Air Terjun 7 Bidadari, Gemuruh Air Pemecah Keheningan Rimba
Air Terjun 7 Bidadari merupakan sebuah air terjun yang terletak di Aceh Utara, air terjun ini berada di tengah hutan belantara dan menawarkan panorama air terjun dengan beberapa tingkatan berbeda.

Pesona alam yang dimiliki Aceh Utara seakan tiada habisnya untuk ditelusuri. Dikabupaten ini masih menyimpan beberapa tempat wisata perawan, yang jarang dikunjungi. Meskipun demikian, keindahan dari objek wisata yang tersimpan rapi dibalik kekayaan alam Aceh tak hentinya mengundang rasa penasaran bagi wisatawan. Air Terjun 7 Bidadari merupakan salah satu diantaranya, menawarkan keindahan air terjun dibalik lebatnya hutan belantara.

Air Terjun 7 Bidadari dikenal memiliki panorama alam yang sungguh indah dan mempesona. Tersembunyi di dalam hutan belantara yang masih liar, tempat wisata ini seolah terlindungi dan terjaga kelestariannya. Gemericik air yang jatuh menerpa bebatuan menciptakan suasana nyaman, sehingga membuat wisatawan betah berlama-lama menikmatinya.

Air Terjun 7 Bidadari

Secara geografis, letak Air Terjun 7 Bidadari berada pada Desa Pulo Meuria, Kecamatan Geureudong Pase, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Untuk menuju ke tempat wisata ini, setidaknya wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 50 kilometer atau dengan perjalanan selama satu jam dari Kota Lhokseumawe.

Perjalanan menuju ke air terjun ini mulanya memang cukup mudah untuk dilakukan, jalan yang diaspal dengan baik serta banyaknya pilihan transportasi yang bisa digunakan wisatawan. Namun ketika tiba di Kecamatan Geureudong Pase, wisatawan dipaksa untuk melalui jalanan yang cukup ekstrim membelah hutan belantara. Kondisi jalan masih berupa tanah yang bercampur dengan bebatuan, sehingga cukup menantang dan memacu adrenalin.

Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun 7 Bidadari biasanya menggunakan kendaraan roda dua seperti motor trail yang bisa melalui medan berat. Ketika melalui jalur yang membelah hutan ini, pengunjung tak jarang harus naik turun bukit, melewati perkebunan sawit, serta sungai yang tingginya mencapai pinggang orang dewasa. Memang bukan pekerjaan yang mudah untuk menikmati keindahan air terjun yang satu ini.

Bagi wisatawan yang hobi dalam menunggangi trail, bisa melampiaskan hasratnya dengan mencoba medan yang berat ini. Banyak pula, pengendara yang tak sanggup dan menyerah ditengah jalan sehingga terpaksa harus dievakuasi. Tempat wisata ini memang sangat cocok bagi seseorang berjiwa petualang dan menyukai tantangan.

Pesona Air Terjun 7 Bidadari

Ditengah-tengah perjalanan menyusuri hutan, wisatawan akan disajikan dengan pemandangan alam berupa pepohonan rindang, perbukitan hijau, serta hamparan perkebunan sawit yang luas. Pemandangan ini seolah menjadi oase dari beratnya medan serta sulitnya jalanan yang harus dilalui oleh wisatawan.

Setelah melalui perjalanan sejauh 10 kilometer kedalam hutan, wisatawan akan menemukan Barak Komando yang menjadi tempat istirahat bagi para pekerja di perkebunan sawit. Wisatawan bisa beristirahat disini, terdapat beberapa bangunan permanen yang bisa digunakan untuk menghilangkan penat dan mengusir rasa lapar.

Air Terjun 7 Bidadari

Dari Barak Komando, wisatawan harus melanjutkan perjalanan lagi menuju ke Bukit Tualang, disini pengunjung harus memarkirkan motor dan berjalan kaki karena medan yang sudah tidak bisa dilalui oleh kendaraan. Setelah naik turu bukit, melewati hamparan perkebunan sawit dan sungai, wisatawan akan disuguhkan dengan sebuah fenomena air terjun yang sangat cantik, inilah Air Terjun 7 Bidadari.

Masih belum diketahui secara pasti, darimana asal penamaan air terjun ini. Yang pasti, air terjun ini memang sangat mempesona bak bidadari yang turun dari kayangan. Keindahan air terjun ini sangat terjaga, seolah terlindungi oleh lebatnya hutan belantara. Deburan air yang jatuh menerpa bebatuan besar dibawahnya juga seakan menyihir wisatawan untuk segera menikmati segarnya air.

Setelah melakukan perjalanan panjang yang menguras stamina, wisatawan bisa langsung menceburkan diri pada kolam yang tepat berada di bawah Air Terjun 7 Bidadari. Dibawahnya terdapat pula sebuah batu kali dengan ukuran besar, yang sering digunakan wisatawan untuk menikmati derasnya air terjun.

Air Terjun 7 Bidadari disebutkan memiliki 7 tingkatan air terjun dengan keindahan yang berbeda, bahkan ada yang mengatakan tingkatan di air terjun ini mencapai 10. Jarak antara tingkatan satu dengan lainnya sekitar 3 hingga 4 meter dengan rata-rata ketinggian air terjun mencapai 5 meter. Jika wisatawan penasaran, bisa menelusuri tingkat demi tingkat air terjun ini dengan menaiki bebatuan yang ada disekitar lokasi.

