250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi
Tempat wisata di Aceh cukup banyak yang tersebar dari tiap-tiap Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Aceh. Mulai dari wisata alam seperti eksotisme pantai-pantai di Aceh hingga wisata budaya yang masih sangat kental dengan adat dan istiadatnya. Hingga wisata sejarah seperti Monumen Tsunami sebagai pengingat terjadinya bencana yang dahsyat yang telah menerjang Aceh.

Tempat wisata di Aceh mulai dari kota Banda Aceh hingga ke berbagai wilayah Kabupaten di Aceh sangatlah banyak. Baik sebelum tsunamai hingga pasca tsunami Aceh tetap menjadi tempat favorit destinasi wisata di Indonesia. Dan sekarang ini Aceh sudah mulai berbenah dan juga semakin memajukan sektor-sektor pariwisatanya.

Banyak tempat wisata di Aceh yang begitu terkenal mulai dari pantai-pantainya yang terkenal memiliki ombak yang keren bagi para surfer dan juga bangunan-bangun bersejarah yang ada di Aceh. Aceh memang tidak seperti provinsi-provinsi lainnya di Indonesia dan memiliki keunikan tersendiri. Baik dari sisi budaya dan kesenian dan juga tempat-tempat wisatanya.


Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Aceh yang cukup dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Dan terbagi menjadi beberapa destinasi wisata berdasarkan Kabupaten yang ada di provinsi Aceh.

Tempat Wisata di Aceh Barat

Dengan pusat pemerintahan yang ada di Meulaboh yang dikenal dengan nama Negeri Pasir Karam ini memiliki tempat wisata yang cukup banyak. Mulai dari pantainya dan juga beberapa tempat wisata lainnya yang benar-benar layak kamu kunjungi. Berikut ini tempat wisata di Aceh Barat yang akan memanjakan para wisatawan dengan pesona keindahannya.

Pantai Lhok Geudong

Salah satu pantai yang berada di Meulaboh ini benar-benar sangat layak untuk kam kunjungi. Karena pesona pantainya keitka senja, dan kamu juga bisa melihat kehidupan para nelayan. Pinggiran pantai semakin terlihat indah dan sejuk dengan adanya pepohonan yang beraneka ragam. Pantai ini terletak di Desa Suak Indra Puri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Meulaboh.

Pantai Ujong Kareung

Salah satu tempat wisata di Aceh Barat ini memang seperti namanya, yakni banyaknya karang yang ada di pinggir pantai. Jadi kamu bisa menikmati suasana pantai ketika senja di atas karang sambil bersantai menikmati sejuknya udara pantai di kala senja. Pantai ini hanya berjarak 1,5 km dari pusat kota Meulaboh, dan berada di wilayah Suak Indrapuri, Johan Pahlawan.

Pantai Lhok Bubon

Tempat wisata di Aceh Barat yang satu ini memang menawarkan keindahan pasir putihnya yang benar-benar bersih, dan juga birunya air laut. Tidak hanya indahnya pantai saja disini, tapi kamu juga bisa wisata kuliner seafood. Pantai Lhok Bubon terletak di Desa Bubon yang jaraknya sekitar 8 km dari pusat kota Meulaboh.

Pantai Ujong Batee Puteh

Meskipun tidak memiliki pasir putih, tapi tempat wisata di Aceh Barat yang satu ini tetap akan membuat kamu terpesona. Karena air lautnya yang benar-benar berwarna  biru kehijauan serta ada makam tua yang ada di bukit samping pantai. Pantai Ujong Bateeh Puteh ini terletak di Desa Suak Ujong Kalak yang hanya berjarak 3 km saja dari pusat kota Meulaboh.

Pantai Suak Ribee

Tempat wisata di Aceh Barat ini tepatnya di Desa Suak Ribee, Meulaboh. Jika kamu ingin menikmati suasan senja yang benar-benar berbeda kamu harus datang kesini. Karena kamu bisa memesan kopi terbalik yang benar-benar khas di pantai ini. Dan juga kamu bisa mencicipi berbagai masakan yang dijajakan di pinggir-pinggir pantai.

Pantai Blang Ulam

Tempat wisata di Aceh Barat ini memang sangat cocok buat kalian yang ingin honeymoon. Karena di pantai ini kamu benar-benar bisa menikmati pasir putih dan birunya air laut. Begitu juga dengan tebing terjal di pinggir pantai. Obyek wisata pantai ini bersebelahan dengan Pantai Ujong Batee Puteh, tapi memang jauh lebih indah pemandangannya.

Pantai Lanaga

Pantai yang berada di Desa Peunaga yang hanya berjarak 5 km dari pusat kota Meulaboh ini menawarkan keindahan pantainya. Seperti pasir ptih birunya laut, dan juga wahan yang ada di pantai seperti permainan jet, dan lain-lain. Dan tidak hanya dikunjungi wisatawan domestik saja, akan tetapi wisatawan asing banyak berknjung di pantai ini setiap tahunnya.

Pantai Pusong Sangkalan

Salah satu tempat wisata di Aceh Barat yang biasa digunakan untuk surfing, karena ombaknya yang memang sangat bagus dan layak buat surfing. Dan selain itu, kamu juga bisa menikmati indahnya sunset di pantai ini. Saat ini cukup banyak turis asing yang melakukan surfing di pantai ini karena deburan ombaknya yang memang menjadi salah satu daya tarik pantai ini.

Pulau Gosong

Pulau ini sebenarnya terbentuk karena adanya tumpukan pasir yang terbawa arus dan akhirnya menempel pada batu karang. Dan proses bertahun-tahun itulah yang akhirnya membentuk sebuah pulau yang luasannya hampir sama dengan lapangan sepakbola. Pulau Gosong ini terletak di Kecamatan Susoh, dan hanya sekitar 15 menita saja dari kota Blangpidie.

Danau Geunang Gedong

Jika kamu hobi memancing maka danau ini bisa kamu jadikan spot yang cukup menantang untuk menaklukkan ikan tawar. Selain itu di danau ini banyak sekali pepohonan dan rerumputan yang sangat hijau. Jadi memang cocok untuk melepaskan penat atau wisata bersama keluarga. Tempat wisata di Aceh Barat ini tepatnya berada di Gampong Putim atau sekitar 20 km dari Meulaboh.

Masjid Agung Meulaboh

Tempat wisata di Aceh Barat ini memang dikhususkan untuk wisata religi bagi orang yang beragama Islam. Dan masjid ini termasuk dalam 100 besar masjid terindah yang ada di Indonesia. Hal ini karena arsiteketur dari Masjid yang memang sangat indah. Jadi ketika kamu berkunjung ke Meulaboh, maka sempatkanlah waktumu untuk mengunjungi masjid ini.

Tempat Wisata Di Aceh Besar

Aceh Rayeuk atau Aceh Besar memang sangat erkenal dengan destinasi wisat pantainya yang sangat indah. bahkan banyak acara televisi seperti My Trip My Adventure mengambil lokasi syuting di pantai-pantai yang ada di Kabutapetan Aceh Besar. Berikut ini beberapa tempat wisata di Aceh Besar mulai dari pantai dan juga tempat-tempat yang indah lainnya.

Pantai Lhoknga

Tempat wisata di Aceh Besar yang satu ini memang sangat terkenal akan keindahan pantai dan juga pasir putihnya. Tidak hanya wisatawan lokal atau domestik yang datang ke pantai ini, tapi wisatawan asing yang cukup banyak mengunjungi pantai berpasir putih ini. Letak pantai Lhoknga tidak jauh dari Banda Aceh, yang hanya berjarak 20 km, tetapi jika kamu dari pusat kota Jantho jaraknya justru cukup jauh sekitar 60 km.

Pantai Ujong Batee

Tempat wisata di Aceh Besar yang satu ini memang mengalami kerusakan parah ketika tsunami menghantam tahun 2004. Akan tetapi lambat laun pemerintah memperbaiki wisata ini dan saat ini sudah banyak sekali pengunjung yang mendatangi pantai yang memiliki pasir putih dan juga tebing berwarna putih. Di pantai ini kamu juga bisa mencicipi berbagai wisata kuliner seafood.

Pantai Lampuuk

Aceh Besar memang memiliki pantai-pantai yang sangat mengagumkan, dan salah satunya adalah Pantai Lampuuk. Selain birunya air laut dan juga pasir putih bersih, di pantai ini juga ada lapangan golf yang berlatar belakang pantai dengan air yang berwarna biru. Mungkin kamu harus coba sesekali bermain golf di Padang Gold Seulawah yaa.

Pantai Lhok Mee

Jaraknya hanya 30 km dari Kota Banda Aceh, jadi cukup dekat kan untuk bisa mengunjungi Pantai Lhok Mee. Di pantai ini kamu bisa bermain-main di pasir putihnya yang bersih, atau mencoba berenang di birunya air laut di Pantai Lhok Mee. Cukup ramai juga pantai ini karena di pinggir pantai terdapat warung yang selalu menyediakan minuman buat para wisatawan.

Air Terjun Suhom

Tidak hanya keindahan pantai saja tempat wisata di Aceh Besar, akan tetapi provinsi ini memiliki air terjun yang masih sangat alami. Air terjun Suhom ini juga dijadikan sebagai PLTA untuk mengaliri listrik bagi masyarakt Kreung Raya. Meski tidak cukup dekat dari Banda Aceh tapi jarak 75 km akan terasa dekat ketika kamu sudah sampai di air terjun ini, karena keindahan yang ditawarkannya sangat menawan.

Air Terjun Kuta Malaka

Tempat wisata di Aceh Besar ini sangatlah unik. Karena Air Terjun Kuta Malaka ini memiliki 8 tingkatan dan bahkan ada yang mengatakan hingga 20 tingkat. Letaknya yang sangat dekat dari Banda Aceh yang hanya 30 km ini, kamu bisa menikmati segarnya air terjun, dan jua kamu bisa berenang di sekitaran sungainya.

Air Terjun Peukan Biluy

Salah satu tempat wisata di Aceh Besar yang berada di Bukit Barisan yang cukup terkenal itu adalah Air Terjun Peukan Biluy. Dan di sisni kamu bisa melihat anak mata air hanya degan menaiki tangga naik ke atas kamu sudah bisa menikmati indahnya suasana alam yang masih alami. Akan tetapi Air Terjun Peukan Biluy ini akan menjadi sedikit airnya ketika di musin kemaru. Jadi datanglah ketika musim penghujan sudah mulai surut karena debit airnya masih banyak.

Air Terjun Peucari

Meskipun medannya memang agak susah tidak seperti tempat wisata di Aceh Besar lainnya, tapi obyek wisata yang satu ini sangat wajib kamu kunjungi. Selain segarnya air terjun yang turun ke bawah, ada juga telaga d bawah air terjunnya, yang bisa buat bermain-main atau berenang di dalamnya. Untuk letaknya memang sangat jauh jika dari Banda Aceh, tapi jika kamu dari Kota Juntho maka hanya butuh waktu 1 jam berkendara.

Cagar Alam Jantho

Tempat wisata di Aceh Besar ini memang sangat dekat jika dari pusat kota Jantho sekitar 9 km saja dan kamu juga bisa berkendara untuk menuju lokasi ini. Cukup banyak aneka tanaman yang ada di dalamnya, seperti pohon pinus dan lain-lain. Dan di Cagar Alam Jantho ini kamu benar-benar akan menikmati udaranya yang sangat segar dan bebas dari yang namanya polusi udara.

Tahura Pocut Meurah Intan

Cukup beragam flora yang ada di dalam Taman Hutan Raya ini, mulai dari pinus hingga jenis tanaman lainnya. Jika kamu berkunjung di sini tidak hanya disuguhi akan sejuknya udara di dalam hutan saja, akan tetapi banyak sekali obyek wisata lainnya. Misalnya seperti pemandian air panas, air terjun, kuliner dan masih banyak lagi lainnya.

Pusat Latihan Gajah

Tidak hanya bisa ditemukan di Lampung saja ya pusat pelatihan untuk gajah, tapi di Aceh Besar juga punya tempat untuk pelatihan gajah. Tempat wisata di Aceh Besar ini memang melatih satwa gajah yang sebelumnya sangat liar yang biasanya merusaka perkebunan. Lalu para gajah tersebut ditangkap lau diberikan pelatihan yang hingga kini dijadikan sebagai tempat wisata yang cukup menarik.

Waduk Keuliling

Surganya bagi para pemancng ikan tawar dan waduk ini juga bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata di Aceh Besar untuk melampiaskan kepenatan. Kamu bisa bersantai di pinggiran waduk sembari menikmati udara segara yang berhembus. Cukup dekat jika kamu berkendara dari Banda Aceh, jaraknya hanya 7 km saja.

Gunung Seulawah Agam

Cukup banyak sekali flora dan fauna yang masih ada di Gunung Seulawah Agam ini. Gunung yang masih aktif hingga kini, cukup banyak vairan flora faunanya. Dan sepertinya di areal gunung ini akan dibuat konservasi tanaman, karena banyak sekali pohon yang ditebang tanpa ijin di lokasi ini.

Gunung Seulawah Inong

Gunung ini adalah kembaran dari Gunung Seulawah Inong, meskipun masih kalah ketenarannya, tapi di gunung ini banyak sekali muatan sejarah bangsa Indonesia. Banyak sekali penduduk lokal yang degan berani melawan penjajah. Dan hinggi kini masih ada peninggalan rumah Belanda yang ada di kaki Gunung Seulawah Inong. Rumah itu memiliki nama Rumah Scoobido.

Rumah Cut Nyak Dien

Salah satu pahlawan Indonesia ini dulunya dalam menyusun strategi peperangannya di dalam rumah ini. Meskipun rumah ini hanyalah replica tapi tetap masih banyak barang peninggalan yang ada di dalamnya. Karena rumah yang asli sudah terbakar pada tahun 1896. Akan tetapi ada beberapa bagian di dalam rumah yang masih asli dari bangunan lama.

Benteng Indra Patra

Aceh Besar memang memiliki sejarah perjuangan yang sangat mengagumkan, dan masih ada bukti sejarah seperti benteng Indra Patra. Benteng ini dibangun oleh Kerajaan Lamuri yakni Kerajaan Hindu yang pertama kali berada di Aceh. Dan letak dari benteng ini berada di pesisir pantai Ujong Batee. Jadi ketika kamu mengunjungi benteng ini kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Ujong Batee.

Benteng Iskandar Muda

Benteng ini sangat berdekatan dengan Benteng Indraparta. Jika kamu berkendari dari Banda Aceh hanya sekitar 15 hingga 30 menit sudah sampai, karena jaraknya yang cukup dekat, yakni 20 km. Benteng ini dibangun sangat jelas sbeagai pertahanan ketika melawan penjajah era itu. Dan di areal benteng ada dua sumur tua yang memiliki kubah yang hingga kini masih ada di sana.

Masjid Indrapuri

Bangunan ini sebelumnya adalah sebuah candi dari Kerajaan Hindu yang pertama kali menapakan kaki di Aceh. Tapi seiring berjalannya waktu candi tersebut dihancurkan kemudian dibangunlah Masjid di atasnya. Dan hingga kini tapak bekas candi Hindu itu juga masih ada dan masih bisa kamu lihat di sekitaran areal masjid.

