15 menit.

Wisatawan bisa menggunakan berbagai macam alternatif transportasi untuk menuju ke Air Terjun Blang Kolam. Terdapat transportasi umum yang bisa digunakan seperti bus, becak motor, taksi, atau labi-labi meskipun kini sudah mulai jarang ditemui. Jika memilih berangkat dengan kendaraan pribadi, wisatawan juga tak akan kesulitan menemukan lokasi air terjun karena telah terdapat petunjuk arah yang memudahkan pengunjung.

Sesampainya di tempat parkir, wisatawan diharuskan berjalan terlebih dahulu menuruni anak tangga yang jumlahnya lebih dari 600 buah. Memang diperlukan usaha yang ekstra untuk menikmati keindahan air terjun ini. Disarankan saat menuruni anak tangga tersebut, wisatawan selalu waspada karena anak tangga sebagian telah rusak serta ditumbuhi lumut, sehingga cukup licin untuk dilalui ketika cuaca hujan.

Pesona Air Terjun Blang Kolam

Ketika berada di lokasi air terjun, pandangan akan dipertontonkan dengan fenomena air terjun eksotis yang sangat indah dan menawan. Pesona dari air terjun ini akan membuat takjub bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat wisata ini. Deburan air yang tiada henti jatuh ke kolam menciptakan suasana asri berpadu dengan rindangnya hutan belantara.

Nama dari Air Terjun Blang Kolam, diambil dari bentuknya yang menyerupai cawan raksasa. Memang terdapat sebuah kolam alami dengan genangan air yang sangat jernih berasal dari pegunungan. Air di tempat ini sangat segar, berwarna kehijauan seolah menyihir wisatawan untuk segera menceburkan diri untuk menikmati segarnya air.

Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam diperkirakan memiliki ketinggian mencapai 75 meter, sehingga terciptalah gemuruh suara air yang jatuh mengenai bebatuan sungai. Uniknya, terdapat dua aliran air terjun yang saling berdampingan. Kondisi tersebut juga seolah mempercantik air terjun yang berada di Aceh Utara ini.

Bak surga yang tersembunyi, air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi serta dipenuhi dengan tananaman hijau yang tumbuh subur. Bebatuan besar juga akan dijumpai wisatawan disekitar air terjun, menjadi hiasan alami yang menambah keeksotisan air terjun ini. Hutan yang masih asri dan lestari, serta kicauan burung yang bersahutan menciptakan suasana damai dan tentram.

Rasanya tak lengkap jika setelah tiba di air terjun ini, namun tak menikmati segarnya air dengan berenang atau mandi di kolam. Wisatawan bisa dengan bebas bermain air atau mandi, kolamnya pun tak terlalu dalam sehingga cukup aman bagi wisatawan. Berenang di segarnya air, seolah lelah yang didapat usai melakukan perjalanan panjang sirna seketika.

Air Terjun Blang Kolam memang menawarkan pemandangan alam yang begitu indah dan mempesona. Tak aneh jika tempat ini menjadi destinasi favorit bagi masyarakat Aceh meskipun diperlukan usaha ekstra untuk mencapainya. Air terjun ini tak pernah sepi pengunjung ketika akhir pekan atau hari libur tiba. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin refreshing dan juga menghilangkan stres.

Fasilitas Air Terjun Blang Kolam

Meskipun letak dari Air Terjun Blang Kolam yang berada di hutan, fasilitas di tempat wisata ini tergolong cukup memadai. Tempat wisata pun dikelola secara apik, sehingga memberikan kenyaman dan keamanan bagi wisatawan. Sudah tersedia fasilitas umum seperti toilet, serta mushola yang bisa digunakan untuk beribadah.

Tak hanya itu, di tempat wisata ini juga telah tersedia listrik sehingga kamu tak perlu khawatir jika kamu kehabisan baterai ponsel atau kamera. Terdapat pula tempat parkir yang cukup luas, dan dijaga oleh petugas sehingga kamu tak perlu khawatir kendaraanmu akan hilang.