Pesona yang ditawarkan Air Terjun 7 Bidadari memang sangat menawan, airnya yang jernih berwarna kebiruan bisa langsung diminum untuk sekedar melepas dahaga. Keindahan hutan belantara yang mengitarinya juga menciptakan suasana yang rindang dan asri. Sungguh sebuah tempat wisata istimewa yang sangat sepadan dengan perjuangan untuk mencapainya.

Fasilitas Air Terjun 7 Bidadari

Sayangnya, tempat wisata yang mempesona ini tak berbanding lurus dengan fasilitas disekitarnya. Memang dapat dimaklumi, karena tempatnya yang terpencil dan berada di tengah hutan belantara. Wisatawan dipastikan tidak akan menemukan fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet atau mushola.  

Selain itu, jangan harap bisa menemukan penjual makanan atau minuman di sekitar Air Terjun 7 Bidadari, wisatawan disarankan untuk membawa bekal terlebih dahulu sebelum memasuki kawasan hutan belantara. Bagi yang ingin menginap, wisatawan bisa memilih hotel dan peningapan yang ada di Kota Lhoksukon.

Baca Juga: Air Terjun Blang Kolam, Air Terjun Eksotis di Pedalaman Aceh Utara

Berkunjung ke Air Terjun 7 Bidadari memang menjadi sebuah tantangan tersendiri serta memberikan pengalaman tak terlupakan. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke air terjun tersebut.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Meskipun dibutuhkan usaha ekstra untuk mencapainya, Air Terjun 7 Bidadari tetap layak dan patut untuk dikunjungi. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun eksotis ini ditengah hutan belantara yang lebat. Derasnya air yang jatuh juga menjadi daya tarik tersendiri, kamu bisa berenang, mandi, atau merasakan sensasi berada tepat dibawah air terjun dengan guyuran air yang tiada henti.

Jika kamu tak puas, kamu juga bisa menikmati beberapa tingkatan di air terjun ini. Semuanya sungguh indah, dengan karakteristik serta pesona yang berbeda. Tempat wisata ini memang sangat cocok bagi kamu yang mendambakan ketenangan dan ketentraman, serta menghilangkan rasa jenuh dari aktivitas sehari-hari.

Membelah Hutan Dengan Mengendarai Trail

Jika kamu seseorang yang memiliki jiwa petualang dan hobi dengan tantangan, maka kamu bisa menelusuri hutan belantara tempat dimana Air Terjun 7 Bidadari berada. Kamu bisa mengendarai trail, serta menjajal lintasan yang berat berupa tanah bercampur batu. Selain itu, kamu juga akan dihadapkan dengan perpukitan, perkebunan sawit, serta arus sungai yang menantang.

Camping

Kamu juga bisa menginap di Air Terjun 7 Bidadari dengan membangun tenda disekitarnya. Ajaklah beberapa teman atau kerabat, untuk menghabiskan malam di sebuah air terjun yang eksotis ini. Dengan bermalam di sekitar air terjun, pastinya akan memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan.

Ketika perut tengah keroncongan kamu bisa mencari ikan dengan melemparkan kail disungai. Cukup dengan umpan cacing tanah, kamu akan mendapatkan ikan segar yang siap untuk dibakar menjadi santapan lezat. Buatlah api unggun ketika malam tiba, hangatnya kebersamaan akan menjadi tersendiri ditengah lebatnya hutan belantara.

Hunting Foto

Hunting foto juga menjadi aktivitas yang wajib ketika kamu tengah berada di Air Terjun 7 Bidadari ini. Kamu bisa mengabadikan momen ketika berkunjung ke tempat wisata yang berada di Aceh Utara tersebut. Terdapat beberapa objek indah, yang bisa kamu potret atau menjadi backgroud berfoto seperti air terjun, bebatuan besar, atau juga hutan yang masih lestari.

Jika ingin merasakan sensasi memotret yang berbeda, maka sebaiknya bawalah kamera anti air. Kamu bisa memotret didalam kolam ketika tengah berenang. Ikan-ikan disungai akan senantiasa setia ikut berpose dalam foto jepretanmu.

Harga Tiket Masuk Air Terjun 7 Bidadari

Untuk memasuki kawasan wisata ini, wisatawan tidak dipungut biaya masuk sedikitpun.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Air Terjun 7 Bidadari

Tips Berwisata di Air Terjun 7 Bidadari

  • Persiapkan kondisi fisik dan stamina, sebelum menuju ke air terjun karena perjalanan yang berat dan menguras tenaga.
  • Sebaiknya pantaulah cuaca sebelum bertolak ke air terjun, karena ketika hujan medan akan semakin berat dipenuhi dengan lumpur.
  • Tetap berhati-hati ketika memasuki hutan, karena tak sedikit yang menyerah karena beratnya medan.
  • Bawalah perbekalan secukupnya, karena jika berlebihan akan menyulitkan diri dalam perjalanan.
  • Sebaiknya bawa bekal makanan dan minuman, karena tidak ada warung disekitar lokasi wisata.
  • Jagalah kebersihan lokasi wisata dengan tak membuang sampah sembarangan.
  • Jagalah kelestarian tempat wisata dan jangan merusak apapun yang ada didalamnya.
  • Berdoalah sebelum berangkat, agar liburanmu lancar sesuai dengan rencana.

  

Artikel Terkait