Tempat Wisata di Aceh Jaya

Di Aceh Jaya juga tidak kalah indahnya obyeknya wisatanya seperti dengan Baputan-kabupaten lainnya yang ada di provinsi Aceh. Tempat wisata di Aceh Jaya juga sangat beragam, mulai dari wisata puncak hingga ke wisata pantai. Dan tempat-tempat menarik lainnya. Dan berikut ini daftar tempatwisata di Aceh Jaya.

Pantai Pasie Saka

Tempat wisata di Aceh Jaya yang satu ini benar-benar menawarkan keindahan alamnya yang benar-benar masih alami. Meskipun mencapainya harus melewati medan yang cukup sulit, tapi masih banyak sekali wisatawan yang berkunjung disana. Karena pantai ini benar-benar memiliki pasir yang sangat putih bersih, dan juga warna biru air lautnya Samudra Hindia. Dan di pantai ini kamu bisa benar-benar bermain air dan juga pasir yang benar-benar alami.

Teluk Rigaih

Ketika kamu mengunjungi salah satu tempat wisata di Aceh Jaya ini kamu bisa mencoba snorkeling ataupun diving dengan menikmati berbagai macam biota laut. Keindahan alam di bawah laut Teluk Rigaih ini benar-benar memiliki daya pikat. Selain itu kamu juga bisa melihat sisa-sia pelabuhan yang hancur karena diterjang tsunamai patahun 2004.

Lhok Geulumpang

Salah satu pantai yang indah yang ada di bumi Aceh ini masuk di wilayah Aceh Jaya. Pantai Geulumpang ini masih benar-benar alami, dan menawarkan pasir putih bersih, dan birunya air laut. Seakan-akan kamu menikmati pantai pribadi, karena pantai ini masih terilang cukup sepi. Dan ketika kamu berkunjung di pantai ini maka kamu juga bisa bertemu dengan penduduk yang memiliki mata biru.

Pantai Kuala Dhoi

Tempat wisata di Aceh Jaya ini memiliki pesona tersendiri jika dibandingkan degan pantai-pantai lainnya yang berada di Aceh Jaya. Pantai Kuala Dhoi yang memiliki kontur yang cukup landai dan juga memiliki pasir putih ini benar-benar akan membuat kamu relaks ketika menghabiskan waktu hingga senja datang.

Pulau Tsunami

Inilah salah satu peninggalan dari bencana tsunami yang melanda Aceh. Memang ada beberap pula yang hilang karena terjangan tsunami, tapi ada pulau baru yang timbul setelah pasca tsunami. Tempat wisata di Aceh Jaya ini diberi nama pulau tsunami yang sekarang menjadi wisata bahari yang banyak dikunjungi para wisatawan domestik maupun asing.

Danau Laut Nie Pineung Suasa

Letaknya di Desa Pasi, Kecamatan Teunom menjadi surga bagi para pemancing ikan. Danau yang berada di perbukitan ini telah menjadi tempat wisata di Aceh Jaya yang cukup unik. Karena banyaknya tumbuhan langka yang ada di perbukitan sekitaran danau. Begitu juga dengan udara yang sangat sejuk yang berhembus semakin menambah eksotisme danau ini.

Pulau Reusam

Sebuah pulau yang menawarkan keindahan biota laut yang beraneka ragam ini berada di seberang Pantai Barat Aceh. Kamu bisa melakukan apa saja di sini, misalnya seperti snorkeling, diving, atau hanya sekear bermainan air saja. tidak hanya di situ saja, kamu juga bisa menemukan benda-benda peninggalan Belanda dan juga Jepang di pula tersebuet, misalnya seperti meriam.

Wisata Desa Batee Tutong

Tempat wisata di Aceh Jaya ini tidak jauh dari pusat kota Calang dan hanya berjarak 1 km saja. Di desa ini kamu benar-benar bisa menikmati alam layaknya desa yang masih alami. Mulai dari banyaknya pohon, sungai yang masih alami serta pantai-pantai indah di pinggirnya. Dan semuanya itulah yang menjadi daya pikat Desa Batee Tutong ini untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Arung Jeram di Sungai Teunom

Tidak hanya di sungai-sungai yang ada di Jawa saja yang bisa diarungi, tapi di Aceh Jaya juga punyai sungai yang sangat menawan. Kamu bisa mengarungi Sungai Teunom dengan disuguhi pemandangan alam sekitar, seperti pohon-pohon besar yang berdiri kokoh di pinggir sungai. Dan juga pemandangan seperti batu atau tebing terjal yang juga banyak dijumpai di pinggiran sungai.

Puncak Geurutee

Tidak hanya Bogor saja yang memiliki puncak yang menawan, tapi di Aceh Jaya pun juga memiliki puncak dengan pemandangan sekitar yang eksotis. Karena di puncak ini kamu bisa melihat perbukitan yang di bawahnya, dan juga pemandangan pantai di bawah puncak yang terlihat sangat biru air lautnya. Dan akan lebih menghangatkan dengan ditemani kopi panas yang ada di puncak.

Tempat wisata di Aceh Selatan

Aceh Selatan dengan pusat pemerintahan di Kota Tapak Tuan menyimpan banyak sekali tempat wisata yang mempesona. Mulai dari tempat legendaris seperti tapak kaki raksasa hingga beberapa pantai dan tempat-tempat menarik lainnya juga ada di kota ini. Berikut ini beberapa tempat wisata di Aceh Selatan yang cukup terkenal tidak hanya di masyarakat Aceh saja, akan tetapi juga dikenal di luar Aceh.

Pantai Batu Berlayar

Tempat wisata di Aceh Selatan tepatnya di Desa Gunung Cut, Kecamatan Samadua ini terlihat hampir sama seperti pantai di Belitung. Karena adanya batu-batu besar yang cukup tinggi yang ada di pinggir-pinggigr pantai. Banyak sekali wisatawan yang berkunjungi di sini untuk pengambilan photo atau hanya sekedar menikmati senja dan juga sunset.

Pantai Tu’i Lhok

Salah satu wisata pantai di Aceh Selatan yang menawarkan panorama indahnya dengan perbukitan nan hijau dan juga air lautnya yang berwarna biru. Selain itu kamu juga bisa bermain-main di bawah air terjun yang ada di pinggir pantai. Jadi kamu bisa membersihkan badan kamu setelah bermainan pasir atau berenang di Pantai Tu’i Lhok.

Pantai Le Sijuk

Tempat wisata di Aceh Selatan yang sedikit berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang berada di Aceh. Pantai ini memiliki pepohonan yang rindang di sepanjang garis pantai, jadi kamu bisa bersantai di pinggir pantai tanpa takut kepanasan. Dan kamu juga bisa menikmati hembusan angin yang benar-benar terasa sangat menyejukkan.

Pantai Air Dingin

Tempar wisata di Aceh Selatan tepatnya di Kecamatan Samadua ini memiliki pesona pantai yang benar-benar eksotis. Tidak hanya pasir putih dan jernihnya air laut saja, akan tetapi pepohonan yang ada di pinggir pantai menambah suasana di pantai benar-benar istimewa. Belum lagi adanya perbukitan di sebelah pantai yang menambah eksotisme Pantai Air Dingin ini.

Pantai Pasir Setumpuk

Nama yang cukup unik untuk sebuah pantai yang ada di Lhok Reukam yang hanya berjarak 8 km dari Kota Tapak Tuan. Jika kamu menginginkan pantai yang benar-benar masih alami kamu harus berkunjung di pantai ini. Karena keasrian dari pantai ini benar-benar dijaga oleh masyarakat lokal, dan bisa dikatakan pantai ini benar-benar masih perawan.

Tapak Tuan Tapa

Salah satu tempat wisata di Aceh Selatan yang sangat melegenda ini dinamakan Tapak Tuan Tapa. Jadi semacam petilasan bekas telapak kaki Tuan Tapa. Hingga kini tempat ini masih sering dikunjungi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar. Hal ini karena cerita-cerita tentang Tuan Tapa yang selalu diceritakan secara turun temurun.

Makam Tuan Tapa

Tidak hanya bekas telapak kakinya saja, tapi juga ada semacam bukti otentik tentang keberadaan Tuan Tapa. Dan jika dilihat dari sisi ukuran makam ini sendiri memang sangat panjang dan tidaka seperti makam pada umumnya. Dan makan Tuan Tapa ini juga sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dari Aceh sendiri maupun dari luar Aceh.

Pemandian Lubuk Simerah

Tempat pemandian yang berupa sungai ini memang memiliki air yang sangat jernih, maka banyak sekali wisatawan yang berkunjung di tempat ini. Karena segarnya air di pemandian dan juga masih asrinya alam sekitar pemandian. Tempat wisata di Aceh Selatan ini cukup ramai ketika memasuki hari-hari libur seperti sabtu dan minggu.

Goa Kalam

Goa ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang yang melegenda. Dan goa ini ceritanya sebagai tempat Tuan Tapa yang bisa dibilang cukup gelap di dalamnya. Hanya pencahayaan dari sinar matahari yang masuk melalui mulut goa saja. dan kamu juga bisa menjumpai banyaknya stalaktit yang ada di dalam goa ini.

Air Terjun Tingkat Tujuh

Sesuai dengan namanya tempat wisata di Aceh Selatan ini tepatnya di Desa Batu Hitam memiliki tingkatan tujuh air terjun. Meskipun bisa dibilang tidak terlalu tinggi akan tetapi kamu bisa merasakan segarnya mandi di bawah air terjun tersebut. Dan di setiap tingkatan air terjunnya terdapat kolam yang bisa buat berenang atau hanya sekedar berendam.

Pemandian Air Dingin Panjupian

Benar-benar wisata alam yang sangat mempesona, karena kamu bisa mandi atau hanya sekedar berendam di pemandian ini dengan airnya yang jernih. Dan kamu juga bisa melihat pemandangan perbukitan nan hijau yang ada di sekeliling pemandian. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari kota Tapak Tuan yang hanya berjarak 30 km yang berada di Desa Lhok Pawoh.

Taman Putri Naga

Tidak hanya sekedar taman wisata atau taman bermain saja, akan tetapi Taman Putri Naga ini memiliki cerita legenda yang cukup panjang. Dan masih ada hubungan erat dengan legenda Tuan Tapa. Dan di dalam taman ini ada patung seperti naga yang sebagian badan hingga kepalanya ada di luar dan sebagian hingga ekornya berada di dalam perbukitan.

Sungai Alas

Sungai ini termasuk sungai terpanjang yang ad di Provinsi Aceh, dan letaknya ada di Taman Nasional Gunung Leuser. Salah satu yang menjadi daya pikat Tempat wisata di Aceh Selatan ini adlah arus sungainya yang begitu deras. Jadi banyak sekali wisatawan yang engunjungi sungai ini hanya ingin menikmakti arung jeram dan juga melihat pemandangan di sepanjang Sungai Alas.

Masjid Agung Istiqamah

Aceh selalu memiliki masjid-masjid yang sangat indah, dan salah satunya adalah Masjid yang ada di Kota Tapak Tuan. Masjid ini menjadi tempat wisata di Acel Selatan dikarenakan arsitekturnya yang mengambil dari Timur Tengah dengan perpaduan arsitektur Aceh itu sendiri. Jadi bagi kamu yang berkunjung ke Kota Tapak Tuan setidaknya mampir ke Masjid Agung Istiqamah.

Tempat Wisata di Aceh Singkil

Tidak kalah dengan kabupaten-kabupaten lainnya yang memang memberikan tempat wisata yang sangat mengesankan. Dan Aceh Singkil juga memiliki beberapa tmepat wisata yang tidak kalah eksotisnya dibandingkan dengan lainnya.

Pantai Cemara Indah

Dilihat dari namanya saja, sudah pasti kamu tahu bahwa pantai ini banyak pohon cemaranya. Yup benar pohon cemara yang sangat rindang berada di sepanjang pinggir Pantai Cemara Indah ini. Dan pantai ini sebagai salah satu tempat wisata di Aceh Singkil yang cukup komplit. Karena selain kamu bisa bermainan pasir dan juga berenang di pantai, kamu juga bisa mampi ke water boom yang akan segera dibangun di area pantai ini.

Pantai Pulau Sarok

Meskipun tidak memiliki pasir putih, akan tetapi pantai ini menjadi tempat wisata di Aceh singkil yang harus dikunjungi. Dikarenakan letak pantainya yang cukup dekat dari pusat kota. Akan lebih eksotis lagi ketika kamu mendatanginya ketika sore hari sembari menunggu sunset yang perlahan tenggelam di balik pepohonan pinggir pantai.

Kepulauan Banyak

Cukup banyak sekali pulau kecil-kecil yang ada di Kepulauan Banyak ini. Dan akhirnya menjadikan kepulauan ini sebagai tempat wisata di Aceh Singkil yang sangat menraik untuk dikunjungi. Karena semua pulau yang ada di dalamnya memiliki pasir putih dan juga air laut yang sangat jernih. Dan banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Kepulauan Banyak karena ingin berselancar dan menikmati ombak yang cukup meningkatkan adrenalin.

Pulau Bengkaru

Masih berada di dalam Kepulauan Banyak yang masih di Kecamatan Pulau Banyak. Dan di tempat inilah yang akan menyuguhkan ombak yang benar-benar memikat hati para peselancar. Karena ombaknya yang memang menjadi tantangan tersendiri, dan juga jernihnya air laut dan putihnya hamparan pasir pantainya.

Pulau Tailana

Meskipun ombaknya tidak semenarik yang ada di Pulau Bengkaru tapi Pulau Taliana ini menjadi tempat wisata di Aceh Singkil yang sangat menarik. Kamu bisa ngadem di bawah pepohonan kelapa yang banyak sekali berjajar di pinggiran pantai sambil menikmati indahnya pantai yang ada di Pulau Taliana.

Pulau Palambak

Hampir sama seperti pulau-pulau lainnya yang ada di Kepulauan Banyak. Tempat wisata di Aceh Singkil ini menyimpan begitu banyak pesona keindahan pantainya. Dan hingga kini masih belum banyak wisatawan yang pergi kesana, jadi keaslian pantai ini masih benar-benar terjaga. Di pulau ini kamu bisa bermain air di pantainya atau hanya sekedar menghabiskan waktu menunggu senja tiba.

Ujung Lolok

Masih juga berada di dalam Kepulauan Banyak yang juga akan menyajikan keindahan pantainya yang berpasir putih dan jernihnya air laut. Kamu bisa leluasa bermainan air maupun pasir di pantai ini, sembari menunggu senja yang penting kamu tunggu. Meskipun jarak dari pusat Kota Singkil cukup jauh, yakni 60 km tapi pulau ini harus kamu kunjungi karena cukup menawan.

Air Terjun Lae Gecih

Tepat wisata di Aceh Singkil yang satu ini memang lumayan jauh dari pusat kota Singkill, jaraknya sekitar 60 km, dan berada di Kecamatan Danau Paris. kamu bisa menjangkaunya degan berkendara, meskipun capek dalam perjalanan tapi rasa lelah kamu akan terasa terobati ketika sampai di lokasi wisata ini. Karena kamu bisa melepaskan penat dengan berendam atau berenang di bawah Air Terjun Lae Gecih.

Danau Cingkam

Bagi yang suka memancing mungkin bisa mengunjungi danau alami ini. Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar seperti perbukitan yang berwarna hijau karena banyaknya pepohonan. Tempat wisata di Aceh Singkil ini memang memiliki udara yang cukup sejuk. Lokasi Danau Cingkam ini berada Desa Cingkam, Kecamatan Gunung Meriah, tapi jaraknya cukup jauh dari pusat kota Singkil, ada sekitar 80 km perjalanan darat.

