Air Panas Semurup, Wisata Pemandian Air Panas Alami yang Berbalut Sebuah Misteri
Air Panas Semurup merupakan pemandian sumber air panas alami yang terletak di Kabupaten Kerinci. Sumber air panas ini berada di dataran tinggi yang tepatnya di kaki Gunung Kerinci. Terdapat sebuah misteri, bahwa sumber air panas ini sering dijadikan sebagai tempat bunuh diri.

Kabupaten Kerinci memiliki sebuah ikon wisata yaitu Gunung Kerinci, yang menjadi salah satu spot pendakian favorit di Indonesia. Terlepas dari seluruh misteri yang menyelimuti, gunung berapi yang hingga kini masih aktif ini juga menimbulkan berbagai fenomena alam seperti munculnya beberapa sumber air panas alami yang salah satunya adalah Air Panas Semurup. 

Keberadaan Air Panas Semurup ini memang tergolong unik, karena letaknya yang berada di dataran tinggi. Tempat wisata yang menjadi salah satu andalan Kabupaten Kerinci ini pun mampu menarik minat pengunjung. Suhu udara dataran tinggi yang cenderung dingin, menjadikan banyak wisatawan yang ingin berendam merasakan kehangatan yang ada pada sumber air panas ini.

Air Panas Semurup

Secara geografis, Air Panas Semurup terletak pada Desa Batu Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Jika wisatawan hendak bertolak ke sumber air panas ini, maka harus menempuh jarak kurang lebih 12 kilometer dari Sungai Penuh. Jaraknya memang cukup dekat, dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan bila datang dari Kota Jambi, perjalanan pun akan memakan waktu lebih lama. Pengunjung harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 11 jam dari Kota Jambi. Jalan berkelok pun akan sering dijumpai, sehingga wisatawan harus berhati-hati dan waspada. Namun semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang disajikan selama perjalanan menuju ke Air Panas Semurup.

Pesona Air Panas Semurup

Sebenarnya di kaki Gunung Kerinci terdapat beberapa sumber air panas, namun Air Panas Semurup inilah yang paling sering dikunjungi wisatawan. Hal ini dikarenakan aktivitas vulkanik dari Gunung Kerinci yang hingga saat ini masih aktif. Memiliki lebar sekitar 15 meter persegi dan kedalaman mencapai 5 meter, sumber air panas ini sangat cocok untuk melepas penat dan mengobati rasa dingin yang menyerang.

Menurut penduduk setempat, sumber air panas ini sudah ada sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Pemandian ini pun sempat digunakan oleh tentara Belanda untuk berendam. Hingga kini masih bisa dijumpai beberapa bangunan peninggalan Belanda, yang telah direnovasi pada beberapa bagiannya.

Air Panas Semurup

Pemandian Air Panas Semurup memang tergolong unik, karena sangat jarang terdapat sumber air panas alami pada ketinggian 800 meter diatas permukaan laut. Tempat ini seakan menjadi sebuah oase ditengah udara dingin yang menusuk tulang. Suhu air yang mencapai 80 derajat celcius ini, membuat wisatawan tidak bisa leluasa untuk berendam.

Suhu air yang sangat tinggi ini menyebabkan keluarnya asap dari sumber air panas. Selain itu, air pun mengeluarkan warna biru yang sangat cantik, dan cukup tenang. Aroma belerang yang dikeluar Air Panas Semurup dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan juga reumatik.

Selain berendam menikmati air hangat pada kolam yang disediakan, wisatawan juga bisa mencoba untuk merebus telur ataupun pisang pada sumber air panas. Tingginya suhu air membuat telur akan segera matang dalam waktu beberapa menit saja. Wisatawan pun bisa langsung menyantap telur yang direbus tersebut.

Dibalik seluruh keunikannya, ternyata tersimpan misteri yang menyelimuti Air Panas Semurup. Sumber air panas ini sering digunakan orang sebagai tempat untuk bunuh diri dengan menceburkan diri ke kolam utama. Ya memang cukup mengerikan, sehingga sumber air panas utama kini digembok dan dikeliling pagar besi berduri. Tercatat telah banyak yang menjadi korban pada pemandian ini.

