Agro Tawon, Berwisata Sambil Menyaksikan Produksi Madu
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitar Malang menampilkan bahwa tempat ini memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Malang sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur memang sudah lama terkenal dengan banyaknya wisata alam yang digemari para travelers. Letak geografisnya yang berada di dataran tinggi membuatnya memiliki hawa yang sejuk dan dingin. Bagi anda yang ingin merencanakan liburan, tidak perlu memilih tempat yang jauh-jauh terutama jika anda tinggal di Jawa Timur, cukup datang saja ke kota Malang karena di sana anda akan dimanjakan dengan berbagai macam jenis tempat rekreasi yang menarik. Bahkan ada beberapa obyek wisata menarik yang wajib anda kunjungi seperti Agro Tawon.

Agro Tawon adalah salah satu obyek wisata di Jawa Timur yang dapat anda kunjungi di Jl. Indrokilo Sel., Bedali, Lawang, kabupaten Malang. Wisata petik madu merupakan salah satu lokasi wisata yang terbilang unik. Agro Tawon atau yang dinamakan juga Agro Tawon Rimba Raya adalah sebuah wisata petik madu di Malang yang tidak hanya menawarkan wisata petik madu. Di sana para pengunjung pun akan mendapatkan wawasan dan informasi baru mengenai tawon beserta madu. Dibangun di atas lahan yang mempunyai luas sekitar tiga hektar, Agro Tawon ditumbuhi bermacam-macam tanaman asri, rindang yang tentunya mengandung banyak madu. Seperti di antaranya adalah kapuk randu, kaliandra, kayu putih, kurma, jeruk, sawo manila, kelengkeng dan lainnya.

Begitu anda memasuki tempat wisata ini, bunyi lebah akan menyambut anda. Di lembah-lembah yang ada di sana berjajar kotak-kotak yang berisi ratusan lebah. Dan di sekitarnya anda bisa melihat tanaman anggrek, kayu putih, jojoba, randu, sengon dan kelengkeng tumbuh dengan rimbun. Tanaman itulah yang akan dihinggapi lebah untuk dihisap madunya. Tidak hanya sebatas mengamati keberadaan dari koloni lebah, anda juga bisa berkesempatan mendengarkan penjelasan dari pemandu di sana tentang pola hidup lebah, cara berternak bahkan bagaimana memanen madu. Di Agro Tawon terdapat tiga jenis lebah penghasil madu yaitu Apis mellifira, Apis cerana, dan Trigona. Apis mellifira berasal dari Australia, dikenal juga sebagai lebah unggul dan tergolong jinak.

Pada awal pembukaan, agrowisata ini mempunyai tujuan untuk memberi ilmu tentang bagaimana berternak lebah bagi warga sekitar Lawang. Semakin lama tempat ini mulai populer dan bisa mendapatkan pengunjung sekitar 500-1000 per bulan dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada pula yang datang dari mancanegara khusus untuk melihat peternakan lebah dan berbagai jenis tanaman di tempat ini. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin melihat pemandangan indah namun tetap mendapatkan informasi dan pengetahuan tambahan mengenai lebah. Dengan mengajak keluarga dan teman-teman atau bahkan pasangan anda, anda bisa melupakan sejenak segala kepenatan dan rasa stres dalam kehidupan sehari-hari dan bersenang-senang di Agro Tawon ini.

 

Fasilitas di Agro Tawon

And bisa menemukan beberapa fasilitas yang ada di Agro Tawon, seperti di antaranya adalah;

- Outbound

Melakukan kegiatan di Agro Tawon ini tidak hanya dengan melihat-lihat pemandangan atau belajar tentang lebah dan madu, namun anda bisa mendapatkan keseruan dengan bermain di wahana outbound yang sudahd disediakan di sana.

- Taman bermain

Bagi anak-anak, di area Agro Tawon ini ada juga area yang dibangun agar anak-anak bisa puas bermain.

- Lahan parkir

Untuk menuju ke obyek wisata ini memang disarankan untuk membawa kendaraan sendiri baik milik pribadi maupun menyewa karena transportasi umum masih belum ada yang bisa langsung mencapai lokasi ini. Tersedianya lahan parkir akan membuat anda tidak lagi kgawatir mengenai di mana anda bisa memarkir kendaraan anda.

- Toilet umum

Walaupun bukan dibangun oleh pihak pengelola melainkan dibuat oleh penduduk yang ada di sekitar, setidaknya anda tidak perlu lagi kebingungan atau takut tidak bisa menemukan toilet untuk buang air kecil.

- Cafeteria

Jangan khawatir anda akan kelaparan karena di sini juga ada tempat makan di mana menjual makanan dan minuman untuk pengunjung.

- Penginapan

Bagi anda yang berencana untuk menghabiskan malam di sana, anda bisa mencari penginapan yang ada di dekat lokasi Agro Tawon.

 

Hunting Foto di Agro Tawon

Yang mempunyai hobi fotografi bisa leluasa untuk menyalurkan hasrat anda mengambil foto dari pemandangan asri yang ada di sekitar Agro Tawon. Hamparan tanaman bunga maupun buah yang berwarna-warni yang luasnya berhektar-hektar bisa anda jadikan target bidikan kamera anda tentunya. Dan bila anda bermain di wahana-wahana yang ada di sana, anda bisa meminta teman atau anggota keluarga anda untuk mengabadikan momen yang seru tersebut. Jika anda sudah puas bermain di daerah Agro Tawon, anda juga bisa beranjak ke spot lain yang juga menarik untuk anda jadikan sebagai latar belakang foto yaitu tempat di mana madu diolah setelah dipanen.

 Baca juga : Air Terjun Sedudo, Berwisata Sambil Berkemah di Alam Terbuka

Akses Jalan Menuju ke Agro Tawon

Jika anda menempuh perjalanan dari Surabaya, area pertama yang dilalui begitu memasuki Malang adalah Kecamatan Lawang. Terus saja mengemudi sampai menemukan plang yang bertuliskan nama wisata tersebut di pinggir jalan sebelah kanan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor atau juga menggunakan bis pariwisata.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Agro Tawon

Agro Tawon buka dari Senin-Minggu, mulai dari pukul 08.00 sampai jam 15.00 WIB. Untuk masuk, para pengunjung juga tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

 

Tips Berlibur ke Agro Tawon

  • Pastikan kendaraan pribadi anda dalam kondisi baik
  • Bawalah kamera anda
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Jagalah lingkungan di sekitar tempat wisata

Artikel Terkait