Danau Tana Bara

Tidak seperti dengan Danau Cingkam yang cukup jauh jaraknya dari pusat kota, tempat wisata di Aceh Singkil yang satu ini 10 km lebih dekat dari pusat kota. Jadi kamu bisa menghabiskan waktu untuk memancing atau melihat pembiakan ikan air tawar di karamba. Dan kamu juga bisa menikmati keindahan danau dari perbukitan yang ada di pinggir-pinggir danau.

Danau Bungara

Selain lebih dekat dari pusat kota Singkil yakni 50 km, tempat wisata di Aceh Singkil ini cukup unik. Karena danau ini memiliki pulau kecil di tengah. Dan kamu bisa mencapainya menggunakan perahu yang dimiliki penduduk lokal. Kamu bisa menghabiskan waktu di danau ini degan memancing ikan tawar yang bisa dibilang cukup banyak.

Tempat Wisata di Aceh Tamiang

Salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh ini memang tidak memiliki pantai sebanyak kabupaten-kabupaten lainnya. Akan tetapi tempat wisata di Aceh Tamian seperti wisata alam juga tidak kalah menariknya. Bahkan cukup banyak tempat wisata seperti air terjun dan wisata alam lainnya yang benar-benar wajib kamu kunjungi. Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Aceh Tamiang yang sangat menarik.

Pantai Balai

Keindahan yang disuguhkan Pantai Balai tidak kalah dengan pantai-pantai  yang ada di dareah Aceh lainnya. Pantai ini juga memiliki pasir yang berwarna putih dan juga jernihnya air laut. Kamu juga bisa menanti senja di pinggiran pantai atau bisa jua bermain di air yang terlihat cuku jernih. Pantai ini tidak begitu ramai, jadi sangat cocok buat kalian yang tidak terlalu suka akan keramaian.

Pantai Kuala Ketapang

Meskipun tidak memiliki pasir putih tapi keindahan dan keasrian pantai ini masih terjaga. Dan banyak sekali anak-anak sekolah yang melakukan kegiatan seperti camping di area pinggir pantai. Untuk lokasinya sendiri berada di Kecamatan Bendahara. Yang agak susah menuju lokasi ini adalah akses jalan yang belum diaspal, jadi kamu harus ekstra hati-hati ketika berkendara.

Kuala Paret

Jika kamu ingin mandi di sungai dengan jernihnya air dan juga udara sejuk khas pegunungan kamu bisa datang di Kuala Paret. Tempat wisata di Aceh Tamiang ini tepatnya di Desa Kaloy Kecamatan Tamiang. Selain wisata air di sungai kamu juga bisa melihat keindahan pemandangan ngarai yang memiliki lekukan alami yang sangat indah.

Pemandian Air Panas Kaloy

Lokasi tempat wisata di Aceh Tamiang ini tidak jauh dari lokasi Kuala Paret. Jadi sempatkan diri kamu untuk mandi air hangat ketika udara khas pegunungan terlalu dingin buat kamu. Tidak hanya mandi air panas saja, kamu juga akan disuguhi pemandangan alam sekitar pemandian yang benar-benar masih alami.

Air Terjun Tujuh Tingkat

Air terjun ini cukup unik, karena memiliki tujuh tingkat, dan kamu juga bisa menaiki hingga tingkat paling tinggi dan merasakan segarnya air sungai yang jernih. Obyek wisata air terjun ini juga disebut dengan nama lain, yakni Air Terjun Sangka Pane. Letak air terjun ini sekitar 50 km dari kota Karang Baru.

Air Terjun Kembar

Air terjun ini berbeda degan Air Terjun Sangka Pane, karena air terjun ini seperti namanya yang memiliki dua buah air terjun. Dan yang lebih menarik lagi adalah ada kolam yang cukup besar untuk berenang atau berendam langsung di bawah air terjun. Tempat wisata di Aceh Tamiang ini berada di daerah Tenggulun yang jaraknya sekitar 60 km dari pusat kota Karang Baru.

Pemandian Gunung Pandan

Lokasi wisata ini terilang sangat dekat dari pusat kota Kanga Baru yang hanya berjarak 1 km saja. hal yang paling menyenangkan ketika kamu berada di tempat wisata di Aceh Tamian ini adalah kamu bisa bermain di sungai yang airnya benar-benar jernih. Dan di sekeliling sungai cukup banyak pepohononan yang berdiri di bukit yang cukup tinggi semakin menambah keasrian tempat ini.

Air Terjun Rongoh Pintu Kuari

Harus diakui Aceh Tamiang memang sangat banyak sekali air terjun yang masih alami. Seperti Air Terjun Rongoh Pintu Kuari ini masih benar-benar alami dan kamu bisa menaiki puncak dari air terjun dan melihat pemandangan alam dari ketinggian. Maka yang terlihat adalah hijaunya hutan dan juga lekuk sungai yang sangat indah.

Air Terjun Gunung Pandan

Jika kamu menyukai penyusuran alam terutama hutan maka kamu juga akan suka ketika berkunjung di air Terjun Gunung Pandan ini. Air terjun ini berada di sekitaran Gunung Pandan dan juga masih dekat dengan Goa Gunung Pandan. Jadi akan semakin lengkap wisata kamu tidak hanya menikmati air terjun, dan mandi di sungai saja. tapi kamu juga bisa emasuki goa Gunung Pandan.

Pemandian Air Belerang

Pemandian ini memang sangat unik tidak seperti pemandian pada umunya, karena di pemandian ini kamu bisa mencium bau belerang. Dan memang banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan untuk mengobati segala macam penyakit kulit. Dan pemandian air belerang ini berada di Dusun Tualang Niat Kecamatan Tenggulun. Jikai kamu ingin terapi kulit agar lebih sehat, maka kamu wajib mengunjungi pemandian ini.

Goa Indah

Tidak hanya pemandian atau air terjun saja sebagai tempat wisata di Aceh Tamiang, akan tetapi wisata goa juga cukup banyak di Kabupaten ini. Dan salah satunya adalah Goa Indah, yang berada di Kampung Selamat. Ketika kamu masuk di dalam goa maka akan menemukan banyak sekali staktit dan stalagmite yang ada di dalam goa.

Goa Gunung Pandan

Goa yang ada di Gunung Pandan ini memiliki mulut goa yang cukup lebar, jadi ada sedikit penerangan dari matahari yang masuk ke dalam goa. Untuk mencapai goa ini kamu harus sedikit naik ke atas perbukitan. Dan sesampainya di atas kamu akan disuguhi pemandangan alam nan hijau tepat di depan mulut goa.

Goa Pintu Kuari

Mulut goa ini tidak begitu lebar seperti Goa Gunung Pandan, akan tetapi ketika kamu memasuki ke dalam goa maka akan semakin besar ruangan goa. Untuk kontur goa di dalamnya tidak bertingkat-tingkat jadi memang sedikit berbeda dibandingkan dengan goa lainnya. Tempat wisata di Aceh Tamiang ini tepatnya di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun.

Goa Walet

Tempat wisata di Aceh Tamiang ini memang cukup banyak dihuni oleh burung wallet, itulah kenapa goa ini dinamakan Goa Walet. Tempat wisata ini masih cukup sepi dan belum banyak orang yang datang. Jadi jika kamu sangat menyenangi berpetualang terutama obyek wisata goa, mungkin Goa Walet bisa kamu jadikan destinasi wisata di akhir minggu.

Tempat Wisata di Aceh Tengah

Meskipun tidak memiliki banyak pantai seperti beberapa Kabupaten lainnya di Aceh, bukan berarti wilayah di pusat Kota Takengon ini tidak layak dikunjungi. Justru di Kabupaten ini memiliki tempat wisata yang cukup unik, dan belum tentu kamu bisa menemukannya di daerah lain. Dan salah satunya tepat wisata di Aceh Tengah adalah terdapatnya situs pra sejarah. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

Pantai Menye

Tempat wisata di Aceh Tengah ini memiliki keunikan tersendiri, bagi wisatawan yang baru pertama kali mungkin tidak akan menyadari bahwa dia berada di danau atau di pantai. Karena pantai ini benar-benar mirip dengan danau. Kamu akan melihat pemandangan alam khas perbukitan yang disekeliling pantai dan dipenuhi pepohonan nan hijau. Pantai Menye atau Pantai Manja ini berada di seberang pusat kota Takengon, yang jaraknya hanya 20 km.

Danau Laut Tawar

Ketika kamu mengunjungi Danau Laut Tawar maka kamu juga bisa merasakan sejuknya udara di Dataran Tinggi Gayo. Dan memang danau ini mewarkan pemandangan yang luar biasa karena diapit oleh dua bukit nan hijau. Kamu bisa menghabiskan waktu degan bersantai di pinggir danau atau bisa juga memancing air tawar yang cukup banyak di danau ini.

Pantan Terong

Sangat nanggung ketika kamu mengunjungi Danau Laut Tawar tapi tidak menaiki bukit Pantan Terong. Jadi sempatkanlah untuk menaiki bukit karena pemandangan yang kamu liat cukup eksotis, selain menghirup udara sejuk pegunungan kamu juga bisa melihatDanau Laut Tawar dari ketinggian. Tempat wisata di Aceh Tengah ini memang cukup ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun asing.

Kota Takengon

Selain menjadi pusat kota pemerintahan Aceh Tengah, Takengon memang menawarkan udara yang cukup sejuk. Dan memang banyak orang bilang bahwa Takengon ibarat sebuah negeri di atas awan. Hal ini dikarenakan letaknya kota Takengon berada di ketinggian 1200 dpl. Dan untuk menjangkau tempat wisata lainnya juga cukup berdekatan antara satu dengan lainnya.

Goa Loyang Koro

Tempat wisata di Aceh Tengah ini hanya berjarak sekitar 5 km dari Kota Takengon dan juga cukup berdekatan dengan Danau Laut Tawar. Cukup panjang sejarah dari Goda Loyang Koro, dan menjadi salah satu bukti sebagai tempat pelarian Sultan Aceh. Ketika kamu berada di goa ini kamu bisa menikmati jernihnya air sungai yang mengalir di areal goa.

Goa Loyang Datu Merah

Tempat wisata di Aceh Tengah ini berjarak 25 km dari pusat kota Takengon dan telah menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Karena ketika kamu berada di area goa kamu juga bisa menikmati jernihnya air sungai yang mengalir di area goa.

Air Terjun Mengaya

Salah satu tempat wisata di Aceh Tengah yang cukup memikat para pengunjungnya adalah Air Terjun Mengaya. Letak air terjun ini berada di Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, meskipun jalan yang menuju ke sana hingga kini belum beraspal, tapi pesona akan air terjunnya sangat layak untuk dikunjungi. Selain itu kamu juga bisa berendam di kolan yang berada di bawah air terjun langsung.

Makam Raja Linge

Tidak hanya sekedar wisata alam saja ketika kamu berada di Takengon, tapi juga bisa wisata budaya. Seperti Makam Raja Linge ini juga layak kamu kunjungi, karena di sini kamu juga bisa melihat secara langsung rumah adat yang memiliki arsitektur cukup unik. Tempat wisata di Aceh Tengah ini memang cukup jauh dari pusat Kota Takengon, kamu harus menempuh jarak sepanjang 70 km dari pusat kota yang berada di Kecamatan Linge.

Pacuan Kuda Di Danau Laut Tawar

Ketika kamu berada di Danau Laut Tawar sebaiknya pas hari libur seperti hari minggu selalu di adakan pacuan kuda di pinggir danau. Jadi tidak hanya menikmati indahnya danau saja, tapi kamu juga bisa merasakan adrenalin memacu kuda di sini. Dan kamu juga bisa selfie di Tugu Kuda Kampung Bintang yang menjadi ikon Kabupaten Aceh Selatan.

Sunrise di Kampung Toweren

Jika kamu suka akan keindahan ketika matahari terbitkamu bisa mengunjungi Kampung Toweren yang letaknya hanya 7 km dari pusat Kota Takengon. Ketika matahari mulai terbit maka semburat cahayanya benar-benar eksotis dan hanya bisa kamu nikmati di Kampung Toweren ini.

Dataran Tinggi Gayo

Tempat wisata di Aceh Tengah ini memang akan membuat kamu nyaman ketika mengunjunginya. Kamu tidak hanya menikmati sejuknya udara khas dataran tinggi serta pemandangan danau yang sangat indah saja. akan tetapi kamu juga bisa menikmati kopi Gayo yang benar-benar asli dan juga meminumnya langsung di kebun kopinya.

Tempat Wisata di Aceh Tenggara

Meskipun Kabupaten Aceh Tenggara tidak memiliki pantai, akan tetapi banyak tempat menarik lainnya yang harus kamu kunjungi. Terutama wisata alamnya cukup banyak sekali di Kabupaten ini, salah satunya yang cukup terkenal adalah Taman Nasional Gunung Leuser juga ada di sini. Belum lagi air terjun yang masih alami dengan pemandangan alam sekitar yang benar-benar mempesona.

Air Terjun Lawe Dua

Tempat wisata di Aceh Tenggara yang satu ini memang agak berbeda dari air terjun lainnya terutama di Provinsi Aceh. Mungkin karena destinasi wisata ini cukup dikenal oleh masyarakat lokal akhirnya ditata cukup rapi seperti dikasih tangga untuk naik ke puncak air terjunnya. Di air terjun ini kamu bisa melihat batu-atu yang cukup besar dan juga kolam di bawah air terjun yang mana kamu bisa bermain air di sini. Air Terjun Lawe Dua berada di Desa Empat Lima, Bukit Tusam, yang jaraknya tidak begitu jauh dari pusat kota Kutacane.

Air Terjun Lawe Sikap

Jika kamu mengunjungi obyek wista seperti Bukit Cinta sebaiknya mampi juga di Air Terjun Lawe Sikap. Lelahnya trekking ketika menaiki Bukit Cinta akan terasa hilang ketika kamu bermainan air di bawah Air Terjun Lawe Sikap. Tempat wisata di Aceh Tenggara ini cukup dekat dari Kutacane, hanya membutuhkan waktu 15 menit berkendara.

Arung Jeram Sungai Alas

Derasnya aliran Sungai Alas memang spot yang sangat bagus bagi pecinta olah raga arung jeram. Dan tak heran jika Sungai Alas menjadi salah satu sungai terbaik di Indonesia yang sangat tepat untuk arung jeram. Belum lagi ditambah pemandangan alam di sekitar sungai, maka akan semakin menarik banyak pengunjung untuk mendatangi tempat wisata di Aceh Tenggara ini.

Pemandian Air Panas Uning Sigugur

Ketika akhir minggu tempat wisata di Aceh Tenggara ini cukup banyak dikunjungi wisatawan. Karena kebanyak wisatawan yang datang ingin merasakan hangatnya air yang ada di pemandian ini. Lingkungan alam sekitar pun juga sangat mendukung, tidak hanya menghilangkan rasa lelah ketika mandi air hangat tapi juga disuguhi pemandangan alam yang mempesona.

Taman Nasional Gunung Leuser

Memang taman ini sangatlah besar dan mencakup beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Aceh. Dan salah satunya adalah di Aceh Tenggara. Di taman nasional ini kam bisa menikmati ribuan flora fauna yang memang paling besar yang ada di Asia Tenggara. Belum lagi ditembah tempat wisata di Aceh Tenggara lainnya yang memang berdekatan dengan taman nasional ini.