Baca Juga: Pantai Krueng Geukuh, Fenomena Pantai di Balik Pelabuhan

Selain itu, di lokasi air terjun juga telah dijaga oleh petugas yang selalu mengawasi wisatawan. Dengan adanya petugas ini, maka wisatawan bisa berlibur dengan tenang. Keberadaan petugas ini guna untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan, atau wisatawan yang tenggelam saat berenang.

Wisatawan juga tak perlu khawatir jika merasa lapar, karena terdapat penjual makanan dan minuman disekitar air terjun. Secangkir kopi atau teh hangat, bisa sedikit mengobati rasa dingin yang hinggap usai menikmati segarnya air terjun.

Jika ingin bermalam, juga terdapat beberapa pilihan hotel dan penginapan yang ada di Kota Lhokseumawe. Memang masih belum ada penginapan didekat lokasi air terjun, karena lokasinya yang terpencil dan tersembunyi.

Berkunjung di Air Terjun Blang Kolam bisa dijadikan alternatif ketika berada di Aceh. Berikut kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di tempat wisata tersebut.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Kamu tak akan rugi jika berkunjung ke Air Terjun Blang Kolam meskipun harus menuruni anak tangga yang jumlahnya lebih dari 600 buah. Air terjun ini menawarkan keindahan panorama alam yang begitu alami. Kamu akan disuguhkan dengan dua air terjun sekaligus, yang jatuh bersamaan ke dalam kolam alami.

Kamu bisa bermain air, mandi dan juga berenang sembari menikmati segarnya air. Atau kamu juga bisa merasakan deburan air yang jatuh dari ketinggian 75 meter. Sensasi yang akan dirasakan begitu mengasyikkan ketika seluruh tubuh dibasahi oleh air, kegiatan ini juga bisa sebagai refleksi secara alami. Selain itu, pemandangan hutan yang alami serta udara segar sangat cocok bagi kamu yang ingin refreshing dari jenuhnya kegiatan sehari-hari.

Camping

Wisatawan juga diizinkan untuk bermalam dengan membangun tenda disekitar air terjun. Namun kamu harus membawa tenda sendiri karena masih belum ada persewaan tenda disekitar tempat wisata ini. Ajaklah beberapa teman atau kerabat dekat untuk menghabiskan malam di dekat air terjun yang indah ini.

Saat perut keroncongan, kamu juga bisa memancing disekitar sungai. Dengan langsung membakarnya, akan terasa nikmat menyantap tangkapan ikan segar dialam liar. Tak perlu khawatir, karena di air terjun ini juga telah ada petugas keamanan yang selalu siap mengawasi para wisatawan.

Hunting Foto

Rasanya kurang lengkap jika ketika berada di Air Terjun Blang Kolam, namun tak bergaya didepan kamera untuk mengabadikan momen yang langka ini. Kamu bisa berselfie bersama teman dibeberapa spot yang bisa kamu jadikan sebagai background berfoto.

Terdapat begitu banyak pemandangan indah yang bisa kamu abadikan seperti air terjun, bebatuan sungai besar, atau kolam alami yang dipenuhi dengan jernihnya air. Tak jarang banyak pula wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari luar kota untuk mengabadikan panorama di Air Terjun Blang Kolam.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Blang Kolam

Untuk memasuki tempat wisata ini, wisatawan hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan untuk parkir, dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Air Terjun Blang Kolam

Tips Berwisata di Air Terjun Blang Kolam

  • Sebaiknya persiapkan kondisi fisik terlebih dahulu sebelum berangkat ke air terjun.
  • Jangan datang di air terjun ketika cuaca sedang tak bagus, karena cukup berbahaya.
  • Sebaiknya jangan terlalu banyak membawa barang bawaaan.
  • Berhati-hatilah ketika menuruni dan menaiki anak tangga, karena beberapa sudah rapuh dan licin dtumbuhi oleh lumut.
  • Jagalah kebersihan air terjun dengan tak membuang sampah sembarangan.
  • Jagalah kelestarian Air Terjun Blang Kolam dengan tak merusak apapun yang ada didalamnya.

Artikel Terkait