Ada sebuah mitos, bahwa sumber air panas ini setiap tahunnya meminta korban manusia sebagai tumbal. Entah benar atau tidak, yang pasti terdapat sebuah kepercayaan bahwa jika ada orang yang hendak berniat bunuh diri, seolah ada bisikan gaib yang menyerukan agar segera menyeburkan diri ke sumber air panas.

Fasilitas Air Panas Semurup

Pemandian Air Panas Semurup ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai. Wisatawan bisa menjumpai tempat parkir yang luas, kolam renang, kamar mandi, dan juga mushola untuk beribadah. Selain itu, terdapat pula pondok-pondok sederhana yang bisa digunakan wisatawan beristirahat usai berendam di kolam.

Pada pemandian ini, wisatawan juga tak akan kesulitan untuk mencari warung dan pedagang yang menjual makanan. Banyak sekali pedagang yang bisa ditemukan, disini pengunjung bisa membeli mie instan, kopi, telur dan juga pisang. Selain itu, tak jauh dari lokasi terdapat pula warung yang menjajakan kuliner khas yaitu soto semurup.

Baca Juga: Aroma Pecco, Fenomena Taman Wisata di Tengah Perkebunan Teh

Namun jika hendak bermalam, masih belum ditemukan adanya penginapan di dekat Air Panas Semurup ini. Wisatawan harus kembali ke Sungai Penuh, terdapat beberapa hotel yang bisa disewa mulai dari hotel kelas melati.

Merasakan hangatnya Air Panas Semurup bisa menjadi pilihan menarik dikala berkunjung ke kaki Gunung kerinci. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berada di tempat wisata ini.

Berendam di Kolam Air Panas

Kegiatan ini merupakan hal wajib yang harus kamu coba jika berkunjung ke Air Panas Semurup. Tak perlu khawatir, karena telah tersedia kolam yang aman untuk wisatawan berendam. Pada kolam ini, kamu bisa menikmati hangatnya air beraroma belerang untuk merileksnya pikiran yang penat. Selain itu, sumber air panas alami juga bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Usai berendam, kamu juga bisa mencoba merebus telur dan juga pisang pada sumber air panas. Untuk melakukan hal ini, kamu harus terlebih dahulu meminta tolong kepada petugas yang menjaga kolam. Tak perlu menunggu lama, telur pun akan siap kamu santap, ditemani suasana pedesaan yang masih asri terasa sangat nikmat saat menyantapnya dikala perut keroncongan.

Hunting Foto

Setelah puas berendam, kamu pun bisa memotret keindahan dari Air Panas Semurup yang memiliki air berwarna biru bak lautan. Kepulan asap yang tiada hentinya keluar juga semakin mempercantik tempat wisata ini. Kamu pun bisa mengabadikan keindahan alam kaki Gunung Kerinci serta hamparan hijau perkebunan teh di Kayu Aro.

Rasanya tak lengkap jika tak mengabadikan momen dengan memanfaatkan keunikan dari Air Panas Semurup. Jika kamu ingin berselfie, maka kamu bisa minta izin petugas terlebih dahulu dan memanfaatkan bebatuan yang ada sebagai background berfoto. Jangan lupa untuk selalu waspada saat berada dipinggir kolam, karena suhu air cukup tinggi dan hampir mencapai titik didih.

Baca Juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Air Panas Semurup

Tips Berwisata di Air Panas Semurup

  • Berhati-hatilah dalam berkendara, karena jalan yang berkelok meskipun sudah diaspal dengan baik.
  • Saat berada di lokasi, jangan berniat untuk masuk ke kolam utama tanpa seizin petugas.
  • Bawalah baju ganti jika ingin berendam di kolam.
  • Jagalah tutur kata dan perilaku, serta taati tata tertib yang berlaku.
  • Jagalah kebersihan tempat wisata, dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Turutlah menjaga kelestarian sumber air panas, dan jangan merusak keindahan ataupun fasilitas yang ada.
  • Berdoalah agar selalu diberi keselataman dan perlindungan.

Artikel Terkait