Taman Nasional Hutan Ketambe

Tempat wisata di Aceh Tenggara ini akan memanjakan liburan kamu degan melakukan berbagai hal di area taman nnasional ini. Tidak hanya sekedar hiking, trekking saja, akan tetapi banyak sekali obyek wisata yang ada di area Taman Nasional Hutam Ketambe. Kamu bisa menikmati air terjun, dan juga bisa melihat satwa seperti harimau Sumatra, orang hutan, gajah dan lain-lain.

Goa Lawe Sikap

Bagi yang suka wisata di goa, kamu bisa mengunjungi Goa Lawe Sikap yang jaraknya tidak begitu jauh dari Air Terjun Sikap. Dan untuk jaraknya sendiri dari pusat Kota Kutacane hanya 5 km saja. di goa ini kamu bisa melihat stalaktit atau stalakmit yang menunjukkan masih asrinya kondisi di dalamnya goa.

Gunung Leuser

Tempat wisata di Aceh Tenggara ini memang benar-benar ditujukan bagi para pecinta alam atau pendaki. Cukup banyak rintangan dan membutuhkan beberapa hari untuk mencapai pundak Gunung Leuser. Tapi ketika mendaki kamu akan disuguhi pemandangan alam yang benar-benar eksotik yang tersaji di sepanjang jalan pendakian.

Benteng Kutarih

Inilah saksi bisu yang ada di Ace Tenggara tepatnya di Kecamatan Bambel. Benteng ini dulu sebagai tempat untuk pembantaian rakyat Aceh yang dilakukan oleh Belanda pada tahun 1904. Ada sekitar 4000 an koran yang dibantai oleh pemerintahan Belanda kala itu. Ketika kamu mengunjungi Aceh Tenggara ada baiknya untuk mampir di obyek wisata ini yaa. Setidaknya kita bisa mengenang para jasa mereka yang telah gugur membela negeri ini.

Bukit Cinta

Tidak afdol rasanya jika kamu datang ke Kota Kutacane tapi tidak mampir di Bukit Cinta. Tempat wisata di Aceh Tenggara ini jaraknya hanya 5 km dari pusat Kota Kutacane. Ketika kamu berada di puncak Bukit Cinta, akan disajikan pemandangan yang benar-benar indah ibarat sebuah lukisan. Kamu bisa melihat Kutacane dari ketinggian, juga sungai yang mengalir, dan juga udara sejuk khas pegunungan.

Tempat wisata di Aceh Timur

Jika kamu tidak menemukan pantai di Aceh Tenggara kamu bisa mencoba mengunjungi Aceh Timur. Tempat wisata di Aceh Timur khususnya wisata pantai, kamu akan sangat dimanjakan di kabupaten. Dan ada pantai yang benar-benar popular bagi masyarakat Aceh yang ada di Aceh Timur, yakni Pantai Kuala Leuge.

Pantai Kuala Leuge

Tempat wisata di Aceh Timur ini sebagai salah satu pantai yang memiliki garis pantai yang sangat panjang. Jadi kamu bisa bermain sepuasnya di areal apantai ini, dan jika kamu merasa kepanasan kamu bisa berteduh di pohon yang cukup rindang yang ada di sepnjang pantai. Akan tetapi pantai ini sempat ditutup oleh warga dan akhirnya sepi pengunjung yang datang ke Pantai Leuge. Hal ini dikarenakan aktifitas remaja yang berkunjung di pantai ini telah menyalahi norma-norma adat. Dan akan dibuka kembali setelah permintaan warga kepada DInas Pariwisata direalisasi, seperti memberikan batas di pantai ini.

Pantai Pusong Kuala Idi

Salah satu tempat wisata di Aceh Timur yang pantainya memiliki pasir putih yang sangat bersih, dan juga birunya air laut, dan itulah Pantai Pusong Kuala Idi. Jaraknya hanya 1 km saja dari pusat Kota Idi Rayeuk. Pantai ini memang cukup sering dikunjungi wisatawan lokal sendiri karena letaknya yang cukup dekat dan pemandangan pantai yang disajikan memang benar-benar indah.

Pantai Ulim Idi Cut

Meskipun pantai ini tidak memiliki garis pantai sepanjan Pantai Kuala Leuge tapi pesona pasir putihnya benar-benar mampu memikat para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang berdatangan di pantai ini, tetapi seperti wisatawan asing juga cukup sering berdatangan. Perpaduan antara pepohonan hijau di pinggir pantai dengan pasir putih dan birunya air laut menambah eksotisme pantai ini.

Pantai Peudawa Rayeuk

Tempat wisata di Aceh Timur ini terletak di Kecamatan Peudawa dan cukup banyak sekali pengunjung yang datang terutam ketika momen Lebaran. Cukup banyak para wisatawan yang asyik bermain air di pinggiran pantai atau hanya sekedar jalan-jalan menyusuri pantai.

Pantai Matang Rayeuk Seuneubok Meuku

Meski cukup jauh dari pusat kota Idi Rayeuk dengan jarak 60 km, tapi tetap ramai ketika musim liburan datang. Jajaran pepohonan yang cukup rindang yang ada di pinggiran pantai semakin menambah indahnya pantai ini ketika dilihat dari kejauhan.

Pantai Alur Dua Muka

Pantai yang terletak di Kota Idi Rayeuk ini hanya berjarak 2 km saja, yang menjadikannya sebagai salah satu pantai favorit warga lokal untuk melepaskan penat. Cukup banyak sekali aktifitas para wisatawan yang bisa dilakukan di pantai ini, yang hanya sekedar bermainan air laut atau bercengkerama di pinggiran pantai.

Pantai Kuala Geulumpang

Tempat wisata di Aceh Timur ini memang cukup keren, hamparan pasir putihnya cukup luas, belum lagi birunya air latu yang terlihat jelas. Maka akan semakin memikat hati para wisatawan untuk sekedar berenang atau hanya berendam di pantai. Untuk mencapai likasi pantai ini kamu harus berkendara setidaknya 15 menitan karena jaraknya sekitar 5 km dari pusat kota Idi Rayeuk.

Pantai Kuala Simpang Ulim

Cukup unik ketika kau berkunjung di tempat wisata di Aceh Timur ini. Karena letaknya yang tidak jauh dari kota Idi Rayeuk yang hanya 8 km semakin banyak wisatawan yang berkunjung di pantai. Dan keunikan di pantai ini adalah ada sebuah pulau kecil yang ada di tengah pantai. Dan kamu bisa mencapai di tengah pulau tersebut dengan menaiki perahu nelayan.

Pantai Keutapang Mameh

Destina tempat wisata di Aceh Timur yang tiak hanya memanjakan mata saja, tapi juga akan memanjakan lidah kamu. Karena di pantai ini kamu tidak hanya menikmati indahnya pantai tapi juga bisa merasakan lezatnya masakan seafood yang banyak di jajakan di pinggiran pantai. Dan cukup banyak sekali menu yang disajikan, jadi kamu juga bisa memilih sepuasnya.

Pantai Kuala Parek

Jika kamu suka dengan memancing kamu harus mengunjungi Pantai Kuala Parek ini, karena di sini cukup banyak ikan-ikan yang cukup besar. Dan letaknya Pantai Kuala Parek cukup dekat dengan kecamatan Sungai Raya. Selain memancing kamu juga bisa menikmati keindahan salah satu pantai di Aceh Timur ini.

Pantai Kuala Beukah

Salah satu tempat wisata di Aceh Timur yang pantainya memiliki garis pantai yang cukup panjang. Jadi kamu benar-benar bisa memiliki lokasi yang masih sepi untuk berenang atau hanya sekedar menghabiskan waktu di pinggir pantai.

Air Terjun Paya Bili

Tempat wisata di Aceh Timur ini tepatnya masuk di Kecamatan Birem Bayeum yang jaraknya pun tidak cukup jauh, yang hanya 12 km saja dari Kecamatan. Yang paling menonjol adalah air terjun ini memiliki danau di bawahnya yang cukup luas. Yang menjadi kendala adalah untuk menuju lokasi air terjun ini belum bisa diakses oleh kendaraan, jadi kamu harus jalan kaki.

Air Terjun Terujak

Lokasi air terjun yang berada di Kecamatan Serbajadi ini benar-benar menjadi salah satu tempat wisata di Aceh TImur yang cukup favorit. Karena kamu tidak hanya disuguhkan keindahan air terjunnya saja. tetapi kamu juga bisa menikmati pemandian air hangat dan juga air dingin yang masih berada di areal air terjun tersebut.

Situs Kerajaan Peureulak

Selain kamu menikmati keindahan pantai dan wisata alam yang ada di Aceh Timur, kamu juga bisa wisata sejarah. Seperti mengunjungi situs Kerajaan Peureulak. Situs ini sebenarnya hanya dirawat ala kadarnya saja, padahal historinya sebagai salah satu awalan berkembangnya agama Islam di tanah Aceh. Jadi memang agak sedikit disayangkan ketika perhatian dari pemerintahan agak kurang terhadap situs bersejarah.

Tempat Wisata di Aceh Utara

Dengan pusat kota pemerintahan di Lhoksukon yang lumayan memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak ini menyimpan tempat wisata yang cukup eksotis. Mulai dari wisata alam, siwata pantai, wisata sejarah juga tersedia di Kabupaten Aceh Utara ini. Dan berikut ini ada beberapa tempat wisata di Aceh Utara yang bbegitu menarik untuk dikunjungi.

Pantai Kreung Geukeuh

Salah satu pantai yang cukup ramai yang ada di Kabupaten Aceh Utara. Tidak hanya menampilkan pesona pasir putih dan juga birunya air laut saja tapi juga pemandangan pelabuhan bersandarnya kapal-kapal. Tetapi di pantai ini memiliki muara yang mana juga bisa dijadikan tempat wisata atau menyalurkan hobi memancing. Tempat wisata di Aceh Utara ini memang sangat wajib kamu kunjungi karena termasuk pantai yang paling bersih dan juga memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Pantai Ujong Blang

Destinasi wisata pantai di Aceh Utara lainnya adalah Pantai Ujong Blang. Pantai ini merupakan salah satu pantai kebanggaan masyarakat Lhoksumawe. Dan di pantai ini kamu juga bisa menemukan muara sungai Cunda, yang biasanya banyak wara yang memancing di area ini. Selain itu ketika kamu mengunjungi pantai ini juga bisa melihat aktifitas para nelayan yang mencari ikan di lautan.

Pantai Ulee Rubek

Tempat wisata di Aceh Utara selanjutnya adalah Pantai Ulee Rubek yang terletak di Kecamatan Seunuddon. Pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal atau dari luar Aceh Utara terutama ketka musim liburan Lebaran. Bibir pantai dan daratan sangatlah lebar jadi cukup leluasa ketika kamu mencoba bermain-main di pinggiran pantai. Dan rindanganya pepohonan yang ada di pinggir pantai membuat suasana semakin teduh dan sejuk.

Pantai Sawang

Pantai yang berada di Desa Sawang ini memang memiliki pemandangan yang cukup indah. meskipun kebanyakan pasirnya berwarna coklat, tapi tidak mengurangi keindahan Pantai Sawang. Dan saat yang tepat di pantai ini adalah ketika mulai senja, kamu bisa menikmati eksotisme matahari tenggelam di pinggir pantai.

Pantai Meuraksa

Pantai ini sebenarnya dulu masuk di Kabupaten Aceh Utara. Akan tetapi adanya pemekaran dan Lhokseumawe menjadi Kotamadya akhirnya wilayah pantai ini masuk ke dalam Kota Lhokseumawe. Letaknya cukup dekat dari Lhokseumawe dan berada di Kecamatan Blang Magat. Di tempat wisata di Aceh Utara ini kamu bisa melihat aktiftas para nelayan setempat, sembari menikmati indahnya Pantai Meuraksa atau Pantai Meureudu.

Pantai Lancok

Jika kamu ingin wisata kuliner dengan sajian berbagai masakan ikan laut dengan menikmati indahnya pantai, kamu bisa datang ke Pantai Lancok. Karena di pantai ini memiliki pondok atau warung-warung yang ada persis di pinggi pantai. Jadi ketika kamu mencicipi masakan khas Desa Lancok kamu juga bisa menikmati semilirnya udara dari pantai.

Pulau Seumadu

Dulunya pulau ini dinamakan Pantai Rencong yang letaknya berada di Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe. Untuk mencapai pulai ini kamu harus lewat jembatan penyeberangan yang terbuat dari kayu. Akan menjadi pengalaman wisata tersendiri ketika kamu berkunjung di Pulau Seumadu. Selain melewati jembatan dan bisa selfie ria kamu juga bisa bersantai di Pulau dengan keindahan air laut yang jernih dan juga pasir putih bersih.

Air Terjun Blang Kolam

Tempat wisata di Aceh Utara yang benar-benar indah akan pemandangan alamnya dan jernihnya air sungai, itulah Air Terjun Blang Kolam. Letak obyek wisata ini berada di Kecamatan Kota Makmur, Lhokseumawe. Dan yang cukup unik adalah ketika kamu mengunjungi air terjun ini kamu harus menuruni anak tangga untuk sampai di lokasi air terjunnya.

Air Terjun 7 Bidadari

Meskipun untuk menuju lokasi tepat berada di bawah air terjunnya cukup sulit, tapi banyak sekali wisatawan yang mencobanya. Hal ini dikarena dengan berada di bawah air terjun kamu bisa menikmati segarnya air yang turun dan juga bisa mandi di kolam tepat di bawha air terjunnya. Dan uniknya lagi air terjun ini memiliki 7 tingkatan yang menambah keindahan dari air terjun itu sendiri.

Pemandian Krueng Sawah

Salah satu tempat wisata di Aceh Utara yang cukup favorit bagi masyarakat sekitar adalah krueng Sawah yang berada di Desa Sawang. Tempat wisata ini menjadi favorit warga lokal karena selain bisa menikmati segarnya air sungai dan sejuknya udara sekitar, selain itu kamu juga bisa menikmati durian yang bisa terbilang cukup murah. Karena cukup banyak sekali pohon durian yang berada di area wisata ini.

Buket Guha Jepang

Tempat wisata di Aceh Utara selanjutnya adalah wisata peninggalan Perang Dunia II, yakni goa Jepang. Seperti dengan goa-goa Jepang lainnya seperti yang ada di tanah Jawa. Kebanyakan letaknya berada di atas bukit karena untuk memantau musuh kala itu. Dan destinasi wisata ini layak kamu kunjungi karena kamu juga akan mengerti seperti apa pertahanan tentara Jepang waktu itu.

Waduk Jeulikat

Tempat wisata yang benar-benar telah mendapat perhatian pemerintah ini menjadikannya sebagai destinasi wisata terbaru yang ada di Aceh Utara. Waduk ini benar-benar sangat terawat dan juga sangat dijaga akan kebersihannya, dan kamu bisa juga mengelilingi waduk sembari menikmati alam sekitar yang masih asri dengan menggunakan perahu. Di waduk ini juga menyediakan penginapan bagi para wisatawan yang ingin menikmati pesona waduk ketika malam hari.

