Air Panas Taubat, Sang Mata Air Penyembuh dari Kepulauan Bawean
Gresik memang memiliki banyak objek wisata yang sangat unik, salah satunya adalah Pemandian Air Panas Taubat, pemandian air panas ini juga terkenal sebagai salah satu mata air penyembuh yang berada di kepulauan bawean lho!

Kamu ingin pergi mengunjungi sebuah tempat wisata bersama sahabat atau keluarga, namun masih bingung harus pergi ke mana? Coba deh kunjungi tempat wisata yang satu ini, yaitu Air Panas Taubat. Pemandian air panas ini berada di kawasan Dusun Taubat Desa Sungairujing Kecamatan Sangkapura, berjarak 5 kilometer dari Pelabuhan Sangkapura atau dikenal juga dengan Bawean. Sumber mata air dari pemandian ini tergolong cukup besar. Selain digunakan untuk pemandian, air panas taubat juga dimanfaatkan oleh penduduk lokal untuk kebutuhan air rumah tangga sehari-hari dan juga sebagai sumber air irigasi pertanian di kawasan tersebut. Sumber air panas ini sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Potensi air panas taubat ini sering dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk terapi kesehatan. Dengan berendam di sini, pengunjung akan mendapatkan berbagai manfaat lho. Salah satu manfaat yang sangat dipercayai oleh penduduk lokal adalah badan menjadi segar dan rasa lelah akan hilang seketika. Selain itu, pemandian air panas ini juga dipercaya dapat melemaskan otot, melancarkan peredaran darah, dan meremajakan kulit. Karena belum banyak diketahui keberadaanya oleh para wisatawan, di hari libur hanya warga desa setempat yang meramaikan objek wisata tersebut.

Namun sayang, mata air dari pemandian Air Panas Taubat ini kerap kali kotor karena warga lokal menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti mencuci pakaian, dan lebih parahnya lagi ada yang dengan sengaja melemparkan kotoran di sana sehingga membuat pengunjung merasa tak nyaman. Hal ini terjadi karena pemerintah tidak mengelola objek wisata tersebut.

Fasilitas dan Akomodasi yang Terdapat di Air Panas Taubat

Sebenarnya tak banyak sarana ataupun prasarana yang dapat kamu temukan di objek wisata ini, Karena pemerintah tidak mengelola tempat ini. Mungkin saja fasilitas yang akan kamu temukan di sana berupa toilet dan tempat mencuci baju yang dibuat seadanya oleh penduduk lokal. Namun sekarang, pemerintah Gresik sudah mulai meperhatikan objek wisata ini dan harapannya nanti akan dikelola dan dikembangkan sehingga nantinya selain dapat bermanfaat, juga dapat menunjang ekonomi penduduk lokal.

Pemandangan alam di sekitar pemandian air panas ini juga terkenal keren lho, sebab objek wisata alam ini berada di antara deretan persawahan dan perbukitan sehingga menjadi spot berfoto ria yang sangat cocok bersama dengan sahabat, ataupun keluarga kamu.

Hunting foto di Air Panas Taubat

Sudah banyak pengunjung yang telah mengabadikan momen bersama sahabat dan keluarga ketika berada di objek wisata ini. Namun kalau kamu ingin berfoto di sekitar pemandian Air Panas Taubat, disarankan untuk berhati-hati ya. Karena mungkin saja aktivitas yang kamu lakukan ini akan membuat para pengunjung ataupun penduduk lokal merasa tidak nyaman. Banyak spot foto yang keren di objek wisata ini dan salah satunya disini nih!

Spot foto ini berada tak jauh dari objek wisata pemandian air panas taubat, Keren bukan? Selain disini, masih banyak kok spot berfoto yang tidak kalah keren dengan yang satu ini. Kamu dapat mencarinya dengan mudah lantaran tempat ini masih dibilang natural. Pemandian air panas ini ternyata mengandung sulfur dan berbagai macam zat lainnya yang memiliki banyak manfaat lho. Sulfur memiliki kadar keratin protein yang cukup tinggi sehingga berguna untuk membantu pertumbuhan tulang, kuku, serta rambut.

Baca juga: Air Panas Kepuh, Pemandian Air Panas yang Dipercaya Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit Kulit

Akses Jalan Menuju Air Panas Taubat

Untuk akses jalan menuju objek wisata yang satu ini terbilang cukup mudah. Jika berada di luar Pulau Bawean, kamu dapat menggunakan speed boat untuk mencapai Pelabuhan Bawean. Setelah itu, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat untuk menuju Desa Sungairujing. Untuk lebih jelasnya dapat kamu lihat pada peta berikut ini:

Waktu tempuh yang diperlukan dari Pelabuhan Bawean menuju Desa Sungairujing adalah kurang dari 1 jam. Karena objek wisata ini belum tertanda di google map, kamu harus mengandalkan "GPS" atau bisa disebut dengan Gunakan Penduduk Sekitar untuk mencapai pemandian air panas ini. Kamu dapat bertanya kepada penduduk lokal mengenai lokasi dari objek wisata alam ini, cukup mudah bukan?

Jam buka dan Harga Tiket di Air Panas Taubat

Untuk jam buka dari objek wisata ini adalah 24 jam, dan kamu tidak dipungut biaya sepeserpun untuk memasuki objek wisata ini. Yap, kita dapat menyebutnya dengan gratis! Hal ini dikarenakan pemandian air panas taubat belum dikelola dan diberdayakan baik oleh pemerintah, maupun penduduk lokal.

Tips Berlibur ke Air Panas Taubat

Jika kamu telah sepakat untuk pergi berlibur ke sini bersama dengan sahabat ataupun keluarga, ada beberapa hal yang perlu diingat nih. Yang pertama adalah sediakan uang yang cukup ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Jangan lupa juga untuk memesan kamar hotel ataupun penginapan jika kamu berada di pulau ini lebih dari sehari. Dan usahakan untuk bersikap sopan dan ramah kepada penduduk lokal ketika kamu bertanya mengenai lokasi dari pemandian air panas ini. Dan yang terpenting adalah jangan lupa untuk berdoa dan memohon keselamatan ketika berkunjung ke objek wisata alam ini.

Begitulah ulasan singkat mengenai Air Panas Taubat, Sang Mata Air Penyembuh dari Kepulauan Bawean. Jika kamu ingin berkunjung ke objek wisata ini bersama dengan sahabat ataupun keluarga, jangan lupa untuk menerapkan berbagai tips di atas ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu dan selamat berlibur!

Artikel Terkait