Nikmati Kesegaran Wisata Alam di Air Terjun Air Bunyi
Air terjun air bunyi yang berlokasi di Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau tepatnya di desa Air Bini Kecamatan Siantan Selatan. Keindahan air terjun ini pada tingkatan aliran airnya

Aliran air ini melewati bebatuan yang berukuran cukup besar sekitar 2 km. Perjalanan menuju air terjun ini harus menggunakan perahu bermotor yang kecil karena harus melewati rawa-rawa. Air terjun air bunyi ini sangat cocok untuk referensi berlibur Anda yang ingin mendapatkan kesegaran atau menghilangkan stress karena pesonya yang memukau. Air yang begitu jernih yang turun dari atas ke bawah aliran sungai akan membuat Anda ingin berlama-lama ngadem disana. Karena air terjun juga berasal dari pegunungan, membuat airnya begitu menyehatkan dan menyegarkan.

Buka Jam dan Harga Tiket ke Air Terjun Air Bunyi

Objek wisata seperti air terjun air bunyi ini umumnya memiliki harga tiket yang cukup murah dan biasanya buka atau diperbolehkan pada saat sedang tidak hujan deras karena cukup berbahaya. Hanya saja Anda mungkin akan dikenai biaya untuk penggunaan fasilitas dan juga perjalanan menuju air terjun cukup jauh.

Tips Berlibur ke Air Terjun Air Bunyi

Bila Anda berlibur ke objek wisata alam, tentu saja ada beberapa hal yang perlu Anda tahu agar liburan Anda tidak mengalami masalah apapun. Berikut tips berlibur ke air terjun air bunyi yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Siapkan Peta
  • Membawa Baju Ganti
  • Menggunakan Atau Membawa Sandal yang Antiselip
  • Sediakan Air Mineral
  • Drybag
  • Berhati-hati Saat Musim Hujan
  • Berhati-hati Ada Binatang Liar
  • Datang Pada Pagi Hari dan Pulang Sebelum Gelap
  • Persiapkan Peralatan Khusus

Air terjun merupakan objek wisata yang begitu asyik, namun ada beberapa tempat pada wisata air terjun tidak memiliki infrastruktur yang cukup baik. Namun Anda juga tidak perlu khawatir, karena zaman saat ini sudah sangat maju. Anda cukup memiliki aplikasi penunjuk arah agar sampai tujuan tanpa tersesat.

Baca Juga : Vihara Dharma Dwiepa, Keunikan Vihara dengan Interior Gaya Tionghoa

Aplikasi penunjuk arah ini juga biasanya bisa memberikan rute jalan yang terbaik untuk Anda. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga akan memberikan perkiraan lama sampainya di tempat tujuan.

Ketika berlibur ke air terjun, sayang sekali rasanya bila tak merasakan segarnya air tersebut. Untuk itu Anda harus mempersiapkan baju ganti untuk mengantisipasi baju Anda basah kuyup.

Bila sudah berencana basah-basahan dengan air, sebaiknya gunakan baju yang bahannya ringan. Baju dengan bahan ringan bila terkena air tidak akan mengganggu aktivitas bermain air.

Pada umumnya jalanan menuju air terjun maupun di bebatuan dekat air terjun cukup licin. Hal ini karena tumbuhnya lumut di tempat-tempat yang sering basah seperti di air terjun ini. Sebaiknya menggunakan sandal yang tahan air dan antiselip agar menghindarkan Anda mudah terpleset.

Berlibur ke objek wisata air terjun biasanya membutuhkan perjalanan yang cukup jauh. Ini karena air terjun yang letaknya di pegunungan sehingga tidak bisa ditempuh dengan kendaraan. Di dalam objek wisata juga belum tentu ada yang mennjual minuman dan air mineral ini juga cukup baik untuk pengganti cairan tubuh Anda.

Barang satu ini cukup penting, terutama bagi Anda yang tidak bisa jauh dari gadget. Drybag ini adalah tempat penyimpanan barang Anda seperti gadget agar terlindung dari air. Biasanya di luar tempat wisata air terjun ada penjual yang menawarkan barang ini.

Namun Anda juga dapat menggunakan alternatif lain dengan tas yang terbuat dari bahan parasut atau kantong plastik. Tetapi Anda juga perlu memastikan kantong tersebut tertutup secara rapat.

Ini adalah salah satunya hal yang sangat perlu Anda waspadai bila berwisata ke air terjun. Bila air hujan yang turun begitu deras jelas akan sangat berbahaya. Selain itu aktivitas seperti berfoto yang bisa Anda lakukan tidak banyak.

Pada umumnya objek wisata seperti air terjun lingkungannya masih berada di alam. Tak jarang objek wisata ini harus memasuki wilayah hutan terlebih dahulu untuk sampai disana. Sebaiknya Anda tidak mengganggu hewan-hewan yang hidup di sekitar air terjun.

Berlibur ke air terjun sangat asyik bila datang pada pagi hari, karena udara yang masih begitu sejuk sehingga bermain air akan sangat menyenangkan. Sebaiknya pula Anda pulang dari objek wisata ini sebelum matahari terbenam karena lokasi air terjun yang terbilang cukup menakutkan bila gelap karena masih berada di wilayah hutan.

Sebelum berlibur ke air terjun yang berlokasi cukup jauh dari jalan raya atau jalanan yang bisa dilalui kendaraan seperti hutan, Anda memerlukan sepatu atau sandal yang sesuai. Jangan lupa untuk membawa pelindung kamera juga, karena mungkin saja terkena cipratan air.


Artikel Terkait