Waduk Pusong

Tempat wisata di Aceh Utara yang sangat terkenal adalah Waduk Pusong. Dan inilah salah satu obyek wisata yang keindahannya bisa kamu nikmati ketika siang hari maupun malam hari. Di siang hari kamu bisa melihat pemandangan alam di sekeliling waduk. Dan ketika malam harinya kamu bisa melihat cahaya lampu dari pinggiran waduk yang memantul di atas air waduk. Begitu juga keindahan sebuah Masjid yang ada di seberang Waduk Pusong.

Rumah Cut Meutia

Dari rumah inilah awalnya pahalawan nasional Cut Meutia ini menyusun segala macam strategi peperangan melawan penjajah Belanda. Dan hingga kini rumah yang memiliki nilai sejarah itu masih ada dan dirawat oeh pemerintah sebagai bentuk apresiasi perjuangan pahalawan nasional. Sat ini Rumah Cut Meutia dijadikan museum yang bisa dikunjungi para wisatawan agar bisa melihat berbagai photo atau bahkan barang-barang peninggalan yang memiliki nilai sejarah.

Tempat Wisata di Bener Meriah

Kabupaten ini berada di sebelah baratnya Aceh Timur dan di sebelah utaranya Aceh Selatan memang tidak memiliki obyek wisata seperti pantai. Meskipun begitu bukan berarti tidak memiliki tempat menarik untuk dikunjungi. Ada salah satu tempat wisata di Bener Meriah yang akan memanjakan hari libur kamu. Dan berikut ini beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Tansaran Bidin

Tempat wisata di Bener Meriah ini memang sangat terkenal bagi masyarakat Bener Meriah tapi juga banyak sekali wisatawan yang datang dari luar Bener Meriah. Air terjun ini terletak di Desa Tansaran Bidin atau masuk dalam Kecamatan Bandar. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar dan menghirup udara sejuk khas pegunungan. Dan kamu juga bisa melihat derasnya air yang turun dari atas semakin menambah eksotisme air terjun ini.

Pemandian Air Panas Weh Pesam atau Simpang Balik

Tidak semua Kabupaten di Aceh memiliki pemandian air panas seperti tempat wisata di Bener Meriah ini. Dan uniknya lagi meskipun airnya mengandung belerang tapi tidak menimbulkan bau. Jadi sangat cocok buat kalian yang menginginkan keindahan kulit dengan cara perawatan alami. Dan caranya adalah mandi di Pemandian Air Panas Simpang Balik ini.

Gunung Burni Telong

Bagi pecinta alam yang suka mendaki gunung, maka Gunung Burni Telong bisa menjadi tantangan buat kamu. Dan ketika kamu melakukan pendakian kamu juga bisa beritirahat terlebih dahulu di Pemandian Air Panas Simpang Balik. Setelah stamina kamu kembali puluh kamu bisa melanjutkan pendakian lagi. Gunung ini memiliki ketinggia 2.600 dpl, dan sesampainya di atas puncak sudah pasti kamu akan disuguhi pemandangan alam yang benar-benar istimewa.

Monumen Radio Rimba Raya

Salah satu bangunan yang memiliki nilai arsitektur yang sangat kental dengan kebudayaan Aceh. Dan tempat ini bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata di Bener Meriah yang wajib dikunjungi. Monumen ini dibangun pada tahun 1987 sebagai salah satu bentuk apresiasi pemerintah terhadap perjuangan masyarakat Aceh. Terutama dalam hal berbagi informasi tentang perjuangan waktu sebelum kemerdekaan.

Makam Datu Beru

Tempat wisata di Bener Meriah yang sangat wajib dikunjungi terutam untuk para wanita nih. Datu Beru adalah seorang tokoh dari Aceh yang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi, dan menguasai berbagai ilmu agama, hukum, politik, dan lain-lain. Dan beliau memanfaatkan ilmu yang dimilikinya untuk menegakkan keadilan.

Pacuan Kuda Tradisional

Slah satu acara tahunan yang di miliki oleh Kabupaten Bener Meriah ini, biasanya diadakan ketika hari kemerdekan. Dan biasanya pacuan kuda ini akan berlangsung sekitar satu mingguan. Jadi ketika kamu berkunjung di kota Bener Meriah tetap bisa menikmati pacuan kuda selam beberapa hari, asal datangnya tepat pas hari kemerdekaan.

Tempat Wisata di Bireuen

Ada beberapa tempat wisata di Aceh khusunya yang ada di Kabupaten Bireuen yang sangat wajib kamu kunjungi. Bisa dikatakan untuk kabupaten yang ada di Aceh ini menawarkan destinasi wisata yang cukup lengkap. Mulai dari wisata alam, wisata pantai, bahkan wisata tempat-tempat sejarah lainnya. Jadi ketika kamu berkunjung di Bireuen maka sempatkanlah mengunjungi beberapa tempat berikut ini.

Pantai Kuala Jangka

Tempat wisata di Bireuen yang mungkin lebih dikenal sebagai pantainya para nelayan ini juga cukup ramai dikunjungi para wisatawan. Itulah Pantai Kuala Jangka, tidak hanya sekedar menikmati indahnya pantai dan deburan mbak yang menghantam karang saja. tapi kamu juga bisa membeli ikan yang masih segar sama nelayan secara langsung.

Pantai Peuneulet Baroh

Destinasi wisata pantai yang ada di Kecamatan Simpang Mamplam dan Samalanga ini menawarkan ombak yang cukup indah. Dan tidak heran jika banyak surfer nasional atau manca berdatangan di pantai ini. Tujuan mereka aadalah menikmati ombak dan berselancar di Pantai Peuneulot Baroh. Dan bagi wisatawan yang bukan surfer, sudah pasti berenang di air laut yang sangat jernih akan sangat menyenangkan sekali.

Pantai Krueng Juli

Tempat wisata di Aceh terutama di Kabupaten Bireuen akan disuguhi berbagai pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Seperti Pantai Krueng Juli ini kamu bisa melakukan apa saja di pantai ini. Seperti bermain di pasir di bibir pantai atau menghabiskan waktu dengan memancing tetap bsa kamu lakukan di pantai ini. Letaknya pun juga sangat dekat dari pusat kota Bireuen.

Pantai Calok

Pantai ini tidak banyak berubah meskipun pernah diterjang bencana tsunami hingga kini tetap masih indah. banyak wisatawan yang datang di Pantai Calok melakukan aktifitas seperti diving, snorkeling, atau hanya sekedar bermain atau berenang di pantai. Memang pantai yang ada di Kecamatan Pandarah ini memiliki terumbu karang yang sangat indah untuk dinikmati.

Pantai Kuala Raja

Tempat wisata di Aceh terutama pantai meang tidak ada habisnya, khususnya di Kabupaten Bireun ini. Pantai Kuala Raja cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dan di pantai ini kamu bisa menikmati pesona pantai yang cukup eksotis serta mencicipi sajian kuliner seafood khas Desa Kuala Raja. Pantai ini juga sangat cocok untuk wisata keluarga, karena cukup banyak wahana bermain buat anak-anak.

PPI Peudada

Tempat wisata yang satu ini adalah tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan atau sebagai tempat bersandarnya kapal. Di tempat ini kamu bisa melakukan aktifitas seperti memancing atau belanja berbagai macam ikan yang cukup murah harganya. Dan jangan Tanya soal kualitas ikannya, karena kebanyakan ikan disana kualitas eksport.

Desa Ulee Kareung

Desa wisata ini benar-benar menawarkan tempat wisata yang cukup komplit. Kamu bisa menikmati keindahan desa ini yang benar-benar masih alami, mulai dari persawahan, perbukitan, hingga pantai yang sangat indah. benar-benar destinasi wisata yang favorit, selain melihat pemandangan khas ddsa, dan juga pantai, kam juga bisa menikmati suguhan kopi Gayo di desa ini.

Pemandian Krueng Simpo

Tempat wisata di Aceh khususnya di Bireuen yang satu ini mungkin belum banyak wisatawan yang mengetahuinya, terutama yang dari luar Bireuen. Pemandian ini sebenarnya sungai yang mengalir dengan air yang sangat jernih, serta pemandangan pepohonan di samping sungai yang masih hijau. Dan akhirnya menjadikan sungai ini sebagai destinasi masyarakat lokal untuk bisa menikmati segarnya air sungai.

Pemandian Batee Iliek

Hampir sama seperti Pemandian Krueng Simpo, yakni sebuah sungai dengan kedalaman yang dangkal dan juga memiliki riak yang tidak terlalu deras. Ketika kamu mendatangi tempat wisata di Aceh tepatnya di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen ini akan disuguhi pemandangan yang indah. tidak hanya bisa menikmati segarnya air sungai saja, tapi bebatuan besar yangada di tengah sungai dan juga perbukitan semakin menambah eksotisme Pemandian Batee Iliek ini.

Air Terjun Ceuraceu

Ingin mandi di sungai dengan kolam yang cukup besar dan juga ada air terjunnya? Maka datanglah ke Air Terjun Ceuraceu yang ada di Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah. Di sungai ini kamu tidak hanya menikmati segarnya mandi di sungai saja, tapi juga disuguhi pemandangan alama lainnya seperti air terjun dan juga tebing yang berbalut pepohonan nan hijau.

Rumah Tengku Chik Abdurrahim

Rumah kediaman ulama yang sangat disegani di seantero Aceh ini masih berdiri kokoh. Padahal rumah ini dibangun mungkin sekitar 5 abad silam. Jadi tidak mengherankan ketika banyak wisatawan yang mengunjungi rumah ini karena umurnya yang sangat tua tapi masih kokoh berdiri. Kamu bisa melihat berbagai relief ukiran kayu yang ada di hampir seluruh bangunan rumah ini. Dan lokasinya sendiri cukup dekat dari Kota Bireuen yang hanya 9 km.

Tempat Wisata di Gayo Lues

Kabupaten Gayo Lues ini memiliki julukan Negeri Seribu Bukit, jadi tidak heran jika di Kabupaten ini cukup banyak tempat wisata alam. Ada beberapa tempat wisata di Aceh khususnya di Kabupaten Gayo Lues ini yang harus kamu kunjungi. Ada beberapa obyek wisata yang bisa kamu datangi yang letaknya rata-rata tidak jauh dari pusat Kota Blang Kejeran.

Kolam Biru Rerebe

Ada keunikan tersendiri tempat wisata di Aceh ini tepatnya di Desa Rerebe, Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues ini. Warna biru air sungainya hampir menyerupai birunya air laut, jadi kamu tetap akan mandi mandi di kola mini karena airnya sangat jernih. Tepat di sebelah Kolam Biru ada juga air terjun yang biasanya wisatawan menikmati gyuran air sungai yang jernih dari atas bukit.

Pemandian Air Panas Putri Betung

Terkenal dengan Negeri Seribu Bukit maka tak heran jika di Gayo Lues ini cukup banyak tempat pemandian. Dan salah satunya adalah pemandian air panas yang ada di Kecamatan Putri Betung. Jika kamu sangat menyukai mandi atau hanya sekedar berendam degan air panas. Maka kamu wajib mengunjungi pemandian air panas ini.

Desa Kedah

Sebuah desa yang ada di Kabupaten Gayo Lues ini cukup sering dikunjungi para wisatawan asing. Dan mereka sangat menyukai ketika mengunjungi desa ini. Hal ini dikarenakan Desa Kedah adalah pintu untuk memasuki Taman Nasional Gunung Leuser. Dan mereka cukup menikmati flora dan fauna yang ada di sana, serta menikmati segarnya udara di hutan hujan ini.

Blang Tasik

Hampir sama seperti tempat wisata di Jogja yakni Hutan Pinus Mangunan. Blang Tasik ini hutan pinus yang berada di perbukitan Gayo Lues. Dan disana banyak sekali  fasilitas seperti hammock dan memang menjadi tempat selfieable. Belum lagi di tambah danau kecil yang ada di sebelah hutan pinus semakin menambah keindahan Blan Tasik.

Gunung Angkasan

Jika kamu menyukai trekking, hiking mungkin mencoba petualangan di Gunung Angkasan akan menjadi pengalaman tersendiri. Akan tetapi kamu harus benar-benar menjaga stamina kamu, karena jarak antara Gunung Angkasan dari Desa Kedah cukup jauh, sekitar 20 km. jadi segala persiapan akan sangat penting ketika kamu ingin melihat keindahan alam dari Gunung Angkasan.

Puncak Genting

Salah satu tempat wisata di Aceh untuk menghirup sejuknya udara pegunungan adalah di Puncak Genting. Cukup dekat dari pusat Kota Blang Kejeren yang hanya sejauh 8 km saja. dan ketika kamu mengunjungi puncak Genting yang tingginya mencapai 1100 dpl ini akan terasa sangat menyenangkan dengan disuguhi kopi asli khas Gayo.

Danau Marpunge

Jika kamu sangat menyukai petualangan, mungkin kamu harus mencoba mengunjungi Danau Marpunge. Alasannya adalah untuk mencapai lokasi wisata yang benar-benar masih asri ini kamu butuh 2 hari perjalanan. Karena memang lokasinya yang sangat jauh yang berada di Dusun Simolanga. Tetapi rasa lelah kamu akan tergantikan setelah sampai lokasi, kamu akan melihat pemandangan alam yang benar-benar masih alami. Selain itu juga ada sajian kopi khas Gayo oleh masyarakat setempat.

Arung Jeram Sungai Puteri Betong

Ada beberapa lokasi sungai yang memang memiliki arus yang cukup deras. Dan memang beberapa sungai seperti Sungai Puteri Betong sebagai salah satu sungai terbaik di Indonesia untuk arung jeram. Jadi jika kamu sangat menyukai arung jeram, kamu harus mencoba tantangan menaklukkan arus deras dari sungai ini. Dan kamu juga bisa melihat pemandangan alam sekitar sungai yang memang sangat indah untuk dinikmati.

Stadion Pacuan Kuda Buntul Nege

Mungkin bisa dikatakan sebagai wisata olahraga, karena di sisni kamu bisa melihat perlombaan balap kuda yang cukup sering diadakan setiap tahunnya.sangat ramai sekali ketika even perlombaan telah digelar, dan sebisa mungkin kamu menyempatkan untuk mendatangi perlombaan. Karena inilah salah satu ikon wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Gayo Lues.

Masjid Asal Penampaan

Jika kamu sangat menyukai dengan sejarah masuknya agama Islam masuk di Nusantara mungkin kamu harus mengunjungi Masjid ini. Masjid Asal Penampaan ini menurut beberapa sumber sebagai Masjid tertua yang ada di Aceh. Karena diperkirakan Masjid ini sudah bediri selama 800 tahun dan sampai saat ini masih berdiri dengan kokohnya.

Tempat Wisata di Nagan Raya

Ada beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Nagan Raya yang cukup dikenal oleh masyarakat lokal maupun internasional. Hal ini dikarenakan ada beberapa pantai yang memang dekat jalan raya lintas barat. Jadi keindahan akan pantai yang ada di Nagan Raya tersebut justru bisa dinikmati ketika kamu berkendara. Dan berikut ini beberapa wisata pantai dan wisata alam yang ada di Kabupaten Nagan Raya.

Pantai Indah Naga Permai

Tempat wisata di Aceh ini tidak terlalu jauh dari Bandar Udara Cut Nyak Dhien yang hanya sekitar 4 hingga 5 km saja. Meski pantai ini memiliki pasir hitam tetap tidak mengurangi minat wisatawan untuk mendatangi Pantai Indah Naga Permai. Ada beberapa penyebab selain pantai itu sendiri ada banyaknya pohon cemara yang menghiasi hampir keseluruhan garis pantai.

Pantai Suak Dama

Pantai ini berada di Desa Babah Leung, Kecamatan Tripa Makmur. Sedikit hampir sama seperti Pantai Indah Naga Permai yang memiliki pepohonan yang cukup rindang yang ada di pinggir pantai. Jadi ketika mengunjungi pantai ini kamu bisa menikmati udara pantai dari bahan pepohonan. Atau bisa juga bersantai sambil minum kopi di pondokan yang ada di pingir pantai.

Pantai Seunagan

Salah satu tempat wisata di Aceh ini tepatnya di Desa Kubang Gajah Kabupaten Nagan Raya cukup ramai dikunjungi wisatawan ketika hari libur. Meski tidak memiliki pasir putih, pantai ini tidak kehilangan pesonanya. Cukup banyak hal enarik di pantai ini seperti banyaknya pohon kelapa yang ada di pinggir pantai menjadikannya terlihat lebih alami. Dan kamu juga bisa menikmati es kelapa muda sembari merasakan semilir udara pantai.

Sungai Krueng Isep

Tempat wisata di Aceh tidak terlepas dari wisata sungai dengan pemandangan yang masih asri yang ada di pinggiran sungai. Yup inilah Sungai Kreung Isep yang masih masuk di Kecamatan Beutong. Dan ketika liburan sungai ini cukup dipadati wisatawan yang ingin merasakan riak sungai dan segarnya air sungai.

Bendungan Irigasi Jeuram

Tidak semua bendungan itu bisa dijadikan tempat wisata yang menarik. Tapi untuk Bendungan Irigasi Jeuram yang ada di Kecamatan Beutong ini bisa menarik begitu banyak pengunjung. Dikarenakan bendungan ini emiliki pemandangan yang benar-benar indah, seperti background bendungan ada Bukit Barisan yang benar-benar bisa menyejukkan mata.

Puncak Singgah Mata

Masih masuk di Kecamatan Beutong, Puncak Gunung Singgah Mata ini benar-benar akan menyejukkan mata. Tidak hanya udara sejuk khas pegunungan saja yang bisa kamu rasakan. Tapi pemandangan di bawah gunung ini benar-benar bisa memikat para wisatawan untuk datang ke Puncak Singgah Mata.

Danau Laut Tadu

Hampir sama seperti wisata danau lainnya, tapi ada sedikit perbedaan yang ditunjukkan dari Danau Laut Tadu ini. Ketika kamu mengunjungi danau ini mungkin kamu akan terpukau dengan indahnya perbukitan nan hijau yang mengelilinga danau. Belum lagi udara yang sangat menyejukkan khasd udara pegunungan.

Tempat Wisata di Pidie

Tidak kalah degan Kabupaten lainnya, Kabupaten Pidie dengan pusat kota di Sigli juga memiliki destinasi yang mampu menarik para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang mendatangi Pidie tapi juga wisatawan mancanegara juga penasaran dengan salah satu Kabupaten yang ada di Aceh ini. Dan berikut ini beberapa tempat wisata yang cukup dikenal yang ada di Kabupaten Pidie.

Pantai Mantak Tari

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, dan ada batu-batu besar di sepanjang pantai yang fungsinya sebagai pemecah ombak. Kamu bisa bermandian atau bermainan pasir di pantai ini, atau juga bisa hanya berteduh di bawah pepohonan yang cukup rindang yang ada di pinggir pantai. Pantai ini juga lumayan ramai ketika hari libur, cukup banyak wisatawan yang berdatangan hanya untuk menikmati panorama Pantai Mantak Tari.

Air Terjun Tangse

Jika kamu ingin berenang di kolam yang alami, maka datanglah ke Air Terjun Tangse. Air Terjun yang terletak di Gampong Meuriya ini memiliki kolam di bawah air terjun yang cukup buat berenang atau sekedar berendam. Selain itu kamu juga bisa bermain di bawah air terjun yang cukup deras dan juga pemandangan sekitar perbukitan yang hijau.

Alue Landong

Lagi-lagi wisata alam seperti sungai banyak sekali ditemukan di Kabupaten Pidie, dan salah satunya adalah wisata sungai Alue Landong. Jika kamu menyukai wisata alam dan ditemani derasnya air sungai yang mengalir mungkin kamu harus mengunjungi Alue Landong. Obyek wisata ini ada di Desa Gampong Alue Landong, Kecamatan Mane.

Krueng Rhoep

Kita akan benar-benar disuguhi pemandangan yang benar-benar alami, ketika mengunjungi air terjun yang berada di Kecamatan Tangse. Air terjun ini cukup tinggi ada sekitar 20 m ke atas, dan kamu juga bisa mendaki perbukitan yang nantinya akan disuguhi pemandangan nan hijau dan juga lekuk sungai yang sangat indah.

Lingkok Kuwieng (Lembah Istana)

Tempat wisata di Aceh tepatnya di Kabupatek Pidie ini sangatlah dekat dengan pusat Kota Sigli. Hanya berjarak sekitar 12 km saja. di obyek wisata ini kamu akan benar-benar bisa menikmati bekas proses alam ribuan tahun terutama pada batuan yang terlihat seperti tumpukan. Selain itu kamu juga bisa mencoba segarnya air sungai pedalaman dengan berendam di sungai yang agak dangkal.

Air Terjun Alue Putek

Meskipun agak jauh dari pusat Kota Sigli sekitar 40 km, tapi Air Terjun Alue Putek ini benar-benar layak untuk dikunjungi. Air Terjun ALue Putek berada di Dusun Geunie dan masih dalam Kecamatan Tangse. Area air terjun yang masih terlihat sangat asri karena memang masih jarang wisatawan yang datang kemari. Hal ini karena keterbasan informasi tentang air terjun tersebut.

Air Terjun Angin Beungga

Terletak di Beungga yang jarak tempuh ada sekitar 50 km dari pusat Kota Sigli ini bisa menjadi tempat untuk berpetualang. Karena memang hutannya yang masih belum terjamah, hanya orang-orang tertentu atau para Mapala saja yang telah datang kemari. Jadi jika kamu ingin mendatangi tempat wisata ini sebaiknya kamu menggunakan jasa pemandu.

Air Terjun Laot

Mengagumkan mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan air terjun ini. Air terjun yang cukup deras dengan sekelilingnya cukup banyak pepohonan dan perbukitan. Serta di bawahnya air terjunya juga ada kolam yang cukup lebar, yang bisa untuk berenang atau hanya sekedar berendam. Tapi kamu harus hati-hati karena kola mini cukup dalam ada sekitar 15 meter kedalamannya. Untuk mendatangi lokasi wisata ini kamu harus berkendara setidaknya selama 15 menitan ke arah Kecamatan Geumpang.

Arung Jeram Sungai Geumpang

Jika kamu menyukai olahraga yang cukup ekstrim, mungkin kamu bisa mencoba arung jeram di Sungai Geumpang. Cukup banyak wisatawan yang datang ke sungai ini hanya untuk menikmati derasnya arus sungai dan menaklukkan sungai yang berbatu. Selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan alama yang ada di pinggiran sungai.

Air Panas Pulo Seunong

Kecamatan Tangse memang menyimpan destinasi wisata yang cukup banyak, dan salah satunya adalah pemandian air panas Pulo Seunong. Pemandian ini letaknya di Desa Pulo Seunong, dan untuk mencapai lokasinya kamu harus menempuh perjalanan melewati persawahan yang cukup jauh. Tapi rasa lelah kamu akan segera hilang ketika nyebur di pemandian air panas.

Guha Tujoh Laweung

Ada keunikan tersendiri yang ada di goa ini, tidak hanya pintu goa yang berjumlah tujuh saja, akan tetapi menyimpan misteri sejarah. Jadi ketika kamu mengunjungi goa ini sebaiknya menggunakan jasa pemandu maka mereka akan bercerita tentang sejarah goa tersebut.

Museum Tsunami

Gedung Tsunamai yang letaknya di pusat Kota Sigli ini tidak seperti monument pada umumnya yang selalu menyimpan benda bersejarah di dalamnya. Museum Tsunami ini sebenarnya sebuah monumen untuk memperingati para koran tsunami pata tahun 2004. Akan tetapi sekarang ini kondisinya tidak begitu terawat.

Masjid Raya Po Teumeureuhom

Inilah salah satu masjid yang memiliki arti sejarah yang sangat penting terutama bagi masyarakat Pidie. Masjid ini dibangun pada masa Sultan ISkandar Muda, dan mungkin hingga saat ini usianya sudah pasti ratusan tahun. Tapi hingga kini masjid tersebut masih berdiri kokoh yang akhirnya dijadikan sebagai wisata religi baik untuk masyarakat lokal ataupun dari luar Pidie.

Tempat Wisata di Pidie Jaya

Kabupaten Pidie Jaya yang pusat kotanya berada di Kota Meureudu ini termasuk Kabupaten baru dari pemekaran Kabupaten Pidie. Ada beberapa tempat wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Pidie Jaya. Mulai dari pantai, wisata alam, hingga beberapa tempat bersejarah juga ada di Kabupaten ini. Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Pidie Jaya yang sangat layak untuk kamu kunjungi.

Pantai Manohara

Cukup unik memang nama pantai yang di jadikan tempat wisata di Aceh khususnya di Kabupaten Pidie Jaya ini. Meskipun memiliki pasir hitam, bukan berarti air lautnya terlihat keruh. Justru air laut yang ada di pantai ini berwarna biru dan sangat jernih. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya untuk berenang atau sekedar bermain-main di pantai ini. Pantai Manohari terletak di Kecamatan Kota  Meureudu yang hanya berjarak 46 km dari pusat kota.

Pantai Khutang

Ada keunikan tersendi di pantai ini, karena tidak semua pantai di Indonesia memilik keunikan seperti Pantai Khutang. Pantai yang terletak di Kecamatan Trienggading ini ada benteng peninggalan Jepang yang berada di pinggir pantai. Jadi tidak hanya sekedar menikmati panorama pantai saja ketika kamu berada di Pantai Khutang ini. Akan tetapi juga mengagumi kekokohan benteng peninggalan Jepang yang hingga kini masih berdiri.

Pantai Panteraja

Salah satu pantai nelayan yang juga memiliki daya pikat akan keindahan pantainya. Jarak pantai ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Meureudu, dan bisa kamu jangkau menggunakan kendaraan. Tidak hanya sekedar menikmati keindahan pantai serta lautnya saja. kamu juga bisa membeli ikan dari nelayan secara langsung dengan hara yang cukup murah.

Air Terjun Ulim

Memang tidak mudah untuk mencapai lokai Air Terjun Ulin yang masih ada di Kabupaten Pidie Jaya ini. Jika kamu memiliki jiwa berpetualang mungkin harus mengunjungi air terjun ini. Karena dibutuhkan beberapa hari untuk mencapai lokai air terjun. Cukup banyak rintangannya, seperti melewati beberapa sungai dan harus mendaki perbukitan yang tingginya 1200 dpl. Akan tetapi ketika sampai, maka rasa lelahmu akan terbayarkan dengan menikmati keindahan air terjun dan juga pemandangan yang sangat indah di bawahnya.

Air Terjun Gunung Palang

Tempat wisata di Aceh khususnya di Kabupaten Pidie Jaya memang sangat indah untuk wisata alamnya, seperti air terjun. Meskipun untuk akses ke lokasi air terjun ini kamu harus berjalan kaki dengan melewati beberapa sungai dan juga lembah. Akan tetapi pemandangan yang disuguhkan benar-benar istimewa. Dan sebaiknya jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata air terjun ini harus menggunakan jasa pemanddu. Air Terjun Gunung Palang masih berada di Kecamatan Bandar Baru.

Krueng Meureudu

Sungai yang berada di kota kecamatan ini memang cukup dikenal karena keindahan yang ada di sungai. Mulai dari riak sungai, dan juga airnya yang sangat segar, dan juga pemandangan alam di sekitaran sungai. Ketika senja cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal yang hanya menghabiskan waktu menikmati pemandangan alam yang cukup elok.

Krueng Lhok Gop

Sungai yang berada di Kecamatan Bandar Dua ini ketika musim liburan banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati kesegaran air sungai. Cukup banyak aktifitas yang dilakukan di Krueng Lhok Gop ini. Selain hanya sekedar berendam dan bermainan air, kamu juga bisa menikmati pemandangan seperti persawahan dan perukitan nan hijau.

Benteng Kuta Batee

Salah satu bukti sejarah di era Sulthan Iskandar Muda ini dibangun pada tahun 1620 dan hingga kini masih berdiri kokoh. Bahkan terjangan tsunami tidak cukup menghancur benteng yang berbentuk segi empat. Ketika kamu mengunjungi benteng ini kamu juga bisa belajar sejarah tentang berdirinya benteng Kuta Batee dan juga Kerajaan Trumon yang berada di sana.

Masjid Beuracan atau Masjid Guci Keuramat

Tempat beribadah umat muslim ini sudah berdiri sekitar hampir 400 tahun ini berada di Kecamatan Meuredu. Masjid ini dibangun ketika era Sulthan Iskandar Muda dan hingga kini juga masih berdiri kokoh. Dan cukup banyak wisatawan yang berkunjung disini karena keindahan masjid dan juga nilai sejarahnya. Ada sisi menarik yang ada di dalam masjid, yakni tongkat yang terbuat dari rotan yang usia tongkat tersebut juga hampir sama dengan masjid. Dan tongkat rotan itu mungkin tingkat kekerasannya sudah seperti baja.

Tempat Wisata di Simeulue

Kabupaten Simeulue ini bisa dikatakan sebagai sebuah kepulauan yang berada tepat di atas Samudera Indonesia. Dan kabupaten ini dulunya berada di Kabupaten Aceh Barat, tetapi karena adanya pemekaran sekarang berdiri sendiri. Dan untuk obyek wisata di Simeuue ini tidak perlu diragukan lagi keindahan tempat wisatanya, terutama keindahan panorama pantai.

Pantai Thailand

Sangat unik memang untuk sebuah nama pantai, karena memang memiliki kaitan erat dengan orang Thailand yang menghuni di areal pantai ini. Keindahan yang ada di pantai ini benar-benar membuat mata kamu silau akan panorama pantainya. Pasit lautnya yang putih bersih dan juga keindahan terumbu karang yang ada di dalam. Cukup banyak sekali wisatawan yang berkunjung di Pantai Thailand ingin melihat keindahan bawah laut seperti snorkeling atau free dive.

Pantai Matanurung

Tempat wisata di Aceh terutama wisata bahari adalah Pantai Matanurung. Pantai ini bahkan sangat dikenal oleh para surfer professional, baik dalam negeri maupun manca. Dan tak lain karena ombaknya yang benar-benar bertipe panjang, yang sangat disukai oleh para peselancar. Mungkin dikarenakan pantai ini berbatasan langsung dengan samudra lepas, maka ombak yang dihasilkan begitu sempurna.

Pantai Nancala

Di Kabupaten Simeulue memang benar-benar menjadi destinasi wisata favorit di Aceh khususnya untuk para peselancar professional. Karena cukup banyaknya pantai yang memiliki ombak-ombak yang panjang. Dan salah satunya adalah Pantai Nancala yang selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai Busung

Tempat wisata di Aceh terutama yang ada di Kabupaten Simeulue ini benar-benar memanjakan para peselancar. Di Pantai Busung ini banyak sekali para peselancar mulai dari pemula hingga profeional berdatangan di pantai ini. Karena ada beberapa bagian pantai yang memiliki ombak yang sifatnya sedang hingga yang cukup tinggi yang memang khusus bagi para peselancar professional.

Pantai Ganting

Di pantai ini kamu akan dimanjakan dengan indahnya pesona pantai. Banyak sekali pohon kelapa yang berdiri tegak yang berjajar di pinggir pantai. Dan juga pasirnya yang putih bersih semakin memikat hati para wisatawan. Cukup banyak wisatawan yang datang di Pantai Ganting untuk menikmati keindahan pantai dengan cara berenang di pantai atau melihat keindahan terumbu karang.

Pantai Pasir Tinggi

Banyak sekali wisatawan yang datang akan bersenyum cukup lebar melihat keindahan Pantai Pasir Tinggi. Keindahan warna gradasi biru laut yang benar-benar eksotis dan dipadukan dengan hamparan pasir putih bersih benar-benar mampu memikat para hati wisatawan untuk kembali lagi. Belum lagi cukup banyaknya pepohonan yang ada di pinggir pantai seperti pohon kelapa semakin menambah eksotis pantai ini.

Pantai Batu Alafan

Tempat wisata di Aceh yang satu ini benar-benar sangat unik yang berada di Kepulauan Simeulue atau masuk di Kabupaten Simeulue. Tempat wisata tersebut adalah Pantai Batu Alafan. Pantai ini memiliki keunikan yakni adanya batu yang sangat besar yang menjorok ke pantai. Jadi kamu bisa berjalan di atas batu tersebut dengan ditemani ombak yang menghantam batu besa yang ada di Pantai Batu Alafan.

Pantai Along

Tidak hanya sekedar menikmati putihnya pasir pantai dan birunya air laut saja ketika kamu berada di Pantai Along. Kamu bisa menunggu senja datang dan melihat sunset dengan keindahan temaram sinarnya di sore hari. Dan kamu bisa duduk di batu karang yang ada di pinggir pantai degan menikmati eksotisme Pantai Along.

Pantai Tunggul Indah

Tempat wisata di Aceh untuk menikmati sunset adalah di Pantai Tunggul Indah yang berada di Dusun Busung, Simeulue. Di pantai ini sebenarnya tidak hanya indah ketika sore saja, tapi juga bisa nikmati ketika siang hari. Karena Pantai Tunggul Indah ini memiliki pasir yang putih dan juga birunya air lautnya yang terlihat sangat jernih.

Pulau Siumat

Pulau kecil yang juga berada di dalam Kepulauan Simeulue dan masih masuk di dalam Kabupaten Simeulue ini cukup unik. Jika kamu ingin lepas dari yang namanya keramaian maka Pulau Siumat sebagai destinasi wisata yang cocok buat kamu. Pulau ini cukup sunyi tetapi masyarakat lokal juga sangat ramah terhadap para wisatawan.

Pulau Simanaha

Tempat wisata di Aceh yang satu ini memang sangat cocok dijadikan destinasi wisata favorit. Karena di pulai ini memang dijadikan sebagai tempat untuk konservasi kelautan.jika kamu berkunjung di pulau ini maka akan disuguhi keanekaragaman hayati laut yang mempesona. Misalnya seperti banyaknya jenis ikan, penyu, dan juga cantiknya terumbu karang di dalamnya.

Pulau Teupah

Salah satu di antara banyak pulau-pulau kecil yang ada di Kepulauan Simeulue ini sangat memikat para wisatawan untuk mendatanginya. Keindahan pulau dan juga pantai-pantai di sekelilingnya benar-benar sangat eksotis. Berbagai macam aktifitas bisa dilakukan di pulau kecil ini, mulai dari surfing, bermainan pasir atau berenang di atas birunya air laut.

Pulau Batu Berlayar

Pulau yang satu ini memang suranya bagi para pemancing mania. Dan dijuluki sebagai Pulau Batu Berlayar dikarenakan ada gugusan batu batu yang sangat besar seperti terapung di atas pantai. Pulau ini sangat terlihat jelas ketika kamu mengunjungi Pantai Thailand, karena tepat di depannya. Jadi jika kamu ingin wisata yang komplit obyek wisatanya maka datang saja ke Simeulue tidak hanya sekedar menikmati pantai saja, tapi juga bisa memancing ikan.

Pulau Taman Raja

Pulau ini cukup unik meskipun dari ukuran pulaunya sendiri tidak terlalu besar. Cukup unik karena pulau ini berdiri tepat di teluk Pantai Busung. Untuk mengunjungi pulau ini kamu harus menaiki kapal yang memang banyak tersedia di pinggiran pantai.

Danau Laut Tawar

Daunau ini berada cukup jauh dari pusat Kota Sinabang, jaraknya sekitar 40 km. ketika kamu sudah agak bosan dengan keindahan pantai yang ada di Simeulue, maka kamu bisa mencoba menikmati indahnya danau yang ada di Teluk Dalam. Kamu bisa menikmati keindahan danau sembari mencoba kuliner yang dijajakan di warung apung yang ada di danau.

Makam Teuku Diujung

Selain wisata bahari hingga wisata alam di Simeulue, kamu juga bisa wisata sejarah. Dan salah satunya adalah mengunjungi Makam dari seorang ulama yang sangat berpengaruh yang ada di Simeulue. Dan hingga kini Makam Teuku Dujung ini dikeramatkan oleh masyarakat lokal. Tapi wisatawan tetap diperbolehkan untuk mengunjungi makam tersebut.

Tempat Wisata di Banda Aceh

Banda Aceh adalah ibukota Provinsi Aceh yang menjadi segala pusat pemerintahan yang ada di bumi Aceh. Dan jika kita lihat historinya dulu Kota Banda Aceh juga sebagai ibukota Kesultanan Aceh Darussalam. Dan termasuk salah satu Kerajaan Islam terbesar yangada di dunia. Jadi tak heran lagi jika kamu berkunjung di Aceh maka banyak segala obyek wisata yang sangat kental dengan sejarah. Selain itu bencana tsunami tahun 2004 juga meninggalkan tempat-tempat yang juga layak kamu kunjungi, seperti museum tsunami.

Pantai Ulee Lheue

Tempat wisata di Aceh ini benar-benar menyuguhkan keindahan alami ketika mulai senja. Pantai Ulee Lhue yang jaraknya tidak jauh dari Kota Banda Aceh. Cukup banyak wara lokal yang menghabiskan waktu senja di pinggiran pantai ini, sambil menikmati makanan yang tersaji di sepanjang pantai. Dan ketika matahari sudah mulai tenggelam keindahan semburat sinarnya benar-benar memberikan Susana senja yang istimewa.

Pantai Alue Naga

Kamu harus berkendara sedikit lebih jauh dibanding dengan ke obyek wisata Pantai Ulee Lheue. Jaraknya 10 km dari pusat kota Banda Aceh dan bisa kamu tempuh dengan berkendara. Di pantai ini kamu bisa bermain pasir yang memang cukup lebar dari bibir pantai. Akan lebih indah panoramanya ketika kamu datang sore hari sembari menunggu indahnya sinar matahari tenggelam.

Masjid Raya Baiturrahman

Siapa orang Muslim yang tidak mengenak salah satu Masjid terindah di Indonesia ini? Yup, inilah Masjid Baiturrahman yang sudah menjadi ikon Kota Banda Aceh bahkan Provinsi Aceh itu sendiri. Masjid ini sudah berdiri sejak jaman Sulthan Iskandar Muda, pada tahun 1612. Ketika kamu mengunjungi Banda Aceh sempatkan untuk melihat arsitektur Masjid yang memiliki nilai-nilai sejarah kebudayaan wara Aceh.

Masjid Agung Al Makmur

Masjid ini direnovasi besar-besaran oleh pemetintahan Oman, jadi tidak heran jika arsitekturnya perpaduan antara Timur Tengah dengan budaya Aceh. Dulunya Masjid ini hancur karena terjangan tsunami tahun 2004, tapi sekarang menjadi Masjid yang megah kedua di Aceh. Letak Masjid Agung Al Makmur ada di Lampriet yang tidak jauh dari pusat Kota Banda Aceh.

Pesawat Dakota RI-001 Seulawah

Pesawat pertama yang dibeli oleh pemerintah Indonesia ini atas sumbangan dari rakyat Aceh. Dan dibuatnya replica yang dipasang berdekatan dengan monumen peringatan tsunamai ini menjadi bukti kecintaan rakyat Aceh terhadap bumi pertiwi Indonesia. Meskipun hanya replica yang di pasang akan tetapi ini merupakan symbol bersatunya rakyat Aceh untuk membela negeri ini kala itu.

Tugu Waktu Tsunami

Lokasi tugu ini berada tidak jauh dari lokasi wisata PLTD Apung. Dibangunnya tugu dengan arsitektur cukup ini untuk memperingati hari terjadi bencana tsunami di bumi Aceh. Di bagian badan tugu ada beberapa nama koran yang meninggal akibat terjangan tsunami.

PLTD Apung

Kapala Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ini menjadi tempat wisata untuk mengenang korban bencana tsunami. Yang letaknya cukup dekat dengan Tugu Waktu Tsunami. Kapal apung ini terseret oleh gelombang tsunami sejauh 5 km. cukup banyak wisatawan lokal maupun asing yang berdatangan di lokasi wisata kapal apung ini. Dan salah satunya adalah untuk melihat dari dekat bukti kedahsyatan gelombang tsunami yang ad bumi Aceh.

Monumen Aceh Thanks to The World

Monumen ini dibangun sebaga rasa ucapa terimakasih rakyat Aceh terhadap semua elemen yang membantu tsunami ketika itu. Di monumen ini ada sekitar 53 plakat ucapan terimakasih teradap 53 negara yang telah membantu baik untuk bantuan materiil ataupun imateriil. Dan di plakat tersebut tertulis rasa terimakasih dengan bahasa Negara yang bersangkutan.

Museum Tsunami

Museum ini memiliki arsitektur yang sangat istimewa, dan bangunan ini dirancang oleh Ridwan Kamil, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Tidak hanya sekedar arsitektur bangunan saja, akan tetapi ketika pengunjung memasuki museum ini akan merasakan mengerikannya situasi ketika tsunami menerjang. Dan museum ini memang dibangun untuk mengenang bencana tsunami pada tahun 2004 silam.

Kapal Apung Lampulo

Tempat wisata di Aceh khususnya di Kota Banda Aceh memang cukup banyak obyek wisata yang mengingatkan tentang bencana tsunami. Misalnya seperti tempat wisata Kapal APung Lampulo yang berada di Kecamatan Kuta Ala mini memang sangat unik. Jadi ketika bencana tsunami itu terjadi kapal ini menjadi kapal penyelamat 59 orang ketika itu. Dan kapal itu menyangkut di atap rumah, yang akhirnya kini dijadikan sebagai obyek wisata untuk memperingati kejadian ketika itu.

Museum Negeri Aceh

Museum ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat kental sekali dengan kebudayaan Aceh. Dan cukup banyak sekali barang-barang peninggalan yang memiliki nilai sejarah cukup penting bagi bumi Aceh berada di sana. Mulai dari benda-benda seperti arkeologi, kesenian, sejarah, geologi, dan lain-lain juga berada di dalam museum tersebut. Dan benda yang paling terkenal yang ada di museum ini adalah sebuah lonceng yang usianya lebih dari 1400 tahun.

Taman Ghairah

Obyek wisata yang memiliki nilai sejarah yang cukup panjang ini wajib kamu kunjungi ketika berada di Kota Banda Aceh. Taman Ghairah ini dibangun ketika Sulthan Iskandar Muda jatuh cinta terhadap Putri Kamaliah yang berasal dari Negeri Pahang, Malaysia. Dan taman ini dibangun sebagai bukti cintanya beliau terhadap Putri Kamaliah.

Peucut Kerkhof

Sebenarnya tempat wisa di Aceh ini adalah komplek pemakaman tentara Belanda yang tewas ketka perang melawan rakyat Aceh. Ada sekitar 2000 lebih tentara Belanda di makamkan di pemakaman ini. Dan banyak turis asing dari mancanegara yang berdatangan di obyek wisata ini khususnya wisatawan dari Belanda. Yang menjadi unik adalah gerbang masuk ke areal pemakanan dengan arsitektur yang sangat khas Eropa.

Kampung Turki di Bitai

Ada keunikan tersendiri yang dimiliki oleh desa Bitai di Kecamatan Jaya Baru ini, yakni pemukiman penduduk yang asalnya dari Turki. Cukup panjang sejarahnya kenapa banyak orang Turki yang tinggal di desa Bitai. Salah satunya adalah banyaknya ulama yang dikirimkan oleh Kekhilafahan Utsmani ke bumi Aceh. Dan salah satu obyek wisata di desa ini adalah makam para ulama Turki yang memang memiliki desain makam yang sangat berbeda dibanding dengan makam masyarakat lokal.

Kuburan Massal Siron

Di kuburan ini ada sebanyak 46.716 jiwa yang dikubur secara massal. Yang biasanya setahun sekali selalu diadakan upacara untuk mengenang peristiwa benca tsunami di Aceh. Dan banyak sekali para peziarah yang datang ketika musim liburan yang hanya untuk mengenang para sanak sodara yang ikut meninggal ketika bencana tsunami.

Taman Ratu Safiatuddin

Tempat wisata di Aceh khususnya di Kota Banda Aceh ini cukup unik. Karena di dalam komplek taman berdiri berbagai macam rumah adat etnis yang ada di bumi Aceh. Dan hampir setiap tahunnya selalu ada berbagai macam acara budaya yang selalu digelar di dalam komplek Taman Ratu Safiatuddin.

Makam Sultan Iskandar Muda

Ada beberapa peraturan yang harus kamu taati ketika mengunjungi Makam Sultan Iskandar Muda. Dan yang paling utama adalah harus berpakaian yang sangat sopan. Makam ini tergolong sangat megah dengan adanya kaligrafi yang ada di sisi sekeliling makam. Banyak wisatawan di sini tidak hanya sekedar berwisata saja akan tetapi berziarah dan mengirimkan doa untuk Sultan Iskandar Muda.

Tempat Wisata di Kota Langsa

Sepertinya tidak ada satu kota pun yang ada di Provinsi aceh yang tidak memiliki tempat wisata menarik. Dan salah satu kota sebagai tempat wisata di Aceh yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Kota Langsa. Ada beberapa obyek wisaya di Kota Langsa yang memang memiliki pesona memikat bagi para wisatawan yang berdatangan. Dan berikut ini tempat wisata di Kota Langsa yang cukup dikenal oleh masyarakat lokal dan luar daerah Kota Langsa.

Pantai Kuala Geulumpang

Pantai yang berada tepat di Selat Malaka ini benar-benar mampu memikat banyak wisatawan untuk datang. Panorama yang ada di sekitar pantai begitu eksotis, ditambah dengan pasir ptih yang bersih dan juga birunya air laut semakin menambah daya tarik pantai ini. Pantai Kuala Geulumpang tidak jauh dari Kota Langsa, dan untuk akses ke sana pun juga sangat mudah.

Pelabuhan Kuala Langsa

Tempat wisata di Aceh berikutnya dulunya hanya digunakan untuk pelabuhan saja, akan tetapi saat ini justru banyak sekali wisatawan yang datang. Para wisatawan berdatangan di Pelabuhan Kuala Langsa ingin menikmati panorama hutan mangrove yang cukup lebat, dan juga melakukan banyak aktifitas seperti memancing, atau menyewa perahu untuk berkeliling di seputaran hutan mangrove.

Pulau Teulaga Tujoh

Liburan kamu akan semakin indah ketika hendak mengunjungi Pulau Telaga Tujoh yang jaraknya sekitar 18 km dari pusat Kota Langsa. Untuk mencatangi pulau ini kamu harus menyewa perahu dari Pelabuhan Kuala Langsa. Dan di pulau tersebut kamu bisa menikmati indahnya panorama laut dan juga meilhat aktifitas para nelayan setempat.

Pulau Ujung Pusong

Ujung Pusong memang telah menjadi wisata bahari yang cukup menarik minat para wisatawan. Meskipun cukup jauh jaraknya pulau dari Kota Langsa dan harus ditempuh menggunakan perahu motor. Tapi perjalanan kamu tidak akan sia-sia ketika melihat panorama yang ada di pulau kecil ini. Kamu akan disuguhi pasir putih dan birunya lautnya yang sangat jernih.

Hutan Kota Langsa

Posisi hutan yang tidak terlalu jauh dari Kota Langsa, yang hanya berjarak 3 km ini bisa dibilang spot menyenangkan bagi masyarakat lokal. Karena di hutan Kota Langsa kamu bisa menghirup udara sejuk dan juga melepaskan penat. Di hutan kota ini terdapat banyak sekali phono yang besar-besar yang membuat area sekitarnya menjadi lebih sejuh dan juga teduh.

Taman Bambu Runcing

Taman ini memiliki tugu yang berbentuk bamboo runcing, sebagai tanda untuk memperingati perjuangan rakyat Indonesia dan masyarakat Langsa khususnya. Ketika sore hari banyak sekali warga yang berdatangan hanya sekedar bermain di area taman dan menikmati suasana sore hari di Taman Bambu RUncing.

Kolam Renang Alam Pondok Kemuning

Salah satu destinasi wisata favorit warga Kota Langsa adalah Kolam Renang Alam Pondok Kemuning. Lokasi kolam renang yang berada di Desa Kemuning, Kecamatan Langsa Baru ini memiliki air yang benar-benar jernih. Belum lagi pemandangan alam sekitar yang benar-benar masih air,seperti banyaknya pohon kelapa dan tanaman lainnya yang tumbuh di pinggiran kolam membuat udara semakin sejuk.

Gedung Balee Juang

Tidak hanya di Jogja, Bandung, atau Semarang saja yang memiliki bangunan peninggalan Belanda yang memiliki arsitektur khas Eropa. Kota Langsa memiliki gedung peninggalan Belanda yang bernaa Gedung Bale Juang. Dan gedung ini akhirnya difungsikan sebagai Kantor Bappeda karena kondisi gedung yang memang masih sangat kokoh.

Mutiara Water Park

Salah satu destinasi warga lokal Kota Langsa ketika akhir minggu adalah Mutiara Water Park. Obyek wisata Mutiara Water Park ini terbilang sangat bagus karena segala fasilitas ada di dalamnya. Misalnya seperti flying fox, guyuran dum air, perostan, dan lain-lain. Jadi kamu bisa menikmati berbagai macam permainan air yang ada di Mutiara Water Park yang berada di Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baru.

Tempat Wisata di Subulussalam

Kota Subulussalam adalah kota pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil. Kota ini cukup menyimpan destinasi wisata yang cukup menarik minat para wisatawan. Cukup banyak wisatawan yang datang ke kota Subulussalam baik lokal maupun domestik. Karena kebanyakan obyek wisata letaknya tidak jauh dari pusat kota, jadi untuk menjangkau lokasinya pun juga sangat mudah dan cepat.

Air Terjun SKPC

Salah satu tempat wisata di Aceh yang menjadi destinasi wisata favorit bagi warga lokal adalah Air Terjun SKPC. Terletak di Gampong Penuntungan yang jaraknya hanya 5 km dari pusat Kota Subussalam selalu banyak pengunjungnya ketika hari libur tiba. DI Air Terjun SKPC ini kamu bisa menikmati derasnya air yang turun atau bisa juga dengan berenang ata sekedar berendam di kolam tepat di bawah air terjunnya yang sangat menyegarkan.

Air Terjun Kedabuhan

Hampir sama degan Air Terjun SKPC cuman airnya sedikit lebih deras, dan sungai dibawahnya juga sering digunakan sebagai arung jeram. Letak Air Terjun Kedabuhan juga tidak jauh dari pusat Kota Subussalam, hanya berjarak 7 km yang berada di dekat Desa Lae Ikan. Dan d bawah air terjun ini juga ada kolam yang lumayan besar yang biasanya banyak digunakan pengunjun untuk berenang atau berendam

Arung Jeram Lae Kombih

Di sungai Namo Buaya ini banyak sekali aktifitas arung jeram, karena arus sungainya yang cukup deras dan menantang. Kamu juga bisa menikmati arung jeram di sungai ini dengan bantuan para pemandu. Tidak hanya menikmati derasnya arus sungainya saja, akan tetapi obyek wisata di sekitarnya juga wajib kamu nikmati, karena masih sangat alami. Lokasi Arung Jeram Lae Kombih ini terletak di Desa Namo Buaya, Kecamatan Sultan Daulat.

Irigasi Bahorok Sungai Namo Buaya

Tidak hanya diperuntukan bagi para pecinta arung jeram saja, tapi tempat wisata di Aceh yang satu ini juga bisa kamu nikmati degan cara bermain di sungai. Sungai Namo Buaya yang berada di Kecamatan Sultan Daulat ini menyimpan air yang sangat jernih, dan banyak sekali digunakan masyarakat sebagai irigasi. Terutama untuk mengairi persawahan ketika musim kemarau datang.

Wisata Alam Penuntungan

Hampir sama degan Sungai Namo Buaya yang tidak hanya digunakan irigasi saja, akan tetapi juga diperuntukan untuk wisata. CUkup banyak terutama wisatawan lokal yang berdatangan ke tempat wisata di Aceh yang terletak di Kecamatan Penanggalan ini ketika hari libur. Selain menikmati jernihnya air sungai, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang terilang masih banyak peohonan dan juga batu-batu besar.

Wisata Alam Indah Pendulangan

Hampir seperti wisata alam atau sungai lainnya yang ada di Kota Subussalam. Akan tetapi ada sedikit perbedaan di Wisata ALam Indah Pendulangan ini. Banyaknya tebing yang menghiasi pinggiran sungai menambah eksotisme sungai itu sendiri. Dan biasanya digunakan oleh anak-anak desa sekitar sebagai spot terbaik untuk melompat ke dalam sungai.

Jembatan Rundeng

Area wisata yang bisa dibilang cukup banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal adalah Jembaran Rundeng. Alirang Sungai Lae Kombih yang cukup deras dan juga jernaih melewati bawah jembatan penghubung antara Kota Subussalam dengan Kabupaten Aceh Singkil. Biasanya banyak sekali orang yang berdatangan ketika sore hari hanya sekedar menikmati derasnya aliran air sungai di pinggiran.

Makam Syekh Fansuri

Makam salah satu Syekh yang mengajarkan sufisme di bumi Aceh ini cukup unik, karena makamnya ada di mana-mana dan tersebar tidak hanya di Kota Subussalam saja. Dan salah satunya yang paling diyakini adalah makanya yang ada di Desa Oboh, yang jaraknya sekitar 18 km dari kota Sabussalam. Cukup banyak wisatawan yang datang mengunjungi makam dan salah satunya adalah mendoakan Syekh Fansuri.

Pulau Penang

Tempat wisata di Aceh ini terilang cukup lengkap dan banyak sekali fasilitas yang tersedia di Pulau Penang yang berada di Kecamatan Penanggalan. Ada wahana bermain seperti flying fox, futsal, kolam renang, pemancingan, dan masih banyak lagi. Pulau Penang memang sangat cocok untuk wisata keluarga. Karena banyak sekali wahana bermain yang memang disediakan khusus anak-anak.

Tempat Wisata di Sabang

Inilah kota yang berada di dalam Pulau Weh yang letaknya paling barat Indonesia. Kota Sabang bisa dikatakan sebagai suranya para wisatawan. Karena semua obyek wisata, seperti wisata bahari, wisata pantai, wisata alam bisa kamu temukan di dalam satu kota saja. untuk bisa ke Pulau Weh kamu harus naik pesawat dari Bandara Iskandar Muda, dan selanjutnya kamu bisa menggunakan kendaraan.

Pantai Sumur Tiga

Salah satu pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai yang ada di Kota Sabang. Pantai Sumur Tiga memiliki pasir yang sangat putih bersih, dan juga birunya air laut yang sangat jernih. Banyaks ekali wisatawan yang datang ke pantai ini hanya untuk melihat pemandangan bawah lautnya. Dan Pantai Sumur Tiga memang cukup terkenal akan biota laut dan juga terumbu karang yang sangat indah.

Pantai Anoi Itam

Tidak seperti Pantai SUmur Tiga yang memiliki pasir putih yang sangat bersih. Pantai Anoi Itam ini memiliki pasir hitam, yang kemungkinan memang berasal dari gunung berapi yang ada di Pulau Weh. Meski memiliki pasir pantai yang berwarna hitam bukan berarti air lautnya juga terlihat keruh. Air laut di pantai ini tetap terlihat biru dan benar-benar menyegarkan untuk diceburi.

Pantai Ujung Kareung

Obyek wisata pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Kota Sabang. Pantai Ujung Kareung terdapat tebing karang yang cukup tinggi, jadi untuk bisa di pinggir pantai kamu harus mencari jalan menurun yang tidak terlalu terjal. Akan tetapi kamu juha harus ekstra hati-hati karena ada sebagian batu karang yang licin.

Pantai Iboih

Inilah tempat wisata di Aceh yang cukup terkenal, yakni Pantai Iboih yang ada di Kota Sabang. Pantai ini memuliki pasir yang putih, air lautnya yang berwarna biru kehijauan. Belum lagi ditambah degan pepohonan yang rindang yang berada di pinggir pantai. Masih ada lagi yakni panorama pulau kecil yang ada di depan Pantai Iboih semakin menambah eksotisme pantai ini.

Pantai Kasih

Pantai ini memiliki bebatuan karang yang cukup banyak yang ada di pinggiran pantai. Jika kamu pernah ke pantai yang ada di Gunungkidul, Jogja mungkin terlihat hampir sama. Karena sebagian besar pinggir pantai terdapat batu karang. Akan semakin asyik ketika kamu berenang dan batu karang akan menjadi tempat bersandar ketika kamu lelah berenang di Pantai Kasih.

Pantai Tapak Gajah

Hampir sama dengan Pantai Sumur Tiga, tempat wisata di Aceh yang satu ini juga memiliki pasir putih dan garis pantai yang lumayan panjang. Dan bisa kamu jadikan spot selfie terbaik karena adanya perahu nelayan yang berada di pinggir pantai. Bahkan kamu juga bisa menyewa perahu nelayan untuk mencoba ke tengah pantai.

Pantai Pasir Putih Keuneukai

Seperti namanya pantai ini memang memiliki pasir putih yang bersih, dan tidak ada pasir yag berwarna hitam di pantai ini. Letak Pantai Pasir Putih itu sendiri berada di desa Kenekai dan jaraknya pun juga tidak terlalu jauh dengan Pantai Iboih. Jika kamu berada di pantai ini kamu akan benar-benar dimanjakan dengan pesona alam sekitarnya.

Pulau Klah

Untuk mencapai tempat wisata di Aceh yang satu ini tepatnya di Kota Sabang, kamu harus menyewa perahu nelayan. Dan di pulau ini kamu bisa melihat pemandangan yang benar-benar sangat indah. dan kamu juga bisa melihat berbagai macam biota laut. Misalnya seperti terumbu karang, ikan-ikan laut yang berbagai macam jenisnya.

Pulau Rubiah

Pulau kecil yang masih termasuk dalam Kota Sabang ini dinamai Rubiah karena di situ terdapat makam Cut Nyak Rubiah. Yang paling eksotis di areal pulau kecil ini adalah warna air laut yang biru kehijauan karena adanya warna terumbu karang yang indah di bawahnya. Kamu bisa melakukan snorkeling atau free dive di pantai dekat Pulau Rubiah.

Air Terjun Pria Laot

Tempat wisata alam yang masih alami ini berada di Desa Pria Laot, dan untuk mencapai ke lokasi wisata kamu harus berjalan kaki cukup jauh. Meskipun sangat jauh atau sekitar 1 km an kamu tidak akan merasa kelelahan karena kamu bisa melihat pemandngan nan hijau di samping kanan kiri kamu. Belum lagi ditambah kicauan burung yang tetap akan membuat kamu merasa nyaman tanpa rasa lelah.

Danau Aneuk Laot

Bosan dengan panasnya pantai kamu bisa mencoba merasakan sejuknya udara di sekitar Danau Aneuk Laut. Danau ini cukup unik, karena hampir di sekelilingnya adalah pantai dan danau inilah yang mencukupi kebutuhan akan air bersih masyarakat lokal. Akan lebih baik kamu datang ketika sore hari, karena di danau ini kamu juga bisa menikmati indahnya sunset.

Pemandian Air Panas Keuneukai

Udah mulai bosan degan wisata pantai di Kota Sabang? Atau mungkin sudah terasa lelah mengunjungi berbagai tempat wisata? Kamu bisa menghilangkan semua rasa lelah kamu dengan berendam di Pemandian Air Panas Keuneukai yang berada di Kecamatan Sukajaya.

Gunung Berapi Jaboi

Meskipun terilang agak jauh jaraknya dari pusat Kota Sabang. Tapi obyek wisata gunung berapi ini juga wajib kamu kunjungi. Di gunung yang masih aktif ini kamu bisa melihat semburan air panas yang keluar dari perut bumi. Dan tidak hanya itu saja, kamu juga akan disuguhi panorama alam yang indah yang berada di bawah gunung.

Benteng Anoi Itam

Benteng ini berdekatan dengan Pantai Anoi Itam. Salah satu tempat wisata di Aceh yang juga memiliki sejarah panjang tentang penjajahan Jepang waktu itu. Dan saat ini hanya berupa peninggalan bangunan benteng yang hingga kini masih berdiri kokoh. Ketika kamu berada di Benteng Jepang ini kamu juga bisa menikmati panorama indah Pantai Anoi Itam.

Tugu Nol Kilometer Indonesia

Sangat diwajibkan bagi para wisatawan Indonesia yang mengunjungi Kota Sabang juga harus mengunjungi Tugu Titik Nol Indonesia. Jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Sabang, yang hanya berjarak 22 km saja yang bisa ditempuh dengan berkendara. Tepatnya berada di Desa Iboih Ujong Ba’u dan berada di Hutan Wisata Sabang

Tempat wisata di Aceh yang terbagi menjadi beberapa Kota Kabupaten yang ada di Aceh memang cukup banyak. Dan hampir setiap kota yang ada di Aceh memiliki pesona wisatanya masing-masing yang memang tidaklah harus dibandingkan. Mungkin masih banyak tempat wisata di Aceh yang memang belum dieksplor sampai saat ini. Dan bisa jadi memiliki keindahan yang lebih menarik para wisatawan untuk mengunjunginya.

Artikel Terkait